Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Canggih tuh kereta DR yellownya
Cm kyknya gk cocok ya kalo dipake disini....
Gangguan disini kan khas, tanah longsor, pohon tumbang, baut rel dicolong, orang iseng nyimpen batu di atas rel.....
Kalo periksanya pk kereta jg ntar bs ikut terguling...
Cm kyknya gk cocok ya kalo dipake disini....
Gangguan disini kan khas, tanah longsor, pohon tumbang, baut rel dicolong, orang iseng nyimpen batu di atas rel.....
Kalo periksanya pk kereta jg ntar bs ikut terguling...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kayaknya di semua jaringan Bulletrain di negara manapun ada kereta khusus utk inspeksi rel / system sepanjang rute
Dr Train di RRC

di cat kuning juga
Dr Train di RRC

di cat kuning juga
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
train set 'bima' 1 1 nya yg (dulu) punya sleeping compartment
px wagon set bikinan waggonbau dörlitz, east germany yg datang 1968.09 (hrs nya datang thn 1966) jaman masih pnka (jadi pjka thn 1970)
sleeping compartment (sandwich double stack) yg ada compact wash basin serta centralised pa speaker
sandwich sleeping compartment brubah jadi all seatings 1984 bukan krn px misbehaviour tapi krn govt subsidy yg makin besar (makin rugi)
female cabin crew dg uniform oranje (lengkap dgn topi bundar) mirip garuda jaman itu (beda nya yg garuda designed by pierre cardin spt malay-spore a'line designed by pierre balmain yg masih di pake sampe skrg oleh sq)
px wagon set bikinan waggonbau dörlitz, east germany yg datang 1968.09 (hrs nya datang thn 1966) jaman masih pnka (jadi pjka thn 1970)
sleeping compartment (sandwich double stack) yg ada compact wash basin serta centralised pa speaker
sandwich sleeping compartment brubah jadi all seatings 1984 bukan krn px misbehaviour tapi krn govt subsidy yg makin besar (makin rugi)
female cabin crew dg uniform oranje (lengkap dgn topi bundar) mirip garuda jaman itu (beda nya yg garuda designed by pierre cardin spt malay-spore a'line designed by pierre balmain yg masih di pake sampe skrg oleh sq)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Wkwkwkkwkw
Loko nya gak pake batubara, tapi oil burner......gak jelas apa pake HFO / IDO atau HSD.......kalo gak ada asap sih mungkin pake HSD aka solar kali yah
Loko nya gak pake batubara, tapi oil burner......gak jelas apa pake HFO / IDO atau HSD.......kalo gak ada asap sih mungkin pake HSD aka solar kali yah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Wah sy br tau dulu kereta eksekutip disubsidi pemerentahnewrubble wrote: Thu Jul 06, 2017 6:59 train set 'bima' 1 1 nya yg (dulu) punya sleeping compartment
px wagon set bikinan waggonbau dörlitz, east germany yg datang 1968.09 (hrs nya datang thn 1966) jaman masih pnka (jadi pjka thn 1970)
sleeping compartment (sandwich double stack) yg ada compact wash basin serta centralised pa speaker
sandwich sleeping compartment brubah jadi all seatings 1984 bukan krn px misbehaviour tapi krn govt subsidy yg makin besar (makin rugi)
female cabin crew dg uniform oranje (lengkap dgn topi bundar) mirip garuda jaman itu (beda nya yg garuda designed by pierre cardin spt malay-spore a'line designed by pierre balmain yg masih di pake sampe skrg oleh sq)
Kalo skrg cm kereta ekonomi yg disubsidi kan?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Beruntungnya saya masih sempet nyicip bima kompartemen Jkt-Sby ppnewrubble wrote: Thu Jul 06, 2017 6:59 train set 'bima' 1 1 nya yg (dulu) punya sleeping compartment
px wagon set bikinan waggonbau dörlitz, east germany yg datang 1968.09 (hrs nya datang thn 1966) jaman masih pnka (jadi pjka thn 1970)
sleeping compartment (sandwich double stack) yg ada compact wash basin serta centralised pa speaker
sandwich sleeping compartment brubah jadi all seatings 1984 bukan krn px misbehaviour tapi krn govt subsidy yg makin besar (makin rugi)
female cabin crew dg uniform oranje (lengkap dgn topi bundar) mirip garuda jaman itu (beda nya yg garuda designed by pierre cardin spt malay-spore a'line designed by pierre balmain yg masih di pake sampe skrg oleh sq)

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Dulu kan masih perusahaan jawatan, bukan perusahaan umum. Ya wajarlah subisidi pemerintah masih sangat besar.coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 7:28Wah sy br tau dulu kereta eksekutip disubsidi pemerentahnewrubble wrote: Thu Jul 06, 2017 6:59 train set 'bima' 1 1 nya yg (dulu) punya sleeping compartment
px wagon set bikinan waggonbau dörlitz, east germany yg datang 1968.09 (hrs nya datang thn 1966) jaman masih pnka (jadi pjka thn 1970)
sleeping compartment (sandwich double stack) yg ada compact wash basin serta centralised pa speaker
sandwich sleeping compartment brubah jadi all seatings 1984 bukan krn px misbehaviour tapi krn govt subsidy yg makin besar (makin rugi)
female cabin crew dg uniform oranje (lengkap dgn topi bundar) mirip garuda jaman itu (beda nya yg garuda designed by pierre cardin spt malay-spore a'line designed by pierre balmain yg masih di pake sampe skrg oleh sq)
Kalo skrg cm kereta ekonomi yg disubsidi kan?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
dulu ada yg all seated tapi cukup enak krn dia 1 1 nya all seated yg air conditioned
gaya baru (1972) jaman itu blm ada senja utama (1978) baru ada senja (1968) yg non aircond klaas duafa (bakul jamu juga masuk dlm cabin) krn kebanyakan px itu org org yg pergi pulang mau / abis 'adu nasip'
gaya baru (1972) jaman itu blm ada senja utama (1978) baru ada senja (1968) yg non aircond klaas duafa (bakul jamu juga masuk dlm cabin) krn kebanyakan px itu org org yg pergi pulang mau / abis 'adu nasip'
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
subsidy malah yg terbesar itu jaman pnka ..... sblm pdka (pjka) n perumka .... kalo ada yg pernah alami ...... bima n gaya baru (1970-75)adityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 7:33
Dulu kan masih perusahaan jawatan, bukan perusahaan umum. Ya wajarlah subisidi pemerintah masih sangat besar.
Last edited by newrubble on Thu Jul 06, 2017 8:15, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Di akhir masa lokomotip uap dulu, PJKA memodifikasi bbrp lokomotip uap yg bahanbakarnya pake batubara, menjadi pake minyak residu
Asepnya jd sangat item pekat, jauh lbh item dr aslinya...

Foto nyomot dr flickr
Asepnya jd sangat item pekat, jauh lbh item dr aslinya...

Foto nyomot dr flickr
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Jadi inget kode kelas KA jadul :
1. SAGW/SBGW -> Eksekutif .
2. BW -> Bisnis.
3. CW -> Ekonomi.
CMIIW.
1. SAGW/SBGW -> Eksekutif .
2. BW -> Bisnis.
3. CW -> Ekonomi.
CMIIW.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
wah pake HFO yahcoklatMetalik wrote:Di akhir masa lokomotip uap dulu, PJKA memodifikasi bbrp lokomotip uap yg bahanbakarnya pake batubara, menjadi pake minyak residu
Asepnya jd sangat item pekat, jauh lbh item dr aslinya...
Foto nyomot dr flickr
kalo yg gak ada asapnya berarti kemungkinan pake HSD aka solar
pake minyak juga kerja masinis jauh lebih ringan, minyak alirkan ke burner pake fuel pump.......burner ada controlernya.....gak usah serok2 batubara
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Setau sy bahanbakar lokomotip uap yg ada di Indonesia cm ada 3 macam;Turboman wrote: Thu Jul 06, 2017 8:19wah pake HFO yahcoklatMetalik wrote:Di akhir masa lokomotip uap dulu, PJKA memodifikasi bbrp lokomotip uap yg bahanbakarnya pake batubara, menjadi pake minyak residu
Asepnya jd sangat item pekat, jauh lbh item dr aslinya...
Foto nyomot dr flickr
kalo yg gak ada asapnya berarti kemungkinan pake HSD aka solar
pake minyak juga kerja masinis jauh lebih ringan, minyak alirkan ke burner pake fuel pump.......burner ada controlernya.....gak usah serok2 batubara
- Yg besar2 pake batubara atau minyak residu
- Yg kecil2 pake kayu, biasanya jati (ini hampir gk ada asapnya)
Khusus lokomotip lori tebu, banyak yg pake ampas tebu sisa gilingan di pabrik gula...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Lhaaa... diesel hidrolik toh? Kirain diesel electric.coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 4:19Mesin CATTurboman wrote: Thu Jul 06, 2017 3:49 Btw CC 300 itu konon pengembangan PT INKA ya
mesin pake CAT
pake platform apa ya......apa benar semua self develop ?
Transmisi hidraulik Voith
Rem Angin WABTEC
Controller Woojin
Boogie (Chassis) BT Barata Indonesia
Sayang gk narik kereta reguler, jd gk ketahuan gmn durabilitynya
Kalo dulu sih denger2 bbrp KRL buatan INKA tuh banyak penyakitnya....![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 5:23 Canggih tuh kereta DR yellownya
Cm kyknya gk cocok ya kalo dipake disini....
Gangguan disini kan khas, tanah longsor, pohon tumbang, baut rel dicolong, orang iseng nyimpen batu di atas rel.....
Kalo periksanya pk kereta jg ntar bs ikut terguling...
ini DMU E193 East-i D JR East lagi di jalan pulang habis inspeksi jalur..anjlok..
setidaknya mereka jadi tau rel bagian mana yang harus di cek..
Sayangnya Kyushu Shinkansen gak punya Dr Train sampai sekarang, karena Dr Yellow yang mengoperasikan hanya JR Central (Tokaido) dan JR West (Sanyo). JR Kyushu kalo ada apa2 biasanya dibantu ama JR Group lainnya. JR East untung punya kereta inspeksi sendiri untuk 5 jalur Shinkansen mereka.kayaknya di semua jaringan Bulletrain di negara manapun ada kereta khusus utk inspeksi rel / system sepanjang rute
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Hidrolik om, kodenya aja CC300 Kepalanya 3 kan artinya hidrolikadityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 8:30Lhaaa... diesel hidrolik toh? Kirain diesel electric.coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 4:19Mesin CATTurboman wrote: Thu Jul 06, 2017 3:49 Btw CC 300 itu konon pengembangan PT INKA ya
mesin pake CAT
pake platform apa ya......apa benar semua self develop ?
Transmisi hidraulik Voith
Rem Angin WABTEC
Controller Woojin
Boogie (Chassis) BT Barata Indonesia
Sayang gk narik kereta reguler, jd gk ketahuan gmn durabilitynya
Kalo dulu sih denger2 bbrp KRL buatan INKA tuh banyak penyakitnya....![]()
![]()
Hidrolik ini jd bs nembus banjir. Kalo elektrik kan rawan konslet
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Saya gak ngerti kode seri lokocoklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 8:38Hidrolik om, kodenya aja CC300 Kepalanya 3 kan artinya hidrolikadityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 8:30Lhaaa... diesel hidrolik toh? Kirain diesel electric.coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 4:19
Mesin CAT
Transmisi hidraulik Voith
Rem Angin WABTEC
Controller Woojin
Boogie (Chassis) BT Barata Indonesia
Sayang gk narik kereta reguler, jd gk ketahuan gmn durabilitynya
Kalo dulu sih denger2 bbrp KRL buatan INKA tuh banyak penyakitnya....![]()
![]()
Hidrolik ini jd bs nembus banjir. Kalo elektrik kan rawan konslet

Cuma sayang aja, penampilan udah oke ternyata "cuma" diesel hidrolik.
Soal banjir, emang buat nembus banjir setinggi berapa?
Namanya rel kalo udah kerendem banjir, malah rawan ambles kalo dilewati kereta. Kecuali konstruksi relnya emang sdh didesain utk kebanjiran.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Ya bukan banjir smp dalem bgt sihadityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 8:59Saya gak ngerti kode seri lokocoklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 8:38Hidrolik om, kodenya aja CC300 Kepalanya 3 kan artinya hidrolik
Hidrolik ini jd bs nembus banjir. Kalo elektrik kan rawan konslet
Cuma sayang aja, penampilan udah oke ternyata "cuma" diesel hidrolik.
Soal banjir, emang buat nembus banjir setinggi berapa?
Namanya rel kalo udah kerendem banjir, malah rawan ambles kalo dilewati kereta. Kecuali konstruksi relnya emang sdh didesain utk kebanjiran.
Tp genangan air segini sudah cukup utk bikin lokomotip diesel elektrik gk berani liwat

Gambar dr tempo.co
Transmisi hidrolik bukan suatu masalah kok. Selama tenaganya gede ya oke2 aja
CC300 kan 2500 HP. Gede loh, malah salahsatu yg terbesar se Indonesia
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Yup benar. Jalur KA di selatan Jawa rata-rata terletak di kota kecil berdataran tinggi yang pasti amazing scenerynya. Konon pemandangannya tidak kalah dengan jalur KA di Europe, hanya kurang salju saja hehehe. Berbeda dengan jalur di utara Jawa yang semuanya dataran rendah. Masa itu Garut ada stasiun, yang sekarang sudah nonaktif. Demikian juga Temanggung, Parakan, Wonosobo dan Banjarnegara. Juga konon ada juga track KA ke Dieng. Juga Salatiga (Tuntang) dan Magelang yang dulu jalur sibuk KA menuju Joglosemar (Jogja - Solo - Smg). Sekarang semua stasiunnya juga nonaktif.Dekyarov wrote: Wed Jul 05, 2017 17:27 Saya sering baca tuh kisah sejarah kereta api di Kompas yg judul liputannya susur rel.
Pas baca baru tau Chaplin ama paulette goddard pernah ke Garut.
Garut dulu dibilang Swiss Van java loh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Wahh, 2500 HP , cc 206 cuma 2250 HPcoklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 9:15Ya bukan banjir smp dalem bgt sihadityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 8:59Saya gak ngerti kode seri lokocoklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 8:38
Hidrolik om, kodenya aja CC300 Kepalanya 3 kan artinya hidrolik
Hidrolik ini jd bs nembus banjir. Kalo elektrik kan rawan konslet
Cuma sayang aja, penampilan udah oke ternyata "cuma" diesel hidrolik.
Soal banjir, emang buat nembus banjir setinggi berapa?
Namanya rel kalo udah kerendem banjir, malah rawan ambles kalo dilewati kereta. Kecuali konstruksi relnya emang sdh didesain utk kebanjiran.
Tp genangan air segini sudah cukup utk bikin lokomotip diesel elektrik gk berani liwat
Gambar dr tempo.co
Transmisi hidrolik bukan suatu masalah kok. Selama tenaganya gede ya oke2 aja
CC300 kan 2500 HP. Gede loh, malah salahsatu yg terbesar se Indonesia
Cmiiw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Jepang Garap Kereta Kencang JKT-SBY, Luhut: Pilihan yang Bagus, selasa 04 Jul 2017
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... yang-bagus
Studi Kelayakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Kelar Dalam 3 Minggu, 06/07/2017
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... m.3.minggu
Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya akan Dikebut, 04 July 2017
http://www.republika.co.id/berita/ekono ... an-dikebut
berita bbrp hari ini, kita lihat saja kedepannya gimana, siapa yang akan membuat dan akan seperti apa proyeknya..apakah DMU atau EMU, apakah akan mengadopsi tilting train ? lalu bagaimana dengan stasiunnya ? bagaimana dengan rolling stock dan sistem persinyalannya ?
lalu dipikirkan juga karena akan menggunakan existing track, apa dampaknya kepada kereta lain yang menggunakan jalur yang sama ?
hehe menarik..
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... yang-bagus
Studi Kelayakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Kelar Dalam 3 Minggu, 06/07/2017
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... m.3.minggu
Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya akan Dikebut, 04 July 2017
http://www.republika.co.id/berita/ekono ... an-dikebut
berita bbrp hari ini, kita lihat saja kedepannya gimana, siapa yang akan membuat dan akan seperti apa proyeknya..apakah DMU atau EMU, apakah akan mengadopsi tilting train ? lalu bagaimana dengan stasiunnya ? bagaimana dengan rolling stock dan sistem persinyalannya ?
lalu dipikirkan juga karena akan menggunakan existing track, apa dampaknya kepada kereta lain yang menggunakan jalur yang sama ?
hehe menarik..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
nambahin penjelasan om haristk7, kereta inspeksi dilrngkapin ultrasound. jadi bisa langsung ketauan kalo ada rel retak/keropos didalem.coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 4:58 Di Indonesia sini petugas pemeriksa rel bener2 periksa rel secara manual, jalan kaki dr stasiun ke stasiun, memasuki semua terowongan, menyeberangi semua jembatan, memeriksa apakah ada gangguan pada rel & infrastruktur lainnya....
Di luar negeri gmn ya? Terutama yg high speed train, bisa2 pada ketabrak kereta....
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
mudah2 an bukan sekedar wacana doangharistk7 wrote:Jepang Garap Kereta Kencang JKT-SBY, Luhut: Pilihan yang Bagus, selasa 04 Jul 2017
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... yang-bagus
Studi Kelayakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Kelar Dalam 3 Minggu, 06/07/2017
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... m.3.minggu
Proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya akan Dikebut, 04 July 2017
http://www.republika.co.id/berita/ekono ... an-dikebut
berita bbrp hari ini, kita lihat saja kedepannya gimana, siapa yang akan membuat dan akan seperti apa proyeknya..apakah DMU atau EMU, apakah akan mengadopsi tilting train ? lalu bagaimana dengan stasiunnya ? bagaimana dengan rolling stock dan sistem persinyalannya ?
lalu dipikirkan juga karena akan menggunakan existing track, apa dampaknya kepada kereta lain yang menggunakan jalur yang sama ?
hehe menarik..
atau udah ground breking trus mandek
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
diluar negri ngerjainnya pake rombongan kereta om, kereta paling depan gelar ballast sekalian ngeratain. kereta di blakangnya nyusun bantalan pake crane. dibelakangnya nyusun rel pake crane juga. trus las thermit sekalian finishing full robot yang diprogram. abis itu langsung pasang pandrol pake mesin juga. paling akhir bagian MTT buat finishing.Turboman wrote: Thu Jul 06, 2017 5:18 demen tu liat rel bisa lurusss gitu yak
kalo rel di sini diliat dr jauh bergelombang.......wkwkwkkw
lha disini nyusun rel masih pake linggis digeser 40an orang.
ngelas pun manual, kadang bahan thermit-nya disunat dikumpulin trus dijual. nggak heran kalo sambungan banyak yang retak/patah.
masang pandrol dipentung pake palu godam.
belum lagi MTT disini seringnya parkir dowang ketimbang benerin bantalan rel.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
yg bener mmg hrs pake robot spt itu, hasil kerja seragammarmut wrote:diluar negri ngerjainnya pake rombongan kereta om, kereta paling depan gelar ballast sekalian ngeratain. kereta di blakangnya nyusun bantalan pake crane. dibelakangnya nyusun rel pake crane juga. trus las thermit sekalian finishing full robot yang diprogram. abis itu langsung pasang pandrol pake mesin juga. paling akhir bagian MTT buat finishing.Turboman wrote: Thu Jul 06, 2017 5:18 demen tu liat rel bisa lurusss gitu yak
kalo rel di sini diliat dr jauh bergelombang.......wkwkwkkw
lha disini nyusun rel masih pake linggis digeser 40an orang.
ngelas pun manual, kadang bahan thermit-nya disunat dikumpulin trus dijual. nggak heran kalo sambungan banyak yang retak/patah.
masang pandrol dipentung pake palu godam.
belum lagi MTT disini seringnya parkir dowang ketimbang benerin bantalan rel.
di sini yg udah pake robot ya kalo perbaikan jalan, mesin kerok aspal
* Bukan ajakan Beli *