Siap om. Nanti pas service 1000km saya tanya.McLaren wrote:Klo om ga suka, bisa dikomplain pas servis.j008 wrote: Sun Jan 23, 2022 6:21Baiklah. Agak kaget juga ada hentakan hehehe.nyotsaeba wrote:Sy jg gt di ANF om, tanya beres kt nya normal krn torsi nya besar, ya sudahlah biarin aja, paling injek rem aja yg kuat pas pindah ke N buat meredam
Kirain transmisi nya ada masalah.
Nanti di fine tune ama mereka.
Saya juga gitu awalnya, sekarang ndak lg.
All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sat Aug 13, 2016 7:13
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Sy FL 2020 batch pertama bgt.ginting wrote: Mon Jan 24, 2022 0:56btw, oom tahun brp innovanya ?McLaren wrote: Sun Jan 23, 2022 22:45Iya Om, saya juga awalnya minta ganti oli transmisi.ctopher7 wrote: Sun Jan 23, 2022 14:44
saya biasa kalo baru hidup mesinnya, dari p ke d biasa ada jedug
uda ganti oli atf ptt lv1 masih begitu (pake atf changer), cuman pas shifting jadi lebih halus sih
kalo kata om Wahdi @f272 "no jedug no life" wkwkwkwkwkwk
Trus kata mereka, "sayang Pak, dan itu tidak akan menyelesaikan masalah. Berikan kami waktu utk tuning ulang, nanti akan bisa kami perbaiki"
Habis itu beneran ilang jedug PRNDnya.
Pas servis berikutnya, "mas ini kok transmisinya kadang suka nahan yaa.. bisa ndak dibuat shiftingnya lebih direct dan terprediksi"
Mereka jawab, "baik pak"
Habis itu shiftingnya lebih cepet, ngga smooth si, tp sesuai keinginan saya. Ngga jedug juga yg penting.
Tapi yaa tetep.. 20 ribu km ganti oli transmisi.
Org bengkel geleng-geleng![]()
edisi FL 2021 kayaknya udah gak jedug dan putu.
di mobil saya smooth terus ganti gigi dr P ke D, dll
semoga tetap aman sentosa.
Wong awalnya mo beli innova lama, dapatnya yg baru.
Harganya dibuat mirip-mirip.. Yaa udah.
Om Ginting pernah pake Mux kn..
Nah bagi saya itu jedug om.
Pokoknya klo harus injek rem dalam2, itu namanya tetep jedug.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Berarti jedugnya itu pas dari D ke N om?j008 wrote: Sun Jan 23, 2022 5:18 Siang om,
Saya pengguna Reborn Diesel Matic, mau tanya setiap pindah dari D ke N, selalu ada hentakan.
Tapi tidak ada bunyi.
Apakah normal?
Km baru 180.
Kok agak aneh ya. Setau saya jedug biasanya sebaliknya, dari N ke D
2gd saya aman jaya. Ke N atau ke D smooth semuanya. Abis dari P ke R meskipun posisi miring juga masih aman meskipun rem tangan gak ditarik maksimal
Beda sama vnt dulu, dari N ke D mobil kayak mau lompat dikit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Betul om, pas mindah dr D ke N kyk ada hentakan dikit, kl mau aman ya langsung ke P sekalianpengendiesel wrote:Berarti jedugnya itu pas dari D ke N om?j008 wrote: Sun Jan 23, 2022 5:18 Siang om,
Saya pengguna Reborn Diesel Matic, mau tanya setiap pindah dari D ke N, selalu ada hentakan.
Tapi tidak ada bunyi.
Apakah normal?
Km baru 180.
Kok agak aneh ya. Setau saya jedug biasanya sebaliknya, dari N ke D
2gd saya aman jaya. Ke N atau ke D smooth semuanya. Abis dari P ke R meskipun posisi miring juga masih aman meskipun rem tangan gak ditarik maksimal
Beda sama vnt dulu, dari N ke D mobil kayak mau lompat dikit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Oooh gitu. Ntar coba saya lebih perhatikan lagi pas dari D ke Nnyotsaeba wrote: Mon Jan 24, 2022 4:29 Betul om, pas mindah dr D ke N kyk ada hentakan dikit, kl mau aman ya langsung ke P sekalian
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Hadeehh binun pilih ribon dijel ato muk..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
FYI saya reborn 2019 juga sama, jedug dikit pas dari D ke N. kalo N ke D aman.pengendiesel wrote: Mon Jan 24, 2022 4:12 Berarti jedugnya itu pas dari D ke N om?
Kok agak aneh ya. Setau saya jedug biasanya sebaliknya, dari N ke D
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Barusan coba
Ya memang ada gerakan dikit sekali pas dari D ke N. Tapi menurut saya sih normal dan jauh dari definisi jeduk. Mirip banget sama dari N ke D. Kayak mesin kedapetan/kelepasan beban transmisi.
Semoga gak aneh2 deh maticnya ini
Ya memang ada gerakan dikit sekali pas dari D ke N. Tapi menurut saya sih normal dan jauh dari definisi jeduk. Mirip banget sama dari N ke D. Kayak mesin kedapetan/kelepasan beban transmisi.
Semoga gak aneh2 deh maticnya ini
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Memang dikit, kl ga diperhatiin ya ga gitu berasa, makanya saya biarin aja, uda 3,5 thn fine2 aja tuhpengendiesel wrote:Barusan coba
Ya memang ada gerakan dikit sekali pas dari D ke N. Tapi menurut saya sih normal dan jauh dari definisi jeduk. Mirip banget sama dari N ke D. Kayak mesin kedapetan/kelepasan beban transmisi.
Semoga gak aneh2 deh maticnya ini
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sat Aug 13, 2016 7:13
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Nah iya benar om, seperti kelepasan beban transmisi.pengendiesel wrote:Barusan coba
Ya memang ada gerakan dikit sekali pas dari D ke N. Tapi menurut saya sih normal dan jauh dari definisi jeduk. Mirip banget sama dari N ke D. Kayak mesin kedapetan/kelepasan beban transmisi.
Semoga gak aneh2 deh maticnya ini
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sat Aug 13, 2016 7:13
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Om mau tanya.
2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.
Apakah normal?
2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.
Apakah normal?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Warning apa om? gambar apa?j008 wrote: Thu Jan 27, 2022 1:38 Om mau tanya.
2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.
Apakah normal?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Warning oli low pressure?. Kadang2 begitu sih, mungkin oli belum naik.j008 wrote:Om mau tanya.
2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.
Apakah normal?
Minimalisasinya jgn langsung nyalain mesin, biarin di acc dulu sampe lampu cek engine mati.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1222
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
yup bener ini fortuner saya juga gitu, ini biasa kalo abis nyalain lgsg shift gigi muncul warning ini ngedip dikitnyotsaeba wrote:Warning oli low pressure?. Kadang2 begitu sih, mungkin oli belum naik.j008 wrote:Om mau tanya.
2GD diesel tadi di starter ada keluar warning 1detik kemudian hilang.
Apakah normal?
Minimalisasinya jgn langsung nyalain mesin, biarin di acc dulu sampe lampu cek engine mati.
kykny sih menurut kesotoyan saya, ini cmn karna komputer di midnya aja baru boot up, bukan karna mesinnya beneran kenapa napa
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sun Feb 13, 2022 10:47
- Location: tangerang
- Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel Facelift 2021
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
selamat malam, dan salam kenal dengan serayamotor.com
saya masih member baru dsini, dan baru menebus ANKI Facelift baru November 2021 (karna ppnbm jg)
sebelumnya menggunakan small sedan merk sebelah selama 15 tahun...
Nah,d air pengalaman itu, saya berencana menggunakan mobil ini jg dalam waktu yang sangat panjang (10-15 tahun).
Nah, baru saja negara api menyerang (Dexlite-Pertadex naik harga), membuat saya harus pindah dari Dexlite ke biosolar.
Sejauh ini km sudah 4k, dan waktu 1k, saya sudah ganti oli TMO 0w30.
Beberapa pertanyaan saya adalah sebagai berikut:
1. Apakah aman menggunakan biosolar tanpa aditif? atau better pake aditif aja?
2. kalau harus pake aditif, better mana yang PSDK/PTT yang dicampur total dengan fuel atau yang one time macam liquimoly?
3. saya berencana ganti filter tiap 5k km, better original (yang mahal gila), atau aspira/merk lain?
4. filter solar bawah diganti tiap berapa km yah?
5. filter solar yang lebih dahulu dilewati itu filter solar atas atau bawah dulu yah?
6. saya berencana purging tiap 20rb km dimulai nanti di km 25rb. apakah terlalu cepat/lama?
7. sekarang masih gratis barang dan jasa selama 4tahun/50rb km. Better menggunakan Oli TMO bawaan (gratisan) 10w40 atau upgrade jadi 0w30 yah?
Terima Kasih jawaban pakbos pakbos dsini...
Note: Orientasi saya adalah awet, soal power bawaan ANKI ini udah mantap. Mahal dikit gpp, yang penting awet. tapi klo disuruh permanen dexlite/pertadex, sepertinya dompet saya akan teriak.
saya masih member baru dsini, dan baru menebus ANKI Facelift baru November 2021 (karna ppnbm jg)
sebelumnya menggunakan small sedan merk sebelah selama 15 tahun...
Nah,d air pengalaman itu, saya berencana menggunakan mobil ini jg dalam waktu yang sangat panjang (10-15 tahun).
Nah, baru saja negara api menyerang (Dexlite-Pertadex naik harga), membuat saya harus pindah dari Dexlite ke biosolar.
Sejauh ini km sudah 4k, dan waktu 1k, saya sudah ganti oli TMO 0w30.
Beberapa pertanyaan saya adalah sebagai berikut:
1. Apakah aman menggunakan biosolar tanpa aditif? atau better pake aditif aja?
2. kalau harus pake aditif, better mana yang PSDK/PTT yang dicampur total dengan fuel atau yang one time macam liquimoly?
3. saya berencana ganti filter tiap 5k km, better original (yang mahal gila), atau aspira/merk lain?
4. filter solar bawah diganti tiap berapa km yah?
5. filter solar yang lebih dahulu dilewati itu filter solar atas atau bawah dulu yah?
6. saya berencana purging tiap 20rb km dimulai nanti di km 25rb. apakah terlalu cepat/lama?
7. sekarang masih gratis barang dan jasa selama 4tahun/50rb km. Better menggunakan Oli TMO bawaan (gratisan) 10w40 atau upgrade jadi 0w30 yah?
Terima Kasih jawaban pakbos pakbos dsini...
Note: Orientasi saya adalah awet, soal power bawaan ANKI ini udah mantap. Mahal dikit gpp, yang penting awet. tapi klo disuruh permanen dexlite/pertadex, sepertinya dompet saya akan teriak.
Last edited by Trepe on Sun Feb 13, 2022 14:48, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
yg saya highlight yg pernah saya lakukan om. benar atau salah itu ada peran mbah2 dan suhu di mari...wkwkw...Trepe wrote: Sun Feb 13, 2022 14:38
Beberapa pertanyaan saya adalah sebagai berikut:
1. Apakah aman menggunakan biosolar tanpa aditif? atau better pake aditif aja?
pny saya km sdh 50K 98% pk biosolar om dan 99% pk additif (PSDK/PTT/STP/2hn) dan kadang sy campur2. penting utk jaga Bio ga muncul organisme - maklum inikan ada unsur tumbuh2annya
2. kalau harus pake aditif, better mana yang PSDK/PTT yang dicampur total dengan fuel atau yang one time macam liquimoly?
3. saya berencana ganti filter tiap 5k km, better original (yang mahal gila), atau aspira/merk lain?
sy ganti filter solar di km 40k om pk yg mahal gila itu.
4. filter solar bawah diganti tiap berapa km yah?
5. filter solar yang lebih dahulu dilewati itu filter solar atas atau bawah dulu yah?
6. saya berencana purging tiap 20rb km dimulai nanti di km 25rb. apakah terlalu cepat/lama?
7. sekarang masih gratis barang dan jasa selama 4tahun/50rb km. Better menggunakan Oli TMO bawaan (gratisan) 10w40 atau upgrade jadi 0w30 yah?
saya sll bawa oli sendiri rekomen dari mbah2 SM (10w30, 5w30 dg brbgai merk). setahu saya kalau di beres dikasihnya 15w40 bukan 10w40

yg lain nunggu para suhu kasih wejangannya
Mazda E - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - C26 - 2GD-FTV - R80 - C28
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sun Feb 13, 2022 10:47
- Location: tangerang
- Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel Facelift 2021
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
1.dominan nya pake aditif yang mana yah? Psdk atau ptt? Saya bingung antara 2 itu palingdori2802 wrote: Mon Feb 14, 2022 2:25yg saya highlight yg pernah saya lakukan om. benar atau salah itu ada peran mbah2 dan suhu di mari...wkwkw...Trepe wrote: Sun Feb 13, 2022 14:38
Beberapa pertanyaan saya adalah sebagai berikut:
1. Apakah aman menggunakan biosolar tanpa aditif? atau better pake aditif aja?
pny saya km sdh 50K 98% pk biosolar om dan 99% pk additif (PSDK/PTT/STP/2hn) dan kadang sy campur2. penting utk jaga Bio ga muncul organisme - maklum inikan ada unsur tumbuh2annya
2. kalau harus pake aditif, better mana yang PSDK/PTT yang dicampur total dengan fuel atau yang one time macam liquimoly?
3. saya berencana ganti filter tiap 5k km, better original (yang mahal gila), atau aspira/merk lain?
sy ganti filter solar di km 40k om pk yg mahal gila itu.
4. filter solar bawah diganti tiap berapa km yah?
5. filter solar yang lebih dahulu dilewati itu filter solar atas atau bawah dulu yah?
6. saya berencana purging tiap 20rb km dimulai nanti di km 25rb. apakah terlalu cepat/lama?
7. sekarang masih gratis barang dan jasa selama 4tahun/50rb km. Better menggunakan Oli TMO bawaan (gratisan) 10w40 atau upgrade jadi 0w30 yah?
saya sll bawa oli sendiri rekomen dari mbah2 SM (10w30, 5w30 dg brbgai merk). setahu saya kalau di beres dikasihnya 15w40 bukan 10w40
![]()
yg lain nunggu para suhu kasih wejangannya
2. Oke klo gitu saya akan ganti filter solar lebih lama, paling rutin dibersihkan
3. Oh iya saya tertukar sama mobil lama saya... Tmo adanya 10w30 dan 15w40,kemarin saya pakai 10w30.lepas garansi beres saya jg akan ganti merk lain pasti...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Kebetulan lagi bahas aditif, skrg harga dex yang naik banyak.
Lagi timbang2 kalo pake bisol + aditif yang bisa cegah pengendapan apa ya krn kadar bio yang tinggi? Krn mobil agak jarang dipake sekitar 2 bulan baru habia setangki.
Lagi timbang2 kalo pake bisol + aditif yang bisa cegah pengendapan apa ya krn kadar bio yang tinggi? Krn mobil agak jarang dipake sekitar 2 bulan baru habia setangki.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Trepe wrote: Mon Feb 14, 2022 2:31
1.dominan nya pake aditif yang mana yah? Psdk atau ptt? Saya bingung antara 2 itu paling
kalau saya yg ready stok saja dan murmer, kalau mnrt mbah2 sini PSDK lebih bagus vs PTT. cobain smua aja om. drpd penasaran. dosisnya kalau PSDK biasanya 1ltr : 2-3ml
2. Oke klo gitu saya akan ganti filter solar lebih lama, paling rutin dibersihkan
3. Oh iya saya tertukar sama mobil lama saya... Tmo adanya 10w30 dan 15w40,kemarin saya pakai 10w30.lepas garansi beres saya jg akan ganti merk lain pasti...
Mazda E - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - C26 - 2GD-FTV - R80 - C28
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Ya 5W30 TMO itu lumayan bagus, cuma emang harganya gila2an, karena itu sering bawa oli sendiri biar hemat.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sun Feb 13, 2022 10:47
- Location: tangerang
- Daily Vehicle: Innova Reborn Diesel Facelift 2021
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Saya kan masih mobil baru, dapet tmo 15w40 gratis... Atau upgrade 480rb/8l dapet 5w30....daripada gratisan nya sia2, mending pake tmo 5w30 aja...sintoni wrote: Tue Feb 15, 2022 1:30 Ya 5W30 TMO itu lumayan bagus, cuma emang harganya gila2an, karena itu sering bawa oli sendiri biar hemat.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
antara upgrade atau kalo boleh bawa oli sendiri, trus TMO 15W40nya bawa pulangTrepe wrote: Tue Feb 15, 2022 2:36Saya kan masih mobil baru, dapet tmo 15w40 gratis... Atau upgrade 480rb/8l dapet 5w30....daripada gratisan nya sia2, mending pake tmo 5w30 aja...sintoni wrote: Tue Feb 15, 2022 1:30 Ya 5W30 TMO itu lumayan bagus, cuma emang harganya gila2an, karena itu sering bawa oli sendiri biar hemat.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
wah... saya ga pernah bwa pulang itu oli..karena sy pikir yg free kan cuma jasa-nya sja. kalau sparepart+lendir ttp bayarforzanetti wrote: Tue Feb 15, 2022 5:27
antara upgrade atau kalo boleh bawa oli sendiri, trus TMO 15W40nya bawa pulang![]()
Mazda E - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - C26 - 2GD-FTV - R80 - C28
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Iya udah bener itu upgrade aja ke 5W30, buat apa jg bawa oli sendiri terus oli yg free buat apa? Kecuali punya L300 atau mobil diesel tua dirumah.Trepe wrote: Tue Feb 15, 2022 2:36Saya kan masih mobil baru, dapet tmo 15w40 gratis... Atau upgrade 480rb/8l dapet 5w30....daripada gratisan nya sia2, mending pake tmo 5w30 aja...sintoni wrote: Tue Feb 15, 2022 1:30 Ya 5W30 TMO itu lumayan bagus, cuma emang harganya gila2an, karena itu sering bawa oli sendiri biar hemat.
8 liter kepake 7.5 aja, simpn 500ml nya buat next ganti oli beli 7 liter aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
widih keren ini bengkel nya om.McLaren wrote: Sun Jan 23, 2022 22:45Iya Om, saya juga awalnya minta ganti oli transmisi.ctopher7 wrote: Sun Jan 23, 2022 14:44saya biasa kalo baru hidup mesinnya, dari p ke d biasa ada jedugMcLaren wrote:
Klo om ga suka, bisa dikomplain pas servis.
Nanti di fine tune ama mereka.
Saya juga gitu awalnya, sekarang ndak lg.
uda ganti oli atf ptt lv1 masih begitu (pake atf changer), cuman pas shifting jadi lebih halus sih
kalo kata om Wahdi @f272 "no jedug no life" wkwkwkwkwkwk
Trus kata mereka, "sayang Pak, dan itu tidak akan menyelesaikan masalah. Berikan kami waktu utk tuning ulang, nanti akan bisa kami perbaiki"
Habis itu beneran ilang jedug PRNDnya.
Pas servis berikutnya, "mas ini kok transmisinya kadang suka nahan yaa.. bisa ndak dibuat shiftingnya lebih direct dan terprediksi"
Mereka jawab, "baik pak"
Habis itu shiftingnya lebih cepet, ngga smooth si, tp sesuai keinginan saya. Ngga jedug juga yg penting.
Tapi yaa tetep.. 20 ribu km ganti oli transmisi.
Org bengkel geleng-geleng![]()
di tempat lain sih cuman "emang gitu pak"