Tanjakan jadi 80km, mungkin turunan jadi 180km atau bahkan unlimited km kalau malahan sampe nambah cas nyaChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:14nah ini yang saya very concerned soal EV om. usable range di real worldnya gak pasti. bener sih teoritikal 400km-ish, real world range 30% aja harus buru buru cari charger.marr wrote: Sat May 31, 2025 7:11 Sering bro.
Soal spooring, kmrn diceritain kalo keseringan lewat jalan jelek + hajar lubang, setirnya miring mulu
Yang soal mogok, akhirnya di tarik pake tali tambang sampe rumah. Direset trus dicharge sampe full, eh bs jalan normal lagi. Pas telfon call centernya wuling, katanya kalo bisa batrenya jangan di bawa sampe <30% wkwkwkwkwkkw
pdhl range sama batre di layar nya aja belum habis ckck kacau MID nya
ya 20-30%, kalo range 400, 120km harus di spare buat charging. iye sih 120km buat luar kota juga jauh, tapi bener 120 ngga nanti ketemu tanjakan jadi 80km lagi. computernya kan estimate dgn asumsi kondisi mengemudinya datar.
china juga halus banget bahasanya buat hybrid. "range extender" yah bilang aja hybrid![]()
EV's Safety?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: EV's Safety?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1540
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Ini ada yang lebih keren lagi, mobil bekas 0 km di mainland.ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:22saya dapet spillPugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd
Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
![]()
bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.
isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.
jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.
automotive industry winter
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 811
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: EV's Safety?
jangan2 ini yang nantinya di dumping ke negara lain. Makanya mereka bisa jual dengan harga murah.Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 1:00
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 368
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: EV's Safety?
nikmat mana lagi double promo
insentif dari negara asal + tax cut dari negara tujuan
insentif dari negara asal + tax cut dari negara tujuan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1226
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: EV's Safety?
ATPM sini kan mirip2 juga tuh permainan nya
Tiap bulan wholesales ribuan unit kirim ke dealer²
Stok dealer numpuk ga laku juga tetap dipaksa makan kirimin dari pusat,akhir nya diskon gila
Yang ga kuat makanin yah tutup dealer jual aset masukin obligasi tidur nyenyak
Tiap bulan wholesales ribuan unit kirim ke dealer²
Stok dealer numpuk ga laku juga tetap dipaksa makan kirimin dari pusat,akhir nya diskon gila
Yang ga kuat makanin yah tutup dealer jual aset masukin obligasi tidur nyenyak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 817
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety?
tapi sisipi gasuka makanya katanya sih mau selidiki juga mentri terkait mainland, supaya "perang harga" ga kejadian.Ibet wrote: Wed Jun 04, 2025 1:14 nikmat mana lagi double promo
insentif dari negara asal + tax cut dari negara tujuan
juga ini bikin subsidi bengkak ma insentif pemerintah bocor yang notabene skrg maen kasar ama si paman trumps

harusnya gaboleh sih hohoZaxis wrote: Wed Jun 04, 2025 2:18 ATPM sini kan mirip2 juga tuh permainan nya
Tiap bulan wholesales ribuan unit kirim ke dealer²
Stok dealer numpuk ga laku juga tetap dipaksa makan kirimin dari pusat,akhir nya diskon gila
Yang ga kuat makanin yah tutup dealer jual aset masukin obligasi tidur nyenyak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 817
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety?
bisa jadi. makanya mungkin ini tegak lurus ama laporan mbah @boku kalo ternyata di mobil barunya banyak karat dikaki2, kemungkinan karena lama "ngandong" di gudang.timbermaniac123 wrote: Wed Jun 04, 2025 1:07jangan2 ini yang nantinya di dumping ke negara lain. Makanya mereka bisa jual dengan harga murah.Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 1:00
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6366
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
itumah keknya emang materialnya yang jelek om konon katanya stellnya beda sama mobil konvensional tapi saya kurang apal detailnyakayukayuthe5th wrote: Wed Jun 04, 2025 7:15 bisa jadi. makanya mungkin ini tegak lurus ama laporan mbah @boku kalo ternyata di mobil barunya banyak karat dikaki2, kemungkinan karena lama "ngandong" di gudang.![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 817
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety?
jadi kombo nih (material cost-cutting+ngandong)b0ku wrote: Wed Jun 04, 2025 7:20itumah keknya emang materialnya yang jelek om konon katanya stellnya beda sama mobil konvensional tapi saya kurang apal detailnyakayukayuthe5th wrote: Wed Jun 04, 2025 7:15 bisa jadi. makanya mungkin ini tegak lurus ama laporan mbah @boku kalo ternyata di mobil barunya banyak karat dikaki2, kemungkinan karena lama "ngandong" di gudang.![]()
![]()

-
- SM Specialist
- Posts: 16750
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: EV's Safety?
turunan mobil internal combustion juga nyaris gak pake bensinorangpelupa wrote: Tue Jun 03, 2025 13:03
Tanjakan jadi 80km, mungkin turunan jadi 180km atau bahkan unlimited km kalau malahan sampe nambah cas nya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1540
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Tapi ga habis fikir ya.. gimana mereka bikin produk forecast sementara penyerapan sebenarnya sangat berpotensi oversupplytimbermaniac123 wrote: Wed Jun 04, 2025 1:07jangan2 ini yang nantinya di dumping ke negara lain. Makanya mereka bisa jual dengan harga murah.Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 1:00
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 368
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: EV's Safety?
wajarlah, mereka menyadari kalo ini ga (bakal) sustain jugakayukayuthe5th wrote: Wed Jun 04, 2025 7:14
tapi sisipi gasuka makanya katanya sih mau selidiki juga mentri terkait mainland, supaya "perang harga" ga kejadian.
juga ini bikin subsidi bengkak ma insentif pemerintah bocor yang notabene skrg maen kasar ama si paman trumps![]()
wong mereka supplier global pada buka pabrik di rrc, trus pada bikin bev yg ternyata ga butuh banyak komponen
ya pada mati juga supplier lokalnya disana
kan ada berita soal byd juga suppliernya pada buka suara, ini mereka kena pressing cost cut dari byd
ada PHEV win - win lha, idup semua itu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6366
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
BUSET kebelah berapa itu

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: EV's Safety?
Wah ICE jaman sekarang sudah bagus ternyata. Saya kira masih seperti jaman dulu, idle pun boros, bensin terbuang jadi panas.ChZ wrote: Wed Jun 04, 2025 7:48turunan mobil internal combustion juga nyaris gak pake bensinorangpelupa wrote: Tue Jun 03, 2025 13:03
Tanjakan jadi 80km, mungkin turunan jadi 180km atau bahkan unlimited km kalau malahan sampe nambah cas nya![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 817
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety?
well atleast for now yah karena PHEV itu juga dikitbanget penyerapan sales. mending hybridIbet wrote: Wed Jun 04, 2025 9:29wajarlah, mereka menyadari kalo ini ga (bakal) sustain jugakayukayuthe5th wrote: Wed Jun 04, 2025 7:14
tapi sisipi gasuka makanya katanya sih mau selidiki juga mentri terkait mainland, supaya "perang harga" ga kejadian.
juga ini bikin subsidi bengkak ma insentif pemerintah bocor yang notabene skrg maen kasar ama si paman trumps![]()
wong mereka supplier global pada buka pabrik di rrc, trus pada bikin bev yg ternyata ga butuh banyak komponen
ya pada mati juga supplier lokalnya disana
kan ada berita soal byd juga suppliernya pada buka suara, ini mereka kena pressing cost cut dari byd
ada PHEV win - win lha, idup semua itu
pake wholesales yang ditampilinPugman wrote: Wed Jun 04, 2025 9:20Tapi ga habis fikir ya.. gimana mereka bikin produk forecast sementara penyerapan sebenarnya sangat berpotensi oversupplytimbermaniac123 wrote: Wed Jun 04, 2025 1:07jangan2 ini yang nantinya di dumping ke negara lain. Makanya mereka bisa jual dengan harga murah.Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 1:00
Isunya entah daeler atau pabrikannya membuat faktur palsu seolah terjual ke customer tapi sebenarnya mereka simpan, tujuannya supaya insentif dari pemerintah nya cair, lalu kemudian setelah beberapa waktu di jual sebagai unit bekas.
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1540
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Kayak gitu ada aja masih yang berharap EV car baterainya bisa di swap kayak motor..

Theoretically make sense tapi practically ga safe. Bayangin battery pack 300kg lebih dibongkar pasang.
Dibongkar jarang-jarang aja bautnya bisa dol apalagi tiap 2-3 hari dilepas pasang.
Biarpun screw dipasang pakai robot yang bisa kasih torsi presisi, tetap aja ngeri. Termasuk plug sama unplug terminal battery HV'nya. Body integrity pasti pakal cepat turun.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 811
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: EV's Safety?
Pake batre non original bisa bocor. Kadang suka tuh ada yang komen, bisa ganti per cell dll. Padahal banyak ev mobcin yang dilem mati. Dan batre 3rd party ga terjamin safety nya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6366
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
kan oe dah ngomong ganti percell bisa itu solusi mau dijual atau solusi pedagang kalo long term per cell babak belur bolak balik + ongkos bongkar pasangtimbermaniac123 wrote: Wed Jun 04, 2025 12:36
Pake batre non original bisa bocor. Kadang suka tuh ada yang komen, bisa ganti per cell dll. Padahal banyak ev mobcin yang dilem mati. Dan batre 3rd party ga terjamin safety nya.

ud paling bener ganti whole pack........

dan bongkarnya juga gak gampang plus test test lagi pake tusuk2x voltmeter atau apalah itu alatnya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6366
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
sistem swap itu beneran DUMB masalahnya infrastrukturnya butuh maintenace dan cost buat di buildPugman wrote: Wed Jun 04, 2025 12:17
Kayak gitu ada aja masih yang berharap EV car baterainya bisa di swap kayak motor..
![]()
Theoretically make sense tapi practically ga safe. Bayangin battery pack 300kg lebih dibongkar pasang.
Dibongkar jarang-jarang aja bautnya bisa dol apalagi tiap 2-3 hari dilepas pasang.
Biarpun screw dipasang pakai robot yang bisa kasih torsi presisi, tetap aja ngeri. Termasuk plug sama unplug terminal battery HV'nya. Body integrity pasti pakal cepat turun.
![]()

gini aja deh lawakan 2025 baru2x ini
liat judulnya heboh bet keknya ud hebat gitu padahal mah

bandingin sama ini

kalo ngerti lapangan harusnya tau yang mana yang praktis yang mana yang bodoh akut

kalo yang oon denger ice autonomus pasti di ketawain karena ice imagenya ud kuno ketinggalan, padahal bikin ice autonomus itu butuh komputer yang lebih smart di banding EV autonomus jd ketauan siapa yang lebih pinter

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: EV's Safety?
NIO udah bertahun tahun bongkar pasang baterai karena ada layanan tukar baterai, dan sewa baterai kecil/besar sesuai kebutuhan mau jalan jauh apa ngga.Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 12:17Kayak gitu ada aja masih yang berharap EV car baterainya bisa di swap kayak motor..
![]()
Theoretically make sense tapi practically ga safe. Bayangin battery pack 300kg lebih dibongkar pasang.
Dibongkar jarang-jarang aja bautnya bisa dol apalagi tiap 2-3 hari dilepas pasang.
Biarpun screw dipasang pakai robot yang bisa kasih torsi presisi, tetap aja ngeri. Termasuk plug sama unplug terminal battery HV'nya. Body integrity pasti pakal cepat turun.
![]()
CATL rencana bersama wuling dkk juga akan ikut mendukung battery swap. Choco Seb battery IIRC namanya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1540
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Iya saya tahu untuk NIO ini sudah sampai gen 4 swap system yang semuanya automated dimana 1 station menampung sekitar 15 baterai, disistem gen 4 baterai baru sudah menunggu di dekat mobil makanya jadi lebih singkat. Justru karena alat ini butuh presisi tinggi, makanya desain bautnya khusus. Maka alat swap station ini yang perlu kalibrasi detail karena ketika volume penggunanya naik. Menjaga konsistensi itu yang sulitorangpelupa wrote: Wed Jun 04, 2025 14:22NIO udah bertahun tahun bongkar pasang baterai karena ada layanan tukar baterai, dan sewa baterai kecil/besar sesuai kebutuhan mau jalan jauh apa ngga.Pugman wrote: Wed Jun 04, 2025 12:17Kayak gitu ada aja masih yang berharap EV car baterainya bisa di swap kayak motor..
![]()
Theoretically make sense tapi practically ga safe. Bayangin battery pack 300kg lebih dibongkar pasang.
Dibongkar jarang-jarang aja bautnya bisa dol apalagi tiap 2-3 hari dilepas pasang.
Biarpun screw dipasang pakai robot yang bisa kasih torsi presisi, tetap aja ngeri. Termasuk plug sama unplug terminal battery HV'nya. Body integrity pasti pakal cepat turun.
![]()
CATL rencana bersama wuling dkk juga akan ikut mendukung battery swap. Choco Seb battery IIRC namanya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6366
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
LOL aja deh.......

berapa duit tuh gosong......

teknologi harusnya lebih simple ini di bikin ribet jalanan pake wireless charger lah batterys swap stasion lah dimana isinya robot yang mahal

WTF????

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: EV's Safety?
Lapooor oom B0ku : https://www.wsj.com/business/logistics/ ... n-038eee51
Saya pake EV 3 tahun lebih, temen2 komunitas EV yg jauh lebih lama pake Ioniq Classic/Kona Classic juga kagak ada cerita apa2, koq kalo ada cerita mbledug seringkali asal-usulnya dari EV Cungkuo ya ?. Jadi penasaran ama proses manufacturing control mereka seperti apa, mulai dari proses cell assembly sampe jadi mobil.
PS : beda lho mobil BQ buzuk gedobrakan ama manufacturing control defect, yg pertama tu intended
Saya pake EV 3 tahun lebih, temen2 komunitas EV yg jauh lebih lama pake Ioniq Classic/Kona Classic juga kagak ada cerita apa2, koq kalo ada cerita mbledug seringkali asal-usulnya dari EV Cungkuo ya ?. Jadi penasaran ama proses manufacturing control mereka seperti apa, mulai dari proses cell assembly sampe jadi mobil.
PS : beda lho mobil BQ buzuk gedobrakan ama manufacturing control defect, yg pertama tu intended

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6366
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
kan ud dibilang beli hyundei aja kalo mau ev soalnya sepi kasus meleduk kalo ioniq juga berapa kali kena garuk separator lsg meleduk emangBibieight wrote: Thu Jun 05, 2025 0:00 Lapooor oom B0ku : https://www.wsj.com/business/logistics/ ... n-038eee51
Saya pake EV 3 tahun lebih, temen2 komunitas EV yg jauh lebih lama pake Ioniq Classic/Kona Classic juga kagak ada cerita apa2, koq kalo ada cerita mbledug seringkali asal-usulnya dari EV Cungkuo ya ?. Jadi penasaran ama proses manufacturing control mereka seperti apa, mulai dari proses cell assembly sampe jadi mobil.
PS : beda lho mobil BQ buzuk gedobrakan ama manufacturing control defect, yg pertama tu intended![]()

yang suka meleduk diem2xn kan malah EV6 sering banget

yang membleduk bukan cuma EV cungkwo om porsche sama mercedes sering BMW juga bom tesla gak usah di tanya

toyota di cungkwo sering tapi isinya batre BYD

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12656
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
Make sense mbahBibieight wrote: Thu Jun 05, 2025 0:00 Lapooor oom B0ku : https://www.wsj.com/business/logistics/ ... n-038eee51
Saya pake EV 3 tahun lebih, temen2 komunitas EV yg jauh lebih lama pake Ioniq Classic/Kona Classic juga kagak ada cerita apa2, koq kalo ada cerita mbledug seringkali asal-usulnya dari EV Cungkuo ya ?. Jadi penasaran ama proses manufacturing control mereka seperti apa, mulai dari proses cell assembly sampe jadi mobil.
PS : beda lho mobil BQ buzuk gedobrakan ama manufacturing control defect, yg pertama tu intended![]()
Coba simak
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri