ampun master mbah, itu percobaan newbie aja, mempraktekan ilmu yang didapat dari forum ini
minta inspirasi ilmunya lagi dong mbah sifu
regards,
singachu
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ampun master mbah, itu percobaan newbie aja, mempraktekan ilmu yang didapat dari forum ini
buat ngencengin bagian kompresor AC om ama mbukanya hehesingachu wrote: Wed Jul 17, 2024 0:51
wih 24 mm sampai butuh crowfoot ini buat apa ya mbah ?
apa buat ngencengin pakai kunci torsi aja biar dapet selahnya ?
Seperti begitu om, kalo sempet gw kabarin yg toko yg jual jg, biar ga dipake buat bensin hehe.DOHC wrote: Tue Jul 16, 2024 9:09
bearti tu selang bukan buat bensin mbah
gejalanya mirip selang salah bahan salah dipake itu
jd inget dl darurat perna bawa motuba lancer, selang bensin yg stelah filter di ruang mesin mendadak rembes bensin, mana masi jauh lagi, akirnya sementara darurat pake selang bekas power steering nya, yg cilaka nya ternjata bukan braided pula.. ngeri2 sedap tu nyetir bandung jakarta malem2 sembari ngebayangin tu selang kembang kempis tau2 duarrr
muantul mbahhenbob wrote: Thu Jul 18, 2024 9:29buat ngencengin bagian kompresor AC om ama mbukanya hehesingachu wrote: Wed Jul 17, 2024 0:51
wih 24 mm sampai butuh crowfoot ini buat apa ya mbah ?
apa buat ngencengin pakai kunci torsi aja biar dapet selahnya ?![]()
crowfoot24mm3.jpg
Seperti begitu om, kalo sempet gw kabarin yg toko yg jual jg, biar ga dipake buat bensin hehe.DOHC wrote: Tue Jul 16, 2024 9:09
bearti tu selang bukan buat bensin mbah
gejalanya mirip selang salah bahan salah dipake itu
jd inget dl darurat perna bawa motuba lancer, selang bensin yg stelah filter di ruang mesin mendadak rembes bensin, mana masi jauh lagi, akirnya sementara darurat pake selang bekas power steering nya, yg cilaka nya ternjata bukan braided pula.. ngeri2 sedap tu nyetir bandung jakarta malem2 sembari ngebayangin tu selang kembang kempis tau2 duarrr
iya tuh serem jg, apalagi kalo kena mobil lain bensinnya. Emang hrs beli bagus sekalian yak kalo utk bensin dll, biar aman.![]()
dpt harga 140.100 omsingachu wrote: Thu Jul 18, 2024 9:35muantul mbahhenbob wrote: Thu Jul 18, 2024 9:29buat ngencengin bagian kompresor AC om ama mbukanya hehesingachu wrote: Wed Jul 17, 2024 0:51
wih 24 mm sampai butuh crowfoot ini buat apa ya mbah ?
apa buat ngencengin pakai kunci torsi aja biar dapet selahnya ?![]()
crowfoot24mm3.jpg
Seperti begitu om, kalo sempet gw kabarin yg toko yg jual jg, biar ga dipake buat bensin hehe.DOHC wrote: Tue Jul 16, 2024 9:09
bearti tu selang bukan buat bensin mbah
gejalanya mirip selang salah bahan salah dipake itu
jd inget dl darurat perna bawa motuba lancer, selang bensin yg stelah filter di ruang mesin mendadak rembes bensin, mana masi jauh lagi, akirnya sementara darurat pake selang bekas power steering nya, yg cilaka nya ternjata bukan braided pula.. ngeri2 sedap tu nyetir bandung jakarta malem2 sembari ngebayangin tu selang kembang kempis tau2 duarrr
iya tuh serem jg, apalagi kalo kena mobil lain bensinnya. Emang hrs beli bagus sekalian yak kalo utk bensin dll, biar aman.![]()
![]()
harga brp itu crowfoot nya ?
regards,
singachu
mobilkutu wrote: Sat Jul 20, 2024 7:30 Guys ada yg sdh coba beli mesin poles cordless 300-500an di toped gak, buat hilangin swirl dan poles2 iseng apakah memadai.
sama akijosomba
nescafe
Mbah, crowfoot JTC ini waktu dipasang ke extension, ga terlalu ngunci ya mbah ? aku pasang di locking extension JTC juga ga mau pas
bokek mbah
Selagi nunggu mbah2 yang di colek di atas, mau sedikit pendapat mbah.....mobilkutu wrote: Sat Jul 20, 2024 7:30 Guys ada yg sdh coba beli mesin poles cordless 300-500an di toped gak, buat hilangin swirl dan poles2 iseng apakah memadai.
aku baca businya udah ikutan was-was mbah..... aku punya pengalaman patah soalnya di aerio.Pororo wrote: Mon Jul 22, 2024 2:27 Selamat pagi para suhu
Izin nubie share dan bertanya kemudian
Melihat odo mobil imut ane (suzuki wagon r) sudah tembus 100rb km, nubie ingin melaksanakan ritual ganti busi dan oli tranmisi. Ganti oli transmisi ini baru ingin coba pertama kalinya. Jadi setelah semua perangkat, busi dan oli dibeli maka hari libur pagi ane mulai ritual. Mulai dgn yg paling mudah ganti busi, buka yang perama...mak jang keras sekali... dikerasin akhirnya terbuka juga. Buka yang kedua..keras...dikerasin ngga bergerak... pindah ke yang ketiga samimawon....dr tangkai rachet ganti ke kunci roda bawaan yg lebih panjang..coba ke busi kedua...dikerasin..mulai muter dikit..ahaa... TAPI kok kemudian ada sensasi meleyott..trus doll... berkeringat lah ane (btw ini pk kunci busi bawaan mobil)
Ane berhenti di no 2 coba ke no 3 dikerasin...doll dia..berhenti dan terdiam ane.
Sekilas teringat ada yg prnh share busuknya kunci busi bawaan ini, muncul opsi minjem kunci busi temen atw beli aj
Diputuskan cepet beli aj...sepanjang jalan udah kepikiran macem-macem..doll lah sampe kepikiran bawa mobil ke bengkel
Sampe toko tanya.... muncul merk takira model shock.. ya udah angkut...
Balik ke rumah...pasang coba buka lagi...sensasi masuknya sih cukup meyakinkan..jleb seret,
BUka..keras...dikerasin..ngga ada sensasi doll...dikuatin lagi.....Takkk...!! Ehh...Patah didalem kahh ???
Ane puter2 pake tangan.... begitu diangkat...ah leganya lengkapp tu busi...fuiihh...
Dengan semangat yg kembali membara ane lanjut ke yang ketiga...
Kerass juga tp lebih yakin skrg...tapi tetep bunyi TAKK nya bukin ane ciut juga ingin cepet2 liat businya terangkat penuh ngga
Leganya...buka 3 busi selesai...
Krn buka busi maka sekalian semprot carb cleaner busa jepang
Selesai pasang lagi..kencengin kira2 tak jelas... cabut...EHH..., tu kunci busi nyantoll didalem..!? whatt ?
Colok lagi... tarik ehh..udah pewe dia didalem...
Terpaksa buka lagi.... angkut sekalian businya lagi...
Setelah riset..observasi...plus lihat arah angin dan rasi bintang
Ternyata di kunci busi takira ini...jika kita masukkan busi sampai posisi jleb yang pertama maka dia akan lebih mudah dilepas tp klo dimentokkin maka bisa dipastikan pd pengamatan ane kunci businya akan sangat lengket ke businya (meskipun kret didalmnya sudah ane sempot sislikon spray)
Ya sudah pasang businya jangan dimentokin (alahh bahas apa ini.. bahasanya....)
Dengan cara itu busi bisa dipasang tanpa kuncinya tertinggal didalem
Selesai misi busi
Lanjut ke gantol transmisi..ane sdh beli adapter 1/2 F to 3/8 M
Masuk tapi agak koclak feeling ane...mungkin ini baut oli transmisi suzuki ini butul L persegi 10 mm
Baut oli transmisi ane ini baru...baut sebelumnya doll udah bulet
Jadi inget juga dulu di SnD ditunjukkin baut oli sejenis ini ada puluhan dgn kondisi udah doll lubang perseginya.
Ini juga yg jadi alasan utama ane ingin DIY gantol transmisi...krn dulu ngebenerin ini lumayan repot hrs dilass dulu dst..
Jgn2 banyak korban baut ini krn dipaksa dgn adapter tadi...
So akhirnya ane putuskan hold dulu misi gantol transmisi
Nah petanyaannya...
1. MOhon rekomen suhu utk kunci torsi..kere hore mengingat paling cuma dipake tipis2 aja (3 atau 6 bulan sekali) dan yg range berapa bagusnya jika cm beli 1 aja..jgn diracunin masterr..
2. Ada info kunci busi 16 yg lebih ok..ya meskipun si takira bisa diatur jg makenya
3. Untuk buka baut oli transmisi suzie wagon r opsinya pake kunci gardan sj ya? ane lihat konstruksinya agak panjang utk posisi dipake ngolong tanpa didongkart mobilnya agak sangsi sy, ada ide lain/tool yg bisa dipake ke kunci rachet?
4. Jika kemudian ingin ganti baut oli tranmisi wagon r ini ke jenis baut yang lebih gampang dibuka padanannya pake baut mobil/merk apa ya?
Demikian terimakasih
Pororo wrote: Mon Jul 22, 2024 2:27
Nah petanyaannya...
1. MOhon rekomen suhu utk kunci torsi..kere hore mengingat paling cuma dipake tipis2 aja (3 atau 6 bulan sekali) dan yg range berapa bagusnya jika cm beli 1 aja..jgn diracunin masterr..
2. Ada info kunci busi 16 yg lebih ok..ya meskipun si takira bisa diatur jg makenya
3. Untuk buka baut oli transmisi suzie wagon r opsinya pake kunci gardan sj ya? ane lihat konstruksinya agak panjang utk posisi dipake ngolong tanpa didongkart mobilnya agak sangsi sy, ada ide lain/tool yg bisa dipake ke kunci rachet?
4. Jika kemudian ingin ganti baut oli tranmisi wagon r ini ke jenis baut yang lebih gampang dibuka padanannya pake baut mobil/merk apa ya?
Demikian terimakasih
marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:08 nah, ngerasain juga selangkangan berkeringet sampe cross joint menciut gegara busi. kalo beneran patah businya, bisa jadi as kopel loyo nggak bisa berfungsi.
Wah serem juga dampaknya shifu...![]()
1. untuk yg kesekian kalinya saya nulis, nggak mungkin kunci torsi cuman punya 1 (satu).
cut...
Satu aja master jgn nubie diracuni
Takutnya tu kunci blink2 doank dipajang
budget kurang dr 1 jt
Butuh sampe buka roda..berarti range 20-120 Nm ya suhu?
Merk mengarah ke jetjo ya noted
2. kunci busi, saran saya pake deep socket saja. bisa deep socket biasa, atau deep socket yg ada karetnya, atau deep socket yg pake magnet supaya lebih kekinian.
-cut-
terpenting, drive 3/8" sudah lebih dari cukup. jangan kaya org² kampungan buka busi pake dr.1/2".
Ane asli kampungan sejak orok suhu... Btw ada kajian khusus suhu terkait jgn 1/2" tsb ?
3. drain plug transmisi? nih....
sekedar saran dari nubi sotoy, selalu buka fill plug terlebih dahulu, baru kendorin drain plug kemudian.
kalo gamau beli kunci husus itu, bisa pake gagang trelek atau spinner handle dr.3/8".
Ok noted
4. jangan ganti² bautnya kaya org kurang kerjaan. lengkapi saja perkakasnya.
Ah shiapp
cross joint....... as kopel......marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:08 nah, ngerasain juga selangkangan berkeringet sampe cross joint menciut gegara busi. kalo beneran patah businya, bisa jadi as kopel loyo nggak bisa berfungsi.
Pororo wrote: Mon Jul 22, 2024 5:46
1. Satu aja master jgn nubie diracuni
Takutnya tu kunci blink2 doank dipajang
budget kurang dr 1 jt
Butuh sampe buka roda..berarti range 20-120 Nm ya suhu?
Merk mengarah ke jetjo ya noted
2. Ane asli kampungan sejak orok suhu... Btw ada kajian khusus suhu terkait jgn 1/2" tsb ?
1. Petuah shifu akan terpatri disanubari, ane coba ekse utk punya satu dl, dr pada nga ada.... boro2 duamarmut wrote: Mon Jul 22, 2024 7:09
1. 20-120 nm oke juga.
tapi ngencengin filter oli antara 10-15 nm.....
blm lagi kalo butuh buka oil pan yg kunci 10 mm atau musti ngencengin baut trotel body yg kecil² cuman 12 nm, apa iya bisa tidur nyenyak?
10-60 nm buat murbaut kecil², dan 20-120 nm buat roda.
2. kegedean dan terlihat bodoh pak.
mur roda yg kunci 21 mm dengan torsi 108 nm saja masih sanggup dengan dr.3/8".
lha busi paling kenceng 30 nm. buat ngebuka, anggap saja butuh torsi 2x lipat yaitu 60 nm. pake dr.1/4 " jg masih sanggup.
20240722_140626.jpg
kalo cuman kaya gambar diatas, ngga keliatan bodohnya. coba kalo dimasukin ke lubang busi, udah kaya tangan hulk megang bola pingpong.
kalau buat waxing mungkin masih bisa karena paling batere dari benda gituan cuma tahan 10 menit, karena saya ada beli merek RAEIM cordless blower dan cordless jet washer. mahal batere daripada mesinnyamobilkutu wrote: Sat Jul 20, 2024 7:30 Guys ada yg sdh coba beli mesin poles cordless 300-500an di toped gak, buat hilangin swirl dan poles2 iseng apakah memadai.
lapor shifu! berhasil buka busi kapal bajak laut! poran slesai!
Omnibus wrote: Mon Jul 22, 2024 9:39
lapor shifu! berhasil buka busi kapal bajak laut! poran slesai!
IMG_20240722_163441~2.jpg
ngunci kok om ama ekstension 1/2nya ekirosingachu wrote: Mon Jul 22, 2024 0:46
Mbah, crowfoot JTC ini waktu dipasang ke extension, ga terlalu ngunci ya mbah ? aku pasang di locking extension JTC juga ga mau pas
Yang crowfoot toptul mungkin aku cuman berdasarkan foto aja sih, sepertinya arah bukaan crowfootnya ga simetris jadi kalau dibolak balik dapat angle yang berbeda, kalau di JTC kan simetris di tengah jadi di bolak balik posisi pasang ke ekstensionnya sama aja. Gimana nurut mbah ?
itu apa namanya Mbah?henbob wrote: Mon Jul 22, 2024 12:01 solder_1.JPG
ini buat nyambungin kabel yg praktis, kalo nyolder kan harus nyiapin macem2 (kawat, solder, listrik, pasta). Kalo ini tinggal masukin kabel yg mau disambung, trs dipanasin deh tengahnya. nyolder ama dikasi pelindung bersamaan. Kalo ada ide lagi kasi tau yak.![]()