Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: Tue Nov 17, 2020 9:21
Makanya oli setok lama kocok2 dulu sebelum tuang
Grease kalo setok lama juga aduk2 dulu
Pabrik juga ada kepentingan dagang krn mrk kan produksi besar jalan terus tiap hari
Kecuali oli setok lama saat dituang warna udah keruh yaa.. ..buang deh
wkwkwkwk
Disclemer
kemaren ai pake repsol multivalvulas 10w30 Acea A1/B1 stok lawas om, pas dituang msh bening wangi pulak, dipake sebulan lgsg jadi jeli item....
udh kelewat tuak kali ya.... msh ada stoknya di salah satu toko oli di cibubur... penasaran mau VOA
numpang pajang foto sekalian sharing dikit. ini siang tadi ruas tol surabaya-mojokerto suhu udara luar 37°C. tujuan akhir bandung, total time 10.5 jam incl. stop makan 2x sm isi bensin.
nah kl ketemu suhu panas begitu plus long distance tol baru berasa tenangnya pakai 5w30.
*btw iseng ngukur suhu permukaan aspal pakai IR thermogun dpt 65°C. belum bisa buat bikin telor ceplok kayanya
IMG_20201117_113514~2.jpg
IMG_20201117_113436~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra wrote: Tue Nov 17, 2020 9:43
UOA ini test yg telat sebetulnya, karena wear dan risk sudah terjadi, meaning olinya dipakai dulu baru ditest.
ngembat istilah dari suhu omnibus "UOA = lagging indicator"
alhamdulillah klo masih bagus, klo ternyata...
VOA ini beda, karena ini test sblm oli dituang ke dalam mesin / buka segel lgs ditest.
sebetulnya istilah itu sy jg nyomot dr terminologi bidang ekonomi, mbah.
dan dia punya pasangan namanya Leading Indicator. nah yg VOA virgin oil analysis hasilnya sepertinya cocok disebut sbg leading indicator krn sebelum oli kadung dipake dia memberi sinyal sehat ngga olinya dlm kondisi baru.
Turboman wrote: Tue Nov 17, 2020 9:21
Makanya oli setok lama kocok2 dulu sebelum tuang
Grease kalo setok lama juga aduk2 dulu
Pabrik juga ada kepentingan dagang krn mrk kan produksi besar jalan terus tiap hari
Kecuali oli setok lama saat dituang warna udah keruh yaa.. ..buang deh
wkwkwkwk
Disclemer
kemaren ai pake repsol multivalvulas 10w30 Acea A1/B1 stok lawas om, pas dituang msh bening wangi pulak, dipake sebulan lgsg jadi jeli item....
udh kelewat tuak kali ya.... msh ada stoknya di salah satu toko oli di cibubur... penasaran mau VOA
skrg pusing dah ngilangin sisa2 sludgenya
pantengin DGO
kl lg murah, sikatttt
lmayan buat cuci mesin
lagi pake ams xl 10w30 promo ace mbaaahhhh... moga2 ga batuk2 deh tu mesin
btw masi ada 27 botol dirumah, stok ampe taon depan aman
vshiva wrote: Wed Nov 18, 2020 13:52
om2 sekalian, untuk oli merk PTT apakah kualitasnya bagus? kebetulan notice lagi ada promo ya di blibli bisa jadi bahan buat nyetok.
lah suhu2 di sini pakai PTT loh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vshiva wrote: Wed Nov 18, 2020 13:52
om2 sekalian, untuk oli merk PTT apakah kualitasnya bagus? kebetulan notice lagi ada promo ya di blibli bisa jadi bahan buat nyetok.
vshiva wrote: Wed Nov 18, 2020 13:52
om2 sekalian, untuk oli merk PTT apakah kualitasnya bagus? kebetulan notice lagi ada promo ya di blibli bisa jadi bahan buat nyetok.
vshiva wrote: Wed Nov 18, 2020 13:52
om2 sekalian, untuk oli merk PTT apakah kualitasnya bagus? kebetulan notice lagi ada promo ya di blibli bisa jadi bahan buat nyetok.
lah suhu2 di sini pakai PTT loh
Bagusan jg DGO
tiap kali DGO disebut ane sekilas selalu mikirnya Datsun Go
vshiva wrote: Wed Nov 18, 2020 13:52
om2 sekalian, untuk oli merk PTT apakah kualitasnya bagus? kebetulan notice lagi ada promo ya di blibli bisa jadi bahan buat nyetok.
lah suhu2 di sini pakai PTT loh
Bagusan jg DGO
3000 km buang ya om?
Dijamin jeroan mesin kinclong ngalahin yg pake seffer
vshiva wrote: Wed Nov 18, 2020 13:52
om2 sekalian, untuk oli merk PTT apakah kualitasnya bagus? kebetulan notice lagi ada promo ya di blibli bisa jadi bahan buat nyetok.
Taufiq6210 wrote: Mon Nov 16, 2020 8:47
Secara teori apa sih yang bisa bikin masalah dari penggunaan oli lebih encer dari panduan? Penguapan / aus komponennya / suara kasar atau apa ya?
Dan apakah bisa kita tau penggunaan oli lebih encer ga ada masalah tanpa melakukan pengujian UOA?
klo lbh kental dari panduan = resiko aus tinggi ketika cold start, karena oli masih kental, sehingga gak optimal pelumasan ke celah internal mesin
klo lbh encer dr buku panduan = resiko nguap cenderung lebih tinggi.
Tapi klo radiator sehat dan design radiator bagus dalam hal heat-release, no issue
ya klo mau aman, sesuaikan di rentang viscocity yg ada di manual book.
test UOA oli encer?
coba buka2 halaman blkg, pakai 0w20 no issue.
yg jadi masalah klo pakai oli palsu
Berarti kalau Luxio dikasi oli -20 aman ya. Perlu dicoba ni
rendr wrote: Tue Nov 17, 2020 12:48
kemaren ai pake repsol multivalvulas 10w30 Acea A1/B1 stok lawas om, pas dituang msh bening wangi pulak, dipake sebulan lgsg jadi jeli item....
udh kelewat tuak kali ya.... msh ada stoknya di salah satu toko oli di cibubur... penasaran mau VOA
skrg pusing dah ngilangin sisa2 sludgenya
pantengin DGO
kl lg murah, sikatttt
lmayan buat cuci mesin
lagi pake ams xl 10w30 promo ace mbaaahhhh... moga2 ga batuk2 deh tu mesin
btw masi ada 27 botol dirumah, stok ampe taon depan aman
rendr wrote: Tue Nov 17, 2020 12:48
kemaren ai pake repsol multivalvulas 10w30 Acea A1/B1 stok lawas om, pas dituang msh bening wangi pulak, dipake sebulan lgsg jadi jeli item....
udh kelewat tuak kali ya.... msh ada stoknya di salah satu toko oli di cibubur... penasaran mau VOA
skrg pusing dah ngilangin sisa2 sludgenya
pantengin DGO
kl lg murah, sikatttt
lmayan buat cuci mesin
lagi pake ams xl 10w30 promo ace mbaaahhhh... moga2 ga batuk2 deh tu mesin
btw masi ada 27 botol dirumah, stok ampe taon depan aman
Om ga kebanyakan tuh? Mau di lego 2 apa 3 botol ga om? Hehehe
Taufiq6210 wrote: Mon Nov 16, 2020 8:47
Secara teori apa sih yang bisa bikin masalah dari penggunaan oli lebih encer dari panduan? Penguapan / aus komponennya / suara kasar atau apa ya?
Dan apakah bisa kita tau penggunaan oli lebih encer ga ada masalah tanpa melakukan pengujian UOA?
klo lbh kental dari panduan = resiko aus tinggi ketika cold start, karena oli masih kental, sehingga gak optimal pelumasan ke celah internal mesin
klo lbh encer dr buku panduan = resiko nguap cenderung lebih tinggi.
Tapi klo radiator sehat dan design radiator bagus dalam hal heat-release, no issue
ya klo mau aman, sesuaikan di rentang viscocity yg ada di manual book.
test UOA oli encer?
coba buka2 halaman blkg, pakai 0w20 no issue.
yg jadi masalah klo pakai oli palsu
Berarti kalau Luxio dikasi oli -20 aman ya. Perlu dicoba ni
klo di manual book ada, coba aja om.
PTT eco api sp tuh bisa pakai 6 bln / 5rb Km
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri