*sambil baca dan manggut2*
baru tahu ane detail ceritanya.. thanks om Risol...

you're the best


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
klimaks ane baca tulisan nt........Risol1 wrote:Mumpung lagi ngomongin GM Daewoo (GM DAT):
GMDAT itu agak sedikit beda dibanding dengan produsen2 lain yg bikin mobil "lokal" untuk pasar tertentu. Sebelumnya sori2 dulu kalo ada yg tersungging, ane cuma mao memaparkan pendapat ane ajah.....
nah makanya jangan heran kalau ada barang murah tapi punya kwalitas ok dan fitur lebih..Risol1 wrote:Terlepas dari masalah kualitas, image, harga, dll.....mungkin juga sesungguh-sungguhnya merek2 korea tsb udah gak beda sama produk jepang/amerika/eropa, tapi pabrikan2 korea sendirilah yg masih mengganggap produknya sedikit lebih rendah daripada produk2 jepang/amerika/eropa sekelas terbukti dari mereka agak enggan head to head di soal harga jual. Sebagian besar produsen Korea masih pasang harga jual sedikit dibawah kompetitor jepang/eropa/amrik., mungkin karena itu pula di masyarakat luas masih ada stigma negatif ttg mobil korea. Tapi bukan gak mungkin dalam waktu dekat ini produk2 korea bakalan sejajar dengan produk negara2 lain, itu tinggal nunggu waktu aja koq
Ane baru baca neh..Damanik wrote:alowww,,,,,Xtraordinary man.....nice to knw u..
kalo menurut gw sie,,antara fortuner n captiva n evie..ada kelebihan n kekurangan,,
1.kalo masalh konsumsi BBm ketiganya masi 11-12 lah...tergantung pemakai...
2.masalah handling n comfort...saya masih menyarankan tuk everest,,everest pada tingkat kecepatan tinggi,masi stabil dibanding capti n fortu,,,selain stering type ball n nut, suspensi yang sangat lembut...apalagi kelegan interior,,,ga kalah nyaman dengan Fortune or captiva..apalgi kalo qta bicara SAfety ya, Gw TERLAlu yakin mobil eropa ga ada tandingan,,,dengan adanya 2 abs n Ebd di rem dpan, dan rem belakang type drum,,,dilengkapi dengan LSPV(pengaman anti-lock tuk pengereman belakang sehingga mobil tetap stabil), dan future SAFETY yang ga ada di Fortune n captiva yaitu Crumple ZOne...dimana Everest sangat memperhatikan tingkat keselamatan Pengemudi n pasanger.
3,untuk kebandelan mesin juga, sebenarnya tergantung pemakaian,,jga ya,,untuk medan yang berat saya masih menyarankan everest..
4.untuk point ke 4....ga perlu diragukan jawabannya PA,Everest!
5. untuk everest yang saya tahu untuk XLT matic,,,dapat tanduk,dan jok leather.
kebetulan banget, gw sales consultant di FORD JAKSEL...point2 diats bukan promosi loo,,,...tapi Fakta,
mungkin Saudara bisamembuat appontment tuk Test Drive Everest..HUb Saya ANDRE 021-94778810...
selamat memilih Pa,,,,extraordinary Man...
ini yg gw maksud, mobil baru skrg malah terkadang ga sehebat mobil2 buatan dulu. Apalagi yg bukan buatan dari negara aslinya. Beda aja.cuple wrote:flashback bentar ke Juni lalu pas ane binun nentuin beli ctv awd or ps.. ada salah satu alasan yg belum ane sebutin di thread gw waktu itu tp cukup mberatin pilihan ane ke PS..
Pas ane mo test drive di dealer jln panjang yg berfungsi sbg BeRes jg.. ada 1 ctv awal thn 2008 yg lg mojok dgn kap mesin dibuka, dan kayaknya lg ada problem ma mesin.. Ane iseng nanya ke salesnya aja..
ane: Kenapa tu mobil? kok minggu2 gini masih nginep?
sales: Turun mesin pak..
ane: lhaa..mobil baru kok udah turun mesin?
sales: ga tau tuh, ngawur kali yg make..
Secara ane ga ngerti mesin, penjelasan 'turun mesin' dr sales td bikin ane cukup ngedrop euy.. dan jd salah satu alesan knp ga jdi ambil ctv.
Kira2 sengawur apakah si pemakai mobil sehingga mobil umur 1 tahun sudah turun mesin?
gw tambah lagi dikit: labor cost.maskopat wrote:yang ane denger, beda di ketebalan plat body.. ini mungkin untuk mengejar harga.ZombiEE wrote:mnrt saya...buat dimana juga kurang lebih sama..palingan beda bbrp fitur..cmiiw...sampai sekarang saya tidak menemukan bukti kuat ttg merk A dgn model A yg dirakit di negara A berbeda dgn negara B kualitasnya....cmiiw
tapi kurang tahu kebenaran informasinya.
ada yang tahu apakah Rush Terios versi export berbeda kualitas dengan yang lokal? misalnya ketebalan plat yang digunakan berbeda, material interior yang lebih tahan...
Makanya harganya harga Daewoo, bukan harga Chevrolet. GM juga tau diri dan tau kalo orang gak bakalan mau bayar harga mobil Amerika tapi dikasi mobil Korea. A real American car di Indonesia...akan setara atau sedikit dibawah harga mobil Jepang sekelasnya.ZombiEE wrote:oom risol1...nice write up...kalo gitu...gak salah donk nganggap memang ctv ini adalah daewoo dlm jaket chevy:)
ini namanya bukan promosi cuy.....tapi ngiklanin....cruizer wrote:Ane baru baca neh..Damanik wrote:alowww,,,,,Xtraordinary man.....nice to knw u..
kalo menurut gw sie,,antara fortuner n captiva n evie..ada kelebihan n kekurangan,,
1.kalo masalh konsumsi BBm ketiganya masi 11-12 lah...tergantung pemakai...
2.masalah handling n comfort...saya masih menyarankan tuk everest,,everest pada tingkat kecepatan tinggi,masi stabil dibanding capti n fortu,,,selain stering type ball n nut, suspensi yang sangat lembut...apalagi kelegan interior,,,ga kalah nyaman dengan Fortune or captiva..apalgi kalo qta bicara SAfety ya, Gw TERLAlu yakin mobil eropa ga ada tandingan,,,dengan adanya 2 abs n Ebd di rem dpan, dan rem belakang type drum,,,dilengkapi dengan LSPV(pengaman anti-lock tuk pengereman belakang sehingga mobil tetap stabil), dan future SAFETY yang ga ada di Fortune n captiva yaitu Crumple ZOne...dimana Everest sangat memperhatikan tingkat keselamatan Pengemudi n pasanger.
3,untuk kebandelan mesin juga, sebenarnya tergantung pemakaian,,jga ya,,untuk medan yang berat saya masih menyarankan everest..
4.untuk point ke 4....ga perlu diragukan jawabannya PA,Everest!
5. untuk everest yang saya tahu untuk XLT matic,,,dapat tanduk,dan jok leather.
kebetulan banget, gw sales consultant di FORD JAKSEL...point2 diats bukan promosi loo,,,...tapi Fakta,
mungkin Saudara bisamembuat appontment tuk Test Drive Everest..HUb Saya ANDRE 021-94778810...
selamat memilih Pa,,,,extraordinary Man...
Ane jd bingung, boil eropa nye yg mane di mari? Ford ama chevro kan merek dari amrik
Kagak promosi tapi bhsnye seles begete kekekek
Hehehe...bukannya saya heran om topspeed, tapi kita juga harus melihat bahwa memang ada kemungkinan juga adanya korelasi langsung antara harga jual rendah dengan kualitas yg lebih rendah. Kalo ada 2 barang yg jenisnya sama tapi barang A dihargai lebih mahal dari barang B, secara teori, memang barang B engga selalu lebih jelek dari barang A, tapi ada juga besar kemungkinan bahwa memang barang B kualitasnya dibawah A (walaupun sekali lagi gak selalu).topspeed wrote:nah makanya jangan heran kalau ada barang murah tapi punya kwalitas ok dan fitur lebih..
this is the game...
dan kalo udah gini, lainnya juga harus niru..yg untuk nantinya kan customer juga diuntungkan ( supaya ndak ada monopoli ), jangan customer yg diadu, sekali-kali gantian..
siapa yang elastis ialah the winner, hanya need time, kalo ndak bye..bye...
kesalahan ini bagi GM yg selalu berorientasi di mesin besar yang menyebabkan kebangkrutannya, menyadarkannya..dan kini kebangkitan NEW GM mulai untuk berusaha ikut mencicipi kue di segment ini ..
Bener Om, Captiva pake Theta platform yg didevelop sama GM USAtopspeed wrote: dan sebenarnya untuk ctv dicuplik dari GM Theta Platform, nah biar ane ndak salah karena
ilmunya masih "menurut ane" dan copy paste aja belum tahu benar apa salah ini ada linknya http://en.wikipedia.org/wiki/Daewoo_Winstorm
GM kayaknya baru beli VM Motori tahun lalu deh (thn 08) atau 2 tahun yl.......Captivated wrote:btw, bukannya vm motori 50% sharenya udh dibeli oleh gm? jd sbnrnya gm bukan beli mesin 'third party' donk?
dan konon gmdat udh bangun plant mesin-nya sendiri utk supply mesin2 diesel mrk
"GM Daewoo has licensed the 1.5-litre and 2.0-litre common rail engine designs, and built a dedicated engine plant, which started production 2006. The 2.0 L diesel is used in the Chevrolet Captiva/Opel Antara/Daewoo Winstrom, the Chevrolet Optra/Daewoo Lacetti, and the Chevrolet Epica/Daewoo Tosca."
http://en.wikipedia.org/wiki/VM_Motori
Ya mungkin bisa dibilang begitu.ZombiEE wrote:kalo gitu...gak salah donk nganggap memang ctv ini adalah daewoo dlm jaket chevy:)
setuju Om, mobil lama itu kebanyakan lebih bagus dalam hal design, kualitas, performa.. makanya ane masih ngelus2 SL ane..roadtrain99 wrote: ini yg gw maksud, mobil baru skrg malah terkadang ga sehebat mobil2 buatan dulu. Apalagi yg bukan buatan dari negara aslinya. Beda aja.
adik gw, pk navara mendapati keanehan di bagian mesinnya, tp ga serius. cuma kalo dari baru kan sepantasnya ga begitu.
Nah utk ke cerita mr cuple, gw asumsi nya sales itu ga terlalu ngerti. Mungkin kalo nanya ke bagian service nya dpt cerita yg lain lagi. Kalo gw, omongan sales utk teknikal gitu blm bs dijadikan patokan. itu klo gw, entah org lain.
Kebetulan gw blm lama mampir ke BeRes, ada captiva tergantung dgn mesinnya lagi turun. Gw tanya org bag. service nya, katanya mobil ini nabrak batu di tol & menghajar bagian bak oli bawah mesin.
mungkin kalo gw tanya ke sales, bs aja ceritanya jd lain. Aneh jg tuh sales secara dia kerja disitu, tapi bilang ngawur hhehehe..
klo pengalaman gw, hampir 1thn dgn ctv diesel, semua masih baik.
Sales2 di pameran PS waktu itu juga malah ga nyambung pas gw just sharing ttg sasis/suspensi setup gimana korelasi sama tangguhnya, kayanya rata2 produsen SUV beginian emang ga asumsi komunikasiin dgn subyek ini jadi hal yg begitu pengaruh ke most pemakai...roadtrain99 wrote:bener, memang ga bs di bandingin secara spec sasis dll (tp berhubung TS nya buat topic, jadi dibandingin hehehe), namun gw setuju pembeli mobil mau merk apa pun rata2 pasti nanya seputar yg disebut. Jarang ada yg nanya sasis apa, kaki nya model apa. Bukan ga ada, tapi jarang. Misalnya *utk gambaran aja* ketika landcruiser vx 100 keluar, apa banyak yang ribet tentang kaki2nya independent ga se rigid vx80?
Rata2 produsen mobil pasti sudah memperhitungkan standard kekuatan mobilnya utk dipakai sewajarnya. Kalo mobil dipake terus menerus dijln rusak, tentunya reliability/durabilitynya terpengaruh.
yup..can't agree more oom......reputasi GM dalam perihal durabilitas sudah kurang baek..cmiiw....nah..reputasi itu yg susah dibangun...lagian utk masalah durabilitas ini kan tidak kasat mata...makanya pada takut2 consumer nya....khususnya yg melek otomotip...cmiiwRisol1 wrote:Hehehe...bukannya saya heran om topspeed, tapi kita juga harus melihat bahwa memang ada kemungkinan juga adanya korelasi langsung antara harga jual rendah dengan kualitas yg lebih rendah. Kalo ada 2 barang yg jenisnya sama tapi barang A dihargai lebih mahal dari barang B, secara teori, memang barang B engga selalu lebih jelek dari barang A, tapi ada juga besar kemungkinan bahwa memang barang B kualitasnya dibawah A (walaupun sekali lagi gak selalu).topspeed wrote:nah makanya jangan heran kalau ada barang murah tapi punya kwalitas ok dan fitur lebih..
this is the game...
dan kalo udah gini, lainnya juga harus niru..yg untuk nantinya kan customer juga diuntungkan ( supaya ndak ada monopoli ), jangan customer yg diadu, sekali-kali gantian..
siapa yang elastis ialah the winner, hanya need time, kalo ndak bye..bye...
kesalahan ini bagi GM yg selalu berorientasi di mesin besar yang menyebabkan kebangkrutannya, menyadarkannya..dan kini kebangkitan NEW GM mulai untuk berusaha ikut mencicipi kue di segment ini ..
Kenapa GM bisa jual Captiva lebih murah? jawaban pastinya gak ada yg tau
Mungkin nga karena GM punya margin laba lebih kecil dari produsen lain, sedangkan produk udah sekelas Japs? Mungkin.
Mungkin nga karena GM punya labor yg lebih murah dan lebih efisien? Mungkin.
Mungkin nga karena GM beroperasi dengan lebih efisien sehingga cost bisa diteken? Mungkin.
Mungkin nga karena GM kasi produk dgn desain/teknologi/kualitas sedikit dibawah Japs? Mungkin juga.
Tapi kalo melihat sejarah GM, GM biasanya punya operation method yg engga lebih efektif/efisien daripada pabrikan lain.
Jadi IMO, wajar jika banyak orang yg masih punya "ketakutan" thd Captiva dan buktinya udah ada yaitu kurang boomingnya mobil ini khususnya disini. Padahal dengan bentuk yg sama dengan PS (S/CUV 7 seater, mesin diesel), mustinya dgn ribuan orang yg inden PS saat ini, semestinya 2 tahun yg lalu jg terjadi ke Captiva ini.
Tapi kalo ternyata ketakutan ini engga bener (bahwa captiva kualitas nya sedikit dibawah japs), maka pasar akan mengkoreksi sendiri koq seiring waktu. Liat aja tu kasusnya Hyundai
Bener Om, Captiva pake Theta platform yg didevelop sama GM USAtopspeed wrote: dan sebenarnya untuk ctv dicuplik dari GM Theta Platform, nah biar ane ndak salah karena
ilmunya masih "menurut ane" dan copy paste aja belum tahu benar apa salah ini ada linknya http://en.wikipedia.org/wiki/Daewoo_Winstorm
Memang sepertinya akan membutuhkan waktu yg cukup lama buat GM supaya bisa lebih diterima oleh masyarakat khusus nya di indonesia, yg sudah cukup lama mengenal merk2 yg itu2 saja.........ZombiEE wrote:yup..can't agree more oom......reputasi GM dalam perihal durabilitas sudah kurang baek..cmiiw....nah..reputasi itu yg susah dibangun...lagian utk masalah durabilitas ini kan tidak kasat mata...makanya pada takut2 consumer nya....khususnya yg melek otomotip...cmiiw
hi....hi...kale gini masih ngomong durabilitas, kok jadi kambing htm..ZombiEE wrote: yup..can't agree more oom......reputasi GM dalam perihal durabilitas sudah kurang baek..cmiiw....nah..reputasi itu yg susah dibangun...lagian utk masalah durabilitas ini kan tidak kasat mata...makanya pada takut2 consumer nya....khususnya yg melek otomotip...cmiiw
mksdnya gimana oom?toyiblm wrote:hi....hi...kale gini masih ngomong durabilitas, kok jadi kambing htm..ZombiEE wrote: yup..can't agree more oom......reputasi GM dalam perihal durabilitas sudah kurang baek..cmiiw....nah..reputasi itu yg susah dibangun...lagian utk masalah durabilitas ini kan tidak kasat mata...makanya pada takut2 consumer nya....khususnya yg melek otomotip...cmiiw
justru yg melek otomotif sekarang mulai mengerti...