
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Aug 24, 2017 15:42
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Freed
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Untung kaga pernah nurutin beres. Service setiap 10-12rb km di beres, tapi oli mesin setiap 5-6rb pasti diganti di bengkel umum dekat rumah. Cuma salahnya ganti filter oli tiap 2x ganti oli mesin, salah kaprah selama ini. Mana bengkel umum dekat rumah juga bilang begitu 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
- Location: cengkareng
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
menurut ane ganti tiap 9000km aja boss itu kalo yang oli FULL SYNTHETIC.
namanya bisnis pasti maunya sesering mungkin ganti oli atau service service.
namanya bisnis pasti maunya sesering mungkin ganti oli atau service service.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Original om. Review onlinenya bagus, makanya saya juga pake gara-gara yakin bagus heheheheRenjiro wrote: Thu Nov 15, 2018 4:43
Oli apa itu om yg bikin jd coklat banget? Acdc kah ato Original? Biar buat warning jg yg blm sempet terbeli
Kalo yang KW Delvac 1 juga sudah pernah pake (bukan karena pilihan, karena ditipu) di test lab juga keliatan langsung tapi gak sempet beribu-ribu km jadinya sudah didrain sebelum bermasalah.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
ntuh yg perna ane share dl yg make oli NGO 10-30 .. entahlah kl yg 5-30 atau yg 0-20 nya gmana..Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 5:45Wow wow wowTurboman wrote: Thu Nov 15, 2018 5:08 foto mesin batumakam dgn oli std BeRes batumakam dan interval ganti oli sesuai anjuran BeRes batumakam 1542258512379.jpg
Mod DOHC dulu pernah share jg cylinder head livina pake oli NGO ganti tiap 10rb KM isinya sludge semua
Pernah ada jg member sini jg yg evalia nya divonis turun mesin gara2 pake oli NGO setelah pemakaian 9rb KM nguap emtah kemana jebol deh metal2
Bener kata om Turbo interval ganti di beres + pake oli atpm itu ada maksud terselubung
Biar kita cepat ganti mobil![]()
btw enjin kelas HR ama MR mahh penyiksa oli banget itu.. puanasss nya minta ampun, oli kelas generik sehh mending interval nya dipercepet aj diganti..
laen crita kl enjin 1TR, ane ampe skrg masi sering cekokin oli2 atpm dan ganti tiap setaon skali (gara2 ini mobil jd bener2 garage queen), kapan hari buka head, masi bebas sludge..
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Inisial merk olinya apa om (yg jd coklat banget)?exflowly wrote: Thu Nov 15, 2018 8:03Original om. Review onlinenya bagus, makanya saya juga pake gara-gara yakin bagus heheheheRenjiro wrote: Thu Nov 15, 2018 4:43
Oli apa itu om yg bikin jd coklat banget? Acdc kah ato Original? Biar buat warning jg yg blm sempet terbeli
Kalo yang KW Delvac 1 juga sudah pernah pake (bukan karena pilihan, karena ditipu) di test lab juga keliatan langsung tapi gak sempet beribu-ribu km jadinya sudah didrain sebelum bermasalah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 6:22Bisa jadi olinya berkurang gara2 udah jadi sludge omerwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 5:59 Wow gile jg ya. Wkt terakhir2 saya pake livina hr15 2007, pas rewel2nya udah mulai sering tambah oli. Oli pake NGO terus. Kejadian 2012 akhir, abis itu 2013 jual di km 140k. Sering tap oli apa gejala sludge kaya foto diatas ya?![]()
Tapi ga tau jg sih bisa jadi emang olinya kualitas jelek gampang nguap
Dulu pernah pake oli HX8 di swift beli di online diragukan keasliannya dipake 4rban KM nguap
Pernah pake oli suzuki di swift jg nguap dipake 5rb KM
Ane pernah dapat mobil seken, mesin isinya sludge semua
Dipstick sampe lengket gara2 sludge
Oli sisa setengah antara FULL & LOW
Beli di sodara jadi percaya2 aja ga buka tutup oli pas periksa. Denger mesin suaranya halus ya udah sikat mumpung harga murmer
Eh besoknya pas cek oli lewat dipstick isinya sludge semua
Buru2 ke beres bersihin pake engine flush dan ganti oli dipercepat
Sekarang mobil masih dipake adek kuliah di bandung jadi ngeri takut sewaktu2 jebol
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Nah ane pernah pake xtrail T31 mesin MR20DE itu kalo oli udah nyentuh 3rb KM warnanya udah coklat kehitaman modDOHC wrote: Thu Nov 15, 2018 8:18
ntuh yg perna ane share dl yg make oli NGO 10-30 .. entahlah kl yg 5-30 atau yg 0-20 nya gmana..
btw enjin kelas HR ama MR mahh penyiksa oli banget itu.. puanasss nya minta ampun, oli kelas generik sehh mending interval nya dipercepet aj diganti..
laen crita kl enjin 1TR, ane ampe skrg masi sering cekokin oli2 atpm dan ganti tiap setaon skali (gara2 ini mobil jd bener2 garage queen), kapan hari buka head, masi bebas sludge..
Makanya tiap hampir 5rb KM ane ganti
Ganti di shop n drive aja males di nissan banyak pengalaman2 aneh
Mungkin bener jg apa yg dibilang mod DOHC kalo mesin nissan HR n MR panas bgt jadinya oli cepat terdegradasi
Bisa jadi itu sludge omerwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 9:05 Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
Warnanya apa om?
Kalo di mobil ane yg penuh sludge itu warnanya hitam kyk aspal nempel di dipstick
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Coba baca di sini tentang Engine engine sludgeerwinign wrote:Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 6:22Bisa jadi olinya berkurang gara2 udah jadi sludge omerwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 5:59 Wow gile jg ya. Wkt terakhir2 saya pake livina hr15 2007, pas rewel2nya udah mulai sering tambah oli. Oli pake NGO terus. Kejadian 2012 akhir, abis itu 2013 jual di km 140k. Sering tap oli apa gejala sludge kaya foto diatas ya?![]()
Tapi ga tau jg sih bisa jadi emang olinya kualitas jelek gampang nguap
Dulu pernah pake oli HX8 di swift beli di online diragukan keasliannya dipake 4rban KM nguap
Pernah pake oli suzuki di swift jg nguap dipake 5rb KM
Ane pernah dapat mobil seken, mesin isinya sludge semua
Dipstick sampe lengket gara2 sludge
Oli sisa setengah antara FULL & LOW
Beli di sodara jadi percaya2 aja ga buka tutup oli pas periksa. Denger mesin suaranya halus ya udah sikat mumpung harga murmer
Eh besoknya pas cek oli lewat dipstick isinya sludge semua
Buru2 ke beres bersihin pake engine flush dan ganti oli dipercepat
Sekarang mobil masih dipake adek kuliah di bandung jadi ngeri takut sewaktu2 jebol
http://www.proctorcars.com/engine-sludg ... explained/
Saya sendiri sudah menggunakan mobil All New Grand Livina 1.5 SV CVT yg bermesin HR15DE dengan dual injection dengan twin VTC untuk saluran intake dan exhaust dari tahun 2014 dan oli mesin selalu pakai NGO 5W30 Fully Synthetic (krn ogah Gonta ganti merk oli mesin) yg selalu beli di beres selama ini dan selalu ganti oli mesin setahun 2 kali, belum ketemu ada tanda tanda Engine sludge , belum pernah ngalami engine overheat dan mobil tidak pernah mogok serta fuel economy bbm stabil dan irit sampai skrg cuma pernah ganti 4 ban, Aki, dan karet wiper depan saja serta ganti oli matic CVT tipe NS 3 dan kuras radiator coolant ditahun ke 4, serta ganti filter filter sesuai buku manual. So far so good. [emoji1]

HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Warna kurleb coklat kekuningan oli biasanya om (spt setelah jalan 3-4rb km). Nempel di dipstick bagian atas banget deket cap tutup dipstick. Setelah itu sy ganti oli, beberapa kali sy cek lagi cuma ada kerak itu. Waktu di beres sih mereka blg kalo itu oli nya udah sampe "kebakar banget". Sekarang mobil saya pake ttp halus, tarikan wajar.Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 10:17Nah ane pernah pake xtrail T31 mesin MR20DE itu kalo oli udah nyentuh 3rb KM warnanya udah coklat kehitaman modDOHC wrote: Thu Nov 15, 2018 8:18
ntuh yg perna ane share dl yg make oli NGO 10-30 .. entahlah kl yg 5-30 atau yg 0-20 nya gmana..
btw enjin kelas HR ama MR mahh penyiksa oli banget itu.. puanasss nya minta ampun, oli kelas generik sehh mending interval nya dipercepet aj diganti..
laen crita kl enjin 1TR, ane ampe skrg masi sering cekokin oli2 atpm dan ganti tiap setaon skali (gara2 ini mobil jd bener2 garage queen), kapan hari buka head, masi bebas sludge..
Makanya tiap hampir 5rb KM ane ganti
Ganti di shop n drive aja males di nissan banyak pengalaman2 aneh
Mungkin bener jg apa yg dibilang mod DOHC kalo mesin nissan HR n MR panas bgt jadinya oli cepat terdegradasi
Bisa jadi itu sludge omerwinign wrote: Thu Nov 15, 2018 9:05 Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
Warnanya apa om?
Kalo di mobil ane yg penuh sludge itu warnanya hitam kyk aspal nempel di dipstick
Dulu waktu masih garansi pake SGO 5w30 fullsyn, sekarang pake kendall 5w30. Kl saya buka tutup tempat tuang oli, keliatan warna coklat kekuningan di ruang bakarnya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
ya ganti oli per 6 bulan ya amanHerman7103 wrote:Coba baca di sini tentang Engine engine sludgeerwinign wrote:Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?Jambangan wrote: Thu Nov 15, 2018 6:22 Bisa jadi olinya berkurang gara2 udah jadi sludge om![]()
Tapi ga tau jg sih bisa jadi emang olinya kualitas jelek gampang nguap
Dulu pernah pake oli HX8 di swift beli di online diragukan keasliannya dipake 4rban KM nguap
Pernah pake oli suzuki di swift jg nguap dipake 5rb KM
Ane pernah dapat mobil seken, mesin isinya sludge semua
Dipstick sampe lengket gara2 sludge
Oli sisa setengah antara FULL & LOW
Beli di sodara jadi percaya2 aja ga buka tutup oli pas periksa. Denger mesin suaranya halus ya udah sikat mumpung harga murmer
Eh besoknya pas cek oli lewat dipstick isinya sludge semua
Buru2 ke beres bersihin pake engine flush dan ganti oli dipercepat
Sekarang mobil masih dipake adek kuliah di bandung jadi ngeri takut sewaktu2 jebol
http://www.proctorcars.com/engine-sludg ... explained/
Saya sendiri sudah menggunakan mobil All New Grand Livina 1.5 SV CVT yg bermesin HR15DE dengan dual injection dengan twin VTC untuk saluran intake dan exhaust dari tahun 2014 dan oli mesin selalu pakai NGO 5W30 Fully Synthetic (krn ogah Gonta ganti merk oli mesin) yg selalu beli di beres selama ini dan selalu ganti oli mesin setahun 2 kali, belum ketemu ada tanda tanda Engine sludge , belum pernah ngalami engine overheat dan mobil tidak pernah mogok serta fuel economy bbm stabil dan irit sampai skrg cuma pernah ganti 4 ban, Aki, dan karet wiper depan saja serta ganti oli matic CVT tipe NS 3 dan kuras radiator coolant ditahun ke 4, serta ganti filter filter sesuai buku manual. So far so good. [emoji1]
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
pakai rimula r4x sedari 2008 sampai 2015 akhir. mulai 2016 awal sampai sekarang kondisi mesin tidak nyala dan belum lama ini iseng saya buka valve cover-nya.
penggantian oli setiap 10-12 bulan sekali karena mobil jarang jalan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Yup rata rata setahun 2X walaupun yg dipakai oli fully syntetic asli, selalu konsisten saja saat ganti oli tsb masa pakai oli tsb selalu cukup jauh dibawah 10000 km masa pakainya (rata rata masa pakainya cuma 5000 an sampai 7500 an km saja).Turboman wrote:ya ganti oli per 6 bulan ya amanHerman7103 wrote:Coba baca di sini tentang Engine engine sludgeerwinign wrote: Oli saya pernah sisa hampir low om di crv k24. Ternyata stl dibawa ke honda ada 2 paking kecil yg rembes hahahah. BTT, itu dipstick saya mo nanya om. Mobil saya th lalu waktu ganti oli kt mekanik nya ada oli lama yg nempel di dipstick spt kerak itu tanda2 apa ya?
http://www.proctorcars.com/engine-sludg ... explained/
Saya sendiri sudah menggunakan mobil All New Grand Livina 1.5 SV CVT yg bermesin HR15DE dengan dual injection dengan twin VTC untuk saluran intake dan exhaust dari tahun 2014 dan oli mesin selalu pakai NGO 5W30 Fully Synthetic (krn ogah Gonta ganti merk oli mesin) yg selalu beli di beres selama ini dan selalu ganti oli mesin setahun 2 kali, belum ketemu ada tanda tanda Engine sludge , belum pernah ngalami engine overheat dan mobil tidak pernah mogok serta fuel economy bbm stabil dan irit sampai skrg cuma pernah ganti 4 ban, Aki, dan karet wiper depan saja serta ganti oli matic CVT tipe NS 3 dan kuras radiator coolant ditahun ke 4, serta ganti filter filter sesuai buku manual. So far so good. [emoji1]
Serta konsisten saat check dipstik oli mesin, warna oli mesin di dipstik setelah ditarik dipstiknya perlahan dan bersihkan dengan tissue kemudian tancapkan kembali beberapa saat dan cabut kalau masih kuning & bening serta oli yg terangkat di dipstik serta posisinya masih diantara atau ditengah tulisan F (Full) dan E (Empty) nya, oli masih oke, tapi kalau warna oli yg terangkat sudah "mulai" ke warna mengarah ke gelap dan tidak bening artinya saat ganti oli tiba, selama ini check dipstiknya tiap bulan utk make sure dan juga ganti filter olinya juga saat lagi ganti oli jadi memang aman.
Ini dilakukan karena Mobil mau dipakai jangka panjang jadi selalu baca berbagai sumber bacaan tentang otomotif bersumber dari forum atau artikel otomotif dari luar atau dlm negeri yg memang bermanfaat untuk merawat mobil biar prima dan peace of mind[emoji1]
http://stpoil.co.id/tips-dr-oto-deteksi ... oli-mobil/

HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Tanya om om semua, kalo mau ngecek oli baik VOA dan UOA didaerah Semarang ato Solo dimana ya? Terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
coba cari perwakilan TrakindoRenjiro wrote:Tanya om om semua, kalo mau ngecek oli baik VOA dan UOA didaerah Semarang ato Solo dimana ya? Terima kasih
tanya apa mrk bisa terima gak
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Biasanya berapa om biayanya utk tes oli gitu?Turboman wrote: Sat Nov 17, 2018 7:29coba cari perwakilan TrakindoRenjiro wrote:Tanya om om semua, kalo mau ngecek oli baik VOA dan UOA didaerah Semarang ato Solo dimana ya? Terima kasih
tanya apa mrk bisa terima gak
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
kalo oli baru (VOA) Rp 168 rbRenjiro wrote:Biasanya berapa om biayanya utk tes oli gitu?Turboman wrote: Sat Nov 17, 2018 7:29coba cari perwakilan TrakindoRenjiro wrote:Tanya om om semua, kalo mau ngecek oli baik VOA dan UOA didaerah Semarang ato Solo dimana ya? Terima kasih
tanya apa mrk bisa terima gak
analisa TBN / Visc 100 C / Additive & Boron
kalo oli bekas (UOA) 190 rb krn parameternya lebih banyak, ada Oxidation, Contaminant & Wear Metals juga
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Sharing Report test lab TMO Diesel 5W30 - ACEA A5/B5
Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)
Oli dibeli di BeRes T
Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm
Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)
TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)
Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.
Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).
* Just Personal note *
Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)
Oli dibeli di BeRes T
Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm
Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)
TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)
Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.
Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).
* Just Personal note *
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30
Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal
Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal
Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Setuju om Turbo.Turboman wrote:Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30
Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal
Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
Kalo ngeliat specnya dan keadaan solar tanah air... saya ragu untik pake oli ini di mesin diesel lebih dr 6000km dgn biosolar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Om, kalo untuk bensin NA oke ga?Turboman wrote: Sat Nov 17, 2018 17:07 Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30
Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal
Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
oke ajaJambangan wrote:Om, kalo untuk bensin NA oke ga?Turboman wrote: Sat Nov 17, 2018 17:07 Melihat hasil test lab TMO DESEL 5W30
Spt nya ini oli lebih cocok utk mesin Petrol Turbo spt utk Honda Turbo / Merc Benz CGI misal
Ca 1700 ppm udah masuk syarat LSPI prevention
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kemasan galon kena berapa om turbo? Rencana calya ogut mau pakein oli yang agak lebih kental melihat 1 unit udah nyentuk kilometer 50rbTurboman wrote:Sharing Report test lab TMO Diesel 5W30 - ACEA A5/B5
Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)
Oli dibeli di BeRes T
Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm
Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)
TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)
Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.
Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).
* Just Personal note *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
selama ini Cayla pake 0W20 ?zzzprince wrote:Kemasan galon kena berapa om turbo? Rencana calya ogut mau pakein oli yang agak lebih kental melihat 1 unit udah nyentuk kilometer 50rbTurboman wrote:Sharing Report test lab TMO Diesel 5W30 - ACEA A5/B5
Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)
Oli dibeli di BeRes T
Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm
Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)
TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)
Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.
Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).
* Just Personal note *
kalo penguapan minim ya lanjut aja 0W20
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
So far penguapan minim banget om, cek dipstik, posisi oli gak pernah berubah semenjak dituangTurboman wrote:selama ini Cayla pake 0W20 ?zzzprince wrote:Kemasan galon kena berapa om turbo? Rencana calya ogut mau pakein oli yang agak lebih kental melihat 1 unit udah nyentuk kilometer 50rbTurboman wrote:Sharing Report test lab TMO Diesel 5W30 - ACEA A5/B5
Keadaan oli = kondisi baru (Virgin Oil Analysis)
Oli dibeli di BeRes T
Result =
TBN = 7,90 mg KOH
Calcium = 1698 ppm
Personal Note =
Utk status Oli mesin Diesel yang digunakan di Indonesia dgn kondisi BBM di Indonesia, kalau saya pribadi pake oli ini hanya berani sampai 7500 km saja atau max 8 - 9 bulan (mentok2 ya 8000 km lah)
TBN di bawah 8 mg KOH dan kadar Calcium di bawah 2000 ppm akan kurang efektif menghadapi Biosolar & DexLite........terutama karena sulphur yang masih agak tinggi dan kadar BioDiesel yang tinggi (BioDiesel dapat menggerus TBN lebih cepat)
Kalo utk digunakan di mesin bensin ya oke saja, bisa sanpai 9000 - 10.000 km.
Utk kandungan antiwear bagus, ada Zn / Boron dan sedikit Moly (total ampir 900 ppm).
* Just Personal note *
kalo penguapan minim ya lanjut aja 0W20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Label baru di botol PTT:




“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.