anto_tm wrote:Guys, gw mau klarifikasi niy...
gw jg jd bingung jd berantakan gini treathnya

btw, akhirnya yaris gw selesai diberesin, baru td dianter, dan semua bautnya diganti (4 roda).
katanya siy spy safety... dan akhirnya, gw cancel pembatalan pembelian mobilnya...
Tp for info, yg ngurus semua bukan Astra World, jd buat lo2 pada yg berharap banyak sm AstraWorld, mending lupain, slogan nya [cencored] semua... bahkan smp skrg mobil gw dah beres, komplain gw gak pernah digubris...
Yaris gw murni diurus sm sales nya, namanya Taufan dari Auto200 Ciledug, rekomended deh....
agak aneh siy mobil yg rusak tp sales yg ngurus, tp gitulah perusahaan besar, pada maen safe semua, kalo bisa nyalahin pegawai lapangannya, ngapain jg musti keluar dr ruangan ber-AC

Tp keren comment2nya, gw yakin semakin smart customernya, semakin berfikir jg produsen utk sekedar bikin produk2 yg ga berkualitas.
Ada beberapa point yg gw simpulkan:
1. Baut patah, yes, itu bahaya, apapun alasannya, yg pasti baut mobil dibikin 4, 5 atau lebih pasti karena dasar tertentu, bukan cuma karena alasan: "biasanya gpp" hey please, skrg 2010 bukan... kalo cm sekedar gaya2 an atau non standar spesification, gw percaya baut 2 dr 4 pun masih bisa jalan...
Gw jg pernah gawe di engineering airline, buat info aja, pesawat 2 engine, sebenarnya bisa terbang dengan hanya 1 engine, tp kalo di darat diketahui engine brekdown 1, status pesawat AOG, alias gak boleh terbang...
2. Product defect, yes its common things... tp masalahnya, bgmn produsen bisa memberikan after sales services, mungkin kalo bukan krn org Astranya nyolot dan bisa kasih solusi, customer pasti fine2 aja, walaupun Toyota banyak ngeluarin continous improvement spt Lean Manufacture, Kanban System, Just in Time, Total Quality Management, atau bahkan yg teranyar Six Sigma pun masih mengklaim kemungkinan DPMO (Defect Per Million Opprtunity), jd defect itu mungkin terjadi, cuma produsen harus berfikir lebih keraslah memberikan solusi buat customernya, masa mau uangnya aja....
3. Momen pemasangan baut roda, setau gw ini prosedur standarnya : Keraskan mur roda dengan Torsi : 600 kgf-cm (59 N.m; 43 lbf.ft), inget loh kgf, bukan kg...
4. Urusan komplain gw, ini bukan sekedar bikin bos, walaupun sudah diganti, gw tetep minta ada investigasi, sampai ada hasil lab, kalo emang terbukti karena gw yg salah pasang atau kekerasan masangnya, gw bilang gw siap untuk diberikan denda dan minta maaf ke media2, tp kalo bukan karena gw, Toyota harus bertanggung jawab donk.... jadi jangan salah persepsi, ini bukan untuk menjelekkan merk tertentu, karena gw pun pengguna Toyota, ngapain juga gw jelekin mobil sendiri, tp ini murni kekecewaan gw dan hak untuk memperoleh informasi atas produk yg kita beli.
Sekarang kalo ada yg bilang ini kasus biasa, coba lo bayangin, ada sales mobil yg nawarin mobil tp bilang gini : Pak, ini mobil bagus punya, tp mungkin nanti setelah seminggu mungkin baut bannya patah, tp ga usah khawatir Pak, pas sudah patah kami pasti ganti..... YAKIN LO MAU BELI TUH MOBIL ??????
5. Buat org2 yg merasa tersinggung dengan treath ini, gw harap bisa lebih bijaksana, secara memang gak ada yg sempurna bro, nah karena gak ada yg sempurna makanya perusahaan punya cust service dll. Kalo dah sempurna mah, ngapain gaji pegawai, cukup bikin dengan robot, dan jualan on line
Thanks ya all...