AUTOMAT 1Afajarrian wrote:aisin AFW+ sama PTT ATF 1A yang lebih enak buat suzuki 3317 kira kira yang mana suhu2?
Oli Gardan dan Transmisi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Adakah pengganti oli matic yang kompatibel dengan mitsubishi ma1 karena saya lihat PTT automat 1a dan PTT LV serta total mvlv tdk mencantumkan ma1 di pds nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.
Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Pakai mesin mereka Om.indeskey wrote: Fri Apr 23, 2021 16:57Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.
Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
Pertama karter oli cvt bawah dibuka, keluar sekitar 3,5-4 liter. Lalu oli baru dimasukan 3,5-4 liter dari lubang dipstick, sambil mesin dinyalakan. Kemudian oli yang sudah tercampur disedot lagi dari lubang dipstick pakai mesin. Lalu dimasukan lagi 3,5-4 liter oli baru. Total habis 8 botol.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
LV1 meet MA1AGSA wrote:Adakah pengganti oli matic yang kompatibel dengan mitsubishi ma1 karena saya lihat PTT automat 1a dan PTT LV serta total mvlv tdk mencantumkan ma1 di pds nya
di ACT udah banyak Mitsu yg pake LV1
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Noted om. Makasihslapnuts wrote:Pakai mesin mereka Om.indeskey wrote: Fri Apr 23, 2021 16:57Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.
Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
Pertama karter oli cvt bawah dibuka, keluar sekitar 3,5-4 liter. Lalu oli baru dimasukan 3,5-4 liter dari lubang dipstick, sambil mesin dinyalakan. Kemudian oli yang sudah tercampur disedot lagi dari lubang dipstick pakai mesin. Lalu dimasukan lagi 3,5-4 liter oli baru. Total habis 8 botol.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26
Re: Oli Gardan dan Transmisi
@ om turbo : thank you info nya Om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Oli Gardan dan Transmisi
abis ganti oli cvt Altis 2.0 odo 100ribu di ACT, udh item bener... ganti make PTT automat CVT total 8 botol langsung terasa mobil jadi alus banget.. sebelumnya blum pernah flush cuma ganti dengan buka karter trus isi make tmo cvt fe di 85k km
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Sun Jul 26, 2015 6:33
Re: Oli Gardan dan Transmisi
review oli trans wuling sinopec pada girbok rusak (bunyi krek setiap masuk 2 karena mungkin dulu salah oli dan ada dengung girbok) pada innova bensin 2005 km 245.000
500km pemakaian bunyi krek hilang dan lancar smp dg 2500km pemakaian dan bunyi dengung jauh berkurang
500km pemakaian bunyi krek hilang dan lancar smp dg 2500km pemakaian dan bunyi dengung jauh berkurang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Mau tanya om, kalau oli mtf wuling rekomend yg warna kuning atau yg biru y om? Untuk tipe sama 75w90 GL4, beda di kemasan doank
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
antara yg buatan SINOPEC vs TOTAL ?doko86 wrote:Mau tanya om, kalau oli mtf wuling rekomend yg warna kuning atau yg biru y om? Untuk tipe sama 75w90 GL4, beda di kemasan doank
bebas
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?DJpapi wrote: Thu May 20, 2021 23:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..![]()
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..sintoni wrote: Fri May 21, 2021 0:06Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?DJpapi wrote: Thu May 20, 2021 23:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..![]()
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..![]()

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pakeDJpapi wrote:Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..sintoni wrote: Fri May 21, 2021 0:06Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?DJpapi wrote: Thu May 20, 2021 23:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..![]()
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Ya kayak oktan min 90 tapi kalau diisi agak bagusan kan gpp.
Single grade 90 sama multi grade bedanya sih pas kondisi dingin aja, kalau yang single grade mungkin kentel banget pas dingin.
Valvoline bagus jg kalau diliat dari harganya.
Kalau masalah rusak karena diks multi grade ane ga perna denger sih
Single grade 90 sama multi grade bedanya sih pas kondisi dingin aja, kalau yang single grade mungkin kentel banget pas dingin.
Valvoline bagus jg kalau diliat dari harganya.
Kalau masalah rusak karena diks multi grade ane ga perna denger sih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kanDJpapi wrote: Fri May 21, 2021 0:39Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..sintoni wrote: Fri May 21, 2021 0:06Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?DJpapi wrote: Thu May 20, 2021 23:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..![]()
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..![]()
![]()
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Iya di manualnya begitu sprt gbr di atas, khusus transmisi manual baru yg multi grade.triport13 wrote: Fri May 21, 2021 0:50Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pakeDJpapi wrote:Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..
Kalau masalah bunyi-bunyi an di gardan saya kurang paham krn selama ini pake Avanza dari 1.5S,GNA,sampai skr si GNV blm pernah sih ada kendala di gardan blkg ..
Baru pernah pake bawaan Daihatsu, makanya kepikiran utk NEXT, apa ada yg lebih baik drpd versi pabrikan .. hehehe
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by DJpapi on Fri May 21, 2021 2:04, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Iya om betul, antara single dan multi grade viscocity ..sintoni wrote: Fri May 21, 2021 1:02 Ya kayak oktan min 90 tapi kalau diisi agak bagusan kan gpp.
Single grade 90 sama multi grade bedanya sih pas kondisi dingin aja, kalau yang single grade mungkin kentel banget pas dingin.
Valvoline bagus jg kalau diliat dari harganya.
Kalau masalah rusak karena diks multi grade ane ga perna denger sih
Boleh lah .. ke depannya saya stock in si VALVOLINE ..
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.evanbngdor wrote: Fri May 21, 2021 1:19Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
Betul jg, kalo manual book nyaranin tiap 40rb KM/4 tahun - kondisi normal
Bolehlah saya liat-liat lg yg multi-grade pilihannya menarik apalagi hehehe

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kalo saya sih anti ikutin jadwal service dr manual book ya. Oli gardan&transmisi saya selalu ganti setiap 20rb kmDJpapi wrote: Fri May 21, 2021 1:31Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.evanbngdor wrote: Fri May 21, 2021 1:19Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kanDJpapi wrote: Fri May 21, 2021 0:39
Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..![]()
Betul jg, kalo manual book nyaranin tiap 40rb KM/4 tahun - kondisi normal
Bolehlah saya liat-liat lg yg multi-grade pilihannya menarik apalagi hehehe![]()
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Hehehe sama om, Avanza 2017 saya selama ini pake SAE 90 terus untuk gardan. Intervalnya tiap 20 rb km saya ganti.DJpapi wrote:triport13 wrote: Fri May 21, 2021 0:50Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pakeDJpapi wrote: Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..
Iya di manualnya begitu sprt gbr di atas, khusus transmisi manual baru yg multi grade.
Kalau masalah bunyi-bunyi an di gardan saya kurang paham krn selama ini pake Avanza dari 1.5S,GNA,sampai skr si GNV blm pernah sih ada kendala di gardan blkg ..
Baru pernah pake bawaan Daihatsu, makanya kepikiran utk NEXT, apa ada yg lebih baik drpd versi pabrikan .. hehehe![]()
Selama ini pake Rored HDA 90 (GL5). Sejauh ini baik baik aja, km udah masuk 56 rb.
Yang unik kapasitas oli gardannya ini mobil kok ya gede banget. Baru kali ini saya miara mobil kecil tapi oli gardannya 3,7 ltr.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Grand Veloz
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Maaf, saya salah baca, seharusnya sesuai manual book adl 40rb KM/2thn sekali (sblmnya saya tulis 2thn sekali)evanbngdor wrote: Fri May 21, 2021 1:39Kalo saya sih anti ikutin jadwal service dr manual book ya. Oli gardan&transmisi saya selalu ganti setiap 20rb kmDJpapi wrote: Fri May 21, 2021 1:31Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.evanbngdor wrote: Fri May 21, 2021 1:19
Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
Betul jg, kalo manual book nyaranin tiap 40rb KM/4 tahun - kondisi normal
Bolehlah saya liat-liat lg yg multi-grade pilihannya menarik apalagi hehehe![]()

Oh iya .. mau tanya lg, bisa utk yg lainnya jg menjawab .. krn saya jg biar belajar di sini.
Apa mungkin, pemilihan single grade agar proteksinya jg lebih maksimal, maksudnya cukup kental jg SAE-90 (walau ada SAE 140 di mbl lain), maksudnya biar itu oli lengket bgt sprt grease saking kentalnya??
Karena nemu video sprt di bawah:
https://youtu.be/WtZyNbiZaao
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Oli Gardan dan Transmisi
2 minggu lalu flushing oli matic pake PTT LV untuk kijang diesel 2GD di Toda kelapa gading, kesan setelah pergantian dibandingkan bawaan pabrik, setelah pake PTT LV belum pernah muncul gejala gearbox nya bingung pake gigi apa.
Dan harga oli matic nya lumayan bersaing dengan official store PTT Plus jasa flushing machine 75 ribu
Untuk oli gardan pake PTT 80/90 GL 5 bawa sendiri kena jasa 60 ribu
Dan harga oli matic nya lumayan bersaing dengan official store PTT Plus jasa flushing machine 75 ribu
Untuk oli gardan pake PTT 80/90 GL 5 bawa sendiri kena jasa 60 ribu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi
SAE90 untuk mobil penumpang sudah cukup.
Terlalu kental jg berakibat ke akselerasi / fuel economy.
Ada terasa mobil ga bs meluncur mulus gitu.
Mungkin pencantuman single grade bukan multi grade jg buat marketing kali om.
Biasa pengguna Avanza ini kan menggunakan buat daily car atau jg sebagian sebagai taksi online, jadi pasti milih yang seekonomis mungkin.
Kalau ditulis di buku manual harus double grade, bisa menurunkan pandangan kalau Avanza ini bukan mobil manja, "masak oli gardan aja harus yang mahal / multigrade"
Terlalu kental jg berakibat ke akselerasi / fuel economy.
Ada terasa mobil ga bs meluncur mulus gitu.
Mungkin pencantuman single grade bukan multi grade jg buat marketing kali om.
Biasa pengguna Avanza ini kan menggunakan buat daily car atau jg sebagian sebagai taksi online, jadi pasti milih yang seekonomis mungkin.
Kalau ditulis di buku manual harus double grade, bisa menurunkan pandangan kalau Avanza ini bukan mobil manja, "masak oli gardan aja harus yang mahal / multigrade"