Hooya
Itu kyk kepotong soalnya
- Ini testnya HP 427 kan yaa?
- Dan reportnya in pdf ya?
Coba buka pakai aplikasi adobe reader nya ajah
Klo HP 427 ada kolom wear metal kyk gini mbah

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Hooya
Wah bener barusan pak tangguh bagian lab kirim pesan klo result yg kmrn blm lengkap..ini buat wear metalnya om..Suryaputra wrote: Sat Feb 18, 2023 13:55Hooya
Itu kyk kepotong soalnya
- Ini testnya HP 427 kan yaa?
- Dan reportnya in pdf ya?
Coba buka pakai aplikasi adobe reader nya ajah
Klo HP 427 ada kolom wear metal kyk gini mbah
![]()
Al nya tinggi ya (allumunium)Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:05Wah bener barusan pak tangguh bagian lab kirim pesan klo result yg kmrn blm lengkap..ini buat wear metalnya om..Suryaputra wrote: Sat Feb 18, 2023 13:55Hooya
Itu kyk kepotong soalnya
- Ini testnya HP 427 kan yaa?
- Dan reportnya in pdf ya?
Coba buka pakai aplikasi adobe reader nya ajah
Klo HP 427 ada kolom wear metal kyk gini mbah
![]()
![]()
Anti wearnya kurang bagus jd nya om? Apa faktor sering jd genset yak... curiga pengaruh engine flush dr bengkel kali ya om, soalnya abis engine flush pas ganti oli gm ini ga di siram lg sm oli mesran..Suryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 3:23Al nya tinggi ya (allumunium)Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:05Wah bener barusan pak tangguh bagian lab kirim pesan klo result yg kmrn blm lengkap..ini buat wear metalnya om..Suryaputra wrote: Sat Feb 18, 2023 13:55
Hooya
Itu kyk kepotong soalnya
- Ini testnya HP 427 kan yaa?
- Dan reportnya in pdf ya?
Coba buka pakai aplikasi adobe reader nya ajah
Klo HP 427 ada kolom wear metal kyk gini mbah
![]()
![]()
warning level di 40 ppm klo Al
ngeliat kondisi dan sering nanjak2 gtu, coba ganti pk Q8 atau Amsoil signature deh..
engine flush nya pakai cairan?Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:28Anti wearnya kurang bagus jd nya om? Apa faktor sering jd genset yak... curiga pengaruh engine flush dr bengkel kali ya om, soalnya abis engine flush pas ganti oli gm ini ga di siram lg sm oli mesran..Suryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 3:23Al nya tinggi ya (allumunium)Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:05
Wah bener barusan pak tangguh bagian lab kirim pesan klo result yg kmrn blm lengkap..ini buat wear metalnya om..
![]()
warning level di 40 ppm klo Al
ngeliat kondisi dan sering nanjak2 gtu, coba ganti pk Q8 atau Amsoil signature deh..
Iya nih om skr udah pake q8
Cairan om..paketan dr bengkelnya.. skr sih kynya bakal stay di sae 0w 20, soalnya ke bbm jauh lebih irit nihSuryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 3:41engine flush nya pakai cairan?Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:28Anti wearnya kurang bagus jd nya om? Apa faktor sering jd genset yak... curiga pengaruh engine flush dr bengkel kali ya om, soalnya abis engine flush pas ganti oli gm ini ga di siram lg sm oli mesran..Suryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 3:23
Al nya tinggi ya (allumunium)
warning level di 40 ppm klo Al
ngeliat kondisi dan sering nanjak2 gtu, coba ganti pk Q8 atau Amsoil signature deh..
Iya nih om skr udah pake q8
itu implikasinya ke seal karet aja harusnya ya
atau engine flush bahannya oli asli (spt PTT flush oil)?
hoo pk Q8 0w20 ya?Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:45Cairan om..paketan dr bengkelnya.. skr sih kynya bakal stay di sae 0w 20, soalnya ke bbm jauh lebih irit nihSuryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 3:41engine flush nya pakai cairan?Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:28
Anti wearnya kurang bagus jd nya om? Apa faktor sering jd genset yak... curiga pengaruh engine flush dr bengkel kali ya om, soalnya abis engine flush pas ganti oli gm ini ga di siram lg sm oli mesran..
Iya nih om skr udah pake q8
itu implikasinya ke seal karet aja harusnya ya
atau engine flush bahannya oli asli (spt PTT flush oil)?![]()
hooya.
Iya kmrn sih oci dipake flushing oil nya ptt, krn mikir abis ganti sae dr 5w 30 ke 0w 20.. siap mbahh thank u inputnya.. emg enak sih ini q8, nanjak di cipularang kadang eco nya msh nyala..Suryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 4:04hooya.
nextnya gak usah mbah, klo ditawarin cairan engine flush gtu.
klo mau flush, pakai fastron Green aja, tuang 3,5 liter dan running idle 15 menit
buang lagi.. itu fastron oli asli pula, gak ngerusak seal karet.
Q8 pakai 7rb km dulu sambil dicek penguapan nya
sy waktu itu pakai di 9800 km, ya udah pas lah emg waktunya ganti klo lihat TBN nya
tp feelnya sama aja sih, pakai segitu, tuang baru lagi.
sama2 enak
hahahaha
ohhh PTT flush oil sih ok lah, dan jgn pakai cairan flush lagi.Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 4:15Iya kmrn sih oci dipake flushing oil nya ptt, krn mikir abis ganti sae dr 5w 30 ke 0w 20.. siap mbahh thank u inputnya.. emg enak sih ini q8, nanjak di cipularang kadang eco nya msh nyala..Suryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 4:04hooya.
nextnya gak usah mbah, klo ditawarin cairan engine flush gtu.
klo mau flush, pakai fastron Green aja, tuang 3,5 liter dan running idle 15 menit
buang lagi.. itu fastron oli asli pula, gak ngerusak seal karet.
Q8 pakai 7rb km dulu sambil dicek penguapan nya
sy waktu itu pakai di 9800 km, ya udah pas lah emg waktunya ganti klo lihat TBN nya
tp feelnya sama aja sih, pakai segitu, tuang baru lagi.
sama2 enak
hahahaha
Oke brarti masih bisa longdrain pake oli kelas menengah+aditip esteh dituang pas km segitu ya kira2 suhu? Awal2 OCI ga perlu ditambahin aditip duluTurboman wrote: Thu Feb 16, 2023 5:21Kalo ane additip Ester tuangnya saat oli udah jalan 6000 km / 7000 km, olinya pake terus sampe 9000 - 10.000 kmSuryaputra wrote:daimler wrote: Wed Feb 15, 2023 6:06
menurut mbah kalo mau longdrain 10rb km pk aditip inul ester bisa diakalin dengan top up oli tiap brp km lets say 3-5rb km ga?
Kalo si hss fr3 aditipnya sama2 naikin angka penguapannya ga mbah?![]()
I think gak bisa spt itu..
karena resiko sludge dan varnish jg makin gede ke depan.
dan.. klo mesinnya direct injection, potensi ningkatin carbon dr hasil oli nguap di intake valve makin banyak![]()
ini relate dgn statement amsoil, nambahin aditif mengurangi kemampuan long drain nya.
HSS FR3?
gaktau yah klo oli kelas eco, mungkin gak signifikan.
jadi ada plus di proteksi aja.
FR3 cukup tuang 2 - 3 Oz aja, suara mesin dah lgs terdengar beda
Parah itu artikel dan videonya nyesatin, buat nubie kaya ane awal2 belajar soal perlendiran terlepas SAE, ama API yg umum. Si penulisnya kalo ga salah nyantumin kandungan olearic acid ama stearic acid migor bagus buat jd oli karena mirip2 sama ester katanya. Sampe ngefoto2 jeroan mesin hasil pake migor yg buktinya ga bisa dipertanggungjawabkan, nyantumin jurnal2 ilmiah univ yg pakai pelumas bahan nabati buat mesin. Penulisnya jg jualan barang aneh yg bisa ngubah cuaca ama pengiritan bbmt105erd wrote: Fri Feb 17, 2023 6:29orang yang sama ga sih sama yang nulis di blog, oli campur minyak goreng buat nmax, katanya oli yang paling bagus pernah diacoba pakai pertamina mesran superfannykuncoro wrote: Fri Feb 17, 2023 4:25 Ga sengaja nemu artikel & youtube ada pengguna motor yg pake migor untuk additive.. Beneran ga sih itu mbah?![]()
Di forum sini..daimler wrote: Mon Feb 20, 2023 5:52Parah itu artikel dan videonya nyesatin, buat nubie kaya ane awal2 belajar soal perlendiran terlepas SAE, ama API yg umum. Si penulisnya kalo ga salah nyantumin kandungan olearic acid ama stearic acid migor bagus buat jd oli karena mirip2 sama ester katanya. Sampe ngefoto2 jeroan mesin hasil pake migor yg buktinya ga bisa dipertanggungjawabkan, nyantumin jurnal2 ilmiah univ yg pakai pelumas bahan nabati buat mesin. Penulisnya jg jualan barang aneh yg bisa ngubah cuaca ama pengiritan bbmt105erd wrote: Fri Feb 17, 2023 6:29orang yang sama ga sih sama yang nulis di blog, oli campur minyak goreng buat nmax, katanya oli yang paling bagus pernah diacoba pakai pertamina mesran superfannykuncoro wrote: Fri Feb 17, 2023 4:25 Ga sengaja nemu artikel & youtube ada pengguna motor yg pake migor untuk additive.. Beneran ga sih itu mbah?![]()
![]()
Dulu2 pas bener2 masih awam soal mesin dan perlendirian hampir tertarik nyoba tuh nyampur migor 10% sama oli dan kaya nyampur aditip ester. Untungnya ketemu forum ini duluan, penulisnya pernah bikin trit di sini disuru dyno test katanya gamau alasannya ga percayalah, buang2 duid, bertele2 dll. Pembuktiannya hobinya bilang di mobil gigi 4 kecepatan rendah (20km/h) mobil ga geter dan mati.![]()
![]()
![]()
Belum lg ada grup2 yg awalnya suka ngoplos migor buat mesin 4JA1![]()
Mbah minta botolnya dari mana ya? Brp bulan lg ane pgn ganti oli transmisi F30, penasaran oli yg so-called "lifetime" ini gimana kondisinya setelah pemakaian 75rb km or 8 thn (sesuai rekomendasi zf untuk penggantian oli) iseng2 pgn ngecek. Tp ane ga bisa baca hasil analisanya jg. Suhu2 dunia perlendiran ini mungkin bisa bantu baca?Suryaputra wrote: Tue Feb 14, 2023 9:57Skrg trakindo kasih botol sampelnya mbah kyk giniTurboman wrote: Tue Feb 14, 2023 9:50 Sample utk test lab minimal 150 - 200 cc
ambilnya
tadahin lgs dari oli yg keluar dr karter pake wadah bersih spt
- botol kaca yg mulut lebar
- Kaleng bekas makanan
saat baut dibuka, tunggu 10 detik sampe aluran oli agak reda, baru tadahin, sebab oli sgt panas
kalo dr kaleng trus pindahin ke botol kaca (sebab olinya puanas)
![]()
itu dapat dr trakindo nya mbahhkendibocor wrote: Mon Feb 20, 2023 6:36Mbah minta botolnya dari mana ya? Brp bulan lg ane pgn ganti oli transmisi F30, penasaran oli yg so-called "lifetime" ini gimana kondisinya setelah pemakaian 75rb km or 8 thn (sesuai rekomendasi zf untuk penggantian oli) iseng2 pgn ngecek. Tp ane ga bisa baca hasil analisanya jg. Suhu2 dunia perlendiran ini mungkin bisa bantu baca?Suryaputra wrote: Tue Feb 14, 2023 9:57Skrg trakindo kasih botol sampelnya mbah kyk giniTurboman wrote: Tue Feb 14, 2023 9:50 Sample utk test lab minimal 150 - 200 cc
ambilnya
tadahin lgs dari oli yg keluar dr karter pake wadah bersih spt
- botol kaca yg mulut lebar
- Kaleng bekas makanan
saat baut dibuka, tunggu 10 detik sampe aluran oli agak reda, baru tadahin, sebab oli sgt panas
kalo dr kaleng trus pindahin ke botol kaca (sebab olinya puanas)
![]()
![]()
Oke om, jd bayar dlu ya trus baru bisa minta botolnya, noted om terima kasihSuryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 6:38itu dapat dr trakindo nya mbahhkendibocor wrote: Mon Feb 20, 2023 6:36Mbah minta botolnya dari mana ya? Brp bulan lg ane pgn ganti oli transmisi F30, penasaran oli yg so-called "lifetime" ini gimana kondisinya setelah pemakaian 75rb km or 8 thn (sesuai rekomendasi zf untuk penggantian oli) iseng2 pgn ngecek. Tp ane ga bisa baca hasil analisanya jg. Suhu2 dunia perlendiran ini mungkin bisa bantu baca?![]()
jd klo dah bayar, pickup botolnya di cabang trakindo juga
minta aja botolnya.
Ada yg bisa jelasin ga hasilnya? Ada batas maksimal yg bisa di toleransi dll buat wear metal?Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:05Wah bener barusan pak tangguh bagian lab kirim pesan klo result yg kmrn blm lengkap..ini buat wear metalnya om..Suryaputra wrote: Sat Feb 18, 2023 13:55Hooya
Itu kyk kepotong soalnya
- Ini testnya HP 427 kan yaa?
- Dan reportnya in pdf ya?
Coba buka pakai aplikasi adobe reader nya ajah
Klo HP 427 ada kolom wear metal kyk gini mbah
![]()
![]()
referensi umum baca wear metal ada di sini mbaht105erd wrote: Mon Feb 20, 2023 7:06Ada yg bisa jelasin ga hasilnya? Ada batas maksimal yg bisa di toleransi dll buat wear metal?Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:05Wah bener barusan pak tangguh bagian lab kirim pesan klo result yg kmrn blm lengkap..ini buat wear metalnya om..Suryaputra wrote: Sat Feb 18, 2023 13:55
Hooya
Itu kyk kepotong soalnya
- Ini testnya HP 427 kan yaa?
- Dan reportnya in pdf ya?
Coba buka pakai aplikasi adobe reader nya ajah
Klo HP 427 ada kolom wear metal kyk gini mbah
![]()
![]()
Yang angkanya besar2 itu additif? Makin besar makin bagus?
Mohon petunjuk supaya paham.
iyaa mbahh.kendibocor wrote: Mon Feb 20, 2023 6:44Oke om, jd bayar dlu ya trus baru bisa minta botolnya, noted om terima kasihSuryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 6:38itu dapat dr trakindo nya mbahhkendibocor wrote: Mon Feb 20, 2023 6:36
Mbah minta botolnya dari mana ya? Brp bulan lg ane pgn ganti oli transmisi F30, penasaran oli yg so-called "lifetime" ini gimana kondisinya setelah pemakaian 75rb km or 8 thn (sesuai rekomendasi zf untuk penggantian oli) iseng2 pgn ngecek. Tp ane ga bisa baca hasil analisanya jg. Suhu2 dunia perlendiran ini mungkin bisa bantu baca?![]()
jd klo dah bayar, pickup botolnya di cabang trakindo juga
minta aja botolnya.![]()
MantulSuryaputra wrote: Mon Feb 20, 2023 7:21referensi umum baca wear metal ada di sini mbaht105erd wrote: Mon Feb 20, 2023 7:06Ada yg bisa jelasin ga hasilnya? Ada batas maksimal yg bisa di toleransi dll buat wear metal?Krigger wrote: Mon Feb 20, 2023 3:05
Wah bener barusan pak tangguh bagian lab kirim pesan klo result yg kmrn blm lengkap..ini buat wear metalnya om..
![]()
Yang angkanya besar2 itu additif? Makin besar makin bagus?
Mohon petunjuk supaya paham.
https://www.machinerylubrication.com/Re ... l-analysis
Intinya, untuk baca wear levels:
- di bagian wear metal (Cr sampai Ni): lower = better
selain itu:
- di bagian aditif (B sampai Mo): higher = relatively better (tp ini gak bisa jd patokan, karena untuk zinc contohnya, klo terlalu tinggi (>1500 ppm) jg resiko bikin mampet CC)
- Visco at 100: semakin stabil di rentang yg sama spt V100 kondisi baru (toleransi 5%) = makin baik base oil nya
- Total Base Number: kemampuan untuk netralisir kualitas BBM buruk
- Oxi & Sul: klo makin tinggi, artinya mesin sering dalam kondisi digeber, macet2an, kena panas tinggi
Aditif jg ada grade2nya, dan yg tau hny dapur oli itu sendiri.
Ultimately ya lihat hasil test-lab nya adalah:
- Wear Metal
- Visco @100
- TBN
- Oxi & Sul
intinya gakda masalah pk oli apapun, tp sesuaikan dgn jarak "dan" pemakaian nya aja.
- klo jalan santai dan durasi 5rb km, silahkan pk yg <100rb seliter ajah
klo udh pk sekelas Amsoil Signature, tp wear metalnya masih warning, ya perlu dicek:
- bearing crankshaft,
- ring piston
- liner, dkk nya![]()
Tergantung effort sales / business dev nya trakindoBadip wrote: Mon Feb 20, 2023 14:46 Bengkel2 belum ada yg kepikiran kerjasama dengan trakindo/lab sejenis ya? Pas ganti oli bisa sekalian UOA oli lama dan VOA oli baru.