Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote: Sat Jan 09, 2021 10:38
nahh nubie justru sampe skrg masi binggung mbah gmana cara stel klep utk mesin2 yg ber HLA
apa copot noken as trus gonta ganti bucket shim (ini kl yg pake model bucket) trus pasang lg noken as nya, trus ukur ampe ketemu yg pas ama stelan fabrik ?
kl enjin2 kaya L15 sehh hepi saya, gampang bener stel klep nya modal obeng minus ama konci ring pas 10 mm doank
HLA ya gaada stel klep.
dan itu beneran rapet gaada celah antara ujung batang klep-tappet hidrolik-camshaft karena tekanan dari oli.
kalo yang lepas camshaft trus ganti bucket atau shim, itu yang model solid tappet.
nah, honda L15 itu sangat tepat dibilang stel klep karena ada baut yang diputer-puter/disetel.
kalo yang solid tappet kan gaada yang disetel, adanya ganti....
Hoo berarti bener lah yah tebakan nubie
Kl ber HLA bole napas lega ga perlu mikirin stel klep
benzz89 wrote: Sat Jan 09, 2021 11:19
Wah thank you mbah... baru mau nanya nih cetak stensilnya ketinggalan kemarin. Mau ane laminating + kasih pigura lalu tempel di dinding rumah.
gimana mau berubah, dr lahir tuh mesin dicekokin Q8 ama amsoil terus .....
om benz bisa aja ledekin ane, sendirinya juga sama
DOHC wrote: Sat Jan 09, 2021 10:38
nahh nubie justru sampe skrg masi binggung mbah gmana cara stel klep utk mesin2 yg ber HLA
apa copot noken as trus gonta ganti bucket shim (ini kl yg pake model bucket) trus pasang lg noken as nya, trus ukur ampe ketemu yg pas ama stelan fabrik ?
kl enjin2 kaya L15 sehh hepi saya, gampang bener stel klep nya modal obeng minus ama konci ring pas 10 mm doank
HLA ya gaada stel klep.
dan itu beneran rapet gaada celah antara ujung batang klep-tappet hidrolik-camshaft karena tekanan dari oli.
kalo yang lepas camshaft trus ganti bucket atau shim, itu yang model solid tappet.
nah, honda L15 itu sangat tepat dibilang stel klep karena ada baut yang diputer-puter/disetel.
kalo yang solid tappet kan gaada yang disetel, adanya ganti....
hoo doang dia mbah ..... yakin ga bakal dibaca detail ma dia. jagonya skim read mbah dohc mah ....
DOHC wrote: Sat Jan 09, 2021 10:38
nahh nubie justru sampe skrg masi binggung mbah gmana cara stel klep utk mesin2 yg ber HLA
apa copot noken as trus gonta ganti bucket shim (ini kl yg pake model bucket) trus pasang lg noken as nya, trus ukur ampe ketemu yg pas ama stelan fabrik ?
kl enjin2 kaya L15 sehh hepi saya, gampang bener stel klep nya modal obeng minus ama konci ring pas 10 mm doank
HLA ya gaada stel klep.
dan itu beneran rapet gaada celah antara ujung batang klep-tappet hidrolik-camshaft karena tekanan dari oli.
kalo yang lepas camshaft trus ganti bucket atau shim, itu yang model solid tappet.
nah, honda L15 itu sangat tepat dibilang stel klep karena ada baut yang diputer-puter/disetel.
kalo yang solid tappet kan gaada yang disetel, adanya ganti....
hoo doang dia mbah ..... yakin ga bakal dibaca detail ma dia. jagonya skim read mbah dohc mah ....
makanya ampe skrg ngencengin baut maunya pake pipa besi semeter ama panggil manusia cungkring 2 orang buat tarik ampe ngek ngekk
ga demen baca2 ceklek2 detail detail brapa foot pound gt
MSU wrote: Sat Jan 09, 2021 9:58
Kayaknya diesel yang stelan klep rapat tu cuma 4D56 ya mbah...0.15mm in out
Tp ntah kenapa tiap ngikut primbon mobil sy lari-nya berat pas udah panas...cocoknya di 0.2mm in & 0.3mm out
rapet-renggang kan tergantung konsep awal maunya begimana....
cmiiw, yang angkanya kecil setau saya cam lift sama durasinya juga kecil. entah apa maksudnya.
kalo ikut stelan pabrik udah ga enak atau ga mau, saya jamin ada yang udah ga bener.
berdasarkan pengalaman pribadi jaman masih sering nyetel karburator, ukuran spuyer sama stelan angin kalo ikut di buku, yang ada lean banget AFR-nya. pun dengan ignition timing, maunya di advance terus walopun timing mark sudah bener.
*btw liat nickname-nya kok mata dan otak saya langsung tertuju ke mesin MTU ya.....
4D56-nya memang udh sy templokin turbo & bospom ex 4D56T mbah...
Bbrp kali nyobain celah klep 0.15 rata & 0.25 rata selalu problem pas mesin panas di kuping suara jadi rada alus tp larinya melempem
Baru sembuh pas sy stel 0.2 & 0.3 itu
Btw bener mungkin kondisi mesin udh kurang sehat jg mbah....odo >300rb km
DOHC wrote: Sat Jan 09, 2021 11:40
makanya ampe skrg ngencengin baut maunya pake pipa besi semeter ama panggil manusia cungkring 2 orang buat tarik ampe ngek ngekk
ga demen baca2 ceklek2 detail detail brapa foot pound gt
sssttt mbah awas lho ngomong gitu. untung bukan bilang montir cungkring ..... nanti ada yg ngambek lho
nah kali ini pas pulang ane udah siap2 mau masukin salon tuh om. ehh pas abis cuci baru ketauan ada dekok dalem di pintu belakang supir. tapi bumper depan yg toyota renggang dikit udah dibenerin di beres masuk warranty ada part tambahan yg dipasang tp ane liat cuma rivet2 doang meskipun efektif.
pas nanya ada PDR ngga di body repair beres dibilang hrs didempul n respray, sambil ketawa SA nya soalnya kl ada PDR catnya ga laku katanya. hahahaha
ownernya belon rendem2 cantik nih om .... takut lah hari gini. kata bang hotman kl kena covid bahaya, HP dipegang bini 14 hari
DOHC wrote: Sat Jan 09, 2021 11:40
makanya ampe skrg ngencengin baut maunya pake pipa besi semeter ama panggil manusia cungkring 2 orang buat tarik ampe ngek ngekk
ga demen baca2 ceklek2 detail detail brapa foot pound gt
sssttt mbah awas lho ngomong gitu. untung bukan bilang montir cungkring ..... nanti ada yg ngambek lho
yanuarra wrote: Sat Jan 09, 2021 15:59
Masi bagus dong mbah biar udah 10 taun juga..always kulen..
Kadang heran sm mobil seangkatan tp udah jd jedingers...bolak-balik ke bengkel radiator
Perlu nyetok motor fan nggk ya mbah shifu? Brgkli aja gitu kan dah umur
10 taun belom pernah ganti motor fan? amazing.
ganti donk buruan mbah, drpd overheat lebih mahal ntar benerinnya.
Mbah..barusan nubie anak magang ngecek brake fluid..
Kandungan airnya udah 2%, pemakean 2 tahun persis bareng kulen..
Masih bagus ya mbah? Apa baiknya diganti aja ya mbah? Klo iya, bsk diagendakeun ahh kuras brake fluidnya
yanuarra wrote: Sat Jan 09, 2021 15:59
Masi bagus dong mbah biar udah 10 taun juga..always kulen..
Kadang heran sm mobil seangkatan tp udah jd jedingers...bolak-balik ke bengkel radiator
Perlu nyetok motor fan nggk ya mbah shifu? Brgkli aja gitu kan dah umur
10 taun belom pernah ganti motor fan? amazing.
ganti donk buruan mbah, drpd overheat lebih mahal ntar benerinnya.
10 taun kalo KM masih 2500 ya ga perlu ganti mbah.
oli sama angin ban juga masih asli pabrik.
yanuarra wrote: Sat Jan 09, 2021 15:59
Masi bagus dong mbah biar udah 10 taun juga..always kulen..
Kadang heran sm mobil seangkatan tp udah jd jedingers...bolak-balik ke bengkel radiator
Perlu nyetok motor fan nggk ya mbah shifu? Brgkli aja gitu kan dah umur
10 taun belom pernah ganti motor fan? amazing.
ganti donk buruan mbah, drpd overheat lebih mahal ntar benerinnya.
Iya jg ya mbah, misal yg lg bawa ngertinya tau bawa doang, bisa berabe yah
Tp puterannya masih ok mbah shifu.. cuma anu mbah baling-balingnya keliatan geal geol dikit
ola.. semua... semalam habis cek kampas rem belakang..,dah mulai tipis..,di raba2 bagian dalam rumah cakramnya ada termakan sebagian(tidak dalam)..,bubut tidak bubut tidak.... ,lagi milih kampas rem aftermarket..anggaran 200an ,pilihan TDW,TRW,bosch,kampas rem kw1,kampas rem toyota asli kijang yg lebar yha kalo tidak salah..,bantu wejangan dong bro and sis..
gentongxz wrote: Sat Jan 09, 2021 16:53
ola.. semua... semalam habis cek kampas rem belakang..,dah mulai tipis..,di raba2 bagian dalam rumah cakramnya ada termakan sebagian(tidak dalam)..,bubut tidak bubut tidak.... ,lagi milih kampas rem aftermarket..anggaran 200an ,pilihan TDW,TRW,bosch,kampas rem kw1,kampas rem toyota asli kijang yg lebar yha kalo tidak salah..,bantu wejangan dong bro and sis..
Aftermarket kan Pak? Coba cari MK Kashiyama kemasan biru Pak Gentongxz...barangkali dia bikin untuk mobil Pak Gentongxz.. Atau coba cari Akebono.. Dua itu sih Pak kalo sepengalaman sy.. kalau merk yg lain blm tau.. hehehe