share captiva
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 24, 2009 7:46
Re: share captiva
tolong di foto dong bos, g rencana ganti yg 20" dan mau ngehajar profile 45-50, mau tau celahnt msh byk gak?
waduh bos bukannya nyombongin mobil g dan captiva yah, cmn tiap kali g bawa mobil mandi ke salon(alias cuci) g selalu ditayain ma org2 di sana mobilnya merk apa, cakep yah, beli berapa, koq ada diesel, enak yah tarikanya(bos y yg bawa mobil g naik ke tmpat cuci) lbh enak dan gagah dari x-trail saya(sambil nunjuk ke nissan x-trailnya) ampe ada yg pernah nerka2 belinya pasti lbh dari 1m yah wkwkwkkwkw, emank d jalan g sering bgt di liatin ma org kalo mask ke perumahan kan jalan pelan tuh, bos g msang deflecta jd tamabah gagah loh
http://img20.imageshack.us/img20/6269/210320090011.jpg[/quote]
ok bro,aku foto dulu,
deflecta nya bagus buat tambah garang, nanti aku jg mau pesan
iya tiap cuci selalu jadi satpam kl tidak mobil kita di lihat in, malah ada yg coba lihat dalam nya, jadi senewen, ya aku ikutin terus tuh org. tanya nya banyak juga sampai seperti sales nya ctv he2
waduh bos bukannya nyombongin mobil g dan captiva yah, cmn tiap kali g bawa mobil mandi ke salon(alias cuci) g selalu ditayain ma org2 di sana mobilnya merk apa, cakep yah, beli berapa, koq ada diesel, enak yah tarikanya(bos y yg bawa mobil g naik ke tmpat cuci) lbh enak dan gagah dari x-trail saya(sambil nunjuk ke nissan x-trailnya) ampe ada yg pernah nerka2 belinya pasti lbh dari 1m yah wkwkwkkwkw, emank d jalan g sering bgt di liatin ma org kalo mask ke perumahan kan jalan pelan tuh, bos g msang deflecta jd tamabah gagah loh
http://img20.imageshack.us/img20/6269/210320090011.jpg[/quote]
ok bro,aku foto dulu,
deflecta nya bagus buat tambah garang, nanti aku jg mau pesan
iya tiap cuci selalu jadi satpam kl tidak mobil kita di lihat in, malah ada yg coba lihat dalam nya, jadi senewen, ya aku ikutin terus tuh org. tanya nya banyak juga sampai seperti sales nya ctv he2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: share captiva
slamat deh bro ctv emeng keeereeeennn, ane pernah kaget pas disalip di jalan macet kiran kebo fortuner ehhh si ctv
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva
hati2 klo ambil foto mobil parkir..sapa tau yg di dlm lagi..hehe...JumaiLa wrote: ini g ambil di pasar turi, keduanya mobil kijang innova, cmn yg 1nya make velg 20, cmn gak tau ukuran bannya, yg satunya lg standard : http://img29.imageshack.us/img29/4962/15052009111o.jpg
ini perbedaanya agak kecil, coz saya ambilnya dari dada jd fotonya agak ke bawah dikit, coz pemiliknya ada di dalam mobil hehe
klo 20" dgn yg std, lumayan ketara beda nya. kalo std dgn yg lebih besar 2-3 inch dan ban nya low profile, mungkin selisih nya ga terlalu jauh, sebab yg std pk ban tebal. misalnya 215/16/70, 70% dari 215= 150.5mm + 16"= 556.9. klo dibanding dgn 235/18/50, 50% dr 235 = 117.5mm + 18" (atau 457.2mm) = 574.7mm
selisih 17.8mm = 1.78cm hampir 2cm.
kira2 gitu itungan kasarnya *cmiiw*..mungkin klo 20 pk profile 40/235 bs jd lebih rendah dari yg std 16/70.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva
wkt pas beli, yakin banget bukan ban basi bro. krn toko jg langganan. Seinget gw, yg "bunting" cuma 1 dari 4 ban toyo. yg michelin malah dua. begitu jg dgn dunlop, goodyear jg dulu. Mungkin klo yg dunlop krn mobil nya jarang terpakai akhirnya skrg diganti ykhama.g3nd3ruwo wrote:roadtrain99 wrote: mo nanya bro...
toyo type yg ini ada nemuin 'bunting' ga?
gw suka thread ban proxes ini, motif nya bagus. cuma gw dulu pengalaman dgn toyo juga dan karet nya melendung...
pernah jg tuh dgn ban mahal spt michellin pilot...dan dunlop gitu jg.
apa krn ga cocok dgn kondisi sini atau kebetulan dpt yg kurang bagus aja ya..?
Bro..
Sejauh ini kondisi ban masih bagus dan gak ada gejala seperti yg di maksud...
Saran saya kalo mau beli ban perhati in..minggu dan tahun PRODUKSI nya bro...ini sangat penting..karena umur karet (fleksibelitas / performance) rata-rata 5 (lima) tahun, jadi usahakan beli tahun yang baru di produksi agar tidak timbul masalah...
Ban Toyo yang saya pake masih prima sampai saat ini..dan saat ini saya beralih ke VCDi AWD dan ban tersebut ikut saya bawa...ternyata di AWD terasa lebih empuk..mungkin masih baru kali yaa..
Untuk temen-temen saya sarankan jangan mau di kasih ban yang tahun produksinya lebih dari setahun...
Drive safe..bro
pdhal yg toyo, jalan tiap hari. mungkin gw krn kebetulan dpt yg kurang bagus.
klo dgn yokohama/bridgestone blm nemu spt ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva
soal jok, klo dari yg gw sering ngobrol2, rata2 bilang jgn mbtech. ga tau knp. Kalo gw, pelan2 aja nanti baru ganti yg asli kulit, memang mahal tapi pantas. Dulu pernah pk synthetic leather, jait nya rumahan tp bagus. Kalo synthetic, mungkin jgn terpaut nama toko atau merk bro, datengin, liat bahannya sendiri.ifanchen wrote:friends, perkenalkan saya pengguna baru ctv vcdi 2009. unit baru datang kemaren, 20 mei.
saya ada rencana mau pasang jok paten mbtech camaro. tolong minta referensi penjual yg udah expert untuk pasang di captiva. takut kalo blon pernah pasang ntar saat pemasangan jok, door trim, dll pada ngga bener. oh ya, kalo ada di daerah kemayoran aja. jgn ke selatan, kejauhan
untuk ban bawaan ctv 215/70-R16, kalo dijual bisa laku brp yach? ada temen2 yg mau nawar mungkin?
saya rencana ganti ke 235/55-R18... nyaman ngga yach?
krn proses pembuatan stnk makan waktu cukup lama, saya ditawari untuk dibuatkan surat jalan sementara yang berlaku 1 bulan. surat ini di-sign oleh k4p0ls3k. harga surat ini 1 jt. menurut teman2 bagaimana?
thanks in advance!
ctv pk 235/55/18? kalo nyaman relatif. sebab spt penyubali pk 22 masih terasa nyaman. mungkin utk gw ukuran segitu di ctv, kurang nyaman secara suspensi nya buat gw agak keras.
mending jgn pk surat jalan bro. sabar aja. itu ngomongnya aja berlaku 1 bln, tau2 ntar di jln raya lain urusan. dulu pernah ditawarin biro langganan yg sering begini, itu aja berani cuma ngasih seminggu. setau gw polsek ga urusan sama lantas bro.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva
18 ori gm gw suka jg tuh. klo di showroom liat yg 17 255 60 mantep bgt liatnya, sayang motif velg 17 nya kurang suka.willywin7676 wrote:.. kan mobil 4WD (AWD), akhirnya jt cinta ke 18" original GM, pakai maxxix 255/55
endingnya tuh mobil naik 2cm an, wah gagah bos, kl lihat crv spion nya dibawah gua jauh, cuma kl fortuner bener2 gila masih 7-8cm lagi, memnag tinggi bener tuh mobil
mobil pu tetap empuk
tambahan lg setiap crv ,totuner, dll lewt kok pada pelan ya malah buntutin dan lihat lihat ctv kita, ada pengalaman bos, pdhl itu crv pakai 20", lihat ctv ngiler kali....
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva
bunyi nya kayak gimana dan darimana bro?yunan wrote: bro, ctv g uda 3 bulan dan slama ini dashbornya ada dikit bunyi saat putaran mesin idle tapi itu pun hanya saat pertama kali start mesin di pagi hari, lewat 1-2 menit bunyi2 sudah hilang. untuk bahan plastik menurut g sudah OK alias sesuai dengan harga mobil, dibanding mobil2 lain spt crv, everest tidak beda jauh.
gw udah pk 6bln lebih, ke luar kota sekali, dan test ke jln rusak atau yg blm jadi jalan, smp skrg blm nemu bunyi yg ganggu (mudah2an ngga)...
soal plastik, menurut gw masih bagusan crv lah bro, bahkan yg crv yg 2001. yg ctv mungkin bhn nya kuat, tp kerjaannya terlihat ga sehalus mereka. klo everest gw ga tau.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 24, 2009 7:46
Re: share captiva
18 ori gm gw suka jg tuh. klo di showroom liat yg 17 255 60 mantep bgt liatnya, sayang motif velg 17 nya kurang suka.
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?[/quote]
ini ctv waktu 17"

ini ctv sesudah ganti 18"
http://www.imagedum.com/view-528_19052009104.jpg
lebih tinggi 2cm bro
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?[/quote]
ini ctv waktu 17"

ini ctv sesudah ganti 18"
http://www.imagedum.com/view-528_19052009104.jpg
lebih tinggi 2cm bro
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 24, 2009 7:46
Re: share captiva
18 ori gm gw suka jg tuh. klo di showroom liat yg 17 255 60 mantep bgt liatnya, sayang motif velg 17 nya kurang suka.
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?[/quote]
ini ctv waktu 17"

ini ctv sesudah ganti 18"

lebih tinggi 2cm bro
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?[/quote]
ini ctv waktu 17"

ini ctv sesudah ganti 18"

lebih tinggi 2cm bro
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 24, 2009 7:46
Re: share captiva
18 ori gm gw suka jg tuh. klo di showroom liat yg 17 255 60 mantep bgt liatnya, sayang motif velg 17 nya kurang suka.
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?[/quote]
ini ctv waktu 17"
http://www.imagedum.com/view-396_15052009096.jpg
ini ctv sesudah ganti 18"
http://www.imagedum.com/view-528_19052009104.jpg
lebih tinggi 2cm bro
sory keposting bbrp kali harap maklum bingung up load gambarnya
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?[/quote]
ini ctv waktu 17"
http://www.imagedum.com/view-396_15052009096.jpg
ini ctv sesudah ganti 18"
http://www.imagedum.com/view-528_19052009104.jpg
lebih tinggi 2cm bro
sory keposting bbrp kali harap maklum bingung up load gambarnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: share captiva
kl mslh ban, gw cm prnh pake GT, federal, bridgestone
GT pake 3th blm prnh bunting (mgkn krn bawaan dealer/pabrik), b.stone pake 1th udh bunting 1 ban
federal pake 2th ngehajar jln rusak tiap hari ga bunting2
mungkin hoki2an jg kali ya?
dashbor gw sampe skrg blm pernah bunyi2 (smoga ga utk seterusnya), mgkn jg krn baru 2 bln pake
ada bbrp bunyi yg mgkn menyerupai bunyi dashbor :
- ventilasi ac mgkn tertutup full. bunyi yg muncul sebenarnya adlh angin yg maksa mau keluar
- perkakas/tools yg di bagasi blkg. krn kabin tertutup rapat, bunyinya seolah2 dr depan
- gesekan tempat kaset/cd di laci dashbor
- atau mmg ada baut/sekrup yg longgar di sekitar dashbor
bahan dashbor ctv sih uda ok, cb bandingin ama dasbornya fortuner... kek dasbor mitsu kuda gw
dashbor ctv mirip xtrail, ada lapisan empuk/karetnya
GT pake 3th blm prnh bunting (mgkn krn bawaan dealer/pabrik), b.stone pake 1th udh bunting 1 ban
federal pake 2th ngehajar jln rusak tiap hari ga bunting2
mungkin hoki2an jg kali ya?
dashbor gw sampe skrg blm pernah bunyi2 (smoga ga utk seterusnya), mgkn jg krn baru 2 bln pake
ada bbrp bunyi yg mgkn menyerupai bunyi dashbor :
- ventilasi ac mgkn tertutup full. bunyi yg muncul sebenarnya adlh angin yg maksa mau keluar
- perkakas/tools yg di bagasi blkg. krn kabin tertutup rapat, bunyinya seolah2 dr depan
- gesekan tempat kaset/cd di laci dashbor
- atau mmg ada baut/sekrup yg longgar di sekitar dashbor
bahan dashbor ctv sih uda ok, cb bandingin ama dasbornya fortuner... kek dasbor mitsu kuda gw

dashbor ctv mirip xtrail, ada lapisan empuk/karetnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: share captiva
cakep bener velg 18" nya, bikin ngilerwillywin7676 wrote: ini ctv waktu 17"
http://www.imagedum.com/view-396_15052009096.jpg
ini ctv sesudah ganti 18"
http://www.imagedum.com/view-528_19052009104.jpg
lebih tinggi 2cm bro
sory keposting bbrp kali harap maklum bingung up load gambarnya
kalo pake rear spoiler tambah cakep lg tu ctv awd
syg ga ada aksesoris ori buat r.spoiler... yg aftermarket ada ga ya?
Last edited by Captivated on Tue May 26, 2009 5:16, edited 1 time in total.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 24, 2009 7:46
Re: share captiva
18 ori gm gw suka jg tuh. klo di showroom liat yg 17 255 60 mantep bgt liatnya, sayang motif velg 17 nya kurang suka.
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?[/quote]
ini ctv waktu 17"

ini ctv sesudah ganti 18"

lebih tinggi 2cm bro
sory keposting bbrp kali harap maklum bingung up load gambarnya
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?[/quote]
ini ctv waktu 17"

ini ctv sesudah ganti 18"

lebih tinggi 2cm bro
sory keposting bbrp kali harap maklum bingung up load gambarnya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 24, 2009 7:46
Re: share captiva
cakep bener velg 18" nya, bikin ngiler
kalo pake rear spoiler tambah cakep lg tu ctv awd
syg ga ada aksesoris ori gm buat r.spoiler... yg aftermarket ada ga ya?[/quote]
bro saya ada pandangan dan mau beli cuma bingung kok adanya cuma di chevrolet,co.uk
by irmscher tapi bingung belinya dimana , tuh org gua sdh email in berkali kali tdk dibalas
ada solusi friend

kalo pake rear spoiler tambah cakep lg tu ctv awd
syg ga ada aksesoris ori gm buat r.spoiler... yg aftermarket ada ga ya?[/quote]
bro saya ada pandangan dan mau beli cuma bingung kok adanya cuma di chevrolet,co.uk
by irmscher tapi bingung belinya dimana , tuh org gua sdh email in berkali kali tdk dibalas
ada solusi friend

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Re: share captiva
bro sharing test drive awdnya dong disini......biar dikasi racun untuk member2 captiva sini hehehe
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 24, 2009 7:46
Re: share captiva
bro leon udah balik medan ya.Leonhearts wrote:bro sharing test drive awdnya dong disini......biar dikasi racun untuk member2 captiva sini hehehe
bgmn mau sharing naik aja sayang itu km massih 90, tiap pagi bangun panasin terus matiin,
sampai sampai kl bini anak gua senewen, krn mau naik selalu ingatin hati2, jgn kotor dll
he3
awd by the way sangat enak sekali, fitur yg paling sering / bisa digunakan paling2 Cruise control dan yg paling bisa dirasakan Electronic Stability Program aja
utk fitur follow me home dan rain sensor saya rasa kurang enak di saya
terutama follow me home, tiap kali buka pintu via remote tuh lampu depan besar, kota, lampu blng kota,nyala semua, hrs buru buru matiin , dan hrs temporary off, tdk bisa di off kan terus.
utk rain sensor sebenarnya gantiin fitur auto wiper yg di mobil biasa, cuma bergerak nya tergantung dari mood sensor nya
bg saya tdk masalah krn masih bisa di off kan
utk fitur bluetooth handsfree juga bagus suara jernih dan pairing jg gampang sekali. auto mute nya sangat halus buat kita tdk kaget waktu ada dering tilp masuk
overall sgt bagus,
temen yg punya crv, forty, dll kl ke mobil ini waduh tanya nya buanyak sekali, sampai capeek jawabnya, by the way positif kan krn mobil mereka tdk ada fitur2 canggih
kl ada yg tahu soal rear spoiler help ya, ini aj a yg kurang
trks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 268
- Joined: Thu Jan 01, 2009 15:31
Re: share captiva
SELAIN ekonomis, mobil bermesin diesel juga dikenal bandel dan tahan banjir. Apalagi pemilik mobil di daerah seperti Jakarta yang kerap kali tergenang. Tentu saja ketahanan ini berbeda dengan mesin bensin yang rentan terganggu pada sistem pengapian.
Karena itulah, kini pemakaian mesin diesel mulai marak. Namun kadang masih saja ada anggapan yang mengalir bahwa mobil bermesin diesel itu rumit dalam perawatan. Padahal mesin diesel bila dipergunakan untuk jarak jauh, semakin panas semakin bagus.
Ada beberapa kiat untuk menjaga mesin diesel aman melaju. Memang mesin penting, tetapi yang teramat penting adalah orang yang membuat, memelihara dan menjalankannya.
Berikut kiat pemakaian dan perawatan bagi pemilik kendaraan bermesin diesel :
1. Pemakai mobil diesel jangan terburu menjalankan mesin diesel sebelum dilakukan pemanasan. Mesin diesel harus dipanasi sedikitnya lima menit.
2. Yang paling utama adalah jangan sampai tangki solar kosong. Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Jika tangki kehabisan solar, pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap.
3. Bila terjadi kerusakan parah pada injection pump, sebaiknya langsung dibawa ke
bengkel, jangan melalui montir sembarangan. Perbaikan harus dilakukan di bengkel khusus
mesin diesel.
4. Filter udara harus rajin dibersihkan minimal setiap 20 km. Sebab debu adalah musuh
utama dari mesin diesel. Debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring piston.
5. Selain filter udara, filter solar juga harus diperhatikan kebersihannya. Bila
rusak harus segera diganti. Jangan ditunda-tunda, harus terbebas dari sampah supaya tidak terjadi penyumbatan.
6. Disamping setiap pagi harus membuang air dari saringan solar maka scara rutin dianjurkan membersihkan saringan solar dan diganti setelah menempuh 16.000 km.
7. Terakhir, Baterey (Accu), kabel- kabel dan busi. Meski mesin disel bisa dihidupkan
tanpa ketiga bagian ini, yakni dengan cara ditarik mobil lain namun hal itu tentu
tidak dilakukan setiap hari. Akan terasa aneh, setiap hari harus ditarik baru mesinnya
hidup.
sumber http://www.inilah.com/berita/otomotif/2 ... in-diesel/
Karena itulah, kini pemakaian mesin diesel mulai marak. Namun kadang masih saja ada anggapan yang mengalir bahwa mobil bermesin diesel itu rumit dalam perawatan. Padahal mesin diesel bila dipergunakan untuk jarak jauh, semakin panas semakin bagus.
Ada beberapa kiat untuk menjaga mesin diesel aman melaju. Memang mesin penting, tetapi yang teramat penting adalah orang yang membuat, memelihara dan menjalankannya.
Berikut kiat pemakaian dan perawatan bagi pemilik kendaraan bermesin diesel :
1. Pemakai mobil diesel jangan terburu menjalankan mesin diesel sebelum dilakukan pemanasan. Mesin diesel harus dipanasi sedikitnya lima menit.
2. Yang paling utama adalah jangan sampai tangki solar kosong. Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Jika tangki kehabisan solar, pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap.
3. Bila terjadi kerusakan parah pada injection pump, sebaiknya langsung dibawa ke
bengkel, jangan melalui montir sembarangan. Perbaikan harus dilakukan di bengkel khusus
mesin diesel.
4. Filter udara harus rajin dibersihkan minimal setiap 20 km. Sebab debu adalah musuh
utama dari mesin diesel. Debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring piston.
5. Selain filter udara, filter solar juga harus diperhatikan kebersihannya. Bila
rusak harus segera diganti. Jangan ditunda-tunda, harus terbebas dari sampah supaya tidak terjadi penyumbatan.
6. Disamping setiap pagi harus membuang air dari saringan solar maka scara rutin dianjurkan membersihkan saringan solar dan diganti setelah menempuh 16.000 km.
7. Terakhir, Baterey (Accu), kabel- kabel dan busi. Meski mesin disel bisa dihidupkan
tanpa ketiga bagian ini, yakni dengan cara ditarik mobil lain namun hal itu tentu
tidak dilakukan setiap hari. Akan terasa aneh, setiap hari harus ditarik baru mesinnya
hidup.
sumber http://www.inilah.com/berita/otomotif/2 ... in-diesel/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 268
- Joined: Thu Jan 01, 2009 15:31
Re: share captiva
mesin diesel hrs di panasin dulu 5 menit baru boleh jalan, g biasanya cmn 1 mnt dah jalan hahhaha, besok hrs di rubahJumaiLa wrote:SELAIN ekonomis, mobil bermesin diesel juga dikenal bandel dan tahan banjir. Apalagi pemilik mobil di daerah seperti Jakarta yang kerap kali tergenang. Tentu saja ketahanan ini berbeda dengan mesin bensin yang rentan terganggu pada sistem pengapian.
Karena itulah, kini pemakaian mesin diesel mulai marak. Namun kadang masih saja ada anggapan yang mengalir bahwa mobil bermesin diesel itu rumit dalam perawatan. Padahal mesin diesel bila dipergunakan untuk jarak jauh, semakin panas semakin bagus.
Ada beberapa kiat untuk menjaga mesin diesel aman melaju. Memang mesin penting, tetapi yang teramat penting adalah orang yang membuat, memelihara dan menjalankannya.
Berikut kiat pemakaian dan perawatan bagi pemilik kendaraan bermesin diesel :
1. Pemakai mobil diesel jangan terburu menjalankan mesin diesel sebelum dilakukan pemanasan. Mesin diesel harus dipanasi sedikitnya lima menit.
2. Yang paling utama adalah jangan sampai tangki solar kosong. Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Jika tangki kehabisan solar, pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap.
3. Bila terjadi kerusakan parah pada injection pump, sebaiknya langsung dibawa ke
bengkel, jangan melalui montir sembarangan. Perbaikan harus dilakukan di bengkel khusus
mesin diesel.
4. Filter udara harus rajin dibersihkan minimal setiap 20 km. Sebab debu adalah musuh
utama dari mesin diesel. Debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring piston.
5. Selain filter udara, filter solar juga harus diperhatikan kebersihannya. Bila
rusak harus segera diganti. Jangan ditunda-tunda, harus terbebas dari sampah supaya tidak terjadi penyumbatan.
6. Disamping setiap pagi harus membuang air dari saringan solar maka scara rutin dianjurkan membersihkan saringan solar dan diganti setelah menempuh 16.000 km.
7. Terakhir, Baterey (Accu), kabel- kabel dan busi. Meski mesin disel bisa dihidupkan
tanpa ketiga bagian ini, yakni dengan cara ditarik mobil lain namun hal itu tentu
tidak dilakukan setiap hari. Akan terasa aneh, setiap hari harus ditarik baru mesinnya
hidup.
sumber http://www.inilah.com/berita/otomotif/2 ... in-diesel/
untuk no 4 dan 6 mash agak bingun?
gimana caranya bersihin saringan udara tiap 20KM? repot bo dikit2 di buka di bersihin? di bersihin pun kalo di rumah paling secara sederhana, gunain kuas atau bulu ayam(masak tiap 20KM ke salon mobil di bersihin), kalau di atikel ini http://id.shvoong.com/exact-sciences/en ... -com-tips/ di bilang bersihinnya tiap 15rebu
kalo no 6 buang airnya gimana caranya yah g gak ngerti
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: share captiva
gw malah kdg2 panasin ga nyampe 1mnt udh lsg jalan
prnh baca artikel... panasin lama2 jg ga baik, buang2 bbm percuma ktnya
krn oli skrg udh canggih, ga pake lama udh lsg lumasin semua komponen mesin
apalg indo daerah tropis... ga bakal beku deh olinya

prnh baca artikel... panasin lama2 jg ga baik, buang2 bbm percuma ktnya
krn oli skrg udh canggih, ga pake lama udh lsg lumasin semua komponen mesin
apalg indo daerah tropis... ga bakal beku deh olinya

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Mar 18, 2009 3:42
Re: share captiva
Kemarin baca di kompas, katanya kemungkinan GM pailit. pengaruh gak dg kita beli chevy captiva di indonesia?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Mar 18, 2009 3:42
Re: share captiva
ini ctv waktu 17"willywin7676 wrote:18 ori gm gw suka jg tuh. klo di showroom liat yg 17 255 60 mantep bgt liatnya, sayang motif velg 17 nya kurang suka.
mungkin yg lain liat2 krn ctv ini masih jarang...
enak pk ctv awd?

ini ctv sesudah ganti 18"

lebih tinggi 2cm bro
sory keposting bbrp kali harap maklum bingung up load gambarnya[/quote]
Bagus ya bro velg yg 18", tapi apa ngak tanggung dari 17" ke 18"? kok gak ke 19"?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva
iya..gw sempet bingung hehehe..willywin7676 wrote: ini ctv waktu 17"
http://www.imagedum.com/view-396_15052009096.jpg
ini ctv sesudah ganti 18"
http://www.imagedum.com/view-528_19052009104.jpg
lebih tinggi 2cm bro
sory keposting bbrp kali harap maklum bingung up load gambarnya
oo..pasti beda bro, sebab 18 yg di foto ban nya tebel. bagus tuh, mantep jadi berbobot. ukuran berapa tuh profile nya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva
klo dulu buanget gw pernah bc ulasan otomotif, malah cukup itungan 10detik oli udah naik. Intinya sih itu, nunggu oli nya naik bentar aja, supaya bagian2 mesinnya agak terlumasi, soalnya pas starter pertama itu yg gesekkannya cukup tinggi.Captivated wrote:gw malah kdg2 panasin ga nyampe 1mnt udh lsg jalan![]()
prnh baca artikel... panasin lama2 jg ga baik, buang2 bbm percuma ktnya
krn oli skrg udh canggih, ga pake lama udh lsg lumasin semua komponen mesin
apalg indo daerah tropis... ga bakal beku deh olinya
tp klo gw nunggu sampe auto choke rpm nya agak turun dikit idle nya, lalu jln pelan & baru idupin a/c, ga lsg genjot. diesel/besin jg kurang lebih sama lah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva
kayaknya faktor hoki pengaruh bro. B/stone nya lokal? kalo yg jepang masih ok bro. Sebaiknya siy emang mobil jgn terlalu lama nongkrong di rumah, biar ban nya ga peyang atau bunting. tp klo udah sering pun masih bunting, ya emang kita lg dpt yg jelek aja bro. kayak cerita gw.Captivated wrote:kl mslh ban, gw cm prnh pake GT, federal, bridgestone
GT pake 3th blm prnh bunting (mgkn krn bawaan dealer/pabrik), b.stone pake 1th udh bunting 1 ban
federal pake 2th ngehajar jln rusak tiap hari ga bunting2
mungkin hoki2an jg kali ya?
bener, permukaan plastik yg di ctv memang ga se ok crv/xtrail. potongannya keliatan kasar. tp ya harga lah bro, kalo lebih ok, hrgnya jg ikut naik.Captivated wrote:bahan dashbor ctv sih uda ok, cb bandingin ama dasbornya fortuner... kek dasbor mitsu kuda gw
dashbor ctv mirip xtrail, ada lapisan empuk/karetnya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 24, 2009 7:46
Re: share captiva
ukuran 255 profil 55 kmrn coba 255/ 60 bisa masuk tapi deket sekali dng dudukan pernya cuma 3-4mmoo..pasti beda bro, sebab 18 yg di foto ban nya tebel. bagus tuh, mantep jadi berbobot. ukuran berapa tuh profile nya?
ini punya saya cuma selisih 1cm aja.

kl ganti ke 19" atau 20" ok solusi profilnya diturunkan ke 40 atau 45 , saya takut agak keras naikannya. mobil ini pinginnya semi off road gitu gagah banget.
bisa pakai profil tebal hrs pakai tambahan spt adaptor , efeknya velg/ban jd lebih keluar.
ya selera org beda beda ya.