g4ndalf wrote:
===================================================================
Back to topic, klo dibanding ps dikasih biosolar, ya jelas lebih ekonomis drpd cr-v minum pertamax. Tapi kalo cr-v mau ngirit bbm, sebetulnya bisa dioplos antara premium + pertamax+, cmiiw premium RON nya 88, pertamax+ 95, sedangkan kebutuhan cr-v 2.4 cuma ron 91 (cmiiw lagi, klo yg gen 3 spt itu, gak tau klo gen 4). Jadi kalo dioplos 50-50% harusnya jadi RON 91.5. Kalo mau safe mungkin 60%pertamax+ 40% premium. Mungkin master2 di sini bisa menambahkan?
Utk biaya servis, saya kira mesin crv hrsnya lebih murah, secara mesin solar, apalagi yg turbo, lebih kompleks. Kalo common rail nya kena, udah lumayan tuh... mmg masih garansi, tapi biasanya problem mulai muncul stlh 4-5 thn, jadi selama masa garansi masih ok, justru ketika garansi abis mulai banyak problem. Logikanya mesin solar aja kompresinya udah tinggi, belum lagi high pressure di common rail nya, ditambah turbo lagi, jadi di ruang mesin ada brp bar/psi tuh tekanan nya?
Di luar itu semua, klo dr test drive crv vs ps, sy tetep milih crv, jauh lebih nyaman di badan. Aspek handling di jalan raya juga jauh lebih bagus crv.
toonafish wrote:Newbie numpang lapor ke suhu-suhu sekalian. Hari ini baru ambil unit dari dealer, blom sempet diapa-apain baru dibawa muter-muter sekitar kurang lebih 30 kilo. Hal pertama yang jadi perhatian fc lumayan irit terakhir dapet 7,9km/l setelah jalan 30 kilo-an (awal terima unit MID nunjukin fc 6,4km/l dan trip record 26 km) dengan kondisi ECON: ON terus, jalan kombinasi antara jalan macet surabaya jam 4 jam pulang kerja dan surabaya jam 11 malam.
Diisi pake oplosan pertamax plus dan premium dengan ratio 4:3. Sekian dulu laporan dari newbie, berharap bisa membuat laporan yang lebih detil lagi kalo newbie mampu.

dr 2 komen di atas, ane lsg itung2an..
lepas dr hasutan pemerintah yg bilang pake subsidi itu MISKIN (gw sih ga terlalu peduli, lha wong oknum pejabat skali korupsi tuh minimal 1 M,, mereka duluan yg bikin Negara ini miskin),, ane sangat memperhatikan pengeluaran dlm hal BBM.. Ga masalah sih sebenernya pake non-subsidi asalkan irit, itu alasan ane knp berniat beli CR-V..
yg menjadi prioritas ane saat ini dlm memilih mobil adl: IRIT, AWET, ELEGANT.. maklum ane bru ngerintis wirausaha, mau ga mau BBM jadi perhatian utama dlm list pengeluaran.. jangan sampe gara2 pengen mobil yg bisa nenggak BBM murah, udahannya mesin bermasalah di kemudian hari..
terakhir sih saya pengen punya mobil yg tetap awet saat pemakaian d atas 5 thn.. tentunya cukup dgn perawatan standar aja (ganti oli, dkk secara berkala)..
Modal awal di kasih mobil bekas bokap Honda Accord thn 97, semua masih original tanpa keluhan + irit (tg.priok - tebet - senayan - tebet - tg.priok, cukup di isi premium @ 50rb-60rb).. saya pake dr thn 2010.. bru mulai rewel d akhir 2012, itupun kl kata org bengkel "udah saatnya rusak" (yg rusak jg bukan mesin tp power window + seal karet kaca depan yg longgar).. ini yg membuat saya pengen beli merk HONDA lagi..
Back to Topic.. butuh komparasi lagi tp antara CR-V dengan OUTLANDER.. ada yg bisa memberi pencerahan...???