SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Oom Q...maaf kalau ane salah kaprah...seingat saya RON itu berlaku internasional..cmiiw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Iya om ZombiEE, RON berlaku internasional.
Sy yg ga tau istilah octane number yang digunakan di US
* edit : br baca link bro ilhami, di US pakai AKI
87 AKI -> 91 RON, 91 AKI -> 95 RON
Sy yg ga tau istilah octane number yang digunakan di US
* edit : br baca link bro ilhami, di US pakai AKI
87 AKI -> 91 RON, 91 AKI -> 95 RON
Last edited by QnetiC on Sat Aug 27, 2011 10:13, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Saya rasa sama saja...cmiiw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Hmm, untuk mesin turbo ada tabel atau rumusnya ngga' ya?scorpio wrote:rasanya hampir semua mesin klo dimodif pake turbo pasti selalu (atau hampir selalu) disuru ganti ke piston low compression, walaupun compression mengecil tapi ron bbm harus naek dari yg tadinya ron 88 jadi ron 92 atau lebih..
klo begitu kasusnya gimana?
Paling aman memang ngikut rekomendasi pabrik sih.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
kalo sepengatahuan nubie ane yg dapet dari comot sana sini....
turbo itu itungan nya low compression karena blom diitung kalo waktu turbo nya aktif.... makanya mesin2 yg dipakein turbo pasti kompresi nya diturunin, scara kalo turbo nya aktif, ntuh tekanan kompresi nya jg otomatis akan naek drastis... nahh kalo ntuh kompresi asli mesin nya kaga diturunin, ntar waktu dihajar tekanan dari turbo nya, yahh bisa jebol tuh mesin... CMIIW....
turbo itu itungan nya low compression karena blom diitung kalo waktu turbo nya aktif.... makanya mesin2 yg dipakein turbo pasti kompresi nya diturunin, scara kalo turbo nya aktif, ntuh tekanan kompresi nya jg otomatis akan naek drastis... nahh kalo ntuh kompresi asli mesin nya kaga diturunin, ntar waktu dihajar tekanan dari turbo nya, yahh bisa jebol tuh mesin... CMIIW....
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Pantesan mesin turbo kompresi rendah tp menuntut bensin oktan tinggi ya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
sembari menunggu pencerahan dari pak turboman, tak coba-coba beri analisa awam dehevolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?

sulphur mungkin kaitannya bukan di kompresi-nya, tapi di tekanan atau sistem injeksinya... kandungan sulphur yang tinggi berpotensi menyumbat injektor/common rail karena diesel modern injektornya lebih halus/kecil dan tekanannya semakin tinggi
kalau cetane diesel, sepengetauan saya (yg mungkin salah), sedikita banyak kasusnya kebalikan dengan oktan di gasoline
semakin tinggi oktan gasoline/bensin, menandakan bensin lebih sulit terbakar yang artinya lebih tahan kompresi
bbm diesel, pada dasarnya mempunyai kandungan energi yg lebih tinggi dan lebih tahan kompresi dan lebih sulit terbakar (dibanding gasoline/bensin)
semakin tinggi angka cetane bbm diesel, artinya bbm lebih cepat terbakar, istilahnya, sumbunya/timer-nya terbakar lebih pendek/singkat
dengan cetane yg tinggi (lebih cepat terbakar) hal ini memungkinkan mesin untuk siklus/langkah pembakaran lebih cepat dan efisien, yang akhirnya kecepatan (rpm) mesin diesel bisa ditingkatkan...
mongggo dikoreksi

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
skedar masukan, ada fuel enhancer (ada jenis utk premium, ada utk solar) yg namanya Tora2..
Bisa diliat di sini : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=15657
Bisa diliat di sini : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=15657
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Kalau di manual handbooknya fortuner vn turbo, cetane number min. 48evolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
Jadi dengan biosolar udah bisa tuh.
Last edited by Penikmat_Kopi on Fri Jan 04, 2013 1:09, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
kayanya tu buku salah cetak d um
kalo oktan biasa bermain di angka 88 - 90an
cetan di angka 40-50an
kalo oktan biasa bermain di angka 88 - 90an
cetan di angka 40-50an
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Gue yg salah ketik Om , maksudnya cetane number 48 hehehehehe. Skr udah diedit kok Omevolution21 wrote:kayanya tu buku salah cetak d um
kalo oktan biasa bermain di angka 88 - 90an
cetan di angka 40-50an

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
ada omilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
ini dia


Proton Exora Bold 1.6 CFE CVT
Engine
Engine capacity 1,561 cc
Engine type 4-cylinders 16-valve DOHC Turbo
Compression ratio 8.9
Bore x Stroke unknown
Performance
Power 138 bhp
Torque 205 Nm
Acceleration 11.3s (0-100 kmh)
Top speed 185 kmh
Fuel consumption 12.8 km\L
harga Rp 250 jtaan
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
VW Golf TSI / GTI ?ilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
Mercedes CGI engine ? (200 / 250 CGI)
BMW Twin Power Turbo ? (seri 3 dan seri 5 baru)
Peugeot 3008 ?
Mini Cooper ?
Audi TFSI engine ? (A4 / Q5, dll.)
Mazda CX-7 ?
Dah buanyaaakkkkkkk oom

* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Pak Turbo, mohon info, kalau yg buat naikin cetane number pakai apaan yg mantap? Kalau redline, diesel power, CRC semuanya kalo gak salah ada tulisan cetane boosternya kan ya, bagus mana Pak? Kalau CRC sih susah nyarinya di ace, jadi tinggal diesel power dan redline yg banyak di ace. Beneran bisa naik cetane numbernya Pak?
Gue selama ini pake biosolar terus, baru pernah sekali aja pake sh*ll, tapi kok perasaan sama aja ya performa tuh mobil. Atau gue aja yg kurang sessitif ngrerasainnya hehehehe. Makanya gue balik lagi pake biosolar
Gue selama ini pake biosolar terus, baru pernah sekali aja pake sh*ll, tapi kok perasaan sama aja ya performa tuh mobil. Atau gue aja yg kurang sessitif ngrerasainnya hehehehe. Makanya gue balik lagi pake biosolar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Waah nggak ada yang kebeli.Turboman wrote:VW Golf TSI / GTI ?ilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
Mercedes CGI engine ? (200 / 250 CGI)
BMW Twin Power Turbo ? (seri 3 dan seri 5 baru)
Peugeot 3008 ?
Mini Cooper ?
Audi TFSI engine ? (A4 / Q5, dll.)
Mazda CX-7 ?
Dah buanyaaakkkkkkk oom
Om turbo bisa bikin turbo sendiri untuk mesin bensin nggak?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Mau buat mobil apa ?ilhami wrote: Waah nggak ada yang kebeli.
Om turbo bisa bikin turbo sendiri untuk mesin bensin nggak?
Kit plug n play dari Speedworks :
http://www.speedworks.com.my/turbo_kits.html
Bisa order lewat distro HotBits di MGK
Kit Supercharger Sprintex utk Honda L 15 A ada di REV.
Pakai kit plug n play yg udah di develop khusus biar gak sakit kepala.
*Bukan seles Turbo kit*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Mon Oct 22, 2012 6:28
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Berarti sesuai analogi di atas, mobil yang sudah dipasang tambahan air intake seperti CAI, power torque, SAG kompresinya jadi tambah tinggi ya, yang berarti butuh bensin dengan oktan lebih tinggi? Pantesan mobil Freed ane biasanya pakai premium gak ngelitik, tapi setelah dipasang power torque Simota pake premium jadi ngelitik... Walaupun bukan turbo beneran tapi setidaknya dengan pemasangan alat tsb menambah tekanan udara ke mesin? Apakah pengaruhnya demikian? CMIIW...DOHC wrote:betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
mesin Freed / Jazz / City pada dasarnya sama, kompresinya 10.5 : 1 artinya paling bagus pake bbm oktan 95 om ... memang ada knocking sensor yg mencegah gejala ngelitik jika pake bbm oktan di bawah 95, tapi trade-off nya : performa jadi turun (akselerasi jadi lebih lemot)dani123 wrote:Berarti sesuai analogi di atas, mobil yang sudah dipasang tambahan air intake seperti CAI, power torque, SAG kompresinya jadi tambah tinggi ya, yang berarti butuh bensin dengan oktan lebih tinggi? Pantesan mobil Freed ane biasanya pakai premium gak ngelitik, tapi setelah dipasang power torque Simota pake premium jadi ngelitik... Walaupun bukan turbo beneran tapi setidaknya dengan pemasangan alat tsb menambah tekanan udara ke mesin? Apakah pengaruhnya demikian? CMIIW...DOHC wrote:betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Tue May 01, 2012 3:55
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
om Turboman, menyambung dari thread sebelah.....
mungkin punya saran octane booster atau fuel reformulator atau hybrid keduanya yg ckup baik dan efisien....
untuk yg mmt...gak terlalu prefer seh.....cari yg aman bt catalytic jg...
ethanol jg saya gk trlalu prefer...was was karet getas blm lg bs ampe beraer di tangki...
klo premium+pertamax racing plus gmn?dosis pling minimal dpt hasil maximal gmn ya?(soalnya per liternya sadis harganya
)
thanks
mungkin punya saran octane booster atau fuel reformulator atau hybrid keduanya yg ckup baik dan efisien....
untuk yg mmt...gak terlalu prefer seh.....cari yg aman bt catalytic jg...
ethanol jg saya gk trlalu prefer...was was karet getas blm lg bs ampe beraer di tangki...
klo premium+pertamax racing plus gmn?dosis pling minimal dpt hasil maximal gmn ya?(soalnya per liternya sadis harganya

thanks

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
ada yang bahas pertamak racing jg toh...
emang drpd ob yg harganya mahal lebih baik pake racing yang jauh lebih murah n pasti tokcer mesinnya....
saya juga berminat buat e36 saya cuma belum sempat beli krn mobil jarang jalan..
cuma kepikiran itu pertamak racing putarannya lama apa gak berubah kualitasnya..dengar2 sih waktunya 6 bulan
emang drpd ob yg harganya mahal lebih baik pake racing yang jauh lebih murah n pasti tokcer mesinnya....
saya juga berminat buat e36 saya cuma belum sempat beli krn mobil jarang jalan..
cuma kepikiran itu pertamak racing putarannya lama apa gak berubah kualitasnya..dengar2 sih waktunya 6 bulan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Nambahin Dikit yaks, Kalau di diesel itu Udara dikompresi dulu baru setelah hampir mencapai TMA baru solar disemprotkan ke ruang bakar, maka relatif lebih aman, walau solar disemprotkan hampir TMA tapi tetep bisa diatur waktu pengabutannya (timing Pengabutan) oleh Injection Pump secara manual (diajukan/digeser) / atau rail (commonrail dari Icu)imsus2c wrote:sembari menunggu pencerahan dari pak turboman, tak coba-coba beri analisa awam dehevolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?![]()
sulphur mungkin kaitannya bukan di kompresi-nya, tapi di tekanan atau sistem injeksinya... kandungan sulphur yang tinggi berpotensi menyumbat injektor/common rail karena diesel modern injektornya lebih halus/kecil dan tekanannya semakin tinggi
kalau cetane diesel, sepengetauan saya (yg mungkin salah), sedikita banyak kasusnya kebalikan dengan oktan di gasoline
semakin tinggi oktan gasoline/bensin, menandakan bensin lebih sulit terbakar yang artinya lebih tahan kompresi
bbm diesel, pada dasarnya mempunyai kandungan energi yg lebih tinggi dan lebih tahan kompresi dan lebih sulit terbakar (dibanding gasoline/bensin)
semakin tinggi angka cetane bbm diesel, artinya bbm lebih cepat terbakar, istilahnya, sumbunya/timer-nya terbakar lebih pendek/singkat
dengan cetane yg tinggi (lebih cepat terbakar) hal ini memungkinkan mesin untuk siklus/langkah pembakaran lebih cepat dan efisien, yang akhirnya kecepatan (rpm) mesin diesel bisa ditingkatkan...
mongggo dikoreksi
jadi kalau solarnya cetane tinggi maka dia bisa disetel waktu pengabutan nya di majuin agar performa lebih bagus ....
Maaf Newbie banyak omong mohon koreksi bila salah ...

http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
emg nya ad yg jyal yah pertamax racing? dmna yah?