
singkat cerita sampe di sana pilihan ukuran 225/45/18.... pilihan budget 5-6jt aja. sempat mikir apa hajar semi slick GT SX2 tp insecure sama wet grip apalagi ni bakal dipake perang tiap hari.
dikasih pilihan merek GY, BS, atau Dunlop. Si owner gak specify tipe bannya apa.
pertama uda seneng dibilang BS ready harga 1.3 ... kirain potenza RE003 uda seneng... eh ternyata yang ready techno sports. pengalaman pake techno sports ga terlalu bagus di Golf jd skip. GY F1 Sport kosong. untung blm sempat ketemu om @vincewonk jd blom coba F1 sport di yaris nya

Akhirnya diambilin ke gudangnya Dunlop seri Direzza. Kirain DZ101 krn setau ane di indo blm masuk DZ102.
Singkat cerita datang barang... eh muncul2 ternyata DZ102. cari review di internet ga terlalu banyak krn masih cukup baru. Tapi krn katanya ini seri performance nya dunlop jadi bisa lah dicoba, di tyrereviews cuma dikit yang review. lihat barangnya ok nih motif tread luarnya agak ngeblock macem semi slick. katanya ini compound campuran silica dan carbon. sidewall nya agak empuk, tapi ada rim protector. overall looks waktu kepasang gak beda sama ZE914.
harga jg paling bersahabat 1.2jt / pcs alias 4.8jt kembali 200 nya buat balancing dan finish balanceDirezza DZ102 tires feature Dunlop's specially formulated Silicarbon Matrix tread compound (combines silica and carbon black) to enhance traction. The compound is molded into a directional tread design featuring broad shoulder blocks and three notched central ribs to promote responsive handling and stable cornering. Wide circumferential tread channels enhance hydroplaning resistance and wet traction.
https://www.tirerack.com/tires/tires.js ... WR7DZ102XL

Hari pertama pasang masih terasa meh. ban baru msh agak agak licin dan kurang lengket ke aspal. apalagi hari itu keluar toko hujan deras. akhirnya untuk mengurangi bias dan experience yang lebih lengkap ane baru review sekarang

seiring waktu uda ngalamin licin dan kering makin dipake makin enak ini ban. udah jalan 200an kilo sejak beli (break-in period ban itu sekitar 500 atau 800 kilo, ntahlah gak jelas pokoknya ada break in nya). kemarin coba cornering agak kenceng di perumahan pavingblock skidnya jauh berkurang, dry gripnya enak banget. dibelokin bannya lebih nurut drpd ZE914. understeer jg minim. yang surprising lagi noise nya lebih minim drpd ZE914 saat baru. pdhl ZE914 itu ban kelas comfort touring. steer feedback makin dipake makin berasa, walaupun nggak spesial amat soalnya sidewallnya empuk.
buat hard accel jg bisa ngimbangin power mobil, di RPM 4k-5k gak nyantol2 rpm nya akibat kurang traksi. di awal sempet rada nyantol tp makin kesini makin ok.
wet grip ok tapi ngga spesial, gak ngetes sampe limit pokoknya buat jalan 60-80 di basah msh enak wkwkwkwk. katanya DZ102 ini wet grip lebih bagus drpd DZ101
minusnya di ane cuma braking nya aja yang rada dudul buat ban sekelas ini. lbh bagus dari ZE914 tp gak spesial. dr hasil tes juga banyak yg bilang kelemahannya di braking sih.