jangan-jangan barisan sakit hati dari user merek sebelah....amfibi wrote:
Sirik doi maybe

iya kak bil kan ente yg bilang semua mobil skrg juga ga bisa pake premiumbillyd1773dz wrote: bearti miras juga donk... ron 92 masih knock...........
err yup skyactiv salah satu triknya tetap bisa ron 91 di kepala cyld tp bukan itu saja GDI juga sangat berperan dimana dia bisa nge injeksi lebih dari sekali dalam siklus pembakaran pre dan after injection salah satu tujuanya untuk ngurangin suhu ruang bakar.... GDI juga bisa nge injeksi fuel tepat saat piston di TDC dan sesaat sblm busi ngebakar dengan AFR sangat lean so resiko terjadi detonasi jauh lebih kecil...
meski most of the time demi alasan emisi GDI tetep melakukan injeksi utama saat siklus intake dan AFR tetep 14.7 seperti pada MPI,pre n after injection tetep bisa di lakukan
MPI biasa hanya bisa ngeinjeksi berbarengan di siklus intake. GDI bisa kapan saja, tidak terikat bukaan valve, justru jika di mix dulu di siklus intake kemudian di siklus compresi Air Fuel mixture di tekan dari piston di bawah sampai TDC hingga timing tepat untuk di bakar lebih rawan detonasi akibat terkena tekanan kompresi. GDI fuel bisa di tembak tepat pada saat harus terbakar.
selain itu karna header 4-2-1 berukuran panjang mencegah overlap exhaust flow dari cyld lain saat sedang vakum. tujuanya sama menurunkan suhu ruang bakar.
mobil selain skyactiv yang menggunakan GDI n.a rata-rata CRnya 12.5:1 dan minimal fuel tetep ron91.
cmiiw

mira pake 92 tetep knock?

hmm begitu yak... jadi selama ini pengertian ane salah

bener juga yak... ditembak saat tepat akan terbakar....
tapi berarti mmg ECU perlu menyesuaikan ulang timing pengapian yak soal ini? soalnya yang selama ini ane pikir, kalo "nembak" nya nggak pas.... resiko ngerusak piston dan membentuk keraknya lbh gede dibanding indirect injection....

dan menimbulkan konsep pemikiran yang salah ke ane dan bbrp member SM lain kalo GDI sama sekali nggak boleh pk premium...
