mobilover wrote: Sat May 17, 2025 12:54
kayukayuthe5th wrote: Sat May 17, 2025 10:54
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 8:58
Setuju jenuh lihat honda lineup ngebosenin
Sekali keluar yg cakepan dikit crv hybrid, civic hybrid harganya langsung melejit 700 - 800 jutaan
Yg masuk di kantong orang indonesia kebanyakan cuma brio, hrv, brv, wrv. Mana itu mesin sama mulu gak pernah berubah. 1500 cc NA yg ngebosenin itu. Gak ada inovasi sama sekali di kelas 600 juta ke bawah dari honda. Sedangkan saingannya Toyota keluarin yaris cross hybrid dan innova zenix hybrid. Bentar lg juga mau keluarin veloz hybrid dan toyota rangga SUV di kelas harga merakyat.
Udah percaya deh, honda akan menjadi seperti mazda ke depannya. Main di niche market utk fun to drive segment. Low sales, high margin mainnya semi premium. Kelas gemuknya akan diperebutkan Toyota, Daihatsu, Suzuki, BYD, dan Chery group (chery,jaecoo,dll)
oh tenang om honda kan abis ini dev pake platform baru dari india PF2(beda ama elevates ma amaze + BRV, WRV, City masih pake PF1) dimulai taun depan next gen brv , disusul city , terus next wrv 2028. mingdep ada updates business strategy kaianya mau abandon 2040 all EV/FCEV.
bener sih om agak bosen tapi gimana lagi lawong bulletproof setidaknya udah DOHC lah lebih halus hehe, mungkin yah nunggu honda ganti CEO baru deh ganti kebijkan hehe
yang global platform sih (HRV, CRV, Accord, Civic) jelas nyasarnya upmarket kedepan makanya pake platorm itu , masalahnya dibawa ke Asia pacific + south hemispeher ternyata platformnya tuh kemahalan (salah satunya yah masih pake metode lama, skeletal unibody doang alias GCON ACE itu belum kaia flexible/modular/scalable ala TNGA) kita liat aja kedepan gimana hoho.
Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.
Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
ga awang2, udh confirmed kok pressconf, kedepan bakal jadi global exports nhub tuh india. makanya sampe bikin global platform sendiri . yah kalo ujung2nya gajadi masuk sini beda cerita yah, tapi honda juga mulai mikir karena profit roda 4 dalam 2 tahun terakhir mulai kecil (divisi roda 4 dibawah mibe ancur2an sih gwa bilang, ang lucu ZR-V produk nanggun itu masa mobil diatas HRV dikasi 1.5

)
bisa jadi kaia gini buat model global full CBU sekalian tapi konsekuensi yah kaia mazda ; semua material ma fiture bawa full blown plus spareparts bakal agak lumayan lebih jarang dan mahal dibanding majority. ini kaianya ide pernah disebut salah satu suhu sini (HRV, CIVIC, CRV, ACCORD full cbu) laen2 imports dari thai (mungkin india skrg, karena liat susuki bisa diskon gede full fitur).
Bibieight wrote: Sat May 17, 2025 14:02
mobilover wrote: Sat May 17, 2025 12:54
Masih awang2 semua om. Rencana ini itu juga belum tentu dilaksanakan di indo juga. Pasar indo tergolong kecil kl dibandingin sama pasar india atau cina. Makanya gak terlalu diseriusin sm honda pusat.
Lbh murah tinggal impor dr jepang model global niru strateginya mazda. Jual premium beres deh. Fans honda senang dapat mobil proper walau harga jadi selangit
Yang bikin bingung, Jepun tu sekarang ganti model sama lelet-nya kayak Yurop macam Pug/Renault ya ?, model body ama mesin masa lifecycle-nya 10 tahun.
Kalo pada ngeledek EV souless sama semua, si Honda selain salam satu dashboard, enjin juga sama salam satu L15. Apapun mereknya, dapet blok mesin sama, silinderkop sama (semoga kruk as ama seher beda).
Masa iya Ahond yg katanya ahli enjin kelakuan sama kayak Pug yg salam satu EP6

Masih mending B series, paling ndak ada beda nambah seher, mau 3,4 apa 6.
karena mibe ini kepedean ama L15 ini. makanya maybe kedepan mau ngedeveloped powertrain lebih banyak. bener L15 ini tergolong ok , tapi come on udah 12 tahun malah dari 2014 kalo itugannya si fk2 dulu. baru nyadar penjualan anjlok semua dari taun kemarin plus taun ini ampe mau ganti strategi karena all in EV gak berjalan sesuai rencan (ketolong penjualan roda2)
yah tapi kalo liat yutuber nihonjin sih , honda kaia "confused intellegent people" selalu bikin konsep sangar tapi eksekusinya

ama honda skrg itu terlalu banyak :penasehat: mirip kasus toyota 2010s sebelum mbah akio step in akhirnya terlalu "profit-oriented" kagak dibikin2 powertrain baru n akhirnya milking powertrain lama yang sorry to say , plain AF
kalo kasusnya di global south, penjualan cukup ok loh indo semacam WR-V di awal2 cukup menjanjikan cman yah pricing adj honda aspac ini agak gak ngotak sih kadang2 akhirnya skrg denger 240 dah dapet itu e MT (gwa dulu nego2 ampe ngomong2 ngalor ngidul macem geopolitik dsb 1 bulan baru dapet diskon 260 dari 280

). di podcastnya autocar indehoi juga udah bilang honda ini sering banget kehilangan "mojo" di 10 tahun terakhir. ok akhirnya bikin global platform baik hybrid n ICE + skateboard design di 0 series tapi "sedikit" terlambat.
moga2 kedepan juga gitu sih ada series p, b, ato y series lah masa milking L series ma K series mulu
