Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

movingpips
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jan 15, 2013 14:15

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by movingpips »

htannis wrote:
Hansen wrote:Hihihi...pilihan yg sulit, kalo nubie sendiri sih lebih memprioritaskan Dakar dulu aja deh drpd CR-V :upss:
Gak sulit atuh modsen, dah pasti dakar, tarikan dah pasti menang dakar, apalagi kalau dah pasang monster max, injek gas 1/3 juga naik terus dengan cepat sampe mentok speed nya di 200kmh kena limiter, ini kita ngomongin tanpa throttle module loh. Kemarin ane nerjang banjir orang2 sepinggang, tapi nyante aja, apalagi dah pake ban 275/55/20, lebih tebal dari ban std nya 265/65/17, udah gitu irit cukup bio solar, asal jangan dibejek terus yah, kalau di push and glide sih dalkot bisa 1:10, kalau bejek terus dalkot jadi 1:8. Torsi besar suv diesel 4*2 dengan traksi tetap ada berkat LSD di gardan belakang :mky_08:

*lemeess**
FC'ny Pajero hemaatt yaa..
dr baca2 di forum ini blom dapetin FC yg lumayan pasti utk CR-V.. ada yg bilang [1:6] atau [1:7] atau [1:8].. tp banyak yg bilang pajero hemat dlm konsumsi BBM.. ternyata cukup pake biosolar pula..

@ htannis.. Pajero itu awet atau rewel dlm perawatan...??
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by htannis »

movingpips wrote:
htannis wrote:
Hansen wrote:Hihihi...pilihan yg sulit, kalo nubie sendiri sih lebih memprioritaskan Dakar dulu aja deh drpd CR-V :upss:
Gak sulit atuh modsen, dah pasti dakar, tarikan dah pasti menang dakar, apalagi kalau dah pasang monster max, injek gas 1/3 juga naik terus dengan cepat sampe mentok speed nya di 200kmh kena limiter, ini kita ngomongin tanpa throttle module loh. Kemarin ane nerjang banjir orang2 sepinggang, tapi nyante aja, apalagi dah pake ban 275/55/20, lebih tebal dari ban std nya 265/65/17, udah gitu irit cukup bio solar, asal jangan dibejek terus yah, kalau di push and glide sih dalkot bisa 1:10, kalau bejek terus dalkot jadi 1:8. Torsi besar suv diesel 4*2 dengan traksi tetap ada berkat LSD di gardan belakang :mky_08:

*lemeess**
FC'ny Pajero hemaatt yaa..
dr baca2 di forum ini blom dapetin FC yg lumayan pasti utk CR-V.. ada yg bilang [1:6] atau [1:7] atau [1:8].. tp banyak yg bilang pajero hemat dlm konsumsi BBM.. ternyata cukup pake biosolar pula..

@ htannis.. Pajero itu awet atau rewel dlm perawatan...??
Ya iya bro, mobil sih kl mau mobil gede, tenaga gede dan fc hemat skrg harus pake diesel commonrail turbo. Mobil2 begini awet kok, itu fc dicapai lebih hemat malah dengan memakai setingan full power, di 270HP/620NM, di gliding lebih enak, injek dikit gas nya, udah ngacir. Tapi yah itu kalau bejek jadi boros banget tuh, beda jauh fc nya
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
movingpips
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jan 15, 2013 14:15

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by movingpips »

htannis wrote: Ya iya bro, mobil sih kl mau mobil gede, tenaga gede dan fc hemat skrg harus pake diesel commonrail turbo. Mobil2 begini awet kok, itu fc dicapai lebih hemat malah dengan memakai setingan full power, di 270HP/620NM, di gliding lebih enak, injek dikit gas nya, udah ngacir. Tapi yah itu kalau bejek jadi boros banget tuh, beda jauh fc nya
yg di Bold: se'boros2nya biosolar (4500) ga seberapa dibanding pertamax dan/atau shell super..
paling bejek gas full kl otw pulang dr kisaran senayan - tg.priok jam 11an malam lewat tol biar cepet nyampe kasur...

kl keluar rumah jam 8an pagi, mau dibejek kmn sih tuh mobil.. Jakarta dimana-mana rame...
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by g4ndalf »

Kalo pake solar murah biosolar sebaiknya sering2 ganti filter solar. Setau saya biosolar itu juga biodegradeable (bisa rusak, krn dicampur dgn bhn organik maka bagian yg organik tsb bisa terurai scr organik pula) - kalo dr baca2 forum/site lain kualitas biosolar akan menurun seiring dengan waktu. Patokannya sekitar 1-2 bln stlh produksi akan mulai menurun kualitasnya. Disclaimer: ini dr hasil baca2 forum/website, sy sendiri blom pernah buktikan.

Yg kedua, pake solar = murah itu lebih karena subsidi bbm, jadi bukan murni keunggulan teknologi diesel. Sedangkan utk sisi teknologi sendiri, mesin common rail diesel termasuk mesin yg cukup rumit, apalagi ditambah turbo. Pendek kata mesin bekerja sangat keras karena tekanan/pressure yg dihasilkan sistem ini luar biasa tinggi. Utk mesin2 baru tentu tdk masalah, tapi bagaimana dengan pemakaian stlh 5 thn atau 10 thn misalnya?

Lagipula, cmiiw - pada akhirnya 'kekuatan' sebuah mesin diukur oleh daya/usaha (power) yang dihasilkan, bukan momen puntir. Rumus perhitungan power sendiri = momen puntir (torsi) x engine speed (rpm), jadi torsi yg besar kalau dihasilkan di rpm yg rendah hasilnya adalah power yg tidak terlalu besar. Cmiiw lagi, utk akselerasi, misal dlm lomba drag race, yg dilihat adalah daya (brp kw / hp / ps) suatu kendaraan vs beratnya, bukan torsi vs berat. Begitu pula dlm industri genset yg notabene didominasi mesin diesel, ukuran kekuatan sebuah genset adalah daya / power yg dihasilkan, misal genset dengan kapasitas 300kw vs 500kw, bukan torsinya. (PS: maaf kalau ada kerancuan antara daya vs usaha, yg jelas sy ingat istilah jawa nya itu power, kalau istilah indonesia entah daya atau usaha sy agak lupa).

Yg terakhir, kata pemerintah kalau anda pakai solar subsidi (biosolar) itu artinya anda orang miskin :big_smoking:

Sekali lagi ini kata pemerintah lho... bukan kata saya... kalau saya pribadi ya cuek aja, selama gak ada larangan berarti boleh :big_peace:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by Belphegor »

g4ndalf wrote: Yg terakhir, kata pemerintah kalau anda pakai solar subsidi (biosolar) itu artinya anda orang miskin :big_smoking:
Lha wong mau cari pertadex aja sangat sulit even di Jkt, ibaratnya ada duit aja barang nya ga ada, gimana bisa beralih? :mky_04:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by evolution21 »

kalopun mau pake biosolar
mesti dicek dulu kualtiasnya

kayaknya um turbo ada tu datanya spbu mana yg bio nya lumayan bersih
safrianaf
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Jan 20, 2013 13:58

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by safrianaf »

Mohon maap menyela pembicaraan soal mesin diesel :big_peace:
voxbox wrote:mo tanya sama suhu2 disini, kalo 2.4 biasa apakah rear cam bisa disambungkan ke i MID? soalnya kan HU 2.4 bukan LCD, jadi layar hanya ada di i MID aja, dan liat di luar sana rear cam sebagian model disambungkan pada i MID, apa di indonesia sama ya bisa seperti itu?
Bisa dikasih linknya ga bro yg nunjukin di luar negeri kaya apa? Jadi pengen tau kalo rear cam lewat i-Mid apa jelas ya? Atau i-Mid disambungin sama parking radar gimana yak :mky_02:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by Hansen »

voxbox wrote:mo tanya sama suhu2 disini, kalo 2.4 biasa apakah rear cam bisa disambungkan ke i MID? soalnya kan HU 2.4 bukan LCD, jadi layar hanya ada di i MID aja, dan liat di luar sana rear cam sebagian model disambungkan pada i MID, apa di indonesia sama ya bisa seperti itu?
Bisa, tapi harus beli kit camera dari honda. Yg aftermarket tidak bisa
Image
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by g4ndalf »

evolution21 wrote:kalopun mau pake biosolar
mesti dicek dulu kualtiasnya

kayaknya um turbo ada tu datanya spbu mana yg bio nya lumayan bersih
cmiiw... yg bikin biosolar jadi jelek itu karena 'bio' nya itu bisa expired - struktur kimianya bisa berubah. Jadi sebaiknya 1-2 bln stlh produksi segera dipakai.
Belphegor wrote:
g4ndalf wrote: Yg terakhir, kata pemerintah kalau anda pakai solar subsidi (biosolar) itu artinya anda orang miskin :big_smoking:
Lha wong mau cari pertadex aja sangat sulit even di Jkt, ibaratnya ada duit aja barang nya ga ada, gimana bisa beralih? :mky_04:
Setau saya sih bisa beli yg jerigen 10ltr an - kalau mau usaha pasti dapet lah secara spbu margin nya lebih tinggi jualan dex jerigen sekalipun dibanding solar subsidi.

Sekali lg yg bilang org miskin itu pemerintah lho, bukan saya... hehehe :mky_01:

===================================================================

Back to topic, klo dibanding ps dikasih biosolar, ya jelas lebih ekonomis drpd cr-v minum pertamax. Tapi kalo cr-v mau ngirit bbm, sebetulnya bisa dioplos antara premium + pertamax+, cmiiw premium RON nya 88, pertamax+ 95, sedangkan kebutuhan cr-v 2.4 cuma ron 91 (cmiiw lagi, klo yg gen 3 spt itu, gak tau klo gen 4). Jadi kalo dioplos 50-50% harusnya jadi RON 91.5. Kalo mau safe mungkin 60%pertamax+ 40% premium. Mungkin master2 di sini bisa menambahkan?

Utk biaya servis, saya kira mesin crv hrsnya lebih murah, secara mesin solar, apalagi yg turbo, lebih kompleks. Kalo common rail nya kena, udah lumayan tuh... mmg masih garansi, tapi biasanya problem mulai muncul stlh 4-5 thn, jadi selama masa garansi masih ok, justru ketika garansi abis mulai banyak problem. Logikanya mesin solar aja kompresinya udah tinggi, belum lagi high pressure di common rail nya, ditambah turbo lagi, jadi di ruang mesin ada brp bar/psi tuh tekanan nya?

Di luar itu semua, klo dr test drive crv vs ps, sy tetep milih crv, jauh lebih nyaman di badan. Aspek handling di jalan raya juga jauh lebih bagus crv.
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by toonafish »

Newbie numpang lapor ke suhu-suhu sekalian. Hari ini baru ambil unit dari dealer, blom sempet diapa-apain baru dibawa muter-muter sekitar kurang lebih 30 kilo. Hal pertama yang jadi perhatian fc lumayan irit terakhir dapet 7,9km/l setelah jalan 30 kilo-an (awal terima unit MID nunjukin fc 6,4km/l dan trip record 26 km) dengan kondisi ECON: ON terus, jalan kombinasi antara jalan macet surabaya jam 4 jam pulang kerja dan surabaya jam 11 malam. Diisi pake oplosan pertamax plus dan premium dengan ratio 4:3. Sekian dulu laporan dari newbie, berharap bisa membuat laporan yang lebih detil lagi kalo newbie mampu. :thanks:
movingpips
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jan 15, 2013 14:15

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by movingpips »

g4ndalf wrote: ===================================================================

Back to topic, klo dibanding ps dikasih biosolar, ya jelas lebih ekonomis drpd cr-v minum pertamax. Tapi kalo cr-v mau ngirit bbm, sebetulnya bisa dioplos antara premium + pertamax+, cmiiw premium RON nya 88, pertamax+ 95, sedangkan kebutuhan cr-v 2.4 cuma ron 91 (cmiiw lagi, klo yg gen 3 spt itu, gak tau klo gen 4). Jadi kalo dioplos 50-50% harusnya jadi RON 91.5. Kalo mau safe mungkin 60%pertamax+ 40% premium. Mungkin master2 di sini bisa menambahkan?

Utk biaya servis, saya kira mesin crv hrsnya lebih murah, secara mesin solar, apalagi yg turbo, lebih kompleks. Kalo common rail nya kena, udah lumayan tuh... mmg masih garansi, tapi biasanya problem mulai muncul stlh 4-5 thn, jadi selama masa garansi masih ok, justru ketika garansi abis mulai banyak problem. Logikanya mesin solar aja kompresinya udah tinggi, belum lagi high pressure di common rail nya, ditambah turbo lagi, jadi di ruang mesin ada brp bar/psi tuh tekanan nya?

Di luar itu semua, klo dr test drive crv vs ps, sy tetep milih crv, jauh lebih nyaman di badan. Aspek handling di jalan raya juga jauh lebih bagus crv.
toonafish wrote:Newbie numpang lapor ke suhu-suhu sekalian. Hari ini baru ambil unit dari dealer, blom sempet diapa-apain baru dibawa muter-muter sekitar kurang lebih 30 kilo. Hal pertama yang jadi perhatian fc lumayan irit terakhir dapet 7,9km/l setelah jalan 30 kilo-an (awal terima unit MID nunjukin fc 6,4km/l dan trip record 26 km) dengan kondisi ECON: ON terus, jalan kombinasi antara jalan macet surabaya jam 4 jam pulang kerja dan surabaya jam 11 malam. Diisi pake oplosan pertamax plus dan premium dengan ratio 4:3. Sekian dulu laporan dari newbie, berharap bisa membuat laporan yang lebih detil lagi kalo newbie mampu. :thanks:
dr 2 komen di atas, ane lsg itung2an..

lepas dr hasutan pemerintah yg bilang pake subsidi itu MISKIN (gw sih ga terlalu peduli, lha wong oknum pejabat skali korupsi tuh minimal 1 M,, mereka duluan yg bikin Negara ini miskin),, ane sangat memperhatikan pengeluaran dlm hal BBM.. Ga masalah sih sebenernya pake non-subsidi asalkan irit, itu alasan ane knp berniat beli CR-V..

yg menjadi prioritas ane saat ini dlm memilih mobil adl: IRIT, AWET, ELEGANT.. maklum ane bru ngerintis wirausaha, mau ga mau BBM jadi perhatian utama dlm list pengeluaran.. jangan sampe gara2 pengen mobil yg bisa nenggak BBM murah, udahannya mesin bermasalah di kemudian hari..

terakhir sih saya pengen punya mobil yg tetap awet saat pemakaian d atas 5 thn.. tentunya cukup dgn perawatan standar aja (ganti oli, dkk secara berkala)..

Modal awal di kasih mobil bekas bokap Honda Accord thn 97, semua masih original tanpa keluhan + irit (tg.priok - tebet - senayan - tebet - tg.priok, cukup di isi premium @ 50rb-60rb).. saya pake dr thn 2010.. bru mulai rewel d akhir 2012, itupun kl kata org bengkel "udah saatnya rusak" (yg rusak jg bukan mesin tp power window + seal karet kaca depan yg longgar).. ini yg membuat saya pengen beli merk HONDA lagi..

Back to Topic.. butuh komparasi lagi tp antara CR-V dengan OUTLANDER.. ada yg bisa memberi pencerahan...???
Forced Induction
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Jan 17, 2013 17:20
Location: Bans of The Dungs

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by Forced Induction »

Secara exterior...CRV gen ini terbaik menurut ane....soalnya untuk urusan SUV, design exterior honda menurut ane agak payah, coba aja perhatiin dari sejak gen 1, kl urusan hatchback, station wagon atau mid-luxury sedannya bagus lah...
The funniest thing about this particular signature is that by the time you realise it doesn't say anything it's too late to stop reading it.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

Kalau memang daerah banjir ya skak mat lah CRV kalau dibanding PS.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by evolution21 »

g4ndalf wrote: cmiiw... yg bikin biosolar jadi jelek itu karena 'bio' nya itu bisa expired - struktur kimianya bisa berubah. Jadi sebaiknya 1-2 bln stlh produksi segera dipakai.
brarti mesti cari pom yg jualannya laris ya? kalo pom sepi solarnya kelamaan ngendap di tangki jd jelek?

kebetulan ane dulu jg pernah iseng tes bio ke beberapa spbu
biasanya.. pom yg masi baru cenderung cukup bening dan busanya lebih dikit
pom yg uda tua2 banget, busanya tebel n buteknya minta ampun. sampe jijik banget kayak air got

ane dulu pakenya botol aqua yg 600ml beli cuman 2000rupiah aja utk liat kualitas solarnya
ineb
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by ineb »

Kayamya ga usah dipusingin himbauan pemerintah soal yg make bbm bersubsidi itu orang miskin...lha wong kita dah bayar pajak kok (pajak penghasilan,pajak balik nama,pajak pkb), jangan karena kebodohannya pemerintah yg ga punya nyali buat naikin bbm subsidi jd seakan2 yg ngisi premium itu haram...itu hak kita! So back to topik...anyway org miskin kok bs beli dakkar, cuman orang bego yg bilang yg bisa beli dakkar itu orang miskin wakakak
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by g4ndalf »

ineb wrote:Kayamya ga usah dipusingin himbauan pemerintah soal yg make bbm bersubsidi itu orang miskin...lha wong kita dah bayar pajak kok (pajak penghasilan,pajak balik nama,pajak pkb), jangan karena kebodohannya pemerintah yg ga punya nyali buat naikin bbm subsidi jd seakan2 yg ngisi premium itu haram...itu hak kita! So back to topik...anyway org miskin kok bs beli dakkar, cuman orang bego yg bilang yg bisa beli dakkar itu orang miskin wakakak
Bukan masalah bbm subsidinya, tapi solar busuk bikin mesin rusak... , kalo bmw jelas2 bikin statement pake solar biasa / biosolar = garansi ilang. Produsen lain terkesan malu2 bikin statement takut produknya nggak laku. Anyway bisa beli dakkar gak kuat beli pertadex, mending beli isuzu panther aja yg 'aman' minum solar subsidi.... wkwkwk
movingpips
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jan 15, 2013 14:15

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by movingpips »

numpang OOT yaa..
Ternyata banyak orang yang tidak tahu, bahwa setiap kali kendaraanya mengisi Premium di SPBU tanpa disadari yang keluar adalah Pertamax. Lho kok bisa?

Hal ini Diungkapkan Wakil Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fahmi Matori. Ia mengatakan sebagian orang yang mengisi BBM khususnya Premium di SPBU terkadang isinya merupakan bensin jenis Pertamax.

"Banyak yang tidak tahu, orang isi Premium di SPBU kadang dapatnya Pertamax," kata Fahmi kepada detikFinance, Kamis (13/12/2012).

Menurut Fahmi ini karena Indonesia impor BBM jenis Pertamax yang per harinya mencapai 600.000-700.000 barel per hari.

"Ya karena kita impor BBM jenis pertamax yang Ron atau Oktannya 92 ke atas. Jumlahnya sekitar 600.000-700.000 barel per hari," ungkap Fahmi.

Sementara, kata Fahmi kebutuhan nasional per harinya mencapai 1,3 juta barel per hari, sementara produksi BBM di kilang milik Indonesia hanya sekitar 600.000-700.000 barel per hari.

"Artinya harus ada tambahan impor BBM sekitar 600.000-700.000 barel per hari untuk menutupi kebutuhan BBM dalam negeri 1,3 juta barel per hari," jelas Fahmi.

Namun, impor 600.000-700.000 barel per hari tersebut bukan Premium, namun Pertamax yang RON-nya 92 ke atas. "Kita impornya Pertamax, karena di dunia ini tidak ada lagi yang produksi Premium," ucapnya.

Namun kata Fahmi, tidak mungkin impor pertamax yang ronnya sudah di atas 92 tersebut di Indonesia didowngread atau diturunkan oktannya menjadi Ron 88 untuk menjadi Premium. "Tidak mungkin dong diturunin kualitasnya menjadi 88, selain itu buat apa, kalau diturunkan juga akan mengeluarkan cost (tambahan biaya)," tuturnya.

Akhirnya, 600.000-700.000 barel Pertamax tersebut dilepas saja ke SPBU. “Ya makanya bisa jadi sebagian masyarakat di Indonesia yang niatnya isi Premium justru yang keluar malah Pertamax,” tandas Fahmi.
Sumber:
hehehehee.. jadi enak neehh..
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by g4ndalf »

Wewww... beneran tuh berita?
User avatar
bimbimsalabim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Oct 31, 2012 16:27
Location: dipelukan gunung kembar

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by bimbimsalabim »

mungkin sedikit saya bisa memberikan info, karena produksi minyak nasional tidak memenuhi konsumsi bahan bakar, maka pertamina mengimpor minyak untuk memenuhi hal tersebut. Konsumsi nasional sebesar 1300 K barel per hari dan produksi nasional 850-850 K barel per hari (tidak semua jadi bbm) maka dan yang jadi murni bbm sekitar 500 ribuan. Jadi total yang diimpor 700 K barel dengan rinician 500 K barel bbm dan 200 K minyak mentah. Nah 500 K barel ini yang diimpor bbm yang buat premium dsbnya. Namun kilang kilang dunia sudah tidak memproduksi bensi dengan oktan RON 88 lagi (pengaruh semakin ketat kadar emisi). Yang ada RON 90 ketas. Jadi bensin yang diimpor bukan RON 88, maka pemerintah memberi subsidi ke pertamina untuk buat bensin dengan RON 88. Istilahnya seperti manufaktur downgrade lahhhh :mky_03:

Karena sudah tahu, mari kita berhemat yukk :mky_08:
Soryy OOT :big_peace:
numero siji
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 09, 2009 5:06

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by numero siji »

Emg sebaiknya bbm subsidi naik hehehehehe. Kl masalah konsumsi bbm temen punya crv jg bilang 1:8 hehehehe. Saya punya accord jg 1:8 jd kayanya honda kira2 emg segitu yah untuk area jakarta
movingpips
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jan 15, 2013 14:15

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by movingpips »

bimbimsalabim wrote:mungkin sedikit saya bisa memberikan info, karena produksi minyak nasional tidak memenuhi konsumsi bahan bakar, maka pertamina mengimpor minyak untuk memenuhi hal tersebut. Konsumsi nasional sebesar 1300 K barel per hari dan produksi nasional 850-850 K barel per hari (tidak semua jadi bbm) maka dan yang jadi murni bbm sekitar 500 ribuan. Jadi total yang diimpor 700 K barel dengan rinician 500 K barel bbm dan 200 K minyak mentah. Nah 500 K barel ini yang diimpor bbm yang buat premium dsbnya. Namun kilang kilang dunia sudah tidak memproduksi bensi dengan oktan RON 88 lagi (pengaruh semakin ketat kadar emisi). Yang ada RON 90 ketas. Jadi bensin yang diimpor bukan RON 88, maka pemerintah memberi subsidi ke pertamina untuk buat bensin dengan RON 88. Istilahnya seperti manufaktur downgrade lahhhh :mky_03:

Karena sudah tahu, mari kita berhemat yukk :mky_08:
Soryy OOT :big_peace:

udah ada penjelasan resmi dr PERTAMINA bahwa mereka ga pernah melakukan proses downgrade krn tidak memiliki keuntungan lebih, malah yg ada nambah cost doang.. silahkan googling.. jadi benar saat pemerintah meng'klaim PREMIUM sudah TANPA TIMBAL..
User avatar
bimbimsalabim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Oct 31, 2012 16:27
Location: dipelukan gunung kembar

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by bimbimsalabim »

oke Om, trimakasih koreksinya :frm_salut:
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by soraksorai »

Lapor konsumsi bbm crv 2013 2.4l gw ya...

Bbm: total performance 95
Km: 1500

Rute tol jkt-bdg-jkt via cipularang. Cruise control dipake lumayan sering. Eco off
Konsumsi bbm dari Mid: 13,3 km/l

Rute dalkot jkt: non tol, sering banget jarak dekat (<6km), gak pake cruise control. Eco on.
Konsumsi bbm dari Mid: 7,1 km/l

Untuk rute tol ternyata irit :mky_02: , x-trail 2.5 at gw cuma sanggup rata2 10 km/l.
Rute dalkot sebelas dua belas ama xtrail gw. :big_peace:
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by ferryset »

saya numpang tanya ya bos. jadi kelebihan generasi 3 dibanding generasi 4 apa ya om? jadi penasaran pengen tau hehehehehehe thanks ya bos
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
watefak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Sun Sep 18, 2011 15:35

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by watefak »

Kalau crv yang gen sebelum ini masih bisa diminumi premium.kalau crv gen ini masih bisa pake premium ngga ya? Soalnya pertimbangan beli cx5 atau crv ini dari bahan bakarnya.mohon saran sm senior