Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by lexnic »

ChZ wrote: ↑Thu May 16, 2024 5:24 Hack paling mudah pabrikan mobil buat dapet EPA rating bagus itu lower rolling resistance. Kalau di scientific standard testing selisih 1% mpg aja rolling resistance jadi penting.

Mainnya di thinner oil (0w-20 or less), lower rolling resistance, lower shifting point, overdrive gear yg panjang, dll. Dan sialnya ban itu buat 80% pembeli jadi less of a concern kecuali mobilnya berat.

Makanya test2 gini, sebenernya gak relevan. Trik ngakalinnya banyak. Gak mencerminkan real world usage. Buktinya test emisi aja bisa diakalin.

Di sisi produsen ban jadi enak dan murah produksi inventorynya krn nggak perlu bikin oem khusus yang lower grade dari retail lineup. Krn basically eco tyre itu pengganti lower grade oem tyre macem turanza ar/er series skrg ga ada kan? Diganti turanza ya t005a langsung. Dunlop sp sport 2030 ya skrg diganti dunlop enasave.

Biaya riset eco tyre sih mahal, bannya sendiri mahal ga ada yg bilang ecopitak atau ehnasep murah, tp karena banyak yg pake jadi enak. Harga suka suka aja toh buyer kan banyakan ikutin spec factory.

Ban itu komponen yang mudah diakali ketika mau cost cutting, krn most buyers ga liatin merek ban ketika liat mobilnya. Pada mikirnya karet bunder doang apa ngaruhnya, potenza semi slick dan ecopia di mata most pembeli lcgc itu sama sama karet bunder.

Bagi hobbyist, ga masalah bahkan habisin 10juta beli michelin pilot sport series. Jd it's a win win buat pabrikan ban :big_peace:
masuk akal sih mbah. apalagi pengguna mobil dsini bnyk yg gk mau ribet, kebanyakan klo ganti ban ya beli yg sama persis dgn bawaan mobilnya (kcuali udh ganti velg ato orangnya udh niat utk upgrade ban bawaan). :big_smile]

Chr1stm1 wrote: ↑Thu May 16, 2024 7:45 Setuju Om,
Sekelas gerobak AN Rush saya aja, dari ban bawaanya Savero SUV upgrade ke dunlop LM 705 dengan ukuran ban sama ( 215 65 R16 ) dan tekanan ban yg sama pula, udah beda banget ride qualitynya, berasa naek kelas dari gerobak kayu ke gerobak sepeda :big_biglaugh:
sama om, bulan lalu abis gantiin enasave di livina ke primacy 4. bedanya bagai bumi langit :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
RS7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Dec 12, 2017 0:26
Location: Jakarta / Purwokerto
Daily Vehicle: XP90 TRD Ver 2

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by RS7 »

Punten om2 mungkin ada yang pernah punya pengalaman sama Yokohama Bluearth ES32? Atau mungkin tau reviewnya, soalnya nemu di tokped harganya masih cukup reasonable sama ban2 lain seukuran. MakasihπŸ™
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

lexnic wrote: ↑Fri May 17, 2024 9:48
masuk akal sih mbah. apalagi pengguna mobil dsini bnyk yg gk mau ribet, kebanyakan klo ganti ban ya beli yg sama persis dgn bawaan mobilnya (kcuali udh ganti velg ato orangnya udh niat utk upgrade ban bawaan). :big_smile]
krn biasa di sini faktor yang disalahin tiap kecelakaan itu selalu human error. padahal mobil balap pake rain tyres bisa lari kenceng tanpa aquaplanning.

di sini kan biasa faktor teknis ngga pernah salah. coba liat tol MBZ kek gitu kalo laka ya pasti salah pengemudinya kenapa kok lari kenceng. ujungnya demi keamanan jadi lanehogger selalu dapet pembenaran. kebongkar kan ternyata emang bahannya dikorupsi? udah sejuta pembenaran yg disalahin supir melulu kalo laka.

kalo orang yg udah pernah ngerasain kegelincir pake ban eko even di jalan kering sih ga akan mau pake ban eko. liat profil sidewall yg lembek gitu udah males duluan. dulu perna pake falken sn832i yg termasuk ban eko cukup ngegrip tiba tiba lose control. sejak saat itu ga akan rekomen ban eko ke siapapun.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9901
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:26
lexnic wrote: ↑Fri May 17, 2024 9:48
masuk akal sih mbah. apalagi pengguna mobil dsini bnyk yg gk mau ribet, kebanyakan klo ganti ban ya beli yg sama persis dgn bawaan mobilnya (kcuali udh ganti velg ato orangnya udh niat utk upgrade ban bawaan). :big_smile]
krn biasa di sini faktor yang disalahin tiap kecelakaan itu selalu human error. padahal mobil balap pake rain tyres bisa lari kenceng tanpa aquaplanning.

di sini kan biasa faktor teknis ngga pernah salah. coba liat tol MBZ kek gitu kalo laka ya pasti salah pengemudinya kenapa kok lari kenceng. ujungnya demi keamanan jadi lanehogger selalu dapet pembenaran. kebongkar kan ternyata emang bahannya dikorupsi? udah sejuta pembenaran yg disalahin supir melulu kalo laka.

kalo orang yg udah pernah ngerasain kegelincir pake ban eko even di jalan kering sih ga akan mau pake ban eko. liat profil sidewall yg lembek gitu udah males duluan. dulu perna pake falken sn832i yg termasuk ban eko cukup ngegrip tiba tiba lose control. sejak saat itu ga akan rekomen ban eko ke siapapun.
Klo masalah kecelakaan ini memang ada faktor internal dan external.
Dan di rambu jalan jelas tertera brp kecepatan max nya.

Contoh:
- udah tertera kec max hanya 80-100 kph
- karena memang kemampuan aspalnya spt itu
- antisipasi klo hujan ada genangan air (drainase nya beda jauh sama aspal sirkuit)
- dilarang nyalip dr bahu jalan
- ini udh aturan umum: klo sekiranya ngantuk, ya istirahat atau ngopi dulu sblm nyetir
- jadi sebetulnya yg bikin tol udah kasih warning juga dan disclaimer

Faktanya "beberapa" driver di wakanda:
- nyalip jalur kiri / bahu jalan
- gaspoll speedo mentok kanan
- pakai ban std yg kemampuannya jauh dari UUHP
- aspal di wakanda gak mendukung
- body tinggi pula

Ya wajar aja kecelakaan sih

Mau ban sekeren apapun, namanya aspal wakanda, bukan sirkuit, tetap bisa gak connect jg ban nya dalam kondisi tertentu.
Belum lg klo ada lobang, mau manuver gmn jg lbh bahaya.

Ban UUHP jg ada disclaimernya, dgn penggunaan untuk aspal spec serupa :big_biglaugh:

Istilahnya, udah ada warning "awas ada buaya".. Nekat dihajar juga test nyali.. Ya klo digigit, no wonder "how smart he/she is"

Sekelas rifat sungkar aja, yg levelnya setara kenken, klo mau maximalin power, preparation dan tempatnya mendukung koq :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:41 Klo masalah kecelakaan ini memang ada faktor internal dan external.

Mau ban sekeren apapun, namanya aspal wakanda, bukan sirkuit, tetap bisa gak connect jg ban nya dalam kondisi tertentu.
Belum lg klo ada lobang, mau manuver gmn jg lbh bahaya.

Ban UUHP jg ada disclaimernya, dgn penggunaan untuk aspal spec serupa :big_biglaugh:

Istilahnya, udah ada warning "awas ada buaya".. Nekat dihajar juga test nyali.. Ya klo digigit, no wonder "how smart he/she is"

Sekelas rifat sungkar aja, yg levelnya setara kenken, klo mau maximalin power, preparation dan tempatnya mendukung koq :ngacir:
masalahnya yang disalahin di wakanda faktor non-teknis melulu. ya paling gampang memang nyalahin driver. contoh paling jelas ya kemaren yang salah jadi kegiatan study tour, endingnya dihimbau sekolahnya suruh hati-hati milih bus.

terus dishubnya ngapain aja kalo sekolahnya disalahin gak becus milih bus? gak pernah tuh birokrat kita assess ada faktor teknis apa yang bikin kenapa kendaraan bisa laka (dan ga selalu laka dalam kondisi overspeed yah).

di setiap laka hampir selalu ada problem teknis (ntah dari kendaraan atau dari jalannya), sayangnya yg salah ya ujungnya pengendara terus. itu yang bikin safety mobil selalu ditingkatkan, dan (ironisnya) ini yang bikin kenapa kita tuh susah punya produk otomotif yang bagus dan dari dulu gak bisa-bisa bangun mobil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9901
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: ↑Sat May 18, 2024 8:30
Suryaputra wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:41 Klo masalah kecelakaan ini memang ada faktor internal dan external.

Mau ban sekeren apapun, namanya aspal wakanda, bukan sirkuit, tetap bisa gak connect jg ban nya dalam kondisi tertentu.
Belum lg klo ada lobang, mau manuver gmn jg lbh bahaya.

Ban UUHP jg ada disclaimernya, dgn penggunaan untuk aspal spec serupa :big_biglaugh:

Istilahnya, udah ada warning "awas ada buaya".. Nekat dihajar juga test nyali.. Ya klo digigit, no wonder "how smart he/she is"

Sekelas rifat sungkar aja, yg levelnya setara kenken, klo mau maximalin power, preparation dan tempatnya mendukung koq :ngacir:
masalahnya yang disalahin di wakanda faktor non-teknis melulu. ya paling gampang memang nyalahin driver. contoh paling jelas ya kemaren yang salah jadi kegiatan study tour, endingnya dihimbau sekolahnya suruh hati-hati milih bus.

terus dishubnya ngapain aja kalo sekolahnya disalahin gak becus milih bus? gak pernah tuh birokrat kita assess ada faktor teknis apa yang bikin kenapa kendaraan bisa laka (dan ga selalu laka dalam kondisi overspeed yah).

di setiap laka hampir selalu ada problem teknis (ntah dari kendaraan atau dari jalannya), sayangnya yg salah ya ujungnya pengendara terus. itu yang bikin safety mobil selalu ditingkatkan, dan (ironisnya) ini yang bikin kenapa kita tuh susah punya produk otomotif yang bagus dan dari dulu gak bisa-bisa bangun mobil.
krn regulasi nya gak ketat dan gak jelas.

Mobil Crash test 1 star, s-presso aja bisa dijual koq di wakanda.

Truk yg gak dilengkapin Under-Run Bars aja buanyakkk :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1537
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

kenop wrote: ↑Tue May 14, 2024 14:46
MSU wrote: ↑Tue May 14, 2024 13:05
yogaecho wrote: ↑Mon May 13, 2024 11:23 Malam om,
Mau minta pendapat utk ganti 2 ban depan GT bxt pro yg udah benjol dengan ukuran 195/60 r15, best buy nya merk apa ya? Yg ada stock ban di kota ini, cuma ini (gak masukin dunlop r1 dan BS techno)

- GT champiro ecotec, produksi 2023 akhir / 2024 awal
- falken sincera, produksi 0722

Kondisi 2 ban belakang udah di pakai falken sincera ini dan diliat dari spek falken yg tradewear nya 500 dan udah 2 ply dan review dimari yg cukup bagus. sbnarnya bakalan milih falken tapi karena stock yg ada tahun nya awal 2022 itu. Btw, falken sincera ini kategori ban eco atau bukan ya? Dan apa champiro ecotec bener ada improve dari versi sblmnya terutama di noise dan keawetan?

Mohon pendapatnya om, trims :big_smile]
Ini menurut sy ya om...
GT ecotec : so far menurut sy nyaman2 aja..cuma banyak yg bilang ban ini rawan tapaknya tercabik2...seperti kurang tahan lama
BS techno : dulu mobil sy sblmnya pake BS ecopia...feel sy enak2 aja, begitu ganti ban sy downgrade ke techno...berasanya dgn tekanan angin yg sama techno kayak lebih keras & ntah kenapa lebih nyaman ecopia sbtlnya
Yg ecotec msh gampang bopak2 juga??
Blm tobat ini dr champiro eco ternyata ya :big_childish:
20240518_111046.jpg
4700km...4 bulan pemakaian...angin selalu dijaga sesuai rekomendasi pabrik
1x dibawa transjawabahn
Mobil 1 lagi pake BS techno...tapaknya masih lebih mulus
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by rakyatwkwkland »

RS7 wrote: ↑Fri May 17, 2024 12:28 Punten om2 mungkin ada yang pernah punya pengalaman sama Yokohama Bluearth ES32? Atau mungkin tau reviewnya, soalnya nemu di tokped harganya masih cukup reasonable sama ban2 lain seukuran. MakasihπŸ™
Numpang nyimak juga kalo ada yg pernah nyoba ban ini. Kebetulan gerobak di rumah jg udh mau ganti ban. Kebetulan pula yokohama ini ada sizenya buat mobil ane.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9901
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: ↑Sat May 18, 2024 14:56
RS7 wrote: ↑Fri May 17, 2024 12:28 Punten om2 mungkin ada yang pernah punya pengalaman sama Yokohama Bluearth ES32? Atau mungkin tau reviewnya, soalnya nemu di tokped harganya masih cukup reasonable sama ban2 lain seukuran. MakasihπŸ™
Numpang nyimak juga kalo ada yg pernah nyoba ban ini. Kebetulan gerobak di rumah jg udh mau ganti ban. Kebetulan pula yokohama ini ada sizenya buat mobil ane.
Boljug nih, layak dicoba. :big_exellent:

Sidewallnya klo dilihat kaya UHP tyre dan ada rim protection nya, cuma lihat PDS nya sih masuk kelas premium touring.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bayp4amd
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat May 11, 2024 14:07
Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bayp4amd »

Selamat pagi
Tolong rekomendasikan ban untuk xpander cross dengan ukuran bawaan velg r17, bawaaan ban 205/55.Budget maksimal per ban 1.5jt
Kriteria nya yang all rounder , nyaman dan tidak berisik pada saat jalan. Kalo dapet yg lebih bagus daripada bawaan dunlop enasave lebih bagus
Last edited by bayp4amd on Sun May 19, 2024 4:26, edited 1 time in total.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: ↑Sat May 18, 2024 15:55
rakyatwkwkland wrote: ↑Sat May 18, 2024 14:56
RS7 wrote: ↑Fri May 17, 2024 12:28 Punten om2 mungkin ada yang pernah punya pengalaman sama Yokohama Bluearth ES32? Atau mungkin tau reviewnya, soalnya nemu di tokped harganya masih cukup reasonable sama ban2 lain seukuran. MakasihπŸ™
Numpang nyimak juga kalo ada yg pernah nyoba ban ini. Kebetulan gerobak di rumah jg udh mau ganti ban. Kebetulan pula yokohama ini ada sizenya buat mobil ane.
Boljug nih, layak dicoba. :big_exellent:

Sidewallnya klo dilihat kaya UHP tyre dan ada rim protection nya, cuma lihat PDS nya sih masuk kelas premium touring.
Yang bener2 premium touring ada satu lagi mbah. Serinya Bluearth GT AE51. Ane nemu dr yutubnya b ch4nn3l doi ganti ban pake itu. Ane liat2 lagi ternyata sizenya ada juga yang buat 15 inch, walau buat 185/65 R15 ga ada tp msh ada 195/60 R15 dan kalo liat di tokoijo harganya beti sama es32 size sama dan lebih mahal 200-300k dari es32 size 185/65 R15.

Jadi senapsaran nih ane ada bedanya kah dua seri ini? Soalnya kalo liat di webnya yokohama indo yg GT AE51 ini ada logo dry dan wetnya. Yang es32 ga ada. Sisanya kedua seri ini sama2 ada logo senyap, comfort, dan low rolling resistance. Begitu klaimnya web yokohama indo.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9901
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: ↑Sun May 19, 2024 9:17
Suryaputra wrote: ↑Sat May 18, 2024 15:55
rakyatwkwkland wrote: ↑Sat May 18, 2024 14:56

Numpang nyimak juga kalo ada yg pernah nyoba ban ini. Kebetulan gerobak di rumah jg udh mau ganti ban. Kebetulan pula yokohama ini ada sizenya buat mobil ane.
Boljug nih, layak dicoba. :big_exellent:

Sidewallnya klo dilihat kaya UHP tyre dan ada rim protection nya, cuma lihat PDS nya sih masuk kelas premium touring.
Yang bener2 premium touring ada satu lagi mbah. Serinya Bluearth GT AE51. Ane nemu dr yutubnya b ch4nn3l doi ganti ban pake itu. Ane liat2 lagi ternyata sizenya ada juga yang buat 15 inch, walau buat 185/65 R15 ga ada tp msh ada 195/60 R15 dan kalo liat di tokoijo harganya beti sama es32 size sama dan lebih mahal 200-300k dari es32 size 185/65 R15.

Jadi senapsaran nih ane ada bedanya kah dua seri ini? Soalnya kalo liat di webnya yokohama indo yg GT AE51 ini ada logo dry dan wetnya. Yang es32 ga ada. Sisanya kedua seri ini sama2 ada logo senyap, comfort, dan low rolling resistance. Begitu klaimnya web yokohama indo.
iya mbah, cuma klo X 4 ban, udah gak beti lagi
wkwkwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by lexnic »

ChZ wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:26 krn biasa di sini faktor yang disalahin tiap kecelakaan itu selalu human error. padahal mobil balap pake rain tyres bisa lari kenceng tanpa aquaplanning.

di sini kan biasa faktor teknis ngga pernah salah. coba liat tol MBZ kek gitu kalo laka ya pasti salah pengemudinya kenapa kok lari kenceng. ujungnya demi keamanan jadi lanehogger selalu dapet pembenaran. kebongkar kan ternyata emang bahannya dikorupsi? udah sejuta pembenaran yg disalahin supir melulu kalo laka.

kalo orang yg udah pernah ngerasain kegelincir pake ban eko even di jalan kering sih ga akan mau pake ban eko. liat profil sidewall yg lembek gitu udah males duluan. dulu perna pake falken sn832i yg termasuk ban eko cukup ngegrip tiba tiba lose control. sejak saat itu ga akan rekomen ban eko ke siapapun.
human error pasti ada karena kebanyakan orang2 cuma bisa nyetir tapi gk bisa ngontrol kendaraannya. dan ini problem mayoritas dri driver2 wakandah, mkanya selalu dijadiin alasan no 1 ahahaha. klo disuruh mikirin faktor teknis (jenis aspal, kemiringan permukaan jalan, penerangan, desain pagar pembatas di bahu jalan, dsb), mohon maaf, pejabat dsini gk akan mau disuruh mikir hal2 bgtu. :big_biglaugh:

Suryaputra wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:41 Klo masalah kecelakaan ini memang ada faktor internal dan external.
Dan di rambu jalan jelas tertera brp kecepatan max nya.

Contoh:
- udah tertera kec max hanya 80-100 kph
- karena memang kemampuan aspalnya spt itu
- antisipasi klo hujan ada genangan air (drainase nya beda jauh sama aspal sirkuit)
- dilarang nyalip dr bahu jalan
- ini udh aturan umum: klo sekiranya ngantuk, ya istirahat atau ngopi dulu sblm nyetir
- jadi sebetulnya yg bikin tol udah kasih warning juga dan disclaimer

Faktanya "beberapa" driver di wakanda:
- nyalip jalur kiri / bahu jalan
- gaspoll speedo mentok kanan
- pakai ban std yg kemampuannya jauh dari UUHP
- aspal di wakanda gak mendukung
- body tinggi pula

Ya wajar aja kecelakaan sih

Mau ban sekeren apapun, namanya aspal wakanda, bukan sirkuit, tetap bisa gak connect jg ban nya dalam kondisi tertentu.
Belum lg klo ada lobang, mau manuver gmn jg lbh bahaya.

Ban UUHP jg ada disclaimernya, dgn penggunaan untuk aspal spec serupa :big_biglaugh:

Istilahnya, udah ada warning "awas ada buaya".. Nekat dihajar juga test nyali.. Ya klo digigit, no wonder "how smart he/she is"

Sekelas rifat sungkar aja, yg levelnya setara kenken, klo mau maximalin power, preparation dan tempatnya mendukung koq :ngacir:
ane jujur serem klo mau gas pol di tol sini. permukaan gk terlalu mulus, penerangan agk kurang (?), blm lg ditambah modelan driver2 arrowgun yg cuma asal kenceng tapi gk bisa ngontrol kendaraannya hahaha. wong "syarat & ketentuan" utk berkendara di jalan tol aja gk pernah dibaca & ditaati. :big_bored:

sorry jdi melenceng dri konteks thread nya. :big_peace:
Last edited by lexnic on Sun May 19, 2024 12:37, edited 2 times in total.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by lexnic »

bayp4amd wrote: ↑Sun May 19, 2024 3:50 Selamat pagi
Tolong rekomendasikan ban untuk xpander cross dengan ukuran bawaan velg r17, bawaaan ban 205/55.Budget maksimal per ban 1.5jt
Kriteria nya yang all rounder , nyaman dan tidak berisik pada saat jalan. Kalo dapet yg lebih bagus daripada bawaan dunlop enasave lebih bagus
mngkin bisa coba turanza T005A? ato klo tambah dikit, kyknya dapet primacy 4. yg pasti dua2nya jauh lbh enak dri enasave.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: ↑Sun May 19, 2024 10:10
rakyatwkwkland wrote: ↑Sun May 19, 2024 9:17
Suryaputra wrote: ↑Sat May 18, 2024 15:55

Boljug nih, layak dicoba. :big_exellent:

Sidewallnya klo dilihat kaya UHP tyre dan ada rim protection nya, cuma lihat PDS nya sih masuk kelas premium touring.
Yang bener2 premium touring ada satu lagi mbah. Serinya Bluearth GT AE51. Ane nemu dr yutubnya b ch4nn3l doi ganti ban pake itu. Ane liat2 lagi ternyata sizenya ada juga yang buat 15 inch, walau buat 185/65 R15 ga ada tp msh ada 195/60 R15 dan kalo liat di tokoijo harganya beti sama es32 size sama dan lebih mahal 200-300k dari es32 size 185/65 R15.

Jadi senapsaran nih ane ada bedanya kah dua seri ini? Soalnya kalo liat di webnya yokohama indo yg GT AE51 ini ada logo dry dan wetnya. Yang es32 ga ada. Sisanya kedua seri ini sama2 ada logo senyap, comfort, dan low rolling resistance. Begitu klaimnya web yokohama indo.
iya mbah, cuma klo X 4 ban, udah gak beti lagi
wkwkwkwk
Maksudnya kalo sesama size 195/60 R15 itu bedanya tipis

Kalo ES32 yg 185/65 R15 vs AE51 yg 195/60 R15 nah itu baru bedanya 200-300k. Karena beda size.

Kebetulan velg gerobak ane lebarnya 5,5", kalo googling msh bisa pake lebar 195.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:41
ChZ wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:26
lexnic wrote: ↑Fri May 17, 2024 9:48
masuk akal sih mbah. apalagi pengguna mobil dsini bnyk yg gk mau ribet, kebanyakan klo ganti ban ya beli yg sama persis dgn bawaan mobilnya (kcuali udh ganti velg ato orangnya udh niat utk upgrade ban bawaan). :big_smile]
krn biasa di sini faktor yang disalahin tiap kecelakaan itu selalu human error. padahal mobil balap pake rain tyres bisa lari kenceng tanpa aquaplanning.

di sini kan biasa faktor teknis ngga pernah salah. coba liat tol MBZ kek gitu kalo laka ya pasti salah pengemudinya kenapa kok lari kenceng. ujungnya demi keamanan jadi lanehogger selalu dapet pembenaran. kebongkar kan ternyata emang bahannya dikorupsi? udah sejuta pembenaran yg disalahin supir melulu kalo laka.

kalo orang yg udah pernah ngerasain kegelincir pake ban eko even di jalan kering sih ga akan mau pake ban eko. liat profil sidewall yg lembek gitu udah males duluan. dulu perna pake falken sn832i yg termasuk ban eko cukup ngegrip tiba tiba lose control. sejak saat itu ga akan rekomen ban eko ke siapapun.
Klo masalah kecelakaan ini memang ada faktor internal dan external.
Dan di rambu jalan jelas tertera brp kecepatan max nya.

Contoh:
- udah tertera kec max hanya 80-100 kph
- karena memang kemampuan aspalnya spt itu
- antisipasi klo hujan ada genangan air (drainase nya beda jauh sama aspal sirkuit)
- dilarang nyalip dr bahu jalan
- ini udh aturan umum: klo sekiranya ngantuk, ya istirahat atau ngopi dulu sblm nyetir
- jadi sebetulnya yg bikin tol udah kasih warning juga dan disclaimer

Faktanya "beberapa" driver di wakanda:
- nyalip jalur kiri / bahu jalan
- gaspoll speedo mentok kanan
- pakai ban std yg kemampuannya jauh dari UUHP
- aspal di wakanda gak mendukung
- body tinggi pula

Ya wajar aja kecelakaan sih

Mau ban sekeren apapun, namanya aspal wakanda, bukan sirkuit, tetap bisa gak connect jg ban nya dalam kondisi tertentu.
Belum lg klo ada lobang, mau manuver gmn jg lbh bahaya.

Ban UUHP jg ada disclaimernya, dgn penggunaan untuk aspal spec serupa :big_biglaugh:

Istilahnya, udah ada warning "awas ada buaya".. Nekat dihajar juga test nyali.. Ya klo digigit, no wonder "how smart he/she is"

Sekelas rifat sungkar aja, yg levelnya setara kenken, klo mau maximalin power, preparation dan tempatnya mendukung koq :ngacir:
terlepas dari faktor external gini ya, velg replika sebenernya meningkatkan kemungkinan terjadi accident di tol / kecepatan tinggi gk sih? ini kita bicara gk naik ukuran velg ya dari bawaan. jadi bener2 cuma ganti velg replika aja. ban nya pakai ban yg proper, non eco.
bimzbim
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bimzbim »

RS7 wrote: ↑Fri May 17, 2024 12:28 Punten om2 mungkin ada yang pernah punya pengalaman sama Yokohama Bluearth ES32? Atau mungkin tau reviewnya, soalnya nemu di tokped harganya masih cukup reasonable sama ban2 lain seukuran. MakasihπŸ™
Saya pernah pake ban ini di ertiga. Waktu itu untuk gantiin turanza AR20. Ban nya lebih enak dari Turanza dalam hal kenyamanan (lumayan lebih empuk, lebih senyap). Tapi kalo soal grip entah lah, saya ga pernah manuver aneh aneh waktu pake ertiga. Kelemahan ban ini menurut pemakaian pribadi saya, mudah banget kena paku atau baut. Entah sial aja atau gimana. Selama pemakaian Blue earth ini, seinget saya total ada 7-8 kali kena paku/baut. Sidewall nya termasuk kuat ya, seinget saya pernah 2 kali gasruk kansteen, bannya aman tentram. Ban ini saya pakai selama 3 tahunan, diganti karena udah sangat berisik ban nya setelah 3 tahun pemakaian
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9901
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: ↑Mon May 20, 2024 1:11
Suryaputra wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:41
ChZ wrote: ↑Sat May 18, 2024 6:26

krn biasa di sini faktor yang disalahin tiap kecelakaan itu selalu human error. padahal mobil balap pake rain tyres bisa lari kenceng tanpa aquaplanning.

di sini kan biasa faktor teknis ngga pernah salah. coba liat tol MBZ kek gitu kalo laka ya pasti salah pengemudinya kenapa kok lari kenceng. ujungnya demi keamanan jadi lanehogger selalu dapet pembenaran. kebongkar kan ternyata emang bahannya dikorupsi? udah sejuta pembenaran yg disalahin supir melulu kalo laka.

kalo orang yg udah pernah ngerasain kegelincir pake ban eko even di jalan kering sih ga akan mau pake ban eko. liat profil sidewall yg lembek gitu udah males duluan. dulu perna pake falken sn832i yg termasuk ban eko cukup ngegrip tiba tiba lose control. sejak saat itu ga akan rekomen ban eko ke siapapun.
Klo masalah kecelakaan ini memang ada faktor internal dan external.
Dan di rambu jalan jelas tertera brp kecepatan max nya.

Contoh:
- udah tertera kec max hanya 80-100 kph
- karena memang kemampuan aspalnya spt itu
- antisipasi klo hujan ada genangan air (drainase nya beda jauh sama aspal sirkuit)
- dilarang nyalip dr bahu jalan
- ini udh aturan umum: klo sekiranya ngantuk, ya istirahat atau ngopi dulu sblm nyetir
- jadi sebetulnya yg bikin tol udah kasih warning juga dan disclaimer

Faktanya "beberapa" driver di wakanda:
- nyalip jalur kiri / bahu jalan
- gaspoll speedo mentok kanan
- pakai ban std yg kemampuannya jauh dari UUHP
- aspal di wakanda gak mendukung
- body tinggi pula

Ya wajar aja kecelakaan sih

Mau ban sekeren apapun, namanya aspal wakanda, bukan sirkuit, tetap bisa gak connect jg ban nya dalam kondisi tertentu.
Belum lg klo ada lobang, mau manuver gmn jg lbh bahaya.

Ban UUHP jg ada disclaimernya, dgn penggunaan untuk aspal spec serupa :big_biglaugh:

Istilahnya, udah ada warning "awas ada buaya".. Nekat dihajar juga test nyali.. Ya klo digigit, no wonder "how smart he/she is"

Sekelas rifat sungkar aja, yg levelnya setara kenken, klo mau maximalin power, preparation dan tempatnya mendukung koq :ngacir:
terlepas dari faktor external gini ya, velg replika sebenernya meningkatkan kemungkinan terjadi accident di tol / kecepatan tinggi gk sih? ini kita bicara gk naik ukuran velg ya dari bawaan. jadi bener2 cuma ganti velg replika aja. ban nya pakai ban yg proper, non eco.
velg replika, tapi klo materialnya "mirip" spt velg oem, harusnya aman ya.

cuma perlu dihitung jg, kira2 datanya gmn rasio pengguna velg replika, yg relate ke accident krn velg pecah.

krn velg asli pun tapi ban profil tipis, klo hantam pothole yg dalam, juga bisa pecah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

lexnic wrote: ↑Sun May 19, 2024 12:28
human error pasti ada karena kebanyakan orang2 cuma bisa nyetir tapi gk bisa ngontrol kendaraannya. dan ini problem mayoritas dri driver2 wakandah, mkanya selalu dijadiin alasan no 1 ahahaha. klo disuruh mikirin faktor teknis (jenis aspal, kemiringan permukaan jalan, penerangan, desain pagar pembatas di bahu jalan, dsb), mohon maaf, pejabat dsini gk akan mau disuruh mikir hal2 bgtu. :big_biglaugh:
soalnya kelar pemilihan gabung koalisi dapet jatah udah duduk tenang terima setoran :big_bored: kerja mah bikin2 yang keliatan aja sambil foto foto biar dipilih lagi aja sama rakyat wakanda apalagi suara tinggal dibeli pake proyek2 politik gentong babi :big_bored:

makanya ane sbg pengendara dengan kaki berat ud sinis sama speed limit di toll wakanda krn cuma jadi pembenaran buat bikin jalan yg kualitasnya ancur dan pembenaran buat lanehogger jalan 80 di kanan :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9901
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: ↑Mon May 20, 2024 3:22
lexnic wrote: ↑Sun May 19, 2024 12:28
human error pasti ada karena kebanyakan orang2 cuma bisa nyetir tapi gk bisa ngontrol kendaraannya. dan ini problem mayoritas dri driver2 wakandah, mkanya selalu dijadiin alasan no 1 ahahaha. klo disuruh mikirin faktor teknis (jenis aspal, kemiringan permukaan jalan, penerangan, desain pagar pembatas di bahu jalan, dsb), mohon maaf, pejabat dsini gk akan mau disuruh mikir hal2 bgtu. :big_biglaugh:
soalnya kelar pemilihan gabung koalisi dapet jatah udah duduk tenang terima setoran :big_bored: kerja mah bikin2 yang keliatan aja sambil foto foto biar dipilih lagi aja sama rakyat wakanda apalagi suara tinggal dibeli pake proyek2 politik gentong babi :big_bored:

makanya ane sbg pengendara dengan kaki berat ud sinis sama speed limit di toll wakanda krn cuma jadi pembenaran buat bikin jalan yg kualitasnya ancur dan pembenaran buat lanehogger jalan 80 di kanan :big_bored:
Gas poll itu kebutuhan Tertier.

jadi silahkan ke sirkuit mandalika atau sentul :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bayp4amd
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat May 11, 2024 14:07
Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bayp4amd »

lexnic wrote: ↑Sun May 19, 2024 12:29
bayp4amd wrote: ↑Sun May 19, 2024 3:50 Selamat pagi
Tolong rekomendasikan ban untuk xpander cross dengan ukuran bawaan velg r17, bawaaan ban 205/55.Budget maksimal per ban 1.5jt
Kriteria nya yang all rounder , nyaman dan tidak berisik pada saat jalan. Kalo dapet yg lebih bagus daripada bawaan dunlop enasave lebih bagus
mngkin bisa coba turanza T005A? ato klo tambah dikit, kyknya dapet primacy 4. yg pasti dua2nya jauh lbh enak dri enasave.
Kalau turanza t500a saya liat di online store adanya ukuran 215/55 r17. Sedangkan size bawaan 205/55 r17
Itu lebar naik satu step gpp ya gan? Apa mempengaruhi fuel consumption krn jd lebih berat?
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: ↑Mon May 20, 2024 2:23

velg replika, tapi klo materialnya "mirip" spt velg oem, harusnya aman ya.

cuma perlu dihitung jg, kira2 datanya gmn rasio pengguna velg replika, yg relate ke accident krn velg pecah.

krn velg asli pun tapi ban profil tipis, klo hantam pothole yg dalam, juga bisa pecah :upss:
kalo selama ini baik liat yg accident langsung ato baca berita accident krn velg pecah sih sdikitttttt skali dibanding pecah ban :mky_01: :big_exellent:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by rakyatwkwkland »

bimzbim wrote: ↑Mon May 20, 2024 1:44
RS7 wrote: ↑Fri May 17, 2024 12:28 Punten om2 mungkin ada yang pernah punya pengalaman sama Yokohama Bluearth ES32? Atau mungkin tau reviewnya, soalnya nemu di tokped harganya masih cukup reasonable sama ban2 lain seukuran. MakasihπŸ™
Saya pernah pake ban ini di ertiga. Waktu itu untuk gantiin turanza AR20. Ban nya lebih enak dari Turanza dalam hal kenyamanan (lumayan lebih empuk, lebih senyap). Tapi kalo soal grip entah lah, saya ga pernah manuver aneh aneh waktu pake ertiga. Kelemahan ban ini menurut pemakaian pribadi saya, mudah banget kena paku atau baut. Entah sial aja atau gimana. Selama pemakaian Blue earth ini, seinget saya total ada 7-8 kali kena paku/baut. Sidewall nya termasuk kuat ya, seinget saya pernah 2 kali gasruk kansteen, bannya aman tentram. Ban ini saya pakai selama 3 tahunan, diganti karena udah sangat berisik ban nya setelah 3 tahun pemakaian
3 tahun setelah menempuh jarak berapa ribu km oom?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9901
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: ↑Mon May 20, 2024 5:06
Suryaputra wrote: ↑Mon May 20, 2024 2:23

velg replika, tapi klo materialnya "mirip" spt velg oem, harusnya aman ya.

cuma perlu dihitung jg, kira2 datanya gmn rasio pengguna velg replika, yg relate ke accident krn velg pecah.

krn velg asli pun tapi ban profil tipis, klo hantam pothole yg dalam, juga bisa pecah :upss:
kalo selama ini baik liat yg accident langsung ato baca berita accident krn velg pecah sih sdikitttttt skali dibanding pecah ban :mky_01: :big_exellent:
Drpd replika..
Mending yg branded local dkk gak sih?

Ya pilihan sih yaa :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bimzbim
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bimzbim »

rakyatwkwkland wrote: ↑Mon May 20, 2024 5:24
bimzbim wrote: ↑Mon May 20, 2024 1:44
RS7 wrote: ↑Fri May 17, 2024 12:28 Punten om2 mungkin ada yang pernah punya pengalaman sama Yokohama Bluearth ES32? Atau mungkin tau reviewnya, soalnya nemu di tokped harganya masih cukup reasonable sama ban2 lain seukuran. MakasihπŸ™
Saya pernah pake ban ini di ertiga. Waktu itu untuk gantiin turanza AR20. Ban nya lebih enak dari Turanza dalam hal kenyamanan (lumayan lebih empuk, lebih senyap). Tapi kalo soal grip entah lah, saya ga pernah manuver aneh aneh waktu pake ertiga. Kelemahan ban ini menurut pemakaian pribadi saya, mudah banget kena paku atau baut. Entah sial aja atau gimana. Selama pemakaian Blue earth ini, seinget saya total ada 7-8 kali kena paku/baut. Sidewall nya termasuk kuat ya, seinget saya pernah 2 kali gasruk kansteen, bannya aman tentram. Ban ini saya pakai selama 3 tahunan, diganti karena udah sangat berisik ban nya setelah 3 tahun pemakaian
3 tahun setelah menempuh jarak berapa ribu km oom?
lupa saya, yg pasti diatas 40.000 km