Almaz sepertinya aman dari gejala LSPI karena masih pakai port injection.
LSPI kan sering terjadi nya di mesin bensin turbo yang pakai direct injection.
CMIIW
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Almaz sepertinya aman dari gejala LSPI karena masih pakai port injection.
Manual book dan bawaan almaz mmg 5w30 om.Suryaputra wrote: Sun Apr 17, 2022 7:58Follow manual book aja mbah
Range visco brp yg dibolehin?
Lspi = ngelitik di kecepatan rendah, krn ada bagian kecil dr cairan oli masuk ke ruang bakar
my personal opinion follow manual book ajahmelson wrote: Sun Apr 17, 2022 13:26Manual book dan bawaan almaz mmg 5w30 om.Suryaputra wrote: Sun Apr 17, 2022 7:58Follow manual book aja mbahmelson wrote: Sun Apr 17, 2022 7:39
Oh beneran boleh? Soalnya anjuran 5w30 . Lspi apa y?
Dulu di honda saya pake 0w20 q8 sih
Range visco brp yg dibolehin?
Lspi = ngelitik di kecepatan rendah, krn ada bagian kecil dr cairan oli masuk ke ruang bakar
Cuma drdl terbiasa pake 0w20 lbh enteng aja
mcdelivery wrote: Sun Apr 17, 2022 11:50 Abs ganti oli dengan bardahl 5w30 emg kesannya lebih oke sih dibanding amsoil max duty... Di yaris ane kalo yg max duty lebih panas aja dan setelah 6000 km susut sekitar 250 ml
YM25 wrote: Sun Apr 17, 2022 22:26 Ijin bertanya om, saya pemilik Karko th 2005 dengan mesin F10A.
Dari manual book tertera rekomendasi oli yaitu 10w30-10w40-15w40-20w50.
Krn usia Karko saya kini 17th saya pakai oli yg tengah2 yaitu SAE 10w40 namun masih yg semi syntetic.
Oli saat ini pakai TQ7000 10w40 semi syntetic...
Rencana mau pake oli 10w40 full syntetic tp susah merk oli yg sae 10w40 rata2 semi syntetic.
Mohon petunjuk om, oli sae 10w40 full syntetic yg paling bagus apa ya? (Klo ada mohon infonya bbrp oli biar ada perbandingan) Makasi [emoji120]
mcdelivery wrote: Sun Apr 17, 2022 11:50 Abs ganti oli dengan bardahl 5w30 emg kesannya lebih oke sih dibanding amsoil max duty... Di yaris ane kalo yg max duty lebih panas aja dan setelah 6000 km susut sekitar 250 ml
Ini bukannya hanya kalo kondisi dengan repeated cold start tanpa sesekali diselipin long trip ya?Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 0:11
That's why, klo mau pakai oli W20, better seri keraton / top of the line.
Why?... karena klo visco W20 seri middle dsb, itu dipakai baru 7000 km, visco nya masuk ke W16
Hal ini gak terjadi di seri2 spt Ams signature, dan sekelasnya.
Dijilat terus dicelupmarmut wrote: Mon Apr 18, 2022 2:42mcdelivery wrote: Sun Apr 17, 2022 11:50 Abs ganti oli dengan bardahl 5w30 emg kesannya lebih oke sih dibanding amsoil max duty... Di yaris ane kalo yg max duty lebih panas aja dan setelah 6000 km susut sekitar 250 ml
cara tau lebih panas dan lebih dingin gimana?
Nah klo keseringan repeated cold start atau berkendara jarak pendek, bisa resiko fuel dilution (FD).Mercer29 wrote: Mon Apr 18, 2022 3:01Ini bukannya hanya kalo kondisi dengan repeated cold start tanpa sesekali diselipin long trip ya?Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 0:11
That's why, klo mau pakai oli W20, better seri keraton / top of the line.
Why?... karena klo visco W20 seri middle dsb, itu dipakai baru 7000 km, visco nya masuk ke W16
Hal ini gak terjadi di seri2 spt Ams signature, dan sekelasnya.
Parameter oil change interval kok seinget saya sebelum viscosity nya udah naik terus secara exponential ya hehe
Nah ini masuk ke radar oli saya juga nih om, AMS OE 0w20 ada yg jual 150/L di toko ijo dan masih masuk ke budget lah.Omnibus wrote: Sat Apr 16, 2022 8:54
ini sekedar random idea nih. anggap aja fagold bisa tahan 12 bln. jadi thn ke 1 pake fagold. thn ke 2 pake fagold lagi. thn ke 3 pake ams oe (skrg 150rb) dgn harapan deterjen lbh tinggi jd seandainya mulai ada bibit2 varnish/sludge bisa terurai lebih dini oleh si ams oe.
thn ke 4 balik lagi fagold, thn ke 5 fagold lagi, thn ke 6 ams oe lagi (or not, kl ternyata fagold ga bikin sludge bisa lanjut fagold terus) dst. jd 2x fagold + 1x ams oe.
cuma coba dilihat, pakai fagold hemat hanya 200rb setahun (50rb x 4L) ketimbang pakai ams oe. sy ga tau buat jij signifikan ga hemat segitu setahun (kurleb Rp 20rb sebulan).
Belum nemu di pasar nih om
DOHC wrote: Sat Apr 16, 2022 11:31 kl rute pemakaian nya kaya gt , dan budget sgitu
pilihan nya mah buanyakk pake banget
misal nya
- DGO![]()
![]()
- aisin green tech
- fastron gold
- ptt eco
tuhh banyak kan... ga harus q8 q8 mulu koq.. kita orang jg bosen baca nya itu itu mulu![]()
![]()
iya om, jika memang demi mobil disayang2, mau ga mau ntar dibeliin oli keratonSuryaputra wrote: Sat Apr 16, 2022 13:47
Pernah lihat uoa nya valvo di sini.
Sy lupa siapa yg ngepost wkt itu.
Dipakai 6 apa 7rb km gtu
Cmn 6 bulan
TBN nya dah kritis 1 koma
TBN kritis = < 2
*Metode astm d4739
Yah klo pakai mobil 3thn sekali ganti, gpp, silahkan ajah pakai oli kelas hemat dan ganti 1 thn sekali.
Tapi 10 tahun pakai? Gak sebanding![]()
Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 3:19Nah klo keseringan repeated cold start atau berkendara jarak pendek, bisa resiko fuel dilution (FD).Mercer29 wrote: Mon Apr 18, 2022 3:01Ini bukannya hanya kalo kondisi dengan repeated cold start tanpa sesekali diselipin long trip ya?Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 0:11
That's why, klo mau pakai oli W20, better seri keraton / top of the line.
Why?... karena klo visco W20 seri middle dsb, itu dipakai baru 7000 km, visco nya masuk ke W16
Hal ini gak terjadi di seri2 spt Ams signature, dan sekelasnya.
Parameter oil change interval kok seinget saya sebelum viscosity nya udah naik terus secara exponential ya hehe
Tapi, FD ini jg msh dalam batas toleransi, selama =< 2% (according lab blackstone sono)
Rekan2 SM, Saya pakai mesin 2NR-FE CVT, jarang luar kota dan realtif rpm rendah2 terus.
Saat ini pakai 0w20, di oli ada campur bau bensin jg sih, apakah kalau sesekali luar kota pakai high rpm kandungan bensin di oli bs berkurang y?
The point is, pakai w20 kelas eco atau mainstream totally gpp, selama gak lbh dr 6 bln atau 5rb Km![]()
sebenernya engga. sebab kl mau 12 bln hrs yg signature series aka keraton.redrover wrote: Mon Apr 18, 2022 4:56
Nah ini masuk ke radar oli saya juga nih om, AMS OE 0w20 ada yg jual 150/L di toko ijo dan masih masuk ke budget lah.
Apakah oli ini termasuk oli yg sesuai dengan kebutuhan saya? bisa penggantian 12 bulan dgn odo <7k km.
Krn ga ada di manual book jd ga ada kepikiran buat ke 5w40 om.marmut wrote:YM25 wrote: Sun Apr 17, 2022 22:26 Ijin bertanya om, saya pemilik Karko th 2005 dengan mesin F10A.
Dari manual book tertera rekomendasi oli yaitu 10w30-10w40-15w40-20w50.
Krn usia Karko saya kini 17th saya pakai oli yg tengah2 yaitu SAE 10w40 namun masih yg semi syntetic.
Oli saat ini pakai TQ7000 10w40 semi syntetic...
Rencana mau pake oli 10w40 full syntetic tp susah merk oli yg sae 10w40 rata2 semi syntetic.
Mohon petunjuk om, oli sae 10w40 full syntetic yg paling bagus apa ya? (Klo ada mohon infonya bbrp oli biar ada perbandingan) Makasi [emoji120]
kenapa nggak geser dikit ke 5w40? banyak full sinte.
atau iseng pakai 5w30, pilihan semi sinte atau full sinte lebih luas.
Ga ada data yg pasti secara angka untuk suhu... Cuma secara feeling pegang dipstick oli ketika pakai maxduty panasnya smpe nyengat, tp ketika pake oli yg buntut 30 panasnya g nyengatmarmut wrote: Mon Apr 18, 2022 2:42mcdelivery wrote: Sun Apr 17, 2022 11:50 Abs ganti oli dengan bardahl 5w30 emg kesannya lebih oke sih dibanding amsoil max duty... Di yaris ane kalo yg max duty lebih panas aja dan setelah 6000 km susut sekitar 250 ml
cara tau lebih panas dan lebih dingin gimana?
untuk mastiin ada FD atau nggak dan apakah tolerable atau nggak, kudu test lab.well wrote: Mon Apr 18, 2022 5:07Rekan2 SM, Saya pakai mesin 2NR-FE CVT, jarang luar kota dan realtif rpm rendah2 terus.Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 3:19Nah klo keseringan repeated cold start atau berkendara jarak pendek, bisa resiko fuel dilution (FD).Mercer29 wrote: Mon Apr 18, 2022 3:01
Ini bukannya hanya kalo kondisi dengan repeated cold start tanpa sesekali diselipin long trip ya?
Parameter oil change interval kok seinget saya sebelum viscosity nya udah naik terus secara exponential ya hehe
Tapi, FD ini jg msh dalam batas toleransi, selama =< 2% (according lab blackstone sono)
The point is, pakai w20 kelas eco atau mainstream totally gpp, selama gak lbh dr 6 bln atau 5rb Km![]()
Saat ini pakai 0w20, di oli ada campur bau bensin jg sih, apakah kalau sesekali luar kota pakai high rpm kandungan bensin di oli bs berkurang y?
Betul, almaz mah gak ada gejala lspi, belum perlu sn+ ato sp. Api SN udah ok.arfs wrote: Sun Apr 17, 2022 12:07Almaz sepertinya aman dari gejala LSPI karena masih pakai port injection.
LSPI kan sering terjadi nya di mesin bensin turbo yang pakai direct injection.
CMIIW
Pengalaman saya sih kalo oli bau bensin belom tentu fd melebihi batas. Tapi kalo warnanya udah jadi biru/ijo banget, mulai yakin kena FD.Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 6:05untuk mastiin ada FD atau nggak dan apakah tolerable atau nggak, kudu test lab.well wrote: Mon Apr 18, 2022 5:07Rekan2 SM, Saya pakai mesin 2NR-FE CVT, jarang luar kota dan realtif rpm rendah2 terus.Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 3:19
Nah klo keseringan repeated cold start atau berkendara jarak pendek, bisa resiko fuel dilution (FD).
Tapi, FD ini jg msh dalam batas toleransi, selama =< 2% (according lab blackstone sono)
The point is, pakai w20 kelas eco atau mainstream totally gpp, selama gak lbh dr 6 bln atau 5rb Km![]()
Saat ini pakai 0w20, di oli ada campur bau bensin jg sih, apakah kalau sesekali luar kota pakai high rpm kandungan bensin di oli bs berkurang y?
di mobil saya jg gtu kmrn, Q8 bau bensin, tapi pas test lab, FD = 0![]()
visco 100'C jg stabil masih di area 8 koma (W20)
Oke makasih sarannya om, paling nanti saya up budgetnya ke oli keraton, kayaknya masih bisa sihOmnibus wrote: Mon Apr 18, 2022 5:09sebenernya engga. sebab kl mau 12 bln hrs yg signature series aka keraton.redrover wrote: Mon Apr 18, 2022 4:56
Nah ini masuk ke radar oli saya juga nih om, AMS OE 0w20 ada yg jual 150/L di toko ijo dan masih masuk ke budget lah.
Apakah oli ini termasuk oli yg sesuai dengan kebutuhan saya? bisa penggantian 12 bulan dgn odo <7k km.
tp kl mau maen tega2an ya paling mending itu kayanya. meskipun kl sampai harga naik ya out of budget jadinya, skrg aja pas budget itu pekgo seliter.
mcdelivery wrote: Mon Apr 18, 2022 5:40
Ga ada data yg pasti secara angka untuk suhu... Cuma secara feeling pegang dipstick oli ketika pakai maxduty panasnya smpe nyengat, tp ketika pake oli yg buntut 30 panasnya g nyengat![]()
Kondisi tes oli barunya setelah dipakai pulang dr tangerang ya ke depok
oh, ok thx infonya... semakin pahamsahabatq8 wrote: Mon Apr 18, 2022 6:23Pengalaman saya sih kalo oli bau bensin belom tentu fd melebihi batas. Tapi kalo warnanya udah jadi biru/ijo banget, mulai yakin kena FD.Suryaputra wrote: Mon Apr 18, 2022 6:05untuk mastiin ada FD atau nggak dan apakah tolerable atau nggak, kudu test lab.well wrote: Mon Apr 18, 2022 5:07
Rekan2 SM, Saya pakai mesin 2NR-FE CVT, jarang luar kota dan realtif rpm rendah2 terus.
Saat ini pakai 0w20, di oli ada campur bau bensin jg sih, apakah kalau sesekali luar kota pakai high rpm kandungan bensin di oli bs berkurang y?
di mobil saya jg gtu kmrn, Q8 bau bensin, tapi pas test lab, FD = 0![]()
visco 100'C jg stabil masih di area 8 koma (W20)
Tinggal tambah 30rb dapet tuh, Q8 D1 FE 0W20. Kalo mau ngirit bgt tapi tetep mau 1 tahun ocinya terpaksa ya turun ke 5w30, Q8 g/d1 145rban.redrover wrote: Mon Apr 18, 2022 6:36Oke makasih sarannya om, paling nanti saya up budgetnya ke oli keraton, kayaknya masih bisa sihOmnibus wrote: Mon Apr 18, 2022 5:09sebenernya engga. sebab kl mau 12 bln hrs yg signature series aka keraton.redrover wrote: Mon Apr 18, 2022 4:56
Nah ini masuk ke radar oli saya juga nih om, AMS OE 0w20 ada yg jual 150/L di toko ijo dan masih masuk ke budget lah.
Apakah oli ini termasuk oli yg sesuai dengan kebutuhan saya? bisa penggantian 12 bulan dgn odo <7k km.
tp kl mau maen tega2an ya paling mending itu kayanya. meskipun kl sampai harga naik ya out of budget jadinya, skrg aja pas budget itu pekgo seliter.![]()
Semoga aja masih ada promo2 oli keraton![]()
ini dpt info dr mana om shell 0w20 premium SnD (maksudnya shell helix astra premium 0w20 ya?) isinya sama dgn shell helix ultra?Chr1stm1 wrote: Sat Apr 16, 2022 16:32
Pake shell 0w20 premium promo di SnD 4 liter 520rb juga joss, isi sama dgn shell helix ultra spbu..