Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Supersedan wrote: Wed May 07, 2025 2:04
Suhu radiator / coolant ikut berpengaruh kan ya sama oli yg digunakan? *Cmiiw
Mau share pengalaman pakai adnoc voyager star plus eco, pemakaian 8 bulan, 8.200km.
kemarin jalan2 Palembang - Malang PP, yg saya notice begitu liat suhu coolant melalui obd2, saat cruising di jalan tol siang hari panas terik, suhu stabil di 82-83°c, oli sebelum2nya (amsoil ss / ptt super synthetic) biasanya di 84-86°, sangat jarang nyentuh 83°c pas siang hari. Saat kena macet / mesin idle cukup lama pas pake star plus eco juga suhu sedikit lebih rendah dibandingkan oli yg lain.
*Umur coolant udah mau 4 tahun
*Oli belum ada tanda2 penguapan, masih dibatas atas dipstick.
Saya dulu suka gonta ganti oli dr yg murah sampe sekelas amsoil, repanol, kyueith pas nyoba adnoc terutama yg star plus ini lsg saya nobatkan diri saya jadi sahabatAdnoc
Supersedan wrote: Wed May 07, 2025 2:04
Suhu radiator / coolant ikut berpengaruh kan ya sama oli yg digunakan? *Cmiiw
Mau share pengalaman pakai adnoc voyager star plus eco, pemakaian 8 bulan, 8.200km.
kemarin jalan2 Palembang - Malang PP, yg saya notice begitu liat suhu coolant melalui obd2, saat cruising di jalan tol siang hari panas terik, suhu stabil di 82-83°c, oli sebelum2nya (amsoil ss / ptt super synthetic) biasanya di 84-86°, sangat jarang nyentuh 83°c pas siang hari. Saat kena macet / mesin idle cukup lama pas pake star plus eco juga suhu sedikit lebih rendah dibandingkan oli yg lain.
*Umur coolant udah mau 4 tahun
*Oli belum ada tanda2 penguapan, masih dibatas atas dipstick.
Saya dulu suka gonta ganti oli dr yg murah sampe sekelas amsoil, repanol, kyueith pas nyoba adnoc terutama yg star plus ini lsg saya nobatkan diri saya jadi sahabatAdnoc
Supersedan wrote: Wed May 07, 2025 2:04
Suhu radiator / coolant ikut berpengaruh kan ya sama oli yg digunakan? *Cmiiw
Mau share pengalaman pakai adnoc voyager star plus eco, pemakaian 8 bulan, 8.200km.
kemarin jalan2 Palembang - Malang PP, yg saya notice begitu liat suhu coolant melalui obd2, saat cruising di jalan tol siang hari panas terik, suhu stabil di 82-83°c, oli sebelum2nya (amsoil ss / ptt super synthetic) biasanya di 84-86°, sangat jarang nyentuh 83°c pas siang hari. Saat kena macet / mesin idle cukup lama pas pake star plus eco juga suhu sedikit lebih rendah dibandingkan oli yg lain.
*Umur coolant udah mau 4 tahun
*Oli belum ada tanda2 penguapan, masih dibatas atas dipstick.
Saya dulu suka gonta ganti oli dr yg murah sampe sekelas amsoil, repanol, kyueith pas nyoba adnoc terutama yg star plus ini lsg saya nobatkan diri saya jadi sahabatAdnoc
Saya dulu suka gonta ganti oli dr yg murah sampe sekelas amsoil, repanol, kyueith pas nyoba adnoc terutama yg star plus ini lsg saya nobatkan diri saya jadi sahabatAdnoc
Supersedan wrote: Wed May 07, 2025 2:04
Suhu radiator / coolant ikut berpengaruh kan ya sama oli yg digunakan? *Cmiiw
Mau share pengalaman pakai adnoc voyager star plus eco, pemakaian 8 bulan, 8.200km.
kemarin jalan2 Palembang - Malang PP, yg saya notice begitu liat suhu coolant melalui obd2, saat cruising di jalan tol siang hari panas terik, suhu stabil di 82-83°c, oli sebelum2nya (amsoil ss / ptt super synthetic) biasanya di 84-86°, sangat jarang nyentuh 83°c pas siang hari. Saat kena macet / mesin idle cukup lama pas pake star plus eco juga suhu sedikit lebih rendah dibandingkan oli yg lain.
*Umur coolant udah mau 4 tahun
*Oli belum ada tanda2 penguapan, masih dibatas atas dipstick.
Saya dulu suka gonta ganti oli dr yg murah sampe sekelas amsoil, repanol, kyueith pas nyoba adnoc terutama yg star plus ini lsg saya nobatkan diri saya jadi sahabatAdnoc
IMG_20240703_122028.jpg
Salam sobat cap kepala burung
semoga banyak tersedia nih oli motor, susah bgt sekarang dapetnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by t105erd on Wed May 07, 2025 9:11, edited 1 time in total.
Saya dulu suka gonta ganti oli dr yg murah sampe sekelas amsoil, repanol, kyueith pas nyoba adnoc terutama yg star plus ini lsg saya nobatkan diri saya jadi sahabatAdnoc
ternyata butuh 1 kuadriliun rupiah untuk "ganti bungkus kekinian"...........YTTA https://www.pertaminalubricants.com/aut ... _pelumas/1
dnger rumor dari grup sebelah, fastron bakal keluarin 0w16 sih dalam waktu dekat
Supersedan wrote: Wed May 07, 2025 2:04
Suhu radiator / coolant ikut berpengaruh kan ya sama oli yg digunakan? *Cmiiw
Mau share pengalaman pakai adnoc voyager star plus eco, pemakaian 8 bulan, 8.200km.
kemarin jalan2 Palembang - Malang PP, yg saya notice begitu liat suhu coolant melalui obd2, saat cruising di jalan tol siang hari panas terik, suhu stabil di 82-83°c, oli sebelum2nya (amsoil ss / ptt super synthetic) biasanya di 84-86°, sangat jarang nyentuh 83°c pas siang hari. Saat kena macet / mesin idle cukup lama pas pake star plus eco juga suhu sedikit lebih rendah dibandingkan oli yg lain.
*Umur coolant udah mau 4 tahun
*Oli belum ada tanda2 penguapan, masih dibatas atas dipstick.
Saya dulu suka gonta ganti oli dr yg murah sampe sekelas amsoil, repanol, kyueith pas nyoba adnoc terutama yg star plus ini lsg saya nobatkan diri saya jadi sahabatAdnoc
Minta diskon tuh om
Harga dari om FORDBADAK sih sudah cukup bagus. Gimana kalau anda saja yang diskonin produk-produk KyuLapan?
Saya dulu suka gonta ganti oli dr yg murah sampe sekelas amsoil, repanol, kyueith pas nyoba adnoc terutama yg star plus ini lsg saya nobatkan diri saya jadi sahabatAdnoc
Minta diskon tuh om
Harga dari om FORDBADAK sih sudah cukup bagus. Gimana kalau anda saja yang diskonin produk-produk KyuLapan?
Boleh aja om, buat yang mau coba produk baru. PM aja
Harga dari om FORDBADAK sih sudah cukup bagus. Gimana kalau anda saja yang diskonin produk-produk KyuLapan?
Boleh aja om, buat yang mau coba produk baru. PM aja
Boleh. Nanti saya PM yah. Tapi mungkin bisa agak lamaan masih berlaku tidak diskonnya? Soalnya mau UOA oli lain dulu 2x.
Aman, kabarin aja. UOA di hondanya ya? Saya jg lagi in progress mau UOA Q8 Special FE 0w20. Pernah compare gak kalau settingan lebih lean vs lebih rich wear levelnya gimana?
Boleh aja om, buat yang mau coba produk baru. PM aja
Boleh. Nanti saya PM yah. Tapi mungkin bisa agak lamaan masih berlaku tidak diskonnya? Soalnya mau UOA oli lain dulu 2x.
Aman, kabarin aja. UOA di hondanya ya? Saya jg lagi in progress mau UOA Q8 Special FE 0w20. Pernah compare gak kalau settingan lebih lean vs lebih rich wear levelnya gimana?
Iya rencana di Honda dan mungkin juga sekalian Innova.
Setting belum final om. Saya masih mau enrich kondisi close loop ke AFR 14.0, lalu masuk open loop dibuat lebih cepat mungkin sekitaran 30-35% throttle atau kalau bisa by manifold Pressure sekitar 90 Kpa.
Dan tidak lupa ignition timing di advance lagi kalau masih memungkinkan. Wear sepertinya akan meningkat.
afaik.. ada bbrp faktor dr yg saya pernah baca2, jika suhu coolant gak pernah capai temperature kerja ideal >90C
1. coolant yang kurang fresh, bisa kehilangan sifat konduktor panas, akibatnya kemampuan nyerap panas juga beda, sehingga temperature reading gak sensitif, sehingga bacaan sensor terlihat lbh rendah (makanya ini perlunya pabrikan ngasih sensor; engine oil temperature untuk penggunaan ngukur jalan atau heavy use)
2. thermostat kebuka terus posisinya, jd mesin gak capai suhu ideal dalam kondisi diam sekalipun.
pada umumnya, di mesin merk jepang... apalagi jika mobilio (itu sy pernah pakai juga udah hapal), suhu mesin bensin untuk mencapai efisiensi optimal ada di 90-99 C
- Klo kondisi macet / idle gmn ?... apakah tetap di 80an C?
*Klo ini hal yg bagus, - Apakah pernah cuci steam kisi2 radiator?
klo radiator kinclong, pasti suhu lbh rendah
Intinya: Ada baiknya ganti coolant tiap 2 tahun sekali.
harga juga murah, Denso SLCC biru; gak sampai 150rb per 4 liter, tapi mesin segerr
anu om.... daridulu beli mobil gak pernah kuras / ganti air radiator.... mobil udh ada yg 9th.... ada yg 7th..... km130rb....... aman sentosa aja nih om. jarum temperatur suhu nggak pernah naik. air radiator gak pernah nambah juga... bawaan dari pabrik. pabrikan jepang nih mobilnya... japun perfect craftmanship
afaik.. ada bbrp faktor dr yg saya pernah baca2, jika suhu coolant gak pernah capai temperature kerja ideal >90C
1. coolant yang kurang fresh, bisa kehilangan sifat konduktor panas, akibatnya kemampuan nyerap panas juga beda, sehingga temperature reading gak sensitif, sehingga bacaan sensor terlihat lbh rendah (makanya ini perlunya pabrikan ngasih sensor; engine oil temperature untuk penggunaan ngukur jalan atau heavy use)
2. thermostat kebuka terus posisinya, jd mesin gak capai suhu ideal dalam kondisi diam sekalipun.
pada umumnya, di mesin merk jepang... apalagi jika mobilio (itu sy pernah pakai juga udah hapal), suhu mesin bensin untuk mencapai efisiensi optimal ada di 90-99 C
- Klo kondisi macet / idle gmn ?... apakah tetap di 80an C?
*Klo ini hal yg bagus, - Apakah pernah cuci steam kisi2 radiator?
klo radiator kinclong, pasti suhu lbh rendah
Intinya: Ada baiknya ganti coolant tiap 2 tahun sekali.
harga juga murah, Denso SLCC biru; gak sampai 150rb per 4 liter, tapi mesin segerr
anu om.... daridulu beli mobil gak pernah kuras / ganti air radiator.... mobil udh ada yg 9th.... ada yg 7th..... km130rb....... aman sentosa aja nih om. jarum temperatur suhu nggak pernah naik. air radiator gak pernah nambah juga... bawaan dari pabrik. pabrikan jepang nih mobilnya... japun perfect craftmanship
Iya gpp sih
Pilihan hidup
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri