Problem SX4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
kalo liat power nya dan lebih lagi performa akhirnyanya, mesin2 kecil indo seperti mesin vios jazzvtec GL/LXR xeniavanza (dan juga model2 previousnya) cenderung terpercaya deh spec CR nya.
Contoh pada spec; mesin tipe sama K24; di accord 7gen, CRV 2gen, dan CRV 3gen itu beda semua hp nya, tentunya CR nya pada spec.
Mesin2 1300cc dan 1500cc indo; most "dikuras" CR nya tinggi utk mendapatkan tenaga besar dengan kapasitas kecil, tapi dgn knock-sensor.
Recomend "premium" memang hanya marketing trick saja koq, tapi selama tidak knocking cukup parah, tidak menyebabkan kerusakan.
Contoh pada spec; mesin tipe sama K24; di accord 7gen, CRV 2gen, dan CRV 3gen itu beda semua hp nya, tentunya CR nya pada spec.
Mesin2 1300cc dan 1500cc indo; most "dikuras" CR nya tinggi utk mendapatkan tenaga besar dengan kapasitas kecil, tapi dgn knock-sensor.
Recomend "premium" memang hanya marketing trick saja koq, tapi selama tidak knocking cukup parah, tidak menyebabkan kerusakan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: Problem SX4
back to topic
Problem SX4 bagi yg ingin beli : inden kelamaan

Problem SX4 bagi yg ingin beli : inden kelamaan

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Mon Aug 06, 2007 19:15
- Location: Bandung
Re: Problem SX4
loh katanya yg CKD dah ga pake inden..??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Problem SX4
Itu Swift kale... Gw dapet info dari bro Naldo produksi SX4 CKD 1500an unit perbulan. Menghitung Jazz baru mau keluar dan gempuran Nissan Livina masih berlanjut (apalagi sampe X-Gear keluar), kemungkinan dah gak inden lagi.
Lagipula waktu kemaren gw mau pesen satu unit SX4... Suzuki gak terima pesenan ampe pertengahan Mei. Soalnya yang CBU udah abis... Oh ya sudah...
Lagipula waktu kemaren gw mau pesen satu unit SX4... Suzuki gak terima pesenan ampe pertengahan Mei. Soalnya yang CBU udah abis... Oh ya sudah...
Re: Problem SX4
Ya tunggu pertengahan mei aja... 2 minggu lagi juga mobilnya udah lauching...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Problem SX4
Saya pake Swift ST a/t dari baru ngisi premium terus ga pernah kerasa knocking lho, alus terus & tarikan oke2 aja. Saya pake Swift ST a/t karena butuh mobil matik murah meriah & bisa minum premium (salesnya tu promosiin kalo Swift ST cukup premium), karena saya dah ada Yaris E manual yang pake Pertamax, jadi perlu mobil yang lebih ramah di kantong. Karena mesinnya sama, harusnya SX4 juga sehat2 aja dunk pake premium. Yang pasti yang dah CKD oke2 aja, ga tau tu yang built up kompresinya lebih tinggi ato ngga'.naldo wrote:xenia-avanza dll yang bilang CR 1:10-1:11 or more, bilang bisa isi bensin premium, saya rasa itu hanya advertisement belaka... Banyak pabrikan mobil jepang di indo, buku manualnya pke spec jepang. Padahal spec indo di bedain... Tau CR tinggi ato rendah, untuk akuratnya mesti di ukur yang biasanya di tukang bubut. Orang mobil germany aja, kompresi 1:10, udah nyuruh gw beli pertamax plus(minimum, minta RON 98, mobil kenangan gw), apa masih kurang percaya ma pabrikan german??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Problem SX4
dlu yg CBU mst pertamax si ya.gmn si CKD??premium blh ga and garansi ga gugur kan??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Problem SX4
Salesnya malah yang nyuruh Swift CKD minum premium. Kalo sampe garansi gugur, salesnya harus tanggung jawab dunk. Tapi rasanya ga masalah kok pake premium.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
CR cuma 9,5:1; lagipula most mobil jepang 4cyl jarang knocking kalo kondisi baru.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: Problem SX4
bro GTR, gw liat spek nya mitsu lancer CR 9.5
tapi recomend pertamax plus
kalo diminumin premium gpp??
lagi diskon gede2an mitsu lancer tu berhubung mo ganti model keknya d
dulu yg harganya 260-an sekarang tinggal 230-an matic.
SOrry OOT hehehe
tapi recomend pertamax plus
kalo diminumin premium gpp??
lagi diskon gede2an mitsu lancer tu berhubung mo ganti model keknya d
dulu yg harganya 260-an sekarang tinggal 230-an matic.
SOrry OOT hehehe

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Problem SX4
wuh mitsu lancer yg skrg modelnya plg jelek.msh mending yg lancer sebelumnya (cedia)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Problem SX4
Kempot itu bukannya pipi ya kempotnaldo wrote:N juga mesinnya pelan.kata bokap gw kempot di atas 120

Ngempos kali....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Problem SX4
Berarti tenaga Lancer emang payah beneran ya? Kmaren saya di lampu merah ada Lancer SEi belagu pake ngegeber-geber mobilnya disebelah saya, mentang-mentang pake knalpot model HKS gitu. Begitu lampu ijo dia melesat, saya coba iseng ngejar pake Swift ST matik, enteng banget, tau-tau udah disebelahnya, dia uda lari 120, pake M15A standar dengan transmisi matik dengan entengnya bisa menyusul tu Lancer. Trus, uda saya salip, saya konstan di 130 dia berusaha jejer di sebelah saya susah banget, trus saya injek gas lagi sampe 140 dia dah dibelakang terus, padahal mobil saya suaranya masih alus banget, punya dia udah ga karuan suaranya, ga tau suara mesin, ga tau suara knalpot "grooooooooooooooooooooooooooooooooooong".
Aku kira cuma Lancer dia aja yang bermasalah, ternyata emang payah ya? Hehehee....
Btw, maw tanya, SX4 CBU masih pake throttle by wire (TBW) khan? Kalo Swift ST khan pake kabel gas biasa, ada yang ngerasain perbedaan karakternya ga antara mobil pake TBW dan kabel gas konvensional? SX4 baru yang CKD masih pake TBW ga ya?
Karena saya dirumah ada mobil pake TBW (Yaris E m/t), tapi ga adil dunk kalo Swift ST matik dibandingin sama Yaris E m/t. Banyak media bilang kalo pake TBW akselerasi akan terhambat sepersekian detik daripada kabel gas konvensional, tapi menurut saya, Yaris saya (apa mungkin karena pake transmisi manual?) gasnya jauh lebih galak daripada Swift ST saya.
Aku kira cuma Lancer dia aja yang bermasalah, ternyata emang payah ya? Hehehee....
Btw, maw tanya, SX4 CBU masih pake throttle by wire (TBW) khan? Kalo Swift ST khan pake kabel gas biasa, ada yang ngerasain perbedaan karakternya ga antara mobil pake TBW dan kabel gas konvensional? SX4 baru yang CKD masih pake TBW ga ya?
Karena saya dirumah ada mobil pake TBW (Yaris E m/t), tapi ga adil dunk kalo Swift ST matik dibandingin sama Yaris E m/t. Banyak media bilang kalo pake TBW akselerasi akan terhambat sepersekian detik daripada kabel gas konvensional, tapi menurut saya, Yaris saya (apa mungkin karena pake transmisi manual?) gasnya jauh lebih galak daripada Swift ST saya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Problem SX4
Nah itu dia... Kalau pakenya knalpot abal2 yang cuma suara kentut doang? Setau gw pemasangan knalpot diameter besar dengan tidak benar bakalan justru nurunin performa... Ada hubungannya ama backpressure atau apa gitu... Lagi males cari di google, mau pergi nonton Iron Man!!!ddaru wrote:Berarti tenaga Lancer emang payah beneran ya? Kmaren saya di lampu merah ada Lancer SEi belagu pake ngegeber-geber mobilnya disebelah saya, mentang-mentang pake knalpot model HKS gitu
Dah semua

P.S. SX4 CKD juga TBW, istilah Suzuki DBW (drive by wire). Pokoknya SX4 CKD = SX4 CBU + all disc brake + assembled in Tambun kekekeke...
Re: Problem SX4
Saya rasa si wartawan maupun beberapa orang, bilang DBW akan ada jeda beberapa seperdetik dibandingkan gas konvensional, saya rasa ga. Tetep cepet koq, n juga mobilnya ga jadi lemot. Malah Swift dibanding SX4, SX4 lebih sering mau di putaran atas tanpa gas di teken habis... Malah dengan adanya DBW, mobil itu akan menahan gigi sampai putaran agak tinggi n kl swift menurut saya, agak2 kurang mau ke putaran tinggi, mau ga mau, mesti diperlakukan secara manual... Ya toh walaupun orang bilang DBW itu ada jeda seper sekian detik, tetep aja, namanya jaman sekarang, di seluruh dunia, mana mungkin mobil masih pke kabel gas si?? Ga jaman banget x.... hehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
DBW jadi biang keladi itu kan sejak innova aplikasi dan lag, yg memang sebab sebenarnya faktor lain spt power to weight ratio.
Sebelumnya belum pernah dihenbuskan DBW biang kerok deh, Xtrail sejak 2002 dan accord 2003 tetap galak, juga mobil2 DBW lain setelah itu CRV 2gen 2.4 & civic1800.
Sebelumnya belum pernah dihenbuskan DBW biang kerok deh, Xtrail sejak 2002 dan accord 2003 tetap galak, juga mobil2 DBW lain setelah itu CRV 2gen 2.4 & civic1800.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Mar 17, 2008 5:22
Re: Problem SX4
problem sx4 ato mobil yg lain bisa di posting di www.otomotifnet.com. biar dibahas lebih komplit ama pakarnya. tq
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: Problem SX4
sori ngangkat thread lama,
guys kalo ada update soal problem SX4 MT ini tolong dishare disini yah.
baleno MT gw jg kena mslh serupa, any info or tips will be much appreciated.
thx in advance
guys kalo ada update soal problem SX4 MT ini tolong dishare disini yah.
baleno MT gw jg kena mslh serupa, any info or tips will be much appreciated.
thx in advance


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Mar 14, 2008 20:37
Re: Problem SX4
silahkan coba... digas dulu nyampe ~1500 RPM... & kemudian lepas kopling setengah... setelah mobilnya jalan, baru kopling dilepas penuh....SaebaRyo wrote:sori ngangkat thread lama,
guys kalo ada update soal problem SX4 MT ini tolong dishare disini yah.
baleno MT gw jg kena mslh serupa, any info or tips will be much appreciated.
thx in advance
Re: Problem SX4
Bro saebaryo, di topik neo baleno 2008, sudah saya diskusikan. Semuanya juga saya anjurkan seperti itu, supaya mobil tidak ndut2an or mati. 1500-2000rpm, trus lepas kopling setengah. Suara mesin akan sedikit gede, tapi tidak akan mati2... Silahkan mencoba
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
Re: Problem SX4
akhirnya sx4 sy dtg jumat 6/6, selama 4 hari pemakaian overall sangat memuaskan.
Saya ambil sx4 krn lvina x-gear hanya beda tampilan luar doooang lagian udh punya yg ultimate 1.8 a/t..
Kritik utk sx4 CKd :
- Dasboard agak berisik kayak ada baut lepas.
- Bnyk baut-2 di dalam mobil terutama di dekat setir tdk dikencangkan. longgar.
- bahan material jelek , pasti yg cbu jauh lebih bagus.
Ntr sabtu ini mau ke BERES kok dasboardnya berisik dan minta dikencangkan baut-2 yg ada.
Saya ambil sx4 krn lvina x-gear hanya beda tampilan luar doooang lagian udh punya yg ultimate 1.8 a/t..
Kritik utk sx4 CKd :
- Dasboard agak berisik kayak ada baut lepas.
- Bnyk baut-2 di dalam mobil terutama di dekat setir tdk dikencangkan. longgar.
- bahan material jelek , pasti yg cbu jauh lebih bagus.
Ntr sabtu ini mau ke BERES kok dasboardnya berisik dan minta dikencangkan baut-2 yg ada.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Problem SX4
Kan CKD... Cuma Kurang Dibautdony wrote: - Dasboard agak berisik kayak ada baut lepas.
- Bnyk baut-2 di dalam mobil terutama di dekat setir tdk dikencangkan. longgar.
Kabooorrrrr


Aduh lupa bilang. Masa sih kualitas bahan lebih jelek? Gw sih bandingin langsung ama yang CBU, sama aja sih... Mungkin waktu itu malem gw bandinginnya, tapi kalau diraba pake tangan, gelombang permukaannya sama.