Page 81 of 100
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Tue May 14, 2024 14:46
by kenop
MSU wrote: Tue May 14, 2024 13:05
yogaecho wrote: Mon May 13, 2024 11:23
Malam om,
Mau minta pendapat utk ganti 2 ban depan GT bxt pro yg udah benjol dengan ukuran 195/60 r15, best buy nya merk apa ya? Yg ada stock ban di kota ini, cuma ini (gak masukin dunlop r1 dan BS techno)
- GT champiro ecotec, produksi 2023 akhir / 2024 awal
- falken sincera, produksi 0722
Kondisi 2 ban belakang udah di pakai falken sincera ini dan diliat dari spek falken yg tradewear nya 500 dan udah 2 ply dan review dimari yg cukup bagus. sbnarnya bakalan milih falken tapi karena stock yg ada tahun nya awal 2022 itu. Btw, falken sincera ini kategori ban eco atau bukan ya? Dan apa champiro ecotec bener ada improve dari versi sblmnya terutama di noise dan keawetan?
Mohon pendapatnya om, trims
Ini menurut sy ya om...
GT ecotec : so far menurut sy nyaman2 aja..cuma banyak yg bilang ban ini rawan tapaknya tercabik2...seperti kurang tahan lama
BS techno : dulu mobil sy sblmnya pake BS ecopia...feel sy enak2 aja, begitu ganti ban sy downgrade ke techno...berasanya dgn tekanan angin yg sama techno kayak lebih keras & ntah kenapa lebih nyaman ecopia sbtlnya
Yg ecotec msh gampang bopak2 juga??
Blm tobat ini dr champiro eco ternyata ya

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Tue May 14, 2024 14:51
by Greenhunter
Supersedan wrote: Tue May 14, 2024 14:42
Ngabisin ban asymmetric biar rata gimana ya. Rotasinya kan cuma bisa depan ke belakang, belakang ke depan. Bannya gak bisa di balik karena ada inside outside.
Saya bener kalau abisnya gak rata.
Kondisi sekarang udah jalan 25.000
Rotasi udah 2x tiap 10.000 km.
Yang masih tebel taruh depan aja, yang di depan biasanya lebih cepet abis dibanding belakang. Rotasinya ganti kanan kiri, posisi depan belakangnya jgn diubah, depan kanan pindah depan kiri.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Tue May 14, 2024 15:09
by Supersedan
Greenhunter wrote: Tue May 14, 2024 14:51
Supersedan wrote: Tue May 14, 2024 14:42
Ngabisin ban asymmetric biar rata gimana ya. Rotasinya kan cuma bisa depan ke belakang, belakang ke depan. Bannya gak bisa di balik karena ada inside outside.
Saya bener kalau abisnya gak rata.
Kondisi sekarang udah jalan 25.000
Rotasi udah 2x tiap 10.000 km.
Yang masih tebel taruh depan aja, yang di depan biasanya lebih cepet abis dibanding belakang. Rotasinya ganti kanan kiri, posisi depan belakangnya jgn diubah, depan kanan pindah depan kiri.
Maaf om, maksudnya saya gimana biar gak habis bagian dalemnya aja.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.
Jadi ini ban semuanya agak lebih abis bagian dalam, ketauan pas kemarin saya cuci kolong lepas roda, begitu di berdirin rodanya mau jatoh ke bagian dalem.
Kalau rotasi kanan ke kiri, pernah cobain sekali. Pas bagian outside di pasang di bagian inside ketemu hujan feelnya gak enak.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Tue May 14, 2024 15:29
by marmut
Supersedan wrote: Tue May 14, 2024 15:09
.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.
mobil apa? mayoritas mobil memang camber tidak bisa disetel. hanya toe saja yg adjustable.
camber yg skr berapa? bandingkan dgn setelan semestinya, penyimpangan brp banyak?
camber berubah bisa pengaruh dr kondisi ball joint sudah oblak, atau pernah ganti control arm assy yg panjangnya beda (aftermarket).
atau bisa juga kondisi support shock nggak bener sudah waktunya ganti. atau kalo support masih sehat, coba digeser* sedikit posisinya lalu kencengin lagi baut/mur-nya sesuai spek trus liat perubahannya berapa bnyk.
*musti dikerjain sambil liat di monitor saat spooring.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Tue May 14, 2024 21:43
by t105erd
marmut wrote: Tue May 14, 2024 15:29
Supersedan wrote: Tue May 14, 2024 15:09
.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.
mobil apa? mayoritas mobil memang camber tidak bisa disetel. hanya toe saja yg adjustable.
camber yg skr berapa? bandingkan dgn setelan semestinya, penyimpangan brp banyak?
camber berubah bisa pengaruh dr kondisi ball joint sudah oblak, atau pernah ganti control arm assy yg panjangnya beda (aftermarket).
atau bisa juga kondisi support shock nggak bener sudah waktunya ganti. atau kalo support masih sehat, coba digeser* sedikit posisinya lalu kencengin lagi baut/mur-nya sesuai spek trus liat perubahannya berapa bnyk.
*musti dikerjain sambil liat di monitor saat spooring.
kalo ban belakang yg agak chamber itu biasanya kenapa pak? apa yg harus di perbaiki?
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Tue May 14, 2024 23:20
by saturday
Supersedan wrote: Tue May 14, 2024 15:09
Greenhunter wrote: Tue May 14, 2024 14:51
Supersedan wrote: Tue May 14, 2024 14:42
Ngabisin ban asymmetric biar rata gimana ya. Rotasinya kan cuma bisa depan ke belakang, belakang ke depan. Bannya gak bisa di balik karena ada inside outside.
Saya bener kalau abisnya gak rata.
Kondisi sekarang udah jalan 25.000
Rotasi udah 2x tiap 10.000 km.
Yang masih tebel taruh depan aja, yang di depan biasanya lebih cepet abis dibanding belakang. Rotasinya ganti kanan kiri, posisi depan belakangnya jgn diubah, depan kanan pindah depan kiri.
Maaf om, maksudnya saya gimana biar gak habis bagian dalemnya aja.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.
Jadi ini ban semuanya agak lebih abis bagian dalam, ketauan pas kemarin saya cuci kolong lepas roda, begitu di berdirin rodanya mau jatoh ke bagian dalem.
Kalau rotasi kanan ke kiri, pernah cobain sekali. Pas bagian outside di pasang di bagian inside ketemu hujan feelnya gak enak.
Saya juga mengalami kasus ban belakang termakan lebih banyak pada bagian dalam pada Civic FD. Komponen kaki-kaki sehat, memang bawaannya saja cukup banyak negative cambernya. Terpantau -1.3 rear camber di mesin spooring.
Solusinya: Rear adjustable upper arm alias rear camber kit alias rear camber arm
IMG_20240515_060847.jpg
(Kalau nyari di marketplace malah kadang ketemu dengan keyword
CHAMBER 







. Giliran ditulis dengan keyword yang bener camber, malah tidak ketemu)
Karena ini upper arm entah buatan mana, biar aman bushing langsung saya ganti dengan yang replacement original merk RBI dan satu lagi terpaksa custom polyurethane karena camber arm murahan aftermarket ini dimensi salah satu bushingnya beda dengan original.
Dari camber -1.3, saya minta teknisi spooring adjust ke -0.35.
Seharusnya problem ban termakan bagian dalam akan fixed. Sisi negatifnya adalah mobil kalau parkir ditempat datar jadi terlihat culun karena ban yang biasanya agak negative camber berubah jadi agak tegak.
Lalu ada perubahan handling. Mobil jadi gampang belok/berubah arah/"twitchy" karena camber makin ke arah netral/positif. Apalagi saya sudah upgrade rear sway bar dan ada pasang rear arm brace. Secara teknis grip cornering bagian belakang akan berkurang meski sejauh ini sih aman-aman saja.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 4:46
by marmut
t105erd wrote: Tue May 14, 2024 21:43
kalo ban belakang yg agak chamber itu biasanya kenapa pak? apa yg harus di perbaiki?
kalo hubungannya dengan geometri suspensi mobil, namanya
CAMBER pak, bukan chamber.
sudah main di seraya motor lebih dari setaun jangan malah terbelakang bahasa dan ilmunya.
yg kasus ban blakang, positif apa negatif?
solid axle apa multi link?
kalo solid axle, pernah nabrak/kebentur sesuatu?
kalo multi link, bisa dr bawaan pabrik spt kasus pak
saturday
di civic beliau.
atau kalo memang adjustable, ya dari setelannya.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 4:57
by t105erd
marmut wrote: Wed May 15, 2024 4:46
t105erd wrote: Tue May 14, 2024 21:43
kalo ban belakang yg agak chamber itu biasanya kenapa pak? apa yg harus di perbaiki?
kalo hubungannya dengan geometri suspensi mobil, namanya
CAMBER pak, bukan chamber.
sudah main di seraya motor lebih dari setaun jangan malah terbelakang bahasa dan ilmunya.
yg kasus ban blakang, positif apa negatif?
solid axle apa multi link?
kalo solid axle, pernah nabrak/kebentur sesuatu?
kalo multi link, bisa dr bawaan pabrik spt kasus pak
saturday
di civic beliau.
atau kalo memang adjustable, ya dari setelannya.
Maaf pak saya salah.
solid axle kayanya di mobil saya, sedikit camber negatif sekilas kasat mata
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 5:13
by Suryaputra
saturday wrote: Tue May 14, 2024 23:20
Supersedan wrote: Tue May 14, 2024 15:09
Greenhunter wrote: Tue May 14, 2024 14:51
Yang masih tebel taruh depan aja, yang di depan biasanya lebih cepet abis dibanding belakang. Rotasinya ganti kanan kiri, posisi depan belakangnya jgn diubah, depan kanan pindah depan kiri.
Maaf om, maksudnya saya gimana biar gak habis bagian dalemnya aja.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.
Jadi ini ban semuanya agak lebih abis bagian dalam, ketauan pas kemarin saya cuci kolong lepas roda, begitu di berdirin rodanya mau jatoh ke bagian dalem.
Kalau rotasi kanan ke kiri, pernah cobain sekali. Pas bagian outside di pasang di bagian inside ketemu hujan feelnya gak enak.
Saya juga mengalami kasus ban belakang termakan lebih banyak pada bagian dalam pada Civic FD. Komponen kaki-kaki sehat, memang bawaannya saja cukup banyak negative cambernya. Terpantau -1.3 rear camber di mesin spooring.
Solusinya: Rear adjustable upper arm alias rear camber kit alias rear camber arm
IMG_20240515_060847.jpg
(Kalau nyari di marketplace malah kadang ketemu dengan keyword
CHAMBER 







. Giliran ditulis dengan keyword yang bener camber, malah tidak ketemu)
Karena ini upper arm entah buatan mana, biar aman bushing langsung saya ganti dengan yang replacement original merk RBI dan satu lagi terpaksa custom polyurethane karena camber arm murahan aftermarket ini dimensi salah satu bushingnya beda dengan original.
Dari camber -1.3, saya minta teknisi spooring adjust ke -0.35.
Seharusnya problem ban termakan bagian dalam akan fixed. Sisi negatifnya adalah mobil kalau parkir ditempat datar jadi terlihat culun karena ban yang biasanya agak negative camber berubah jadi agak tegak.
Lalu ada perubahan handling. Mobil jadi gampang belok/berubah arah/"twitchy" karena camber makin ke arah netral/positif. Apalagi saya sudah upgrade rear sway bar dan ada pasang rear arm brace. Secara teknis grip cornering bagian belakang akan berkurang meski sejauh ini sih aman-aman saja.
nah ini lah mbah.
selama bergelut mewakili pedagang online.
kadang untuk optimize keyword search, kita tulis juga nama produknya yg salah dan benar
contoh:
- Chamber Camber Kit Civic bla bla bla
klo diketiknya bener CAMBER, ya dagangan kita bisa muncul,
tapi klo diketik salah "chamber"... juga muncul.
jadi walaupun salah penamaan produk, terpaksa dibenarkan juga, demi kebutuhan revenue perusahaan
wkwkwkwkwk

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 5:30
by marmut
t105erd wrote: Wed May 15, 2024 4:57
solid axle kayanya di mobil saya, sedikit camber negatif sekilas kasat mata
pandangan mata sering nipu, coba tes pake waterpas atau benang lot.
kalo mau yg lebih akurat ya ke bengkel spooring, minta print hasil ahir, bandingkan dgn spek pabrik. ada selisih apa enggak?
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 9:25
by CB200RR
Numpang diskusi,
Setahu saya untuk baut roda masing2 mobil kan ada standart kekencangan nya tuh.
Nah, di kota ane bengkel ban tuh pada ngencengin baut roda tanpa kunci torsi.
Bahkan bengkel gede pun kaya gitu, kadang pake impact wrench.
Sebenernya apakah aman ga ya ngencengin baut roda pake impact wrench gitu tanpa kunci torsi?
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 14:10
by classicrock
Halo om om, mau tanya bengkel ban yang recommended di Surabaya. Rencananya November/Desember 2024 nanti mau ganti ban si Avanza sebelum mudik ke Jakarta.
Saya search via Gmaps, ada beberapa toko, tapi yang sreg di hati ada AutoBahn sama Dunia Ban (based on review). Ada yang pernah punya pengalaman belanja di sana?
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 14:17
by marmut
CB200RR wrote: Wed May 15, 2024 9:25
Numpang diskusi,
Setahu saya untuk baut roda masing2 mobil kan ada standart kekencangan nya tuh.
Nah, di kota ane bengkel ban tuh pada ngencengin baut roda tanpa kunci torsi.
Bahkan bengkel gede pun kaya gitu, kadang pake impact wrench.
Sebenernya apakah aman ga ya ngencengin baut roda pake impact wrench gitu tanpa kunci torsi?
kalo mau dipikir dgn akal sehat secara umum, ada alasan knp pabrik mencantumkan besaran dan satuan saat mengencangkan roda. pun pola pengencangan mur roda digambarkan dgn jelas.
kalo bertanya "aman apa enggak", tergantung dr setelan si impek gun tsb.
kalo disetel paling rendah, besar kemungkinan mur roda kendor.
disetel paling tinggi, antara dratnya dol, atau baut putus, atau velg pecah, atau gabungan ketiganya.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 14:42
by Suryaputra
marmut wrote: Wed May 15, 2024 14:17
CB200RR wrote: Wed May 15, 2024 9:25
Numpang diskusi,
Setahu saya untuk baut roda masing2 mobil kan ada standart kekencangan nya tuh.
Nah, di kota ane bengkel ban tuh pada ngencengin baut roda tanpa kunci torsi.
Bahkan bengkel gede pun kaya gitu, kadang pake impact wrench.
Sebenernya apakah aman ga ya ngencengin baut roda pake impact wrench gitu tanpa kunci torsi?
kalo mau dipikir dgn akal sehat secara umum, ada alasan knp pabrik mencantumkan besaran dan satuan saat mengencangkan roda. pun pola pengencangan mur roda digambarkan dgn jelas.
kalo bertanya "aman apa enggak", tergantung dr setelan si impek gun tsb.
kalo disetel paling rendah, besar kemungkinan mur roda kendor.
disetel paling tinggi, antara dratnya dol, atau baut putus, atau velg pecah, atau gabungan ketiganya.
Jadinya malah diperbudak mobil

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 15:47
by marmut
Suryaputra wrote: Wed May 15, 2024 14:42
Jadinya malah diperbudak mobil
sama halnya dgn berumah tangga.
mau beli mobil, ijin istri dulu.
mau upgrade ban, ijin istri dulu.
mau beli oli yg mahalan, ijin istri dulu.
mau pergi mancing sm temen², ijin istri dulu
mau apa², ijin istri.
kok mau diperbudak istri?

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed May 15, 2024 23:58
by MSU
CB200RR wrote: Wed May 15, 2024 9:25
Numpang diskusi,
Setahu saya untuk baut roda masing2 mobil kan ada standart kekencangan nya tuh.
Nah, di kota ane bengkel ban tuh pada ngencengin baut roda tanpa kunci torsi.
Bahkan bengkel gede pun kaya gitu, kadang pake impact wrench.
Sebenernya apakah aman ga ya ngencengin baut roda pake impact wrench gitu tanpa kunci torsi?
ngencengin pake impact tu ga bener...krn tergantung dari input angin ke alat tsb jd ga akurat
tetep harus endingnya kalibrasi pake otot (minimal)
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 3:05
by Suryaputra
marmut wrote: Wed May 15, 2024 15:47
Suryaputra wrote: Wed May 15, 2024 14:42
Jadinya malah diperbudak mobil
sama halnya dgn berumah tangga.
mau beli mobil, ijin istri dulu.
mau upgrade ban, ijin istri dulu.
mau beli oli yg mahalan, ijin istri dulu.
mau pergi mancing sm temen², ijin istri dulu
mau apa², ijin istri.
kok mau diperbudak istri?
makanya jgn ijin.
FYI ajah.
Yg penting istri dah (terpaksa) paham
"masih bagus habisnya ke hiling dan hobby, bukan ke masas"

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 4:11
by ChZ
maren batu makam genset punya cewe ane udah minta ganti ban 4 biji ehnasep bawaan...
krn ane gak tega kasih saran lucknut macem ehnasep jadi dari toko ban dapat opsi falken ze310r. harganya surprisingly sama kayak ehnasep yg grade nya bawaan.
sempat bingung ane jelasin eco-tyre, touring tyre, sport tyre. sampe toko ban dikira touring tyre itu dunlop sp touring, katanya kalo ze310 itu eco tyre (ada logo ecorun nya

) trs ane jelasin ntu istilah toko ban beda ma istilah teknikal. kl falken yg seri eco pan sn832i
1.050 x 4 biji didiskon 200 rebu
impresi sekilas ride dan damping qualitynya lebih enak, kebetulan lewat jalur laknat ngaliyan - BSB semarang yang rutenya aduhai. dibanding pake ehnasep bawaan feelnya langsung berasa gak ngejedak jedak. krn electric motor juga kali ya jadi rolling resistance ze310r yang cukup kuat itu gak terlalu berasa. ane fikir ya udahlah mobil bawaan ud irit juga kalo kota kota

safer juga daripada ban eko ekoan apalagi doi suka ngeluh tampilan ehnasep kayak sering kurang angin pdhl udah diisi sesuai rekomendasi.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 4:16
by Suryaputra
ChZ wrote: Thu May 16, 2024 4:11
maren batu makam genset punya cewe ane udah minta ganti ban 4 biji ehnasep bawaan...
krn ane gak tega kasih saran lucknut macem ehnasep jadi dari toko ban dapat opsi falken ze310r. harganya surprisingly sama kayak ehnasep yg grade nya bawaan.
sempat bingung ane jelasin eco-tyre, touring tyre, sport tyre. sampe toko ban dikira touring tyre itu dunlop sp touring, katanya kalo ze310 itu eco tyre (ada logo ecorun nya

) trs ane jelasin ntu istilah toko ban beda ma istilah teknikal. kl falken yg seri eco pan sn832i
1.050 x 4 biji didiskon 200 rebu
impresi sekilas ride dan damping qualitynya lebih enak, kebetulan lewat jalur laknat ngaliyan - BSB semarang yang rutenya aduhai. dibanding pake ehnasep bawaan feelnya langsung berasa gak ngejedak jedak. krn electric motor juga kali ya jadi rolling resistance ze310r yang cukup kuat itu gak terlalu berasa. ane fikir ya udahlah mobil bawaan ud irit juga kalo kota kota

safer juga daripada ban eko ekoan apalagi doi suka ngeluh tampilan ehnasep kayak sering kurang angin pdhl udah diisi sesuai rekomendasi.
apapun ban nya, fine tuning instalasinya pk Kunci torsi.

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 4:59
by lexnic
ChZ wrote: Thu May 16, 2024 4:11
maren batu makam genset punya cewe ane udah minta ganti ban 4 biji ehnasep bawaan...
krn ane gak tega kasih saran lucknut macem ehnasep jadi dari toko ban dapat opsi falken ze310r. harganya surprisingly sama kayak ehnasep yg grade nya bawaan.
sempat bingung ane jelasin eco-tyre, touring tyre, sport tyre. sampe toko ban dikira touring tyre itu dunlop sp touring, katanya kalo ze310 itu eco tyre (ada logo ecorun nya

) trs ane jelasin ntu istilah toko ban beda ma istilah teknikal. kl falken yg seri eco pan sn832i
1.050 x 4 biji didiskon 200 rebu
impresi sekilas ride dan damping qualitynya lebih enak, kebetulan lewat jalur laknat ngaliyan - BSB semarang yang rutenya aduhai. dibanding pake ehnasep bawaan feelnya langsung berasa gak ngejedak jedak. krn electric motor juga kali ya jadi rolling resistance ze310r yang cukup kuat itu gak terlalu berasa. ane fikir ya udahlah mobil bawaan ud irit juga kalo kota kota

safer juga daripada ban eko ekoan apalagi doi suka ngeluh tampilan ehnasep kayak sering kurang angin pdhl udah diisi sesuai rekomendasi.
skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha.
klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb).
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 5:04
by josomba
lexnic wrote: Thu May 16, 2024 4:59
skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha.
klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb).
Kalau bisa margin setebal mungkin dan konsumen indo pada umumnya (mungkin) tidak terlalu peduli ban, dipasangi lah ban paling lowest grade om
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 5:24
by ChZ
lexnic wrote: Thu May 16, 2024 4:59
skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha.
klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb).
Hack paling mudah pabrikan mobil buat dapet EPA rating bagus itu lower rolling resistance. Kalau di scientific standard testing selisih 1% mpg aja rolling resistance jadi penting.
Mainnya di thinner oil (0w-20 or less), lower rolling resistance, lower shifting point, overdrive gear yg panjang, dll. Dan sialnya ban itu buat 80% pembeli jadi less of a concern kecuali mobilnya berat.
Makanya test2 gini, sebenernya gak relevan. Trik ngakalinnya banyak. Gak mencerminkan real world usage. Buktinya test emisi aja bisa diakalin.
Di sisi produsen ban jadi enak dan murah produksi inventorynya krn nggak perlu bikin oem khusus yang lower grade dari retail lineup. Krn basically eco tyre itu pengganti lower grade oem tyre macem turanza ar/er series skrg ga ada kan? Diganti turanza ya t005a langsung. Dunlop sp sport 2030 ya skrg diganti dunlop enasave.
Biaya riset eco tyre sih mahal, bannya sendiri mahal ga ada yg bilang ecopitak atau ehnasep murah, tp karena banyak yg pake jadi enak. Harga suka suka aja toh buyer kan banyakan ikutin spec factory.
Ban itu komponen yang mudah diakali ketika mau cost cutting, krn most buyers ga liatin merek ban ketika liat mobilnya. Pada mikirnya karet bunder doang apa ngaruhnya, potenza semi slick dan ecopia di mata most pembeli lcgc itu sama sama karet bunder.
Bagi hobbyist, ga masalah bahkan habisin 10juta beli michelin pilot sport series. Jd it's a win win buat pabrikan ban

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 5:51
by Suryaputra
ChZ wrote: Thu May 16, 2024 5:24
lexnic wrote: Thu May 16, 2024 4:59
skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha.
klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb).
Hack paling mudah pabrikan mobil buat dapet EPA rating bagus itu lower rolling resistance. Kalau di scientific standard testing selisih 1% mpg aja rolling resistance jadi penting.
Mainnya di thinner oil (0w-20 or less), lower rolling resistance, lower shifting point, overdrive gear yg panjang, dll. Dan sialnya ban itu buat 80% pembeli jadi less of a concern kecuali mobilnya berat.
Makanya test2 gini, sebenernya gak relevan. Trik ngakalinnya banyak. Gak mencerminkan real world usage. Buktinya test emisi aja bisa diakalin.
Di sisi produsen ban jadi enak dan murah produksi inventorynya krn nggak perlu bikin oem khusus yang lower grade dari retail lineup. Krn basically eco tyre itu pengganti lower grade oem tyre macem turanza ar/er series skrg ga ada kan? Diganti turanza ya t005a langsung. Dunlop sp sport 2030 ya skrg diganti dunlop enasave.
Biaya riset eco tyre sih mahal, bannya sendiri mahal ga ada yg bilang ecopitak atau ehnasep murah, tp karena banyak yg pake jadi enak. Harga suka suka aja toh buyer kan banyakan ikutin spec factory.
Ban itu komponen yang mudah diakali ketika mau cost cutting, krn most buyers ga liatin merek ban ketika liat mobilnya. Pada mikirnya karet bunder doang apa ngaruhnya, potenza semi slick dan ecopia di mata most pembeli lcgc itu sama sama karet bunder.
Bagi hobbyist, ga masalah bahkan habisin 10juta beli michelin pilot sport series. Jd it's a win win buat pabrikan ban
Buktinya EV dr pabrikan ternama aja jg pakai Ehnasep.
Berarti bagus dong
1 unit EV nya aj bisa dpt 2 biji BYD seal ituh
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 6:58
by ChZ
Suryaputra wrote: Thu May 16, 2024 5:51
Buktinya EV dr pabrikan ternama aja jg pakai Ehnasep.
Berarti bagus dong
1 unit EV nya aj bisa dpt 2 biji BYD seal ituh
ban kecintaan kita semua lah, buktinya dipake bmw nya jepang ampe suv full sizednya.
biarpun suv enem silinder terbarunya pake proxes sport

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Thu May 16, 2024 7:45
by Chr1stm1
ChZ wrote: Thu May 16, 2024 5:24
lexnic wrote: Thu May 16, 2024 4:59
skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha.
klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb).
Hack paling mudah pabrikan mobil buat dapet EPA rating bagus itu lower rolling resistance. Kalau di scientific standard testing selisih 1% mpg aja rolling resistance jadi penting.
Mainnya di thinner oil (0w-20 or less), lower rolling resistance, lower shifting point, overdrive gear yg panjang, dll. Dan sialnya ban itu buat 80% pembeli jadi less of a concern kecuali mobilnya berat.
Makanya test2 gini, sebenernya gak relevan. Trik ngakalinnya banyak. Gak mencerminkan real world usage. Buktinya test emisi aja bisa diakalin.
Di sisi produsen ban jadi enak dan murah produksi inventorynya krn nggak perlu bikin oem khusus yang lower grade dari retail lineup. Krn basically eco tyre itu pengganti lower grade oem tyre macem turanza ar/er series skrg ga ada kan? Diganti turanza ya t005a langsung. Dunlop sp sport 2030 ya skrg diganti dunlop enasave.
Biaya riset eco tyre sih mahal, bannya sendiri mahal ga ada yg bilang ecopitak atau ehnasep murah, tp karena banyak yg pake jadi enak. Harga suka suka aja toh buyer kan banyakan ikutin spec factory.
Ban itu komponen yang mudah diakali ketika mau cost cutting, krn most buyers ga liatin merek ban ketika liat mobilnya. Pada mikirnya karet bunder doang apa ngaruhnya, potenza semi slick dan ecopia di mata most pembeli lcgc itu sama sama karet bunder.
Bagi hobbyist, ga masalah bahkan habisin 10juta beli michelin pilot sport series. Jd it's a win win buat pabrikan ban
Setuju Om,
Sekelas gerobak AN Rush saya aja, dari ban bawaanya Savero SUV upgrade ke dunlop LM 705 dengan ukuran ban sama ( 215 65 R16 ) dan tekanan ban yg sama pula, udah beda banget ride qualitynya, berasa naek kelas dari gerobak kayu ke gerobak sepeda
