Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon May 20, 2024 4:08 Gas poll itu kebutuhan Tertier.

jadi silahkan ke sirkuit mandalika atau sentul :ngacir:
kebutuhan primer kalo tol isinya lanehogger, kudu gas poll nyalip 2 kendaraan atau lebih langsung :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Mon May 20, 2024 5:06 kalo selama ini baik liat yg accident langsung ato baca berita accident krn velg pecah sih sdikitttttt skali dibanding pecah ban :mky_01: :big_exellent:
sebenernya (kalau beli baru) hampir semua velg udah oke kok replika pun sebenernya ya made in same factory juga :mky_03:

misalnya TE37 tp capnya JF luxury, SSW, HSR, lenso, itu kan technically "replika" juga :big_peace:

kalau 2nd ya mesti ati-ati
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Mon May 20, 2024 5:31

Drpd replika..
Mending yg branded local dkk gak sih?

Ya pilihan sih yaa :big_peace:
sebenernya mah liat gini2 gara2 lagi jamannya BBK. trs pst liat2 velg juga. jadi dah cuci mata. nah kebetulan lagi bahas safety nya sendiri, jadi kepikiran nanya si om kalo safety dari sisi velg rep rep gimana.

kalo suruh beli sih kgk bakal mau juga sih kaki2 mah, takut oi, nyali ciut :mky_01: :wkkk:
ChZ wrote: Mon May 20, 2024 5:37
sebenernya (kalau beli baru) hampir semua velg udah oke kok replika pun sebenernya ya made in same factory juga :mky_03:

misalnya TE37 tp capnya JF luxury, SSW, HSR, lenso, itu kan technically "replika" juga :big_peace:

kalau 2nd ya mesti ati-ati
nah bener itu.. makanya skrg rame kan rep rep dari sisi model sih kalo sekilas liat harusnya gk kliatan ya. cuma penasaran safety nya aja sih om. kalo jaman saya dulu rep taiwan ya ngomongnya. skrg udh rep lokal, rep thai.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Mon May 20, 2024 5:45 nah bener itu.. makanya skrg rame kan rep rep dari sisi model sih kalo sekilas liat harusnya gk kliatan ya. cuma penasaran safety nya aja sih om. kalo jaman saya dulu rep taiwan ya ngomongnya. skrg udh rep lokal, rep thai.
kalau ngeliat velg2 gini sekarang udah sering dipake trackday dan motorsports harusnya oke ya. lenso atau ssw juga udah terkenal banget di motorsport.

safety sih rata-rata udah oke, kalau japan original wheels itu biasa ngejer emang aliran saklek JDM dan emang naiknya gegara sempet booming JDM culture, atau memang ngejar lightweight.

kalau teknologi flow forming skrg JF aja punya lineup yang flow forming. yg bikin japan original wheels mahal itu dulu gegara blom banyak yg punya teknologinya jadi mau velg flow forming ya import langsung dari jepang makanya mahal.

skrg konon katanya karena mesinnya china udah punya itu yang bikin industri velg makin bisa produksi velg2 bagus tapi murah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Mon May 20, 2024 5:58
iamwewe wrote: Mon May 20, 2024 5:45 nah bener itu.. makanya skrg rame kan rep rep dari sisi model sih kalo sekilas liat harusnya gk kliatan ya. cuma penasaran safety nya aja sih om. kalo jaman saya dulu rep taiwan ya ngomongnya. skrg udh rep lokal, rep thai.
kalau ngeliat velg2 gini sekarang udah sering dipake trackday dan motorsports harusnya oke ya. lenso atau ssw juga udah terkenal banget di motorsport.

safety sih rata-rata udah oke, kalau japan original wheels itu biasa ngejer emang aliran saklek JDM dan emang naiknya gegara sempet booming JDM culture, atau memang ngejar lightweight.

kalau teknologi flow forming skrg JF aja punya lineup yang flow forming. yg bikin japan original wheels mahal itu dulu gegara blom banyak yg punya teknologinya jadi mau velg flow forming ya import langsung dari jepang makanya mahal.

skrg konon katanya karena mesinnya china udah punya itu yang bikin industri velg makin bisa produksi velg2 bagus tapi murah.
gak cuma velg udah maklon, oli aja udah makloonn jg skrg
wkwkwkwkwk.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by lexnic »

bayp4amd wrote: Mon May 20, 2024 4:52
lexnic wrote: Sun May 19, 2024 12:29
bayp4amd wrote: Sun May 19, 2024 3:50 Selamat pagi
Tolong rekomendasikan ban untuk xpander cross dengan ukuran bawaan velg r17, bawaaan ban 205/55.Budget maksimal per ban 1.5jt
Kriteria nya yang all rounder , nyaman dan tidak berisik pada saat jalan. Kalo dapet yg lebih bagus daripada bawaan dunlop enasave lebih bagus
mngkin bisa coba turanza T005A? ato klo tambah dikit, kyknya dapet primacy 4. yg pasti dua2nya jauh lbh enak dri enasave.
Kalau turanza t500a saya liat di online store adanya ukuran 215/55 r17. Sedangkan size bawaan 205/55 r17
Itu lebar naik satu step gpp ya gan? Apa mempengaruhi fuel consumption krn jd lebih berat?
IMO, klo naik satu step hrusnya gpp om. itung2 biar lbh stabil & secara tampilan jga lbh kliatan pas di fender soalnya ukuran ban bawaan (205/55) kliatan agk tenggelam di dlm fender. fuel cons mngkin ngefek, tapi psti kecil bgt.

beberapa bulan lalu pas ganti ban all new livina, saya jga kpingin naikin jdi 215/55. sayang ukuran velgnya 16 inch, jdi agk susah cari yg ukuran segitu. akhirnya saya tetep pake 205/55. agk nyesel sih, tapi karena urgent jdi mau gk mau tetep pake ukuran bawaan.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Angelpesek »

lexnic wrote: Mon May 20, 2024 6:51
bayp4amd wrote: Mon May 20, 2024 4:52
lexnic wrote: Sun May 19, 2024 12:29

mngkin bisa coba turanza T005A? ato klo tambah dikit, kyknya dapet primacy 4. yg pasti dua2nya jauh lbh enak dri enasave.
Kalau turanza t500a saya liat di online store adanya ukuran 215/55 r17. Sedangkan size bawaan 205/55 r17
Itu lebar naik satu step gpp ya gan? Apa mempengaruhi fuel consumption krn jd lebih berat?
IMO, klo naik satu step hrusnya gpp om. itung2 biar lbh stabil & secara tampilan jga lbh kliatan pas di fender soalnya ukuran ban bawaan (205/55) kliatan agk tenggelam di dlm fender. fuel cons mngkin ngefek, tapi psti kecil bgt.

beberapa bulan lalu pas ganti ban all new livina, saya jga kpingin naikin jdi 215/55. sayang ukuran velgnya 16 inch, jdi agk susah cari yg ukuran segitu. akhirnya saya tetep pake 205/55. agk nyesel sih, tapi karena urgent jdi mau gk mau tetep pake ukuran bawaan.
Tebel 55 di mobil ukuran segini jelas ga nyaman sih klo dipake luar kota yg ga mulus
Punya sy tak naikin ke 65 uk inova atw min tebel 60
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by rakyatwkwkland »

bimzbim wrote: Mon May 20, 2024 5:35
rakyatwkwkland wrote: Mon May 20, 2024 5:24
bimzbim wrote: Mon May 20, 2024 1:44
Saya pernah pake ban ini di ertiga. Waktu itu untuk gantiin turanza AR20. Ban nya lebih enak dari Turanza dalam hal kenyamanan (lumayan lebih empuk, lebih senyap). Tapi kalo soal grip entah lah, saya ga pernah manuver aneh aneh waktu pake ertiga. Kelemahan ban ini menurut pemakaian pribadi saya, mudah banget kena paku atau baut. Entah sial aja atau gimana. Selama pemakaian Blue earth ini, seinget saya total ada 7-8 kali kena paku/baut. Sidewall nya termasuk kuat ya, seinget saya pernah 2 kali gasruk kansteen, bannya aman tentram. Ban ini saya pakai selama 3 tahunan, diganti karena udah sangat berisik ban nya setelah 3 tahun pemakaian
3 tahun setelah menempuh jarak berapa ribu km oom?
lupa saya, yg pasti diatas 40.000 km
Alright, artinya masih cukup wajar usia pakainya

Ane pake dunlop enasave sama michelin xm2 juga masuk usia segitu udah mulai berasa keras dan berisik
l4n6l3y
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon May 20, 2024 10:29

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by l4n6l3y »

malem teman-teman,
mohon masukan untuk ganti ban zenix v hv 🙏
saat ini masi bawaan dealer 215/60 r17 dunlop enasave tapi saya ngerasa road noisenya cukup mengganggu + grip nya agak kurang kalo nanjak.
dulu reborn pake bridgestone bawaan dealer cukup nyaman & enak gripnya, jd skr mksdnya mau ganti yg lebih lebar ke turanza tp koq gak nemu yg 225/60 r17 ya ?
mungkin ada saran alternatifnya yg mirip2 turanza dgn profil 225/60 r17 ?
budget sebenernya @1500 max tapi kaget juga liat hrg2 ban meroket (plg murah hrg michelin 2jt, conti 1.7)
terima kasih buat masukannya 🙏
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

l4n6l3y wrote: Mon May 20, 2024 11:13 malem teman-teman,
mohon masukan untuk ganti ban zenix v hv 🙏
saat ini masi bawaan dealer 215/60 r17 dunlop enasave tapi saya ngerasa road noisenya cukup mengganggu + grip nya agak kurang kalo nanjak.
dulu reborn pake bridgestone bawaan dealer cukup nyaman & enak gripnya, jd skr mksdnya mau ganti yg lebih lebar ke turanza tp koq gak nemu yg 225/60 r17 ya ?
mungkin ada saran alternatifnya yg mirip2 turanza dgn profil 225/60 r17 ?
budget sebenernya @1500 max tapi kaget juga liat hrg2 ban meroket (plg murah hrg michelin 2jt, conti 1.7)
terima kasih buat masukannya 🙏
1. Reborn itu sasis dan konstruksi kaki nya beda, dia pakai konstruksi sasis mobil truck, jadi overall redaman (NVH) noise vibration dan harshness unggul si reborn

2. Zenix itu konstruksi monokok dan tanpa subframe. Basically scr design sasis spt itu kemampuan meredam NVH jadi inferior

3. Solusinya pakai ban comfort, low noise, dan tambah peredam extra di seluruh lantai.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
l4n6l3y
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon May 20, 2024 10:29

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by l4n6l3y »

Suryaputra wrote: Mon May 20, 2024 11:31
l4n6l3y wrote: Mon May 20, 2024 11:13 malem teman-teman,
mohon masukan untuk ganti ban zenix v hv 🙏
saat ini masi bawaan dealer 215/60 r17 dunlop enasave tapi saya ngerasa road noisenya cukup mengganggu + grip nya agak kurang kalo nanjak.
dulu reborn pake bridgestone bawaan dealer cukup nyaman & enak gripnya, jd skr mksdnya mau ganti yg lebih lebar ke turanza tp koq gak nemu yg 225/60 r17 ya ?
mungkin ada saran alternatifnya yg mirip2 turanza dgn profil 225/60 r17 ?
budget sebenernya @1500 max tapi kaget juga liat hrg2 ban meroket (plg murah hrg michelin 2jt, conti 1.7)
terima kasih buat masukannya 🙏
1. Reborn itu sasis dan konstruksi kaki nya beda, dia pakai konstruksi sasis mobil truck, jadi overall redaman (NVH) noise vibration dan harshness unggul si reborn

2. Zenix itu konstruksi monokok dan tanpa subframe. Basically scr design sasis spt itu kemampuan meredam NVH jadi inferior

3. Solusinya pakai ban comfort, low noise, dan tambah peredam extra di seluruh lantai.
makasi buat masukannya 🙏 . kesimpulannya ganti k conti ya hehe...
mungkin ada teman2 laen yg pake zenix uda ganti ban berkenan share pengalamannya 😆
Last edited by l4n6l3y on Mon May 20, 2024 12:09, edited 1 time in total.
bayp4amd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat May 11, 2024 14:07
Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bayp4amd »

lexnic wrote: Mon May 20, 2024 6:51
bayp4amd wrote: Mon May 20, 2024 4:52
lexnic wrote: Sun May 19, 2024 12:29

mngkin bisa coba turanza T005A? ato klo tambah dikit, kyknya dapet primacy 4. yg pasti dua2nya jauh lbh enak dri enasave.
Kalau turanza t500a saya liat di online store adanya ukuran 215/55 r17. Sedangkan size bawaan 205/55 r17
Itu lebar naik satu step gpp ya gan? Apa mempengaruhi fuel consumption krn jd lebih berat?
IMO, klo naik satu step hrusnya gpp om. itung2 biar lbh stabil & secara tampilan jga lbh kliatan pas di fender soalnya ukuran ban bawaan (205/55) kliatan agk tenggelam di dlm fender. fuel cons mngkin ngefek, tapi psti kecil bgt.

beberapa bulan lalu pas ganti ban all new livina, saya jga kpingin naikin jdi 215/55. sayang ukuran velgnya 16 inch, jdi agk susah cari yg ukuran segitu. akhirnya saya tetep pake 205/55. agk nyesel sih, tapi karena urgent jdi mau gk mau tetep pake ukuran bawaan.
Bener sih memang lebih stabil, di xpander cross 2021, dari pabrikan memang velg & ban kurang proporsional dibanding fender yg gemuk untuk bagian belakang. Padahal yg depan sudah proporsional
Kalo turanza t500a ada yg 205/60 & 215/55. Beda tinggi & lebar. Lebih nyaman mana om untuk dalam kota & sesekali banget keluar kota seperti dari jakarta ke bandung?
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by lexnic »

Angelpesek wrote: Mon May 20, 2024 7:09 Tebel 55 di mobil ukuran segini jelas ga nyaman sih klo dipake luar kota yg ga mulus
Punya sy tak naikin ke 65 uk inova atw min tebel 60
wktu ganti ban, saya emg udh incer primacy 4. trus ukurannya jga mau diubah dgn opsi berikut:
1. 215/55 --> dibikin lbh lebar dikit biar handling lbh stabil.
2. 205/60 --> dibikin lbh tebel dikit biar lbh empuk.
3. 215/60 --> kpinginnya naik jdi segini, cuma ukurannya gk umum. dan takut gk muat pas dipasang.

ujung2nya tetep pake standar karena ganti bannya mendadak (ada robekan kecil di side wall salah satu enasave saya, gk smpe pecah sih, tapi fisik keempat ban bnyk retak rambutnya & berasa keras bgt karena blm pernah ganti ban sejak beli mobilnya) dan kebetulan dapetnya yg 205/55. pertimbangan saya, primacy 4 hrusnya jauh lbh empuk dibanding enasave dgn ukuran yg sama. dan pasti jauh lbh senyap dibanding enasave karena pas udh terpasang kliatan jelas klo side wall lbh tebel dibanding pas pake enasave.

selain itu mobilnya lbh sering dipake di kondisi jalan mulus, jdi karena faktor2 tsb akhirnya saya tetep pake 205/55. mngkin ke depannya klo ganti ban lg, mau coba naikin jdi 215/60, tapi msti pastiin stoknya ada dri jauh2 hari. :mky_01:

bayp4amd wrote: Mon May 20, 2024 12:31 Bener sih memang lebih stabil, di xpander cross 2021, dari pabrikan memang velg & ban kurang proporsional dibanding fender yg gemuk untuk bagian belakang. Padahal yg depan sudah proporsional
Kalo turanza t500a ada yg 205/60 & 215/55. Beda tinggi & lebar. Lebih nyaman mana om untuk dalam kota & sesekali banget keluar kota seperti dari jakarta ke bandung?
tergantung preferensi om aja, tapi klo seringnya dlm kota mngkin 205/60 lbh cocok soalnya secara naikan pasti lbh empuk karena lbh tebal. klo saya pribadi lbh suka 215/55, itung2 biar fitment di fender lbh proporsional skaligus ningkatin kestabilan.

secara harga kliatannya mirip2 utk 2 ukuran ini, tinggal disesuaikan sama selera & budget aja. ini contoh harganya di salah satu seller resmi toko ijo (bukan ajakan utk beli):
1. 205/60 --> https://www.tokopedia.com/sm-motorsport ... c%3Dsearch
2. 215/55 --> https://www.tokopedia.com/sm-motorsport ... c%3Dsearch

yg pnting stok tersedia & dapet tahun produksi terbaru.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
bayp4amd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat May 11, 2024 14:07
Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bayp4amd »

lexnic wrote: Mon May 20, 2024 13:21
Angelpesek wrote: Mon May 20, 2024 7:09 Tebel 55 di mobil ukuran segini jelas ga nyaman sih klo dipake luar kota yg ga mulus
Punya sy tak naikin ke 65 uk inova atw min tebel 60
wktu ganti ban, saya emg udh incer primacy 4. trus ukurannya jga mau diubah dgn opsi berikut:
1. 215/55 --> dibikin lbh lebar dikit biar handling lbh stabil.
2. 205/60 --> dibikin lbh tebel dikit biar lbh empuk.
3. 215/60 --> kpinginnya naik jdi segini, cuma ukurannya gk umum. dan takut gk muat pas dipasang.

ujung2nya tetep pake standar karena ganti bannya mendadak (ada robekan kecil di side wall salah satu enasave saya, gk smpe pecah sih, tapi fisik keempat ban bnyk retak rambutnya & berasa keras bgt karena blm pernah ganti ban sejak beli mobilnya) dan kebetulan dapetnya yg 205/55. pertimbangan saya, primacy 4 hrusnya jauh lbh empuk dibanding enasave dgn ukuran yg sama. dan pasti jauh lbh senyap dibanding enasave karena pas udh terpasang kliatan jelas klo side wall lbh tebel dibanding pas pake enasave.

selain itu mobilnya lbh sering dipake di kondisi jalan mulus, jdi karena faktor2 tsb akhirnya saya tetep pake 205/55. mngkin ke depannya klo ganti ban lg, mau coba naikin jdi 215/60, tapi msti pastiin stoknya ada dri jauh2 hari. :mky_01:

bayp4amd wrote: Mon May 20, 2024 12:31 Bener sih memang lebih stabil, di xpander cross 2021, dari pabrikan memang velg & ban kurang proporsional dibanding fender yg gemuk untuk bagian belakang. Padahal yg depan sudah proporsional
Kalo turanza t500a ada yg 205/60 & 215/55. Beda tinggi & lebar. Lebih nyaman mana om untuk dalam kota & sesekali banget keluar kota seperti dari jakarta ke bandung?
tergantung preferensi om aja, tapi klo seringnya dlm kota mngkin 205/60 lbh cocok soalnya secara naikan pasti lbh empuk karena lbh tebal. klo saya pribadi lbh suka 215/55, itung2 biar fitment di fender lbh proporsional skaligus ningkatin kestabilan.

secara harga kliatannya mirip2 utk 2 ukuran ini, tinggal disesuaikan sama selera & budget aja. ini contoh harganya di salah satu seller resmi toko ijo (bukan ajakan utk beli):
1. 205/60 --> https://www.tokopedia.com/sm-motorsport ... c%3Dsearch
2. 215/55 --> https://www.tokopedia.com/sm-motorsport ... c%3Dsearch

yg pnting stok tersedia & dapet tahun produksi terbaru.
Pernah pakai dunlop lm705 om?
Kalau dibandingkan dengan turanza t005a, harganya memang terpaut 300rb per ban
Kayaknya pengen pake yang 215/55 supaya fitment di fender lebih proporsional
Raynard22
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Mon Feb 22, 2016 7:57

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Raynard22 »

lexnic wrote: Mon May 20, 2024 13:21
Angelpesek wrote: Mon May 20, 2024 7:09 Tebel 55 di mobil ukuran segini jelas ga nyaman sih klo dipake luar kota yg ga mulus
Punya sy tak naikin ke 65 uk inova atw min tebel 60
wktu ganti ban, saya emg udh incer primacy 4. trus ukurannya jga mau diubah dgn opsi berikut:
1. 215/55 --> dibikin lbh lebar dikit biar handling lbh stabil.
2. 205/60 --> dibikin lbh tebel dikit biar lbh empuk.
3. 215/60 --> kpinginnya naik jdi segini, cuma ukurannya gk umum. dan takut gk muat pas dipasang.

ujung2nya tetep pake standar karena ganti bannya mendadak (ada robekan kecil di side wall salah satu enasave saya, gk smpe pecah sih, tapi fisik keempat ban bnyk retak rambutnya & berasa keras bgt karena blm pernah ganti ban sejak beli mobilnya) dan kebetulan dapetnya yg 205/55. pertimbangan saya, primacy 4 hrusnya jauh lbh empuk dibanding enasave dgn ukuran yg sama. dan pasti jauh lbh senyap dibanding enasave karena pas udh terpasang kliatan jelas klo side wall lbh tebel dibanding pas pake enasave.

selain itu mobilnya lbh sering dipake di kondisi jalan mulus, jdi karena faktor2 tsb akhirnya saya tetep pake 205/55. mngkin ke depannya klo ganti ban lg, mau coba naikin jdi 215/60, tapi msti pastiin stoknya ada dri jauh2 hari. :mky_01:

bayp4amd wrote: Mon May 20, 2024 12:31 Bener sih memang lebih stabil, di xpander cross 2021, dari pabrikan memang velg & ban kurang proporsional dibanding fender yg gemuk untuk bagian belakang. Padahal yg depan sudah proporsional
Kalo turanza t500a ada yg 205/60 & 215/55. Beda tinggi & lebar. Lebih nyaman mana om untuk dalam kota & sesekali banget keluar kota seperti dari jakarta ke bandung?
tergantung preferensi om aja, tapi klo seringnya dlm kota mngkin 205/60 lbh cocok soalnya secara naikan pasti lbh empuk karena lbh tebal. klo saya pribadi lbh suka 215/55, itung2 biar fitment di fender lbh proporsional skaligus ningkatin kestabilan.

secara harga kliatannya mirip2 utk 2 ukuran ini, tinggal disesuaikan sama selera & budget aja. ini contoh harganya di salah satu seller resmi toko ijo (bukan ajakan utk beli):
1. 205/60 --> https://www.tokopedia.com/sm-motorsport ... c%3Dsearch
2. 215/55 --> https://www.tokopedia.com/sm-motorsport ... c%3Dsearch

yg pnting stok tersedia & dapet tahun produksi terbaru.
Sebebernya soal tebel sih antara 55 ke 60 ga terlalu selisih banyak. Sebelumnya pakai 195/65 R16 terus Kemarin dapat Turanza 205/60 R17 prod 2023 cuma 750 per ban. memang kerasa nyaman banget karena sebelumnya pakai ecopia, jadi kualitas Dan Jeni's ban lebih ngaruh ke kenyamanan daripada ketebalan.
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by lexnic »

bayp4amd wrote: Tue May 21, 2024 3:31 Pernah pakai dunlop lm705 om?
Kalau dibandingkan dengan turanza t005a, harganya memang terpaut 300rb per ban
Kayaknya pengen pake yang 215/55 supaya fitment di fender lebih proporsional
saya blm pernah pake LM 705 om.
Raynard22 wrote: Sun May 26, 2024 22:19 Sebebernya soal tebel sih antara 55 ke 60 ga terlalu selisih banyak. Sebelumnya pakai 195/65 R16 terus Kemarin dapat Turanza 205/60 R17 prod 2023 cuma 750 per ban. memang kerasa nyaman banget karena sebelumnya pakai ecopia, jadi kualitas Dan Jeni's ban lebih ngaruh ke kenyamanan daripada ketebalan.
iya sih, dri 55 ke 60 emg selisihnya gk trlalu banyak. pd akhirnya yg ngefek tetep jenis & kualitas bannya :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
dmgmac
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Nov 01, 2023 7:09

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by dmgmac »

Halo,
minta rekomendasi dong mobil anps sdh jalan 50rb sejak baru. ban bawaan Bridgestone dueler 265 60 18.
minta rekomendasi ban yg oke dong utk penggantinya:
- Bridgestone Dueler HT 684 II sekitar 2.5jt
- Goodyear Assurance Maxguard SUV HT sekitar 2.2jt (ada garansi jg)
- Hankook Dynapro HT sekitar 1.6jt
- Continental CCLX sekitar 2.2jt agak susah carinya

pengennya michelin primacy suv cuma diluar budget hehehe dari list diatas yg oke yg mana ya? range budget sekitar 2jt an. kebutuhan untuk rute dalam dan luar kota, yg handlingnya oke dan ga terlalu berisik
Last edited by dmgmac on Mon May 27, 2024 8:09, edited 1 time in total.
User avatar
Krigger
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Krigger »

dmgmac wrote: Mon May 27, 2024 8:05 Halo,
minta rekomendasi dong mobil anps sdh jalan 50rb sejak baru. ban bawaan Bridgestone dueler 265 60 18.
minta rekomendasi ban yg oke dong utk penggantinya:
- Bridgestone Dueler HT 684 II sekitar 2.5jt
- Goodyear Assurance Maxguard SUV HT sekitar 2.2jt (ada garansi jg)
- Hankook Dynapro HT sekitar 1.6jt
- Continental CCLX sekitar 2.2jt agak susah carinya

pengennya michelin primacy suv cuma diluar budget hehehe dari list diatas yg oke yg mana ya? range budget sekitar 2jt an. kebutuhan untuk rute dalam dan luar kota, yg handlingnya oke dan ga terlalu berisik
ga coba Bfgoodrich advantage touring om ? denger2 satu pabrikan sm miche...
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
Johnkwick
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri Mar 06, 2020 17:24
Daily Vehicle: 528i F10 LCI

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Johnkwick »

Jika ada yg punya pengalaman pakai ban T005a dan Primacy 4st, boleh di-share pengalamannya seperti apa dan apakah selisih harga Primacy dgn T005a bisa menjustifikasi kenyamanan yang diberikan?

Sekarang pakai T005a 235/50/18, penasaran sama Primacy 4st 245/45/18 atau 245/50/18 tapi perbedaan harganya mantap banget jadi bingung apakah memang se-worth it itu :big_bored: kalau memang tidak signifikan rencana stay aja di T005a
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Supersedan »

Johnkwick wrote: Sun Jun 02, 2024 11:36 Jika ada yg punya pengalaman pakai ban T005a dan Primacy 4st, boleh di-share pengalamannya seperti apa dan apakah selisih harga Primacy dgn T005a bisa menjustifikasi kenyamanan yang diberikan?

Sekarang pakai T005a 235/50/18, penasaran sama Primacy 4st 245/45/18 atau 245/50/18 tapi perbedaan harganya mantap banget jadi bingung apakah memang se-worth it itu :big_bored: kalau memang tidak signifikan rencana stay aja di T005a
Pengalaman saya masih lebih empuk dan senyap primacy. T005a sama primacy yg dicoba ban fresh baru, di mobil yg sama.
Untuk grip gak bisa share pengalaman, karena pas coba ban itu lg musim hujan, pas juga cuma buat dalkot.

Primacy4 nya dapet produksi tahun berapa om? Agak di sayangkan sih Michelin Indo gak masuk yg seri "+". Jadinya gak dapet update teknologinya.
*Info tahun lalu.
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

Permisi Mbah...
Berbagi info aja, di bikuwik ada promo juni, oli,ban..
mungkin ada barang promo yg emang dibutuhkan...
Jan lupa cek harga di lapak lain dulu..
:big_peace:
*Bukan sales bikuwik...
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
notlosee
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Dec 02, 2015 5:00

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by notlosee »

Permisi suhu minta saran untuk mobilio ane lg pertimbangin antara 3 ban ini kira2 lebih cocok mana ya atau bisa ksh rekomend ban enak harian yang masih terjangkau ?
1. Goodyear maxguard
2. BF goodrichh advantage touring
3. Dunlop LM705
rahmat23
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jun 12, 2024 2:33
Location: yogyakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by rahmat23 »

Izin bertanya kalau grand avanza pakai ban 185/55/R16 aman tidak ya?terimakasih :big_smile]
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Kaleng »

notlosee wrote: Wed Jun 12, 2024 2:00 Permisi suhu minta saran untuk mobilio ane lg pertimbangin antara 3 ban ini kira2 lebih cocok mana ya atau bisa ksh rekomend ban enak harian yang masih terjangkau ?
1. Goodyear maxguard
2. BF goodrichh advantage touring
3. Dunlop LM705
saya pakai GY triplemax sblm beralih ke yang sekarang Dunlop LM705. jika yang dicari kesenyapan, saya vote dunlop LM705. utk BF blm pernah pakai jadi tidak bisa kasi saran.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

notlosee wrote: Wed Jun 12, 2024 2:00 Permisi suhu minta saran untuk mobilio ane lg pertimbangin antara 3 ban ini kira2 lebih cocok mana ya atau bisa ksh rekomend ban enak harian yang masih terjangkau ?
1. Goodyear maxguard
2. BF goodrichh advantage touring
3. Dunlop LM705
Saya di Vios sebelumnya pakai LM705 dan bulan lalu baru ganti 2 ban dengan Goodyear Assurance Maxguard. Kalau BFG Advantage Touring belum pernah coba, tapi sempet masuk inceran juga cuma dapet Goodyear harganya jauh lebih murah dari dua merk yg lain jadi akhirnya beli Goodyear.

Kalau dari impresi awal sih kira2 gini om:

Kesenyapan: LM705, bahkan udah jalan hampir 40.000Km juga menurut saya masih lebih senyap LM705 dibanding GY AMG baru.
Grip: GY AMG lebih baik dibandingkan LM705.
Kestabilan: GY AMG, dengan sidewall 2 ply lebih stabil rasanya dibandingkan dengan LM705 dengan drawback sedikit lebih keras/firm.
Keawetan: Nah ini saya belum bisa komen untuk GY AMG. Tapi untuk LM705 pastikan jangan kurang tekanan angin karena sidewall yg lebih lembek karena hanya 1ply, nanti benjol besar seperti saya :mky_01: biar awet naikin minimal 2Psi dari tekanan angin rekomendasi mobil dan rutin cek supaya tidak kurang angin.

Kesimpulan saya sih kalau cari yang ga berisik dan empuk ya LM705. Kalau cari yg lebih stabil dan better gripnya ya Goodyear Assurance Maxguard :big_peace:

Ini pengalaman saya saja ya om, setiap orang atau mobil bisa jadi beda rasanya karena parameternya juga butt-o-meter :big_slap:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.