Serba Serbi Ban Part 5

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by tesna »

BF Goodrich G Force Phenom bagus kah? buat ukuran 245/35/19
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by sahabatq8 »

tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 8:01 BF Goodrich G Force Phenom bagus kah? buat ukuran 245/35/19
Ini kalo ga salah yang katanya sekelas pilot sport 4 ya
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by tesna »

sahabatq8 wrote: Wed Nov 13, 2024 8:02
tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 8:01 BF Goodrich G Force Phenom bagus kah? buat ukuran 245/35/19
Ini kalo ga salah yang katanya sekelas pilot sport 4 ya
yg punya sih michelin juga tp ps4 pilot cup 6 juta buat ukuran yg sama. bf 2.5 jt saja, ga mungkin sama siii hrsnya ahhh bimbang
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by sahabatq8 »

tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 8:14
sahabatq8 wrote: Wed Nov 13, 2024 8:02
tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 8:01 BF Goodrich G Force Phenom bagus kah? buat ukuran 245/35/19
Ini kalo ga salah yang katanya sekelas pilot sport 4 ya
yg punya sih michelin juga tp ps4 pilot cup 6 juta buat ukuran yg sama. bf 2.5 jt saja, ga mungkin sama siii hrsnya ahhh bimbang
Kalo 19 kyknya udah masuk pilot sport 4s ya (masih france ini terakhir sih) kalo 18 ada yang pilot sport 4 made in thailand.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 8:01 BF Goodrich G Force Phenom bagus kah? buat ukuran 245/35/19
saya udah pake ukuran 235/40/18 oom. coming from direzza dz102 225/45/18. udah saya buat review first impression di belakang. tapi dipakenya lebih enak sekarang post break-in. saya udah coba hajar2 di jalan komplek berpasir masih gigit, test 0-100 improve banget krn dapet traksi, digas dalem sambil belok mobilnya ngga understeer. klo dulu sering understeer. wet grip juga pede banget minim aquaplanning waktu hujan agak deres, kebetulan belakangan juga mulai musim hujan kan. steer juga lebih ber-feedback rasanya.

kalo senyap dibanding ban sebelumnya ya nggak fair harganya 2 kali lipet :mky_07: tapi buat kuping panci ini rasanya cukup balance performa dan kenyamanannya. cuma ya jangan expect senyapnya bisa kayak comfort touring tyres.

ngga tau kalo dgn PS4 tapi krn di sini PS4 harganya 2.6 juta vs ini 2 juta per pcs udah enak banget. dikali empat jadi selisih 2.4 juta sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by tesna »

sahabatq8 wrote: Wed Nov 13, 2024 8:23

Kalo 19 kyknya udah masuk pilot sport 4s ya (masih france ini terakhir sih) kalo 18 ada yang pilot sport 4 made in thailand.
pilot sport 4 cup 2 tadi yg ada, gila sih 6 juta/pcs dan sptnya semi slick buat di track day hahahah too overkill
ChZ wrote: Wed Nov 13, 2024 8:29

saya udah pake ukuran 235/40/18 oom. coming from direzza dz102 225/45/18. udah saya buat review first impression di belakang. tapi dipakenya lebih enak sekarang post break-in. saya udah coba hajar2 di jalan komplek berpasir masih gigit, test 0-100 improve banget krn dapet traksi, digas dalem sambil belok mobilnya ngga understeer. klo dulu sering understeer. wet grip juga pede banget minim aquaplanning waktu hujan agak deres, kebetulan belakangan juga mulai musim hujan kan. steer juga lebih ber-feedback rasanya.

kalo senyap dibanding ban sebelumnya ya nggak fair harganya 2 kali lipet :mky_07: tapi buat kuping panci ini rasanya cukup balance performa dan kenyamanannya. cuma ya jangan expect senyapnya bisa kayak comfort touring tyres.

ngga tau kalo dgn PS4 tapi krn di sini PS4 harganya 2.6 juta vs ini 2 juta per pcs udah enak banget. dikali empat jadi selisih 2.4 juta sendiri.
thanks om sarannya, jadi lebih PD ambilnya. soalnya googling2 masih sedikit bgt reviewnya, secara ini ban baru di release tahun 2023 jadi long term reviewnya belom pada ada.

berhubung ban lama saya udah ga karuan (habis ga rata) dan udah bocor alus, dan ban ini deket bgt sama urusan keselamatan jadinya udah lah ambil aja itu BF Goodrich.

Kesan awal (cuman drive 10 doang dari bengkel ke kantor di kemacetan) koq rasanya lebih berisik yah dr hankook :big_slap: but lets see setelah break in. Ini lebih tebal sih kelihatannya dibanding hankook, ini ngedonat dibanding hankook yang ngotak.


btw mau sharinng aja ban lama saya, botak di 1 spot doang. Ini karena apa yah :big_cry: Produksi ban 2021 sih emang, tapi baru pakai 2023 akhir. Pakai kira2 5000km dalam setahun doang kali.... dipake mostly dalam kota jakarta, jarang lewat jalanan jelek, (rumah-sekolah-kantor-mol) cuman baru kluar kota sekali doang (bandung doang)

gak ada keluhan apa2 kecuali tau2 ada warning di dash klo kurang angin. di cek tau2 kayak begitu....

W212 M272 '10
AN140 2GD '18
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 9:40
sahabatq8 wrote: Wed Nov 13, 2024 8:23

Kalo 19 kyknya udah masuk pilot sport 4s ya (masih france ini terakhir sih) kalo 18 ada yang pilot sport 4 made in thailand.
pilot sport 4 cup 2 tadi yg ada, gila sih 6 juta/pcs dan sptnya semi slick buat di track day hahahah too overkill
ChZ wrote: Wed Nov 13, 2024 8:29

saya udah pake ukuran 235/40/18 oom. coming from direzza dz102 225/45/18. udah saya buat review first impression di belakang. tapi dipakenya lebih enak sekarang post break-in. saya udah coba hajar2 di jalan komplek berpasir masih gigit, test 0-100 improve banget krn dapet traksi, digas dalem sambil belok mobilnya ngga understeer. klo dulu sering understeer. wet grip juga pede banget minim aquaplanning waktu hujan agak deres, kebetulan belakangan juga mulai musim hujan kan. steer juga lebih ber-feedback rasanya.

kalo senyap dibanding ban sebelumnya ya nggak fair harganya 2 kali lipet :mky_07: tapi buat kuping panci ini rasanya cukup balance performa dan kenyamanannya. cuma ya jangan expect senyapnya bisa kayak comfort touring tyres.

ngga tau kalo dgn PS4 tapi krn di sini PS4 harganya 2.6 juta vs ini 2 juta per pcs udah enak banget. dikali empat jadi selisih 2.4 juta sendiri.
thanks om sarannya, jadi lebih PD ambilnya. soalnya googling2 masih sedikit bgt reviewnya, secara ini ban baru di release tahun 2023 jadi long term reviewnya belom pada ada.

berhubung ban lama saya udah ga karuan (habis ga rata) dan udah bocor alus, dan ban ini deket bgt sama urusan keselamatan jadinya udah lah ambil aja itu BF Goodrich.

Kesan awal (cuman drive 10 doang dari bengkel ke kantor di kemacetan) koq rasanya lebih berisik yah dr hankook :big_slap: but lets see setelah break in. Ini lebih tebal sih kelihatannya dibanding hankook, ini ngedonat dibanding hankook yang ngotak.


btw mau sharinng aja ban lama saya, botak di 1 spot doang. Ini karena apa yah :big_cry: Produksi ban 2021 sih emang, tapi baru pakai 2023 akhir. Pakai kira2 5000km dalam setahun doang kali.... dipake mostly dalam kota jakarta, jarang lewat jalanan jelek, (rumah-sekolah-kantor-mol) cuman baru kluar kota sekali doang (bandung doang)

gak ada keluhan apa2 kecuali tau2 ada warning di dash klo kurang angin. di cek tau2 kayak begitu....

1. kemampuan redam rebound suspensinya gmn?
klo suspensi udh gak bisa meredam spring rate = bisa mentul mentul = akibatnya habis bannya gak rata dalam 1 revolution

2. chamber angle nya gmn?
lebay gak?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ctopher7 »

ChZ wrote: Wed Nov 13, 2024 8:29
tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 8:01 BF Goodrich G Force Phenom bagus kah? buat ukuran 245/35/19
saya udah pake ukuran 235/40/18 oom. coming from direzza dz102 225/45/18. udah saya buat review first impression di belakang. tapi dipakenya lebih enak sekarang post break-in. saya udah coba hajar2 di jalan komplek berpasir masih gigit, test 0-100 improve banget krn dapet traksi, digas dalem sambil belok mobilnya ngga understeer. klo dulu sering understeer. wet grip juga pede banget minim aquaplanning waktu hujan agak deres, kebetulan belakangan juga mulai musim hujan kan. steer juga lebih ber-feedback rasanya.

kalo senyap dibanding ban sebelumnya ya nggak fair harganya 2 kali lipet :mky_07: tapi buat kuping panci ini rasanya cukup balance performa dan kenyamanannya. cuma ya jangan expect senyapnya bisa kayak comfort touring tyres.

ngga tau kalo dgn PS4 tapi krn di sini PS4 harganya 2.6 juta vs ini 2 juta per pcs udah enak banget. dikali empat jadi selisih 2.4 juta sendiri.
direzza dz102 ini menarik , 245/40 r18 cmn sejutaan. jauh ga ya sama conti mc6 yang harganya 2xnya :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11777
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Omnibus »

tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 9:40
itu aneh sih kaya gitu. ga pernah liat yg krn suspensi jdnya begitu, krn cuma spot spesifik itu aja. rasanya lbh ke problem di ban nya. coba aja ke tempat belinya minta dianalisa sama field support produsen ban nya. biasanya mau kok mrk bahkan free of charge. siapa tau beneran krn product defect dan dpt goodwill ban baru (krn kl warranty ban sdh lewat biasanya 6bln/10rb km yg tercapai lbh dulu)

sy dulu pernah di bagian warranty atpm n pernah ngehandle customer complaint spt ini. cuma dia kawat putus jd ga dicover, dianggap kesalahan penggunaan.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by tesna »

Suryaputra wrote: Wed Nov 13, 2024 10:51

1. kemampuan redam rebound suspensinya gmn?
klo suspensi udh gak bisa meredam spring rate = bisa mentul mentul = akibatnya habis bannya gak rata dalam 1 revolution

2. chamber angle nya gmn?
lebay gak?
1. awal2 pakai bilstein b4 + per h&r, brand new 2-2 nya. Tapi ini mental mentul.. di jalan beton sih enak, tapi klo bergelombang apalagi poldur mentok stopper terus. Kayaknya suspension travelnya terlalu pendek buat per H&R. Setup itu cuman bertahan sebulan doang (karena ga tahan) jadinya ganti coilover bc racing, so far sih masih firm ya ngga mental mentul, rebound pasti cuman sekali aja. apa gara2 pake sebulan awal ini jadi bannya kacau...

2. cambernya 2 derajat, ga sampe 3. ga bisa di adjust kecuali beli baut camber (nyarinya ini pening)

tadi toenya ngaco tp udah dibenerin jadi 0 lagi.
PXL_20241113_115543086.jpg
ini jg ga kelihatan miring juga khan..
PXL_20241113_115302940.jpg
Omnibus wrote: Wed Nov 13, 2024 12:11

itu aneh sih kaya gitu. ga pernah liat yg krn suspensi jdnya begitu, krn cuma spot spesifik itu aja. rasanya lbh ke problem di ban nya. coba aja ke tempat belinya minta dianalisa sama field support produsen ban nya. biasanya mau kok mrk bahkan free of charge. siapa tau beneran krn product defect dan dpt goodwill ban baru (krn kl warranty ban sdh lewat biasanya 6bln/10rb km yg tercapai lbh dulu)

sy dulu pernah di bagian warranty atpm n pernah ngehandle customer complaint spt ini. cuma dia kawat putus jd ga dicover, dianggap kesalahan penggunaan.

tadi akhirnya ke tempat spooring (andala ban) cek setelan kaki2. emang ada yang ngaco ssetelannya tapi kata teknisinya juga ini bukan karena suspensi atau setelan spooring nih, karena cuman 1 spot aja. Lebih kayak kegesek gitu 1 bagian.. lah saya ga pernah ngepot2, perasaan ga pernah gesek2 ato ada aneh2.

klo shock breaker mati, biasanya jadi gelombangnya banyak, ga cuman 1 spot ky ban saya. klo setelan spooring ngaco, biasanya 1 lingkaran ga cuman 1 spot aja. ah ntah lah

hajar lobang jg hrsnya benjol bukan jd botak gitu..dia juga bingung.. misteriiii. klo klaim ke pabrikan sih kayaknya susah deh

mobilnya emang pendek sih tapi ga extreme kan..
PXL_20241113_115439352.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11777
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Omnibus »

tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 13:45 ......
hajar lobang jg hrsnya benjol bukan jd botak gitu..dia juga bingung.. misteriiii. klo klaim ke pabrikan sih kayaknya susah deh

mobilnya emang pendek sih tapi ga extreme kan..
PXL_20241113_115439352.jpg
kayanya kena aspal yg cracked kali ya. yg permukaannya ga rata + pecah kali. atau sambungan jalanan.

ga xtreme lah segitu mah msh 2 jarian kan.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Wed Nov 13, 2024 10:51 ...
2. chamber angle
...
Chamber 🤔
2kdpelan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by 2kdpelan »

saturday wrote: Wed Nov 13, 2024 15:26
Suryaputra wrote: Wed Nov 13, 2024 10:51 ...
2. chamber angle
...
Chamber 🤔
Di dalam ban nya disekat2 ruangannya :big_weee:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

2kdpelan wrote: Wed Nov 13, 2024 15:30
saturday wrote: Wed Nov 13, 2024 15:26
Suryaputra wrote: Wed Nov 13, 2024 10:51 ...
2. chamber angle
...
Chamber 🤔
Di dalam ban nya disekat2 ruangannya :big_weee:
:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 9:40
thanks om sarannya, jadi lebih PD ambilnya. soalnya googling2 masih sedikit bgt reviewnya, secara ini ban baru di release tahun 2023 jadi long term reviewnya belom pada ada.

berhubung ban lama saya udah ga karuan (habis ga rata) dan udah bocor alus, dan ban ini deket bgt sama urusan keselamatan jadinya udah lah ambil aja itu BF Goodrich.

Kesan awal (cuman drive 10 doang dari bengkel ke kantor di kemacetan) koq rasanya lebih berisik yah dr hankook :big_slap: but lets see setelah break in. Ini lebih tebal sih kelihatannya dibanding hankook, ini ngedonat dibanding hankook yang ngotak.
ya oom saya juga cari reviewnya susah, tp berhubung BFG reviewnya pada positif di seri yang lain ya udah rada gambling sih :mky_01:

iya awal awal rasanya agak berisik oom, cuma sekarang kok ntah kenapa berkurang berisiknya. angin sama pake 32, terus kemarin sempet yang kanan kurang angin, saya pikir kena paku asem bener ban baru kena paku, eh ternyata pentilnya rusak :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

ctopher7 wrote: Wed Nov 13, 2024 10:56
direzza dz102 ini menarik , 245/40 r18 cmn sejutaan. jauh ga ya sama conti mc6 yang harganya 2xnya :big_biglaugh:
tinggal expect less aja oom, kalo buat ban sejutaan performanya ok banget. tapi kalo expect lebih ya harganya ngga bohong wkwkwkwk

terus dunlop/falken itu murah tapi treadnya juga cepet habis sepengalaman saya. keknya buat improve performa dy pake softer compound jadi cepet habis. bannya soalnya setelah dipake 10-20ribu lumayan berkurang performanya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by farizfsa »

tesna wrote: Wed Nov 13, 2024 13:45
Suryaputra wrote: Wed Nov 13, 2024 10:51

1. kemampuan redam rebound suspensinya gmn?
klo suspensi udh gak bisa meredam spring rate = bisa mentul mentul = akibatnya habis bannya gak rata dalam 1 revolution

2. chamber angle nya gmn?
lebay gak?
1. awal2 pakai bilstein b4 + per h&r, brand new 2-2 nya. Tapi ini mental mentul.. di jalan beton sih enak, tapi klo bergelombang apalagi poldur mentok stopper terus. Kayaknya suspension travelnya terlalu pendek buat per H&R. Setup itu cuman bertahan sebulan doang (karena ga tahan) jadinya ganti coilover bc racing, so far sih masih firm ya ngga mental mentul, rebound pasti cuman sekali aja. apa gara2 pake sebulan awal ini jadi bannya kacau...

2. cambernya 2 derajat, ga sampe 3. ga bisa di adjust kecuali beli baut camber (nyarinya ini pening)

tadi toenya ngaco tp udah dibenerin jadi 0 lagi.
PXL_20241113_115543086.jpg

ini jg ga kelihatan miring juga khan..
PXL_20241113_115302940.jpg

Omnibus wrote: Wed Nov 13, 2024 12:11

itu aneh sih kaya gitu. ga pernah liat yg krn suspensi jdnya begitu, krn cuma spot spesifik itu aja. rasanya lbh ke problem di ban nya. coba aja ke tempat belinya minta dianalisa sama field support produsen ban nya. biasanya mau kok mrk bahkan free of charge. siapa tau beneran krn product defect dan dpt goodwill ban baru (krn kl warranty ban sdh lewat biasanya 6bln/10rb km yg tercapai lbh dulu)

sy dulu pernah di bagian warranty atpm n pernah ngehandle customer complaint spt ini. cuma dia kawat putus jd ga dicover, dianggap kesalahan penggunaan.

tadi akhirnya ke tempat spooring (andala ban) cek setelan kaki2. emang ada yang ngaco ssetelannya tapi kata teknisinya juga ini bukan karena suspensi atau setelan spooring nih, karena cuman 1 spot aja. Lebih kayak kegesek gitu 1 bagian.. lah saya ga pernah ngepot2, perasaan ga pernah gesek2 ato ada aneh2.

klo shock breaker mati, biasanya jadi gelombangnya banyak, ga cuman 1 spot ky ban saya. klo setelan spooring ngaco, biasanya 1 lingkaran ga cuman 1 spot aja. ah ntah lah

hajar lobang jg hrsnya benjol bukan jd botak gitu..dia juga bingung.. misteriiii. klo klaim ke pabrikan sih kayaknya susah deh

mobilnya emang pendek sih tapi ga extreme kan..
PXL_20241113_115439352.jpg
bs jadi ban nya defect.. atau coba tuker velg ban kiri ke kanan. kalo yg satu rusak juga berarti ada yang salah di sisi tersebut.
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by feri307 »

cybrid wrote: Thu Oct 03, 2024 14:04 Malem oom2 sekalian
Mau minta saran ban untuk crv.
Ukuran 235/60 r18. Budget 1.5-2 juta each
Sekarang pakai dunlop sportmaxx
Untuk sementara pilihan saya antara
Bs Dueler H/L, Bs Alenza, atau balik sportmaxx lagi.
Kira2 lebih baik yang mana.
Kebanyakan tol, kadang2 jalanan yg lumayan rusak.
Kalau bisa yg awet sampe high km 😛
udah dipakai brp tahun/brp kilometer itu ban Dunlop Sportmaxx-nya, Om? Gimana impresinya?
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by cybrid »

feri307 wrote: Thu Nov 14, 2024 13:59
cybrid wrote: Thu Oct 03, 2024 14:04 Malem oom2 sekalian
Mau minta saran ban untuk crv.
Ukuran 235/60 r18. Budget 1.5-2 juta each
Sekarang pakai dunlop sportmaxx
Untuk sementara pilihan saya antara
Bs Dueler H/L, Bs Alenza, atau balik sportmaxx lagi.
Kira2 lebih baik yang mana.
Kebanyakan tol, kadang2 jalanan yg lumayan rusak.
Kalau bisa yg awet sampe high km 😛
udah dipakai brp tahun/brp kilometer itu ban Dunlop Sportmaxx-nya, Om? Gimana impresinya?
Sekitar 40-50 ribu km dari 2021. Depan sisa sekitar 2mm dari TWI; belakang sisa 3mm (rotasi tiap 10,000km)
Brisik yg pasti seh terutama di kecepatan tinggi. Kalau pakai dalam kota biasa aja.
Saya pakai ga ugal2an tapinya ya. Soalnya saya ga tll pede pake suv buat zig zag.
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by kenop »

cybrid wrote: Thu Oct 03, 2024 14:04 Malem oom2 sekalian
Mau minta saran ban untuk crv.
Ukuran 235/60 r18. Budget 1.5-2 juta each
Sekarang pakai dunlop sportmaxx
Untuk sementara pilihan saya antara
Bs Dueler H/L, Bs Alenza, atau balik sportmaxx lagi.
Kira2 lebih baik yang mana.
Kebanyakan tol, kadang2 jalanan yg lumayan rusak.
Kalau bisa yg awet sampe high km 😛
Ini sy cobanya ngga di mobil yg sama sih ya

Coba sportmaxx di CRV RM 2014, BS alenza di yaris cross, lebih senyap di yaris cross 2023

Umur ban kira2 sama br jalan 10rb-an, tp ngga tau ya ini yg bikin lebih senyap apa dr ban nya ato emg dr peredaman di CRV yg uda kurang oke

Tp berasanya sih lebih senyap alenza
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by sahabatq8 »

kenop wrote: Fri Nov 15, 2024 5:14
cybrid wrote: Thu Oct 03, 2024 14:04 Malem oom2 sekalian
Mau minta saran ban untuk crv.
Ukuran 235/60 r18. Budget 1.5-2 juta each
Sekarang pakai dunlop sportmaxx
Untuk sementara pilihan saya antara
Bs Dueler H/L, Bs Alenza, atau balik sportmaxx lagi.
Kira2 lebih baik yang mana.
Kebanyakan tol, kadang2 jalanan yg lumayan rusak.
Kalau bisa yg awet sampe high km 😛
Ini sy cobanya ngga di mobil yg sama sih ya

Coba sportmaxx di CRV RM 2014, BS alenza di yaris cross, lebih senyap di yaris cross 2023

Umur ban kira2 sama br jalan 10rb-an, tp ngga tau ya ini yg bikin lebih senyap apa dr ban nya ato emg dr peredaman di CRV yg uda kurang oke

Tp berasanya sih lebih senyap alenza
Sportmaxx emang ban berisik , tapi kalo soal grip dan handling cukup ok.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

cybrid wrote: Fri Nov 15, 2024 4:32

Sekitar 40-50 ribu km dari 2021. Depan sisa sekitar 2mm dari TWI; belakang sisa 3mm (rotasi tiap 10,000km)
Brisik yg pasti seh terutama di kecepatan tinggi. Kalau pakai dalam kota biasa aja.
Saya pakai ga ugal2an tapinya ya. Soalnya saya ga tll pede pake suv buat zig zag.
kalau budget bisa ke 2 juta per ban,

hajar aja BFG advantage touring. langsung berasa peningkatannya pasti. kalo ngga suka ugal ga bakal ngerasain bedanya grip soalnya pasti gimanapun kalah sama sp sport maxx yang UHP. tapi ini dapet nyamannya.

bridgestone biasa menang di umur lebih lama, dunlop performa ok untuk harganya yg biasa paling murah, tapi pengalaman umurnya kurang panjang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Or4cle »

Lifespan Dunlop LM 705 masuk 5 taon, sdh tipis kemakan bagian luar tread sampai kelihatan nylon-nya. Cukup fair buat durability-nya, tread kemakan karena lalai spooring. Ini ban enak dipakai, walaupun sdh tipis gak ada perubahan signifikan masih cukup hening & empuk.

Karena LM 705 harganya sdh meroket, dan dulu pernah pakai Hankook Kinergy EX, maka penggantinya Kinergy Eco2 (K435) yang punya impresi mirip : hening, cukup empuk & rolling resistance rendah, kelemahannya berisik kalau sdh high milleage.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: Fri Nov 15, 2024 14:33 Lifespan Dunlop LM 705 masuk 5 taon, sdh tipis kemakan bagian luar tread sampai kelihatan nylon-nya. Cukup fair buat durability-nya, tread kemakan karena lalai spooring. Ini ban enak dipakai, walaupun sdh tipis gak ada perubahan signifikan masih cukup hening & empuk.

Karena LM 705 harganya sdh meroket, dan dulu pernah pakai Hankook Kinergy EX, maka penggantinya Kinergy Eco2 (K435) yang punya impresi mirip : hening, cukup empuk & rolling resistance rendah, kelemahannya berisik kalau sdh high milleage.
Memang kuncinya jaga tekanan ban yaa

Prnh pk enasep 4thn hit 50rb km, sampai sentuh TWI :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: Fri Nov 15, 2024 23:19
Or4cle wrote: Fri Nov 15, 2024 14:33 Lifespan Dunlop LM 705 masuk 5 taon, sdh tipis kemakan bagian luar tread sampai kelihatan nylon-nya. Cukup fair buat durability-nya, tread kemakan karena lalai spooring. Ini ban enak dipakai, walaupun sdh tipis gak ada perubahan signifikan masih cukup hening & empuk.

Karena LM 705 harganya sdh meroket, dan dulu pernah pakai Hankook Kinergy EX, maka penggantinya Kinergy Eco2 (K435) yang punya impresi mirip : hening, cukup empuk & rolling resistance rendah, kelemahannya berisik kalau sdh high milleage.
Memang kuncinya jaga tekanan ban yaa

Prnh pk enasep 4thn hit 50rb km, sampai sentuh TWI :big_biglaugh:
Tyre2 enasep, ecopeang, gajah duduk gue coret dari list. Gak worthed dari sisi price vs quality, mbah. Balik lagi pakai Hankook krna gak ada lagi yg murah, empuk dan senyap.