Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Sun Jul 05, 2020 7:23
adri31 wrote:buka beli2, cari 0w-20 sort by termurah, malah nemu oli mitsubishi 0w-20 dijaul 50 rb seliter. ini asli gak ya? dibandingkan dengan TMO/DGO gimana? Harganya menggoda banget
https://www.blibli.com/p/fs-mitsubishi- ... cification
ya oli2 harga segitu, Kualitas sesuai harga lah

jangan dibandingkan dgn yg harga 80 rb / up
yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa :big_grin:
Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18
Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Sun Jul 05, 2020 7:23 ya oli2 harga segitu, Kualitas sesuai harga lah

jangan dibandingkan dgn yg harga 80 rb / up
yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa :big_grin:
Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]
iyah sy jg biasa pakai oli murah shell 1 liter, buat dorong oli lama di oil pan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
jimmytjong
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jun 16, 2020 5:48
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Mazda 2 GT Skyactiv

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by jimmytjong »

Ada yang pernah pakai oli merk Kixx
Ini ada penawaran dari teman tapi kok ga familiar dengan merknya ya
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by well »

Suryaputra wrote: Sun Jul 05, 2020 13:31
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18
Suryaputra wrote:
yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa :big_grin:
Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]
iyah sy jg biasa pakai oli murah shell 1 liter, buat dorong oli lama di oil pan :big_biglaugh:

Kalau buat dorong apa harus SAE sama?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18
Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Sun Jul 05, 2020 7:23 ya oli2 harga segitu, Kualitas sesuai harga lah

jangan dibandingkan dgn yg harga 80 rb / up
yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa :big_grin:
Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]
sultan amat beli mesran di toda

kl cuman buat sekedar bilas, mampir aj ke distributor2 oli pertamina, atau ke sawahbesar muzatek sana, atau ke kebon jeruk 3 si ayung.. minta oli paling murah d toko mereka, toh dapet oli aspal jg gapapa.. trakir ke si ayung beli oli drum2an apalah itu ga jelas, cuman 30 rebu sliter, itu aj dapetnya sliter lebih
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by AGSA »

Suryaputra wrote: Sun Jul 05, 2020 7:05
AGSA wrote: Sun Jul 05, 2020 5:15 Mau nanya suhu oli sekalian saya sdh order ptt flushing oil karena pas buka Valve cover kmrn nampak jeroan Uda mulai ada varnish kekuningan, apakah ptt flushing oil aman utk seal2 mesin dan pompa oli. Oiya mesin saya Toyota 2azfe. Thank you before
aman banget buat seal mesin.
krn emg oli asli yg sgt encer.
jd bisa bersihin ke celah2 mesin yg sempitt.

Thank you pencerahan nya Om Surya

yg bahaya adalah cairan engine flush yg mengandung kerosene.
bnyk case setelah pakai cairan engine flush, seal mesinnya wassalam :upss:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

well wrote: Sun Jul 05, 2020 14:55
Suryaputra wrote: Sun Jul 05, 2020 13:31
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18

Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]
iyah sy jg biasa pakai oli murah shell 1 liter, buat dorong oli lama di oil pan :big_biglaugh:

Kalau buat dorong apa harus SAE sama?
Tidak perlu om.

sebaliknya, untuk dorong pakai oli lbh encer jg gak masalah,
cmn klo oli lbh encer, pasti lbh mahal dan sayang klo hanya buat dorong oli lama ajah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »


DOHC wrote:
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18
Suryaputra wrote: yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa :big_grin:
Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]
sultan amat beli mesran di toda

kl cuman buat sekedar bilas, mampir aj ke distributor2 oli pertamina, atau ke sawahbesar muzatek sana, atau ke kebon jeruk 3 si ayung.. minta oli paling murah d toko mereka, toh dapet oli aspal jg gapapa.. trakir ke si ayung beli oli drum2an apalah itu ga jelas, cuman 30 rebu sliter, itu aj dapetnya sliter lebih
Hahahah... bukannya sultan om tapi sudah malas aja beli oli lagi di tempat lain. Misal ke sawah besar atau ke kebon jeruk 3, ongkosnya sudah lebih dari ceban kalau kesana (ane di serpong).

Ane ganti oli 1 taon sekali aja, gak apa2 lah kasih berkat ceban buat tokonya, lagian ane tiap nambah angin nitrogen free disana [emoji1]
Ini sebenarnya lagi ngomongin oli 0W-20 murah aja jadi ingat oli mesran buat numpang lewat [emoji4]

Sebenarnya yang paling ideal yah pakai flushing oil kaya PTT itu sih tiap 20 ribu km, apalagi mesin diesel, gak lama habis ganti oli baru cepet banget jadi coklatnya banding mesin bensin, ane rasa banyak itu oli lamanya yang ke campur ama oli baru di jalur2 oli di dalam silinder block mesinnya
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Real sultan adalah ketika engine flush pakai Ravenol 0w16 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

kmrn ganti switch presur oli krn nyala indikator oli.....

skalian cek olinya.....ky air encernya panas...0-20 PTT....


trs ktnya ada kurang 0,5 liter....gw bilang ada oli dirumah..drpd beli n penuhin rak....fastron 10 -40 taun 2007 klo gak salah...


yah gw tambahin aja....


anti diperbudak mobil....walo kadang merasa diperbudak sama merk ini....wkkk:
Screenshot_20200705-205819_Video Player.jpg
Screenshot_20200705-205709_Gallery.jpg
Screenshot_20200705-205721_Gallery.jpg
Screenshot_20200705-205732_Gallery.jpg
Screenshot_20200705-205740_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

josomba wrote: Thu Jul 02, 2020 6:22
Suryaputra wrote: Thu Jul 02, 2020 4:36
btw sorry agak melenceng dikitt.
itu bengkel pak dokter nyaranin ganti oli kompresor AC scr berkala.
ada yg dah pernah nyoba ganti oli kompresor AC mobil ?

om turbo pernah hahas ini juga, sy pernah baca.

karena seumur2 sy blm pernah ganti oli kompresor kulkas, ac rumah, apalagi ac mobil :mky_01:
Ini masih pro-kontra sih om ..... teorinya sih kalau ga ada kebocoran ga perlu ganti... karena ac rumah/kulkas aja selama ini pake >5 tahun ga pernah ganti oli n freon, ya ga masalah sih ya .... hahaha.

tapi kalau saya pribadi di mobil sih sekitar 3-4 tahun skali vacuum oli-freon aja lalu isi baru .... ga pake alat flushing gitu...

dr beberapa mobil selama ini pelihara yg digituin, baru 1 mobil yg pas disedot olinya dah agak hitam.... yg lain sih rerata masih agak bening tuh di penampungannya.

Masalahnya kalau mau iseng ngecek .... ya kudu sedot .... kalau dah disedot yauda skalian ganti baru :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Mapp jadi ikutan OOT
Seumur2 gak pernah ganti oli kompresor AC mobill sih. Pernah nya ganti kompresor set itu jg rusak wajar karena usia dari tahun 1995-2019
:mky_01:

AC, kulkas, dan pendingin lainnya di rumah jg gak pernah ganti oli kompresor. Isi freon aja gak pernah, itu kulkas udah dari 1987 malah
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aldittodi »

Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

eco 0w20 3L harga sgini worth gk nih??? ayo ayo pada cek email dikasih voucher sama blabla [emoji1787][emoji1787]
Screenshot_20200706-110231_Blibli.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by severmaya »

aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
Kalau kata babe saya sih begitu om, cuma kan babe saya aliran zaman batu, yang kaget kalau hrv pakai 0w20.
:big_slap:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by coklatMetalik »

aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
Tergantung jenis & kondisi mobilnya om
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aldittodi »

severmaya wrote: Mon Jul 06, 2020 4:40
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
Kalau kata babe saya sih begitu om, cuma kan babe saya aliran zaman batu, yang kaget kalau hrv pakai 0w20.
:big_slap:
Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.

coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 4:47
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
Tergantung jenis & kondisi mobilnya om
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32
severmaya wrote: Mon Jul 06, 2020 4:40
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
Kalau kata babe saya sih begitu om, cuma kan babe saya aliran zaman batu, yang kaget kalau hrv pakai 0w20.
:big_slap:
Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.

coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 4:47
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 4:05 Misi numpang tanya lagi, apakah benar untuk mobil dengan kilometer di atas 180.000 lebih baik menggunakan oli yang berbuntut 40?
Tergantung jenis & kondisi mobilnya om
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Wah ini sih maintenance jazznya yahuddddd om, rutin banget ganti oli sama olinya cukup bergizi. +rutin stel klep ga om? Udah cek daleman mesin dr tutup tempat tuang oli? Penguapan oli dr dipstick gimana?

Masalahnya honda kl pake buntut 40 itu ga enak samsek om, bbrp kali pake jazz ge yg dicekokin shell 10w40 sama blm stel klep padahal br jalan 60rb aja ga karuan.

Kl 3 hal yg saya tanyain itu, sering stel klep=suara mesin ttp halus dan tarikan oke, daleman mesin bersih oke, penguapan oli dr dipstick ga ada/bates wajar sih ttp stay di 5w30 ato bs ke 0w20 sekalian om, cr yg bagusan misal amsoil OE 0W20 SN+, total 9000 5w30 yg murmer oke. Sepengalaman saya sih pake 10w40 cm enak di awal om, seolah2 suara mesin jd alus tapi lama2 tarikan berat dan boros banget jdnya.

Avanza saya th 2008 km 240rb sblmnya pake prima xp 10w40 sama bbrp kali pake shell eco 5w30. Kemarin saya beraniin pake shell eco 0w20 no problem om, mesin jd lbh halus. Masih mantau sampe 5000km ke depan
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by coklatMetalik »

aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32

Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?

Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 7:27
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32

Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?

Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.
Ini cm ambil generalisir aja om based on km sdh lbh dari 100K
dan dianggap yg make ganti olinya ngga teratur dan sdh ada endapan macam varnish begitu mungkin
makanya dibilang celah nya sdh sempit.
kl ditanya bukti pasti ngga ada krn mesin nya khan mesti dibuka dulu u dicek jeroannya :(
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

a2agarage wrote: Mon Jul 06, 2020 4:10 eco 0w20 3L harga sgini worth gk nih??? ayo ayo pada cek email dikasih voucher sama blabla [emoji1787][emoji1787]Screenshot_20200706-110231_Blibli.jpg
promo apa ini Om?
share dung promonya atau PM boleh lah :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:05
benzz89 wrote: Sun Jul 05, 2020 13:18
Suryaputra wrote:
yah buat nyuci mesin dipakai jalan 1000 km ok lah yaa :big_grin:
Ane beli oli mesran di todai kena 40 ribu seliter om... cuman buat numpang lewat, buat dorong oli mesin lama pas mau ganti oli baru. Kalau ada oli 0W-20 goban boleh juga tuh buat numpang lewat, siapa tau bisa lebih bersih dikit banding mesran [emoji1]
sultan amat beli mesran di toda

kl cuman buat sekedar bilas, mampir aj ke distributor2 oli pertamina, atau ke sawahbesar muzatek sana, atau ke kebon jeruk 3 si ayung.. minta oli paling murah d toko mereka, toh dapet oli aspal jg gapapa.. trakir ke si ayung beli oli drum2an apalah itu ga jelas, cuman 30 rebu sliter, itu aj dapetnya sliter lebih
dorong oli lama pake yg lebih kentel apa lebih encer ya om klep?
Kayanya baca di thread om turbo waktu itu pake yg lbh kentel dari oli yg dipake...
apa saya salah baca ya :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aldittodi »

erwinign wrote: Mon Jul 06, 2020 6:25
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32
severmaya wrote: Mon Jul 06, 2020 4:40

Kalau kata babe saya sih begitu om, cuma kan babe saya aliran zaman batu, yang kaget kalau hrv pakai 0w20.
:big_slap:
Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.

coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 4:47

Tergantung jenis & kondisi mobilnya om
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Wah ini sih maintenance jazznya yahuddddd om, rutin banget ganti oli sama olinya cukup bergizi. +rutin stel klep ga om? Udah cek daleman mesin dr tutup tempat tuang oli? Penguapan oli dr dipstick gimana?

Masalahnya honda kl pake buntut 40 itu ga enak samsek om, bbrp kali pake jazz ge yg dicekokin shell 10w40 sama blm stel klep padahal br jalan 60rb aja ga karuan.

Kl 3 hal yg saya tanyain itu, sering stel klep=suara mesin ttp halus dan tarikan oke, daleman mesin bersih oke, penguapan oli dr dipstick ga ada/bates wajar sih ttp stay di 5w30 ato bs ke 0w20 sekalian om, cr yg bagusan misal amsoil OE 0W20 SN+, total 9000 5w30 yg murmer oke. Sepengalaman saya sih pake 10w40 cm enak di awal om, seolah2 suara mesin jd alus tapi lama2 tarikan berat dan boros banget jdnya.

Avanza saya th 2008 km 240rb sblmnya pake prima xp 10w40 sama bbrp kali pake shell eco 5w30. Kemarin saya beraniin pake shell eco 0w20 no problem om, mesin jd lbh halus. Masih mantau sampe 5000km ke depan

Nah tentang stel klep di mobil-mobil Honda harus menjadi makanan rutin baru tahu dua bulan belakangan ini sayangnya. Terakhir stel klep mungkin pas mobil saya dibawa ke BeRes empat tahun lalu yang mungkin kilometernya masih di 110.[cencored]. Jadi setelah itu tidak pernah melakukan stel klep lagi karena sudah tidak pernah dibawa ke BeRes lagi.

Kalau cek daleman mesin terakhir bulan Febuari lalu sih masih bersih om, tidak ada sludge dkk yang mengkhawatirkan. Kalau penguapan, dari terakhir ganti oli 5.000 KM yg lalu (sekitar April lalu) sampai sekarang sih masih di batas normal.

Rencana ini mau coba HKS Premium yg 5W-30 atau FK Eco Touring 10W-30. Nah karena dari sebelumnya pakai Shell terus, apakah harus flush dulu kalau mau ganti oli selain Shell?
Soalnya terakhir pakai HX7 ini kok ngerasa pas udah mau 5000 agak jadi berat ya :D

coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 7:27
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32

Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?

Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.

Kalau si bengkelnya sih mungkin menyarankan itu karena melihat kilometer dan umur mobil mungkin. Soalnya gak dicek apa2 jeroannya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 8:42
erwinign wrote: Mon Jul 06, 2020 6:25
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32

Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.




Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Wah ini sih maintenance jazznya yahuddddd om, rutin banget ganti oli sama olinya cukup bergizi. +rutin stel klep ga om? Udah cek daleman mesin dr tutup tempat tuang oli? Penguapan oli dr dipstick gimana?

Masalahnya honda kl pake buntut 40 itu ga enak samsek om, bbrp kali pake jazz ge yg dicekokin shell 10w40 sama blm stel klep padahal br jalan 60rb aja ga karuan.

Kl 3 hal yg saya tanyain itu, sering stel klep=suara mesin ttp halus dan tarikan oke, daleman mesin bersih oke, penguapan oli dr dipstick ga ada/bates wajar sih ttp stay di 5w30 ato bs ke 0w20 sekalian om, cr yg bagusan misal amsoil OE 0W20 SN+, total 9000 5w30 yg murmer oke. Sepengalaman saya sih pake 10w40 cm enak di awal om, seolah2 suara mesin jd alus tapi lama2 tarikan berat dan boros banget jdnya.

Avanza saya th 2008 km 240rb sblmnya pake prima xp 10w40 sama bbrp kali pake shell eco 5w30. Kemarin saya beraniin pake shell eco 0w20 no problem om, mesin jd lbh halus. Masih mantau sampe 5000km ke depan

Nah tentang stel klep di mobil-mobil Honda harus menjadi makanan rutin baru tahu dua bulan belakangan ini sayangnya. Terakhir stel klep mungkin pas mobil saya dibawa ke BeRes empat tahun lalu yang mungkin kilometernya masih di 110.[cencored]. Jadi setelah itu tidak pernah melakukan stel klep lagi karena sudah tidak pernah dibawa ke BeRes lagi.

Kalau cek daleman mesin terakhir bulan Febuari lalu sih masih bersih om, tidak ada sludge dkk yang mengkhawatirkan. Kalau penguapan, dari terakhir ganti oli 5.000 KM yg lalu (sekitar April lalu) sampai sekarang sih masih di batas normal.

Rencana ini mau coba HKS Premium yg 5W-30 atau FK Eco Touring 10W-30. Nah karena dari sebelumnya pakai Shell terus, apakah harus flush dulu kalau mau ganti oli selain Shell?
Soalnya terakhir pakai HX7 ini kok ngerasa pas udah mau 5000 agak jadi berat ya :D

coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 7:27
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32

Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?

Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.

Kalau si bengkelnya sih mungkin menyarankan itu karena melihat kilometer dan umur mobil mungkin. Soalnya gak dicek apa2 jeroannya.
in my view.
klo berdasarkan asumsi & ngawang2, ini bahaya.
ini yg biasa dilakukan oleh teknisi2 ala asam reges :big_peace:

spec di manual book minta oli viskositas w30 & dikasih buntut w40 ya resiko di internal mesin lbh besar.

sebetulnya gak mslh di keausan mesin jg, klo pakai oli viskositas yg sama spt dari awal.
pabrik dah melakukan R&D oleh insinyur dan teknisi kelas dunia.

klo celahnya mesin masih sempit, bisa berabe pakai oli kental.
jumlah pelumas harusnya cukup, tp karena terlalu kental, jadi gak optimal masuk ke celah mesin & dah on duluan mesin nya :upss:

perlu diketahui juga, resiko wear tertinggi bisa terjadi ketika cold start.
karena ketika suhu mesin masih di bawah 40 C, itu oli sifatnya lbh kental dibanding klo mesin sudah panas.

makanya ada bbrp kasus, mobil ketika pakai oli kental ada bunyi tek tek tek di pagi hari, dan hilang ketika sudah panas.

intinya.. klo celahnya udh longgar, no issue juga dikasih oli buntut encer, karena sifat dr pelumas mesin udh bekerja duluan dan lbh cepat.

paling resiko terburuk klo celah mesin udh longgar, ya olinya nguap doang masuk ke ruang bakar dan sisa residu oli terbakar ada di ujung knalpot.

ujung knalpot masih kering jg kan om ?
Last edited by Suryaputra on Mon Jul 06, 2020 10:13, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa

Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit

Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Mon Jul 06, 2020 10:10 Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa

Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit

Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
dan mesin2 honda pakai roller cam, jadi significantly less wear di cam nya.

gak relevan pakai oli kental, malah roller bearingnya bisa knp2 klo oli terlalu kental :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri