Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by arfs »

Chr1stm1 wrote: Sun Apr 17, 2022 3:16
melson wrote: Sat Apr 16, 2022 18:30 Om Turbo,

Wuling almaz turbo rekomen gak pake oli 0w20?

Di manual sih disuruh pake 5w30, tapi mksdnya pengen lbh enteng dan irit
Cocok2 aja, selama minimal api SN+ utk cegah LSPI
Almaz sepertinya aman dari gejala LSPI karena masih pakai port injection.
LSPI kan sering terjadi nya di mesin bensin turbo yang pakai direct injection.

CMIIW
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
melson
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Oct 08, 2016 20:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by melson »

Suryaputra wrote: Sun Apr 17, 2022 7:58
melson wrote: Sun Apr 17, 2022 7:39
Chr1stm1 wrote: Sun Apr 17, 2022 3:16

Cocok2 aja, selama minimal api SN+ utk cegah LSPI
Oh beneran boleh? Soalnya anjuran 5w30 . Lspi apa y?
Dulu di honda saya pake 0w20 q8 sih
Follow manual book aja mbah
Range visco brp yg dibolehin?

Lspi = ngelitik di kecepatan rendah, krn ada bagian kecil dr cairan oli masuk ke ruang bakar
Manual book dan bawaan almaz mmg 5w30 om.
Cuma drdl terbiasa pake 0w20 lbh enteng aja
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

melson wrote: Sun Apr 17, 2022 13:26
Suryaputra wrote: Sun Apr 17, 2022 7:58
melson wrote: Sun Apr 17, 2022 7:39

Oh beneran boleh? Soalnya anjuran 5w30 . Lspi apa y?
Dulu di honda saya pake 0w20 q8 sih
Follow manual book aja mbah
Range visco brp yg dibolehin?

Lspi = ngelitik di kecepatan rendah, krn ada bagian kecil dr cairan oli masuk ke ruang bakar
Manual book dan bawaan almaz mmg 5w30 om.
Cuma drdl terbiasa pake 0w20 lbh enteng aja
my personal opinion follow manual book ajah :D
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kodokbencok
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 19, 2022 1:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by kodokbencok »

mcdelivery wrote: Sun Apr 17, 2022 11:50 Abs ganti oli dengan bardahl 5w30 emg kesannya lebih oke sih dibanding amsoil max duty... Di yaris ane kalo yg max duty lebih panas aja dan setelah 6000 km susut sekitar 250 ml

Beli online om ?
Di toko ijo yang linknya om turbo ya ?
YM25
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Jan 08, 2022 13:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by YM25 »

Ijin bertanya om, saya pemilik Karko th 2005 dengan mesin F10A.
Dari manual book tertera rekomendasi oli yaitu 10w30-10w40-15w40-20w50.
Krn usia Karko saya kini 17th saya pakai oli yg tengah2 yaitu SAE 10w40 namun masih yg semi syntetic.
Oli saat ini pakai TQ7000 10w40 semi syntetic...
Rencana mau pake oli 10w40 full syntetic tp susah merk oli yg sae 10w40 rata2 semi syntetic.
Mohon petunjuk om, oli sae 10w40 full syntetic yg paling bagus apa ya? (Klo ada mohon infonya bbrp oli biar ada perbandingan) Makasi [emoji120]
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

coba main2 ke forum sebelah
https://bobistheoilguy.com/forums/threa ... es.351953/

That's why, klo mau pakai oli W20, better seri keraton / top of the line.
Why?... karena klo visco W20 seri middle dsb, itu dipakai baru 7000 km, visco nya masuk ke W16

Hal ini gak terjadi di seri2 spt Ams signature, dan sekelasnya.

just personal opinion, based on data :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

YM25 wrote: Sun Apr 17, 2022 22:26 Ijin bertanya om, saya pemilik Karko th 2005 dengan mesin F10A.
Dari manual book tertera rekomendasi oli yaitu 10w30-10w40-15w40-20w50.
Krn usia Karko saya kini 17th saya pakai oli yg tengah2 yaitu SAE 10w40 namun masih yg semi syntetic.
Oli saat ini pakai TQ7000 10w40 semi syntetic...
Rencana mau pake oli 10w40 full syntetic tp susah merk oli yg sae 10w40 rata2 semi syntetic.
Mohon petunjuk om, oli sae 10w40 full syntetic yg paling bagus apa ya? (Klo ada mohon infonya bbrp oli biar ada perbandingan) Makasi [emoji120]


kenapa nggak geser dikit ke 5w40? banyak full sinte.
atau iseng pakai 5w30, pilihan semi sinte atau full sinte lebih luas.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

mcdelivery wrote: Sun Apr 17, 2022 11:50 Abs ganti oli dengan bardahl 5w30 emg kesannya lebih oke sih dibanding amsoil max duty... Di yaris ane kalo yg max duty lebih panas aja dan setelah 6000 km susut sekitar 250 ml


cara tau lebih panas dan lebih dingin gimana?
Mercer29
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Nov 06, 2017 2:46

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mercer29 »

Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 0:11
That's why, klo mau pakai oli W20, better seri keraton / top of the line.
Why?... karena klo visco W20 seri middle dsb, itu dipakai baru 7000 km, visco nya masuk ke W16

Hal ini gak terjadi di seri2 spt Ams signature, dan sekelasnya.
Ini bukannya hanya kalo kondisi dengan repeated cold start tanpa sesekali diselipin long trip ya?

Parameter oil change interval kok seinget saya sebelum viscosity nya udah naik terus secara exponential ya hehe
2021 W101RE LBVFJ
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Apr 18, 2022 2:42
mcdelivery wrote: Sun Apr 17, 2022 11:50 Abs ganti oli dengan bardahl 5w30 emg kesannya lebih oke sih dibanding amsoil max duty... Di yaris ane kalo yg max duty lebih panas aja dan setelah 6000 km susut sekitar 250 ml


cara tau lebih panas dan lebih dingin gimana?
Dijilat terus dicelup :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Mercer29 wrote: Mon Apr 18, 2022 3:01
Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 0:11
That's why, klo mau pakai oli W20, better seri keraton / top of the line.
Why?... karena klo visco W20 seri middle dsb, itu dipakai baru 7000 km, visco nya masuk ke W16

Hal ini gak terjadi di seri2 spt Ams signature, dan sekelasnya.
Ini bukannya hanya kalo kondisi dengan repeated cold start tanpa sesekali diselipin long trip ya?

Parameter oil change interval kok seinget saya sebelum viscosity nya udah naik terus secara exponential ya hehe
Nah klo keseringan repeated cold start atau berkendara jarak pendek, bisa resiko fuel dilution (FD).

Tapi, FD ini jg msh dalam batas toleransi, selama =< 2% (according lab blackstone sono)

The point is, pakai w20 kelas eco atau mainstream totally gpp, selama gak lbh dr 6 bln atau 5rb Km :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
redrover
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Sat Feb 09, 2019 4:40
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Nissan Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by redrover »

Omnibus wrote: Sat Apr 16, 2022 8:54
ini sekedar random idea nih. anggap aja fagold bisa tahan 12 bln. jadi thn ke 1 pake fagold. thn ke 2 pake fagold lagi. thn ke 3 pake ams oe (skrg 150rb) dgn harapan deterjen lbh tinggi jd seandainya mulai ada bibit2 varnish/sludge bisa terurai lebih dini oleh si ams oe.
thn ke 4 balik lagi fagold, thn ke 5 fagold lagi, thn ke 6 ams oe lagi (or not, kl ternyata fagold ga bikin sludge bisa lanjut fagold terus) dst. jd 2x fagold + 1x ams oe.

cuma coba dilihat, pakai fagold hemat hanya 200rb setahun (50rb x 4L) ketimbang pakai ams oe. sy ga tau buat jij signifikan ga hemat segitu setahun (kurleb Rp 20rb sebulan).
Nah ini masuk ke radar oli saya juga nih om, AMS OE 0w20 ada yg jual 150/L di toko ijo dan masih masuk ke budget lah.
Apakah oli ini termasuk oli yg sesuai dengan kebutuhan saya? bisa penggantian 12 bulan dgn odo <7k km.
Suryaputra wrote: Sat Apr 16, 2022 9:05 Ribet mbahh :weekk:
Lgs aja tuang DOHC Genuine oil :ngacir:
Belum nemu di pasar nih om :ngacir:
DOHC wrote: Sat Apr 16, 2022 11:31 kl rute pemakaian nya kaya gt , dan budget sgitu

pilihan nya mah buanyakk pake banget

misal nya

- DGO :big_smoking: :big_smoking:
- aisin green tech
- fastron gold
- ptt eco

tuhh banyak kan... ga harus q8 q8 mulu koq.. kita orang jg bosen baca nya itu itu mulu :upss: :upss:
:mky_01: :mky_01:
Suryaputra wrote: Sat Apr 16, 2022 13:47
Pernah lihat uoa nya valvo di sini.
Sy lupa siapa yg ngepost wkt itu.

Dipakai 6 apa 7rb km gtu
Cmn 6 bulan
TBN nya dah kritis 1 koma :upss:

TBN kritis = < 2
*Metode astm d4739

Yah klo pakai mobil 3thn sekali ganti, gpp, silahkan ajah pakai oli kelas hemat dan ganti 1 thn sekali.
Tapi 10 tahun pakai? Gak sebanding :big_peace:
iya om, jika memang demi mobil disayang2, mau ga mau ntar dibeliin oli keraton :big_grin:
- B5-ME (2012~2014) | HR12DE (2014~2019) | 4A91 (2019~...)
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 971
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 3:19
Mercer29 wrote: Mon Apr 18, 2022 3:01
Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 0:11
That's why, klo mau pakai oli W20, better seri keraton / top of the line.
Why?... karena klo visco W20 seri middle dsb, itu dipakai baru 7000 km, visco nya masuk ke W16

Hal ini gak terjadi di seri2 spt Ams signature, dan sekelasnya.
Ini bukannya hanya kalo kondisi dengan repeated cold start tanpa sesekali diselipin long trip ya?

Parameter oil change interval kok seinget saya sebelum viscosity nya udah naik terus secara exponential ya hehe
Nah klo keseringan repeated cold start atau berkendara jarak pendek, bisa resiko fuel dilution (FD).

Tapi, FD ini jg msh dalam batas toleransi, selama =< 2% (according lab blackstone sono)


Rekan2 SM, Saya pakai mesin 2NR-FE CVT, jarang luar kota dan realtif rpm rendah2 terus.
Saat ini pakai 0w20, di oli ada campur bau bensin jg sih, apakah kalau sesekali luar kota pakai high rpm kandungan bensin di oli bs berkurang y?

The point is, pakai w20 kelas eco atau mainstream totally gpp, selama gak lbh dr 6 bln atau 5rb Km :big_peace:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

redrover wrote: Mon Apr 18, 2022 4:56
Nah ini masuk ke radar oli saya juga nih om, AMS OE 0w20 ada yg jual 150/L di toko ijo dan masih masuk ke budget lah.
Apakah oli ini termasuk oli yg sesuai dengan kebutuhan saya? bisa penggantian 12 bulan dgn odo <7k km.
sebenernya engga. sebab kl mau 12 bln hrs yg signature series aka keraton.

tp kl mau maen tega2an ya paling mending itu kayanya. meskipun kl sampai harga naik ya out of budget jadinya, skrg aja pas budget itu pekgo seliter.
YM25
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Jan 08, 2022 13:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by YM25 »

marmut wrote:
YM25 wrote: Sun Apr 17, 2022 22:26 Ijin bertanya om, saya pemilik Karko th 2005 dengan mesin F10A.
Dari manual book tertera rekomendasi oli yaitu 10w30-10w40-15w40-20w50.
Krn usia Karko saya kini 17th saya pakai oli yg tengah2 yaitu SAE 10w40 namun masih yg semi syntetic.
Oli saat ini pakai TQ7000 10w40 semi syntetic...
Rencana mau pake oli 10w40 full syntetic tp susah merk oli yg sae 10w40 rata2 semi syntetic.
Mohon petunjuk om, oli sae 10w40 full syntetic yg paling bagus apa ya? (Klo ada mohon infonya bbrp oli biar ada perbandingan) Makasi [emoji120]


kenapa nggak geser dikit ke 5w40? banyak full sinte.
atau iseng pakai 5w30, pilihan semi sinte atau full sinte lebih luas.
Krn ga ada di manual book jd ga ada kepikiran buat ke 5w40 om.
Untuk buntut 30 jg maunya tak coba tp takut rembes krn gasket bagian mesin dah tua, klo itu sampai rembes mesti turun mesin om hanya krn mesti ganti gasket doank.
Makanya pake 10w40 biar aman...
Ok deh cb di 5w40 krn buntut sama kekentalan pun sama, tks om [emoji120]
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mcdelivery »

marmut wrote: Mon Apr 18, 2022 2:42
mcdelivery wrote: Sun Apr 17, 2022 11:50 Abs ganti oli dengan bardahl 5w30 emg kesannya lebih oke sih dibanding amsoil max duty... Di yaris ane kalo yg max duty lebih panas aja dan setelah 6000 km susut sekitar 250 ml


cara tau lebih panas dan lebih dingin gimana?
Ga ada data yg pasti secara angka untuk suhu... Cuma secara feeling pegang dipstick oli ketika pakai maxduty panasnya smpe nyengat, tp ketika pake oli yg buntut 30 panasnya g nyengat :big_peace:

Kondisi tes oli barunya setelah dipakai pulang dr tangerang ya ke depok
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

well wrote: Mon Apr 18, 2022 5:07
Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 3:19
Mercer29 wrote: Mon Apr 18, 2022 3:01

Ini bukannya hanya kalo kondisi dengan repeated cold start tanpa sesekali diselipin long trip ya?

Parameter oil change interval kok seinget saya sebelum viscosity nya udah naik terus secara exponential ya hehe
Nah klo keseringan repeated cold start atau berkendara jarak pendek, bisa resiko fuel dilution (FD).

Tapi, FD ini jg msh dalam batas toleransi, selama =< 2% (according lab blackstone sono)



The point is, pakai w20 kelas eco atau mainstream totally gpp, selama gak lbh dr 6 bln atau 5rb Km :big_peace:
Rekan2 SM, Saya pakai mesin 2NR-FE CVT, jarang luar kota dan realtif rpm rendah2 terus.
Saat ini pakai 0w20, di oli ada campur bau bensin jg sih, apakah kalau sesekali luar kota pakai high rpm kandungan bensin di oli bs berkurang y?
untuk mastiin ada FD atau nggak dan apakah tolerable atau nggak, kudu test lab.

di mobil saya jg gtu kmrn, Q8 bau bensin, tapi pas test lab, FD = 0 :mky_03:
visco 100'C jg stabil masih di area 8 koma (W20)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

arfs wrote: Sun Apr 17, 2022 12:07
Chr1stm1 wrote: Sun Apr 17, 2022 3:16
melson wrote: Sat Apr 16, 2022 18:30 Om Turbo,

Wuling almaz turbo rekomen gak pake oli 0w20?

Di manual sih disuruh pake 5w30, tapi mksdnya pengen lbh enteng dan irit
Cocok2 aja, selama minimal api SN+ utk cegah LSPI
Almaz sepertinya aman dari gejala LSPI karena masih pakai port injection.
LSPI kan sering terjadi nya di mesin bensin turbo yang pakai direct injection.

CMIIW
Betul, almaz mah gak ada gejala lspi, belum perlu sn+ ato sp. Api SN udah ok.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 6:05
well wrote: Mon Apr 18, 2022 5:07
Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 3:19

Nah klo keseringan repeated cold start atau berkendara jarak pendek, bisa resiko fuel dilution (FD).

Tapi, FD ini jg msh dalam batas toleransi, selama =< 2% (according lab blackstone sono)



The point is, pakai w20 kelas eco atau mainstream totally gpp, selama gak lbh dr 6 bln atau 5rb Km :big_peace:
Rekan2 SM, Saya pakai mesin 2NR-FE CVT, jarang luar kota dan realtif rpm rendah2 terus.
Saat ini pakai 0w20, di oli ada campur bau bensin jg sih, apakah kalau sesekali luar kota pakai high rpm kandungan bensin di oli bs berkurang y?
untuk mastiin ada FD atau nggak dan apakah tolerable atau nggak, kudu test lab.

di mobil saya jg gtu kmrn, Q8 bau bensin, tapi pas test lab, FD = 0 :mky_03:
visco 100'C jg stabil masih di area 8 koma (W20)
Pengalaman saya sih kalo oli bau bensin belom tentu fd melebihi batas. Tapi kalo warnanya udah jadi biru/ijo banget, mulai yakin kena FD.
redrover
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Sat Feb 09, 2019 4:40
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Nissan Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by redrover »

Omnibus wrote: Mon Apr 18, 2022 5:09
redrover wrote: Mon Apr 18, 2022 4:56
Nah ini masuk ke radar oli saya juga nih om, AMS OE 0w20 ada yg jual 150/L di toko ijo dan masih masuk ke budget lah.
Apakah oli ini termasuk oli yg sesuai dengan kebutuhan saya? bisa penggantian 12 bulan dgn odo <7k km.
sebenernya engga. sebab kl mau 12 bln hrs yg signature series aka keraton.

tp kl mau maen tega2an ya paling mending itu kayanya. meskipun kl sampai harga naik ya out of budget jadinya, skrg aja pas budget itu pekgo seliter.
Oke makasih sarannya om, paling nanti saya up budgetnya ke oli keraton, kayaknya masih bisa sih :ungg:
Semoga aja masih ada promo2 oli keraton :mky_01:
- B5-ME (2012~2014) | HR12DE (2014~2019) | 4A91 (2019~...)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

mcdelivery wrote: Mon Apr 18, 2022 5:40

Ga ada data yg pasti secara angka untuk suhu... Cuma secara feeling pegang dipstick oli ketika pakai maxduty panasnya smpe nyengat, tp ketika pake oli yg buntut 30 panasnya g nyengat :big_peace:

Kondisi tes oli barunya setelah dipakai pulang dr tangerang ya ke depok


pake thermometer biar nggak diketawain. thermogun yang pekjigoan banyak sekarang.

dan cara pemeriksaannya musti sama. misalkan samasama perjalanan 5km dengan suhu sekitar miripmirip.
atau samasama idle 5menit dengan suhu sekitar juga mirip.
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ariswp »

baru saja nyobain oli spesifik diesel heavy duty buatan si unyil, seri pallas 5w30 100% synthetique acea e6/e7/e9 api ck4 tapi juga masih ada sertifikasi api sn nya (masih masuk di gasoline engine)

sebelumnya pakai oli 0w20 murah si eneos asia sn,
setelah ganti unyil berasa alusnya, tapi feelnya masi enteng dan gleser ini oli, mesin juga relatif adem, jalan santai 1500-2000rpm ketika senja, temperatur mesin yg biasanya 2-3strip dibawah 1/2, skrg jadi sering 1/4 saja

menurut si unyil sanggup dipake long drain 150.000 miles di heavy duty trucks (tapi ya T&C berlaku, apalagi pengujian dan kualitas bbm diesel di eropa ya jauhlah sama disini :big_blushing:
kalo saya mungkin cukup sampe 5000-7000km saja di mesin gasoline sohc

datasheetnya bisa dilihat disini :
https://www.unil-opal.com/wp-content/up ... 0_5W30.pdf


tapi untuk pemggantian 5 bulan kedepan udah prepare oli promoan SnD juga sih, shell astra premium 0w20 dexos1g2 pureplus dari 1jt ke 525rb, lumayan banget dapet oli top tiernya shell non eco2an, pernah pake ini oli tahun 2020 lalu pas promo juga, hajar 11200km :big_grin:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 971
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

sahabatq8 wrote: Mon Apr 18, 2022 6:23
Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 6:05
well wrote: Mon Apr 18, 2022 5:07

Rekan2 SM, Saya pakai mesin 2NR-FE CVT, jarang luar kota dan realtif rpm rendah2 terus.
Saat ini pakai 0w20, di oli ada campur bau bensin jg sih, apakah kalau sesekali luar kota pakai high rpm kandungan bensin di oli bs berkurang y?
untuk mastiin ada FD atau nggak dan apakah tolerable atau nggak, kudu test lab.

di mobil saya jg gtu kmrn, Q8 bau bensin, tapi pas test lab, FD = 0 :mky_03:
visco 100'C jg stabil masih di area 8 koma (W20)
Pengalaman saya sih kalo oli bau bensin belom tentu fd melebihi batas. Tapi kalo warnanya udah jadi biru/ijo banget, mulai yakin kena FD.
oh, ok thx infonya... semakin paham
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

redrover wrote: Mon Apr 18, 2022 6:36
Omnibus wrote: Mon Apr 18, 2022 5:09
redrover wrote: Mon Apr 18, 2022 4:56
Nah ini masuk ke radar oli saya juga nih om, AMS OE 0w20 ada yg jual 150/L di toko ijo dan masih masuk ke budget lah.
Apakah oli ini termasuk oli yg sesuai dengan kebutuhan saya? bisa penggantian 12 bulan dgn odo <7k km.
sebenernya engga. sebab kl mau 12 bln hrs yg signature series aka keraton.

tp kl mau maen tega2an ya paling mending itu kayanya. meskipun kl sampai harga naik ya out of budget jadinya, skrg aja pas budget itu pekgo seliter.
Oke makasih sarannya om, paling nanti saya up budgetnya ke oli keraton, kayaknya masih bisa sih :ungg:
Semoga aja masih ada promo2 oli keraton :mky_01:
Tinggal tambah 30rb dapet tuh, Q8 D1 FE 0W20. Kalo mau ngirit bgt tapi tetep mau 1 tahun ocinya terpaksa ya turun ke 5w30, Q8 g/d1 145rban.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Chr1stm1 wrote: Sat Apr 16, 2022 16:32
Pake shell 0w20 premium promo di SnD 4 liter 520rb juga joss, isi sama dgn shell helix ultra spbu..
ini dpt info dr mana om shell 0w20 premium SnD (maksudnya shell helix astra premium 0w20 ya?) isinya sama dgn shell helix ultra?