Persamaan FD & FL adalah tenaganya sama-sama 10 PS
Perbedaan shogun FD & FL
FD
- Tidak ada TPS
- Perbandingan rasio gir 14 (depan) dan 35 (belakang)
- Tidak ada balancer
- Berat motor lebih ringan
- 10 ps pada 8500 rpm
FL
- Ada TPS untuk mengubah timing pengapian CDI jadi CDI shogun baru sebenernya adalah CDI dual band ->> keuntungan bensin bisa dibuat miskin pada putaran bawah dan untuk mengkompensasi tenaga yg drop akibat bensin dicekek timing pengapian dimajukan (teknik yg sama dipakai supra X-125)
- Gir Rasio 14 (depan) dan 34(belakang) dibandingkan shogun lama perbandingan lebih berat artinya akselerasi berkurang top speed juga berkurang karena perbandingan gir yg berat juga berarti membatasi putaran mesin tidak bisa tinggi (supaya irit bensin). Secara teori memang perbandingan berat bikin top speed tinggi itu betul bila kondisi mesinya (torsinya gede) dan kondisi jalan panjang. Untuk kondisi perkotaan tidak mungkin mengejar top speed dengan perbandingan gir 14/34 kecuali mesin di modifikasi.
- Ada Balancer untuk meminimalisasi getaran, yang ini bener kerasa banget bedanya dibanding shogun seri FD. Namun balancer tsb juga membuat putaran mesin lebih lambat naik namun sedikit meningkatkan torsi diputaran bawah
- Berat motor lebih berat otomatis membuat rasio tenaga/berat motor = lebih kecil
- 10 ps pada 8000 rpm artinya puncak tenaga didapat di putaran lebih rendah = lebih irit bensin
Kalau mau shogun FL jadi setara dengan shogun FD silakan ganti gear belakang dari 34 menjadi 35. Itu saja sudah cukup untuk mengimbangi shogun FD. Motor saya dengan ganti gir saja bisa sampe 120 di pas pati (gas mentok) sudah cukup lah untuk kondisi perkotaan.
Konsumsi bensin dengan pertamax plus 1:58 untuk FL dan 1:50 untuk FD
Info yang saya dapet dari org suzuki dpt teknik perbandingan gir akhir ini digunakan oleh mayoritas pabrik motor untuk membuat irit bahan bakar. Contoh nyata smash lama (karbu 17) perbandinganya 14/35 smash baru (dgn karbu 18) 14/36. Shogun FL RR (tanpa kopling) 14/34, Shogun FL SP (pakai kopling) 14/35. Saya juga pernah liat Honda Grand Impressa tahun 1999 VS Supra Fit vs Revo dengan spek mesin sama 100 cc dan karbu sama. Seri Revo punya perbandingan gir paling enteng sedangkan grand paling berat mg supaya semboyan irit-irit jadi terbukti mengingat jaman honda impressa lawanya semua motor 2 yak yg boros

Semoga membantu