Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
dikasih bensin apa mbah? krn ini setting timing dr pabrik sedikit ke arah advance. kl dikasih yg bergizi bisa lebih ngacir mobilnya.
92 aja mbah ...
Harusnya sih memang 95 ke atas, ane nubi untuk melihat korelasi dengan timing-nya, cuman secara CR juga 12:0 .... Sepengetahuan nubi 12:0 seh bahkan mintanya 98 yak
Ga kebayang pengguna mobil yg sama tp pake 90...
OOT lg mbah omni. Masdut ini yg mesin2 gen sky aktip kan cenderung lean ya. Kalau ngikut gap 1.1mm sesuai spek pabrik, itu d ground electrode ada "putih2".
Nah ini jd 1mm karena ane ngikutin saran forum masdut3 di LN. Apa bener y kalau mesin cenderung lean, kudu turunin gap?
josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 3:37
92 aja mbah ...
Harusnya sih memang 95 ke atas, ane nubi untuk melihat korelasi dengan timing-nya, cuman secara CR juga 12:0 .... Sepengetahuan nubi 12:0 seh bahkan mintanya 98 yak
Ga kebayang pengguna mobil yg sama tp pake 90...
OOT lg mbah omni. Masdut ini yg mesin2 gen sky aktip kan cenderung lean ya. Kalau ngikut gap 1.1mm sesuai spek pabrik, itu d ground electrode ada "putih2".
Nah ini jd 1mm karena ane ngikutin saran forum masdut3 di LN. Apa bener y kalau mesin cenderung lean, kudu turunin gap?
cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan.
gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.
skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 3:37
92 aja mbah ...
Harusnya sih memang 95 ke atas, ane nubi untuk melihat korelasi dengan timing-nya, cuman secara CR juga 12:0 .... Sepengetahuan nubi 12:0 seh bahkan mintanya 98 yak
Ga kebayang pengguna mobil yg sama tp pake 90...
OOT lg mbah omni. Masdut ini yg mesin2 gen sky aktip kan cenderung lean ya. Kalau ngikut gap 1.1mm sesuai spek pabrik, itu d ground electrode ada "putih2".
Nah ini jd 1mm karena ane ngikutin saran forum masdut3 di LN. Apa bener y kalau mesin cenderung lean, kudu turunin gap?
cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan.
gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.
skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Mbah Shifu kl begini sama aja dgn NGELITIK ya?
Jd pembakaran sdh muncul sebelum Piston naek ke atas full dmn udara bertekanan dan BBM bercampur sempurna dibakar.
atau ini beda dengan gejla ngelitik kaya di engine resing Lipindut HR15 y mbah shifu?
josomba wrote: Sat Oct 31, 2020 3:37
92 aja mbah ...
Harusnya sih memang 95 ke atas, ane nubi untuk melihat korelasi dengan timing-nya, cuman secara CR juga 12:0 .... Sepengetahuan nubi 12:0 seh bahkan mintanya 98 yak
Ga kebayang pengguna mobil yg sama tp pake 90...
OOT lg mbah omni. Masdut ini yg mesin2 gen sky aktip kan cenderung lean ya. Kalau ngikut gap 1.1mm sesuai spek pabrik, itu d ground electrode ada "putih2".
Nah ini jd 1mm karena ane ngikutin saran forum masdut3 di LN. Apa bener y kalau mesin cenderung lean, kudu turunin gap?
cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan.
gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.
skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Mbah Shifu kl begini sama aja dgn NGELITIK ya?
Jd pembakaran sdh muncul sebelum Piston naek ke atas full dmn udara bertekanan dan BBM bercampur sempurna dibakar.
atau ini beda dengan gejla ngelitik kaya di engine resing Lipindut HR15 y mbah shifu?
bisa iya bisa engga
ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.
ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja.
gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.
skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Mbah Shifu kl begini sama aja dgn NGELITIK ya?
Jd pembakaran sdh muncul sebelum Piston naek ke atas full dmn udara bertekanan dan BBM bercampur sempurna dibakar.
atau ini beda dengan gejla ngelitik kaya di engine resing Lipindut HR15 y mbah shifu?
bisa iya bisa engga
ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.
ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja.
blloewy wrote: Sat Oct 31, 2020 6:05
Mbah Shifu kl begini sama aja dgn NGELITIK ya?
Jd pembakaran sdh muncul sebelum Piston naek ke atas full dmn udara bertekanan dan BBM bercampur sempurna dibakar.
atau ini beda dengan gejla ngelitik kaya di engine resing Lipindut HR15 y mbah shifu?
bisa iya bisa engga
ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.
ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja.
Lanjutinn
Ga bole tidur sblom part 5
Atau kalo ga, igun saya lepasin neh ke kamar mbah
eit eits menghindar menghindar .... ane masukin perangkap trus tembak sinar pengecil, jadi igun2 mini. ane masupin ntar ke knalpot hrv mbah, secara mrk suka knalpot. biar tambah ngelitik hrv mbah warektor ...!
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18
bisa iya bisa engga
ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.
ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja.
Asumsinya khan kl pake ron di bawah berarti lbh cepet ignite dia mbah shifu.
Jd kl begitu selama ruang bakar bersih dan bentuk kepala piston normal ya ngga ada lecet atau kerusakan apapun mestinya meskipun ignite duluan tp ngga buat ngelitik ya mbah shifu?
Saya penasaran aja krn selama ini baca taunya ngelitik itu krn ruang bakar kotor dan bbm ignite duluan. Sdh carbon clean balik lagi krn ya bbm nya pake itu lagi yg bentuk kotoran di ruang bakar.
Nah kl pake bbm di bawah spek misalkan ron 90 dmn harusnya min ron 92 apakah bs mencegah ngelitik dgn tambahan additive ke bbm nya mbah shifu?
Soalnya saya penganut aliran konvensional dmn lbh prefer bbm high octane drpd downgrade bbm satu step tp ditambah additive tinggi.
Kata temen sich useles pake additive kl bbm nya yg ron di bawah spec...mendingan invest pake bbm sesuai spek drpd beli additive...
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 6:18
bisa iya bisa engga
ngelitik kl bensinnya sdh self-ignite di momen itu. ada faktor lain bikin ga ngelitik, a.l. suhu ruang bakar, kebersihan ruang bakar, n bentuk kepala piston.
ah sudahlah makin ngelantur sy. ga usah didengerin. sy mau balik tidur aja.
Asumsinya khan kl pake ron di bawah berarti lbh cepet ignite dia mbah shifu.
Jd kl begitu selama ruang bakar bersih dan bentuk kepala piston normal ya ngga ada lecet atau kerusakan apapun mestinya meskipun ignite duluan tp ngga buat ngelitik ya mbah shifu?
Saya penasaran aja krn selama ini baca taunya ngelitik itu krn ruang bakar kotor dan bbm ignite duluan. Sdh carbon clean balik lagi krn ya bbm nya pake itu lagi yg bentuk kotoran di ruang bakar.
Nah kl pake bbm di bawah spek misalkan ron 90 dmn harusnya min ron 92 apakah bs mencegah ngelitik dgn tambahan additive ke bbm nya mbah shifu?
Soalnya saya penganut aliran konvensional dmn lbh prefer bbm high octane drpd downgrade bbm satu step tp ditambah additive tinggi.
Kata temen sich useles pake additive kl bbm nya yg ron di bawah spec...mendingan invest pake bbm sesuai spek drpd beli additive...
semua ledakan yg terjadi bukan oleh busi yg triggernya diatur oleh ecu, distributor cdi, platina, atau circuit breaker lainnya disebut "uncontrolled ignition" dan tidak boleh terjadi.
additive? banyak macam. kl yg dimaksud octane booster ya memang bisa meningkatkan ron. itupun tergantung merk, banyak yg kaleng2.
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 4:27
cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan.
gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.
skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Kalau abis gajian biasa ngasih 1-2x bbm bergizi memang sih mbah .... dan memang tarikan jauh lebih baik, tp ga cek2 si busi pegimana kalau pas lg pake bbm lebih bergizi
I see, berarti "katanya" orang forum masdut tersebut ada benernya ya terkait lowering gap dan masalah lean engine ...
Ni hari abis atur gap, coba bejek di tol terdekat sih .... cespleng lg ... 2-3 bulan terakhir berasa beda dikit tarikan soalnya.
marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 4:24
itu kuku ada item-item.... bentar lagi tandatangan buku merah buku ijo malu lah....
Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 4:27
cobain aja sekali isi pertabo 98, awas ketagihan.
gap? udah betul yg skrg. kl white blisters konon tipnya running too hot salah satu alasan memang betul krn too lean. sebab teorinya gap makin besar spark jg makin besar sampai 1 titik coil ga sanggup lagi. tp kl spark besar n lean berarti ada momen api msh besar tp ga bakar apa2 akhirnya tip overheat. makanya dikecilin gapnya spy spark lebih weak.
skrg pas ... pas sparknya abis pas AF mixture nya jg habis terbakar. tp spt sblmnya ane bilang ignition timingnya too advanced kayanya posisi habis terbakarnya sebelum TDC (piston msh bergerak ke atas menuju top dead center) jd ada power loss. spy ga begitu, spy habis terbakarnya passs di TDC harus diperlambat proses pembakarannya dgn cara pakai bensin oktan lbh tinggi. tenaganya pasti joss...
Kalau abis gajian biasa ngasih 1-2x bbm bergizi memang sih mbah .... dan memang tarikan jauh lebih baik, tp ga cek2 si busi pegimana kalau pas lg pake bbm lebih bergizi
I see, berarti "katanya" orang forum masdut tersebut ada benernya ya terkait lowering gap dan masalah lean engine ...
Ni hari abis atur gap, coba bejek di tol terdekat sih .... cespleng lg ... 2-3 bulan terakhir berasa beda dikit tarikan soalnya.
marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 4:24
itu kuku ada item-item.... bentar lagi tandatangan buku merah buku ijo malu lah....
blloewy wrote: Sat Oct 31, 2020 12:15
BIasa pake BBM apa om?
Tambah additive kah?
Btw, tahniah dan semoga lancar acaranya...
Seperti yang sudah disebut di atas, saya minimum 92 oom ... merk sehh selewatnya aja, tergantung point OVO lg banyak atau ndak khusus buat shell dan BP
rasio kompresi P5-VPS soalnya 12:1 .... agak gila sih (walau si masda bilang boleh) kalau maksa pake 90.
Additip seingetnya aja ... antara redline/bardahl/bluechem ... tergantung lg isi dompet saat beli