Sorry kalo kepanjangan, borongan nih hehehe...
Risol1 wrote:roadtrain99 wrote:siapa tau ada definisi lain gitu..jd kan nambah2 info jg. sebab gw bingung kelas gimana. pk kelas yg sama lah suv biar gampang, anggapan umum jg begitu.
hehehe....semestinya penggunaan kata yg digunakan seseorang (apalagi kata yg umum spt "kelas") gak usah diperdebatkan apalagi dikoreksi (dan dikasi tau "mending bagusnya pake kata ini") karena penggunaan kata tsb bergantung dari gaya menulis si penulis tersebut, yang berbeda2 antara 1 orang ke orang lainnya.
Kalo saya liat2 lagi tulisan saya diatas ttg "kelas", rasanya sih jelas2 aja, at least semestinya pembaca kira2 mengertilah maksud tulisan saya. Kalo masih merasa kurang jelas, silahkan tanya.
Lain hal nya kalo saya menyampaikan informasi yg salah, nah kalo ini yg terjadi silahkan dikritik.

..
Spt contohnya tulisan bro Roadtrain sendiri:
roadtrain99 wrote:soal honda vs tyt, anggapan gw dari dulu honda lebih halus aja dr tyt.
Kata "Halus" kan juga mrpk kata umum...
Karena bagaimanapun juga ini adalah sebuah forum yg kalo abis ngetik, biasanya kita langsung klik "send" hehehe....bukan kaya nulis artikel yg punya editor.

[/size]
Hahaha..jd dibahas panjang lebar gini, sbnrnya dr kalimat gw udah clear mau tau jika ada kelas yg lain diluar suv/cuv. mkanya gw nanya biar ga salah paham.
bukan utk debat & bukan utk koreksi. kalo koreksi gw pasti tulis: ‘salah itu, bukan begitu’ dll. kalo merasa dikoreksi, ya jangan, krn gw ga koreksi hehehe.
tentang honda lebih halus itu (biar ga misperception), misalnya accord 85 dgn corona dari interior dsign/material s/d mesin halusan honda. mesin honda lebih halus sensitif maksudnya ga sebandel tyt. Itu dulu. skrg udah ga berlaku lagi krn dua2 nya sangat kompetitif.
wah, klo gw ga lsg pencet send lho, blm sepintar yg lain disini hehehe..
Risol1 wrote:…
"Apa sih image/karakter yg toyota ingin tonjolkan dari produk2 tsb?". Jawaban dari pertanyaan ini biasanya mempunyai korelasi erat dengan pemilihan mesin.
Jadi kenapa mesin 2.7 powernya lebih kecil dari mesin 2.4? ya jawabnya karena policy RD nya toyota yg "mengharuskan" atau "mengatur" supaya begitu. Kalo toyota mau, bisa ngga sih powernya 2.7 (2TR) dibikin lebih gede dari mesin 2.4 (2AZ)? IMO, pasti bisa.....lha wong bikin plugin hybrid aja bisa koq, apalagi cuma naikkin power.
kira2, menurut pengamatan lo, karakter apa yg ingin tyt tonjolkan dgn mesin 2tr-fe di 42ner /pun prado yg berembel lc, sementara tyt punya mesin lebih kecil namun lebih power? nanya betulan lho.
Sebnrnya gw pk cth camry 2.4ltr vs 2.7ltr 42ner utk point out ga hanya krn jumlah cyl/cc lebih lalu menang power, pasti ada yg lain. Krn ada jg kok mesin accord 2.4 4cyl powernya diatas santa fe 2.7 v6. Seblmnya risol bilang santa fe wajar menang power krn konfigurasinya v6 dibanding 42ner yg hanya 4cyl. Gw percaya nya pasti ada hal lainnya jg, bs jd salah 1 nya yg disebut risol company rules.
atau, hm..yg diesel lah, biar sama jumlah cyl nya. cc 42ner > santa fe, tp hp&torque < santa fe. gw cm bs 'loh kok gitu ya?' kesannya tyt agak 1/2 hati kasih teknology ke d4d, pdhal tyt lebih raksasa dari hyundai. apalagi spt risol bilang, hybrid aja bs apalagi up power. atau mungkin krn hati2 thd market?
*imo* at least suv ber basis truck yg bs load besar idealnya bertenaga agak lebih besar lah, apalg mesin 2.7 menurut gw cukup besar.
Risol1 wrote:Kalo soal mobil yg "dibuat di luar jepang" artinya kualitasnya "amburadul" ane gak mao bahas lah, soalnya pembahasan ttg ini udah banyak hehehe.... 
gw hanya bilang beda lho... itu agak extreme, sensitif nanti buat sebagian org di sini.
Risol1 wrote:roadtrain99 wrote:tentang company policy, jgn kan beda merk. yg satu merk/pabrikan aja begitu. cth civic type R versi japan dgn Uk aja udah beda power. Dikarenakan honda nya ga expect org2 di uk butuh power spt yg di japan...
Saya gak tau ini jawaban official dari pihak Honda sendiri atau jawaban "Educated Guess" bro Roadtrain sendiri.
[/size]
official. itu dpt dari "5th gear", keduanya di test di circuit yg sama, hasilnya yg jap version lebih kencang skitar 2 dtk.
Risol1 wrote:Intinya: kalo kita udah bisa "menerima" jawaban/alasan dari Honda diatas kenapa ada perbedaan power mesin dari 2 civic type r (2 mobil yg sama bentuk dan tujuannya yaitu buat balapan/performance), masa sih susah banget untuk kita mengakui bahwa mungkin toyota juga pake alesan yg sama di kasus perbedaan power mesin camry dan fortuner (apalagi contohnya lebih ekstrim yaitu 2 mobil yg beda bentuk dan peruntukkan), yaitu "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik Fortuner butuh power lebih gede daripada pemilik camry" atau "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik camry butuh torsi lebih gede daripada pemilik Fortuner" atau "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik SUV butuh performance yg fantastis spt pemilik Camry". Ketiga kemungkinan alesan2 tsb cuma dibolak-balik aja, intinya sih sama seperti alesan bro Roadtrain ttg perbedaan power 2 civic type r diatas.
bukan soal ga terima, cm sekedar wonder aja 2tr-fe sedemikian tenaganya pdhal cc nya besar, apalg utk 7seater suv. jika tyt nya release reason why (which i dont think they will), gw ga bertanya. Namun klo guessing educatedly, knp dipasang di 42ner/prado, tak ayal supaya ada variant supaya market range nya besar.
gw ga berani berandai2 dgn pk reason dari honda itu ke tyt ini lho.
Risol1 wrote:Jadi kalo kita menganalisa dari alesan yg bro roadtrain kemukakan diatas ttg perbedaan power 2 civic type r, maka ada juga dong kemungkinan bahwa berbedaan power mesin camry dengan fortuner juga spt itu, BUKAN karena mesin fortuner jelek/murahan sehingga gak bisa nyamain powernya mesin camry…
Kalo memang kita udah punya mindset bahwa "mesin fortuner = mesin jelek/murahan" ya susah......kita gak akan bisa menerima pendapat lain/masukkan lain yg mungkin lebih masuk akal daripada cuma alasan yg ada di mindset kita tsb
wah, gw rasanya cm bilang santa fe both diesel/petrol lebih ok, bukan berarti yg di 42ner jelek/murahan. gw jg ga maksud mesin 42ner 2.7 murahan negatif, namun harga. Arti -an dibelakang bs sbg lebih, spt "mendingan ambil yg murahan aja ah" maksudnya yg lebih murah. bukan spt kata2 di film “dasar murahan..†hehehe..contoh aja.
gw bukan ber mindset aneh thd mobil nya ya, sebab gw liat di sm byk pendapat2 dgn kata2 yg indah & tinggi sehingga gw curious, apa iya mobil ini sebagus itu.
klo pun gw favor santa fe itu krn liat feature, ga ada embel2 resale/hrg krn TS pun spt itu. kalo yg 1 lebih bagus, gw akan bilang lebih bagus. begicuuuu....hehehe
Risol1 wrote:Sah2 aja orang minta pendapat, yg bisa kita lakukan untuk bantu jawab adalah kasi aja fakta kedua SUV tsb, jadi TS bisa pilih yg mana yg lebih sesuai buat dia. Berguna juga jika sebelumnya TS gak tau kalo ada perbedaan2 tsb.
Saya juga sering koq banding2 mobil2 yg beda jenis....hehehehe....
betul, gw jg sering begitu. hny utk point out aja bhw Ts yg mau minta perbandingan dari member2 sm, sebab ada yg kekeuh bhw mobil2 ini jgn diadu krn kelas nya beda. gw cm ikutin Ts aja.
Risol1 wrote:roadtrain99 wrote:Utk 42ner, mungkin tyt berpikir supaya income lebih dgn cara tersimpel...
namanya jg dagang..se fancy apa istilah tetep pointnya biar sales tinggi...
Betul, makanya karena "taktik" spt itulah toyota bisa jadi automaker no 1 di dunia, juga karena "taktik" itulah toyota bisa "kelihatannya" punya banyak varian untuk mengakomodasi macam2 orang/kebutuhan.
[/size]
begitulah yg gw maksud. gw jg anggap ini trik dagang yg memang pintar.
Risol1 wrote:"Taktik" spt ini Kalo dilihat dari sudut yg negatif, memang kayaknya fortuner itu jelek karena dibuat tanpa research yg dalam (kalo kata bro Roadtrain diatas bikin Fort "dgn cara tersimpel"), hanya main tempel2 aja dari komponen2 mobil lain.
Tapi kalo "Taktik" yg sama tsb dilihat dari sudut yg positif, sebenernya taktik ini cukup "genius" juga karena fortuner bisa dapet komponen2 yg cukup bagus dengan harga yg cukup murah karena modal RD yg kecil. Juga kalo diliat2, "taktik" tempel2 ini udah diterapkan toyota sejak berpuluh2 tahun lalu jadi udah terbukti cukup ampuh di bidang kualitas produk maupun dibidang sales yg bagus pula.
simpel kan ga berarti buruk. simpel itu maksudnya spt why bother starting over from 0 when all the sources are prepared.
kt taktiknya jgn pk " dong hehee..nanti dikira lain.
spt yg dibilang disini
http://www.kaysfeld.dk/ITtraining/Engli ... rtuner.htm
BY GEORGE WONG, Star Motoring, Malaysia. (Sunday November 6, 2005) Visually, the Fortuner is a mix of old and new – the rear end has styling cues from the first Lexus RX300 and the front is similar to the Hilux’s. Despite many shared components between the Hilux, Innova and Fortuner to keep production costs down, different body-styles set them apart.
Gw liat trik ini dari positif ya, makanya gw anggap tyt pintar liat pasar. paham ekonomi pun begitu, hasil banyak dgn usaha seminimal mungkin. Intinya cost cutting. jika gw tyt, hal yg sama akan gw lakukan, terlebih punya nama, apalg di indo ini sangat brand minded, ada yg ingin gaya dsb. Ga salah, jgn dinegatifin, memang begitu adanya. pasti ada yg pernah liat jaguar atau alphard isi premium, dll...
Risol1 wrote:Intinya saya gak mao bahas apakah fortuner mobil bagus atau bukan, saya cuma mao bahas bahwa sebenarnya gak ada yg salah dengan "taktik" produksi spt ini. Spt kata pepatah "If it ain't broken, don't fix it" 
gw jg ga nyalahin taktik ini kok bro hehehe...intinya gw cm bandingin feature yg ada antara santa/42ner aja, sebs mungkin ga liat merk atau sasis, asumsi gw TS paling maunya 4x2 kan ya bukan 4x4...*cmiiw*