Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kebetulan saya pake pajero dakar ultimate, pas 500km saya ganti oli ke FK massimo diesel max 5w-40. Tapi kok hasilnya tarikan jd ngak segesit oli bawaan mobil ya.
Apa oli saya kekentalan ? Ato butuh waktu peyesuaian ?
Kalo kekentalan apa harus ditap dan diganti apa ya yang cocok. ( mohon masukanya bro turboman )
Fyi
Sebelumnya pake oli bawaan solarnya ( 1: 11 ), sejak pake fk massimo dmax jadi ( 1 :10 )
kalo gak salah oli bawaannya pake Mitsu GO 10W30 yah ?
memang mestinya Diesel2 penumpang modern pake 5W30......tapi byk report 4N15 ini nguap oli nya mayan parah
mobil om kalo nguapnya kecil next bisa pake HDEO 5W30 pasti lebih enteng drpd 5W40
Kebetulan saya pake pajero dakar ultimate, pas 500km saya ganti oli ke FK massimo diesel max 5w-40. Tapi kok hasilnya tarikan jd ngak segesit oli bawaan mobil ya.
Apa oli saya kekentalan ? Ato butuh waktu peyesuaian ?
Kalo kekentalan apa harus ditap dan diganti apa ya yang cocok. ( mohon masukanya bro turboman )
Fyi
Sebelumnya pake oli bawaan solarnya ( 1: 11 ), sejak pake fk massimo dmax jadi ( 1 :10 )
kalo gak salah oli bawaannya pake Mitsu GO 10W30 yah ?
memang mestinya Diesel2 penumpang modern pake 5W30......tapi byk report 4N15 ini nguap oli nya mayan parah
mobil om kalo nguapnya kecil next bisa pake HDEO 5W30 pasti lebih enteng drpd 5W40
Boleh spesifik nama merk bro yang 5w30 ? Mencoba bealih dr fk massimo hehe.. Apa perlu diganti ya oli yang sekarang ato tunggu sampe sekian ribu km baru ditap ?
Sama saya mau tanya saya punya hilux 2012 VNT pake nya fk massimo diesel dash 10-30 pemakain ngak buat angkat barang cuman buat harian dan kota saja.. Apa udah cocok ya bro ?
Kebetulan saya pake pajero dakar ultimate, pas 500km saya ganti oli ke FK massimo diesel max 5w-40. Tapi kok hasilnya tarikan jd ngak segesit oli bawaan mobil ya.
Apa oli saya kekentalan ? Ato butuh waktu peyesuaian ?
Kalo kekentalan apa harus ditap dan diganti apa ya yang cocok. ( mohon masukanya bro turboman )
Fyi
Sebelumnya pake oli bawaan solarnya ( 1: 11 ), sejak pake fk massimo dmax jadi ( 1 :10 )
kalo gak salah oli bawaannya pake Mitsu GO 10W30 yah ?
memang mestinya Diesel2 penumpang modern pake 5W30......tapi byk report 4N15 ini nguap oli nya mayan parah
mobil om kalo nguapnya kecil next bisa pake HDEO 5W30 pasti lebih enteng drpd 5W40
Boleh spesifik nama merk bro yang 5w30 ? Mencoba bealih dr fk massimo hehe.. Apa perlu diganti ya oli yang sekarang ato tunggu sampe sekian ribu km baru ditap ?
Sama saya mau tanya saya punya hilux 2012 VNT pake nya fk massimo diesel dash 10-30 pemakain ngak buat angkat barang cuman buat harian dan kota saja.. Apa udah cocok ya bro ?
2KD lebih cocoj buntut 40
tapi kalo misal selama ini pake 10W30 ga pernah nguap sih lanjutin aja
BBM solar di kita kadar sulphur masih sekitar 500 - 1000 ppm
Jadi butuh oli dgn TBN 9 - 12 mg KOH
Oli std ILSAC GF-4 or 5 itu TBN hanya sekitar 7 - 8 mg KOH dan SAPS hanya sekitar 0,8%
Juga ILSAC GF itu intended utk Gasoline engine
Oli Diesel selain TBN yg agak tinggi, juga butuh additip detergent minimal 1% karena pembakaran Diesel itu menghasilkan jelaga lebih besar drpd Gasoline, oli harus memiliki kapabilitas soot control yg efektif
Std ILSAC GF series setahu saya tidak menekankan utk aspek soot control, walau mmg kebersihan mesin mrk sgt tekankan
Coba deh om browse en google mengenai std ILSAC, parameter2 mereka itu semua utk mesin Gasoline
Kalau oli2 Diesel yg udah low SAPS juga, std API service gasoline yg mrk cantumkan adalah API S series, semisal SL / SM / SN, tapi mereka gak pernah nulis ILSAC di sana.
Memang benar oli Diesel low SAPS kelas PCMO juga TBN hanya sekitar 7 an dan SAPS 0,8%, tapi std nya beda, semisal ACEA C2 / C3 or Dexos 2 misalnya or MB 229.31 / 229.51 or BMW LL-04 misalnya.
Dan utk kita yg sulphur solar masih 500 - 1000 ppm, oli mesin low SAPS gak bisa dipake jauh krn kadar TBN nya yg terbatas
Oli dgn std ILSAC GF-4 or 5 bisa utk Diesel ? asal mesinnya udah roller rocker arm bisa saja, tapi sifatnya hanya utk emergency / kondisi kepepet dan disarankan sekitar 4000 - 5000 Km buang......utk kondisi solar Indonesia (sulphur 500 - 1000 ppm)
rezaing wrote:
Turboman wrote:Om
itu std ILSAC GF series mau 4 atau 5 adalah std khusus mesin Gasoline
Bukan utk Diesel
Dipake di diesel ya kalo misal kepepet / utk sementara boleh aja, tapi 4000 - 5000 Km buang
Kalo utk Spin Diesel cari aja oli 5W30 yg meet MB 229.5....nah itu bisa 10 rb Km
Bisa diesel kok Om. Cmiiw
Sent from my Nokia 8250 using Tapatalk
om turbo,, saya pake spin diesel juga. oli 5W30 yg meet MB 229.5 kira2 apa ya? kalo yg API CI bisa ga om?
BBM solar di kita kadar sulphur masih sekitar 500 - 1000 ppm
Jadi butuh oli dgn TBN 9 - 12 mg KOH
Oli std ILSAC GF-4 or 5 itu TBN hanya sekitar 7 - 8 mg KOH dan SAPS hanya sekitar 0,8%
Juga ILSAC GF itu intended utk Gasoline engine
Oli Diesel selain TBN yg agak tinggi, juga butuh additip detergent minimal 1% karena pembakaran Diesel itu menghasilkan jelaga lebih besar drpd Gasoline, oli harus memiliki kapabilitas soot control yg efektif
Std ILSAC GF series setahu saya tidak menekankan utk aspek soot control, walau mmg kebersihan mesin mrk sgt tekankan
Coba deh om browse en google mengenai std ILSAC, parameter2 mereka itu semua utk mesin Gasoline
Kalau oli2 Diesel yg udah low SAPS juga, std API service gasoline yg mrk cantumkan adalah API S series, semisal SL / SM / SN, tapi mereka gak pernah nulis ILSAC di sana.
Memang benar oli Diesel low SAPS kelas PCMO juga TBN hanya sekitar 7 an dan SAPS 0,8%, tapi std nya beda, semisal ACEA C2 / C3 or Dexos 2 misalnya or MB 229.31 / 229.51 or BMW LL-04 misalnya.
Dan utk kita yg sulphur solar masih 500 - 1000 ppm, oli mesin low SAPS gak bisa dipake jauh krn kadar TBN nya yg terbatas
Oli dgn std ILSAC GF-4 or 5 bisa utk Diesel ? asal mesinnya udah roller rocker arm bisa saja, tapi sifatnya hanya utk emergency / kondisi kepepet dan disarankan sekitar 4000 - 5000 Km buang......utk kondisi solar Indonesia (sulphur 500 - 1000 ppm)
rezaing wrote:
Bisa diesel kok Om. Cmiiw
Sent from my Nokia 8250 using Tapatalk
om turbo,, saya pake spin diesel juga. oli 5W30 yg meet MB 229.5 kira2 apa ya? kalo yg API CI bisa ga om?
SHU 5W30
atau pake aja Q8 T8700 - 5W30 itu lagi promo di Toda sampe tgl 8
BBM solar di kita kadar sulphur masih sekitar 500 - 1000 ppm
Jadi butuh oli dgn TBN 9 - 12 mg KOH
Oli std ILSAC GF-4 or 5 itu TBN hanya sekitar 7 - 8 mg KOH dan SAPS hanya sekitar 0,8%
Juga ILSAC GF itu intended utk Gasoline engine
Oli Diesel selain TBN yg agak tinggi, juga butuh additip detergent minimal 1% karena pembakaran Diesel itu menghasilkan jelaga lebih besar drpd Gasoline, oli harus memiliki kapabilitas soot control yg efektif
Std ILSAC GF series setahu saya tidak menekankan utk aspek soot control, walau mmg kebersihan mesin mrk sgt tekankan
Coba deh om browse en google mengenai std ILSAC, parameter2 mereka itu semua utk mesin Gasoline
Kalau oli2 Diesel yg udah low SAPS juga, std API service gasoline yg mrk cantumkan adalah API S series, semisal SL / SM / SN, tapi mereka gak pernah nulis ILSAC di sana.
Memang benar oli Diesel low SAPS kelas PCMO juga TBN hanya sekitar 7 an dan SAPS 0,8%, tapi std nya beda, semisal ACEA C2 / C3 or Dexos 2 misalnya or MB 229.31 / 229.51 or BMW LL-04 misalnya.
Dan utk kita yg sulphur solar masih 500 - 1000 ppm, oli mesin low SAPS gak bisa dipake jauh krn kadar TBN nya yg terbatas
Oli dgn std ILSAC GF-4 or 5 bisa utk Diesel ? asal mesinnya udah roller rocker arm bisa saja, tapi sifatnya hanya utk emergency / kondisi kepepet dan disarankan sekitar 4000 - 5000 Km buang......utk kondisi solar Indonesia (sulphur 500 - 1000 ppm)
om turbo,, saya pake spin diesel juga. oli 5W30 yg meet MB 229.5 kira2 apa ya? kalo yg API CI bisa ga om?
SHU 5W30
atau pake aja Q8 T8700 - 5W30 itu lagi promo di Toda sampe tgl 8
Saya dapat banyak ilmu dari thread ini, terima kasih banyak.
Mobil saya captiva diesel 2011. Selama ini pake Q8 dexos 2 (suruhan beres) dan bio solar doang. Kayak nya oli cepet EOL. Interval 7500 km sepertinya olinya ngga sanggup. Katanya captiva harus pake DEX, tapi saya coba bio solar plus redline (menyimpang dikit maap). Downpipe yang ada DPF nya ane ganti yang ngga ada DPF nya biar aman pake oli non dexos 2.
Ane lagi bingung soalnya kanan kiri beda info, kok pengguna captiva walaupun pake DEX tetep ganti oli (Q8) di 6000-7000 km doang ya? Kalau Bio Solar di KM berapa harusnya?
Oli apa yang bisa tahan lama tapi worth it? sekarang saya pakai amsoil european 5w-40 tapi TBN nya cuma 8. Rencana mau pake Mobil Delvac 1 5W-40 yang TBN nya 12. Kira kira Amsoil nya bisa bertahan berapa KM dan perbandingannya M1 Delvacnya bisa secara aman berapa km?
Adakah Oli lain yang TBN nya tinggi yang rekomended?
Saya dapat banyak ilmu dari thread ini, terima kasih banyak.
Mobil saya captiva diesel 2011. Selama ini pake Q8 dexos 2 (suruhan beres) dan bio solar doang. Kayak nya oli cepet EOL. Interval 7500 km sepertinya olinya ngga sanggup. Katanya captiva harus pake DEX, tapi saya coba bio solar plus redline (menyimpang dikit maap). Downpipe yang ada DPF nya ane ganti yang ngga ada DPF nya biar aman pake oli non dexos 2.
Ane lagi bingung soalnya kanan kiri beda info, kok pengguna captiva walaupun pake DEX tetep ganti oli (Q8) di 6000-7000 km doang ya? Kalau Bio Solar di KM berapa harusnya?
Oli apa yang bisa tahan lama tapi worth it? sekarang saya pakai amsoil european 5w-40 tapi TBN nya cuma 8. Rencana mau pake Mobil Delvac 1 5W-40 yang TBN nya 12. Kira kira Amsoil nya bisa bertahan berapa KM dan perbandingannya M1 Delvacnya bisa secara aman berapa km?
Adakah Oli lain yang TBN nya tinggi yang rekomended?
Saya dapat banyak ilmu dari thread ini, terima kasih banyak.
Mobil saya captiva diesel 2011. Selama ini pake Q8 dexos 2 (suruhan beres) dan bio solar doang. Kayak nya oli cepet EOL. Interval 7500 km sepertinya olinya ngga sanggup. Katanya captiva harus pake DEX, tapi saya coba bio solar plus redline (menyimpang dikit maap). Downpipe yang ada DPF nya ane ganti yang ngga ada DPF nya biar aman pake oli non dexos 2.
Ane lagi bingung soalnya kanan kiri beda info, kok pengguna captiva walaupun pake DEX tetep ganti oli (Q8) di 6000-7000 km doang ya? Kalau Bio Solar di KM berapa harusnya?
Oli apa yang bisa tahan lama tapi worth it? sekarang saya pakai amsoil european 5w-40 tapi TBN nya cuma 8. Rencana mau pake Mobil Delvac 1 5W-40 yang TBN nya 12. Kira kira Amsoil nya bisa bertahan berapa KM dan perbandingannya M1 Delvacnya bisa secara aman berapa km?
Adakah Oli lain yang TBN nya tinggi yang rekomended?
Sebelumnya makasih banyak ya Om Turboman
kalo 5W30 ya pake Q8 T8700
bisa 10.000 km
Biosolar kasi racun
Kalau pakai 5w40 bagaimana? motul crdi 5w40 TBN nya 10 klo ngga salah. Q8 T8700 susah nyarinya... atau Mobil Delvac 5w40 TBN 12?
Domisili mana gan ?? Sekedar info aja, seminggu lalu baru ganti oli di C*kra motor, palem cengkareng, ada jual Q8 T8700, per liter kalau tidak salah dengar sekitar 150rb/liter. Kebetulan ane sendiri cukup pakai Q8 t800 saja....budget mentok di oli murah
Saya dapat banyak ilmu dari thread ini, terima kasih banyak.
Mobil saya captiva diesel 2011. Selama ini pake Q8 dexos 2 (suruhan beres) dan bio solar doang. Kayak nya oli cepet EOL. Interval 7500 km sepertinya olinya ngga sanggup. Katanya captiva harus pake DEX, tapi saya coba bio solar plus redline (menyimpang dikit maap). Downpipe yang ada DPF nya ane ganti yang ngga ada DPF nya biar aman pake oli non dexos 2.
Ane lagi bingung soalnya kanan kiri beda info, kok pengguna captiva walaupun pake DEX tetep ganti oli (Q8) di 6000-7000 km doang ya? Kalau Bio Solar di KM berapa harusnya?
Oli apa yang bisa tahan lama tapi worth it? sekarang saya pakai amsoil european 5w-40 tapi TBN nya cuma 8. Rencana mau pake Mobil Delvac 1 5W-40 yang TBN nya 12. Kira kira Amsoil nya bisa bertahan berapa KM dan perbandingannya M1 Delvacnya bisa secara aman berapa km?
Adakah Oli lain yang TBN nya tinggi yang rekomended?
Sebelumnya makasih banyak ya Om Turboman
kalo 5W30 ya pake Q8 T8700
bisa 10.000 km
Biosolar kasi racun
Kalau pakai 5w40 bagaimana? motul crdi 5w40 TBN nya 10 klo ngga salah. Q8 T8700 susah nyarinya... atau Mobil Delvac 5w40 TBN 12?
Change wrote: Thu Jul 27, 2017 14:25
Domisili mana gan ?? Sekedar info aja, seminggu lalu baru ganti oli di C*kra motor, palem cengkareng, ada jual Q8 T8700, per liter kalau tidak salah dengar sekitar 150rb/liter. Kebetulan ane sendiri cukup pakai Q8 t800 saja....budget mentok di oli murah
Domisili di jogja, om. Selama ini pakenya Q8 dexos2, trus skrg amsoil european 5w40. Q8 T8700 ga pernah ketemu. di Blibli ada seperti yang disebutkan om Turboman, kemasan 5 liter (captiva diesel 6.2 lt). Pilihan sementara stuck di mobil delvac 1 5w40 secara TBN 12 dan di sini ada. Kalau bisa dapet T8700 muantap kaliiii
Om Turbo, mohon saran rekomendasi oli utk 4D56 Pasport Exceed lama yang halus dan tahan terhadap penguapan donk.. pemakaian mostly harian dan dalam kota, bukan mobil pekerja keras.. Thanks before hehe
Frenzyking wrote:Om Turbo, mohon saran rekomendasi oli utk 4D56 Pasport Exceed lama yang halus dan tahan terhadap penguapan donk.. pemakaian mostly harian dan dalam kota, bukan mobil pekerja keras.. Thanks before hehe
Frenzyking wrote:Om Turbo, mohon saran rekomendasi oli utk 4D56 Pasport Exceed lama yang halus dan tahan terhadap penguapan donk.. pemakaian mostly harian dan dalam kota, bukan mobil pekerja keras.. Thanks before hehe
cari yg harga brp ?
Boleh donk om minta yg best sesuai range harga masing masing dari yg murah sampai yg premium heheh buad jd guidance aja om.. thanks Ommm
Frenzyking wrote:Om Turbo, mohon saran rekomendasi oli utk 4D56 Pasport Exceed lama yang halus dan tahan terhadap penguapan donk.. pemakaian mostly harian dan dalam kota, bukan mobil pekerja keras.. Thanks before hehe
cari yg harga brp ?
Boleh donk om minta yg best sesuai range harga masing masing dari yg murah sampai yg premium heheh buad jd guidance aja om.. thanks Ommm
Frenzyking wrote:
Boleh donk om minta yg best sesuai range harga masing masing dari yg murah sampai yg premium heheh buad jd guidance aja om.. thanks Ommm
oli Diesel dari harga 35 rebuan sampe 200++ ada
kalo ditulis semua nanti situ bosen bacanya
sebut aja budget brp dan utk mobil apa
Yg 100an deh om buad pasport exceed lama taun 2010 hehe
bisa pake
Q8 T800 - 10W40
Shell Rimula R5 - 10W40
Bisa juga pake 5W40 yg meet MB 229.5 jika ada yg promo
Perkenalkan saya nubie baru di dunia diesel.Sebelumnya pake bensin terus.
Mobil ane innova diesel a/t, skrg baru jalan hampir 600km.
Rencana nya mau ganti oli mesin dan gardan sblm nyentuh 1000km.
Diisi dex terus (oot sdkt, kalo udah pake dex, masih perlu racun gak?)
Rekomendasi dong suhu2 oli, untuk mesin dan gardan.
Budget bisa menyesuaikan
Perkenalkan saya nubie baru di dunia diesel.Sebelumnya pake bensin terus.
Mobil ane innova diesel a/t, skrg baru jalan hampir 600km.
Rencana nya mau ganti oli mesin dan gardan sblm nyentuh 1000km.
Diisi dex terus (oot sdkt, kalo udah pake dex, masih perlu racun gak?)
Rekomendasi dong suhu2 oli, untuk mesin dan gardan.
Budget bisa menyesuaikan
Terima kasih banyak
ANKI 2017 ?
Banyak pembahasannya di Fb grup sharing ANKI & ANF