BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
thanks ya om.. udah kasih nasehatnya... kalo om22 yang kasih ane percaya 1000% .. gak pake koma lagi dech heehe.. btw ane putusin ambil montera dech.. yang penting sama worthednya dech.. heehe.. 1 lagi ni petanyaan ane.. harga pasrannya montera berapa ya.. sekitar taun 2000 sampe 2002.. ? mohon info yang om.. oya ane tinggalnya agak jauh ni dari kota.. pingiran jogjakarta.. ?
buka mata buka hati buka telinga..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
teunget wrote:Haloo om nasywa....salam kenal, hati2 kompor om frandika ya, puanas buanget tuh.....hehehehehe, klo aku mencoba lbh objektif aja sih (gak pinter ngompori soalnya....frandika wrote:Met gabung ya om... Kalo dpt kebo nya sehat sih ga bakalan nyedot biaya byk deh, baik montera atawa dohc. Perihal biaya operasional bbm dalkot msh bisa 1:7-8an, lukot lbh irit dr pd ipah.. Kalo serpis rutin saya rasa ga besar, dgn part ori nya dijamin worthed dgn ketahanannya.. So, jgn ragu deh ambil kebo, kalo kelamaan pikir2 takutnya dah syusyahhh beli bekasnya, di milis blazer jg pd byk yg hunting tp ga dpt2 tuh...nasywa azalia wrote:salam kenal bos..bos.. ane baru rencana pengen punya kebo.. tp karena duit ane.. mepet... jadi ane pengen tau estimasi biaya operasional pemakaian sehari22 termasuk biaya2 servis kebonya, and tiap berapa periode harus servis bos..? ane rencana ambil montera? bandel ga bos tu mesinya.. thanks be for ... salam buat kebo22nya ya), om mo pake kebo-nya di mana? konon klo lbh sering dalam kota yang macet2an lbh baik pake montera, tapi klo lbh sering luar kota atau jarang macet2an kata dukunnya sih mending DOHC, operasional juga terpengaruh oleh situasi medan yang kita tempuh, klo full macret...cret...ya FC bisa 1:5-6, klo luar kota alias gak macret....cret....tergantung prilaku pengemudi dan kondisi mesin, ada yg klaim bisa dapet 1:14, 1:12, dan 1:10, klo aku jarang macret...cret....dapetnya sekarang 1:10 (awal pake sebelum kenal tabiat kebo, cuma dapet 1:7-8), full AC klo aku....
sparepart....beberapa part lbh murah punya montera/SOHC, diantaranya timing belt, cuma klo montera akan mahal dibiaya upgrade exterior dan interior, tapi susahnya pake blazer ini....klo dirapiin....kita akan risih pakenya, pada diliatin orang2....hahahahaha.....gak tau mikirnya "wuiiih....keren...." atau "gileee....masih ada juga orang [cencored] pake mobil gituan",![]()
happy nimbang2 dan hunting ya om....
thanks ya om.. udah kasih nasehatnya... kalo om22 yang kasih ane percaya 1000% .. gak pake koma lagi dech heehe.. btw ane putusin ambil montera dech.. yang penting sama worthednya . heehe.. 1 lagi ni petanyaan ane.. harga pasarannya montera berapa ya.. sekitar taun 2000 sampe 2002.. ? mohon info yang om.. oya ane tinggalnya agak jauh ni dari kota.. pingiran jogjakarta.. ?
o ya .. pake blazer bikin hati was.. was ga si om.. di kantong maksudnya


buka mata buka hati buka telinga..
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Thu Aug 20, 2009 1:17
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
selamat siang juragan2 kebo skalian..
maap bru bisa kumpul kebo lagi ,,hehehe
mo nanya klo kompresor ac bisa di ganti merk ap yah?denso/sanden?
brapaan tuh gan?
kompresor ane dah ngk karu2an bunyinya.
haturnuhun juragan2 skalian..
matursuwun.
maap bru bisa kumpul kebo lagi ,,hehehe
mo nanya klo kompresor ac bisa di ganti merk ap yah?denso/sanden?
brapaan tuh gan?
kompresor ane dah ngk karu2an bunyinya.
haturnuhun juragan2 skalian..
matursuwun.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
- Location: Jakarta Barat
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
halo agan raden.. wahhh kemana aja neh?? kekekeekkkk... bisa tuh pake sanden/denso.. kebo saya dulu abis njebluq kompresornya langsung saya ganti sanden, sampe skrg (1 thn 2 bln) masih dingin2 aja sampe bingung kpn enaknya serpis AC lha wong masih dingin hahaahaaa... kalo biaya sekitar 4jtan kali ya, itu udah termasuk selang2 dll yg mana ga bisa mempertahankan ori nya kebo kalo dah pake sanden karena beda, kalo kompresor doank sih 1,5jtan kali ga tau pasti sih hihihiiii... tunggu yg lain komen dehRaden Mas Ngabei wrote:selamat siang juragan2 kebo skalian..
maap bru bisa kumpul kebo lagi ,,hehehe
mo nanya klo kompresor ac bisa di ganti merk ap yah?denso/sanden?
brapaan tuh gan?
kompresor ane dah ngk karu2an bunyinya.
haturnuhun juragan2 skalian..
matursuwun.

-------#BIC-701#--------
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Tue Feb 12, 2008 7:18
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
@bro diez1231
Walah,...nggak usah malu malu bro,...tapi begitu kumpul sama teman teman BIC kita wajib malu maluin.
Pasti disambut gegap gempita teman teman BIC , karena kita semua memegang prinsip dasar NO JAIM (JAga IMage) & NO JAWI (Jaga WIbawa).
Untuk sekretariat BIC Bandung?.....wah...mereka bikin koordinat GPS buat sekretariat tergantung dimana titik kumpulnya...hihihiihih....suka suka mereka tergantung trend
Tapi yang rutin Tiap Jumat malam di KFC Dago,....saya kalau lagi jalan ke Bandung yach ikutan ngumpul sama mereka
Jangan khawatir, teman teman Bandung ini kocak kocak porak poranda abis abisan, sangat welcome koq bro.
Naaah curutter yang aktif di sini sering bikin kompor mbleduq adalah :
Yuhuuuuuu....bro gajah dago, bro pogansip.....muncul dunk dari lubang persembunyian (sambil over mike ke curutter)
Walah,...nggak usah malu malu bro,...tapi begitu kumpul sama teman teman BIC kita wajib malu maluin.
Pasti disambut gegap gempita teman teman BIC , karena kita semua memegang prinsip dasar NO JAIM (JAga IMage) & NO JAWI (Jaga WIbawa).
Untuk sekretariat BIC Bandung?.....wah...mereka bikin koordinat GPS buat sekretariat tergantung dimana titik kumpulnya...hihihiihih....suka suka mereka tergantung trend
Tapi yang rutin Tiap Jumat malam di KFC Dago,....saya kalau lagi jalan ke Bandung yach ikutan ngumpul sama mereka
Jangan khawatir, teman teman Bandung ini kocak kocak porak poranda abis abisan, sangat welcome koq bro.
Naaah curutter yang aktif di sini sering bikin kompor mbleduq adalah :
Yuhuuuuuu....bro gajah dago, bro pogansip.....muncul dunk dari lubang persembunyian (sambil over mike ke curutter)
Tumis Keris Sakti
____BIC #490___
Veteran Kebo Angkot
____BIC #490___
Veteran Kebo Angkot
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Thu Aug 20, 2009 1:17
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
@frandika
hehe,biasa gan bertapa biar dapet duit kaget,biar bisa meremajakan si kebo hehehe.
itu sanden 508 bukan gan? 4 jt
..gile gile
kaki2 aje blon bner2 hahaha..
klo bengkel ganti ac dimana gan?
klo skarang sih kompresor brisik bnget,ngk bisa dibenerin aje gan?
maturnuwun yaq infonya..
hehe,biasa gan bertapa biar dapet duit kaget,biar bisa meremajakan si kebo hehehe.
itu sanden 508 bukan gan? 4 jt

kaki2 aje blon bner2 hahaha..
klo bengkel ganti ac dimana gan?
klo skarang sih kompresor brisik bnget,ngk bisa dibenerin aje gan?
maturnuwun yaq infonya..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
- Location: Banda Aceh
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Blazer bukan produk gagal om....pernah jadi "momok" dulu karena saat dia launched gak banyak mekanik pinggir jalan yang bisa nangani, lgsg di-judge susah dirawat....tapi sekarang mekanik lokal udh ngerti kok, wong sistemnya (yg jadul ini) sekarang mulai diaplikasikan pada mobil2 jepang masa kini, kemarin (minggu) baru dari bengkel di kota ku....buat ganti brake pad (kanvas rem depan), dapat "ceramah" dari sang mekanik ttg pompa bensin, katanya klo pompa bensin bermasalah gak usah ganti lengkap, atau klo mau lebih murah bisa pake motor pompa bensin mobil lain, dia rekomen galant....nah tuh kan bukti klo dia udh bisa nangani....nasywa azalia wrote: o ya .. pake blazer bikin hati was.. was ga si om.. di kantong maksudnya![]()
intinya sih om harus kenali si kebo dgn baik, caranya....ya join di BIC dan rajin2 posting di SM sini, klo ada yg rasanya aneh (kadang2 yg aneh itu malah normal, kita anggap aneh karena bandingin dgn sistem mobil jepang) bisa lgsg ngobrol2, klo udh kenal tabiat kebo sih....gak was2 lah nungganginnya....ssttt...bocoran aja ya om, jangan sampe tau pedagang mobkas deh....bisa berabe kita, dari lucu2an temen2 di BIC yg bilang ini-itu (baca : dianaiaya kebo), kayaknya lbh banyak yg ngaku "teraniaya" dalam perburuan aksesoris deh, ada yang sampe ribut sama "menteri keuangan" di rumah (sambil ngelirik om tumis....hehehehe, gara2 kebo manis beliau "ditransformerkan" jadi kebo angkot), dll.....
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sat Feb 13, 2010 14:16
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
om..om..... para dukuner kebo, klo baca di ditips cara pintar milih blazer.... katanya :
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
nah klo 2 point tsb tidak terpenuhi, dan terlanjur dibeli tuh kebo.. point 1 dibawah 250 kpa, kemudian point 2 kurang dari 14v tapi meski semua ac, lampu, audio nyala jarum tetep diam.... kira2 gimana y OM??????...
mohon pencerahannya.......... MAKASIH BYK OM.....OM..!!!!
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
nah klo 2 point tsb tidak terpenuhi, dan terlanjur dibeli tuh kebo.. point 1 dibawah 250 kpa, kemudian point 2 kurang dari 14v tapi meski semua ac, lampu, audio nyala jarum tetep diam.... kira2 gimana y OM??????...
mohon pencerahannya.......... MAKASIH BYK OM.....OM..!!!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
sama om... saya juga dapet kebo kayak gitu.... tapi karena kebo mobil tua jadi yah emang mesti siap2 buat benerin ini itu.. (susah banget nyari mobil tua tapi tanpa benerin ini-itu).. saya seh siap2 mungkin taon depan mo turun mesin... hehehe... kalo udah ada budget, mending langsung benerin om... biar tenang bawa kebo-nya..diez1231 wrote:om..om..... para dukuner kebo, klo baca di ditips cara pintar milih blazer.... katanya :
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
nah klo 2 point tsb tidak terpenuhi, dan terlanjur dibeli tuh kebo.. point 1 dibawah 250 kpa, kemudian point 2 kurang dari 14v tapi meski semua ac, lampu, audio nyala jarum tetep diam.... kira2 gimana y OM??????...
mohon pencerahannya.......... MAKASIH BYK OM.....OM..!!!!
Btw, ada 1 hal yang ngeganjel lagi... kenapa di kebo saya bau dari luar masuk ke dalem kabin yah? apa emang kebo seperti itu? ato mobil saya ada yang bocor? soalnya kemaren sempet gak sengaja di belakang mobil sampah 2 kali......

-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride...
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 106
- Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
- Location: France
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Dear Keboers,
Sore tadi ketika ane nyepeda di Manggarai dalam suasana macet, sempay ngeliat Kebo silver keren ada tempelannya D4D, mesin Innova diesel.
Apa benar ada Kebo dipasang D4?
Sore tadi ketika ane nyepeda di Manggarai dalam suasana macet, sempay ngeliat Kebo silver keren ada tempelannya D4D, mesin Innova diesel.
Apa benar ada Kebo dipasang D4?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sat Feb 13, 2010 14:16
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Spun wrote:sama om... saya juga dapet kebo kayak gitu.... tapi karena kebo mobil tua jadi yah emang mesti siap2 buat benerin ini itu.. (susah banget nyari mobil tua tapi tanpa benerin ini-itu).. saya seh siap2 mungkin taon depan mo turun mesin... hehehe... kalo udah ada budget, mending langsung benerin om... biar tenang bawa kebo-nya..diez1231 wrote:om..om..... para dukuner kebo, klo baca di ditips cara pintar milih blazer.... katanya :
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
nah klo 2 point tsb tidak terpenuhi, dan terlanjur dibeli tuh kebo.. point 1 dibawah 250 kpa, kemudian point 2 kurang dari 14v tapi meski semua ac, lampu, audio nyala jarum tetep diam.... kira2 gimana y OM??????...
oh githu y om spun, tp klo kondisi seperti itu kira2 ngaruh ke mesin ga y?????? wah klo masalah bau luar kecium kekabin, ane blm kerasa tuh, apa karena ane pake pewangi buatan kali.. wah sial banget tuh om, diparfumin mobil sampah (bilang ke dinas PU om, mobil sampah dilarang berkeliaran di jlnan) ...hehehe... kira2 didenger ga y sm PU???
mohon pencerahannya.......... MAKASIH BYK OM.....OM..!!!!
Btw, ada 1 hal yang ngeganjel lagi... kenapa di kebo saya bau dari luar masuk ke dalem kabin yah? apa emang kebo seperti itu? ato mobil saya ada yang bocor? soalnya kemaren sempet gak sengaja di belakang mobil sampah 2 kali......
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
thanks ya om, ane tambah yakin ni.. buat beli kebonya, doain ane yang om.. dapat yang bagus,.. btw harga pasarannya kira22 berapaan ya? ane punya stok duit cuma 60 jt. kira2 cukup ga?teunget wrote:Blazer bukan produk gagal om....pernah jadi "momok" dulu karena saat dia launched gak banyak mekanik pinggir jalan yang bisa nangani, lgsg di-judge susah dirawat....tapi sekarang mekanik lokal udh ngerti kok, wong sistemnya (yg jadul ini) sekarang mulai diaplikasikan pada mobil2 jepang masa kini, kemarin (minggu) baru dari bengkel di kota ku....buat ganti brake pad (kanvas rem depan), dapat "ceramah" dari sang mekanik ttg pompa bensin, katanya klo pompa bensin bermasalah gak usah ganti lengkap, atau klo mau lebih murah bisa pake motor pompa bensin mobil lain, dia rekomen galant....nah tuh kan bukti klo dia udh bisa nangani....nasywa azalia wrote: o ya .. pake blazer bikin hati was.. was ga si om.. di kantong maksudnya![]()
intinya sih om harus kenali si kebo dgn baik, caranya....ya join di BIC dan rajin2 posting di SM sini, klo ada yg rasanya aneh (kadang2 yg aneh itu malah normal, kita anggap aneh karena bandingin dgn sistem mobil jepang) bisa lgsg ngobrol2, klo udh kenal tabiat kebo sih....gak was2 lah nungganginnya....ssttt...bocoran aja ya om, jangan sampe tau pedagang mobkas deh....bisa berabe kita, dari lucu2an temen2 di BIC yg bilang ini-itu (baca : dianaiaya kebo), kayaknya lbh banyak yg ngaku "teraniaya" dalam perburuan aksesoris deh, ada yang sampe ribut sama "menteri keuangan" di rumah (sambil ngelirik om tumis....hehehehe, gara2 kebo manis beliau "ditransformerkan" jadi kebo angkot), dll.....
buka mata buka hati buka telinga..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Sun Jan 10, 2010 8:15
- Location: Indonesia Raya
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Absen nih... udah lama gak mampir di SMnasywa azalia wrote:thanks ya om, ane tambah yakin ni.. buat beli kebonya, doain ane yang om.. dapat yang bagus,.. btw harga pasarannya kira22 berapaan ya? ane punya stok duit cuma 60 jt. kira2 cukup ga?teunget wrote:Blazer bukan produk gagal om....pernah jadi "momok" dulu karena saat dia launched gak banyak mekanik pinggir jalan yang bisa nangani, lgsg di-judge susah dirawat....tapi sekarang mekanik lokal udh ngerti kok, wong sistemnya (yg jadul ini) sekarang mulai diaplikasikan pada mobil2 jepang masa kini, kemarin (minggu) baru dari bengkel di kota ku....buat ganti brake pad (kanvas rem depan), dapat "ceramah" dari sang mekanik ttg pompa bensin, katanya klo pompa bensin bermasalah gak usah ganti lengkap, atau klo mau lebih murah bisa pake motor pompa bensin mobil lain, dia rekomen galant....nah tuh kan bukti klo dia udh bisa nangani....nasywa azalia wrote: o ya .. pake blazer bikin hati was.. was ga si om.. di kantong maksudnya![]()
intinya sih om harus kenali si kebo dgn baik, caranya....ya join di BIC dan rajin2 posting di SM sini, klo ada yg rasanya aneh (kadang2 yg aneh itu malah normal, kita anggap aneh karena bandingin dgn sistem mobil jepang) bisa lgsg ngobrol2, klo udh kenal tabiat kebo sih....gak was2 lah nungganginnya....ssttt...bocoran aja ya om, jangan sampe tau pedagang mobkas deh....bisa berabe kita, dari lucu2an temen2 di BIC yg bilang ini-itu (baca : dianaiaya kebo), kayaknya lbh banyak yg ngaku "teraniaya" dalam perburuan aksesoris deh, ada yang sampe ribut sama "menteri keuangan" di rumah (sambil ngelirik om tumis....hehehehe, gara2 kebo manis beliau "ditransformerkan" jadi kebo angkot), dll.....

Salam kenal om nasywa, kalau budged 60 mungkin bisa dapat DOHC LT'98 asal sabar dan rajin berburunya... Sekali lagi perkara memburu kebo ini memang jodoh-jodohan... silahkan dinikmati saja perburuannya sambil aktif di berbagai forum jual beli atau hunting pos kota terutama hari sabtu (ini pengalaman pribadi). Semoga segera menemukan jodohnya Om Nasywa.


Be Smart and always Bright your heart
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Mon Feb 08, 2010 23:26
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Makanya bener kata bro Teunget dan kawan2....hanya orang gila yang mau terjebak dalam lumpur penggembalaan kebo...ekekekeknasywa azalia wrote:thanks ya om, ane tambah yakin ni.. buat beli kebonya, doain ane yang om.. dapat yang bagus,.. btw harga pasarannya kira22 berapaan ya? ane punya stok duit cuma 60 jt. kira2 cukup ga?teunget wrote:Blazer bukan produk gagal om....pernah jadi "momok" dulu karena saat dia launched gak banyak mekanik pinggir jalan yang bisa nangani, lgsg di-judge susah dirawat....tapi sekarang mekanik lokal udh ngerti kok, wong sistemnya (yg jadul ini) sekarang mulai diaplikasikan pada mobil2 jepang masa kini, kemarin (minggu) baru dari bengkel di kota ku....buat ganti brake pad (kanvas rem depan), dapat "ceramah" dari sang mekanik ttg pompa bensin, katanya klo pompa bensin bermasalah gak usah ganti lengkap, atau klo mau lebih murah bisa pake motor pompa bensin mobil lain, dia rekomen galant....nah tuh kan bukti klo dia udh bisa nangani....nasywa azalia wrote: o ya .. pake blazer bikin hati was.. was ga si om.. di kantong maksudnya![]()
intinya sih om harus kenali si kebo dgn baik, caranya....ya join di BIC dan rajin2 posting di SM sini, klo ada yg rasanya aneh (kadang2 yg aneh itu malah normal, kita anggap aneh karena bandingin dgn sistem mobil jepang) bisa lgsg ngobrol2, klo udh kenal tabiat kebo sih....gak was2 lah nungganginnya....ssttt...bocoran aja ya om, jangan sampe tau pedagang mobkas deh....bisa berabe kita, dari lucu2an temen2 di BIC yg bilang ini-itu (baca : dianaiaya kebo), kayaknya lbh banyak yg ngaku "teraniaya" dalam perburuan aksesoris deh, ada yang sampe ribut sama "menteri keuangan" di rumah (sambil ngelirik om tumis....hehehehe, gara2 kebo manis beliau "ditransformerkan" jadi kebo angkot), dll.....


Gimana gak betul, lah dengan alasan anggaran aja kita dah pusing mau nebus kebo....beli kebo "jadi" mahal, beli sembarangan tatut ketepu




Tapi apa dikata kalo hati dah mantep....

Benny/926/Ngayogyakartohadinigrat
Kebo coklat mata mengkilat
Kebo coklat mata mengkilat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Sebenernya bukan orang gila aja.... termasuk juga orang2 dengan budget pas2an yang tetep pengen tampil keren... (pengalaman pribadi... hehehe)bendhot wrote: Makanya bener kata bro Teunget dan kawan2....hanya orang gila yang mau terjebak dalam lumpur penggembalaan kebo...ekekekek![]()
![]()
Gimana gak betul, lah dengan alasan anggaran aja kita dah pusing mau nebus kebo....beli kebo "jadi" mahal, beli sembarangan tatut ketepu![]()
Apalagi besok kalo dah kena racun narsis.....
![]()
![]()
Tapi apa dikata kalo hati dah mantep....

-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride...
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 444
- Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
gak susah ko sebetulnya cari kebo tua tapi sehat ...... mungkin yg susah ngepasin budget nya ya bro .....Spun wrote:sama om... saya juga dapet kebo kayak gitu.... tapi karena kebo mobil tua jadi yah emang mesti siap2 buat benerin ini itu.. (susah banget nyari mobil tua tapi tanpa benerin ini-itu).. saya seh siap2 mungkin taon depan mo turun mesin... hehehe... kalo udah ada budget, mending langsung benerin om... biar tenang bawa kebo-nya..diez1231 wrote:om..om..... para dukuner kebo, klo baca di ditips cara pintar milih blazer.... katanya :
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
nah klo 2 point tsb tidak terpenuhi, dan terlanjur dibeli tuh kebo.. point 1 dibawah 250 kpa, kemudian point 2 kurang dari 14v tapi meski semua ac, lampu, audio nyala jarum tetep diam.... kira2 gimana y OM??????...
mohon pencerahannya.......... MAKASIH BYK OM.....OM..!!!!
Btw, ada 1 hal yang ngeganjel lagi... kenapa di kebo saya bau dari luar masuk ke dalem kabin yah? apa emang kebo seperti itu? ato mobil saya ada yang bocor? soalnya kemaren sempet gak sengaja di belakang mobil sampah 2 kali......
kebo saya kl lewat tukang sate asep nya juga kecium sampe dalem kabin , itu sudah bawaan lahir
dari sana nya , tujuannya supaya ada sirkulasi udara dari dalem keluar , juga sebaliknya , kl mau matikan juga bisa .....tapi saya prefer spt aslinya ......lebih aman antisipasi apabila ada kebocoran CO .
ST .
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Thu Aug 20, 2009 1:17
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Absen sore agan 2 kebo sekalian....
Kayanya kompresor ac ane dah jebol
,kmren2 sih masih ngorok2..
agan2 ane butuh pencerahan nih
1.klo dibenerin bisa ngk agan2?
2.klo ganti mending pake yg ori ato snden /denso ?brapaan gan?
3.Bengkelnya rekomennya dimana gan??
tolong ya agan2 sekalian pencerahannya..
maturnuwun sebelumnya..
nuhun

Kayanya kompresor ac ane dah jebol







agan2 ane butuh pencerahan nih


1.klo dibenerin bisa ngk agan2?
2.klo ganti mending pake yg ori ato snden /denso ?brapaan gan?
3.Bengkelnya rekomennya dimana gan??
tolong ya agan2 sekalian pencerahannya..


maturnuwun sebelumnya..



nuhun


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sat Feb 13, 2010 14:16
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
setubuh banget om, masalahnya pengen kebo keren dgn budget pas2an.... jdnya senemunya az........ mudah2an dgn bejlnnya waktu tu kebo bs jd lbh cakep dah dgn budget yg nyicil plus saran2 yg mantap dr para senior.riadi33b wrote:gak susah ko sebetulnya cari kebo tua tapi sehat ...... mungkin yg susah ngepasin budget nya ya bro .....Spun wrote:sama om... saya juga dapet kebo kayak gitu.... tapi karena kebo mobil tua jadi yah emang mesti siap2 buat benerin ini itu.. (susah banget nyari mobil tua tapi tanpa benerin ini-itu).. saya seh siap2 mungkin taon depan mo turun mesin... hehehe... kalo udah ada budget, mending langsung benerin om... biar tenang bawa kebo-nya..diez1231 wrote:om..om..... para dukuner kebo, klo baca di ditips cara pintar milih blazer.... katanya :
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
nah klo 2 point tsb tidak terpenuhi, dan terlanjur dibeli tuh kebo.. point 1 dibawah 250 kpa, kemudian point 2 kurang dari 14v tapi meski semua ac, lampu, audio nyala jarum tetep diam.... kira2 gimana y OM??????...
mohon pencerahannya.......... MAKASIH BYK OM.....OM..!!!!
Btw, ada 1 hal yang ngeganjel lagi... kenapa di kebo saya bau dari luar masuk ke dalem kabin yah? apa emang kebo seperti itu? ato mobil saya ada yang bocor? soalnya kemaren sempet gak sengaja di belakang mobil sampah 2 kali......
kebo saya kl lewat tukang sate asep nya juga kecium sampe dalem kabin , itu sudah bawaan lahir
dari sana nya , tujuannya supaya ada sirkulasi udara dari dalem keluar , juga sebaliknya , kl mau matikan juga bisa .....tapi saya prefer spt aslinya ......lebih aman antisipasi apabila ada kebocoran CO .
oh emang gitu y, klo blazer diciptain bs nyium bau luar.... wah pas lewat tukang sate kaya si om, bs jd supir klaperan tuh om...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Iya... kalo lewat deket tukang sate masih enak... kalo iring2an ama truk sampah waktu macet...riadi33b wrote:gak susah ko sebetulnya cari kebo tua tapi sehat ...... mungkin yg susah ngepasin budget nya ya bro .....Spun wrote:sama om... saya juga dapet kebo kayak gitu.... tapi karena kebo mobil tua jadi yah emang mesti siap2 buat benerin ini itu.. (susah banget nyari mobil tua tapi tanpa benerin ini-itu).. saya seh siap2 mungkin taon depan mo turun mesin... hehehe... kalo udah ada budget, mending langsung benerin om... biar tenang bawa kebo-nya..diez1231 wrote:om..om..... para dukuner kebo, klo baca di ditips cara pintar milih blazer.... katanya :
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
nah klo 2 point tsb tidak terpenuhi, dan terlanjur dibeli tuh kebo.. point 1 dibawah 250 kpa, kemudian point 2 kurang dari 14v tapi meski semua ac, lampu, audio nyala jarum tetep diam.... kira2 gimana y OM??????...
mohon pencerahannya.......... MAKASIH BYK OM.....OM..!!!!
Btw, ada 1 hal yang ngeganjel lagi... kenapa di kebo saya bau dari luar masuk ke dalem kabin yah? apa emang kebo seperti itu? ato mobil saya ada yang bocor? soalnya kemaren sempet gak sengaja di belakang mobil sampah 2 kali......
kebo saya kl lewat tukang sate asep nya juga kecium sampe dalem kabin , itu sudah bawaan lahir
dari sana nya , tujuannya supaya ada sirkulasi udara dari dalem keluar , juga sebaliknya , kl mau matikan juga bisa .....tapi saya prefer spt aslinya ......lebih aman antisipasi apabila ada kebocoran CO .

-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride...
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
pemikirannya di balik aja om... dengan beli kebo yang biasa2 aja tapi pelan2 di bener2in kan kita makin kenal ama si kebo.. makin tau cara2 antisipasi en solve problem kebo... makin sayang ama si kebo... dan bisa bangun kebo sesuai ama keinginan kita... *ngeles tingkat tinggi*diez1231 wrote: setubuh banget om, masalahnya pengen kebo keren dgn budget pas2an.... jdnya senemunya az........ mudah2an dgn bejlnnya waktu tu kebo bs jd lbh cakep dah dgn budget yg nyicil plus saran2 yg mantap dr para senior.
oh emang gitu y, klo blazer diciptain bs nyium bau luar.... wah pas lewat tukang sate kaya si om, bs jd supir klaperan tuh om...
-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride...
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride...

-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Feb 25, 2010 2:11
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
Salam hormat buat bro2 pakar kebo,
Bro, mo tanya2 nih soal blazer...maklum baru sebulan ngangkut montera 2000 SE. Mau tanya2 lokasi bengkel yang all-in buat ngerapihin nih kebo, kebanyakan di interior dalem, macem doortrim ma cockpit trus body repair. Dimana ya kira2 bro?
Kemarin dah pernah tanya ke donnie, rensen ma aac tapi stock buat door trim gak ada, kali aja di forum ada info2 yang bagus hehehehe.
Trus kmarin sempet kaget di petunjuk oli, waktu itu sempet ada di garis merah eh pas semalem diliat udah ditengah2 lagi...kira2 kenapa tuh ya? lalu kalo knalpot ngebul waktu pertama knp ya bro?
Segituu dulu ah, nyicil pertanyaan dulu....maklum kita ini newbie di blazer dan newbie juga di nyetir (mobil pertama langsung pake kebo posting.php?mode=post&f=12#)
Mohon pencerahannya, semoga dapet jawaban yg ngenakin amin100000000000000000x
Bro, mo tanya2 nih soal blazer...maklum baru sebulan ngangkut montera 2000 SE. Mau tanya2 lokasi bengkel yang all-in buat ngerapihin nih kebo, kebanyakan di interior dalem, macem doortrim ma cockpit trus body repair. Dimana ya kira2 bro?
Kemarin dah pernah tanya ke donnie, rensen ma aac tapi stock buat door trim gak ada, kali aja di forum ada info2 yang bagus hehehehe.
Trus kmarin sempet kaget di petunjuk oli, waktu itu sempet ada di garis merah eh pas semalem diliat udah ditengah2 lagi...kira2 kenapa tuh ya? lalu kalo knalpot ngebul waktu pertama knp ya bro?
Segituu dulu ah, nyicil pertanyaan dulu....maklum kita ini newbie di blazer dan newbie juga di nyetir (mobil pertama langsung pake kebo posting.php?mode=post&f=12#)
Mohon pencerahannya, semoga dapet jawaban yg ngenakin amin100000000000000000x
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
permisi oom.........
pengen tau lbh banyak mengenai kebo bule nih, soalnya selain populasi yg lbh jarang.....pembahasan mengenai kebo bule ini jg jarang
mohon bantuannya
1.konsumsi bbm
klo g salah mesinnya ini 4000 cc yah? ato 4300??
informasi yg sy dapat justru mengatakan klo konsumsi bbm nya g beda jauh sm yg 2200cc, benar kah hal ini?
2.ketersediaan parts
apakah bengkel2 yg biasa menangani kebo lokal bsa handle si kebo bule ini?
3.jenis mesin
ky nya msh berhubungan dg pertanyaan nomer 2 nih, apa jenis mesinnya sama dg kebo 2200cc tapi hanya beda di kapasitas saja?
(misalnya suzuki: mesin g15 dan g16)
4.system penggerak
cmiiw, denger2 kebo bule berpenggerak 4wd
system penggerak 4 wd nya ini type nya fulltime 4wd ato parttime/on demand 4wd ?
mohon pencerahan dr dukun2 perkeboan



pengen tau lbh banyak mengenai kebo bule nih, soalnya selain populasi yg lbh jarang.....pembahasan mengenai kebo bule ini jg jarang

mohon bantuannya

1.konsumsi bbm
klo g salah mesinnya ini 4000 cc yah? ato 4300??
informasi yg sy dapat justru mengatakan klo konsumsi bbm nya g beda jauh sm yg 2200cc, benar kah hal ini?
2.ketersediaan parts
apakah bengkel2 yg biasa menangani kebo lokal bsa handle si kebo bule ini?
3.jenis mesin
ky nya msh berhubungan dg pertanyaan nomer 2 nih, apa jenis mesinnya sama dg kebo 2200cc tapi hanya beda di kapasitas saja?

(misalnya suzuki: mesin g15 dan g16)
4.system penggerak
cmiiw, denger2 kebo bule berpenggerak 4wd
system penggerak 4 wd nya ini type nya fulltime 4wd ato parttime/on demand 4wd ?
mohon pencerahan dr dukun2 perkeboan



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03
@ om tyo,
Udah coba tanya di Mentari Motor (Pak Rasim) ? Kadang beliau punya jalur yg nggak biasa untuk dapat part interior.
Btw, itu jarum indikator balik lagi ke tengah saat mesin mati atau sama2 hidup ?
@om Doq
Harus nunggu om barry nih om, beliau yg udah lama miara kebo bule. Mesinnya 4300 cc V6. Kayaknya base nya beda jauh ama yg 2200 cc. Yg satu chevy amrik, yg satu lagi Holden-Oztrali. Yg basenya sama itu 2.2L SOHC ama DOHC.
Udah coba tanya di Mentari Motor (Pak Rasim) ? Kadang beliau punya jalur yg nggak biasa untuk dapat part interior.
Btw, itu jarum indikator balik lagi ke tengah saat mesin mati atau sama2 hidup ?
@om Doq
Harus nunggu om barry nih om, beliau yg udah lama miara kebo bule. Mesinnya 4300 cc V6. Kayaknya base nya beda jauh ama yg 2200 cc. Yg satu chevy amrik, yg satu lagi Holden-Oztrali. Yg basenya sama itu 2.2L SOHC ama DOHC.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 106
- Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
- Location: France