Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

azu wrote: Thu Jun 27, 2024 7:19 kalau Q8 D1 FE 0W-20 itu sebenernya maksimal bisa brp Km / bulan ya? Saya ini sudah 9rb Km / 10 bulan sih penguapannya masih terhitung sedikit ya

terakhir top up di 5rb atau 6rb Km nambah 200ml dan sekarang pas saya cek di dipstick masih di 3/4 ya, mungkin top up sekitar 200ml lg biar di posisi F lagi :mky_01:
Kalo pake pertamax , dengan kondisi mesin normal di mesin NA sih bisa 12rb km dengan aman (sesuai hasil tes lab di mobil saya, itu kurang 200ml jg), max 15rb km mungkin.

Rute saya lumayan menyiksa, hampir gak pernah gak macet. Average di mid aja sekarang 26km/h.
wondhhh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Dec 03, 2023 15:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Beat Karbu

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by wondhhh »

Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 5:45
wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 5:32
Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 2:10

Seal Crankshaft (kruk as) aman?
https://www.tokopedia.com/bsksparepart/ ... c-original

biasa karena faktur U, rembes oli bisa jg dr sini
kemaren saya sempet cek sendiri di sekitar mesin (kira kanan mesin) ga ada rembrs oli. sempet ngolong ga ada rembes di dek bawah (sekilas si ngolongnya). selama ini juga di garasi juga ga ada oli netes. untuk cooling system kayaknya si normal ya. kemaren saya coba cek buat fan sepertinya aman (kondisi idle 10 menit fan hanya nyala saat ac nyala) normal kah? untuk coolant sejak 6 bulan lalu belum top up dan masih di posisi full di reservoir.

atau memang karakter PTT super 0w20 yang nguap ya mbah?
lbh enak cek pk OBD scanner (dalam kondisi diam / tidak jalan),
- Mesin dinyalakan idle selama 15-20 menit
- ketika coolant temp sentuh >90 C, fan radiator harusnya nyala (walau tanpa AC)
- ketika fan nyala, cek jika suhu coolant perlahan turun
- ketika suhu coolant turun, Fan radiator (biasanya) mati
- ketika coolant temp sentuh >90 C lagi, fan radiator nyala lagi
- klo siklusnya spt itu, berarti normal.

Krn pada prinsipnya; coolant dan thermostat ngejaga rentang operating temp ideal, untuk mencapai efisiensi dan power yg optimal.

Jika memang normal cooling systemnya, coba naik kelas aja mbah, 0w20 KyuEit kira2 gmn.
atau klo mau lbh ekonomis; Naik visco di merk yg sama, PTT 0w30.
wah thanks mbah methodnya, nanti saya coba tes pake obd

[/quote]
Coba aja ganti Q8 D1 FE 0w20, kalo masih nguap berlebih berarti pasti ada kebocoran kecil. Mungkin perlu remajaan
[/quote]

iya om saya ada rencana mau ganti ke Q8.

additional question, rencana saya mau ganti oli dalam waktu yang dalam waktu dekat, kira2 batas toleransi penguapan itu berapa ml ya untuk 0w20 kondisi 5rb km. saya mau ukur nanti penguapannya berapa banyak

Mau review sedikit mengenai PTT super synthetic 0W20 di mesin skyactiv. sebelumnya pakai MGO 0W20, Shell City 0W20 dan 77 5W20. Menurut saya oli ini lumayan stabil direntang harga tersebut (based on butt-o-meter dan feeling yang tidak seberapa ini) agak mirip 5W20nya 77. Both MGO dan Shell udah agak gaenak di 4rb km (mobil sering jadi genset, setidaknya 30 menit setiap hari untuk ngadem dan pemakaian dalam). di km 5rb ini masih hampir seperti pertama kali tuang, buat rpm tinggi masih oke, mesin halus.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

sahabatq8 wrote: Thu Jun 27, 2024 8:13
azu wrote: Thu Jun 27, 2024 7:19 kalau Q8 D1 FE 0W-20 itu sebenernya maksimal bisa brp Km / bulan ya? Saya ini sudah 9rb Km / 10 bulan sih penguapannya masih terhitung sedikit ya

terakhir top up di 5rb atau 6rb Km nambah 200ml dan sekarang pas saya cek di dipstick masih di 3/4 ya, mungkin top up sekitar 200ml lg biar di posisi F lagi :mky_01:
Kalo pake pertamax , dengan kondisi mesin normal di mesin NA sih bisa 12rb km dengan aman (sesuai hasil tes lab di mobil saya, itu kurang 200ml jg), max 15rb km mungkin.

Rute saya lumayan menyiksa, hampir gak pernah gak macet. Average di mid aja sekarang 26km/h.
saya ga pakai Pertamax sih om, tapi pakainya Vivo 90 :mky_01:

Masalahnya di mobil saya kalau pakai Pertamax 92 malah jadi boyo dan ngeden transmisinya, ini pakai Vivo 90 yg ngakunya oktan lebih rendah dari Pertamax malah lebih ringan ke mesin dan hampir ga pernah pindah ke manual mode walaupun nanjak2 di jalanan gunung seperti ke Lembang. Giliran pakai Pertamax saya malah harus manual mode, terus gaspol juga biar kuat nanjak. kalau kickdown itu cuma RPM aja naik tapi tenaga kaya ga ada :big_biglaugh: pas balik lagi pakai Vivo 90 eh jadi ringan lagi itu mobil :ungg:

oke om, lebih-lebih dikit dari 10rb Km kayanya masih aman ya :mky_01:

wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 8:19

iya om saya ada rencana mau ganti ke Q8.

additional question, rencana saya mau ganti oli dalam waktu yang dalam waktu dekat, kira2 batas toleransi penguapan itu berapa ml ya untuk 0w20 kondisi 5rb km. saya mau ukur nanti penguapannya berapa banyak

Mau review sedikit mengenai PTT super synthetic 0W20 di mesin skyactiv. sebelumnya pakai MGO 0W20, Shell City 0W20 dan 77 5W20. Menurut saya oli ini lumayan stabil direntang harga tersebut (based on butt-o-meter dan feeling yang tidak seberapa ini) agak mirip 5W20nya 77. Both MGO dan Shell udah agak gaenak di 4rb km (mobil sering jadi genset, setidaknya 30 menit setiap hari untuk ngadem dan pemakaian dalam). di km 5rb ini masih hampir seperti pertama kali tuang, buat rpm tinggi masih oke, mesin halus.
bisa cek di manual book om, terkadang ada beberapa yg mencatumkan batas wajar konsumsi olinya om karena tiap mesin beda-beda. di manual 1NZ-FE saya pernah baca malah konsumsi oli maksimalnya itu 1 liter per 1000Km :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Supersedan »

wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 8:19
Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 5:45
wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 5:32

kemaren saya sempet cek sendiri di sekitar mesin (kira kanan mesin) ga ada rembrs oli. sempet ngolong ga ada rembes di dek bawah (sekilas si ngolongnya). selama ini juga di garasi juga ga ada oli netes. untuk cooling system kayaknya si normal ya. kemaren saya coba cek buat fan sepertinya aman (kondisi idle 10 menit fan hanya nyala saat ac nyala) normal kah? untuk coolant sejak 6 bulan lalu belum top up dan masih di posisi full di reservoir.

atau memang karakter PTT super 0w20 yang nguap ya mbah?
lbh enak cek pk OBD scanner (dalam kondisi diam / tidak jalan),
- Mesin dinyalakan idle selama 15-20 menit
- ketika coolant temp sentuh >90 C, fan radiator harusnya nyala (walau tanpa AC)
- ketika fan nyala, cek jika suhu coolant perlahan turun
- ketika suhu coolant turun, Fan radiator (biasanya) mati
- ketika coolant temp sentuh >90 C lagi, fan radiator nyala lagi
- klo siklusnya spt itu, berarti normal.

Krn pada prinsipnya; coolant dan thermostat ngejaga rentang operating temp ideal, untuk mencapai efisiensi dan power yg optimal.

Jika memang normal cooling systemnya, coba naik kelas aja mbah, 0w20 KyuEit kira2 gmn.
atau klo mau lbh ekonomis; Naik visco di merk yg sama, PTT 0w30.
wah thanks mbah methodnya, nanti saya coba tes pake obd
Coba aja ganti Q8 D1 FE 0w20, kalo masih nguap berlebih berarti pasti ada kebocoran kecil. Mungkin perlu remajaan
[/quote]

iya om saya ada rencana mau ganti ke Q8.

additional question, rencana saya mau ganti oli dalam waktu yang dalam waktu dekat, kira2 batas toleransi penguapan itu berapa ml ya untuk 0w20 kondisi 5rb km. saya mau ukur nanti penguapannya berapa banyak

Mau review sedikit mengenai PTT super synthetic 0W20 di mesin skyactiv. sebelumnya pakai MGO 0W20, Shell City 0W20 dan 77 5W20. Menurut saya oli ini lumayan stabil direntang harga tersebut (based on butt-o-meter dan feeling yang tidak seberapa ini) agak mirip 5W20nya 77. Both MGO dan Shell udah agak gaenak di 4rb km (mobil sering jadi genset, setidaknya 30 menit setiap hari untuk ngadem dan pemakaian dalam). di km 5rb ini masih hampir seperti pertama kali tuang, buat rpm tinggi masih oke, mesin halus.
[/quote]
Saya kemarin pake ptt super syn 0-20 jalan 9.000 lebih dikit / 9 bulan gak ada penguapan, dari pas awal tuang sampe ganti oli masih persis sama liat di dipstick.
Ini oli enak kok menurut saya, cuma kalo dapet di harga normal 175rb sebotol mending upgrade sekalian.
Kalo dapet harga promo di 150rb per liter oke kok ini oli, suka promo di official tokped atau blibli.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Supersedan wrote: Thu Jun 27, 2024 8:56
wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 8:19
Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 5:45

lbh enak cek pk OBD scanner (dalam kondisi diam / tidak jalan),
- Mesin dinyalakan idle selama 15-20 menit
- ketika coolant temp sentuh >90 C, fan radiator harusnya nyala (walau tanpa AC)
- ketika fan nyala, cek jika suhu coolant perlahan turun
- ketika suhu coolant turun, Fan radiator (biasanya) mati
- ketika coolant temp sentuh >90 C lagi, fan radiator nyala lagi
- klo siklusnya spt itu, berarti normal.

Krn pada prinsipnya; coolant dan thermostat ngejaga rentang operating temp ideal, untuk mencapai efisiensi dan power yg optimal.

Jika memang normal cooling systemnya, coba naik kelas aja mbah, 0w20 KyuEit kira2 gmn.
atau klo mau lbh ekonomis; Naik visco di merk yg sama, PTT 0w30.
wah thanks mbah methodnya, nanti saya coba tes pake obd
Coba aja ganti Q8 D1 FE 0w20, kalo masih nguap berlebih berarti pasti ada kebocoran kecil. Mungkin perlu remajaan
iya om saya ada rencana mau ganti ke Q8.

additional question, rencana saya mau ganti oli dalam waktu yang dalam waktu dekat, kira2 batas toleransi penguapan itu berapa ml ya untuk 0w20 kondisi 5rb km. saya mau ukur nanti penguapannya berapa banyak

Mau review sedikit mengenai PTT super synthetic 0W20 di mesin skyactiv. sebelumnya pakai MGO 0W20, Shell City 0W20 dan 77 5W20. Menurut saya oli ini lumayan stabil direntang harga tersebut (based on butt-o-meter dan feeling yang tidak seberapa ini) agak mirip 5W20nya 77. Both MGO dan Shell udah agak gaenak di 4rb km (mobil sering jadi genset, setidaknya 30 menit setiap hari untuk ngadem dan pemakaian dalam). di km 5rb ini masih hampir seperti pertama kali tuang, buat rpm tinggi masih oke, mesin halus.
[/quote]
Saya kemarin pake ptt super syn 0-20 jalan 9.000 lebih dikit / 9 bulan gak ada penguapan, dari pas awal tuang sampe ganti oli masih persis sama liat di dipstick.
Ini oli enak kok menurut saya, cuma kalo dapet di harga normal 175rb sebotol mending upgrade sekalian.
Kalo dapet harga promo di 150rb per liter oke kok ini oli, suka promo di official tokped atau blibli.
[/quote]

Kalo menurut saya pribadi , pake 10rb km kalo masih diatas min itu masih normal, karena males jg kalo sepanjang masa pakai oli harus top up. Kalo mobil jepang sih biasa konsumsi olinya dikit bgt
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Thu Jun 27, 2024 9:32
Kalo menurut saya pribadi , pake 10rb km kalo masih diatas min itu masih normal, karena males jg kalo sepanjang masa pakai oli harus top up. Kalo mobil jepang sih biasa konsumsi olinya dikit bgt
sy selama pakai mobil merk ngondah,
dr oli genuine beres 5w30 - 0w20, sampai kelas Q8 w20 dilong drain 10rb km, truly minim nguap (gak keliatan dr dipstick)

bahkan lihat report mobilnya mbah saturday, udah diremap pula.
juga minim nguap.

Honda itu mesin nya emang :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Haiqalesha »

azu wrote: Thu Jun 27, 2024 8:39
sahabatq8 wrote: Thu Jun 27, 2024 8:13
azu wrote: Thu Jun 27, 2024 7:19 kalau Q8 D1 FE 0W-20 itu sebenernya maksimal bisa brp Km / bulan ya? Saya ini sudah 9rb Km / 10 bulan sih penguapannya masih terhitung sedikit ya

terakhir top up di 5rb atau 6rb Km nambah 200ml dan sekarang pas saya cek di dipstick masih di 3/4 ya, mungkin top up sekitar 200ml lg biar di posisi F lagi :mky_01:
Kalo pake pertamax , dengan kondisi mesin normal di mesin NA sih bisa 12rb km dengan aman (sesuai hasil tes lab di mobil saya, itu kurang 200ml jg), max 15rb km mungkin.

Rute saya lumayan menyiksa, hampir gak pernah gak macet. Average di mid aja sekarang 26km/h.
saya ga pakai Pertamax sih om, tapi pakainya Vivo 90 :mky_01:

Masalahnya di mobil saya kalau pakai Pertamax 92 malah jadi boyo dan ngeden transmisinya, ini pakai Vivo 90 yg ngakunya oktan lebih rendah dari Pertamax malah lebih ringan ke mesin dan hampir ga pernah pindah ke manual mode walaupun nanjak2 di jalanan gunung seperti ke Lembang. Giliran pakai Pertamax saya malah harus manual mode, terus gaspol juga biar kuat nanjak. kalau kickdown itu cuma RPM aja naik tapi tenaga kaya ga ada :big_biglaugh: pas balik lagi pakai Vivo 90 eh jadi ringan lagi itu mobil :ungg:

oke om, lebih-lebih dikit dari 10rb Km kayanya masih aman ya :mky_01:

wondhhh wrote: Thu Jun 27, 2024 8:19

iya om saya ada rencana mau ganti ke Q8.

additional question, rencana saya mau ganti oli dalam waktu yang dalam waktu dekat, kira2 batas toleransi penguapan itu berapa ml ya untuk 0w20 kondisi 5rb km. saya mau ukur nanti penguapannya berapa banyak

Mau review sedikit mengenai PTT super synthetic 0W20 di mesin skyactiv. sebelumnya pakai MGO 0W20, Shell City 0W20 dan 77 5W20. Menurut saya oli ini lumayan stabil direntang harga tersebut (based on butt-o-meter dan feeling yang tidak seberapa ini) agak mirip 5W20nya 77. Both MGO dan Shell udah agak gaenak di 4rb km (mobil sering jadi genset, setidaknya 30 menit setiap hari untuk ngadem dan pemakaian dalam). di km 5rb ini masih hampir seperti pertama kali tuang, buat rpm tinggi masih oke, mesin halus.
bisa cek di manual book om, terkadang ada beberapa yg mencatumkan batas wajar konsumsi olinya om karena tiap mesin beda-beda. di manual 1NZ-FE saya pernah baca malah konsumsi oli maksimalnya itu 1 liter per 1000Km :mky_01:
1nz lebih enak pakai vivo 90 ?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

Haiqalesha wrote: Thu Jun 27, 2024 10:13

1nz lebih enak pakai vivo 90 ?
Kalau pengalaman saya di 1NZ sih pakai Vivo 90 lebih minim ngelitik dibandingkan pakai Pertamax :mky_01:

Yang paling signifikan itu di Nav1. Vivo 90 polosan dibandingkan Pertamax + 1 botol Honda Engine Cleaner aja jauh lebih enak Vivo 90 :big_biglaugh:

Kalau pakai Pertamax itu mesin kaya ga ada tenaganya, akselerasi jadi lemot bgt kaya yg selip transmisinya. Alhamdulillah Vivo lagi ada promo 25L free 1L, jadi harga per liternya bisa lebih murah dari Pertamax :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 9:58
sahabatq8 wrote: Thu Jun 27, 2024 9:32
Kalo menurut saya pribadi , pake 10rb km kalo masih diatas min itu masih normal, karena males jg kalo sepanjang masa pakai oli harus top up. Kalo mobil jepang sih biasa konsumsi olinya dikit bgt
sy selama pakai mobil merk ngondah,
dr oli genuine beres 5w30 - 0w20, sampai kelas Q8 w20 dilong drain 10rb km, truly minim nguap (gak keliatan dr dipstick)

bahkan lihat report mobilnya mbah saturday, udah diremap pula.
juga minim nguap.

Honda itu mesin nya emang :big_exellent:
Screenshot_2024-06-25-15-14-30-058_com.google.android.apps.docs~2.jpg
Screenshot_2024-06-25-15-12-30-576_com.google.android.apps.docs~2.jpg
Baru naik spek. Sekarang 178.4 HP 205 Nm. Tidak seberapa sih, tapi kita lihat gimana next UOA dengan Fastron Gold 0W20 API SP.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Haiqalesha »

azu wrote: Thu Jun 27, 2024 11:09
Haiqalesha wrote: Thu Jun 27, 2024 10:13

1nz lebih enak pakai vivo 90 ?
Kalau pengalaman saya di 1NZ sih pakai Vivo 90 lebih minim ngelitik dibandingkan pakai Pertamax :mky_01:

Yang paling signifikan itu di Nav1. Vivo 90 polosan dibandingkan Pertamax + 1 botol Honda Engine Cleaner aja jauh lebih enak Vivo 90 :big_biglaugh:

Kalau pakai Pertamax itu mesin kaya ga ada tenaganya, akselerasi jadi lemot bgt kaya yg selip transmisinya. Alhamdulillah Vivo lagi ada promo 25L free 1L, jadi harga per liternya bisa lebih murah dari Pertamax :mky_01:
Sama pertalite enakan mana ?
Gak ada vivo disini :ungg:
Ane biasa pake pertamax soalnya
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

Haiqalesha wrote: Thu Jun 27, 2024 11:21
Sama pertalite enakan mana ?
Gak ada vivo disini :ungg:
Ane biasa pake pertamax soalnya
Waduh udah lama banget ga pakai Pertalite :big_biglaugh:

Yg pasti sih Pertamax better dibanding Pertalite, kalau Pertalite mah lagi akselerasi aja sering ngelitik :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Thu Jun 27, 2024 11:16
Suryaputra wrote: Thu Jun 27, 2024 9:58
sahabatq8 wrote: Thu Jun 27, 2024 9:32
Kalo menurut saya pribadi , pake 10rb km kalo masih diatas min itu masih normal, karena males jg kalo sepanjang masa pakai oli harus top up. Kalo mobil jepang sih biasa konsumsi olinya dikit bgt
sy selama pakai mobil merk ngondah,
dr oli genuine beres 5w30 - 0w20, sampai kelas Q8 w20 dilong drain 10rb km, truly minim nguap (gak keliatan dr dipstick)

bahkan lihat report mobilnya mbah saturday, udah diremap pula.
juga minim nguap.

Honda itu mesin nya emang :big_exellent:
Screenshot_2024-06-25-15-14-30-058_com.google.android.apps.docs~2.jpg

Screenshot_2024-06-25-15-12-30-576_com.google.android.apps.docs~2.jpg

Baru naik spek. Sekarang 178.4 HP 205 Nm. Tidak seberapa sih, tapi kita lihat gimana next UOA dengan Fastron Gold 0W20 API SP.
Kewl!

:big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Haiqalesha »

azu wrote: Thu Jun 27, 2024 11:52
Haiqalesha wrote: Thu Jun 27, 2024 11:21
Sama pertalite enakan mana ?
Gak ada vivo disini :ungg:
Ane biasa pake pertamax soalnya
Waduh udah lama banget ga pakai Pertalite :big_biglaugh:

Yg pasti sih Pertamax better dibanding Pertalite, kalau Pertalite mah lagi akselerasi aja sering ngelitik :mky_01:
Kirain karena ron yang pas buat 1 nz 90. Kalau 92 ketinggian wkwkwkwk
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

Haiqalesha wrote: Thu Jun 27, 2024 13:11

Kirain karena ron yang pas buat 1 nz 90. Kalau 92 ketinggian wkwkwkwk
Sepertinya sih lebih ke kualitas BBM plat merah yg kurang om, makanya yg 92nya kalah sama 90 punya swasta :big_biglaugh:

Tapi selama pakai Pertamax ngalamin fuel dilution di oli ga om? Soalnya kalo kata temen di kantor, saat dia rutin pakai Pertamax di motornya warna oli saat ditap jadi kebiruan sedangkan pas pakai Pertalite tidak terjadi. Jadinya mereka pilih pakai Pertalite aja :big_biglaugh: nah saya ga tau kejadian fuel dilution gini apakah terjadi di mobil atau tidak :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by kenop »

Om2 mau nanya, kl beli mobil nik 2023, itu oli nya berati diisi ke mesin taon 2023 pas di pabrik ya? Ato sblm delivery diganti lg? (Tp kayaknya ga mungkin ya)

Pas servis 1000 km(1.5 bulan lalu) kan ga diganti, skrg odo uda 4800 km br kepikiran kayaknya tu oli uda dr 2023 di dlm mesin

Better ganti aja kl ya jgn nunggu servis 10rb
Mesin 2r-ve
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

kenop wrote: Thu Jun 27, 2024 15:25 Om2 mau nanya, kl beli mobil nik 2023, itu oli nya berati diisi ke mesin taon 2023 pas di pabrik ya? Ato sblm delivery diganti lg? (Tp kayaknya ga mungkin ya)

Pas servis 1000 km(1.5 bulan lalu) kan ga diganti, skrg odo uda 4800 km br kepikiran kayaknya tu oli uda dr 2023 di dlm mesin

Better ganti aja kl ya jgn nunggu servis 10rb
Mesin 2r-ve
Biasanya factory filled saat perakitan om

Sebetulnya sih baiknya pas 1.000Km itu ganti oli dan filter nya juga kalau menurut saya, lebih tenang aja :mky_01:

Ganti aja om gausah nunggu servis 10rb, kita juga gatau oli dari pabrik itu yg dipakainya apa dan apakah tahan dipakai sampai 10rb Km :ungg:

Saya juga ga paham kenapa sekarang tinggal Suzuki yg masih ada ganti oli di 1.000Km utk mobil baru, kebanyakan merk lain gantinya di 10.000Km (bahkan utk Hyundai katanya di 15.000Km ya?) dan pas 1.000Km itu hanya pengecekan saja :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by kenop »

azu wrote: Thu Jun 27, 2024 16:04
kenop wrote: Thu Jun 27, 2024 15:25 Om2 mau nanya, kl beli mobil nik 2023, itu oli nya berati diisi ke mesin taon 2023 pas di pabrik ya? Ato sblm delivery diganti lg? (Tp kayaknya ga mungkin ya)

Pas servis 1000 km(1.5 bulan lalu) kan ga diganti, skrg odo uda 4800 km br kepikiran kayaknya tu oli uda dr 2023 di dlm mesin

Better ganti aja kl ya jgn nunggu servis 10rb
Mesin 2r-ve
Biasanya factory filled saat perakitan om

Sebetulnya sih baiknya pas 1.000Km itu ganti oli dan filter nya juga kalau menurut saya, lebih tenang aja :mky_01:

Ganti aja om gausah nunggu servis 10rb, kita juga gatau oli dari pabrik itu yg dipakainya apa dan apakah tahan dipakai sampai 10rb Km :ungg:

Saya juga ga paham kenapa sekarang tinggal Suzuki yg masih ada ganti oli di 1.000Km utk mobil baru, kebanyakan merk lain gantinya di 10.000Km (bahkan utk Hyundai katanya di 15.000Km ya?) dan pas 1.000Km itu hanya pengecekan saja :mky_01:
Hmmm berati bener ya ngendep uda mau setaon itu oli
Beklah besok meluncur ganti :big_biglaugh:

Toda apa cakra ya besok, mari liat mana yg antrinya lebih pendek :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

azu wrote: Thu Jun 27, 2024 16:04
kenop wrote: Thu Jun 27, 2024 15:25 Om2 mau nanya, kl beli mobil nik 2023, itu oli nya berati diisi ke mesin taon 2023 pas di pabrik ya? Ato sblm delivery diganti lg? (Tp kayaknya ga mungkin ya)

Pas servis 1000 km(1.5 bulan lalu) kan ga diganti, skrg odo uda 4800 km br kepikiran kayaknya tu oli uda dr 2023 di dlm mesin

Better ganti aja kl ya jgn nunggu servis 10rb
Mesin 2r-ve
Biasanya factory filled saat perakitan om

Sebetulnya sih baiknya pas 1.000Km itu ganti oli dan filter nya juga kalau menurut saya, lebih tenang aja :mky_01:

Ganti aja om gausah nunggu servis 10rb, kita juga gatau oli dari pabrik itu yg dipakainya apa dan apakah tahan dipakai sampai 10rb Km :ungg:

Saya juga ga paham kenapa sekarang tinggal Suzuki yg masih ada ganti oli di 1.000Km utk mobil baru, kebanyakan merk lain gantinya di 10.000Km (bahkan utk Hyundai katanya di 15.000Km ya?) dan pas 1.000Km itu hanya pengecekan saja :mky_01:
iya
klo saya sekalian olmes + filter oli,
dan CVTF hahahaha.

klo minyak rem, tahun depannya, krn almost zero friksi,
cuma kena tekanan dan panas rem aja.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Haiqalesha »

azu wrote: Thu Jun 27, 2024 14:44
Haiqalesha wrote: Thu Jun 27, 2024 13:11

Kirain karena ron yang pas buat 1 nz 90. Kalau 92 ketinggian wkwkwkwk
Sepertinya sih lebih ke kualitas BBM plat merah yg kurang om, makanya yg 92nya kalah sama 90 punya swasta :big_biglaugh:

Tapi selama pakai Pertamax ngalamin fuel dilution di oli ga om? Soalnya kalo kata temen di kantor, saat dia rutin pakai Pertamax di motornya warna oli saat ditap jadi kebiruan sedangkan pas pakai Pertalite tidak terjadi. Jadinya mereka pilih pakai Pertalite aja :big_biglaugh: nah saya ga tau kejadian fuel dilution gini apakah terjadi di mobil atau tidak :mky_01:
Kalau di mobil ane engga si, kalau di motor juga engga.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by daimler »

azu wrote: Thu Jun 27, 2024 8:39
sahabatq8 wrote: Thu Jun 27, 2024 8:13
azu wrote: Thu Jun 27, 2024 7:19 kalau Q8 D1 FE 0W-20 itu sebenernya maksimal bisa brp Km / bulan ya? Saya ini sudah 9rb Km / 10 bulan sih penguapannya masih terhitung sedikit ya

terakhir top up di 5rb atau 6rb Km nambah 200ml dan sekarang pas saya cek di dipstick masih di 3/4 ya, mungkin top up sekitar 200ml lg biar di posisi F lagi :mky_01:
Kalo pake pertamax , dengan kondisi mesin normal di mesin NA sih bisa 12rb km dengan aman (sesuai hasil tes lab di mobil saya, itu kurang 200ml jg), max 15rb km mungkin.

Rute saya lumayan menyiksa, hampir gak pernah gak macet. Average di mid aja sekarang 26km/h.
saya ga pakai Pertamax sih om, tapi pakainya Vivo 90 :mky_01:

Masalahnya di mobil saya kalau pakai Pertamax 92 malah jadi boyo dan ngeden transmisinya, ini pakai Vivo 90 yg ngakunya oktan lebih rendah dari Pertamax malah lebih ringan ke mesin dan hampir ga pernah pindah ke manual mode walaupun nanjak2 di jalanan gunung seperti ke Lembang. Giliran pakai Pertamax saya malah harus manual mode, terus gaspol juga biar kuat nanjak. kalau kickdown itu cuma RPM aja naik tapi tenaga kaya ga ada :big_biglaugh: pas balik lagi pakai Vivo 90 eh jadi ringan lagi itu mobil :ungg:

oke om, lebih-lebih dikit dari 10rb Km kayanya masih aman ya :mky_01:

-cut-
nah ini ada yg review pake vivo 90 enak, baca beberapa page ke belakang soal BBM ini mixed review siiy, ada yg bilang punya plat merah lebihh sipp ada yg bilang punya kerang energy density nya lebih rendah dibanding lainnya. kalo boleh tau biasa ngisi vivo di spbu mana um?
sapa tau pengaruh lokasi spbu dan pengelolanya ngaruh ke kualitas BBM :big_peace:
soalnya butt-o-meter oe kalo dalkot gak bisa bedain bahkan antara pertalite ama pertamax, kalo buat bejek2 di tol baru kerasa ya pertamax lebih responsip. cuma ya masa tiap ngisi bensen yg berbeda kudu dites ke tol :big_slap:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Klo di saya dulu nyoba di mesin imut 1500cc N/A Honda, antara:
- Pertamax
- Vivo 92
- Shell 92
Uji hi-rpm nanjak di tol cipularang sih, rasanya mirip2.
pas di cikampek, gas sampai 100/120 kph lempeng juga mirip.

cuma klo dr bau knalpot,
- Shell aroma knalpotnya paling soft
- Pertamax agak tajam dikit

mungkin knp Vivo 90 di mesin mbah azu lbh enak, ya cocok aja mesin mobil-nya. _______________________________________________________________________________________

Klo olmes secara feeling, paling enak yg prnh sy coba di dalkot dan hi rpm:
- Q8 0w20 - API SN plus & Dexos1 Gen2
- Motul 913D 5w30 - ACEA A5/B5 & FORD WSS-M2C913-D

klo data test lab, 2 2 nya on par.
sama2 istimewa buat long drain di mesin Honda 1thn / 10rb km, dgn kondisi mesin dan cooling system fresh dan sehat.
wear resultnya juga low.
- Iron wear 1 ppm / 1000 km
- Al wear 1 ppm / 4000 km
- V100 sama2 stabil, gak keluar dari range
- Soot 0.

top lah buat Q8 dan Motul 913D as personal opinion
Last edited by Suryaputra on Fri Jun 28, 2024 3:19, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

daimler wrote: Fri Jun 28, 2024 1:42
nah ini ada yg review pake vivo 90 enak, baca beberapa page ke belakang soal BBM ini mixed review siiy, ada yg bilang punya plat merah lebihh sipp ada yg bilang punya kerang energy density nya lebih rendah dibanding lainnya. kalo boleh tau biasa ngisi vivo di spbu mana um?
sapa tau pengaruh lokasi spbu dan pengelolanya ngaruh ke kualitas BBM :big_peace:
soalnya butt-o-meter oe kalo dalkot gak bisa bedain bahkan antara pertalite ama pertamax, kalo buat bejek2 di tol baru kerasa ya pertamax lebih responsip. cuma ya masa tiap ngisi bensen yg berbeda kudu dites ke tol :big_slap:
Kembali lagi sih om, tergantung mesin dan kondisi mesinnya juga :mky_01:

Kalau di 1NZ-FE, rank berdasarkan BBM yg pernah saya coba diurutkan dari paling enak ke yg paling tidak enak berdasarkan butt-o-meter saya

1. Shell V-Power Nitro+, paling ringan akselerasinya dan paling irit
2. Shell V-Power, sedikit dibawah Nitro+ akselarsinya tapi fuel cons sama dengan Nitro+.
3. Shell Super, akselerasi lebih ringan dari Pertamax tapi fuel cons sedikit lebih boros
4. Pertamax bbrp SPBU di DKI krn ini mobil dulu sempat setahun saya pakai di Jakarta. bau asap lebih menyengat, knocking terhitung jarang tp lebih irit dari Shell Super
5. Vivo 90, saya biasa isi di Pasteur. Feelnya mirip bgt dengan Pertamax yg nomor 4
6. Pertamax di Bandung. Baik SPBU COCO ataupun SPBU random, lebih ngelitik dari Vivo 90 dan akselerasi sedikit lebih berat dari Vivo 90
7. Pertalite, akselerasi paling boyo ditambah mudah sekali knocking

Vios ini sempat rutin isi Nitro+ waktu dulu harganya masih dibawah 12rb, setelah itu ya saya sesuaikan aja dengan harga BBM yg ada :mky_01: sekarang saya pakainya Vivo 90

Sedangkan di 3ZR Nav1, saya baru pakai dari tahun lalu jadi kasta BBM tertinggi yg pernah saya isi baru oktan 92 :mky_01:
Kalau diurut seperti yg atas kira2 seperti ini om
1. Shell Super, sama seperti di Vios lebih bertenaga tapi paling boros fuel cons nya
2. Vivo 90, akselerasi sedikit lebih berat dari Shell Super tapi fuel cons lebih irit
3. Pertamax di Bandung. Baik SPBU COCO ataupun SPBU random, ini paling parah sih. Akselerasi berat, transmisi jadi kaya yg bego jadinya. Secara fuel cons lebih boros dari Shell Super.
Karena pakai Pertamax aja kaya gitu, saya ga cobain pakai Pertalite di Nav1 :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

azu wrote: Fri Jun 28, 2024 3:11
daimler wrote: Fri Jun 28, 2024 1:42
nah ini ada yg review pake vivo 90 enak, baca beberapa page ke belakang soal BBM ini mixed review siiy, ada yg bilang punya plat merah lebihh sipp ada yg bilang punya kerang energy density nya lebih rendah dibanding lainnya. kalo boleh tau biasa ngisi vivo di spbu mana um?
sapa tau pengaruh lokasi spbu dan pengelolanya ngaruh ke kualitas BBM :big_peace:
soalnya butt-o-meter oe kalo dalkot gak bisa bedain bahkan antara pertalite ama pertamax, kalo buat bejek2 di tol baru kerasa ya pertamax lebih responsip. cuma ya masa tiap ngisi bensen yg berbeda kudu dites ke tol :big_slap:
Kembali lagi sih om, tergantung mesin dan kondisi mesinnya juga :mky_01:

Kalau di 1NZ-FE, rank berdasarkan BBM yg pernah saya coba diurutkan dari paling enak ke yg paling tidak enak berdasarkan butt-o-meter saya

1. Shell V-Power Nitro+, paling ringan akselerasinya dan paling irit
2. Shell V-Power, sedikit dibawah Nitro+ akselarsinya tapi fuel cons sama dengan Nitro+.
3. Shell Super, akselerasi lebih ringan dari Pertamax tapi fuel cons sedikit lebih boros
4. Pertamax bbrp SPBU di DKI krn ini mobil dulu sempat setahun saya pakai di Jakarta. bau asap lebih menyengat, knocking terhitung jarang tp lebih irit dari Shell Super
5. Vivo 90, saya biasa isi di Pasteur. Feelnya mirip bgt dengan Pertamax yg nomor 4
6. Pertamax di Bandung. Baik SPBU COCO ataupun SPBU random, lebih ngelitik dari Vivo 90 dan akselerasi sedikit lebih berat dari Vivo 90
7. Pertalite, akselerasi paling boyo ditambah mudah sekali knocking

Vios ini sempat rutin isi Nitro+ waktu dulu harganya masih dibawah 12rb, setelah itu ya saya sesuaikan aja dengan harga BBM yg ada :mky_01: sekarang saya pakainya Vivo 90

Sedangkan di 3ZR Nav1, saya baru pakai dari tahun lalu jadi kasta BBM tertinggi yg pernah saya isi baru oktan 92 :mky_01:
Kalau diurut seperti yg atas kira2 seperti ini om
1. Shell Super, sama seperti di Vios lebih bertenaga tapi paling boros fuel cons nya
2. Vivo 90, akselerasi sedikit lebih berat dari Shell Super tapi fuel cons lebih irit
3. Pertamax di Bandung. Baik SPBU COCO ataupun SPBU random, ini paling parah sih. Akselerasi berat, transmisi jadi kaya yg bego jadinya. Secara fuel cons lebih boros dari Shell Super.
Karena pakai Pertamax aja kaya gitu, saya ga cobain pakai Pertalite di Nav1 :mky_01:
Klo Fc proven testnya moladin, emang pertamax paling boros.
vIvo paling irit.

tapi sayangnya di bandung sini, mau ke vivo kudu ke pasteur dulu :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

Suryaputra wrote: Fri Jun 28, 2024 3:20

Klo Fc proven testnya moladin, emang pertamax paling boros.
vIvo paling irit.

tapi sayangnya di bandung sini, mau ke vivo kudu ke pasteur dulu :big_biglaugh:
Saya dari bubat juga isinya ke Pasteur sambil jalan2 aja :big_biglaugh: kalau ga sempet isi Vivo baru isi Shell :mky_01:

Infonya Vivo mau buka lagi di Bandung tahun ini, satu di simpang Buahbatu - Soekarno-Hatta dan satu lagi di daerah Pasirkoja
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

azu wrote: Fri Jun 28, 2024 4:24
Suryaputra wrote: Fri Jun 28, 2024 3:20

Klo Fc proven testnya moladin, emang pertamax paling boros.
vIvo paling irit.

tapi sayangnya di bandung sini, mau ke vivo kudu ke pasteur dulu :big_biglaugh:
Saya dari bubat juga isinya ke Pasteur sambil jalan2 aja :big_biglaugh: kalau ga sempet isi Vivo baru isi Shell :mky_01:

Infonya Vivo mau buka lagi di Bandung tahun ini, satu di simpang Buahbatu - Soekarno-Hatta dan satu lagi di daerah Pasirkoja
hmm menarik,

jalur lampu merah macet jahanam itu ? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri