Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
evolution21 wrote:Mazda6 jg bisa dalkot 1:10 ane dah pernah nyoba
isi bensin lgs puter2 kota, ga boleh kena jalur macet / ngantri di lampu merah.
tapi realistisnya sih 1:7 aja full to full
Ini termasuk kegiatan panasin mobil tiap pagi, macet, nyari parkir di gedung, dll
Maaf sblmnya agak melenceng.. bro mobilnya mazda6 kan?
Emang mobil keluaran skrg,, sebutlah diatas thn 2008, msh perlu panasin mesin tiap pagi sblm mobil melaju ?
Ane pribadi udah gak pernah manasin mesin pagi sblm melaju.
Jadi,, buka pintu garasi-keluarin mobil-tutup pintu garasi-lgsng melaju, walopun ane liat msh ada indikator wrna biru msh menyala, ga lama stlh melaju,, itu lampu biru padam sndri,,. (Ya mungkin idealnya panasin dulu ya 3-5mnt.)
Jujur aja ane gak ngerti manfaat manasin mesin pagi sblm mobil melaju.
Yg ane tau,, klo mobil akhir 80-an, awal 90-an, yg masih sistem karburator, nah panasin mesin tiap pagi, paling kurang 5-10mnt. CMIIW.
Kadang suka bingung jg liat org2 yg punya mobil baru, pagi2 panasin mesin ampe 10mnt atau lbh..
ya ane panasin 2 - 4 menitan
2 menit itu rpm dah turun dan stabil
setelah itupun jalannya pelan2 dulu
everester wrote:tiba2 trit ini bangkit dari kuburan ya...
berhubung KM sudah mulai mendekati angka 10,000KM, nanti dilihat apakah benar tabel nya...
mungkin kalo 10rb km masih betul tabelnya
soalnya kan cuman ganti oli, bersihin air filter dan cek ini itu aja ya
antara 40rb - 80rb km baru ketauan d
ane jd inget pas desember 2010
ditawarin T31 disc 15jutaan + free maintenance sampe 30rb <- biayanya masih murah digratisin
40rb km biayanya gede (servis besar) baru disuruh bayar
BADAK wrote:Wah saya malah baru tau skrg kalo mobil2 kluaran baru gak perlu dipanasin lg.
Ini teorinya gimana ya bro, koq bisa mobil2 sekarang gak perlu dipanasin lg bisa langsung jalan.
Trz apa cuman untuk mobil2 kluaran di atas 2008 saja?
Jangankan mobil skrg mobil jaman bahlak ane aja di manualnya bilang gak perlu dipanasin. Disuruh start langsung jalan dengan kecepatan mesin yg moderat sampe jarum di tengah.
Bedanya yg ane rasain kalo mobil kelas2 ekonomi/menengah seperti Focus, Mazda2, Fortuner...RPM nya tinggi dulu sedikit waktu start, trus turun ke rpm normalnya. Nah ini ane tunggu dulu sampe turun baru jalan. Kalo yg kelas lebih tinggi kaya Camry, Seri 5 E39 begitu start udah halus/idle normal gak pake basa basi - ane pasang seat belt, setel radio, senyum2 liat keindahan dashboard...say good morning ke mobilnya...langsung deh jalan pelan2
Naik juga sih oom...supaya cepat ke temperatur operasional saya rasa.
Kalau camry saya confirmed naik, tetapi bmw tidak tau ya..malah camry tuh kurang stabil putaran mesin nya..
Kebiasaan saya sih menunggu putaran mesin under seribu (perlu 3-5 menit), abis itu ya jalan secara normal nya saya (pelan2)..:Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™
FortunerMan wrote:Jangankan mobil skrg mobil jaman bahlak ane aja di manualnya bilang gak perlu dipanasin. Disuruh start langsung jalan dengan kecepatan mesin yg moderat sampe jarum di tengah.
Bedanya yg ane rasain kalo mobil kelas2 ekonomi/menengah seperti Focus, Mazda2, Fortuner...RPM nya tinggi dulu sedikit waktu start, trus turun ke rpm normalnya. Nah ini ane tunggu dulu sampe turun baru jalan. Kalo yg kelas lebih tinggi kaya Camry, Seri 5 E39 begitu start udah halus/idle normal gak pake basa basi - ane pasang seat belt, setel radio, senyum2 liat keindahan dashboard...say good morning ke mobilnya...langsung deh jalan pelan2
Bener2 ane demen deh ama habit om FM satu itu... Bisa ditiru deh itu nambahin deh, sambil senyum2 liat keindahan dashboard, elusin yg lembut.. sambil say good morning, sambil bisik mesra,"Ayuk, kita jalan bareng lagi hari ini, temani aku yaa.."
*biasanya kan kalo di mobil kelas raja, begitu kontak diputer, mobilnya yang bilang "good morning, Mr........." Nah ini om FM nya yang menyapa... Top deh..!!
ane biasanya ngobrol ke mobilnya kalo pas lagi mandiin dia..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ZombiEE wrote:Naik juga sih oom...supaya cepat ke temperatur operasional saya rasa.
Kalau camry saya confirmed naik, tetapi bmw tidak tau ya..malah camry tuh kurang stabil putaran mesin nya...
Camry ente kan 3.5 :p
Saya 2.4...gak pake naik + langsung stabil/halus...tapi yah mobil bekas + kilometer seabreg, gak tau juga barunya. Kalo BMW emang bener2 ditulis di bukunya...jalan langsung euy!
@Om Vanz...wkwkwkwkwk...pecinta (dan tukang nyiksa) mobil om, begitulah. Habis naik turun gunung atau lewat Pantura...biasanya pake "Good job boy"
ZombiEE wrote:Naik juga sih oom...supaya cepat ke temperatur operasional saya rasa.
Kalau camry saya confirmed naik, tetapi bmw tidak tau ya..malah camry tuh kurang stabil putaran mesin nya..
Kebiasaan saya sih menunggu putaran mesin under seribu (perlu 3-5 menit), abis itu ya jalan secara normal nya saya (pelan2)..:Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™
Iya om, sama.. Biasanya kalo agak buru2, manasinnya sampe jarum temp bergerak nutupin huruf C atau lewat dikiiiit , langsung jalan.
Tapi ane biasain supaya tetep manasin minimal 3 menit, buat memberi kesempatan oli sirkulasi dulu. Kalau rutin pagi, biasanya nunggu autochoke nya mati (rpm sudah turun en stabil di 900), baru deh matiin atau berangkat.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Mengenai proses pemanasan mesin kalau gak salah pernah ada tret yang bahas, dan postingan oom Turbo kalau gak salah yang ane rasa paling bener...
Kan "manasin mesin" itu sebenernya utamanya menunggu 1 cycle oli mesin dan suhu nya agak naik sedikit.. sebenernya di mesin modern 1 cycle ini cukup ditunggu dalam hitungan 30 detik.. Dan mobil sudah siap jalan... Kalau kita manasih kelamaan malah jadinya buang2 BBM..
tapi memang kalau jarum temperatur udah agak naik mesin terasa lebih smooth..
saya setuju sama om Setig, kalau saya nunggu sampai jarum tempratur naik sedikit mesin sedikit lebih enak rasanya tapi ga beda jauh2 amat ya. Untuk bro zvr, Teana saya dapat 1:7, pakai Pertamax Plus/Shell Super Extra (biasanya Shell). Tapi tergantung seberapa gatal tuh kaki kanan juga sih...
everester wrote:saya setuju sama om Setig, kalau saya nunggu sampai jarum tempratur naik sedikit mesin sedikit lebih enak rasanya tapi ga beda jauh2 amat ya. Untuk bro zvr, Teana saya dapat 1:7, pakai Pertamax Plus/Shell Super Extra (biasanya Shell). Tapi tergantung seberapa gatal tuh kaki kanan juga sih...
itu d indikator ato itung sendiri bro? bingung nih d indikator dptnya 1:4,7 pdhl isi super xtra
everester wrote:saya setuju sama om Setig, kalau saya nunggu sampai jarum tempratur naik sedikit mesin sedikit lebih enak rasanya tapi ga beda jauh2 amat ya. Untuk bro zvr, Teana saya dapat 1:7, pakai Pertamax Plus/Shell Super Extra (biasanya Shell). Tapi tergantung seberapa gatal tuh kaki kanan juga sih...
itu d indikator ato itung sendiri bro? bingung nih d indikator dptnya 1:4,7 pdhl isi super xtra
4,7 nya itu, jangan-jangan 4,7 / 100 km.....?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Maksudnya jalan tol speed nya tetap constant? Gak pernah cruising, pernahnya ngebut doang kalau di tol
Tapi wajarnya harus nya gak beda jauh sama FC nya FX saya ya. Rasanya kalau FX paling mentok kalau dipakai buat cruising 1:5.5 saja.
Sebagai gambaran, kapasitas tangki FX dan Teana hampir sama, FX lebih besar sedikit (60 vs 70 kalau gak salah ingat). Teana yang harian saya pakai bisa isi bensin sekali dalam 5 hari. Kalau FX, mungkin sekali dalam 3 hari.