DOHC wrote: ↑Tue Sep 03, 2019 13:18
@sucahyo
saran ane, coba skali2 maen ke bengkel atau ke sentra onderdil kampakan, liat2 dehh mesin2 jadul macam TOYOTA 5K, ama mesin2 modern macam mesin ayla.. jgn lupa bawa feeler gauge buat bandingin celah2 metal duduk jalan, ring seher mesin2 tsb.. trus cari jg mesin2 klep katup otomatis macam VTEC, VVTI, Mivec jadul macam honda D15, 1ZZ toyota, atau mitsubishi 4G93 mivec, perhatiin jalur oli ke mekanisme klep otomatis nya.
nanti ngerti dehh knapa ga smua mesin itu bisa (dan boleh) pake oli kentel.
satu lagi, ga smua suara mesin dipake jd tolak ukur oli nya, conth, mesin toyota 4A-FE dbandingin sebelahan ama mesin mitsubishi 4G1 atau 9 series, djamin mitsu lebi brisik, koq bsa ? coba aj ukur celah klep 2 mesin tersebut pas masi dingin ama ud panas, bandingin siapa yg lebi lebar gap nya.. regardless mau pake oli buntut 140 kek, campurin pisang kek..
ad alesan knapa insiyur mesin cantumin recommended oil di buku primbon mobil
nggak usah mengarahkan begitu. Saya nggak bilang begitu kok. Saya nggak memaksakan pakai oli kental. Saya juga tahu beberapa mesin nggak bisa dibuat senyap walau oli yang sama bisa bikin mesin satunya sangat senyap. Tapi kalau mesinnya sama, oli beda bisa bikin suara mesin lebih kasar, apa itu nggak dianggap aneh?
Dan kasar disini tidak berarti keras. Suara mesin yang kayak amplas itu beda dengan suara keras karena pakai oli encer. Sayangnya ini dimanfaatkan oleh beberapa
oknum dengan mengatakan wajar suara mesin jadi kasar karena olinya encer. Padahal oli encer yang nggak sampah nggak akan begitu suaranya. Memang lebih keras, tapi nggak akan seperti diamplas.
Saya memberi kekentalan saran oli ya disesuaikan kendaraan, tergantung kebutuhan atau cara pemakaian. Saya kadang pakai acuan primbon juga. Tapi kalau primbon untuk Eropa dan untuk Indonesia bisa ngeplek sama persis kekentalannya, ya saya tentu jadi curiga, itu cuma copas atau sudah beneran diuji coba di Indonesia yang iklim tropis? Kalau sudah beneran diuji, kok suara mesin seperti logam diamplas?
ilhami wrote: ↑Tue Sep 03, 2019 23:58
agak susah ya diskusi dengan orang yang setengah benar setengah salah.
disuruh pakai Oli sesuai spek [benar]
tambahkan minyak goreng [salah]
Sama saja ah. Yang percaya sama API SN kan kadang memakai oli diluar peruntukan?
Pabrik keluarkan spec [dipercaya]
pabrik klaim oli bagus bikin suara mesin halus [tidak dipercaya]
pabrik bilang mobil bensin harus pakai oli untuk mobil bensin [tidak dipercaya]
pabrik bilang oli diesel jangan dipakai yang lain [tidak dipercaya]
pabrik bilang oli mobil tidak untuk motor[tidak dipercaya]
pabrik bilang oli nggak usah dicampur aditif lagi[tidak dipercaya]
pabrik bilang mencampur oli dengan merek lain tidak apa apa [tidak dipercaya]
Dibilang oli terbaik, disebut oli paling hebat, dst apa yang harus kita percaya?
Kalau klaim di bungkusnya saja nyatanya bohong, tentu nggak usah terlalu percaya sama spek yang dirilis pabrikan dong?