kok baca ini pengen ketawa yatakumi wrote:bang Digigit
antara inline, V , Boxer, Rotary..
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34
tambahan lagi keunggulan mesin2 dari konsumsi bensin...
dari yang paling irit (naturally aspirated ya)
Inline-4
V-6, Boxer, Inline-6, Renesis Mazda (RX-8), Inline-4 Honda (Type R)
Rotary Mazda (RX-7)
V-8
V-10
V-12 (ini gak ngerti deh... gimana borosnya)
Untuk soal konsumsi bensin inilah kenapa beberapa produsen masih milih untuk ngembangin teknologi I-4, contohnya Honda. Akan tetapi, bakalan ada evolusi konsumsi bensin untuk mesin V. Dimulai dari GM yang mempelopori mesin V-6 yang silindernya bisa dimatiin setengah (cuma jalan 3 kalo cruising) di tahun 80an... tapi ampun deh mesinnya bergetar gak keruan dan sering mati, dan akhirnya ditinggalin ama GM.
Eh... tahun ini, Honda ngeluarin VCM (Vaiable Cylinder Management) yang berfungsi sama kayak dulu GM bikin, tapi tanpa masalah. Mesin ini pertama kali muncul di Honda Inspire (Accord ganti mesin). Power V-6, Torque V-6, konsumsi bensin kalo cruising I-4... senangnya...
Terus Lexus R400H, Hybrid V6, torque V-6, konsumsi bensin I-4
tapi... pengen ngomong lebiiiiiiiiiiihhhhh banyak lagi, tapi baca ini aja deh
http://waw.wardsauto.com/ar/auto_best_engines_6/
10 mesin terbaik dunia 2003
dari yang paling irit (naturally aspirated ya)
Inline-4
V-6, Boxer, Inline-6, Renesis Mazda (RX-8), Inline-4 Honda (Type R)
Rotary Mazda (RX-7)
V-8
V-10
V-12 (ini gak ngerti deh... gimana borosnya)
Untuk soal konsumsi bensin inilah kenapa beberapa produsen masih milih untuk ngembangin teknologi I-4, contohnya Honda. Akan tetapi, bakalan ada evolusi konsumsi bensin untuk mesin V. Dimulai dari GM yang mempelopori mesin V-6 yang silindernya bisa dimatiin setengah (cuma jalan 3 kalo cruising) di tahun 80an... tapi ampun deh mesinnya bergetar gak keruan dan sering mati, dan akhirnya ditinggalin ama GM.
Eh... tahun ini, Honda ngeluarin VCM (Vaiable Cylinder Management) yang berfungsi sama kayak dulu GM bikin, tapi tanpa masalah. Mesin ini pertama kali muncul di Honda Inspire (Accord ganti mesin). Power V-6, Torque V-6, konsumsi bensin kalo cruising I-4... senangnya...
Terus Lexus R400H, Hybrid V6, torque V-6, konsumsi bensin I-4
tapi... pengen ngomong lebiiiiiiiiiiihhhhh banyak lagi, tapi baca ini aja deh
http://waw.wardsauto.com/ar/auto_best_engines_6/
10 mesin terbaik dunia 2003
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Setau Daku :
Inline : kelebihannya biaya pembuatannya lebih murah, kekurangannya makan tempat. Jadi gak bisa utk mesin dgn banyak silinder.
V : kelebihan irit tempat, sehingga bisa utk mesin dgn banyak silinder. Kekurangannya biaya pembuatannya lebih mahal dan disainnya lebih ribet karena melihat sudut V-nya jg. Belum lagi konfigurasi macem-macemnya.
Rotary : kelebihannya lebih ringan dan kuat, dengan kapasitas lebih kecil bisa menyamai kemampuan mesin berkonfigurasi V dgn kapasitas di atasnya. Kekurangannya adalah risetnya kurang berkembang karena sudah dipatentkan oleh pabrikan tertentu (kalu gak salah Mazda).
Hybrid : kelebihannya irit bahan bakar, karena menggunakan kombinasi 2 mesin bakar dan listrik. Kekurangannya adalah dibiaya. Namanya jg beli 2 mesin.
CMIIW
Inline : kelebihannya biaya pembuatannya lebih murah, kekurangannya makan tempat. Jadi gak bisa utk mesin dgn banyak silinder.
V : kelebihan irit tempat, sehingga bisa utk mesin dgn banyak silinder. Kekurangannya biaya pembuatannya lebih mahal dan disainnya lebih ribet karena melihat sudut V-nya jg. Belum lagi konfigurasi macem-macemnya.
Rotary : kelebihannya lebih ringan dan kuat, dengan kapasitas lebih kecil bisa menyamai kemampuan mesin berkonfigurasi V dgn kapasitas di atasnya. Kekurangannya adalah risetnya kurang berkembang karena sudah dipatentkan oleh pabrikan tertentu (kalu gak salah Mazda).
Hybrid : kelebihannya irit bahan bakar, karena menggunakan kombinasi 2 mesin bakar dan listrik. Kekurangannya adalah dibiaya. Namanya jg beli 2 mesin.
CMIIW
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34
Rotary itu beneran di patenin sama Mazda gak sih? gw gak jelas banget ama nih mesin.Kekurangannya adalah risetnya kurang berkembang karena sudah dipatentkan oleh pabrikan tertentu (kalu gak salah Mazda)
Soalnya gw maren liat di tipi, discovery channel, ada orang bikin mesin rotary buat basis mobil terbang/personal plane, dan Mazda gak disebut sebut.
Setau gw... tolong direvisi sejarahnya kalo ada yang salah, namanya juga inget2...
Felix Heinrich Wankel (jerman) menciptakan nenek moyang rotary pada tahun 1928 yang diberi nama drehkolbenmaschine (matek gw... lupa abies namanya) yang dipatenin tahun 1936. Baru setelah matenin tuh mesin dia pake nama dia sendiri di mesinnya, jadi Wankel Rotary engine (rotationskolbenmaschinen).
Tahun 1950an, om Wenkel kerjasama ama NSU (gak ada singkatannya) untuk bikin mobil, yang namanya NSU Prinz, dan Wankel Spider di tahun 60an. NSU nantinya dibeli ama VW/Audi. Nah sebelum kerjasama, si om Wankel bikin Wankel GmbH yang memegang royalti atas mesin rotary. Dan karena om ini kerjasama ama NSU, NSU juga kebagian sebagai pemegang royalti.
Gembar gembor mesin Wankel yang unconventional nyampe ke kuping GM, Mercedez, john deere dan Mazda. Singkatnya, cuma Mazda yang berhasil ngedevelop rotary engine dengan sempurna. Meskipun begitu, rotary pada kenyataannya dulu tidak stabil sama sekali... kalo ada yang pernah tau, rotary dinobatkan sebagai mesin terburuk di tahun 80an. Forbes atau majalah apa gitu.
Reliabilitas 13B (mesin RX7) masih jadi pertanyaan untuk pecinta otomotif. Mesin 1.3L yang bisa nyentuh 1000+ Hp ini dikatakan cukup labil ditangan orang yang kurang ngerti mesin. Soalnya temen gw pernah beli RX-7 ifini di New Zealand, dipake balap, ada bagian mesin yang retak gitu deh, berhubungan dengan oli, dan gak cuma temen gw doang. Mazda 787B dengan 2.6L Rotary engine menang di Le Mans 1991, tapi entah kenapa, sekarang ilang kabarnya. Dan juga, mesin Rotary 2L dulu udah siap produksi, tapi karena masalah reliabilitas, kita cuma dapet 1.3L doang. Bayangin aja tuh 2L, 1.3L aja NA bisa 280 Bhp, apalagi 2L... bisa nyentuh 400bhp stok!!!
jadi setau gw, gak ada lagi yang ngembangin rotary selain mazda karena susah banget bikinnya.
eh lupa... om Wenkel tahun 1974 bikin institut riset namanya TES (bahasa jerman, lupa) yang disupport ampe tahun 1993, oleh Daimler-Benz/Daimler-Chrysler.
nah jadi... paten rotary engine itu punya sapa? Mazda setau gw cuma pembeli license doang, bukan pemegang paten, bingung euy. Seharusnya patennya dipegang sama VW/AUdi sekarang, tapi gak jelas banget
http://www.wankel-rotary.com/
http://www.rotaryengineillustrated.com/index.html
p.s. Felix Wenkel dan Soichiro Honda itu dua orang sesepuh favorit gwMost major vehicle manufacturers bought a license and pursued programs of varying extent. Major players like GM and Mercedes committed the most resources and seemed to be making the greatest strides towards volume production but, for various reasons, it was a small Japanese company named Toyo Kogyo (later renamed Mazda, after its most successful division) that became the standard bearer as others dropped out.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
bener VW emang yang nemuin Mesin rotary..
tapi karena gak bisa sebagus mesin silinder jadi gak laku dan gagal.. pada taun brp gue lupa.. Mazda membeli License trus Mengembangkan Teknologi Rotary tersebut.. , dan akhirnya mengeluarin debut RX-7 savana yang sukses berat di pasaran dan di sebut Best cornering machine di jepang karena bobot yang ringan dan tenaga yang besar..
emang Mazda yang tau cara nyempurnain Rotary sampe saat ini..
makanya kalo punya Mobil Mazda Rotary engine di indonesia nyari mekanik nya yang jago sampe budegh deh
padahal gue seneng sama RX-7 tapi mikir2 kalo di indonesia Mekaniknya susah jadi ilfil.. heuhue
tapi karena gak bisa sebagus mesin silinder jadi gak laku dan gagal.. pada taun brp gue lupa.. Mazda membeli License trus Mengembangkan Teknologi Rotary tersebut.. , dan akhirnya mengeluarin debut RX-7 savana yang sukses berat di pasaran dan di sebut Best cornering machine di jepang karena bobot yang ringan dan tenaga yang besar..
emang Mazda yang tau cara nyempurnain Rotary sampe saat ini..
makanya kalo punya Mobil Mazda Rotary engine di indonesia nyari mekanik nya yang jago sampe budegh deh
padahal gue seneng sama RX-7 tapi mikir2 kalo di indonesia Mekaniknya susah jadi ilfil.. heuhue
di patenin sih ga ya se tahu gua sih
yg pasti sih emang cuman mazda doang yg mau ngembangin tuh mesin
mungkin pabrikan lain lebih ke aspek bisnisnya
satu yg nyebelin dari rotary, asep nya mirip suzuki ST20, karena pake oli samping (istilah di motor)
kenapa 1300 cc bisa 280+ HP ?
karena ya itu mesin sekali langkah/ putaran terjadi 3 kali pembakaran dor dor dor
gimana ga gede tenaga nya ?
apalagi di turbo ya Takumi
beuh....di sentul ada VW busuk dulu, kalo ga salah punya orang Lembang, najis kencengnya, ga turun sih waktu gua liat, di paddock doang, tapi standing tuh VW
mpe kaget, tapi suaranya mirip bajaj
yg pasti sih emang cuman mazda doang yg mau ngembangin tuh mesin
mungkin pabrikan lain lebih ke aspek bisnisnya
satu yg nyebelin dari rotary, asep nya mirip suzuki ST20, karena pake oli samping (istilah di motor)
kenapa 1300 cc bisa 280+ HP ?
karena ya itu mesin sekali langkah/ putaran terjadi 3 kali pembakaran dor dor dor
gimana ga gede tenaga nya ?
apalagi di turbo ya Takumi
beuh....di sentul ada VW busuk dulu, kalo ga salah punya orang Lembang, najis kencengnya, ga turun sih waktu gua liat, di paddock doang, tapi standing tuh VW
mpe kaget, tapi suaranya mirip bajaj
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Pic Mazda RX-7
Ini pic RX-7 yang pernah saya lihat di Bandung.
Ada yang pernah liat lagi (platnya " F ", kota mana ya) ?
Ada yang pernah liat lagi (platnya " F ", kota mana ya) ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34
wah wah.... setelah dicari sana sini... ternyata mesin W-Block menarik juga, singkatnya, mesin W itu gabungan dari 2 mesin V yang ditempel jadi satu. Tapi sepertinya, mesin ini emisi gas buangannya sangat berbahaya
http://www.seriouswheels.com/top-VW-W12-Roadster.htm
serem bo....
kalau ada yang mau baca juga... nih ada link tentang mesin W8 dan W16
http://autozine.kyul.net/technical_scho ... mooth5.htm
http://www.seriouswheels.com/top-VW-W12-Roadster.htm
The basic layout of the W12 engine is made up of two very thin V6 four-valve modules which are configured at an angle of 72 degrees with a joint crankshaft with seven main bearings to make up a V-V arrangement, i.e. a "W". The cylinder angle is just 15 degrees Within the two V6 banks. This makes the construction, which is very compact in comparison to V12 engines, possible.

serem bo....
kalau ada yang mau baca juga... nih ada link tentang mesin W8 dan W16
http://autozine.kyul.net/technical_scho ... mooth5.htm
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Fri Apr 30, 2004 1:58
- Location: NYC
Inline4 kecil dan irit corolla civic
Inline6. gede bertenaga BMWseri 3
V6 most carsafe kalo tabrakan mesin nga kena orgnya dan irit
V8 trucks ama luxury carstenaganya wahh
V10 semi exotic carstenaganya lebi wah lagi tapi bensinnya udah kaya minum air
V12 super exotic carsalamak!!! super kencang tapi bensinnya juga kencang
Boxer sport cars.. paling sip kalo di turboin subaru WRX ama Porsche
Rotary. mesin kecil cuman bisa punya kemampuan 2 kali lipet tapi gile suka banyak masalah the 1st few gen..
Hybrid..wah.. bener2 irit.. bayangin aje electric engine yg nga perlu di colok.ato charge..di bantu ama conventional engine
Inline6. gede bertenaga BMWseri 3
V6 most carsafe kalo tabrakan mesin nga kena orgnya dan irit
V8 trucks ama luxury carstenaganya wahh
V10 semi exotic carstenaganya lebi wah lagi tapi bensinnya udah kaya minum air
V12 super exotic carsalamak!!! super kencang tapi bensinnya juga kencang
Boxer sport cars.. paling sip kalo di turboin subaru WRX ama Porsche
Rotary. mesin kecil cuman bisa punya kemampuan 2 kali lipet tapi gile suka banyak masalah the 1st few gen..
Hybrid..wah.. bener2 irit.. bayangin aje electric engine yg nga perlu di colok.ato charge..di bantu ama conventional engine

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Terbalik itu mas y_anjasrana, yg benar justru mesin INLINE (SEGARIS) itu lebih sulit dan mahal pembuatannya daripada konfigurasi mesin V. Malahan sebenarnya mesin INLINE lebih bagus daripada konfigurasi mesin V karena mesin INLINE itu lebih halus, serta deru dan getarannya bisa dikurangi daripada mesin V.y_anjasrana wrote:Setau Daku :
Inline : kelebihannya biaya pembuatannya lebih murah
V : Kekurangannya biaya pembuatannya lebih mahal dan disainnya lebih ribet karena melihat sudut V-nya jg. Belum lagi konfigurasi macem-macemnya.
Baca deh artikel dibawah ini yg saya kutip dari Mobilku.com.
BMW: Kami punya mesin I6 paling ringan di dunia
(14/07/2004) - Insinyur-insinyur BMW sukses meracik komposit magnesium (logam yang lebih ringan dari aluminium) menjadi mesin 3.0 liter bensin –yang menurut mereka- mesin enam silinder paling ringan di dunia.
Dengan crankcase dari magnesium alloy, bobot mesin bisa dipotong 22 pounds menjadi 355 pounds (160kg). Performanya naik 12% (jadi 258hp) sementara konsumsi bahan bakarnya turun 12% yang menurut Klaus Borgmann, head of motor engineering perusahaan berbasis di Munich itu, banyak disumbang oleh penyempurnaan Valvetronic engine management system. Teknologi gasoline direct injection dapat mudap diaplikasikan, namun untuk tahap awal belum dilakukan.
Fitur lain yang menyumbang penghematan bahan bakar adalah pompa air inovatif yang hanya menggunakan sepersepuluh daya normal, hingga mesin lebih cepat mencapai temperatur kerjanya.
Mesin baru ini akan tampil perdana pada 630Ci coupe/convertible dan selanjutnya menggantikan mesin 3.0 liter pada Seri 7, Seri 5, X3, X5 dan Z4. Seri 3 baru mendapat mesin ini saat generasi mendatang hadir.
BMW yang diakui keunggulannya dalam rekayasa mesin enam silinder segaris ini tetap setia mengembangkan konfigurasi mesin ini. Rivalnya, Mercedes-Benz sudah meninggalkan mesin enam silinder segaris dan lebih memilih konfigurasi V6.
Mesin enam silinder segaris lebih halus, deru dan getaran bisa dikurangi. Namun mesin ini lebih sulit di pasang dan pembuatannya lebih mahal. (mobilku.com)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47