share captiva - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

b363k
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Tue Nov 27, 2012 4:10

Re: share captiva - PART 04

Post by b363k »

mau tanya, kalo penggunaan tiptronik dimajukan tuasnya ke arah (+) berarti posisi gear akan naik 1 tingkat? knapa di badak saya begitu pakai tiptronik tuas diarahkan ke (+) tapi gear tidak naik 1 tingkat? tetapi jika tuas diarahkan ke (-) , gear nya turun 1 tingkat. apakah tiptronik saya lg bermasalah? mohon bantuan rekan2 memberikan saran dan masukannya, sy masih blom paham tentang tiptronik...:mky_01:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Tergantung kecepatannya om, kalau 10 km/jam mau dimasukkin gigi 6 tentu saja ga naik2. Tp saya blm coba di badak saya sih, itu pengalaman sy d mbl lain. Mohon koreksinya kalau salah.
ezdollar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Thu Dec 01, 2011 2:11

Re: share captiva - PART 04

Post by ezdollar »

Belphegor wrote:Tergantung kecepatannya om, kalau 10 km/jam mau dimasukkin gigi 6 tentu saja ga naik2. Tp saya blm coba di badak saya sih, itu pengalaman sy d mbl lain. Mohon koreksinya kalau salah.
b363k wrote:mau tanya, kalo penggunaan tiptronik dimajukan tuasnya ke arah (+) berarti posisi gear akan naik 1 tingkat? knapa di badak saya begitu pakai tiptronik tuas diarahkan ke (+) tapi gear tidak naik 1 tingkat? tetapi jika tuas diarahkan ke (-) , gear nya turun 1 tingkat. apakah tiptronik saya lg bermasalah? mohon bantuan rekan2 memberikan saran dan masukannya, sy masih blom paham tentang tiptronik...:mky_01:
iya bener om.. triptonik nya di set seperti itu, jadi kalau kecepatan tidak memnuhi persyaratan untuk perpindah gigi ke nomor besar, maka akan tetap di gigi tsb.
begitu juga bila di triptonik dengan kecepatan 60 km/jam misalnya di gigi 4, maka seiring dengan menurunnya kecepatan mobil, triptoniknya otomatis akan turun ke gigi 3....
User avatar
yungjahja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Oct 11, 2012 4:55

Re: share captiva - PART 04

Post by yungjahja »

My new Roadrover custom skin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b363k
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Tue Nov 27, 2012 4:10

Re: share captiva - PART 04

Post by b363k »

ezdollar wrote:
Belphegor wrote:Tergantung kecepatannya om, kalau 10 km/jam mau dimasukkin gigi 6 tentu saja ga naik2. Tp saya blm coba di badak saya sih, itu pengalaman sy d mbl lain. Mohon koreksinya kalau salah.
b363k wrote:mau tanya, kalo penggunaan tiptronik dimajukan tuasnya ke arah (+) berarti posisi gear akan naik 1 tingkat? knapa di badak saya begitu pakai tiptronik tuas diarahkan ke (+) tapi gear tidak naik 1 tingkat? tetapi jika tuas diarahkan ke (-) , gear nya turun 1 tingkat. apakah tiptronik saya lg bermasalah? mohon bantuan rekan2 memberikan saran dan masukannya, sy masih blom paham tentang tiptronik...:mky_01:
iya bener om.. triptonik nya di set seperti itu, jadi kalau kecepatan tidak memnuhi persyaratan untuk perpindah gigi ke nomor besar, maka akan tetap di gigi tsb.
begitu juga bila di triptonik dengan kecepatan 60 km/jam misalnya di gigi 4, maka seiring dengan menurunnya kecepatan mobil, triptoniknya otomatis akan turun ke gigi 3....
berarti cara kerjanya sama dengan posisi D yang tergantung dari putaran mesin?jika benar fungsi dan kegunaan tiptronik sendiri apa ya om?....maaf saya biasanya pakai boil lain yg tidak ada tiptroniknya.... :mky_01:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: share captiva - PART 04

Post by MonSTER_GTR »

seharusnya gak gitu loh om, ane gak tau di captiva ya, gak pernah pake triptronic nya, tapi di boil2
kayak honda jazz gak ada masalah kecepatan berapa baru boleh ganti gigi
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Saya ga pernah bawa Jazz sih tapi apa iya misalnya baru mau jalan (0 km/jam) lalu diset gigi ke teratas, dia bisa jalan? :e-think:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: share captiva - PART 04

Post by MonSTER_GTR »

yah gak lah bro :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:
maksudna triptronic kan mengambarkan transmisi manual tanpa kopling, yah jadinya harusnya kayak
manual, mau di set gigi berapa aja pada kecepatan berapa aja boleh (boleh bukan berarti dianjurkan)
tapi gak tau juga yah beda mobil, mungkin beda setingan kali yah hha

misalna di mazda8 ane pada kecepatan 20 km/jam udah bisa ganti sampai gigi tiga

CMIIW CMIIW :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
Captivaputih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Thu Jan 03, 2013 12:47

Re: share captiva - PART 04

Post by Captivaputih »

MonSTER_GTR wrote:seharusnya gak gitu loh om, ane gak tau di captiva ya, gak pernah pake triptronic nya, tapi di boil2
kayak honda jazz gak ada masalah kecepatan berapa baru boleh ganti gigi
mau share dikit gan masalah tiptronic.

boil ane saat ini ford focus sport tahun 2009, Subaru Exiga 2011, dan terakhir si Badak. namun pernah punya jazz idsi yg steermatic. Semuanya pake Tiptronic. Bedanya ford dan subaru pakai yg 4 percepatan, kalau si badak 6 percepatan.

jazz idsi :
naik turun gigi lewt tombol di steer. Kalau si jazz dituker ke gigi berapa saja nurut. kecepatan 10 kmpj dipencet ke gigi 3 pu ayo aja, tapi ya gak bisa ngangkat tuh mesin.

ford focus:
naikin gigi, tuas di posisi S ke bawah (kebalikan captiva). tuas ke atas nurunin gigi. Suka kagok kalo habis bawa si badak bawa focus, vice versa. Perpindahan gigi dari tinggi ke rendah bisa kapn saja, tujuannya sebagai kick down, agar mesin lebih bertenaga, diperlukan saat nyalip kendaraan lain dsb. kalo dari gigi rendah ke tinggi, dissuaikan degan kecepatan mobil, jadi mobi gak terganggu performanya.

Subaru :
Mode sport nya ada 2.
1.Tiptronik yg matik tapi lebih beringas tenaganya.
2. Tiptronik manual. konsepnya sama seperti focus, cuman pergantian giginya seperti si Badak. Naikin gigi tuas ke atas, turunin gigi tuas ke bawah.

Badak :
Sama seperti focus atau subaru, naikin gigi sesuai dengan kecepatan yang cocok, down shift anytime.
juga ane perhatikan saat ngerem gigi otomatis turun, jadi ada engine break.

Fungsi tiptronik agar mobil akselerasinya lebih instan tanpa harus tungu kickdown saat dibutuhkan tenaga / akselerasi yang diperlukan.

Demikian gan, share sedikit.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

btw pernah pas kondisi mau salip karena maticnya kurang pinter, maka mainin triptonik
tp pas mau downshift kok gagal. cape de
sampe sekarang jd males pake triptoniknya badak lg

mau claim jg susah
soalnya lebih sering berhasil ganti giginya drpd gagalnya
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 04

Post by cheetose »

not4u2knowman wrote:Tambahan

Kemarin SPV Chevy Cawang Pak Karya sempat cerita kalau dia lihat di k*skus dan mgkn website ini juga mengenai komplainan saya, mgkn dia tersinggung dan minta penjelasan
Jadi disini saya menyampaikan berita yang benar apa ada nya
Dengan ini saya mengklarifikasi - saya nggak bertujuan utk pencemaran nama baik
..............
wah tersinggung? ck ck ck hebat ya kalau bisa sampai tersinggung, bro not4u2knowman saya rasa bro sudah cukup toleransi dengan kasus bro, tidak usah perdulikan kata2 mereka masalah mereka yg akhirnya tanggung bertiga, itu sangat tidak pantas diucapkan menurut saya sama hal nya seperti saya dulu mau ambil unit Captiva di Andalan Pondok Indah yg akhirnya saya batalkan karna banyak plintat plintutnya dan salah satunya karna masalah plat sementara di bulan ke 2 mereka minta saya yg tanggung beban biayanya yang pada akhirnya mereka mengalah akan menanggung beban biayanya dengan embel2 sales nya ucapkan kalimat kurang lebih seperti ini: "tidak apa2 pak jika bulan ke 2 butuh perpanjang surat jalan sementara saya yang akan tanggung beban biayanya potong dari komisi saya pak". Wah menurut saya ini luar biasa sekali beban moral dan hati nurani, istilahnya secara tidak langsung saya dapat pertanyaan, "kalau bapak tega saya yg nanggung, ya sudah tidak apa2 saya yang tanggung"
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

not4u2knowman wrote:Tambahan

Kemarin SPV Chevy Cawang Pak Karya sempat cerita kalau dia lihat di k*skus dan mgkn website ini juga mengenai komplainan saya, mgkn dia tersinggung dan minta penjelasan
Jadi disini saya menyampaikan berita yang benar apa ada nya
Dengan ini saya mengklarifikasi - saya nggak bertujuan utk pencemaran nama baik
Saya sebagai customer hanya menuntut hak saya, dan so far mereka ber tiga cukup kooperatif utk membantu dan apabila masalah ini beres ( walaupun hasil repair bengkel kemarin masih jelek dan harus di balikin ke bengkel lagi )
Kalau masalah saya beres - pasti akan saya update juga disini juga kok..jadi saya nggak menjelek2an siapapun disini..Yang saya paparkan disini semua kenyataan.

Yang pasti kalau service bagus - saya sebagai customer pasti bilang itu bagus
Saya yakin tmn2 disini juga demikian - karena yang saya baca2 diatas Chevy Nusantara pluit sepertinya track record cukup bagus dan customer banyak yang puas.. Kalau begini kan Chevy Pluit juga jadi terkenal..
Tapi maaf saja - kalau memang pelayanan kurang maximal - logika nya pasti customer juga complain - dan itu resiko yang harus ditanggung dan harap menjadi masukan supaya bisa lebih maju lagi dalam hal pelayanan after sales kepada semua customer
Itu yg gw ga demen, dikit2 bawa2 pencemaran nama baik....
Mestinya mrk koreksi diri, knapa mobil cacat tetap dikirim, so kalo dimasukin ke forum jgn bilang pencemaran nama baik dong.
Nah mrk juga knapa mobil cacat dikirim? malam hari, hujan pula. Sengaja? biar yg nerima ga perhatiin?

Dari situ aja udah jelas, kalo pihak dealer berusaha menipu konsumen....
Nah apa kondisi apa adanya dibeberkan di forum dibilang merusak nama baik?

Ngaca dong....ngaca....
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 04

Post by cheetose »

WK1 wrote:
Itu yg gw ga demen, dikit2 bawa2 pencemaran nama baik....
Mestinya mrk koreksi diri, knapa mobil cacat tetap dikirim, so kalo dimasukin ke forum jgn bilang pencemaran nama baik dong.
Nah mrk juga knapa mobil cacat dikirim? malam hari, hujan pula. Sengaja? biar yg nerima ga perhatiin?

Dari situ aja udah jelas, kalo pihak dealer berusaha menipu konsumen....
Nah apa kondisi apa adanya dibeberkan di forum dibilang merusak nama baik?

Ngaca dong....ngaca....
Setuju!!! paling jg nanti ujung2 nya prosedur yg jadi tameng paling pinter deh kalo ngakalin orang hahhahah, nama GM dibawa bawa dijadikan tameng, akhirnya dealer minggir (toh udah dapet untung), tinggal kita yg manyun urusan sama GM.

Malah tersinggung loh loh? hmmmmm

Ayo bro patungan beli cermin yok!!!

Kalau saya jadi mereka saya justru bersyukur loh ada forum seperti ini, bisa dijadikan masukan untuk lebih baik lg kan harusnya, yg paling bahaya itu sebenarnya Customer yg mengemukakan ke kecewaan nya pakai cara "Silent Mode", diam seribu bahasa dengan penuh tanya namun pasti (tanya kenapa kuharus mengalami hal seperti ini dan pasti ngga mau pake lagi itu merk:p hahaha).

Saya yakin dalam lubuk hati teman2 yg paling dalam pasti ada rasa memiliki dan berharap perubahan yg lebih baik terhadap Chevy kita (bener ngga?)

Oh ya pernah denger ngga bro ada prosedur pengecekan kualitas cat ndak boleh dekat2, maksimal kedekatan jarak adalah 1 Meter, kalau dalam jarak 1 Meter ada terlihat cacat baru dibilang cacat kualitas, pertama kali denger soal ini ya itu dia waktu cek unit yang ternyata belang dibilang kotor debu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: share captiva - PART 04

Post by DOHC »

ga usa takut lah bro soal pencemaran nama baik dll sbg nya...

tohh itu cuman gertak gombal dari mereka doank... dan lagi kalo seandainya mereka ngerasa ga bersalah atau ga pantas kita utk berkoar2 di sini atau di forum tetangga, yah suru mreka join disini, klarifikasi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

DOHC wrote:ga usa takut lah bro soal pencemaran nama baik dll sbg nya...

tohh itu cuman gertak gombal dari mereka doank... dan lagi kalo seandainya mereka ngerasa ga bersalah atau ga pantas kita utk berkoar2 di sini atau di forum tetangga, yah suru mreka join disini, klarifikasi...
Tul, klarifikasi dsini.....
Sebenarnya mau urusan nombok keq, mo urusan sales komisi dpotong keq, itu urusan mereka dong... Apa peduli kita?
Kewajiban : melaksanakan pembayarn tepat waktu dan melengkapi syarat2 nya. Tidak lebih....
Hak : mendapatkan produk yg baik, baik dr segi fisik, kualitas dan jasa yg meliputi garansi

Kalo hak tidak didapat, sah2 aja koq kalo dibawa ke forum
Kalo hak didapat dgn memuaskan, sah2 jg utk dibeberkan di forum

Menurut gw sendiri dr kondisi di atas, itu ungkapan yg wajar dr konsumen yg tidak mendapatkan haknya dgn baik dan tidak terselesaikan dgn baik. Gw rasa juga pihak showroom "agak berat hati" menyelesaikan persoalan ini, karena udah kadung dibawa ke forum aja, makanya mrk baru niat selesaikan...
alfiesar0903
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sat Apr 28, 2012 11:41

Re: share captiva - PART 04

Post by alfiesar0903 »

wllaw2 wrote:
Masih belum ketemu siapa yang ada jual 7" Touch Screen dengan Integrated MID & GPS Original Captiva ini. Tanya ke Chevrolet UK, katanya gak dijual terpisah.
Image
Image

Uploaded with ImageShack.us

Wah keren banget. Itu Sakalian jadi satu dengan MID nya,
Sayang varian di sini blm pake begitu. Mungkin yg AWD FL sudah kali ya?
Nasib nya sama dgn mesin yg 2.2. Tidak nyampe di tanah air....

Captivaputih wrote:
Wah keren banget. Itu Sakalian jadi satu dengan MID nya,
Sayang varian di sini blm pake begitu. Mungkin yg AWD FL sudah kali ya?
Nasib nya sama dgn mesin yg 2.2. Tidak nyampe di tanah air....

=========================================
Coba lihat page 44 dan 45, mungkin bisa jadi referensi bro.
ija
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Nov 29, 2012 10:07

Re: share captiva - PART 04

Post by ija »

b363k wrote:mau tanya, kalo penggunaan tiptronik dimajukan tuasnya ke arah (+) berarti posisi gear akan naik 1 tingkat? knapa di badak saya begitu pakai tiptronik tuas diarahkan ke (+) tapi gear tidak naik 1 tingkat? tetapi jika tuas diarahkan ke (-) , gear nya turun 1 tingkat. apakah tiptronik saya lg bermasalah? mohon bantuan rekan2 memberikan saran dan masukannya, sy masih blom paham tentang tiptronik...:mky_01:
setahu saya sih kerja triptonik dengan tuas persneling atau padleshift kalau pengen naik gigi harus di + manual..tapi kalau turun gigi otomatis mengikuti kecepataan mobil..speed turun gigi ikut turun..
ija
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Nov 29, 2012 10:07

Re: share captiva - PART 04

Post by ija »

yang masih bikin kagok pake captiva adalah rem tangan electricnya, terutama waktu di tanjakan...pernah waktu berhenti ditanjakan,lalulintas macet parah,rem tangan aktif gigi N, nah pas mau jalan ribet dah,belum terbiasa kali,begitu persneling pindah D kok kosong (mobil ga nahan malah mundur dikit ke belakang),buru buru tekan gas...harusnya tanpa gas juga kan mobil matic bisa nahan waktu di tanjakan saat posisi D ? apakah pengaruh bobot mobil yang berat ya?.....
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

kalo posisi nanjak bisa langsung di gas aja um, itu electric parking otomatis ngelepas
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Betul kata om evo, ga usah direlease parking brakenya, langsung injek gas aja.
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 04

Post by cheetose »

ija wrote:yang masih bikin kagok pake captiva adalah rem tangan electricnya, terutama waktu di tanjakan...pernah waktu berhenti ditanjakan,lalulintas macet parah,rem tangan aktif gigi N, nah pas mau jalan ribet dah,belum terbiasa kali,begitu persneling pindah D kok kosong (mobil ga nahan malah mundur dikit ke belakang),buru buru tekan gas...harusnya tanpa gas juga kan mobil matic bisa nahan waktu di tanjakan saat posisi D ? apakah pengaruh bobot mobil yang berat ya?.....

Iya bro betul, langsung injek gas aja electric brake nya nanti lepas kok, dijamin ga bakal mundur mobilnya, waktu tu saya jg sempet bingung parkir di turunan posisi keluar parkir harus mundur + nanjak, mau ga mau deh logika nya dibalik dari yg lepas handbrake lalu ngegas jadi mikir ngegas dulu baru rencana lepas handbrake, voila!!! lepas sendiri handbrakenya ........ malah lebih gampang ketimbang handbrake konvensional .....dalam hati ....hmmm ga salah pilih ..... hahaha
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Apalagi pake racechip bro, bisa langsung spin di tanjakan :wkkk:

:ngacir:
ija
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Nov 29, 2012 10:07

Re: share captiva - PART 04

Post by ija »

cheetose wrote:
ija wrote:yang masih bikin kagok pake captiva adalah rem tangan electricnya, terutama waktu di tanjakan...pernah waktu berhenti ditanjakan,lalulintas macet parah,rem tangan aktif gigi N, nah pas mau jalan ribet dah,belum terbiasa kali,begitu persneling pindah D kok kosong (mobil ga nahan malah mundur dikit ke belakang),buru buru tekan gas...harusnya tanpa gas juga kan mobil matic bisa nahan waktu di tanjakan saat posisi D ? apakah pengaruh bobot mobil yang berat ya?.....

Iya bro betul, langsung injek gas aja electric brake nya nanti lepas kok, dijamin ga bakal mundur mobilnya, waktu tu saya jg sempet bingung parkir di turunan posisi keluar parkir harus mundur + nanjak, mau ga mau deh logika nya dibalik dari yg lepas handbrake lalu ngegas jadi mikir ngegas dulu baru rencana lepas handbrake, voila!!! lepas sendiri handbrakenya ........ malah lebih gampang ketimbang handbrake konvensional .....dalam hati ....hmmm ga salah pilih ..... hahaha
nice info..thanks bro
ija
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Nov 29, 2012 10:07

Re: share captiva - PART 04

Post by ija »

Belphegor wrote:Apalagi pake racechip bro, bisa langsung spin di tanjakan :wkkk:

:ngacir:
jadi kabita ....pengen pasang RC
Sandry
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Dec 02, 2012 9:43

Re: share captiva - PART 04

Post by Sandry »

Belphegor wrote:Apalagi pake racechip bro, bisa langsung spin di tanjakan :wkkk:

:ngacir:
saya gak pake race chip jg dah bs spin kok bro. wkwk. tau sendiri tanjakan diwilayah lembang..cairr, cipularang? encer..wkwk. pengen nya sih ngasepin rombongan konvoi, tp kok gak keluar asepnya ya? wkwk. cm dapet nyium bau knalpotnya aja. haha