dulu malah ada yg pernah saranin saya suruh pake MAF-nya accent....diambil sensornya, trus dipasang di tabungnya MAF santi...Kuruma wrote:Gundala08 wrote:Bro Imsus2c dan kawan-kawan sesama santier. tadi saya iseng-iseng ngecek MAF santi saya. pertama bahagia sekali karena pas dibuka dan diperiksa terlihat brand new dan segelnyapun punya hyundai dan masih sangat baru. tapi kemudian perasaan was-was muncul karena setelah di cek P/N nya beda sama yg disampaikan bro Imsus. MAF saya P/N nya 28164-38210 merek BOSCH made in korea. saya cek di internet MAF ini untuk type mesin G4JS-G begitu juga untuk MAF punya bro imsus digunakan pada type mesin yang sama. saya cek ke rijayamotor ternyata kedua produk ini dibedakan untuk santi tahun 2001 dan 2002.
menurut bro Imsus dan kawan-kawan bagaimana dengan hal ini apakah kedua jenis MAF ini berbeda ? ada yang tau perbedaannya dan pengaruhnya ke santi saya yang keluaran 2001?
mohon pencerahannya...
Salam Kenal Bro Gundala dan selamat bergabung disini....!!
seperti yang ane jelasin sebelumnya...secara umum sensor ini ga ada perbedaan yang berarti, karena secara visual ga ada beda, socketnya juga terdiri dari pin yang sama...kemungkinan perbedaannya mungkin disignal listrik yang yg diberikan dan berhubungan dengan ECU....penggunaan MAF untuk santi 2002 di 2001, memungkinkan selama dilakukan oleh montir yg berkompoten dalam hal ini Beres ataupun non beres....melalui sedikit modifikasi parameter di ECU, jadi menurut ane yg sudah terpasang dibiarkan saja seperti itu....karena bila diganti dengan yang sesuai P/N 28164-38080 kemungkinan malah menjadi masalah ( cmiiw ).
Tapi dari semua itu, sebaiknya memang dikonsultasikan ke Beres mengenai permasalahan yang ada, karena berefek panjang terhadap tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih boros.
Dalam hal ini, 3 paremaeter utama yg harus kita perhatikan : Udara, Pengapian dan Bahan Bakar...!!
1. Untuk udara ya itu berhubungan dgn MAF ini, selain itu juga dengan Filter udara tentunya
2. Pengapian : ane pikir sebaiknya ntu santi di tune up, ganti busi bila udah brekele
3. Melihat kondisi boil yg udh hampir 10th sebaikknya dilakukan injector cleaning, dan pengalaman ane setelah dilakukan injector cleaning tarikan awalnya mantabs bener...!!
4. Lakukan adjust AFR, untuk menemukan stokiometri yg diharapkan agar nilainya 1
5. Yach ini yg agak sulit ; kebiasaan kaki2 kita.....![]()
![]()
![]()

tapi terus terang tidak saya lakukan, karena ga ada jaminan dan testimonial teknisnya
