Profith83 wrote: Sun Jun 27, 2021 7:11
Bagian apa yang harus dibawah 70?
Yg terbesar dari kaki kaki sampai berapa? apakah sampai 300 nm?
Kalau mesin saya tidak tertarik bongkar2x, biar bengkel saja.
Saya mikirnya kebalik.
Yang penting daerah yang butuh kekencangan yang gede.
Kalau seperti busi terasa kalau sudah kencang tinggal ditambahin dikit.
Tapi kalau kaki kaki kan harus kencang, kalau sudah sekuat tenaga kira kiranya lebih sulit.
slider pin di kaliper hanya sekitar 25 n.m.
link stabilizer mulai dari 25an n.m sampai 50an n.m tergantung mobilnya.
center nut strut atau mur pengikat support dengan shock kisarannya 30an n.m tergantung mobilnya.
tightening torq yang cukup besar contohnya bearing roda, ada yang 150 n.m ada yang 250 n.m. control arm juga ada yang sampai 200an n.m.
busi, menurut saya justru sangat riskan kalau dikencangkan dengan kekuatan tangan.
terlalu kencang, resiko busi patah atau drat dol. kurang kencang, resiko kompresi bocor dan bisa jadi busi makin kendor lalu lepas ketendang kompresi.
kalaupun bisa pas tingkat kekencangannya, apa iya berlaku juga di busi nomer 2 dan seterusnya? nggak mungkin sama...
kecuali kondisi darurat semisal terpaksa ganti busi dijalan karena mogok, oke lah dikencangkan dengan kekuatan tangan.
karena om hanya kutak katik 2 mobil itu, ada baiknya cari data FSM lalu dicatat berapa besaran yang dibutuhkan.