EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: EV's Safety?

Post by mobilover »

kayukayuthe5th wrote: Sat May 17, 2025 10:54
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 8:58
b0ku wrote: Fri May 16, 2025 2:50

yang suram ud line upnya monoton body beda isinya sama semua :big_bored:

ud saya bacain dari taon kemaren biarpun di china masih no4 tetep aja ngeri liat line upnya :big_bored:
Setuju jenuh lihat honda lineup ngebosenin
Sekali keluar yg cakepan dikit crv hybrid, civic hybrid harganya langsung melejit 700 - 800 jutaan

Yg masuk di kantong orang indonesia kebanyakan cuma brio, hrv, brv, wrv. Mana itu mesin sama mulu gak pernah berubah. 1500 cc NA yg ngebosenin itu. Gak ada inovasi sama sekali di kelas 600 juta ke bawah dari honda. Sedangkan saingannya Toyota keluarin yaris cross hybrid dan innova zenix hybrid. Bentar lg juga mau keluarin veloz hybrid dan toyota rangga SUV di kelas harga merakyat.

Udah percaya deh, honda akan menjadi seperti mazda ke depannya. Main di niche market utk fun to drive segment. Low sales, high margin mainnya semi premium. Kelas gemuknya akan diperebutkan Toyota, Daihatsu, Suzuki, BYD, dan Chery group (chery,jaecoo,dll)
oh tenang om honda kan abis ini dev pake platform baru dari india PF2(beda ama elevates ma amaze + BRV, WRV, City masih pake PF1) dimulai taun depan next gen brv , disusul city , terus next wrv 2028. mingdep ada updates business strategy kaianya mau abandon 2040 all EV/FCEV.
bener sih om agak bosen tapi gimana lagi lawong bulletproof setidaknya udah DOHC lah lebih halus hehe, mungkin yah nunggu honda ganti CEO baru deh ganti kebijkan hehe :mky_07:
yang global platform sih (HRV, CRV, Accord, Civic) jelas nyasarnya upmarket kedepan makanya pake platorm itu , masalahnya dibawa ke Asia pacific + south hemispeher ternyata platformnya tuh kemahalan (salah satunya yah masih pake metode lama, skeletal unibody doang alias GCON ACE itu belum kaia flexible/modular/scalable ala TNGA) kita liat aja kedepan gimana hoho.
Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.

Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 619
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

mobilover wrote: Sat May 17, 2025 12:54 Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.

Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
Yang bikin bingung, Jepun tu sekarang ganti model sama lelet-nya kayak Yurop macam Pug/Renault ya ?, model body ama mesin masa lifecycle-nya 10 tahun.
Kalo pada ngeledek EV souless sama semua, si Honda selain salam satu dashboard, enjin juga sama salam satu L15. Apapun mereknya, dapet blok mesin sama, silinderkop sama (semoga kruk as ama seher beda).
Masa iya Ahond yg katanya ahli enjin kelakuan sama kayak Pug yg salam satu EP6 :big_biglaugh: :big_biglaugh: Masih mending B series, paling ndak ada beda nambah seher, mau 3,4 apa 6.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

mobilover wrote: Sat May 17, 2025 12:54
kayukayuthe5th wrote: Sat May 17, 2025 10:54
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 8:58

Setuju jenuh lihat honda lineup ngebosenin
Sekali keluar yg cakepan dikit crv hybrid, civic hybrid harganya langsung melejit 700 - 800 jutaan

Yg masuk di kantong orang indonesia kebanyakan cuma brio, hrv, brv, wrv. Mana itu mesin sama mulu gak pernah berubah. 1500 cc NA yg ngebosenin itu. Gak ada inovasi sama sekali di kelas 600 juta ke bawah dari honda. Sedangkan saingannya Toyota keluarin yaris cross hybrid dan innova zenix hybrid. Bentar lg juga mau keluarin veloz hybrid dan toyota rangga SUV di kelas harga merakyat.

Udah percaya deh, honda akan menjadi seperti mazda ke depannya. Main di niche market utk fun to drive segment. Low sales, high margin mainnya semi premium. Kelas gemuknya akan diperebutkan Toyota, Daihatsu, Suzuki, BYD, dan Chery group (chery,jaecoo,dll)
oh tenang om honda kan abis ini dev pake platform baru dari india PF2(beda ama elevates ma amaze + BRV, WRV, City masih pake PF1) dimulai taun depan next gen brv , disusul city , terus next wrv 2028. mingdep ada updates business strategy kaianya mau abandon 2040 all EV/FCEV.
bener sih om agak bosen tapi gimana lagi lawong bulletproof setidaknya udah DOHC lah lebih halus hehe, mungkin yah nunggu honda ganti CEO baru deh ganti kebijkan hehe :mky_07:
yang global platform sih (HRV, CRV, Accord, Civic) jelas nyasarnya upmarket kedepan makanya pake platorm itu , masalahnya dibawa ke Asia pacific + south hemispeher ternyata platformnya tuh kemahalan (salah satunya yah masih pake metode lama, skeletal unibody doang alias GCON ACE itu belum kaia flexible/modular/scalable ala TNGA) kita liat aja kedepan gimana hoho.
Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.

Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
ga awang2, udh confirmed kok pressconf, kedepan bakal jadi global exports nhub tuh india. makanya sampe bikin global platform sendiri . yah kalo ujung2nya gajadi masuk sini beda cerita yah, tapi honda juga mulai mikir karena profit roda 4 dalam 2 tahun terakhir mulai kecil (divisi roda 4 dibawah mibe ancur2an sih gwa bilang, ang lucu ZR-V produk nanggun itu masa mobil diatas HRV dikasi 1.5 :wkkk: )

bisa jadi kaia gini buat model global full CBU sekalian tapi konsekuensi yah kaia mazda ; semua material ma fiture bawa full blown plus spareparts bakal agak lumayan lebih jarang dan mahal dibanding majority. ini kaianya ide pernah disebut salah satu suhu sini (HRV, CIVIC, CRV, ACCORD full cbu) laen2 imports dari thai (mungkin india skrg, karena liat susuki bisa diskon gede full fitur).
Bibieight wrote: Sat May 17, 2025 14:02
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 12:54 Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.

Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
Yang bikin bingung, Jepun tu sekarang ganti model sama lelet-nya kayak Yurop macam Pug/Renault ya ?, model body ama mesin masa lifecycle-nya 10 tahun.
Kalo pada ngeledek EV souless sama semua, si Honda selain salam satu dashboard, enjin juga sama salam satu L15. Apapun mereknya, dapet blok mesin sama, silinderkop sama (semoga kruk as ama seher beda).
Masa iya Ahond yg katanya ahli enjin kelakuan sama kayak Pug yg salam satu EP6 :big_biglaugh: :big_biglaugh: Masih mending B series, paling ndak ada beda nambah seher, mau 3,4 apa 6.

karena mibe ini kepedean ama L15 ini. makanya maybe kedepan mau ngedeveloped powertrain lebih banyak. bener L15 ini tergolong ok , tapi come on udah 12 tahun malah dari 2014 kalo itugannya si fk2 dulu. baru nyadar penjualan anjlok semua dari taun kemarin plus taun ini ampe mau ganti strategi karena all in EV gak berjalan sesuai rencan (ketolong penjualan roda2)

yah tapi kalo liat yutuber nihonjin sih , honda kaia "confused intellegent people" selalu bikin konsep sangar tapi eksekusinya :big_bored: ama honda skrg itu terlalu banyak :penasehat: mirip kasus toyota 2010s sebelum mbah akio step in akhirnya terlalu "profit-oriented" kagak dibikin2 powertrain baru n akhirnya milking powertrain lama yang sorry to say , plain AF :mky_01:

kalo kasusnya di global south, penjualan cukup ok loh indo semacam WR-V di awal2 cukup menjanjikan cman yah pricing adj honda aspac ini agak gak ngotak sih kadang2 akhirnya skrg denger 240 dah dapet itu e MT (gwa dulu nego2 ampe ngomong2 ngalor ngidul macem geopolitik dsb 1 bulan baru dapet diskon 260 dari 280 :big_smoking: ). di podcastnya autocar indehoi juga udah bilang honda ini sering banget kehilangan "mojo" di 10 tahun terakhir. ok akhirnya bikin global platform baik hybrid n ICE + skateboard design di 0 series tapi "sedikit" terlambat.
moga2 kedepan juga gitu sih ada series p, b, ato y series lah masa milking L series ma K series mulu :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat May 17, 2025 14:02 Yang bikin bingung, Jepun tu sekarang ganti model sama lelet-nya kayak Yurop macam Pug/Renault ya ?, model body ama mesin masa lifecycle-nya 10 tahun.
Kalo pada ngeledek EV souless sama semua, si Honda selain salam satu dashboard, enjin juga sama salam satu L15. Apapun mereknya, dapet blok mesin sama, silinderkop sama (semoga kruk as ama seher beda).
Masa iya Ahond yg katanya ahli enjin kelakuan sama kayak Pug yg salam satu EP6 :big_biglaugh: :big_biglaugh: Masih mending B series, paling ndak ada beda nambah seher, mau 3,4 apa 6.
karena EV loe mau ganti model ganti generasi suara engine cuma wusssss wusssss doank nguuuuuuuuuuuuuuuuuuung, ada si yang pinter pasang mic di motor listriknya hasilnya emang mendingan dan natural terus di kasih 2 speed at cuma tetep aja :big_dunno:

honda MAU l15 dulu Z sekarang B karakter torsi aja ud beda om yang Z torsi bawah lebih enak karena SOHC yang B torsi atas lebih enak karena DOHC engine note lebih gurih juga karena DOHC belom ngomongin K sama B series sebenernya B series yang lebih gurih karena engine notenya makannya kenapa honda OLD lebih kuat harganya karena karakter enginenya atau mobil V8 yang karbu, ini loh yang di maksud karakter ev mau ganti generasi ya tetep pilihan terbaik generasi terbaru, beda sama ICE pilihan terbaik bisa aja ada di generasi yang old malahan :mky_03:

kalo dah gini semua EV fellnya sama aja semua mahal mau murah karena sama aja gak ada beda karakter engine kayak saya pake xtrail 2.5 sama TEANA v6 2.5 tentu teana lebih gurih padahal mah kalo di adu kenceng keknya malah xtrail yang lebih galak mesinnya karena di spot yang biasa test xtrail dapet speed lebih tinggi dari teana, cuma tetep kalo suruh milih engine oe mah teana suaranya guriiiih vrooooooooom V6 gitu loh itu ud sama ccnya sama gearbox maticnya cuma beda silinder doank :mky_03:

lagian honda engine mesin sama semua tapi kakinya beda2x semua setelan torsinya juga beda :mky_03:

cuma ud fatique aja sama CVT :big_bored: sebenernya L15nya belom bosen sama sekali yang bosenin itu CVTnya sama penempatan L15 di mobil2x yang bukan peruntukannya mentang2x powernya gede :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Sat May 17, 2025 23:26
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 12:54
kayukayuthe5th wrote: Sat May 17, 2025 10:54
oh tenang om honda kan abis ini dev pake platform baru dari india PF2(beda ama elevates ma amaze + BRV, WRV, City masih pake PF1) dimulai taun depan next gen brv , disusul city , terus next wrv 2028. mingdep ada updates business strategy kaianya mau abandon 2040 all EV/FCEV.
bener sih om agak bosen tapi gimana lagi lawong bulletproof setidaknya udah DOHC lah lebih halus hehe, mungkin yah nunggu honda ganti CEO baru deh ganti kebijkan hehe :mky_07:
yang global platform sih (HRV, CRV, Accord, Civic) jelas nyasarnya upmarket kedepan makanya pake platorm itu , masalahnya dibawa ke Asia pacific + south hemispeher ternyata platformnya tuh kemahalan (salah satunya yah masih pake metode lama, skeletal unibody doang alias GCON ACE itu belum kaia flexible/modular/scalable ala TNGA) kita liat aja kedepan gimana hoho.
Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.

Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
ga awang2, udh confirmed kok pressconf, kedepan bakal jadi global exports nhub tuh india. makanya sampe bikin global platform sendiri . yah kalo ujung2nya gajadi masuk sini beda cerita yah, tapi honda juga mulai mikir karena profit roda 4 dalam 2 tahun terakhir mulai kecil (divisi roda 4 dibawah mibe ancur2an sih gwa bilang, ang lucu ZR-V produk nanggun itu masa mobil diatas HRV dikasi 1.5 :wkkk: )

bisa jadi kaia gini buat model global full CBU sekalian tapi konsekuensi yah kaia mazda ; semua material ma fiture bawa full blown plus spareparts bakal agak lumayan lebih jarang dan mahal dibanding majority. ini kaianya ide pernah disebut salah satu suhu sini (HRV, CIVIC, CRV, ACCORD full cbu) laen2 imports dari thai (mungkin india skrg, karena liat susuki bisa diskon gede full fitur).
Bibieight wrote: Sat May 17, 2025 14:02
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 12:54 Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.

Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
Yang bikin bingung, Jepun tu sekarang ganti model sama lelet-nya kayak Yurop macam Pug/Renault ya ?, model body ama mesin masa lifecycle-nya 10 tahun.
Kalo pada ngeledek EV souless sama semua, si Honda selain salam satu dashboard, enjin juga sama salam satu L15. Apapun mereknya, dapet blok mesin sama, silinderkop sama (semoga kruk as ama seher beda).
Masa iya Ahond yg katanya ahli enjin kelakuan sama kayak Pug yg salam satu EP6 :big_biglaugh: :big_biglaugh: Masih mending B series, paling ndak ada beda nambah seher, mau 3,4 apa 6.

karena mibe ini kepedean ama L15 ini. makanya maybe kedepan mau ngedeveloped powertrain lebih banyak. bener L15 ini tergolong ok , tapi come on udah 12 tahun malah dari 2014 kalo itugannya si fk2 dulu. baru nyadar penjualan anjlok semua dari taun kemarin plus taun ini ampe mau ganti strategi karena all in EV gak berjalan sesuai rencan (ketolong penjualan roda2)

yah tapi kalo liat yutuber nihonjin sih , honda kaia "confused intellegent people" selalu bikin konsep sangar tapi eksekusinya :big_bored: ama honda skrg itu terlalu banyak :penasehat: mirip kasus toyota 2010s sebelum mbah akio step in akhirnya terlalu "profit-oriented" kagak dibikin2 powertrain baru n akhirnya milking powertrain lama yang sorry to say , plain AF :mky_01:

kalo kasusnya di global south, penjualan cukup ok loh indo semacam WR-V di awal2 cukup menjanjikan cman yah pricing adj honda aspac ini agak gak ngotak sih kadang2 akhirnya skrg denger 240 dah dapet itu e MT (gwa dulu nego2 ampe ngomong2 ngalor ngidul macem geopolitik dsb 1 bulan baru dapet diskon 260 dari 280 :big_smoking: ). di podcastnya autocar indehoi juga udah bilang honda ini sering banget kehilangan "mojo" di 10 tahun terakhir. ok akhirnya bikin global platform baik hybrid n ICE + skateboard design di 0 series tapi "sedikit" terlambat.
moga2 kedepan juga gitu sih ada series p, b, ato y series lah masa milking L series ma K series mulu :big_bored:
padahal honda itu gampang chasis masih bagus

mesin aja tinggal milking lagi K seriesnya :big_dunno:

K20 N/A 160HP
K20 TURBO 200HP
K20 TURBO 250HP
K20 TURBO 300HP

J series juga masih banyak potensi

sama maenin AT bisa rame lagi jualannya :mky_03:

apalagi kalo mereka ikutin cara jualan SLATE lebih gurih wiring di bikin gampang colok kek rakit pc :mky_02:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sun May 18, 2025 1:13
kayukayuthe5th wrote: Sat May 17, 2025 23:26
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 12:54

Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.

Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
ga awang2, udh confirmed kok pressconf, kedepan bakal jadi global exports nhub tuh india. makanya sampe bikin global platform sendiri . yah kalo ujung2nya gajadi masuk sini beda cerita yah, tapi honda juga mulai mikir karena profit roda 4 dalam 2 tahun terakhir mulai kecil (divisi roda 4 dibawah mibe ancur2an sih gwa bilang, ang lucu ZR-V produk nanggun itu masa mobil diatas HRV dikasi 1.5 :wkkk: )

bisa jadi kaia gini buat model global full CBU sekalian tapi konsekuensi yah kaia mazda ; semua material ma fiture bawa full blown plus spareparts bakal agak lumayan lebih jarang dan mahal dibanding majority. ini kaianya ide pernah disebut salah satu suhu sini (HRV, CIVIC, CRV, ACCORD full cbu) laen2 imports dari thai (mungkin india skrg, karena liat susuki bisa diskon gede full fitur).
Bibieight wrote: Sat May 17, 2025 14:02

Yang bikin bingung, Jepun tu sekarang ganti model sama lelet-nya kayak Yurop macam Pug/Renault ya ?, model body ama mesin masa lifecycle-nya 10 tahun.
Kalo pada ngeledek EV souless sama semua, si Honda selain salam satu dashboard, enjin juga sama salam satu L15. Apapun mereknya, dapet blok mesin sama, silinderkop sama (semoga kruk as ama seher beda).
Masa iya Ahond yg katanya ahli enjin kelakuan sama kayak Pug yg salam satu EP6 :big_biglaugh: :big_biglaugh: Masih mending B series, paling ndak ada beda nambah seher, mau 3,4 apa 6.

karena mibe ini kepedean ama L15 ini. makanya maybe kedepan mau ngedeveloped powertrain lebih banyak. bener L15 ini tergolong ok , tapi come on udah 12 tahun malah dari 2014 kalo itugannya si fk2 dulu. baru nyadar penjualan anjlok semua dari taun kemarin plus taun ini ampe mau ganti strategi karena all in EV gak berjalan sesuai rencan (ketolong penjualan roda2)

yah tapi kalo liat yutuber nihonjin sih , honda kaia "confused intellegent people" selalu bikin konsep sangar tapi eksekusinya :big_bored: ama honda skrg itu terlalu banyak :penasehat: mirip kasus toyota 2010s sebelum mbah akio step in akhirnya terlalu "profit-oriented" kagak dibikin2 powertrain baru n akhirnya milking powertrain lama yang sorry to say , plain AF :mky_01:

kalo kasusnya di global south, penjualan cukup ok loh indo semacam WR-V di awal2 cukup menjanjikan cman yah pricing adj honda aspac ini agak gak ngotak sih kadang2 akhirnya skrg denger 240 dah dapet itu e MT (gwa dulu nego2 ampe ngomong2 ngalor ngidul macem geopolitik dsb 1 bulan baru dapet diskon 260 dari 280 :big_smoking: ). di podcastnya autocar indehoi juga udah bilang honda ini sering banget kehilangan "mojo" di 10 tahun terakhir. ok akhirnya bikin global platform baik hybrid n ICE + skateboard design di 0 series tapi "sedikit" terlambat.
moga2 kedepan juga gitu sih ada series p, b, ato y series lah masa milking L series ma K series mulu :big_bored:
padahal honda itu gampang chasis masih bagus

mesin aja tinggal milking lagi K seriesnya :big_dunno:

K20 N/A 160HP
K20 TURBO 200HP
K20 TURBO 250HP
K20 TURBO 300HP

J series juga masih banyak potensi

sama maenin AT bisa rame lagi jualannya :mky_03:

apalagi kalo mereka ikutin cara jualan SLATE lebih gurih wiring di bikin gampang colok kek rakit pc :mky_02:
bicara chassis, menurutku sudah aging sih macem kaia gini. udah saatnya GCON ACE pensiun, saatnya modular/global platform bersinar :big_grin:

k15 mungkin tapi ntar kena paten susuki haha :mky_07:

nah ini juga bisa sih tapi menurutku k20t 250-320hp bisalah NA kalo bisa 160hp ok ato 170hp

sorry diatas maksudku J bukan Y series (y series kan EV doi dongfeng haha)

nah ini sih, pokoknya "anomali" honda AT jaman GE8 bikin AT mepet banget posisi filter impossible untuk diganti itu bisalah. ato kalo mau maen CVT pake DCVT ala2 rocky lebih ok ada sensasi launch kontrol

nogmongin SLATE cukup ok ini mobil cman again yah amazon bukan pabrikan otomotif masih agak ragu untuk kedepan gimana ? :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Sun May 18, 2025 4:19 bicara chassis, menurutku sudah aging sih macem kaia gini. udah saatnya GCON ACE pensiun, saatnya modular/global platform bersinar :big_grin:

k15 mungkin tapi ntar kena paten susuki haha :mky_07:

nah ini juga bisa sih tapi menurutku k20t 250-320hp bisalah NA kalo bisa 160hp ok ato 170hp

sorry diatas maksudku J bukan Y series (y series kan EV doi dongfeng haha)

nah ini sih, pokoknya "anomali" honda AT jaman GE8 bikin AT mepet banget posisi filter impossible untuk diganti itu bisalah. ato kalo mau maen CVT pake DCVT ala2 rocky lebih ok ada sensasi launch kontrol

nogmongin SLATE cukup ok ini mobil cman again yah amazon bukan pabrikan otomotif masih agak ragu untuk kedepan gimana ? :big_bored:
GW gak ngarep slate suksess si tapi ngarep di tiru sama toyota/honda serus tuh pastinya belom ngomongin parts aftermarket :big_grin:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2586
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

mobilover wrote: Sat May 17, 2025 8:58
Udah percaya deh, honda akan menjadi seperti mazda ke depannya. Main di niche market utk fun to drive segment. Low sales, high margin mainnya semi premium. Kelas gemuknya akan diperebutkan Toyota, Daihatsu, Suzuki, BYD, dan Chery group (chery,jaecoo,dll)
ga yakin bisa kyk mazda

mazda lebih berani, strateginya jelas, walopun yah ga perfect produknya

EZ6 sama EZ60 collab changan mau dijual global, CX5 ada update pke mesin baru platform baru, kemarin udah keluarin 6 silinder?

Image

Image

honda? masih milking L15 sampe bonyok, R enjin udah aging dibangunin lagi buat hibrid, ride quality emg oke (itupun kyknya klas civic++), cuma perceived qualitynya ga kena :big_biglaugh:

J35 aja non vtec skrg
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2586
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Sat May 17, 2025 14:02 Yang bikin bingung, Jepun tu sekarang ganti model sama lelet-nya kayak Yurop macam Pug/Renault ya ?, model body ama mesin masa lifecycle-nya 10 tahun.
stellantis lagi sibuk ngurusin STLA mbah sama brand banyak flop :big_biglaugh:

renault jg lagi maen retro"an, kan maenan mesin sama geely bukan? JV enjin house "horse"
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: EV's Safety?

Post by mobilover »

darrelund wrote: Sun May 18, 2025 5:11
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 8:58
Udah percaya deh, honda akan menjadi seperti mazda ke depannya. Main di niche market utk fun to drive segment. Low sales, high margin mainnya semi premium. Kelas gemuknya akan diperebutkan Toyota, Daihatsu, Suzuki, BYD, dan Chery group (chery,jaecoo,dll)
ga yakin bisa kyk mazda

mazda lebih berani, strateginya jelas, walopun yah ga perfect produknya

EZ6 sama EZ60 collab changan mau dijual global, CX5 ada update pke mesin baru platform baru, kemarin udah keluarin 6 silinder?

Image

Image

honda? masih milking L15 sampe bonyok, R enjin udah aging dibangunin lagi buat hibrid, ride quality emg oke (itupun kyknya klas civic++), cuma perceived qualitynya ga kena :big_biglaugh:

J35 aja non vtec skrg
Setuju om. Honda terlalu lama tidurnya. Mesin 1500 cc L15 terus andalannya. Bosen, jenuh, model interior jg gitu2 aja

Di china sm amrik produk line up nya jauh lbh bagus dan exciting. Di pasar ASEAN cuma dikasih produk2 low class khas developing country, begitu keluarin global model harga selangit. At least mazda gak kompromi hanya jual global model aja yg mmg kualitas mantap, harga jg masih masuk akal
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sun May 18, 2025 4:52
kayukayuthe5th wrote: Sun May 18, 2025 4:19 bicara chassis, menurutku sudah aging sih macem kaia gini. udah saatnya GCON ACE pensiun, saatnya modular/global platform bersinar :big_grin:

k15 mungkin tapi ntar kena paten susuki haha :mky_07:

nah ini juga bisa sih tapi menurutku k20t 250-320hp bisalah NA kalo bisa 160hp ok ato 170hp

sorry diatas maksudku J bukan Y series (y series kan EV doi dongfeng haha)

nah ini sih, pokoknya "anomali" honda AT jaman GE8 bikin AT mepet banget posisi filter impossible untuk diganti itu bisalah. ato kalo mau maen CVT pake DCVT ala2 rocky lebih ok ada sensasi launch kontrol

nogmongin SLATE cukup ok ini mobil cman again yah amazon bukan pabrikan otomotif masih agak ragu untuk kedepan gimana ? :big_bored:
GW gak ngarep slate suksess si tapi ngarep di tiru sama toyota/honda serus tuh pastinya belom ngomongin parts aftermarket :big_grin:
sebenernya kan udah ditiru yaitu rangga hehe, tapi toyota kalo gasalah kan bikin EV pickup juga bisa jadi puzzle unibody ajib tuh. honda? ga ngarep kalo si plinplan mibe itu jadi CEO :big_weee:
mobilover wrote: Sun May 18, 2025 8:24
darrelund wrote: Sun May 18, 2025 5:11
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 8:58
Udah percaya deh, honda akan menjadi seperti mazda ke depannya. Main di niche market utk fun to drive segment. Low sales, high margin mainnya semi premium. Kelas gemuknya akan diperebutkan Toyota, Daihatsu, Suzuki, BYD, dan Chery group (chery,jaecoo,dll)
ga yakin bisa kyk mazda

mazda lebih berani, strateginya jelas, walopun yah ga perfect produknya

EZ6 sama EZ60 collab changan mau dijual global, CX5 ada update pke mesin baru platform baru, kemarin udah keluarin 6 silinder?

Image

Image

honda? masih milking L15 sampe bonyok, R enjin udah aging dibangunin lagi buat hibrid, ride quality emg oke (itupun kyknya klas civic++), cuma perceived qualitynya ga kena :big_biglaugh:

J35 aja non vtec skrg
Setuju om. Honda terlalu lama tidurnya. Mesin 1500 cc L15 terus andalannya. Bosen, jenuh, model interior jg gitu2 aja

Di china sm amrik produk line up nya jauh lbh bagus dan exciting. Di pasar ASEAN cuma dikasih produk2 low class khas developing country, begitu keluarin global model harga selangit. At least mazda gak kompromi hanya jual global model aja yg mmg kualitas mantap, harga jg masih masuk akal
mungkin ini juga yang bikin honda gedek ama RnD thai, udah harga dev lmayan krg kompetitif (rumor karena bajanya ternyata disono itu ga surplus jadi production cost mahal :big_think: ) eh interior acakadut juga.

china menurutku ketolong dongfeng sih doi mayan bagus interior (walaupun kadang desainnya yah itu jangan ditanya, pasti bukan selera kita)
darrelund wrote: Sun May 18, 2025 5:11
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 8:58
Udah percaya deh, honda akan menjadi seperti mazda ke depannya. Main di niche market utk fun to drive segment. Low sales, high margin mainnya semi premium. Kelas gemuknya akan diperebutkan Toyota, Daihatsu, Suzuki, BYD, dan Chery group (chery,jaecoo,dll)
ga yakin bisa kyk mazda

mazda lebih berani, strateginya jelas, walopun yah ga perfect produknya

EZ6 sama EZ60 collab changan mau dijual global, CX5 ada update pke mesin baru platform baru, kemarin udah keluarin 6 silinder?

Image

Image

honda? masih milking L15 sampe bonyok, R enjin udah aging dibangunin lagi buat hibrid, ride quality emg oke (itupun kyknya klas civic++), cuma perceived qualitynya ga kena :big_biglaugh:

J35 aja non vtec skrg
belum masih mau pake skyactiv-z bwat 3.3 6 cyl ma 2.5 cylinder + 2.0 cylinder (makanya kemaren miata ga nyediain lagi 1.5 NA) atleast 2027
moga2 sih nanti di business updates honda juga lebih mikir desain ama globald platform updates bisa jadi lebih mantph
nah itu kenapa yang dibikin hybrid malah r series ga kseries *upcoming preludes ternyata masih pake mesin hybrid ehev 1.0+ katanya :big_bored:
nah ini mbah setuju perceivednya ga dapet sehingga orang2 beralih kompetitor

J30C2 mesin MDX/TLX baru juga ilangin tuh Vtec, yah ada cman di K20C2 doang alias punya type r
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »

Honda itu harusnya masukin civic hb manual seperti di jepang sama varian hev nya dan pricingnya turunin 100 juta dari yang sekarang. Kalau main segmen mpv yang kebanyakan kaum mendang mending susah ngalahin toyota. Pertama stigma cvt honda udah jelek di mata orang sini. Kedua, namanya mpv pasti ga ada yang "fun to drive". Cukup main di segmen sedan / hb + compact suv dah.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

timbermaniac123 wrote: Sun May 18, 2025 9:05 Honda itu harusnya masukin civic hb manual seperti di jepang sama varian hev nya dan pricingnya turunin 100 juta dari yang sekarang. Kalau main segmen mpv yang kebanyakan kaum mendang mending susah ngalahin toyota. Pertama stigma cvt honda udah jelek di mata orang sini. Kedua, namanya mpv pasti ga ada yang "fun to drive". Cukup main di segmen sedan / hb + compact suv dah.
lah udah kan HEV minggu kemaren 700 juta. hmmm masalahnya sih civic HB di thai ga devt lagi sih. CUV yang jelas ga dilepas waduh kalo maen sedan / hb agak berabe dari sales soalnya juga ga terlalu sip kecuali malay/thai/philifpines. good idea sih terlalu fokus MPV susah mana mitsubishi ma hyundai maen disittu belum lagi raja terakhir pasti laris disini.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: EV's Safety?

Post by ExorT »

kayukayuthe5th wrote: Sun May 18, 2025 9:19
timbermaniac123 wrote: Sun May 18, 2025 9:05 Honda itu harusnya masukin civic hb manual seperti di jepang sama varian hev nya dan pricingnya turunin 100 juta dari yang sekarang. Kalau main segmen mpv yang kebanyakan kaum mendang mending susah ngalahin toyota. Pertama stigma cvt honda udah jelek di mata orang sini. Kedua, namanya mpv pasti ga ada yang "fun to drive". Cukup main di segmen sedan / hb + compact suv dah.
lah udah kan HEV minggu kemaren 700 juta. hmmm masalahnya sih civic HB di thai ga devt lagi sih. CUV yang jelas ga dilepas waduh kalo maen sedan / hb agak berabe dari sales soalnya juga ga terlalu sip kecuali malay/thai/philifpines. good idea sih terlalu fokus MPV susah mana mitsubishi ma hyundai maen disittu belum lagi raja terakhir pasti laris disini.
Civic hb di OZ kan builtup Jepang, harusnya ya bisa-bisa saja diversifikasi di kelas 500-600 dengan builtup Jepang.

Seperti strategi toyota jualan Voxy disini.

Yakin deh, pasti peminatnya hb lebih banyak daripada sedannya.

Bingung sekarang kalo mau upgrade mobil Honda, gap harga terlalu besar dan variasi produknya minim sekali.

Apalagi yang baru rilis kemarin, varian RS tapi velgnya tetap downgrade. Kocak emang Honda ini.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ExorT wrote: Sun May 18, 2025 10:29 Civic hb di OZ kan builtup Jepang, harusnya ya bisa-bisa saja diversifikasi di kelas 500-600 dengan builtup Jepang.

Seperti strategi toyota jualan Voxy disini.

Yakin deh, pasti peminatnya hb lebih banyak daripada sedannya.

Bingung sekarang kalo mau upgrade mobil Honda, gap harga terlalu besar dan variasi produknya minim sekali.

Apalagi yang baru rilis kemarin, varian RS tapi velgnya tetap downgrade. Kocak emang Honda ini.
makannya upgrade partsnya aja jangan mobilnya :mky_07:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »

kayukayuthe5th wrote: Sun May 18, 2025 9:19
lah udah kan HEV minggu kemaren 700 juta. hmmm masalahnya sih civic HB di thai ga devt lagi sih. CUV yang jelas ga dilepas waduh kalo maen sedan / hb agak berabe dari sales soalnya juga ga terlalu sip kecuali malay/thai/philifpines. good idea sih terlalu fokus MPV susah mana mitsubishi ma hyundai maen disittu belum lagi raja terakhir pasti laris disini.
Menurut saya 700 kemahalan. Harusnya tuh 600-650 price list civic hev. Yah paling ga sama sama c segment kaya corcross. Sementara corcross pun di harga 600 masih kemahalan, cocoknya 500-550.

Maksud saya civic hb kalau masuk cukup 2 varian aja, manual dan hev. Ga usah pake turbo2an lagi lah, yang ada diledek netijen cvt honda dipasangin turbo cepet rontok nanti.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

timbermaniac123 wrote: Sun May 18, 2025 14:27
kayukayuthe5th wrote: Sun May 18, 2025 9:19
lah udah kan HEV minggu kemaren 700 juta. hmmm masalahnya sih civic HB di thai ga devt lagi sih. CUV yang jelas ga dilepas waduh kalo maen sedan / hb agak berabe dari sales soalnya juga ga terlalu sip kecuali malay/thai/philifpines. good idea sih terlalu fokus MPV susah mana mitsubishi ma hyundai maen disittu belum lagi raja terakhir pasti laris disini.
Menurut saya 700 kemahalan. Harusnya tuh 600-650 price list civic hev. Yah paling ga sama sama c segment kaya corcross. Sementara corcross pun di harga 600 masih kemahalan, cocoknya 500-550.

Maksud saya civic hb kalau masuk cukup 2 varian aja, manual dan hev. Ga usah pake turbo2an lagi lah, yang ada diledek netijen cvt honda dipasangin turbo cepet rontok nanti.
mungkin bisa 650an. nah itu honda mau masukin zr-v juga sih cman kegedean ama gada yang bisa assembly di aspac. corcross mah kemahalan pantes kagak gitu laku.

manual kan di jepun 1.5.t 6 speed mirip ama integra di US power di 180hp naik dikit. mau dikasi manual tapi kalo NAnya R20c turunan hybrid mah ogah juga . k20 tinggal K20c doang alias mesin civic/integra type r/s yang ada di assembly line honda. cman kedepan gatau tuh moga2 atleast d-zc engine balik lag pake 1.5 *ngarep :mky_04:
ExorT wrote: Sun May 18, 2025 10:29
kayukayuthe5th wrote: Sun May 18, 2025 9:19
timbermaniac123 wrote: Sun May 18, 2025 9:05 Honda itu harusnya masukin civic hb manual seperti di jepang sama varian hev nya dan pricingnya turunin 100 juta dari yang sekarang. Kalau main segmen mpv yang kebanyakan kaum mendang mending susah ngalahin toyota. Pertama stigma cvt honda udah jelek di mata orang sini. Kedua, namanya mpv pasti ga ada yang "fun to drive". Cukup main di segmen sedan / hb + compact suv dah.
lah udah kan HEV minggu kemaren 700 juta. hmmm masalahnya sih civic HB di thai ga devt lagi sih. CUV yang jelas ga dilepas waduh kalo maen sedan / hb agak berabe dari sales soalnya juga ga terlalu sip kecuali malay/thai/philifpines. good idea sih terlalu fokus MPV susah mana mitsubishi ma hyundai maen disittu belum lagi raja terakhir pasti laris disini.
Civic hb di OZ kan builtup Jepang, harusnya ya bisa-bisa saja diversifikasi di kelas 500-600 dengan builtup Jepang.

Seperti strategi toyota jualan Voxy disini.

Yakin deh, pasti peminatnya hb lebih banyak daripada sedannya.

Bingung sekarang kalo mau upgrade mobil Honda, gap harga terlalu besar dan variasi produknya minim sekali.

Apalagi yang baru rilis kemarin, varian RS tapi velgnya tetap downgrade. Kocak emang Honda ini.
bisa2 aja.

sedan yang facelift tapi lmayan keren mungkin bemper depan belakang dibikin agak sloppy keatas.

ya itu juga masalahnya honda skrg gap antara produk ASPAC ma global terlalu gede gapnya.

kalo velg yah itung2 costcutting lah :big_slap:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Sun May 18, 2025 14:27
Menurut saya 700 kemahalan. Harusnya tuh 600-650 price list civic hev. Yah paling ga sama sama c segment kaya corcross. Sementara corcross pun di harga 600 masih kemahalan, cocoknya 500-550.

Maksud saya civic hb kalau masuk cukup 2 varian aja, manual dan hev. Ga usah pake turbo2an lagi lah, yang ada diledek netijen cvt honda dipasangin turbo cepet rontok nanti.
K20 N/A i-vtec 160HP 10 SPEED AT ya om :big_peace:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »

Btw ini 2025, pkb sama progresif naik gila2an ya. Jimny 5d mobil ke 4 kena 18.5 juta cuy. Tahun lalu masih 13 jutaan. PBB juga naik nya hampir 2x lipet ya. Negara butuh dana buat program MBG kali yak. Ga heran Denza cukup laris jualan nya. Pada udah males bayar pajak.

Byd seagull kayanya bisa laris manis kaya kacang goreng kalau harganya 250jt.
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: EV's Safety?

Post by mobilover »

timbermaniac123 wrote: Mon May 19, 2025 3:26 Btw ini 2025, pkb sama progresif naik gila2an ya. Jimny 5d mobil ke 4 kena 18.5 juta cuy. Tahun lalu masih 13 jutaan. PBB juga naik nya hampir 2x lipet ya. Negara butuh dana buat program MBG kali yak. Ga heran Denza cukup laris jualan nya. Pada udah males bayar pajak.

Byd seagull kayanya bisa laris manis kaya kacang goreng kalau harganya 250jt.
Cara pemerintah buat achieve 2 hal sih. Nambah pemasukan pajak + dorong adaptasi EV supaya lbh banyak beredar dgn insentif pajak murah

Sy jg males bayar pajak secara kebanyakan jg gak balik ke kita juga. Ditilep sana sini tinggal sisa dikit yg balik. Gmn orang mau semangat bayar kl gak ada timbal baliknya
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sun May 18, 2025 23:30
timbermaniac123 wrote: Sun May 18, 2025 14:27
Menurut saya 700 kemahalan. Harusnya tuh 600-650 price list civic hev. Yah paling ga sama sama c segment kaya corcross. Sementara corcross pun di harga 600 masih kemahalan, cocoknya 500-550.

Maksud saya civic hb kalau masuk cukup 2 varian aja, manual dan hev. Ga usah pake turbo2an lagi lah, yang ada diledek netijen cvt honda dipasangin turbo cepet rontok nanti.
K20 N/A i-vtec 160HP 10 SPEED AT ya om :big_peace:
k20c1 yang punya accord tubro edit2 dikit bisa itu kan dah 10AT gatau kenapa cman 2 tahun abis itu discontinue in sake of accord hybrid :big_bored:
timbermaniac123 wrote: Mon May 19, 2025 3:26 Btw ini 2025, pkb sama progresif naik gila2an ya. Jimny 5d mobil ke 4 kena 18.5 juta cuy. Tahun lalu masih 13 jutaan. PBB juga naik nya hampir 2x lipet ya. Negara butuh dana buat program MBG kali yak. Ga heran Denza cukup laris jualan nya. Pada udah males bayar pajak.

Byd seagull kayanya bisa laris manis kaya kacang goreng kalau harganya 250jt.
jkt kah? yah sebenenrya jatim dah dari dulu gini baru ditiru jateng ma jabar+jakarta makanya orang jatim itu pol2an kalo warga yang "baik" cman punya 2-3 mobil aja sih om. progressifnya edan
EV masih honeymon karena insentif ma bebas pajak, kedepan kalo kaia EU juga bayar mulai kurangin insentif price, UK dah mulai roadtax di 400 pounds, ma US dah beberapa states announce 2026 ga ada lagi EV tax exempt nah gwa baru ini mau liat growth gimana? :mky_03:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

mobilover wrote: Mon May 19, 2025 4:02
timbermaniac123 wrote: Mon May 19, 2025 3:26 Btw ini 2025, pkb sama progresif naik gila2an ya. Jimny 5d mobil ke 4 kena 18.5 juta cuy. Tahun lalu masih 13 jutaan. PBB juga naik nya hampir 2x lipet ya. Negara butuh dana buat program MBG kali yak. Ga heran Denza cukup laris jualan nya. Pada udah males bayar pajak.

Byd seagull kayanya bisa laris manis kaya kacang goreng kalau harganya 250jt.
Cara pemerintah buat achieve 2 hal sih. Nambah pemasukan pajak + dorong adaptasi EV supaya lbh banyak beredar dgn insentif pajak murah

Sy jg males bayar pajak secara kebanyakan jg gak balik ke kita juga. Ditilep sana sini tinggal sisa dikit yg balik. Gmn orang mau semangat bayar kl gak ada timbal baliknya
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah :big_slap:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2586
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

harusnya topspit 240 ini, pake suspensi baru

kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Wed May 21, 2025 7:02 harusnya topspit 240 ini, pake suspensi baru

wew udah baru lagi :upss:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »

kayukayuthe5th wrote: Wed May 21, 2025 8:09
wew udah baru lagi :upss:
Makanya beli mocin ya gitu. Taun depan mungkin udah keluar lagi yang major interior facelift + 800v + lidar. Abis itu setelah liat penjualan phev tiggo 8 csh dapat respon positif, taunya hype phev, baru keluarin seal dmi. Dan kemudian pasang slogan eperti tiggo 8 "the best hybrid better than ev"