EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

orangpelupa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS

Re: EV's Safety?

Post by orangpelupa »

ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:14
marr wrote: Sat May 31, 2025 7:11 Sering bro.
Soal spooring, kmrn diceritain kalo keseringan lewat jalan jelek + hajar lubang, setirnya miring mulu

Yang soal mogok, akhirnya di tarik pake tali tambang sampe rumah. Direset trus dicharge sampe full, eh bs jalan normal lagi. Pas telfon call centernya wuling, katanya kalo bisa batrenya jangan di bawa sampe <30% wkwkwkwkwkkw

pdhl range sama batre di layar nya aja belum habis ckck kacau MID nya
nah ini yang saya very concerned soal EV om. usable range di real worldnya gak pasti. bener sih teoritikal 400km-ish, real world range 30% aja harus buru buru cari charger.

ya 20-30%, kalo range 400, 120km harus di spare buat charging. iye sih 120km buat luar kota juga jauh, tapi bener 120 ngga nanti ketemu tanjakan jadi 80km lagi. computernya kan estimate dgn asumsi kondisi mengemudinya datar.

china juga halus banget bahasanya buat hybrid. "range extender" yah bilang aja hybrid :mky_07:
Tanjakan jadi 80km, mungkin turunan jadi 180km atau bahkan unlimited km kalau malahan sampe nambah cas nya
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1540
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:22
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
saya dapet spill

bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.

isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.

jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.

automotive industry winter
Ini ada yang lebih keren lagi, mobil bekas 0 km di mainland.



Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
:mky_05:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 811
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »

Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 1:00
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
:mky_05:
jangan2 ini yang nantinya di dumping ke negara lain. Makanya mereka bisa jual dengan harga murah.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: EV's Safety?

Post by Ibet »

nikmat mana lagi double promo

insentif dari negara asal + tax cut dari negara tujuan
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1226
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: EV's Safety?

Post by Zaxis »

ATPM sini kan mirip2 juga tuh permainan nya
Tiap bulan wholesales ribuan unit kirim ke dealer²
Stok dealer numpuk ga laku juga tetap dipaksa makan kirimin dari pusat,akhir nya diskon gila
Yang ga kuat makanin yah tutup dealer jual aset masukin obligasi tidur nyenyak
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 817
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

Ibet wrote: Wed Jun 04, 2025 1:14 nikmat mana lagi double promo

insentif dari negara asal + tax cut dari negara tujuan
tapi sisipi gasuka makanya katanya sih mau selidiki juga mentri terkait mainland, supaya "perang harga" ga kejadian.
juga ini bikin subsidi bengkak ma insentif pemerintah bocor yang notabene skrg maen kasar ama si paman trumps :mky_05:
Zaxis wrote: Wed Jun 04, 2025 2:18 ATPM sini kan mirip2 juga tuh permainan nya
Tiap bulan wholesales ribuan unit kirim ke dealer²
Stok dealer numpuk ga laku juga tetap dipaksa makan kirimin dari pusat,akhir nya diskon gila
Yang ga kuat makanin yah tutup dealer jual aset masukin obligasi tidur nyenyak
harusnya gaboleh sih hoho
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 817
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

timbermaniac123 wrote: Wed Jun 04, 2025 1:07
Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 1:00
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
:mky_05:
jangan2 ini yang nantinya di dumping ke negara lain. Makanya mereka bisa jual dengan harga murah.
bisa jadi. makanya mungkin ini tegak lurus ama laporan mbah @boku kalo ternyata di mobil barunya banyak karat dikaki2, kemungkinan karena lama "ngandong" di gudang. :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6366
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Wed Jun 04, 2025 7:15 bisa jadi. makanya mungkin ini tegak lurus ama laporan mbah @boku kalo ternyata di mobil barunya banyak karat dikaki2, kemungkinan karena lama "ngandong" di gudang. :big_think:
itumah keknya emang materialnya yang jelek om konon katanya stellnya beda sama mobil konvensional tapi saya kurang apal detailnya :mky_03:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 817
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Wed Jun 04, 2025 7:20
kayukayuthe5th wrote: Wed Jun 04, 2025 7:15 bisa jadi. makanya mungkin ini tegak lurus ama laporan mbah @boku kalo ternyata di mobil barunya banyak karat dikaki2, kemungkinan karena lama "ngandong" di gudang. :big_think:
itumah keknya emang materialnya yang jelek om konon katanya stellnya beda sama mobil konvensional tapi saya kurang apal detailnya :mky_03:
jadi kombo nih (material cost-cutting+ngandong) :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16750
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

orangpelupa wrote: Tue Jun 03, 2025 13:03
Tanjakan jadi 80km, mungkin turunan jadi 180km atau bahkan unlimited km kalau malahan sampe nambah cas nya
turunan mobil internal combustion juga nyaris gak pake bensin :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1540
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

timbermaniac123 wrote: Wed Jun 04, 2025 1:07
Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 1:00
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
:mky_05:
jangan2 ini yang nantinya di dumping ke negara lain. Makanya mereka bisa jual dengan harga murah.
Tapi ga habis fikir ya.. gimana mereka bikin produk forecast sementara penyerapan sebenarnya sangat berpotensi oversupply
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 368
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: EV's Safety?

Post by Ibet »

kayukayuthe5th wrote: Wed Jun 04, 2025 7:14
tapi sisipi gasuka makanya katanya sih mau selidiki juga mentri terkait mainland, supaya "perang harga" ga kejadian.
juga ini bikin subsidi bengkak ma insentif pemerintah bocor yang notabene skrg maen kasar ama si paman trumps :mky_05:
wajarlah, mereka menyadari kalo ini ga (bakal) sustain juga
wong mereka supplier global pada buka pabrik di rrc, trus pada bikin bev yg ternyata ga butuh banyak komponen

ya pada mati juga supplier lokalnya disana

kan ada berita soal byd juga suppliernya pada buka suara, ini mereka kena pressing cost cut dari byd
ada PHEV win - win lha, idup semua itu
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6366
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



BUSET kebelah berapa itu :big_childish:
orangpelupa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS

Re: EV's Safety?

Post by orangpelupa »

ChZ wrote: Wed Jun 04, 2025 7:48
orangpelupa wrote: Tue Jun 03, 2025 13:03
Tanjakan jadi 80km, mungkin turunan jadi 180km atau bahkan unlimited km kalau malahan sampe nambah cas nya
turunan mobil internal combustion juga nyaris gak pake bensin :mky_03:
Wah ICE jaman sekarang sudah bagus ternyata. Saya kira masih seperti jaman dulu, idle pun boros, bensin terbuang jadi panas.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 817
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

Ibet wrote: Wed Jun 04, 2025 9:29
kayukayuthe5th wrote: Wed Jun 04, 2025 7:14
tapi sisipi gasuka makanya katanya sih mau selidiki juga mentri terkait mainland, supaya "perang harga" ga kejadian.
juga ini bikin subsidi bengkak ma insentif pemerintah bocor yang notabene skrg maen kasar ama si paman trumps :mky_05:
wajarlah, mereka menyadari kalo ini ga (bakal) sustain juga
wong mereka supplier global pada buka pabrik di rrc, trus pada bikin bev yg ternyata ga butuh banyak komponen

ya pada mati juga supplier lokalnya disana

kan ada berita soal byd juga suppliernya pada buka suara, ini mereka kena pressing cost cut dari byd
ada PHEV win - win lha, idup semua itu
well atleast for now yah karena PHEV itu juga dikitbanget penyerapan sales. mending hybrid
Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 9:20
timbermaniac123 wrote: Wed Jun 04, 2025 1:07
Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 1:00
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
:mky_05:
jangan2 ini yang nantinya di dumping ke negara lain. Makanya mereka bisa jual dengan harga murah.
Tapi ga habis fikir ya.. gimana mereka bikin produk forecast sementara penyerapan sebenarnya sangat berpotensi oversupply
pake wholesales yang ditampilin :big_childish:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1540
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

b0ku wrote: Wed Jun 04, 2025 11:51

BUSET kebelah berapa itu :big_childish:
Kayak gitu ada aja masih yang berharap EV car baterainya bisa di swap kayak motor..
:big_slap:
Theoretically make sense tapi practically ga safe. Bayangin battery pack 300kg lebih dibongkar pasang.

Dibongkar jarang-jarang aja bautnya bisa dol apalagi tiap 2-3 hari dilepas pasang.

Biarpun screw dipasang pakai robot yang bisa kasih torsi presisi, tetap aja ngeri. Termasuk plug sama unplug terminal battery HV'nya. Body integrity pasti pakal cepat turun.
:big_smoking:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 811
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »



Pake batre non original bisa bocor. Kadang suka tuh ada yang komen, bisa ganti per cell dll. Padahal banyak ev mobcin yang dilem mati. Dan batre 3rd party ga terjamin safety nya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6366
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Wed Jun 04, 2025 12:36

Pake batre non original bisa bocor. Kadang suka tuh ada yang komen, bisa ganti per cell dll. Padahal banyak ev mobcin yang dilem mati. Dan batre 3rd party ga terjamin safety nya.
kan oe dah ngomong ganti percell bisa itu solusi mau dijual atau solusi pedagang kalo long term per cell babak belur bolak balik + ongkos bongkar pasang :mky_07:

ud paling bener ganti whole pack........ :big_bored:

dan bongkarnya juga gak gampang plus test test lagi pake tusuk2x voltmeter atau apalah itu alatnya :big_dunno:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6366
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 12:17
Kayak gitu ada aja masih yang berharap EV car baterainya bisa di swap kayak motor..
:big_slap:
Theoretically make sense tapi practically ga safe. Bayangin battery pack 300kg lebih dibongkar pasang.

Dibongkar jarang-jarang aja bautnya bisa dol apalagi tiap 2-3 hari dilepas pasang.

Biarpun screw dipasang pakai robot yang bisa kasih torsi presisi, tetap aja ngeri. Termasuk plug sama unplug terminal battery HV'nya. Body integrity pasti pakal cepat turun.
:big_smoking:
sistem swap itu beneran DUMB masalahnya infrastrukturnya butuh maintenace dan cost buat di build :big_bored:

gini aja deh lawakan 2025 baru2x ini



liat judulnya heboh bet keknya ud hebat gitu padahal mah :big_dunno:

bandingin sama ini :big_bored:





kalo ngerti lapangan harusnya tau yang mana yang praktis yang mana yang bodoh akut :big_bored:

kalo yang oon denger ice autonomus pasti di ketawain karena ice imagenya ud kuno ketinggalan, padahal bikin ice autonomus itu butuh komputer yang lebih smart di banding EV autonomus jd ketauan siapa yang lebih pinter :big_bored:
orangpelupa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS

Re: EV's Safety?

Post by orangpelupa »

Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 12:17
b0ku wrote: Wed Jun 04, 2025 11:51

BUSET kebelah berapa itu :big_childish:
Kayak gitu ada aja masih yang berharap EV car baterainya bisa di swap kayak motor..
:big_slap:
Theoretically make sense tapi practically ga safe. Bayangin battery pack 300kg lebih dibongkar pasang.

Dibongkar jarang-jarang aja bautnya bisa dol apalagi tiap 2-3 hari dilepas pasang.

Biarpun screw dipasang pakai robot yang bisa kasih torsi presisi, tetap aja ngeri. Termasuk plug sama unplug terminal battery HV'nya. Body integrity pasti pakal cepat turun.
:big_smoking:
NIO udah bertahun tahun bongkar pasang baterai karena ada layanan tukar baterai, dan sewa baterai kecil/besar sesuai kebutuhan mau jalan jauh apa ngga.

CATL rencana bersama wuling dkk juga akan ikut mendukung battery swap. Choco Seb battery IIRC namanya
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1540
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

orangpelupa wrote: Wed Jun 04, 2025 14:22
Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 12:17
b0ku wrote: Wed Jun 04, 2025 11:51

BUSET kebelah berapa itu :big_childish:
Kayak gitu ada aja masih yang berharap EV car baterainya bisa di swap kayak motor..
:big_slap:
Theoretically make sense tapi practically ga safe. Bayangin battery pack 300kg lebih dibongkar pasang.

Dibongkar jarang-jarang aja bautnya bisa dol apalagi tiap 2-3 hari dilepas pasang.

Biarpun screw dipasang pakai robot yang bisa kasih torsi presisi, tetap aja ngeri. Termasuk plug sama unplug terminal battery HV'nya. Body integrity pasti pakal cepat turun.
:big_smoking:
NIO udah bertahun tahun bongkar pasang baterai karena ada layanan tukar baterai, dan sewa baterai kecil/besar sesuai kebutuhan mau jalan jauh apa ngga.

CATL rencana bersama wuling dkk juga akan ikut mendukung battery swap. Choco Seb battery IIRC namanya
Iya saya tahu untuk NIO ini sudah sampai gen 4 swap system yang semuanya automated dimana 1 station menampung sekitar 15 baterai, disistem gen 4 baterai baru sudah menunggu di dekat mobil makanya jadi lebih singkat. Justru karena alat ini butuh presisi tinggi, makanya desain bautnya khusus. Maka alat swap station ini yang perlu kalibrasi detail karena ketika volume penggunanya naik. Menjaga konsistensi itu yang sulit
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6366
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



LOL aja deh....... :ngacir:

berapa duit tuh gosong...... :ngacir:

teknologi harusnya lebih simple ini di bikin ribet jalanan pake wireless charger lah batterys swap stasion lah dimana isinya robot yang mahal :big_bored:

WTF???? :big_bored:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

Lapooor oom B0ku : https://www.wsj.com/business/logistics/ ... n-038eee51

Saya pake EV 3 tahun lebih, temen2 komunitas EV yg jauh lebih lama pake Ioniq Classic/Kona Classic juga kagak ada cerita apa2, koq kalo ada cerita mbledug seringkali asal-usulnya dari EV Cungkuo ya ?. Jadi penasaran ama proses manufacturing control mereka seperti apa, mulai dari proses cell assembly sampe jadi mobil.

PS : beda lho mobil BQ buzuk gedobrakan ama manufacturing control defect, yg pertama tu intended :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6366
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Thu Jun 05, 2025 0:00 Lapooor oom B0ku : https://www.wsj.com/business/logistics/ ... n-038eee51

Saya pake EV 3 tahun lebih, temen2 komunitas EV yg jauh lebih lama pake Ioniq Classic/Kona Classic juga kagak ada cerita apa2, koq kalo ada cerita mbledug seringkali asal-usulnya dari EV Cungkuo ya ?. Jadi penasaran ama proses manufacturing control mereka seperti apa, mulai dari proses cell assembly sampe jadi mobil.

PS : beda lho mobil BQ buzuk gedobrakan ama manufacturing control defect, yg pertama tu intended :big_peace:
kan ud dibilang beli hyundei aja kalo mau ev soalnya sepi kasus meleduk kalo ioniq juga berapa kali kena garuk separator lsg meleduk emang :big_bored:

yang suka meleduk diem2xn kan malah EV6 sering banget :big_bored:

yang membleduk bukan cuma EV cungkwo om porsche sama mercedes sering BMW juga bom tesla gak usah di tanya :mky_07:

toyota di cungkwo sering tapi isinya batre BYD :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12656
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Thu Jun 05, 2025 0:00 Lapooor oom B0ku : https://www.wsj.com/business/logistics/ ... n-038eee51

Saya pake EV 3 tahun lebih, temen2 komunitas EV yg jauh lebih lama pake Ioniq Classic/Kona Classic juga kagak ada cerita apa2, koq kalo ada cerita mbledug seringkali asal-usulnya dari EV Cungkuo ya ?. Jadi penasaran ama proses manufacturing control mereka seperti apa, mulai dari proses cell assembly sampe jadi mobil.

PS : beda lho mobil BQ buzuk gedobrakan ama manufacturing control defect, yg pertama tu intended :big_peace:
Make sense mbah

Coba simak

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri