Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
- di 3000ankm pemakaian topup afw+nya sampai 600ml sampe kaget, untungnya transmisi jadi smooth lagi
yg bikin bingung masa secepet itu nguap sampe 600ml,
dugaan saya bukan nguap, tp krn memang ada atf "hilang" yg nggak diperhitungkan.
di dalem filter lama, kita nggak tau persis brp banyak yg terperangkap.
saat oil pan masih kebuka, yg netes² ditampung nggak? itu juga lumayan jumlahnya kalo dikumpulin.
kalo saya selalu fine tuning saat habis ganti filter
- di 3000ankm pemakaian topup afw+nya sampai 600ml sampe kaget, untungnya transmisi jadi smooth lagi
yg bikin bingung masa secepet itu nguap sampe 600ml,
dugaan saya bukan nguap, tp krn memang ada atf "hilang" yg nggak diperhitungkan.
di dalem filter lama, kita nggak tau persis brp banyak yg terperangkap.
saat oil pan masih kebuka, yg netes² ditampung nggak? itu juga lumayan jumlahnya kalo dikumpulin.
kalo saya selalu fine tuning saat habis ganti filter
- di 3000ankm pemakaian topup afw+nya sampai 600ml sampe kaget, untungnya transmisi jadi smooth lagi
yg bikin bingung masa secepet itu nguap sampe 600ml,
dugaan saya bukan nguap, tp krn memang ada atf "hilang" yg nggak diperhitungkan.
di dalem filter lama, kita nggak tau persis brp banyak yg terperangkap.
saat oil pan masih kebuka, yg netes² ditampung nggak? itu juga lumayan jumlahnya kalo dikumpulin.
kalo saya selalu fine tuning saat habis ganti filter
mbah
kita orang perna ngetap atf
pas kira2 stengah jem abis dipake jalan, nah trus dimasupin sesuai volume atf tadi yg di tap
ternjata besok nya, pas abis dipake jalan, tuh atf level jauh dibawah level sblom nya, ampe shifting jadi ngawur jedag jedug
udah ditampung dan diukur semua mbah baik yg dari pan atau dr dalam filter,
abis isi sesuai volume keluar terakhir, masih sy tambahin lg 200ml an sengaja biar overfill trus nyalain mesin bentar, baru buka checkplug biar netes overfillnya
harusnya udah tepat kan ya isinya
kalo selisih dikit 100-200ml masih okelah, yg bikin bingung kurangnya banyak dan besoknya dipake mulus2 aja sampe akhirnya kena bejek2
danangnurdiantoro wrote: Sun Nov 02, 2025 9:37
Rekomendasi Oli matic dan oli gardan innova barong apa ya om?
Sejauh ini pake 3 oli
1. TMO T-IV
di 11.000 km udah kerasa kurang enak, beberapa kali waktu mau naik gear kerasa ngeden.
2. KIXX DX-VI
Cuman dipake sebentar karena gearbox kerasa kasar, pas dicek speknya ternyata ini cocoknya buat reborn, dulu asal ikutin bengkel aja gak ngecek dulu
3. KIXX Multi ATF
Ini ganti waktu abis tau kalo salah spek yg DX-VI. Impresinya si lebih mulus perpindahan giginya dibanding TMO T-IV. Cuman pernah beberapa kali di jalan agak nanjak kecepatan di 60-80 an waktu gasnya di injak agak dalem langsung kick down sendiri. lama- lama krasa agak mengganggu aja.
Sekarang balik lagi ke TMO T-IV tapi ya gitu di 11 ribu keatas udah mulai krasa gak enak.
Selama ini ganti oli matic gak lebih dari 15 ribu km.
Untuk gardan cuman pernah pake rored HDA 90 sama TMO 90, mau coba ke gulf GL-5 80w90 aman gak ya?
Minta tolong sarannya ni om-om
Pakai spec T-IV aja klo gtu, merk bebas, yg ptg asli.
atau sesuai rekomendasi di manual book
Misal ini mau ganti ke Oli matic merk selain TMO yg dipake sekarang wajib pake metode flusihing kah om?
danangnurdiantoro wrote: Sun Nov 02, 2025 9:37
Rekomendasi Oli matic dan oli gardan innova barong apa ya om?
Sejauh ini pake 3 oli
1. TMO T-IV
di 11.000 km udah kerasa kurang enak, beberapa kali waktu mau naik gear kerasa ngeden.
2. KIXX DX-VI
Cuman dipake sebentar karena gearbox kerasa kasar, pas dicek speknya ternyata ini cocoknya buat reborn, dulu asal ikutin bengkel aja gak ngecek dulu
3. KIXX Multi ATF
Ini ganti waktu abis tau kalo salah spek yg DX-VI. Impresinya si lebih mulus perpindahan giginya dibanding TMO T-IV. Cuman pernah beberapa kali di jalan agak nanjak kecepatan di 60-80 an waktu gasnya di injak agak dalem langsung kick down sendiri. lama- lama krasa agak mengganggu aja.
Sekarang balik lagi ke TMO T-IV tapi ya gitu di 11 ribu keatas udah mulai krasa gak enak.
Selama ini ganti oli matic gak lebih dari 15 ribu km.
Untuk gardan cuman pernah pake rored HDA 90 sama TMO 90, mau coba ke gulf GL-5 80w90 aman gak ya?
Minta tolong sarannya ni om-om
Pakai spec T-IV aja klo gtu, merk bebas, yg ptg asli.
atau sesuai rekomendasi di manual book
Misal ini mau ganti ke Oli matic merk selain TMO yg dipake sekarang wajib pake metode flusihing kah om?
klo saya, gak perlu mbah, cukup ganti aja,
klo dana extra, drain dan refill 2x - unlimited paling.
dengan metode fine tuning yang bisa tanyakan lgs ke expertnya mbah Prof. Marmut
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri