Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Jagonyaaki »

msd wrote: Sun Jan 19, 2025 20:13 TL;DR: Untuk ringkasnya, silakan baca yang berwarna biru saja 😌

Selamat pagi agan-agan, salam kenal dengan ane member baru SM πŸ™
(di SM kata sapa-nya apa sama kyk Kaskus atau ada istilah tertentu?)
Sudah kurang lebih setahun jadi silent reader sejak dapat wangsit 'jangan terlalu nurut bengkel resmi' dari kolega, akhirnya cari-cari informasi di internet dan sering baca forum ini. Karena sudah kebelet mau bertanya, akhirnya daftar juga.

Awal mula beli mobil, karena terlanjur nabung cukup banyak untuk nikahin pacar 12 tahun (2010-2022), eh ternyata diselingkuhi πŸ₯² (lho malah curhat). Akhirnya gelap mata, tabungan nikah dipakai beli mobil, cash... 😁😁😁 Waktu itu mau ambil Cortez, tapi ortu ane yang kerja di TMMIN gak enak sama rekan sekantor.

Isenglah ane minta mobil jadi-jadian: Avanza 1.3E CVT (dulu E CVT ngga ada di katalog, sekarang sudah ada, mungkin demand-nya tinggi). Eh ternyata ketemu... plus dikasih bonus lampu belakang Veloz + velg Veloz R17 + electric retract. Ane balikin velg Veloz, minta tukar dengan AC auto-nya Veloz aja. Mobil nginap 2 minggu dan kembali dalam keadaan AC masih sama, tapi velg balik ke R15 Avanza E πŸ™ƒ Ternyata gak semudah itu ganti modul AC, mungkin beda dengan pasang modul electric retract spion.

Karena faktor pekerjaan ortu itu jugalah selama ini ane selalu nurut sama bengkel resmi urusan servis, apalagi awalnya dibuat terlena dengan gratis 7x servis berkala (1, 10, 20, ..., 60rb km). Tiba-tiba kolega info kalau TMO 10W-40 gak rekomen untuk interval servis 10rb KM... ane coba nurut + upgrade ke 0W-20, hasilnya memang ternyata bensin hemat, dan oli bekas gak terlalu hitam.

Maintenance mobil ane saat ini:
  • servis berkala tiap 10rb KM di beres sesuai pedoman servis, upgrade TMO 10W-40 ke TMO 0W-20 (bayar 2 liter), ekstra chamber clean
  • tiap 5rb KM (25, 35, dst.) ganti oli mesin, biasanya pakai Shell City Car 0W-20
Upgrade oli dan ganti tiap 5rb cukup berpengaruh ke konsumsi BBM. Data dari MID: non tol 1:11 --> 1:13, tol 1:16 --> 1:22, BBM Pertalite. Kebetulan dapat mertua orang Surabaya, jadi setahun roadtrip Β±3.5rb km (nataru + ultah bumer, biasanya ke Malang, Pacitan, dst., lebaran + kampung halaman bumer-pamer Madiun-Tuban). Uang terpakai untuk nombok oli masih masuk lah dibanding penghematan BBMnya.

Nah, berhubung sekarang posisi odometer sudah menunjukkan 39rb km, ane mau lapor sama istri untuk mulai nabung untuk hal-hal berikut:
  1. Ganti ban, rencana upgrade ke Turanza T005A 205/65 R15. Lebar velg Avanza = 6.5", menurut tabel ini masih rekomen.
    Image
    Berdasarkan percobaan, diameter luar velg + ban maksimal 660mm (225/45 R18), diatas itu akan gasruk jika menikung di turunan (jika menikung di jalan datar, atau turun tanpa menikung, tidak gasruk), sementara diameter luar 205/65 R15 = 647.5mm.

  2. Ganti oli CVT, sudah tanya-tanya bengkel resmi untuk ganti sekalian di servis berkala 40rb km, ditolak mentah-mentah, katanya 'tidak perlu'...
    • Sebenarnya apa memang perlu ganti 40rb km sekali? Harapannya supaya mobil awet.
    • Cukup ganti saja, atau perlu sampai diflushing?
    • Ada rekomendasi bengkel?
    • Ada rekomendasi oli? Sementara ini rencananya pakai Q8 CVT EVO. Harganya memang mencekik, tapi biasanya lepas Plumbon sampai Kalikangkung, atau dari Limo sampai Soetta via JORR 2, ane sering lari 140-160 km/jam. Terkadang tercium bau hangus yang ane duga berasal dari CVT. Ane khawatir umur CVT jadi pendek, dan berharap oli mahal = berkualitas = mencegah kerusakan dini.
  3. Rencananya setelah habis jatah GBSB, mau stop ganti oli tiap 5rb km sekali, tapi olinya diupgrade ke yang tahan 10rb km, misalnya PTT Performa Synthetic 0W-20. BTW, sebenarnya lebih baik mana:
    • pakai oli bagus kyk PTT Performa Synthetic, Motul H-Tech 100+, Total Quartz 9000, diganti setiap 10rb km, atau
    • pakai oli yang biasa-biasa aja kyk TMO, Shell City Car, Fastron EcoGreen, tapi diganti setiap 5rb km?
  4. Cek AC di Herry Auto Cool, sepertinya bengkelnya cukup direkomendasikan member SM
    ryzen1950x wrote: Sat Dec 23, 2023 14:35Boleh diliat, Herry Auto Cool. Temen saya service ac mobilnya di sana hasil nya cukup memuaskan.
    R32GTR wrote: Wed Jan 31, 2024 16:57Emang bagus, liat aja reviewnya di google bintang 5, jarang2 itu.
Selain 4 item diatas, apa ada lagi hal-hal yang perlu diperhatikan/dicek/diservis rutin, asumsi ane tetap servis 10rb km sekali di bengkel resmi sesuai pedoman servis?

Sebelumnya ane ucapkan terima kasih atas perhatian dan kesediaan agan-agan sekalian untuk sharing dengan newbie πŸ™
om, mau tanya dong... sy pake veloz 2024 km baru 4 rb an, kl sdh panas ketika pindah dr D k N seperi ad hentakan. tp kl masih dingin aman tidak ad hentakan dr D ke N. apakah d mobil si om jg sama seperti itu?

dan ternyta oli cvt sy jg kurang, sy tambah 600ml baru full. metode pengecekan nya sama seperi yg om lakuin. setelah d tambah hentakan nya masih ad. cm berkurang jauh. sy kemarin nambah 600ml pake q8 cvt, soalnya kl pake tmo harus beli 1 galon πŸ˜“
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by the-mantal »

Jagonyaaki wrote: Thu Jul 24, 2025 8:27
om, mau tanya dong... sy pake veloz 2024 km baru 4 rb an, kl sdh panas ketika pindah dr D k N seperi ad hentakan. tp kl masih dingin aman tidak ad hentakan dr D ke N. apakah d mobil si om jg sama seperti itu?

dan ternyta oli cvt sy jg kurang, sy tambah 600ml baru full. metode pengecekan nya sama seperi yg om lakuin. setelah d tambah hentakan nya masih ad. cm berkurang jauh. sy kemarin nambah 600ml pake q8 cvt, soalnya kl pake tmo harus beli 1 galon πŸ˜“
Hentakan nya hanya bunyi jedek, atau ada gerakan di mobil? Kl di xenia kdg kejadian sih dari D ke N bunyi jedek tp ga sampai ada gerakan.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

Jagonyaaki wrote: Thu Jul 24, 2025 8:27

om, mau tanya dong... sy pake veloz 2024 km baru 4 rb an, kl sdh panas ketika pindah dr D k N seperi ad hentakan. tp kl masih dingin aman tidak ad hentakan dr D ke N. apakah d mobil si om jg sama seperti itu?

dan ternyta oli cvt sy jg kurang, sy tambah 600ml baru full. metode pengecekan nya sama seperi yg om lakuin. setelah d tambah hentakan nya masih ad. cm berkurang jauh. sy kemarin nambah 600ml pake q8 cvt, soalnya kl pake tmo harus beli 1 galon πŸ˜“
karena ketika panas = viscocity olinya mengencer.

selama sentakan halus, bukan kasar, normal koq.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

Jagonyaaki wrote: Thu Jul 24, 2025 8:27
msd wrote: Sun Jan 19, 2025 20:13 TL;DR: Untuk ringkasnya, silakan baca yang berwarna biru saja 😌

Selamat pagi agan-agan, salam kenal dengan ane member baru SM πŸ™
(di SM kata sapa-nya apa sama kyk Kaskus atau ada istilah tertentu?)
Sudah kurang lebih setahun jadi silent reader sejak dapat wangsit 'jangan terlalu nurut bengkel resmi' dari kolega, akhirnya cari-cari informasi di internet dan sering baca forum ini. Karena sudah kebelet mau bertanya, akhirnya daftar juga.

Awal mula beli mobil, karena terlanjur nabung cukup banyak untuk nikahin pacar 12 tahun (2010-2022), eh ternyata diselingkuhi πŸ₯² (lho malah curhat). Akhirnya gelap mata, tabungan nikah dipakai beli mobil, cash... 😁😁😁 Waktu itu mau ambil Cortez, tapi ortu ane yang kerja di TMMIN gak enak sama rekan sekantor.

Isenglah ane minta mobil jadi-jadian: Avanza 1.3E CVT (dulu E CVT ngga ada di katalog, sekarang sudah ada, mungkin demand-nya tinggi). Eh ternyata ketemu... plus dikasih bonus lampu belakang Veloz + velg Veloz R17 + electric retract. Ane balikin velg Veloz, minta tukar dengan AC auto-nya Veloz aja. Mobil nginap 2 minggu dan kembali dalam keadaan AC masih sama, tapi velg balik ke R15 Avanza E πŸ™ƒ Ternyata gak semudah itu ganti modul AC, mungkin beda dengan pasang modul electric retract spion.

Karena faktor pekerjaan ortu itu jugalah selama ini ane selalu nurut sama bengkel resmi urusan servis, apalagi awalnya dibuat terlena dengan gratis 7x servis berkala (1, 10, 20, ..., 60rb km). Tiba-tiba kolega info kalau TMO 10W-40 gak rekomen untuk interval servis 10rb KM... ane coba nurut + upgrade ke 0W-20, hasilnya memang ternyata bensin hemat, dan oli bekas gak terlalu hitam.

Maintenance mobil ane saat ini:
  • servis berkala tiap 10rb KM di beres sesuai pedoman servis, upgrade TMO 10W-40 ke TMO 0W-20 (bayar 2 liter), ekstra chamber clean
  • tiap 5rb KM (25, 35, dst.) ganti oli mesin, biasanya pakai Shell City Car 0W-20
Upgrade oli dan ganti tiap 5rb cukup berpengaruh ke konsumsi BBM. Data dari MID: non tol 1:11 --> 1:13, tol 1:16 --> 1:22, BBM Pertalite. Kebetulan dapat mertua orang Surabaya, jadi setahun roadtrip Β±3.5rb km (nataru + ultah bumer, biasanya ke Malang, Pacitan, dst., lebaran + kampung halaman bumer-pamer Madiun-Tuban). Uang terpakai untuk nombok oli masih masuk lah dibanding penghematan BBMnya.

Nah, berhubung sekarang posisi odometer sudah menunjukkan 39rb km, ane mau lapor sama istri untuk mulai nabung untuk hal-hal berikut:
  1. Ganti ban, rencana upgrade ke Turanza T005A 205/65 R15. Lebar velg Avanza = 6.5", menurut tabel ini masih rekomen.
    Image
    Berdasarkan percobaan, diameter luar velg + ban maksimal 660mm (225/45 R18), diatas itu akan gasruk jika menikung di turunan (jika menikung di jalan datar, atau turun tanpa menikung, tidak gasruk), sementara diameter luar 205/65 R15 = 647.5mm.

  2. Ganti oli CVT, sudah tanya-tanya bengkel resmi untuk ganti sekalian di servis berkala 40rb km, ditolak mentah-mentah, katanya 'tidak perlu'...
    • Sebenarnya apa memang perlu ganti 40rb km sekali? Harapannya supaya mobil awet.
    • Cukup ganti saja, atau perlu sampai diflushing?
    • Ada rekomendasi bengkel?
    • Ada rekomendasi oli? Sementara ini rencananya pakai Q8 CVT EVO. Harganya memang mencekik, tapi biasanya lepas Plumbon sampai Kalikangkung, atau dari Limo sampai Soetta via JORR 2, ane sering lari 140-160 km/jam. Terkadang tercium bau hangus yang ane duga berasal dari CVT. Ane khawatir umur CVT jadi pendek, dan berharap oli mahal = berkualitas = mencegah kerusakan dini.
  3. Rencananya setelah habis jatah GBSB, mau stop ganti oli tiap 5rb km sekali, tapi olinya diupgrade ke yang tahan 10rb km, misalnya PTT Performa Synthetic 0W-20. BTW, sebenarnya lebih baik mana:
    • pakai oli bagus kyk PTT Performa Synthetic, Motul H-Tech 100+, Total Quartz 9000, diganti setiap 10rb km, atau
    • pakai oli yang biasa-biasa aja kyk TMO, Shell City Car, Fastron EcoGreen, tapi diganti setiap 5rb km?
  4. Cek AC di Herry Auto Cool, sepertinya bengkelnya cukup direkomendasikan member SM
    ryzen1950x wrote: Sat Dec 23, 2023 14:35Boleh diliat, Herry Auto Cool. Temen saya service ac mobilnya di sana hasil nya cukup memuaskan.
    R32GTR wrote: Wed Jan 31, 2024 16:57Emang bagus, liat aja reviewnya di google bintang 5, jarang2 itu.
Selain 4 item diatas, apa ada lagi hal-hal yang perlu diperhatikan/dicek/diservis rutin, asumsi ane tetap servis 10rb km sekali di bengkel resmi sesuai pedoman servis?

Sebelumnya ane ucapkan terima kasih atas perhatian dan kesediaan agan-agan sekalian untuk sharing dengan newbie πŸ™
om, mau tanya dong... sy pake veloz 2024 km baru 4 rb an, kl sdh panas ketika pindah dr D k N seperi ad hentakan. tp kl masih dingin aman tidak ad hentakan dr D ke N. apakah d mobil si om jg sama seperti itu?

dan ternyta oli cvt sy jg kurang, sy tambah 600ml baru full. metode pengecekan nya sama seperi yg om lakuin. setelah d tambah hentakan nya masih ad. cm berkurang jauh. sy kemarin nambah 600ml pake q8 cvt, soalnya kl pake tmo harus beli 1 galon πŸ˜“
nambahnya bisa pake oli cvt daihatsu om....mereka jualnya kemasan 1 lt
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

coba cek ini om
- Pendinginan CVT (oil cooler) kotor/tersumbat.
- Pressure control solenoid di valve body macet akibat varnish (endapan oli).
millionsuns
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Dec 06, 2023 9:25
Daily Vehicle: Captiva AWD 2015

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by millionsuns »

mau tanya suhu semuanya.
Avanza CVT G saya 2021, beli seken dan ada service record dari toyota di KM 18rb an.
kmarin ini hari sabtu 16 agustus 2025 walaupun belom 20rb km, cuma karena sy pikir mobil sudah jalan 4 thn makanya sy ganti oli CVT nya dengan Shell Spirax CVT.
tap oli CVT 2 liter, dan sekarang pas dipakai rasanya beda.
pas transisi dari low speed ke hi speed seperti lemot ada yg nahan.
rubberband effect nya berasa banget, kayak lemot jeda bisa 2-3 detik baru dia naik lagi speednya.
apakah ini pengaruh dari olinya, apa dari pertalite nya ya ?
kebetulan baru juga isi pertalite
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

millionsuns wrote: Mon Aug 18, 2025 6:44 mau tanya suhu semuanya.
Avanza CVT G saya 2021, beli seken dan ada service record dari toyota di KM 18rb an.
kmarin ini hari sabtu 16 agustus 2025 walaupun belom 20rb km, cuma karena sy pikir mobil sudah jalan 4 thn makanya sy ganti oli CVT nya dengan Shell Spirax CVT.
tap oli CVT 2 liter, dan sekarang pas dipakai rasanya beda.
pas transisi dari low speed ke hi speed seperti lemot ada yg nahan.
rubberband effect nya berasa banget, kayak lemot jeda bisa 2-3 detik baru dia naik lagi speednya.
apakah ini pengaruh dari olinya, apa dari pertalite nya ya ?
kebetulan baru juga isi pertalite
kalo menurut saya :
- pastiin oli-nya asli
- sebelum ganti oli apa diisi pertalite juga? kebetulan saya kapok pake pertalite krn mobil jadi kayak nyentak2, akhirnya pake shell super
- cek level oli-nya....pas mesin udah panas, posisi P, tarik dipstick & cek ketinggian oli matic-nya
- pas ganti oli ada servis apa lagi?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

coba ini Om:
Periksa Level Oli CVT
Reset ECU CVT
millionsuns
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Dec 06, 2023 9:25
Daily Vehicle: Captiva AWD 2015

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by millionsuns »

ilhami wrote: Mon Aug 18, 2025 8:58 coba ini Om:
Periksa Level Oli CVT
Reset ECU CVT
untuk level oli CVT cek dipstick saat mesin mati pas di titik maximum
saat mesin dinyalakan dibawa muter 15 menit, dia pas di titik minimum

untuk reset ecu cvt nanti sy cb cek lagi
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

millionsuns wrote: Tue Aug 19, 2025 6:00
ilhami wrote: Mon Aug 18, 2025 8:58 coba ini Om:
Periksa Level Oli CVT
Reset ECU CVT
untuk level oli CVT cek dipstick saat mesin mati pas di titik maximum
saat mesin dinyalakan dibawa muter 15 menit, dia pas di titik minimum

untuk reset ecu cvt nanti sy cb cek lagi
asumsi dibawa muter 15 menit mesin udh di operating temp -> kayaknya perlu di tambahin dikit...
colek om marmut yang dulu ngajari saya
dulu pas awal avanza sy abis diterima juga hampir di titik bawah, ada suara ngiung alus ntah darimana, tp suspect dr cvt
WhatsApp Image 2025-08-19 at 1.39.42 PM.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
millionsuns
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Dec 06, 2023 9:25
Daily Vehicle: Captiva AWD 2015

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by millionsuns »

MSU wrote: Tue Aug 19, 2025 6:42
millionsuns wrote: Tue Aug 19, 2025 6:00
ilhami wrote: Mon Aug 18, 2025 8:58 coba ini Om:
Periksa Level Oli CVT
Reset ECU CVT
untuk level oli CVT cek dipstick saat mesin mati pas di titik maximum
saat mesin dinyalakan dibawa muter 15 menit, dia pas di titik minimum

untuk reset ecu cvt nanti sy cb cek lagi
asumsi dibawa muter 15 menit mesin udh di operating temp -> kayaknya perlu di tambahin dikit...
colek om marmut yang dulu ngajari saya
dulu pas awal avanza sy abis diterima juga hampir di titik bawah, ada suara ngiung alus ntah darimana, tp suspect dr cvt
WhatsApp Image 2025-08-19 at 1.39.42 PM.jpeg
siap om, kira2 butuh nambah brp ya om untuk sampai level merah itu ?
200-300 ml cukup kah ? krn saya takutnya overfill nanti repot keluarinnya lagi
Last edited by millionsuns on Tue Aug 19, 2025 7:08, edited 1 time in total.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by kunaskun »

MSU wrote: Tue Aug 19, 2025 6:42 asumsi dibawa muter 15 menit mesin udh di operating temp -> kayaknya perlu di tambahin dikit...
colek om marmut yang dulu ngajari saya
dulu pas awal avanza sy abis diterima juga hampir di titik bawah, ada suara ngiung alus ntah darimana, tp suspect dr cvt
WhatsApp Image 2025-08-19 at 1.39.42 PM.jpeg
dan kalau bisa cek ketinggian CVT fluid itu ketika mesin lagi idling di suhu kerja.
millionsuns
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Dec 06, 2023 9:25
Daily Vehicle: Captiva AWD 2015

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by millionsuns »

kunaskun wrote: Tue Aug 19, 2025 7:35
MSU wrote: Tue Aug 19, 2025 6:42 asumsi dibawa muter 15 menit mesin udh di operating temp -> kayaknya perlu di tambahin dikit...
colek om marmut yang dulu ngajari saya
dulu pas awal avanza sy abis diterima juga hampir di titik bawah, ada suara ngiung alus ntah darimana, tp suspect dr cvt
WhatsApp Image 2025-08-19 at 1.39.42 PM.jpeg
dan kalau bisa cek ketinggian CVT fluid itu ketika mesin lagi idling di suhu kerja.
betul om, mesin pas masih nyala sy cabut dipsticknya
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1944
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

millionsuns wrote: Tue Aug 19, 2025 7:04
MSU wrote: Tue Aug 19, 2025 6:42
millionsuns wrote: Tue Aug 19, 2025 6:00

untuk level oli CVT cek dipstick saat mesin mati pas di titik maximum
saat mesin dinyalakan dibawa muter 15 menit, dia pas di titik minimum

untuk reset ecu cvt nanti sy cb cek lagi
asumsi dibawa muter 15 menit mesin udh di operating temp -> kayaknya perlu di tambahin dikit...
colek om marmut yang dulu ngajari saya
dulu pas awal avanza sy abis diterima juga hampir di titik bawah, ada suara ngiung alus ntah darimana, tp suspect dr cvt
WhatsApp Image 2025-08-19 at 1.39.42 PM.jpeg
siap om, kira2 butuh nambah brp ya om untuk sampai level merah itu ?
200-300 ml cukup kah ? krn saya takutnya overfill nanti repot keluarinnya lagi
saran saya nambahinnya bertahap aja om...misal per 100ml...
dulu saya dari level merah itu (1/3 dari full), saya tambahin sampai 3/4 penuh...
ati2 jangan sampai salah jenis oli krn baik shell maupun tmo ni labelnya mirip2
Brilliant8
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Jun 10, 2024 1:18
Daily Vehicle: Audi Q3 2013

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Brilliant8 »

Maintenance CVT biar awet = ganti oli CVT + filternya tiap 20.000km
Dah gtu aja. Pengalaman soalnya, telat ke 40rb, CVTnya langsung dengung