Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zvr
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 18, 2010 18:01

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by zvr »

hari ini display mid naik ke 1lt : 5,5km, buat aktualnya nanti tunggu isi bensin lagi br diitung.. smoga bisa nyentuh 1 : 7..
FortunerMan

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by FortunerMan »

Udah pencet reset sebelum ngukur lagi om? Kalo di tol saja (reset di pintu tol) dapet brp?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by JESKONENG »

Teana pake pertamax plus ya om ? .. sekedar info : sekarang sudah hadir aditif Norival, ya jika dicampur premium bisa menjadi bbm setara pertamax plus ....

ini link-nya om : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =3&t=16387
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by grandscenic »

om Jeskoneng, malu kali,, pake Teana ngisi bbm-nya premium.. :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Etme Bulma Dünyası
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by JESKONENG »

grandscenic wrote:om Jeskoneng, malu kali,, pake Teana ngisi bbm-nya premium.. :mky_01: :mky_01: :mky_01:
ahahaha... kan bisa suruhan sopir beli premium naik bajaj bawa 3-4 jeriken...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by grandscenic »

baru tau Teana udah percantik diri.. apa ane yg ketinggalan info ya..


Image
Image
Image
Image
Image
Image
Etme Bulma Dünyası
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by ak4ng »

teana ini mmg kl mnurut ane si tampilan exteriornya paling wah.... kek ningrat gmn gt.... tp ga berbanding lurus dgn interior..... imo si...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by solar_kerosen »

kalau nurut gue pribadi

mobil baru :

dipanasin satu menit abis itu baru dipake jalan

mobil lama : kira kira 20 detik idle baru dipake

sudah cukup membantu sistem pelumasan mesin
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
zvr
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 18, 2010 18:01

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by zvr »

nanya lagi gan sembari nunggu ngitung perbandingan bensin manual (MID skrg di 1:5,5)
cvt kalo di gigi awal pas macet2 itu kok brasa ndut2an ya semisal kurangin gas pas gear 1 pindah 2?apa emg kyk gt ya?
apa cvt xtrail dll jg kyk gt?
zvr
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 18, 2010 18:01

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by zvr »

dikarenakan baru isi bensin, jd br bs ngasih info... di display dapet 1 lt: 6,8km , aktualnya 1lt : 7,5 km (mix tol + macet)
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by AD74YA »

Kalau boleh tau cara itung aktualnya gimana oom? Kok malah MID bisa lebih boros dari pada aktualnya? :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by ak4ng »

bro zvr... pict interior plizzz
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by poeticmind »

AD74YA wrote:Kalau boleh tau cara itung aktualnya gimana oom? Kok malah MID bisa lebih boros dari pada aktualnya? :e-think:
ada bbrapa mobil memang gitu go, sebabnya juga Beres ga bisa ngasih jawaban tepat. tapi biasanya mereka bantu reset (ya kita sendiri juga bisa sih... ga jauh kayak reset mid crv), tapi kadang mereka reset nya lewat obd, jika reset manual ga bisa.
Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by AD74YA »

poeticmind wrote:
AD74YA wrote:Kalau boleh tau cara itung aktualnya gimana oom? Kok malah MID bisa lebih boros dari pada aktualnya? :e-think:
ada bbrapa mobil memang gitu go, sebabnya juga Beres ga bisa ngasih jawaban tepat. tapi biasanya mereka bantu reset (ya kita sendiri juga bisa sih... ga jauh kayak reset mid crv), tapi kadang mereka reset nya lewat obd, jika reset manual ga bisa.
Masa sih? Awak baru tau...

Deviasi speedo bukannya cenderung menunjukkan lebih awet? Bukan lebih boros? Apalagi Nissan
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
F-man10
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by F-man10 »

kalo di ANJ sih, MID lebih hemat daripada aktualnya, nggak tau kalo di mobil lain
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by AD74YA »

Setau ane seh nggak mungkin MID tu lebih boros daripada aktualnya karena:

1) Deviasi bahan bakar karena tekanan tangki dan fuel pump,
2) Deviasi sensor konsumsi BBM di ECU saat mobil diam tetapi mesin nyala di lalu lintas,
3) Deviasi konsumsi karena tekanan angin ban/kondisi ban dan rims, (pada kondisi ban standar/sesuai spesifikasi pabrikan)

Dari pengetahuan dangkal yang ane punya sih, MID itu biasanya lebih hemat antara 8-10% dari kondisi real nya...dan ini masih dalam taraf normal

Nah berdasar track record nya di SM, salah satu varian Nissan yang lebih rendah dari Teana memiliki deviasi Fuel Consumption Info yang lebih dari 10%.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by grandscenic »

zvr wrote:nanya lagi gan sembari nunggu ngitung perbandingan bensin manual (MID skrg di 1:5,5)
cvt kalo di gigi awal pas macet2 itu kok brasa ndut2an ya semisal kurangin gas pas gear 1 pindah 2?apa emg kyk gt ya?
apa cvt xtrail dll jg kyk gt?
kyknya ini sama seperti yg dialami om zombie dg CVT di XTrailnya.. betul ga om???
Etme Bulma Dünyası
FortunerMan

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by FortunerMan »

Cakep euy faceliftnya

Image

Cepat, cepat turunlah harga engkau neng Teana :mrgreen:
zvr
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 18, 2010 18:01

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by zvr »

AD74YA wrote:Kalau boleh tau cara itung aktualnya gimana oom? Kok malah MID bisa lebih boros dari pada aktualnya? :e-think:
hm.. pertama kali diisi full tank ampe mentok, trus itung jalan br km, and isi lagi ampe mentok
trus jumlahnya dibagi aja.. cmiiw kalo caranya salah
ak4ng wrote:bro zvr... pict interior plizzz
interior sama aja bro sm yg blm facelift
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by AD74YA »

Udah ane duga pakai cara itu... Setau ane seh... Cara yang beginian deviasinya guede buanget,,, Karena :

1. Variabel kondisi jalanan, rute, dan cuaca -> deviasi paling besar
2. Akurasi pompa bensin : Untuk pengukuran FC dengan metode manual seperti ini pengisian Wajib menggunakan selang yang sama dari pom bensin yang sama.
3. Konsistensi kondisi tangki: suhu dan konsistensi bahan bakar yang masuk bisa bepengaruh ke pengukuran. Disarankan waktu pengisian ulang +- beda 2 jam dengan waktu saat pengisian pertama; contoh saat pengisian pertama dilakukan jam 12 siang, dianjurkan pengetesan kedua dilakukan jam 12 siang juga.
4. Variabel deviasi odometer
5. Variabel deviasi beban kendaraan..

Dengan MID, deviasi FC disana dengan kondisi real rata-rata pabrikan mengklaim adalah berbeda +- 15%.. Maka kalau MID mengatakan 5,5 km/l, maka idealnya maksimal paling irit itu 6,3 km/l.

Dengan cara manual seperti diatas, beda dari 5,5 ke 7,5 berarti deviasinya 27% donk.. Bener gak?... Sehingga banyak orang yang menyarankan, kalau menggunakan cara ini, harus diulang berkali-kali dan lebih baik hitungan ganjil (minimal 3 kali), dan syarat utamanya adalah, selang pompa bensin yang digunakan harus sama, dan dalam waktu yang serupa (+- 2 jam) saat pengisian sebelumnya. Syarat tambahan lain agar lebih ideal adalah gaya mengemudi yang konsisten, dan tekanan ban yang konsisten.

NB:
So far setau ane cara paling akurat itung FC itu pakai alat seperti contoh yang namanya RaceLogic.. Dia nyambung ke ECU mobil dan GPS. Untuk racelogic basic yang pernah ane liat di klaim deviasinya 3%.. Dan di mobil yang dicoba, hitungannya seinget ane selalu lebih boros ketimbang MID bawaan mobil (ane lihat 2 kali percobaan di mobil yang sama).

CMIIW. :ungg:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by JESKONENG »

wow.. baru tau Racelogic bisa utk ngukur FC ... beberapa kali pake Racelogic (milik inventaris sebuah tabloid terkenal), cuma utk ngukur performa mesin (motor) :
- 0-100m, 0-201m, 0-402m (kpj/detik)
- 0-100 kpj (detik)
Last edited by JESKONENG on Tue Jun 26, 2012 17:12, edited 1 time in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by poeticmind »

well let say MID itu hanya patokan saja kan, go... dihitung 3-4kali dengan kondisi yg sama dibagi rata2. mobil yg tanpa MID juga hanya perkiraan rata2 aja.
kalo soal kondisi rute jalan, pengaruhnya ga begitu banyak... kecuali penghitungan pertama dalam kota, kedua luar kota atau beban spt yg elo sebut...nah ini jelas beda.. utk penghitungan awam, cara yg dilakukan zvr wajar lah ya...
Image
zvr
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Mar 18, 2010 18:01

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by zvr »

AD74YA wrote:Udah ane duga pakai cara itu... Setau ane seh... Cara yang beginian deviasinya guede buanget,,, Karena :

1. Variabel kondisi jalanan, rute, dan cuaca -> deviasi paling besar
2. Akurasi pompa bensin : Untuk pengukuran FC dengan metode manual seperti ini pengisian Wajib menggunakan selang yang sama dari pom bensin yang sama.
3. Konsistensi kondisi tangki: suhu dan konsistensi bahan bakar yang masuk bisa bepengaruh ke pengukuran. Disarankan waktu pengisian ulang +- beda 2 jam dengan waktu saat pengisian pertama; contoh saat pengisian pertama dilakukan jam 12 siang, dianjurkan pengetesan kedua dilakukan jam 12 siang juga.
4. Variabel deviasi odometer
5. Variabel deviasi beban kendaraan..

Dengan MID, deviasi FC disana dengan kondisi real rata-rata pabrikan mengklaim adalah berbeda +- 15%.. Maka kalau MID mengatakan 5,5 km/l, maka idealnya maksimal paling irit itu 6,3 km/l.

Dengan cara manual seperti diatas, beda dari 5,5 ke 7,5 berarti deviasinya 27% donk.. Bener gak?... Sehingga banyak orang yang menyarankan, kalau menggunakan cara ini, harus diulang berkali-kali dan lebih baik hitungan ganjil (minimal 3 kali), dan syarat utamanya adalah, selang pompa bensin yang digunakan harus sama, dan dalam waktu yang serupa (+- 2 jam) saat pengisian sebelumnya. Syarat tambahan lain agar lebih ideal adalah gaya mengemudi yang konsisten, dan tekanan ban yang konsisten.

NB:
So far setau ane cara paling akurat itung FC itu pakai alat seperti contoh yang namanya RaceLogic.. Dia nyambung ke ECU mobil dan GPS. Untuk racelogic basic yang pernah ane liat di klaim deviasinya 3%.. Dan di mobil yang dicoba, hitungannya seinget ane selalu lebih boros ketimbang MID bawaan mobil (ane lihat 2 kali percobaan di mobil yang sama).

CMIIW. :ungg:
bukan dari 5,5 ke 7,5 tapi dr 6,8 ke 7,5.... mohon di cek kembali diatas :big_peace:
yah at least hasilnya ga 4,5 kyk di awal.. bisa2 isinya campur aer
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by maskopat »

AD74YA wrote:Udah ane duga pakai cara itu... Setau ane seh... Cara yang beginian deviasinya guede buanget,,, Karena :

1. Variabel kondisi jalanan, rute, dan cuaca -> deviasi paling besar
2. Akurasi pompa bensin : Untuk pengukuran FC dengan metode manual seperti ini pengisian Wajib menggunakan selang yang sama dari pom bensin yang sama.
3. Konsistensi kondisi tangki: suhu dan konsistensi bahan bakar yang masuk bisa bepengaruh ke pengukuran. Disarankan waktu pengisian ulang +- beda 2 jam dengan waktu saat pengisian pertama; contoh saat pengisian pertama dilakukan jam 12 siang, dianjurkan pengetesan kedua dilakukan jam 12 siang juga.
4. Variabel deviasi odometer
5. Variabel deviasi beban kendaraan..

Dengan MID, deviasi FC disana dengan kondisi real rata-rata pabrikan mengklaim adalah berbeda +- 15%.. Maka kalau MID mengatakan 5,5 km/l, maka idealnya maksimal paling irit itu 6,3 km/l.

Dengan cara manual seperti diatas, beda dari 5,5 ke 7,5 berarti deviasinya 27% donk.. Bener gak?... Sehingga banyak orang yang menyarankan, kalau menggunakan cara ini, harus diulang berkali-kali dan lebih baik hitungan ganjil (minimal 3 kali), dan syarat utamanya adalah, selang pompa bensin yang digunakan harus sama, dan dalam waktu yang serupa (+- 2 jam) saat pengisian sebelumnya. Syarat tambahan lain agar lebih ideal adalah gaya mengemudi yang konsisten, dan tekanan ban yang konsisten.

NB:
So far setau ane cara paling akurat itung FC itu pakai alat seperti contoh yang namanya RaceLogic.. Dia nyambung ke ECU mobil dan GPS. Untuk racelogic basic yang pernah ane liat di klaim deviasinya 3%.. Dan di mobil yang dicoba, hitungannya seinget ane selalu lebih boros ketimbang MID bawaan mobil (ane lihat 2 kali percobaan di mobil yang sama).

CMIIW. :ungg:
jika harus menggunakan pompa yang sama, kira2 berapakah deviasi pompa satu dengan pompa lainnya? apakah lebih dari 10%?
selama ane ngukur fc dengan metoda full to full dan SPBU dimana aja dari produsen di mana aja, untuk rute dominan dalkot, gak lebih dari 15% perbedaannya. kalo banyak di luar kota atau toll, baru bisa 30-50%...
kalo mau perhitungan yang pasti, mau gak mau harus berada dalam lingkungan yang semua terkontrol baik traffic, cuaca, pompa dan lain2.

nah, sekarang mau toleransi berapa persen untuk pengukuran yang diperbolehkan? :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Baru hari ini DP Nissan Teana: review saya

Post by maskopat »

zvr wrote:
AD74YA wrote:Udah ane duga pakai cara itu... Setau ane seh... Cara yang beginian deviasinya guede buanget,,, Karena :

1. Variabel kondisi jalanan, rute, dan cuaca -> deviasi paling besar
2. Akurasi pompa bensin : Untuk pengukuran FC dengan metode manual seperti ini pengisian Wajib menggunakan selang yang sama dari pom bensin yang sama.
3. Konsistensi kondisi tangki: suhu dan konsistensi bahan bakar yang masuk bisa bepengaruh ke pengukuran. Disarankan waktu pengisian ulang +- beda 2 jam dengan waktu saat pengisian pertama; contoh saat pengisian pertama dilakukan jam 12 siang, dianjurkan pengetesan kedua dilakukan jam 12 siang juga.
4. Variabel deviasi odometer
5. Variabel deviasi beban kendaraan..

Dengan MID, deviasi FC disana dengan kondisi real rata-rata pabrikan mengklaim adalah berbeda +- 15%.. Maka kalau MID mengatakan 5,5 km/l, maka idealnya maksimal paling irit itu 6,3 km/l.

Dengan cara manual seperti diatas, beda dari 5,5 ke 7,5 berarti deviasinya 27% donk.. Bener gak?... Sehingga banyak orang yang menyarankan, kalau menggunakan cara ini, harus diulang berkali-kali dan lebih baik hitungan ganjil (minimal 3 kali), dan syarat utamanya adalah, selang pompa bensin yang digunakan harus sama, dan dalam waktu yang serupa (+- 2 jam) saat pengisian sebelumnya. Syarat tambahan lain agar lebih ideal adalah gaya mengemudi yang konsisten, dan tekanan ban yang konsisten.

NB:
So far setau ane cara paling akurat itung FC itu pakai alat seperti contoh yang namanya RaceLogic.. Dia nyambung ke ECU mobil dan GPS. Untuk racelogic basic yang pernah ane liat di klaim deviasinya 3%.. Dan di mobil yang dicoba, hitungannya seinget ane selalu lebih boros ketimbang MID bawaan mobil (ane lihat 2 kali percobaan di mobil yang sama).

CMIIW. :ungg:
bukan dari 5,5 ke 7,5 tapi dr 6,8 ke 7,5.... mohon di cek kembali diatas :big_peace:
yah at least hasilnya ga 4,5 kyk di awal.. bisa2 isinya campur aer
om mod helm bacanya pake mobile device om.. jadi lagi susah baca...
............... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green