

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Saya ganti per 50rb kilometer. Pake shell aja,sekali ganti 2.5 liter doang, jgn di masukkan 3 liter jd beratgust1 wrote: Thu Apr 25, 2019 8:11 Untuk penggantian oli transmisi GL 2013 MT tiap berapa ribu kilometer dan menggunakan oli tipe apa yg biasa rekan2 disini gunakan?
Terima kasih sebelumnya.
Klo Saya ganti di 55.000 dan 110.000, kondisi jg ga terlalu hitam tapi pas sebelum diganti sudah terasa pas ganti gigi agak berat. Setelah ganti lgs jd ringan dan halus.supriyadi wrote: Thu May 02, 2019 11:52 Saya tadi service interval 60r km actual km baru 52350 km. Ganti radiator coolant Nissan punya. Ganti Oli transmisi manual pake nissa punya. Pas dibuka oli transmisi masih kekuningan bersih belum hitam, agak nyesal juga kenapa gak nunggu 80rb km seperti SA bilang. Dituang sekitar 2.8 l, gak semuanya. Pas bawa pulang rasa2nya perpindahan gigi agak enteng dibanding sebelum ganti. Spooring ban, lumayan dibanding sebelum spooring, setir agak berat & gak goyang lagi
Sudah pernah servis kaki2? Klo belum sekalian bawa ke spesialis Nissan aja, cek/ganti semua bushing kaki2nya soalnya ongkos bongkar nya sama aja. Klo yg disebut beres itu rasanya harga bushing doang cuma 200ab ribu. Total klo bushing nya kena semua paling2 habis 2jtan. Ga perlu ganti Assy/1setelkharb wrote: Sun May 05, 2019 4:24 Salam. Ijin gabung semua. Saya member baru. Saya punya grand livina 1800 XV AT thn 2007. Ada suara krek2 sebelah kiri depan. Oleh beres direkomendasikan ganti BEAM COMPL-RR SUSP. Ada yg tau bahasa pasaran spare part ini apa ya. Di beres 1,7jt plys pasang 1,2jt. Mau coba cari alternatif lain. Mohon bantuan gansist sekalian. Terima kasih
Secara umum bunyi kaki2 Livina ada beberapa sebab, tp semua berhubungan dgn bushing nya yg sudah mulai Oblak. Solusinya bawa ke bengkel spesialis Nissan/ bengkel kaki2 terdekat biar dicek apa saja yg rusak, jgn bawa ke Bengkel resmi soalnya beres ngga mau ganti bushing nya saja, harus 1 set sama Assy nya. Bushing nya banyak yg jual kok di toko2 sparepart.dhonysaja wrote: Tue May 14, 2019 6:56 Salam, saya member baru dan baru angkut ANGL HWS 2013, ada sedikit bunyi pada kaki2 dan juga ketika mobil diam posisi P, pas pindahin transmisi agak keras serta ada bunyi apakah itu normal ya?.
Oya, untuk lampu depan bawaannya kurang terang, apakah ada saran dapat diganti dengan lampu yang lain?, karena untuk perjalanan malam.
Terima kasih :big_deal:
Ini jawaban nya uda lengkap sih, saya cuma tambah in bagian lampu nya saja.P47hos wrote:Secara umum bunyi kaki2 Livina ada beberapa sebab, tp semua berhubungan dgn bushing nya yg sudah mulai Oblak. Solusinya bawa ke bengkel spesialis Nissan/ bengkel kaki2 terdekat biar dicek apa saja yg rusak, jgn bawa ke Bengkel resmi soalnya beres ngga mau ganti bushing nya saja, harus 1 set sama Assy nya. Bushing nya banyak yg jual kok di toko2 sparepart.dhonysaja wrote: Tue May 14, 2019 6:56 Salam, saya member baru dan baru angkut ANGL HWS 2013, ada sedikit bunyi pada kaki2 dan juga ketika mobil diam posisi P, pas pindahin transmisi agak keras serta ada bunyi apakah itu normal ya?.
Oya, untuk lampu depan bawaannya kurang terang, apakah ada saran dapat diganti dengan lampu yang lain?, karena untuk perjalanan malam.
Terima kasih![]()
Klo transmisi, Coba di kuras dulu oli maticnya,tp yg sesuai spek ya olinya
.untuk lampu bawaan yg paling bagus pake HID. Tp klo mau tetap halogen ya pake bohlam yg high performance macem Osram NBR.
Mungkin beda beres beda prosedur. Buktinya di beberapa page belakang ada yg bushing arm Oblak malah di suruh ganti Assy. Jadilah meledak harganyaDOHC wrote: Wed May 15, 2019 5:26 Skedar nambahin jg, mengenai bushing, mustinya pihak beres jg nrima penggantian bushing doank scara skrg pihak beres jg ud ngejual bushing nya ketengan
betul, kaki kaki livina memang rawan bunyi atau bermasalah sedikit. pastinya jangan coba bawa ke beres ya, saya dulu pengalaman ke beres divonis harus diganti steering rack seglondong 8 juta sebelum ppn dan biaya pasangP47hos wrote: Tue May 14, 2019 10:36Secara umum bunyi kaki2 Livina ada beberapa sebab, tp semua berhubungan dgn bushing nya yg sudah mulai Oblak. Solusinya bawa ke bengkel spesialis Nissan/ bengkel kaki2 terdekat biar dicek apa saja yg rusak, jgn bawa ke Bengkel resmi soalnya beres ngga mau ganti bushing nya saja, harus 1 set sama Assy nya. Bushing nya banyak yg jual kok di toko2 sparepart.dhonysaja wrote: Tue May 14, 2019 6:56 Salam, saya member baru dan baru angkut ANGL HWS 2013, ada sedikit bunyi pada kaki2 dan juga ketika mobil diam posisi P, pas pindahin transmisi agak keras serta ada bunyi apakah itu normal ya?.
Oya, untuk lampu depan bawaannya kurang terang, apakah ada saran dapat diganti dengan lampu yang lain?, karena untuk perjalanan malam.
Terima kasih![]()
Klo transmisi, Coba di kuras dulu oli maticnya,tp yg sesuai spek ya olinya
.untuk lampu bawaan yg paling bagus pake HID. Tp klo mau tetap halogen ya pake bohlam yg high performance macem Osram NBR.
Ohh kl bushing swing arm emg ga dijual ketengan om, scara pihak beres aj ud banting harga arm set nya.. bahkan di atrium aj arm lipjndut ud 11 12 ama apanja..P47hos wrote: Wed May 15, 2019 10:43Mungkin beda beres beda prosedur. Buktinya di beberapa page belakang ada yg bushing arm Oblak malah di suruh ganti Assy. Jadilah meledak harganyaDOHC wrote: Wed May 15, 2019 5:26 Skedar nambahin jg, mengenai bushing, mustinya pihak beres jg nrima penggantian bushing doank scara skrg pihak beres jg ud ngejual bushing nya ketengan![]()
Betul, sebenernya klo mau ambil mobil 2nd Livina sudah paling bagus. Harga lg jatuh2nya, direkondisi paling banter 15 jt sudah seperti mobil baru kembali. Yg penting tau bengkel spesialis yg bagus yg ga nakal2in costumerDOHC wrote: Wed May 15, 2019 13:09 Ohh kl bushing swing arm emg ga dijual ketengan om, scara pihak beres aj ud banting harga arm set nya.. bahkan di atrium aj arm lipjndut ud 11 12 ama apanja..
Yg ane maksud itu bushing crossmember yg d jual ketengan ama beres, tp kl males bongpas + uang ngepress yah beli full set jg ud murah skrg, sejutaan dikit ud dpt yg ori..
Jaman skrg btulin kaki2 batu makam ud murah jauhhh ktimbang jaman lipindut baru kluar.. kl dl tuh, 20 jt jg abis buat kaki2 doank
Mumpung lg ngomongin bengkel spesialis, kalo buat kaki2 lipineh rekomen dmn ya om? Angl ane kl setir ny dibelokin ke kanan ke kiri bunyi tung tung gtP47hos wrote: Wed May 15, 2019 14:20Betul, sebenernya klo mau ambil mobil 2nd Livina sudah paling bagus. Harga lg jatuh2nya, direkondisi paling banter 15 jt sudah seperti mobil baru kembali. Yg penting tau bengkel spesialis yg bagus yg ga nakal2in costumerDOHC wrote: Wed May 15, 2019 13:09 Ohh kl bushing swing arm emg ga dijual ketengan om, scara pihak beres aj ud banting harga arm set nya.. bahkan di atrium aj arm lipjndut ud 11 12 ama apanja..
Yg ane maksud itu bushing crossmember yg d jual ketengan ama beres, tp kl males bongpas + uang ngepress yah beli full set jg ud murah skrg, sejutaan dikit ud dpt yg ori..
Jaman skrg btulin kaki2 batu makam ud murah jauhhh ktimbang jaman lipindut baru kluar.. kl dl tuh, 20 jt jg abis buat kaki2 doank
Setubuh om, kalau mau enak ambil yang 1.8 sekalian. Tenaga lebih ngisi terlalu sama rawan ngelitiknya kayak yang 1.5.P47hos wrote: Wed May 15, 2019 14:20Betul, sebenernya klo mau ambil mobil 2nd Livina sudah paling bagus. Harga lg jatuh2nya, direkondisi paling banter 15 jt sudah seperti mobil baru kembali. Yg penting tau bengkel spesialis yg bagus yg ga nakal2in costumerDOHC wrote: Wed May 15, 2019 13:09 Ohh kl bushing swing arm emg ga dijual ketengan om, scara pihak beres aj ud banting harga arm set nya.. bahkan di atrium aj arm lipjndut ud 11 12 ama apanja..
Yg ane maksud itu bushing crossmember yg d jual ketengan ama beres, tp kl males bongpas + uang ngepress yah beli full set jg ud murah skrg, sejutaan dikit ud dpt yg ori..
Jaman skrg btulin kaki2 batu makam ud murah jauhhh ktimbang jaman lipindut baru kluar.. kl dl tuh, 20 jt jg abis buat kaki2 doank
Dulu saya pernah ngalami saat steer mobil di belokin ke kanan atau kekiri ada sedikit bunyi tung tung / dung dung, mobil ANGL saya bawa ke beres, setelah dibongkar kaki kaki depan nya oleh mekanik ternyata penyebabnya cuma karena klaher bearingnya kurang pelumas jadi oleh mekaniknya dikasih pelumas lagi klaher bearingnya yg masih bagus bola bolanya saat itu dan hilang bunyi tung tung tsb saat steer mobil dibelokin biayanya murah cuma 276 ribu saja dan ngak ada part yg diganti.1trfe wrote:Mumpung lg ngomongin bengkel spesialis, kalo buat kaki2 lipineh rekomen dmn ya om? Angl ane kl setir ny dibelokin ke kanan ke kiri bunyi tung tung gtP47hos wrote: Wed May 15, 2019 14:20Betul, sebenernya klo mau ambil mobil 2nd Livina sudah paling bagus. Harga lg jatuh2nya, direkondisi paling banter 15 jt sudah seperti mobil baru kembali. Yg penting tau bengkel spesialis yg bagus yg ga nakal2in costumerDOHC wrote: Wed May 15, 2019 13:09 Ohh kl bushing swing arm emg ga dijual ketengan om, scara pihak beres aj ud banting harga arm set nya.. bahkan di atrium aj arm lipjndut ud 11 12 ama apanja..
Yg ane maksud itu bushing crossmember yg d jual ketengan ama beres, tp kl males bongpas + uang ngepress yah beli full set jg ud murah skrg, sejutaan dikit ud dpt yg ori..
Jaman skrg btulin kaki2 batu makam ud murah jauhhh ktimbang jaman lipindut baru kluar.. kl dl tuh, 20 jt jg abis buat kaki2 doank
Yg 1.8 unit nya ud super langka om.. akhir taon lalu ane perna iseng muter2 nyari, cman ktemu satu d bekasi, sayang barang capek jd ane mundur tratur.. tp overall harga seken nya 1.8 sehh ud mnarik bgt buat ditebussintoni wrote: Thu May 16, 2019 0:27Setubuh om, kalau mau enak ambil yang 1.8 sekalian. Tenaga lebih ngisi terlalu sama rawan ngelitiknya kayak yang 1.5.P47hos wrote: Wed May 15, 2019 14:20Betul, sebenernya klo mau ambil mobil 2nd Livina sudah paling bagus. Harga lg jatuh2nya, direkondisi paling banter 15 jt sudah seperti mobil baru kembali. Yg penting tau bengkel spesialis yg bagus yg ga nakal2in costumerDOHC wrote: Wed May 15, 2019 13:09 Ohh kl bushing swing arm emg ga dijual ketengan om, scara pihak beres aj ud banting harga arm set nya.. bahkan di atrium aj arm lipjndut ud 11 12 ama apanja..
Yg ane maksud itu bushing crossmember yg d jual ketengan ama beres, tp kl males bongpas + uang ngepress yah beli full set jg ud murah skrg, sejutaan dikit ud dpt yg ori..
Jaman skrg btulin kaki2 batu makam ud murah jauhhh ktimbang jaman lipindut baru kluar.. kl dl tuh, 20 jt jg abis buat kaki2 doank
coba liat di bawah aki, ada selang plastik yg masuk ke dalem gearbox (itu selang CSC - concentric slave cylinder - atau master silinder bawah )ada rembes oli ga, atau di sambungan2 selang nya (ada satu di bawah aki, ama satu lagi di deket firewall) ada rembes oli nya ga.. ama cek minyak rem ada kurang ga..Djiwut wrote: Thu May 16, 2019 4:51 Halo met siang para suhu dan master,
Perkenalkan saya djiwut baru gabung di grup ini karena ada ketemu masalah di mobil grandlivina xv mt 2009.
Mohon maaf sebelumnya mungkin pertanyaan saya sdh pernah dibahas tetapi sy blum ketemu threadnya.
Mohon ijin langsung ke pertanyaan ya..
Sewaktu mau anter anak kembali ke kampus grandlivina yang tadinya masuk gigi satu dan sterusnya halus n lancar aja, jadi seret n susah pindah gigi baik dari netral ke satu,dua dst n kembali ke netral lagi. Seperti ada yg terlepas gitu krn pedal kopling ditekan separo seperti blum respon..Ini gejala apa ya..? dan sebaiknya di bawa ke beres atau bengkel biasa dekat rumah n bagaimana kita kalo mau cek oli transimisnya dimana..?
Demikian pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya dan salam kenal tuk semua
Sukses selalu...
Siapp...Om nanti dicek..terima kasih penjelasannya..DOHC wrote: Thu May 16, 2019 5:55coba liat di bawah aki, ada selang plastik yg masuk ke dalem gearbox (itu selang CSC - concentric slave cylinder - atau master silinder bawah )ada rembes oli ga, atau di sambungan2 selang nya (ada satu di bawah aki, ama satu lagi di deket firewall) ada rembes oli nya ga.. ama cek minyak rem ada kurang ga..Djiwut wrote: Thu May 16, 2019 4:51 Halo met siang para suhu dan master,
Perkenalkan saya djiwut baru gabung di grup ini karena ada ketemu masalah di mobil grandlivina xv mt 2009.
Mohon maaf sebelumnya mungkin pertanyaan saya sdh pernah dibahas tetapi sy blum ketemu threadnya.
Mohon ijin langsung ke pertanyaan ya..
Sewaktu mau anter anak kembali ke kampus grandlivina yang tadinya masuk gigi satu dan sterusnya halus n lancar aja, jadi seret n susah pindah gigi baik dari netral ke satu,dua dst n kembali ke netral lagi. Seperti ada yg terlepas gitu krn pedal kopling ditekan separo seperti blum respon..Ini gejala apa ya..? dan sebaiknya di bawa ke beres atau bengkel biasa dekat rumah n bagaimana kita kalo mau cek oli transimisnya dimana..?
Demikian pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya dan salam kenal tuk semua
Sukses selalu...
penyakit OGl manual biasa nya di selang2 imut2 nan renta tsb.. atau bsa jg seal CSC nya jebol, maklum,ntuh CSC bahan nya dari plastik, dl di OGL ada beberapa kasus jebol seal nya..
Terima kasih pencerahannya om, oya apakah pake lampu HID bisa bikin leleh reflectornya?P47hos wrote: Tue May 14, 2019 10:36Secara umum bunyi kaki2 Livina ada beberapa sebab, tp semua berhubungan dgn bushing nya yg sudah mulai Oblak. Solusinya bawa ke bengkel spesialis Nissan/ bengkel kaki2 terdekat biar dicek apa saja yg rusak, jgn bawa ke Bengkel resmi soalnya beres ngga mau ganti bushing nya saja, harus 1 set sama Assy nya. Bushing nya banyak yg jual kok di toko2 sparepart.dhonysaja wrote: Tue May 14, 2019 6:56 Salam, saya member baru dan baru angkut ANGL HWS 2013, ada sedikit bunyi pada kaki2 dan juga ketika mobil diam posisi P, pas pindahin transmisi agak keras serta ada bunyi apakah itu normal ya?.
Oya, untuk lampu depan bawaannya kurang terang, apakah ada saran dapat diganti dengan lampu yang lain?, karena untuk perjalanan malam.
Terima kasih![]()
Klo transmisi, Coba di kuras dulu oli maticnya,tp yg sesuai spek ya olinya
.untuk lampu bawaan yg paling bagus pake HID. Tp klo mau tetap halogen ya pake bohlam yg high performance macem Osram NBR.