Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]Suryaputra wrote:yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaaTurboman wrote: Sun Jul 05, 2020 7:23ya oli2 harga segitu, Kualitas sesuai harga lahadri31 wrote:buka beli2, cari 0w-20 sort by termurah, malah nemu oli mitsubishi 0w-20 dijaul 50 rb seliter. ini asli gak ya? dibandingkan dengan TMO/DGO gimana? Harganya menggoda banget
https://www.blibli.com/p/fs-mitsubishi- ... cification
jangan dibandingkan dgn yg harga 80 rb / up
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
iyah sy jg biasa pakai oli murah shell 1 liter, buat dorong oli lama di oil panbenzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]Suryaputra wrote:yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaaTurboman wrote: Sun Jul 05, 2020 7:23 ya oli2 harga segitu, Kualitas sesuai harga lah
jangan dibandingkan dgn yg harga 80 rb / up

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Jun 16, 2020 5:48
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Mazda 2 GT Skyactiv
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ada yang pernah pakai oli merk Kixx
Ini ada penawaran dari teman tapi kok ga familiar dengan merknya ya
Ini ada penawaran dari teman tapi kok ga familiar dengan merknya ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 968
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Suryaputra wrote: Sun Jul 05, 2020 13:31iyah sy jg biasa pakai oli murah shell 1 liter, buat dorong oli lama di oil panbenzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]Suryaputra wrote:
yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa![]()
Kalau buat dorong apa harus SAE sama?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
sultan amat beli mesran di todabenzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]Suryaputra wrote:yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaaTurboman wrote: Sun Jul 05, 2020 7:23 ya oli2 harga segitu, Kualitas sesuai harga lah
jangan dibandingkan dgn yg harga 80 rb / up
kl cuman buat sekedar bilas, mampir aj ke distributor2 oli pertamina, atau ke sawahbesar muzatek sana, atau ke kebon jeruk 3 si ayung.. minta oli paling murah d toko mereka, toh dapet oli aspal jg gapapa.. trakir ke si ayung beli oli drum2an apalah itu ga jelas, cuman 30 rebu sliter, itu aj dapetnya sliter lebih
numpang lewat aja....


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Suryaputra wrote: Sun Jul 05, 2020 7:05aman banget buat seal mesin.AGSA wrote: Sun Jul 05, 2020 5:15 Mau nanya suhu oli sekalian saya sdh order ptt flushing oil karena pas buka Valve cover kmrn nampak jeroan Uda mulai ada varnish kekuningan, apakah ptt flushing oil aman utk seal2 mesin dan pompa oli. Oiya mesin saya Toyota 2azfe. Thank you before
krn emg oli asli yg sgt encer.
jd bisa bersihin ke celah2 mesin yg sempitt.
Thank you pencerahan nya Om Surya
yg bahaya adalah cairan engine flush yg mengandung kerosene.
bnyk case setelah pakai cairan engine flush, seal mesinnya wassalam![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Tidak perlu om.well wrote: Sun Jul 05, 2020 14:55Suryaputra wrote: Sun Jul 05, 2020 13:31iyah sy jg biasa pakai oli murah shell 1 liter, buat dorong oli lama di oil panbenzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18
Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]![]()
Kalau buat dorong apa harus SAE sama?
sebaliknya, untuk dorong pakai oli lbh encer jg gak masalah,
cmn klo oli lbh encer, pasti lbh mahal dan sayang klo hanya buat dorong oli lama ajah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Hahahah... bukannya sultan om tapi sudah malas aja beli oli lagi di tempat lain. Misal ke sawah besar atau ke kebon jeruk 3, ongkosnya sudah lebih dari ceban kalau kesana (ane di serpong).DOHC wrote:sultan amat beli mesran di todabenzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]Suryaputra wrote: yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa
kl cuman buat sekedar bilas, mampir aj ke distributor2 oli pertamina, atau ke sawahbesar muzatek sana, atau ke kebon jeruk 3 si ayung.. minta oli paling murah d toko mereka, toh dapet oli aspal jg gapapa.. trakir ke si ayung beli oli drum2an apalah itu ga jelas, cuman 30 rebu sliter, itu aj dapetnya sliter lebih
Ane ganti oli 1 taon sekali aja, gak apa2 lah kasih berkat ceban buat tokonya, lagian ane tiap nambah angin nitrogen free disana [emoji1]
Ini sebenarnya lagi ngomongin oli 0W-20 murah aja jadi ingat oli mesran buat numpang lewat [emoji4]
Sebenarnya yang paling ideal yah pakai flushing oil kaya PTT itu sih tiap 20 ribu km, apalagi mesin diesel, gak lama habis ganti oli baru cepet banget jadi coklatnya banding mesin bensin, ane rasa banyak itu oli lamanya yang ke campur ama oli baru di jalur2 oli di dalam silinder block mesinnya
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Real sultan adalah ketika engine flush pakai Ravenol 0w16 

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
kmrn ganti switch presur oli krn nyala indikator oli.....
skalian cek olinya.....ky air encernya panas...0-20 PTT....
trs ktnya ada kurang 0,5 liter....gw bilang ada oli dirumah..drpd beli n penuhin rak....fastron 10 -40 taun 2007 klo gak salah...
yah gw tambahin aja....
anti diperbudak mobil....walo kadang merasa diperbudak sama merk ini....wkkk:
skalian cek olinya.....ky air encernya panas...0-20 PTT....
trs ktnya ada kurang 0,5 liter....gw bilang ada oli dirumah..drpd beli n penuhin rak....fastron 10 -40 taun 2007 klo gak salah...
yah gw tambahin aja....
anti diperbudak mobil....walo kadang merasa diperbudak sama merk ini....wkkk:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Seumur2 gak pernah ganti oli kompresor AC mobill sih. Pernah nya ganti kompresor set itu jg rusak wajar karena usia dari tahun 1995-2019josomba wrote: Thu Jul 02, 2020 6:22Ini masih pro-kontra sih om ..... teorinya sih kalau ga ada kebocoran ga perlu ganti... karena ac rumah/kulkas aja selama ini pake >5 tahun ga pernah ganti oli n freon, ya ga masalah sih ya .... hahaha.Suryaputra wrote: Thu Jul 02, 2020 4:36
btw sorry agak melenceng dikitt.
itu bengkel pak dokter nyaranin ganti oli kompresor AC scr berkala.
ada yg dah pernah nyoba ganti oli kompresor AC mobil ?
om turbo pernah hahas ini juga, sy pernah baca.
karena seumur2 sy blm pernah ganti oli kompresor kulkas, ac rumah, apalagi ac mobil![]()
tapi kalau saya pribadi di mobil sih sekitar 3-4 tahun skali vacuum oli-freon aja lalu isi baru .... ga pake alat flushing gitu...
dr beberapa mobil selama ini pelihara yg digituin, baru 1 mobil yg pas disedot olinya dah agak hitam.... yg lain sih rerata masih agak bening tuh di penampungannya.
Masalahnya kalau mau iseng ngecek .... ya kudu sedot .... kalau dah disedot yauda skalian ganti baru![]()
![]()
Mapp jadi ikutan OOT

AC, kulkas, dan pendingin lainnya di rumah jg gak pernah ganti oli kompresor. Isi freon aja gak pernah, itu kulkas udah dari 1987 malah

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Honda Jazz GE8
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Outlander Sport 2015
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
eco 0w20 3L harga sgini worth gk nih??? ayo ayo pada cek email dikasih voucher sama blabla [emoji1787][emoji1787]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kalau kata babe saya sih begitu om, cuma kan babe saya aliran zaman batu, yang kaget kalau hrv pakai 0w20.aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Tergantung jenis & kondisi mobilnya omaldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Honda Jazz GE8
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.severmaya wrote: Mon Jul 06, 2020 4:40Kalau kata babe saya sih begitu om, cuma kan babe saya aliran zaman batu, yang kaget kalau hrv pakai 0w20.aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
![]()
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 4:47Tergantung jenis & kondisi mobilnya omaldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Wah ini sih maintenance jazznya yahuddddd om, rutin banget ganti oli sama olinya cukup bergizi. +rutin stel klep ga om? Udah cek daleman mesin dr tutup tempat tuang oli? Penguapan oli dr dipstick gimana?aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.severmaya wrote: Mon Jul 06, 2020 4:40Kalau kata babe saya sih begitu om, cuma kan babe saya aliran zaman batu, yang kaget kalau hrv pakai 0w20.aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
![]()
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 4:47Tergantung jenis & kondisi mobilnya omaldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Masalahnya honda kl pake buntut 40 itu ga enak samsek om, bbrp kali pake jazz ge yg dicekokin shell 10w40 sama blm stel klep padahal br jalan 60rb aja ga karuan.
Kl 3 hal yg saya tanyain itu, sering stel klep=suara mesin ttp halus dan tarikan oke, daleman mesin bersih oke, penguapan oli dr dipstick ga ada/bates wajar sih ttp stay di 5w30 ato bs ke 0w20 sekalian om, cr yg bagusan misal amsoil OE 0W20 SN+, total 9000 5w30 yg murmer oke. Sepengalaman saya sih pake 10w40 cm enak di awal om, seolah2 suara mesin jd alus tapi lama2 tarikan berat dan boros banget jdnya.
Avanza saya th 2008 km 240rb sblmnya pake prima xp 10w40 sama bbrp kali pake shell eco 5w30. Kemarin saya beraniin pake shell eco 0w20 no problem om, mesin jd lbh halus. Masih mantau sampe 5000km ke depan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ini cm ambil generalisir aja om based on km sdh lbh dari 100KcoklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 7:27Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.
dan dianggap yg make ganti olinya ngga teratur dan sdh ada endapan macam varnish begitu mungkin
makanya dibilang celah nya sdh sempit.
kl ditanya bukti pasti ngga ada krn mesin nya khan mesti dibuka dulu u dicek jeroannya

nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
promo apa ini Om?a2agarage wrote: Mon Jul 06, 2020 4:10 eco 0w20 3L harga sgini worth gk nih??? ayo ayo pada cek email dikasih voucher sama blabla [emoji1787][emoji1787]Screenshot_20200706-110231_Blibli.jpg
share dung promonya atau PM boleh lah

nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
dorong oli lama pake yg lebih kentel apa lebih encer ya om klep?DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:05sultan amat beli mesran di todabenzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]Suryaputra wrote:
yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa
kl cuman buat sekedar bilas, mampir aj ke distributor2 oli pertamina, atau ke sawahbesar muzatek sana, atau ke kebon jeruk 3 si ayung.. minta oli paling murah d toko mereka, toh dapet oli aspal jg gapapa.. trakir ke si ayung beli oli drum2an apalah itu ga jelas, cuman 30 rebu sliter, itu aj dapetnya sliter lebih
Kayanya baca di thread om turbo waktu itu pake yg lbh kentel dari oli yg dipake...
apa saya salah baca ya

nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Honda Jazz GE8
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
erwinign wrote: Mon Jul 06, 2020 6:25Wah ini sih maintenance jazznya yahuddddd om, rutin banget ganti oli sama olinya cukup bergizi. +rutin stel klep ga om? Udah cek daleman mesin dr tutup tempat tuang oli? Penguapan oli dr dipstick gimana?aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.severmaya wrote: Mon Jul 06, 2020 4:40
Kalau kata babe saya sih begitu om, cuma kan babe saya aliran zaman batu, yang kaget kalau hrv pakai 0w20.
![]()
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Masalahnya honda kl pake buntut 40 itu ga enak samsek om, bbrp kali pake jazz ge yg dicekokin shell 10w40 sama blm stel klep padahal br jalan 60rb aja ga karuan.
Kl 3 hal yg saya tanyain itu, sering stel klep=suara mesin ttp halus dan tarikan oke, daleman mesin bersih oke, penguapan oli dr dipstick ga ada/bates wajar sih ttp stay di 5w30 ato bs ke 0w20 sekalian om, cr yg bagusan misal amsoil OE 0W20 SN+, total 9000 5w30 yg murmer oke. Sepengalaman saya sih pake 10w40 cm enak di awal om, seolah2 suara mesin jd alus tapi lama2 tarikan berat dan boros banget jdnya.
Avanza saya th 2008 km 240rb sblmnya pake prima xp 10w40 sama bbrp kali pake shell eco 5w30. Kemarin saya beraniin pake shell eco 0w20 no problem om, mesin jd lbh halus. Masih mantau sampe 5000km ke depan
Nah tentang stel klep di mobil-mobil Honda harus menjadi makanan rutin baru tahu dua bulan belakangan ini sayangnya. Terakhir stel klep mungkin pas mobil saya dibawa ke BeRes empat tahun lalu yang mungkin kilometernya masih di 110.[cencored]. Jadi setelah itu tidak pernah melakukan stel klep lagi karena sudah tidak pernah dibawa ke BeRes lagi.
Kalau cek daleman mesin terakhir bulan Febuari lalu sih masih bersih om, tidak ada sludge dkk yang mengkhawatirkan. Kalau penguapan, dari terakhir ganti oli 5.000 KM yg lalu (sekitar April lalu) sampai sekarang sih masih di batas normal.
Rencana ini mau coba HKS Premium yg 5W-30 atau FK Eco Touring 10W-30. Nah karena dari sebelumnya pakai Shell terus, apakah harus flush dulu kalau mau ganti oli selain Shell?
Soalnya terakhir pakai HX7 ini kok ngerasa pas udah mau 5000 agak jadi berat ya

coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 7:27Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.
Kalau si bengkelnya sih mungkin menyarankan itu karena melihat kilometer dan umur mobil mungkin. Soalnya gak dicek apa2 jeroannya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
in my view.aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 8:42erwinign wrote: Mon Jul 06, 2020 6:25Wah ini sih maintenance jazznya yahuddddd om, rutin banget ganti oli sama olinya cukup bergizi. +rutin stel klep ga om? Udah cek daleman mesin dr tutup tempat tuang oli? Penguapan oli dr dipstick gimana?aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32
Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Masalahnya honda kl pake buntut 40 itu ga enak samsek om, bbrp kali pake jazz ge yg dicekokin shell 10w40 sama blm stel klep padahal br jalan 60rb aja ga karuan.
Kl 3 hal yg saya tanyain itu, sering stel klep=suara mesin ttp halus dan tarikan oke, daleman mesin bersih oke, penguapan oli dr dipstick ga ada/bates wajar sih ttp stay di 5w30 ato bs ke 0w20 sekalian om, cr yg bagusan misal amsoil OE 0W20 SN+, total 9000 5w30 yg murmer oke. Sepengalaman saya sih pake 10w40 cm enak di awal om, seolah2 suara mesin jd alus tapi lama2 tarikan berat dan boros banget jdnya.
Avanza saya th 2008 km 240rb sblmnya pake prima xp 10w40 sama bbrp kali pake shell eco 5w30. Kemarin saya beraniin pake shell eco 0w20 no problem om, mesin jd lbh halus. Masih mantau sampe 5000km ke depan
Nah tentang stel klep di mobil-mobil Honda harus menjadi makanan rutin baru tahu dua bulan belakangan ini sayangnya. Terakhir stel klep mungkin pas mobil saya dibawa ke BeRes empat tahun lalu yang mungkin kilometernya masih di 110.[cencored]. Jadi setelah itu tidak pernah melakukan stel klep lagi karena sudah tidak pernah dibawa ke BeRes lagi.
Kalau cek daleman mesin terakhir bulan Febuari lalu sih masih bersih om, tidak ada sludge dkk yang mengkhawatirkan. Kalau penguapan, dari terakhir ganti oli 5.000 KM yg lalu (sekitar April lalu) sampai sekarang sih masih di batas normal.
Rencana ini mau coba HKS Premium yg 5W-30 atau FK Eco Touring 10W-30. Nah karena dari sebelumnya pakai Shell terus, apakah harus flush dulu kalau mau ganti oli selain Shell?
Soalnya terakhir pakai HX7 ini kok ngerasa pas udah mau 5000 agak jadi berat ya
coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 7:27Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.
Kalau si bengkelnya sih mungkin menyarankan itu karena melihat kilometer dan umur mobil mungkin. Soalnya gak dicek apa2 jeroannya.
klo berdasarkan asumsi & ngawang2, ini bahaya.
ini yg biasa dilakukan oleh teknisi2 ala asam reges

spec di manual book minta oli viskositas w30 & dikasih buntut w40 ya resiko di internal mesin lbh besar.
sebetulnya gak mslh di keausan mesin jg, klo pakai oli viskositas yg sama spt dari awal.
pabrik dah melakukan R&D oleh insinyur dan teknisi kelas dunia.
klo celahnya mesin masih sempit, bisa berabe pakai oli kental.
jumlah pelumas harusnya cukup, tp karena terlalu kental, jadi gak optimal masuk ke celah mesin & dah on duluan mesin nya

perlu diketahui juga, resiko wear tertinggi bisa terjadi ketika cold start.
karena ketika suhu mesin masih di bawah 40 C, itu oli sifatnya lbh kental dibanding klo mesin sudah panas.
makanya ada bbrp kasus, mobil ketika pakai oli kental ada bunyi tek tek tek di pagi hari, dan hilang ketika sudah panas.
intinya.. klo celahnya udh longgar, no issue juga dikasih oli buntut encer, karena sifat dr pelumas mesin udh bekerja duluan dan lbh cepat.
paling resiko terburuk klo celah mesin udh longgar, ya olinya nguap doang masuk ke ruang bakar dan sisa residu oli terbakar ada di ujung knalpot.
ujung knalpot masih kering jg kan om ?
Last edited by Suryaputra on Mon Jul 06, 2020 10:13, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa
Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit
Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit
Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
dan mesin2 honda pakai roller cam, jadi significantly less wear di cam nya.DOHC wrote: Mon Jul 06, 2020 10:10 Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa
Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit
Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
gak relevan pakai oli kental, malah roller bearingnya bisa knp2 klo oli terlalu kental

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri