Ini emang salah aturan om, cuma di indo sangat membantu kl buat sy pas situasi hujan bener2 deres terutama di tol pas malem (saya ngalamin sendiri). Krn mayoritas mobil disini nggak ada rear foglamp, jd dg situasi saya bilang ya hazard jd penggantinya biar di belakang kita setidaknya aware ada lampu kedip2. Sy bilang cukup membantu dlm case ini juga krn nyetirnya mayoritas pada pelan dg situasi begitu+biasanya kaca film depan pada lomba gelap2anslapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).
Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.
Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Sama om Omni.. mata saya langsung sakit liat Hazard kelap kelip gituOmnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
bbrp tahun yl sempet sewa mobil dan drivernya untuk ke bandung pp.
ketika balik jkt, di tengah jalan hujan deras sekali, itu driver langsung nyalain lampu hi beam depan.
langsung saya tegur, pak lebih baik jangan pake lampu high beam, ntar mobil depan pada silau.
lantas dia bilang, habis saya engga bisa liat jalan karena hujan besar pak.
gubrak dah speechless.....
ketika balik jkt, di tengah jalan hujan deras sekali, itu driver langsung nyalain lampu hi beam depan.
langsung saya tegur, pak lebih baik jangan pake lampu high beam, ntar mobil depan pada silau.
lantas dia bilang, habis saya engga bisa liat jalan karena hujan besar pak.
gubrak dah speechless.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Klo lihat video yg bikin jadi kaco ya ops yg kaget n telat ngerem. Yg lain belom ciuman /walopun udah juga pelan bgt.. ops datang dan jadi mesra semua
Dan saat beruntun tuh hrc udah di jalur sebaliknya.. jd tu anps keknya kaget shock dan penasaran
Btw klo hujan we klo d tol selalu mode gas n glide sambil posisi "nyalakn lmapu rem " walopun deselarasi jya nyaris gada".. biar d belakang juga waspada
Klo mobil pake rear fog gaperlu . Krn mmg lampu belakang di sore hujan kurang keliatan/tembus..
Dan saat beruntun tuh hrc udah di jalur sebaliknya.. jd tu anps keknya kaget shock dan penasaran
Btw klo hujan we klo d tol selalu mode gas n glide sambil posisi "nyalakn lmapu rem " walopun deselarasi jya nyaris gada".. biar d belakang juga waspada
Klo mobil pake rear fog gaperlu . Krn mmg lampu belakang di sore hujan kurang keliatan/tembus..
engine roaring!
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Waktunya hujan deras, waktunya banyak patwal...slapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.
Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.
Ya... daripada bengong baca.
Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.
Ya... daripada bengong baca.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
tapi kan ban tidak flat dan bukannya tidak beralur. kl begitu apakah kl mobil pakai ban motor akan tidak aquaplanning? sptnya malah akan melintir kl lewat genangan air.
mau lebar pun ga masalah yg terpenting kemampuan ban tsb memecah genangan air, berapa debitnya yg sanggup dipompa keluar via alurnya dlm speed tertentu. semakin bisa memompa keluar artinya semakin besar proporsi tapak yg bisa bersentuhan dgn aspal dan dapat traksi.
mau lebar pun ga masalah yg terpenting kemampuan ban tsb memecah genangan air, berapa debitnya yg sanggup dipompa keluar via alurnya dlm speed tertentu. semakin bisa memompa keluar artinya semakin besar proporsi tapak yg bisa bersentuhan dgn aspal dan dapat traksi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Enggi...
Makin beralur makin baik.
Makin beralur makin baik.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
kalo cuma di 1 jalur terus di tol , hazard nyala pas hujan deres masih bisa di mengerti. masalahnya byk juga yg sambul pindah jalur.erwinign wrote: Sun Jan 10, 2021 1:08Ini emang salah aturan om, cuma di indo sangat membantu kl buat sy pas situasi hujan bener2 deres terutama di tol pas malem (saya ngalamin sendiri). Krn mayoritas mobil disini nggak ada rear foglamp, jd dg situasi saya bilang ya hazard jd penggantinya biar di belakang kita setidaknya aware ada lampu kedip2. Sy bilang cukup membantu dlm case ini juga krn nyetirnya mayoritas pada pelan dg situasi begitu+biasanya kaca film depan pada lomba gelap2anslapnuts wrote: Sat Jan 09, 2021 16:01Yes, hazard sangat berfungsi dalam kondisi seperti ini. That’s why mobil-mobil eropa pakai hazard sebagai emergency stop signal.P47hos wrote: Sat Jan 09, 2021 14:57 Biasakan juga klo hard braking tekan Hazard, ini sangat membantu yg dibelakang kita.
Sayangnya di sini, ngaco ketika hujan deras orang-orang pada nyalain hazard berjamaah, udah serasa pohon natal kelap kelip, begitu ada rem mendadak bingung gabisa bedain karena mata sudah terbiasa dengan kelap-kelip sepanjang jalan.
Ane kalo hujan deres jarak pandang minim, ane kasih Sign kanan saja.
sama Blink light terus-menerus itu bikin mata yg lihat cepat lelah dan kadang malah buat distraksi dgn sekitar.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
ban tapak kecil, tidak ada hubungan langsung dgn gampang atau susah aquplanning.maswewe wrote: Sun Jan 10, 2021 8:02 Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.
Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.
Ya... daripada bengong baca.![]()
contoh : F1 bannya buat hujan mana ada di buat kecil size tapak buat lawan aquplanning.
Aquaplanning byk faktornya, mulai dari beban, kecepatan, alur design ban, kedalaman air.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
betul, aquaplanning lebih ke karakter pola alur ban drpd size ban.bembenk95 wrote: Mon Jan 11, 2021 1:41ban tapak kecil, tidak ada hubungan langsung dgn gampang atau susah aquplanning.maswewe wrote: Sun Jan 10, 2021 8:02 Memakai tapak ban lebih kecil, memperkecil resiko aquaplanning, menurutku logis. Tapak lebih kecil, utk load yang sama, memberikan tekanan ke jalan lebih besar. Selain itu, tapak kecil membuat volume ban yang di dalam air lebih dikit, gaya angkat lebih kecil.
Kalau perlu pembuktian teoretis lainnya, dilimitkan aja, sampai kecil tak hingga (gak ada ban), pasti gak ada aquaplanning. Sebaliknya, jika tapak dilimitkan tak hingga, sampai bagian bawah mobil full ban, maka mobil akan mengambang.
Ya... daripada bengong baca.![]()
contoh : F1 bannya buat hujan mana ada di buat kecil size tapak buat lawan aquplanning.
Aquaplanning byk faktornya, mulai dari beban, kecepatan, alur design ban, kedalaman air.
makanya sy heran kenapa di blakang ada yg ribut pajero dikasih ban kecil ampe ngata ngatain... pdhl yang dibahas ya ngga relevan. jip era eighties nineties juga pake ban kurus kurus. lebih parah drpd pajero dikasih 215 malahan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).
Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.
Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.Omnibus wrote:kl saya tiap depan sy ada yg pake hazard waktu hujan langsung auto pindah jalur menjauh. bikin pusing .... malah bisa2 bikin sy celaka.
Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).
Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.
Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
saya anggap itu sebagai salah satu budaya.
sama seperti budaya sen kanan terus-menerus saat bis luar kota sedang overtaking, itu bisa diartikan "ayo buruan ngikut... aman"bagi kendaraan yang ngekor di belakangnya.
dan "jangan ngikut, ga dapet!" saat mereka pasang sen kiri saat overtaking.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
- Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
agak repot kalo di perempatan jalan kecil yg gk ada traffic lightnya, liat dr samping orang yg pake hazard cm keliatan lampu sein salah satu sisi aja 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Nah ini, hazard di per4an/per3an.
Ketemu lawan arah yang pakai hazard, begitu kita masuk eh gak taunya dia lurus gak ke arah kita.
Amsyiong kalo gak ati2
Ketemu lawan arah yang pakai hazard, begitu kita masuk eh gak taunya dia lurus gak ke arah kita.
Amsyiong kalo gak ati2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Loh, memang bener jalanan gak kliatan.lamatlancah wrote: Sun Jan 10, 2021 4:52 bbrp tahun yl sempet sewa mobil dan drivernya untuk ke bandung pp.
ketika balik jkt, di tengah jalan hujan deras sekali, itu driver langsung nyalain lampu hi beam depan.
langsung saya tegur, pak lebih baik jangan pake lampu high beam, ntar mobil depan pada silau.
lantas dia bilang, habis saya engga bisa liat jalan karena hujan besar pak.
gubrak dah speechless.....
Hanya saja, kalo di depan dah kliatan pantat mobil, mbok yao dimatiken itu highbeam-nya.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 3:52saya anggap itu sebagai salah satu budaya.jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
sama seperti budaya sen kanan terus-menerus saat bis luar kota sedang overtaking, itu bisa diartikan "ayo buruan ngikut... aman"bagi kendaraan yang ngekor di belakangnya.
dan "jangan ngikut, ga dapet!" saat mereka pasang sen kiri saat overtaking.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
hafizh wrote: Mon Jan 11, 2021 9:43
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...
ini maksudnya papasan dari arah lawan?
entah kalo jaman sekarang, tapi kalau dulu, nyalakan sen kanan saja sebagai pertanda "jangan ambil jalan saya...." sambil memperlambat laju kendaraan.
dulu saya selalu seperti itu kalau berpapasan dengan kendaraan yang overtaking. 80% berhasil dan sisanya saya lempar batre bekas.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Iya om posisi papasan, klo ngekor bis jg pernah, klo bus sein kanan terus biasanya aman utk ngekor cuma kadang takut jadi diambil mobil belakang yg ngekor...marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 9:57hafizh wrote: Mon Jan 11, 2021 9:43
Dapat info ginian dr forum bismania, pernah saya coba di jalur jombang kertosono ketika belum ada jalan tol, begitu lihat ada bis ngeblong di depan, saya kasih sein kiri alhasil bis masuk ke jalur normal pdhl biasanya bis nuntasin ngeblong sebab masih ada mobil lain didepannya...
ini maksudnya papasan dari arah lawan?
entah kalo jaman sekarang, tapi kalau dulu, nyalakan sen kanan saja sebagai pertanda "jangan ambil jalan saya...." sambil memperlambat laju kendaraan.
dulu saya selalu seperti itu kalau berpapasan dengan kendaraan yang overtaking. 80% berhasil dan sisanya saya lempar batre bekas.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Sun May 01, 2016 12:37
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Menurut saya salah, om. Karena kendaraan dari samping hanya melihat salah satu lampu sein dan mengira mobil tsb mau belok kiri atau kanan. Dan saya pernah mengalami kayak gini. Saya kira sein kiri ternyata lurus dan pake lampu hazard. Hampir senggolan jadinya.ChZ wrote: Mon Jan 11, 2021 3:00biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 3:33 Wah ane setubuh banget nih ama mbah sifu... imho lampu hazard sebaiknya dipakai saat mobil dalam keadaan berhenti atau informasi sesaat saja apabila di depan kita ada kondisi yang berpotensi jadi bahaya, misal di depan kita terjadi kecelakaan atau rem mendadak yang mana kita masih bisa keburu pencet tombol hazard... sisanya di off... imho yah.
Pengalaman ane pencet tombol hazard ini kalau punya lebih dari 1 mobil kadang bingung dimana tombolnya secara waktu kita mau tekan tombol tersebut juga harus konsentrasi penuh dengan keadaan darurat di depan, jangan gegara mau pencet tombol malah jadi nabrak beneran karena konsentrasi teralihkan sepersekian detik (teori dengan praktek saat kejadian yang sifatnya sangat mendadak itu juga sangat berbeda sikonnya).
Lagi hujan deras di tol kalau depan ane nyalain lampu hazard maka langsung ane jauhin mobil tersebut, karena ane gak tau dia mau ke kiri atau ke kanan (kecuali dia off bentar waktu mau overtaking, yang mana sangat2 jarang terjadi). Kedua liat lampu hazard yang kedap kedip terus juga bikin mata cepat lelah & pusing buat ane. Ketiga bisa bikin saru dengan mobil yang benar2 emergency nyalain lampu hazard saat berhenti dibahu jalan misalnya, dipikir itu mobil masih jalan (pelan) tapi kenyataan stop total, ini casenya malah kalau nyalipnya ambil bahu jalan (salah)... pemandangan yang lumayan umum bisa kita liat terutama di kota2 besar +62.
Lalu ada juga yang nyalain lampu hazard saat lewat di perempatan jalan, mungkin maksudnya mau kasih tau bahwa dia mau lurus... atau malah dia lagi dalam kondisi emergency?... atau didepan lagi ada bahaya kah? Ntah ini siapa yang mulai duluan bikin peraturan kalau mau lurus di perempatan jalan baiknya nyalain lampu hazard [emoji16]
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
betul sekali.masnanas wrote: Mon Jan 11, 2021 10:32Menurut saya salah, om. Karena kendaraan dari samping hanya melihat salah satu lampu sein dan mengira mobil tsb mau belok kiri atau kanan. Dan saya pernah mengalami kayak gini. Saya kira sein kiri ternyata lurus dan pake lampu hazard. Hampir senggolan jadinya.ChZ wrote: Mon Jan 11, 2021 3:00biasanya ini dilakukan kalau TL nya mati... mungkin memberi tahu belakang utk melambat krn persimpangan.jessboy wrote: Mon Jan 11, 2021 2:53
untuk yg bagian terakhir itu saya pernah mengunjungi pontianak (kalimantan barat)
di sana mobil kalo mau lurus di perempatan maka pada nyalain lampu hazard
gak tahu aturan dari mana padahal waktu ujian praktek sim A gak ada aturan ini
mungkin daerah lain juga ada yg begini
yah ngga ada salahnya kan... emergency situation, hazard juga utk emergency.
tp rasanya kita semua dlm satu titik pernah membuat kekeliruan serupa. yg terpenting skrg kita tau mana yg benar dan mana yg kurang tepat sehingga kedepannya perbaikan dimulai dari diri kita sendiri dulu.
kalo bukan skrg kapan lagi. kalo bukan dr diri sendiri siapa lagi. untuk keselamatan bersama kok coba2. (gitu kan ceritanya kaya iklan ....)

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Pajero dan Fortuner Aquaplaning
Hayo, yang salah jangan dibenarkan. Biasanya budaya orang indonesia gitu "benar karena terbiasa" Toh demi keselamatan bersama.