Xpander OmSuryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 23:45Mobilnya apa mbah?Raynard22 wrote: Mon Feb 07, 2022 20:26 Halo, Om2 semua ijin bertanya apakah sudah ada yang pernah pakai:
GT Radial Champiro Touring A/S
GT Radial Savero SUV
GT Radial Champiro Luxe
GT Radial Champiro BXT Pro
Kebetulan Dari ukuran ban yang saya mau pakai keempatnya lumayan murah. Pengennya sih lebih ke arah comfort. Mohon petunjuk![]()
Serba Serbi Ban Part 3
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon Feb 22, 2016 7:57
Re: Serba Serbi Ban Part 3
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12549
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
antara champiro touring dan luxe.Raynard22 wrote: Tue Feb 08, 2022 1:13Xpander OmSuryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 23:45Mobilnya apa mbah?Raynard22 wrote: Mon Feb 07, 2022 20:26 Halo, Om2 semua ijin bertanya apakah sudah ada yang pernah pakai:
GT Radial Champiro Touring A/S
GT Radial Savero SUV
GT Radial Champiro Luxe
GT Radial Champiro BXT Pro
Kebetulan Dari ukuran ban yang saya mau pakai keempatnya lumayan murah. Pengennya sih lebih ke arah comfort. Mohon petunjuk![]()
sikat aja mana yg paling terjangkau.
both are designed for comfort.
tapi sizenya luxe, kayanya terbatas.
Last edited by Suryaputra on Tue Feb 08, 2022 2:24, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Serba Serbi Ban Part 3
banyak sopir truk yg bilang adp gampang benjol.Suryaputra wrote:Duraplus ini buat durability,babam20 wrote: Mon Feb 07, 2022 15:14jadi kualitasnya ADP2 diatas ATM2? atau harga ADP2 nya aja yang diatas ATM2, tapi kualitas tetap bagusan ATM2?TUFF Stough wrote: Mon Feb 07, 2022 14:44
atm2 justru lebih murah drpd adp.
cari aja toko online di kota yg bisa disamperin biar gak nambah ongkir. biasanya toko yg bisa didatangi pasang ongkir Rp0. harga yg tertera di toko online sudah termasuk ongkos pasang. kecuali ada disclaimer dari penjualnya kalau ongkos pasang tidak termasuk.
jangan lupa googling nama tokonya buat tahu reputasi di luar toko online.
jarak ke kota terbesar dari sini sekitar 670km![]()
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
tapi waktu aku pasang atm2 di otopac, ada sopir truk yg keheranan waktu aku isi kartu garansi.
atm2 kompon lebih empuk, waktu baru masang terasa ngegrip banget ama jalanan. malah terasa berat tarikannya. mungkin gak cocok buat gaya nyetir grasak-grusuk.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12549
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
emang ATM2 sm ADP2 beda karakter.TUFF Stough wrote: Tue Feb 08, 2022 1:33banyak sopir truk yg bilang adp gampang benjol.Suryaputra wrote:Duraplus ini buat durability,babam20 wrote: Mon Feb 07, 2022 15:14
jadi kualitasnya ADP2 diatas ATM2? atau harga ADP2 nya aja yang diatas ATM2, tapi kualitas tetap bagusan ATM2?
jarak ke kota terbesar dari sini sekitar 670km![]()
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
tapi waktu aku pasang atm2 di otopac, ada sopir truk yg keheranan waktu aku isi kartu garansi.
atm2 kompon lebih empuk, waktu baru masang terasa ngegrip banget ama jalanan. malah terasa berat tarikannya. mungkin gak cocok buat gaya nyetir grasak-grusuk.
yg satu buat ngirit bensin dan lama ganti ban nya dgn kompon keras.
cocok buat pickup atau mpv niaga.
yg satu gripnya mantap, kompon lbh lunak dan nyaman.
harga jg masuk akal lah.
tapi justru ini lbh aman, krn grip mantap jd buat selap selip atau ngerem ndadak lbh pede krn ngegigit ban nya.
klo ngincer daya tahan superr buat truck pickup sih the best ya BS duravis

itu rekomen toko2 ban loh yaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon Feb 22, 2016 7:57
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Terima kasih Om sarannyaSuryaputra wrote: Tue Feb 08, 2022 1:31antara champiro touring dan luxe.
sikat aja mana yg paling terjangkau.
both are designed for comfort.
tapi sizenya luxe, kayanya terbatas.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Mon Sep 27, 2021 3:11
Re: Serba Serbi Ban Part 3
ane pakai GT BXT Pro di roda depan ipah, untuk grip kyknya (kyknya loh, secara ane org awam) lebih enak dari Turanza AR20 tapi usia 2th lebih mulai somplak2. kalo kata tukang ban sih karena mobil maticRaynard22 wrote: Mon Feb 07, 2022 20:26 Halo, Om2 semua ijin bertanya apakah sudah ada yang pernah pakai:
GT Radial Champiro Touring A/S
GT Radial Savero SUV
GT Radial Champiro Luxe
GT Radial Champiro BXT Pro
Kebetulan Dari ukuran ban yang saya mau pakai keempatnya lumayan murah. Pengennya sih lebih ke arah comfort. Mohon petunjuk![]()
ane lagi bertapa disini cari wangsit buat pengganti ban belakang Dunlop D80 yang udah botak

nanti ane coba fotoin deh BXT Pro nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Mahal mungkin karena wilayahnya terlalu jauh jangkauannya, mahal di transportnya. ADP2 kelasnya ban eco tapi eco yang bagusan. Ban eco yg 2ply sidewall kayanya cuma ADP2 & XM2+ dengan ukuran sejenis. Pendahulunya ADP itu jenis ban asimetris, pas update ADP2 jadi ban simetrik (mungkin karna denger kemauan konsumen yg butuh ban durabilitas bagus dibuat 2ply sidewall & simetris, ban bisa dibolak balik facenya). Kebalikannya dengan ATM.. Dulu ATM ban simetris pas update ATM2 jadi ban asimetris. ATM dulunya ini ban keras dan beberapa kasus anyaman dinding bannya putus. Surpsingly di ATM2 improvenya banyak & saya puas pakai di new ertiga (naik 1 step 195/65 r15) sudah jalan 40rb km. Mau performa bagus ambil ATM2, mau durabilitas ambil ADP2. Harga masih lebih mahal ATM2.babam20 wrote: Mon Feb 07, 2022 8:47ternyata dimarih ga dijual GY ATM2 soalnya harganya kemahalanSuryaputra wrote: Sun Feb 06, 2022 14:58Sikat mbah.babam20 wrote: Sun Feb 06, 2022 14:54 hhmmm....
dipikir energy xm2 termasuk ban oke ternyata termasuk eco, sayangnya primacy 4 ga ada buat ipah 205/65/15
keliatannya gy atm2 bisa jadi pilihan nih
________________
Btw sy coba rangkum ban kelas eco / fuel saving usage, dr berbagai merk,
dan saya pribadi akan (klo gak terpaksa atau kepepet) avoid...
- Bridgestone Ecopia series
- Michelin Energy XM series
- Dunlop Enasave EC300 series
- Hankook Kinergy Eco
- Falken ZIEX 914 dan Sincera 832i (di LN disebut ecorun series)
- GT (GT radial) Champiro Eco
Dan ban merk lain, diperuntukkan untuk low rolling resistance / fuel saving technology.
Yg lain silahkan nambahin![]()
jualnya cuma GY ADP2 (650,000 blm nitro & balancing), garansinya juga sama 1 tahun krn kesalahan konsumen kecuali makan sebelah
kalo mnt mereka sih ADP2 itu sekelas dengan BS T005A, itu katanya lho
Continental CC6 termasuk ban eco juga kah?
kalo beli ban di market place itu aman ga ya secara ane belom pernah beli ban online
thanks,
CC6 termasuk ban eco.
Di indo usahakan jangan beli ban yg jadi oem bawaan mobil, harganya kadang diketok mahal karena mindset pengguna mobil kalau ban botak/rusak gantinya dengan ban merk& jenis yg sama.. Pabrikan ban supply ban oem ke produsen mobil itu dengan profit yg kecil sekali (istilhnya jual rugi), ambil marginnya itu nanti ketika konsumen ganti ban karna mayoritas taunya ganti bannya dengan oem bawaan.
Dari jaman ADP gampang benjol itu sebenernya sudah ada program worry free dari GY om jadi sebenernya bisa diklaim garansi, ini program dah lama banget. Dulu saya pakai brio punya kk pas parkir nginjek kaki besi plang parkiran, eh itu besinya tajem pas di tol sobek kecil di dinding ban (untung lubangnya langsung ngeluarin angin gak meletus).. Besok pagi infoin ke kk kalo ban bocor, eh dia bawa bannya ke kantor trus pulang2 bawa ban yang baru suruh pasang di tukang ban, ban lama masih ada tuh dirumah tapi bagian kode produksi bannya dipotong buat bukti klaim.TUFF Stough wrote: Tue Feb 08, 2022 1:33banyak sopir truk yg bilang adp gampang benjol.Suryaputra wrote:Duraplus ini buat durability,babam20 wrote: Mon Feb 07, 2022 15:14 jadi kualitasnya ADP2 diatas ATM2? atau harga ADP2 nya aja yang diatas ATM2, tapi kualitas tetap bagusan ATM2?
jarak ke kota terbesar dari sini sekitar 670km![]()
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
tapi waktu aku pasang atm2 di otopac, ada sopir truk yg keheranan waktu aku isi kartu garansi.
atm2 kompon lebih empuk, waktu baru masang terasa ngegrip banget ama jalanan. malah terasa berat tarikannya. mungkin gak cocok buat gaya nyetir grasak-grusuk.
Di ATM2 saya selalu pakai tekanan ban depan 37 belakang 36 (kondisi suhu panas pemakaian) monitor lewat tpms. Mungkin sesuaikan sama tekanan ban. Rumus buat cari tekanan ban yg sesuai itu setiap suhu ban +1°C tekanan ban akan + 0.17psi, begitu juga kebalikannya. Jadi kalau pakai patokan tekanan ban di label pintu mobil, inget itu dalam suhu ruang sekitar 27°C. Misal mau target tekanan ban 30psi, ya jangan isi angin di pom dengan tekanan 30psi ketika ban sudah dipakai jalan karna suhunya sudah naik.. Resikonya nanti di suhu ruang/suhu dingin itu ban tekanannya bisa 28psi.
Sekarang lagi musim hujan, ban gak perlu diturunin tekanan anginnya biar ngegrip. Karna suhu dingin itulah yg menurunkan tekanan ban dengan sendirinya.. Jadi mau panas atau dingin kondisi aspalnya, tekanan ban sudah menyesuaikan dengan sendirinya asal tekanan yg digunakan sudah benar. Kalau mau lebih akurat ya gunakan TPMS di bannya.. Hehe...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Mon Sep 27, 2021 3:11
Re: Serba Serbi Ban Part 3
wuuiihh....mantep banget penjelasannyawicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 5:01Mahal mungkin karena wilayahnya terlalu jauh jangkauannya, mahal di transportnya. ADP2 kelasnya ban eco tapi eco yang bagusan. Ban eco yg 2ply sidewall kayanya cuma ADP2 & XM2+ dengan ukuran sejenis. Pendahulunya ADP itu jenis ban asimetris, pas update ADP2 jadi ban simetrik (mungkin karna denger kemauan konsumen yg butuh ban durabilitas bagus dibuat 2ply sidewall & simetris, ban bisa dibolak balik facenya). Kebalikannya dengan ATM.. Dulu ATM ban simetris pas update ATM2 jadi ban asimetris. ATM dulunya ini ban keras dan beberapa kasus anyaman dinding bannya putus. Surpsingly di ATM2 improvenya banyak & saya puas pakai di new ertiga (naik 1 step 195/65 r15) sudah jalan 40rb km. Mau performa bagus ambil ATM2, mau durabilitas ambil ADP2. Harga masih lebih mahal ATM2.babam20 wrote: Mon Feb 07, 2022 8:47ternyata dimarih ga dijual GY ATM2 soalnya harganya kemahalanSuryaputra wrote: Sun Feb 06, 2022 14:58
Sikat mbah.
________________
Btw sy coba rangkum ban kelas eco / fuel saving usage, dr berbagai merk,
dan saya pribadi akan (klo gak terpaksa atau kepepet) avoid...
- Bridgestone Ecopia series
- Michelin Energy XM series
- Dunlop Enasave EC300 series
- Hankook Kinergy Eco
- Falken ZIEX 914 dan Sincera 832i (di LN disebut ecorun series)
- GT (GT radial) Champiro Eco
Dan ban merk lain, diperuntukkan untuk low rolling resistance / fuel saving technology.
Yg lain silahkan nambahin![]()
jualnya cuma GY ADP2 (650,000 blm nitro & balancing), garansinya juga sama 1 tahun krn kesalahan konsumen kecuali makan sebelah
kalo mnt mereka sih ADP2 itu sekelas dengan BS T005A, itu katanya lho
Continental CC6 termasuk ban eco juga kah?
kalo beli ban di market place itu aman ga ya secara ane belom pernah beli ban online
thanks,
CC6 termasuk ban eco.
Di indo usahakan jangan beli ban yg jadi oem bawaan mobil, harganya kadang diketok mahal karena mindset pengguna mobil kalau ban botak/rusak gantinya dengan ban merk& jenis yg sama.. Pabrikan ban supply ban oem ke produsen mobil itu dengan profit yg kecil sekali (istilhnya jual rugi), ambil marginnya itu nanti ketika konsumen ganti ban karna mayoritas taunya ganti bannya dengan oem bawaan.
Dari jaman ADP gampang benjol itu sebenernya sudah ada program worry free dari GY om jadi sebenernya bisa diklaim garansi, ini program dah lama banget. Dulu saya pakai brio punya kk pas parkir nginjek kaki besi plang parkiran, eh itu besinya tajem pas di tol sobek kecil di dinding ban (untung lubangnya langsung ngeluarin angin gak meletus).. Besok pagi infoin ke kk kalo ban bocor, eh dia bawa bannya ke kantor trus pulang2 bawa ban yang baru suruh pasang di tukang ban, ban lama masih ada tuh dirumah tapi bagian kode produksi bannya dipotong buat bukti klaim.TUFF Stough wrote: Tue Feb 08, 2022 1:33banyak sopir truk yg bilang adp gampang benjol.Suryaputra wrote:
Duraplus ini buat durability,
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
tapi waktu aku pasang atm2 di otopac, ada sopir truk yg keheranan waktu aku isi kartu garansi.
atm2 kompon lebih empuk, waktu baru masang terasa ngegrip banget ama jalanan. malah terasa berat tarikannya. mungkin gak cocok buat gaya nyetir grasak-grusuk.
Di ATM2 saya selalu pakai tekanan ban depan 37 belakang 36 (kondisi suhu panas pemakaian) monitor lewat tpms. Mungkin sesuaikan sama tekanan ban. Rumus buat cari tekanan ban yg sesuai itu setiap suhu ban +1°C tekanan ban akan + 0.17psi, begitu juga kebalikannya. Jadi kalau pakai patokan tekanan ban di label pintu mobil, inget itu dalam suhu ruang sekitar 27°C. Misal mau target tekanan ban 30psi, ya jangan isi angin di pom dengan tekanan 30psi ketika ban sudah dipakai jalan karna suhunya sudah naik.. Resikonya nanti di suhu ruang/suhu dingin itu ban tekanannya bisa 28psi.
Sekarang lagi musim hujan, ban gak perlu diturunin tekanan anginnya biar ngegrip. Karna suhu dingin itulah yg menurunkan tekanan ban dengan sendirinya.. Jadi mau panas atau dingin kondisi aspalnya, tekanan ban sudah menyesuaikan dengan sendirinya asal tekanan yg digunakan sudah benar. Kalau mau lebih akurat ya gunakan TPMS di bannya.. Hehe...

kalo GT GTX Pro punya pengalaman mbah?
Pengen tau ATM2 VS GTX Pro kira2 bagusan mana
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Belum pernah nyoba GTX pro om.. Sempet sebelumnya kepikiran mau pakai GTX pro dengan harga yg gak terlalu mahal dan masuk jenis high performace tire di webnya.. Selidik punya selidik ternyata dengan ukuran yang ada untuk R15 ertiga speed ratingnya masih dibawah ATM2, jadi batal deh beli ban itu.. GTX pro model ban directional, buat pembuangan airnya bagus diwaktu basah tapi kurangnya model directional itu suara ban pasti lebih berisik dibanding model asymetric. Rotasi ban juga hanya bisa switch depan belakang sama sisi.babam20 wrote: Tue Feb 08, 2022 8:36wuuiihh....mantep banget penjelasannyawicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 5:01Mahal mungkin karena wilayahnya terlalu jauh jangkauannya, mahal di transportnya. ADP2 kelasnya ban eco tapi eco yang bagusan. Ban eco yg 2ply sidewall kayanya cuma ADP2 & XM2+ dengan ukuran sejenis. Pendahulunya ADP itu jenis ban asimetris, pas update ADP2 jadi ban simetrik (mungkin karna denger kemauan konsumen yg butuh ban durabilitas bagus dibuat 2ply sidewall & simetris, ban bisa dibolak balik facenya). Kebalikannya dengan ATM.. Dulu ATM ban simetris pas update ATM2 jadi ban asimetris. ATM dulunya ini ban keras dan beberapa kasus anyaman dinding bannya putus. Surpsingly di ATM2 improvenya banyak & saya puas pakai di new ertiga (naik 1 step 195/65 r15) sudah jalan 40rb km. Mau performa bagus ambil ATM2, mau durabilitas ambil ADP2. Harga masih lebih mahal ATM2.babam20 wrote: Mon Feb 07, 2022 8:47
ternyata dimarih ga dijual GY ATM2 soalnya harganya kemahalan
jualnya cuma GY ADP2 (650,000 blm nitro & balancing), garansinya juga sama 1 tahun krn kesalahan konsumen kecuali makan sebelah
kalo mnt mereka sih ADP2 itu sekelas dengan BS T005A, itu katanya lho
Continental CC6 termasuk ban eco juga kah?
kalo beli ban di market place itu aman ga ya secara ane belom pernah beli ban online
thanks,
CC6 termasuk ban eco.
Di indo usahakan jangan beli ban yg jadi oem bawaan mobil, harganya kadang diketok mahal karena mindset pengguna mobil kalau ban botak/rusak gantinya dengan ban merk& jenis yg sama.. Pabrikan ban supply ban oem ke produsen mobil itu dengan profit yg kecil sekali (istilhnya jual rugi), ambil marginnya itu nanti ketika konsumen ganti ban karna mayoritas taunya ganti bannya dengan oem bawaan.
Dari jaman ADP gampang benjol itu sebenernya sudah ada program worry free dari GY om jadi sebenernya bisa diklaim garansi, ini program dah lama banget. Dulu saya pakai brio punya kk pas parkir nginjek kaki besi plang parkiran, eh itu besinya tajem pas di tol sobek kecil di dinding ban (untung lubangnya langsung ngeluarin angin gak meletus).. Besok pagi infoin ke kk kalo ban bocor, eh dia bawa bannya ke kantor trus pulang2 bawa ban yang baru suruh pasang di tukang ban, ban lama masih ada tuh dirumah tapi bagian kode produksi bannya dipotong buat bukti klaim.TUFF Stough wrote: Tue Feb 08, 2022 1:33
banyak sopir truk yg bilang adp gampang benjol.
tapi waktu aku pasang atm2 di otopac, ada sopir truk yg keheranan waktu aku isi kartu garansi.
atm2 kompon lebih empuk, waktu baru masang terasa ngegrip banget ama jalanan. malah terasa berat tarikannya. mungkin gak cocok buat gaya nyetir grasak-grusuk.
Di ATM2 saya selalu pakai tekanan ban depan 37 belakang 36 (kondisi suhu panas pemakaian) monitor lewat tpms. Mungkin sesuaikan sama tekanan ban. Rumus buat cari tekanan ban yg sesuai itu setiap suhu ban +1°C tekanan ban akan + 0.17psi, begitu juga kebalikannya. Jadi kalau pakai patokan tekanan ban di label pintu mobil, inget itu dalam suhu ruang sekitar 27°C. Misal mau target tekanan ban 30psi, ya jangan isi angin di pom dengan tekanan 30psi ketika ban sudah dipakai jalan karna suhunya sudah naik.. Resikonya nanti di suhu ruang/suhu dingin itu ban tekanannya bisa 28psi.
Sekarang lagi musim hujan, ban gak perlu diturunin tekanan anginnya biar ngegrip. Karna suhu dingin itulah yg menurunkan tekanan ban dengan sendirinya.. Jadi mau panas atau dingin kondisi aspalnya, tekanan ban sudah menyesuaikan dengan sendirinya asal tekanan yg digunakan sudah benar. Kalau mau lebih akurat ya gunakan TPMS di bannya.. Hehe...![]()
kalo GT GTX Pro punya pengalaman mbah?
Pengen tau ATM2 VS GTX Pro kira2 bagusan mana
Ban symetric poin plus dari durability
Ban asymetric poin plus dari silent, comfort, ban sapu jagad kering basah (sisi dalam untuk basah, sisi luar untuk handling aspal kering)
Ban directional poin plus di performa & buang air.
Kalau saya sendiri sih kalau bingung pilih ban yg mana.. Pasti liat perbandingan di awal itu speed indeks ban dengan ukuran yg sama mana lebih tinggi, kedua traction rating, treadwear terakhir. Cari aja ratingnya paling tinggi. Baru habis itu cek review di gugel. Biasanya di review luar bandinginnya sama produk michelin, mungkin kiblat ban bagus itu michelin.. Hehe...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12549
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
michelin klo liat review2 yg ada dan jd benchmark itu kelas:wicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 10:39Belum pernah nyoba GTX pro om.. Sempet sebelumnya kepikiran mau pakai GTX pro dengan harga yg gak terlalu mahal dan masuk jenis high performace tire di webnya.. Selidik punya selidik ternyata dengan ukuran yang ada untuk R15 ertiga speed ratingnya masih dibawah ATM2, jadi batal deh beli ban itu.. GTX pro model ban directional, buat pembuangan airnya bagus diwaktu basah tapi kurangnya model directional itu suara ban pasti lebih berisik dibanding model asymetric. Rotasi ban juga hanya bisa switch depan belakang sama sisi.babam20 wrote: Tue Feb 08, 2022 8:36wuuiihh....mantep banget penjelasannyawicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 5:01
Mahal mungkin karena wilayahnya terlalu jauh jangkauannya, mahal di transportnya. ADP2 kelasnya ban eco tapi eco yang bagusan. Ban eco yg 2ply sidewall kayanya cuma ADP2 & XM2+ dengan ukuran sejenis. Pendahulunya ADP itu jenis ban asimetris, pas update ADP2 jadi ban simetrik (mungkin karna denger kemauan konsumen yg butuh ban durabilitas bagus dibuat 2ply sidewall & simetris, ban bisa dibolak balik facenya). Kebalikannya dengan ATM.. Dulu ATM ban simetris pas update ATM2 jadi ban asimetris. ATM dulunya ini ban keras dan beberapa kasus anyaman dinding bannya putus. Surpsingly di ATM2 improvenya banyak & saya puas pakai di new ertiga (naik 1 step 195/65 r15) sudah jalan 40rb km. Mau performa bagus ambil ATM2, mau durabilitas ambil ADP2. Harga masih lebih mahal ATM2.
CC6 termasuk ban eco.
Di indo usahakan jangan beli ban yg jadi oem bawaan mobil, harganya kadang diketok mahal karena mindset pengguna mobil kalau ban botak/rusak gantinya dengan ban merk& jenis yg sama.. Pabrikan ban supply ban oem ke produsen mobil itu dengan profit yg kecil sekali (istilhnya jual rugi), ambil marginnya itu nanti ketika konsumen ganti ban karna mayoritas taunya ganti bannya dengan oem bawaan.
Dari jaman ADP gampang benjol itu sebenernya sudah ada program worry free dari GY om jadi sebenernya bisa diklaim garansi, ini program dah lama banget. Dulu saya pakai brio punya kk pas parkir nginjek kaki besi plang parkiran, eh itu besinya tajem pas di tol sobek kecil di dinding ban (untung lubangnya langsung ngeluarin angin gak meletus).. Besok pagi infoin ke kk kalo ban bocor, eh dia bawa bannya ke kantor trus pulang2 bawa ban yang baru suruh pasang di tukang ban, ban lama masih ada tuh dirumah tapi bagian kode produksi bannya dipotong buat bukti klaim.
Di ATM2 saya selalu pakai tekanan ban depan 37 belakang 36 (kondisi suhu panas pemakaian) monitor lewat tpms. Mungkin sesuaikan sama tekanan ban. Rumus buat cari tekanan ban yg sesuai itu setiap suhu ban +1°C tekanan ban akan + 0.17psi, begitu juga kebalikannya. Jadi kalau pakai patokan tekanan ban di label pintu mobil, inget itu dalam suhu ruang sekitar 27°C. Misal mau target tekanan ban 30psi, ya jangan isi angin di pom dengan tekanan 30psi ketika ban sudah dipakai jalan karna suhunya sudah naik.. Resikonya nanti di suhu ruang/suhu dingin itu ban tekanannya bisa 28psi.
Sekarang lagi musim hujan, ban gak perlu diturunin tekanan anginnya biar ngegrip. Karna suhu dingin itulah yg menurunkan tekanan ban dengan sendirinya.. Jadi mau panas atau dingin kondisi aspalnya, tekanan ban sudah menyesuaikan dengan sendirinya asal tekanan yg digunakan sudah benar. Kalau mau lebih akurat ya gunakan TPMS di bannya.. Hehe...![]()
kalo GT GTX Pro punya pengalaman mbah?
Pengen tau ATM2 VS GTX Pro kira2 bagusan mana
Ban symetric poin plus dari durability
Ban asymetric poin plus dari silent, comfort, ban sapu jagad kering basah (sisi dalam untuk basah, sisi luar untuk handling aspal kering)
Ban directional poin plus di performa & buang air.
Kalau saya sendiri sih kalau bingung pilih ban yg mana.. Pasti liat perbandingan di awal itu speed indeks ban dengan ukuran yg sama mana lebih tinggi, kedua traction rating, treadwear terakhir. Cari aja ratingnya paling tinggi. Baru habis itu cek review di gugel. Biasanya di review luar bandinginnya sama produk michelin, mungkin kiblat ban bagus itu michelin.. Hehe...
- primacy 4
- pilot sport 4 series
- dan latitude series (suv)
yah harga gak bohong yah
tapi klo energy xm2+ di harga segitu, brand lain offers more

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Mon Sep 27, 2021 3:11
Re: Serba Serbi Ban Part 3
babam20 wrote: Tue Feb 08, 2022 3:57ane pakai GT BXT Pro di roda depan ipah, untuk grip kyknya (kyknya loh, secara ane org awam) lebih enak dari Turanza AR20 tapi usia 2th lebih mulai somplak2. kalo kata tukang ban sih karena mobil maticRaynard22 wrote: Mon Feb 07, 2022 20:26 Halo, Om2 semua ijin bertanya apakah sudah ada yang pernah pakai:
GT Radial Champiro Touring A/S
GT Radial Savero SUV
GT Radial Champiro Luxe
GT Radial Champiro BXT Pro
Kebetulan Dari ukuran ban yang saya mau pakai keempatnya lumayan murah. Pengennya sih lebih ke arah comfort. Mohon petunjuk![]()
ane lagi bertapa disini cari wangsit buat pengganti ban belakang Dunlop D80 yang udah botak![]()
nanti ane coba fotoin deh BXT Pro nya

BXT Pro umur 2,5 tahun lebih, pemakaian dibawah 10,000KM, pasang di ipah matic bagian depan
banyak yang somplak2 dikit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12549
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Itu sering lewat jalan apa mbah?babam20 wrote: Wed Feb 09, 2022 2:43babam20 wrote: Tue Feb 08, 2022 3:57ane pakai GT BXT Pro di roda depan ipah, untuk grip kyknya (kyknya loh, secara ane org awam) lebih enak dari Turanza AR20 tapi usia 2th lebih mulai somplak2. kalo kata tukang ban sih karena mobil maticRaynard22 wrote: Mon Feb 07, 2022 20:26 Halo, Om2 semua ijin bertanya apakah sudah ada yang pernah pakai:
GT Radial Champiro Touring A/S
GT Radial Savero SUV
GT Radial Champiro Luxe
GT Radial Champiro BXT Pro
Kebetulan Dari ukuran ban yang saya mau pakai keempatnya lumayan murah. Pengennya sih lebih ke arah comfort. Mohon petunjuk![]()
ane lagi bertapa disini cari wangsit buat pengganti ban belakang Dunlop D80 yang udah botak![]()
nanti ane coba fotoin deh BXT Pro nya
BXT Pro umur 2,5 tahun lebih, pemakaian dibawah 10,000KM, pasang di ipah matic bagian depan
banyak yang somplak2 dikit
Sy selama pakai dunlop oem aja gak prnh gtu.
Paling sekali ajah benjol

Medannya bandung jakarta bekasi lembang garut subang cianjur.
Yah naik turun bukit lah dan tol cipularang lah.
Sesekali transjawabahn
Wkwkwkw.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Mon Sep 27, 2021 3:11
Re: Serba Serbi Ban Part 3
bisa dibilang 90% jalan aspal mbah, makanya kaget juga waktu pertama kali liatSuryaputra wrote: Wed Feb 09, 2022 3:14Itu sering lewat jalan apa mbah?babam20 wrote: Wed Feb 09, 2022 2:43babam20 wrote: Tue Feb 08, 2022 3:57
ane pakai GT BXT Pro di roda depan ipah, untuk grip kyknya (kyknya loh, secara ane org awam) lebih enak dari Turanza AR20 tapi usia 2th lebih mulai somplak2. kalo kata tukang ban sih karena mobil matic
ane lagi bertapa disini cari wangsit buat pengganti ban belakang Dunlop D80 yang udah botak![]()
nanti ane coba fotoin deh BXT Pro nya
BXT Pro umur 2,5 tahun lebih, pemakaian dibawah 10,000KM, pasang di ipah matic bagian depan
banyak yang somplak2 dikit
Sy selama pakai dunlop oem aja gak prnh gtu.
Paling sekali ajah benjol![]()
Medannya bandung jakarta bekasi lembang garut subang cianjur.
Yah naik turun bukit lah dan tol cipularang lah.
Sesekali transjawabahn
Wkwkwkw.
kayak getas gitu karetnya, keras tapi gampang somplak
mungkin ga karena sering kejemur kena panas karena parkiran ktr ga ada canopynya?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12549
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Klo sering kejemur harusnya rusak di bbrp sisi aja di bagian karet ban kontak ke aspal.babam20 wrote: Wed Feb 09, 2022 3:48bisa dibilang 90% jalan aspal mbah, makanya kaget juga waktu pertama kali liatSuryaputra wrote: Wed Feb 09, 2022 3:14Itu sering lewat jalan apa mbah?babam20 wrote: Wed Feb 09, 2022 2:43
BXT Pro umur 2,5 tahun lebih, pemakaian dibawah 10,000KM, pasang di ipah matic bagian depan
banyak yang somplak2 dikit
Sy selama pakai dunlop oem aja gak prnh gtu.
Paling sekali ajah benjol![]()
Medannya bandung jakarta bekasi lembang garut subang cianjur.
Yah naik turun bukit lah dan tol cipularang lah.
Sesekali transjawabahn
Wkwkwkw.
kayak getas gitu karetnya, keras tapi gampang somplak
mungkin ga karena sering kejemur kena panas karena parkiran ktr ga ada canopynya?
Kyk case ban gak rata krn sering jd garage queen.

No wonder model ini udh gak diproduksi / gak ada suksesor, klo lihat official web nya GT radial.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kok ada Kinergy eco, Falken. sama sincera om?Suryaputra wrote: Sun Feb 06, 2022 14:58![]()
Sikat mbah.
________________
Btw sy coba rangkum ban kelas eco / fuel saving usage, dr berbagai merk,
dan saya pribadi akan (klo gak terpaksa atau kepepet) avoid...
- Bridgestone Ecopia series
- Michelin Energy XM series
- Dunlop Enasave EC300 series
- Hankook Kinergy Eco
- Falken ZIEX 914 dan Sincera 832i (di LN disebut ecorun series)
- GT (GT radial) Champiro Eco
Dan ban merk lain, diperuntukkan untuk low rolling resistance / fuel saving technology.
Yg lain silahkan nambahin![]()
hampir pilih Kinergy karena pernah pake optimo 235/70 lumayan empuk,
atau Falken/sincera gara2 reviewnya bagus2 juga..
tapi berpaling ke ADP2 coz lebih murah dari 3 opsi itu + ada garansi
ganti 4 pcs sih

paling ga setaon agak tenang

Waalah, ane pake ADP2 bwt papanjah, kota2 aja...Suryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 16:11 Duraplus ini buat durability,
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
kalo dari info ini, kurang pas kalo nyari comfort yah, cuman plus di durability...
secara 1tahun paling +/- 7000 km, hehehehe
dua bulan kemaren malah 500an km..
kalo empuk sih masih tolerable, ntar2 nyoba ATM dah,
tapi yang 185/70/14 ga ada, adanya 195...

cuma pas om ane liat, kok milih GY?
dibilang bahannya kurang bagus, terus gampang benjol, getas/karet mudah keras, mending dunlop..
ane bilang, incer LM705, tapi ga ada garansi, overbudget pulak, diem dah...wkwkwk
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12549
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Di indo ini jalannya ngeri.suketcell wrote: Wed Feb 09, 2022 8:38Kok ada Kinergy eco, Falken. sama sincera om?Suryaputra wrote: Sun Feb 06, 2022 14:58![]()
Sikat mbah.
________________
Btw sy coba rangkum ban kelas eco / fuel saving usage, dr berbagai merk,
dan saya pribadi akan (klo gak terpaksa atau kepepet) avoid...
- Bridgestone Ecopia series
- Michelin Energy XM series
- Dunlop Enasave EC300 series
- Hankook Kinergy Eco
- Falken ZIEX 914 dan Sincera 832i (di LN disebut ecorun series)
- GT (GT radial) Champiro Eco
Dan ban merk lain, diperuntukkan untuk low rolling resistance / fuel saving technology.
Yg lain silahkan nambahin![]()
hampir pilih Kinergy karena pernah pake optimo 235/70 lumayan empuk,
atau Falken/sincera gara2 reviewnya bagus2 juga..
tapi berpaling ke ADP2 coz lebih murah dari 3 opsi itu + ada garansi
ganti 4 pcs sih![]()
paling ga setaon agak tenang![]()
Waalah, ane pake ADP2 bwt papanjah, kota2 aja...Suryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 16:11 Duraplus ini buat durability,
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
kalo dari info ini, kurang pas kalo nyari comfort yah, cuman plus di durability...
secara 1tahun paling +/- 7000 km, hehehehe
dua bulan kemaren malah 500an km..
kalo empuk sih masih tolerable, ntar2 nyoba ATM dah,
tapi yang 185/70/14 ga ada, adanya 195...
![]()
cuma pas om ane liat, kok milih GY?
dibilang bahannya kurang bagus, terus gampang benjol, getas/karet mudah keras, mending dunlop..
ane bilang, incer LM705, tapi ga ada garansi, overbudget pulak, diem dah...wkwkwk
Lobang dan pinggiran2nya suka ada tajam2nya
Benjol dan sobek itu gak bs diperbaiki, bisanya diganti.
Ngebayangin.. jika.. pakai ban bagus2, mahal, trus kena lobang sobek
Rasanya spt duit disayat2

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Image jeleknya GY emang masih kebawa yah sampai skrng.. Hahaha... Emang itu ban didesain di eropa dibuat di indo, mungkin sebelum2nya bener2 pakai kondisi di eropa sono yg gak terlalu ekstrim kaya jalan di indo makanya banyak masalah.. Tapi ADP2 udh much better, ya jangan berharap banyak sama ban eco selain durability.suketcell wrote: Wed Feb 09, 2022 8:38Kok ada Kinergy eco, Falken. sama sincera om?Suryaputra wrote: Sun Feb 06, 2022 14:58![]()
Sikat mbah.
________________
Btw sy coba rangkum ban kelas eco / fuel saving usage, dr berbagai merk,
dan saya pribadi akan (klo gak terpaksa atau kepepet) avoid...
- Bridgestone Ecopia series
- Michelin Energy XM series
- Dunlop Enasave EC300 series
- Hankook Kinergy Eco
- Falken ZIEX 914 dan Sincera 832i (di LN disebut ecorun series)
- GT (GT radial) Champiro Eco
Dan ban merk lain, diperuntukkan untuk low rolling resistance / fuel saving technology.
Yg lain silahkan nambahin![]()
hampir pilih Kinergy karena pernah pake optimo 235/70 lumayan empuk,
atau Falken/sincera gara2 reviewnya bagus2 juga..
tapi berpaling ke ADP2 coz lebih murah dari 3 opsi itu + ada garansi
ganti 4 pcs sih![]()
paling ga setaon agak tenang![]()
Waalah, ane pake ADP2 bwt papanjah, kota2 aja...Suryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 16:11 Duraplus ini buat durability,
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
kalo dari info ini, kurang pas kalo nyari comfort yah, cuman plus di durability...
secara 1tahun paling +/- 7000 km, hehehehe
dua bulan kemaren malah 500an km..
kalo empuk sih masih tolerable, ntar2 nyoba ATM dah,
tapi yang 185/70/14 ga ada, adanya 195...
![]()
cuma pas om ane liat, kok milih GY?
dibilang bahannya kurang bagus, terus gampang benjol, getas/karet mudah keras, mending dunlop..
ane bilang, incer LM705, tapi ga ada garansi, overbudget pulak, diem dah...wkwkwk
Btw ini ban ATM2 kondisi udah 90rb km dalam 9 bulan.. Wkwkwkwk... Di malay, udh thn 2019 ban ini direview..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12549
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
gilak, udh nyentuh TWI ituwicaksono99 wrote: Wed Feb 09, 2022 10:53Image jeleknya GY emang masih kebawa yah sampai skrng.. Hahaha... Emang itu ban didesain di eropa dibuat di indo, mungkin sebelum2nya bener2 pakai kondisi di eropa sono yg gak terlalu ekstrim kaya jalan di indo makanya banyak masalah.. Tapi ADP2 udh much better, ya jangan berharap banyak sama ban eco selain durability.suketcell wrote: Wed Feb 09, 2022 8:38Kok ada Kinergy eco, Falken. sama sincera om?Suryaputra wrote: Sun Feb 06, 2022 14:58![]()
Sikat mbah.
________________
Btw sy coba rangkum ban kelas eco / fuel saving usage, dr berbagai merk,
dan saya pribadi akan (klo gak terpaksa atau kepepet) avoid...
- Bridgestone Ecopia series
- Michelin Energy XM series
- Dunlop Enasave EC300 series
- Hankook Kinergy Eco
- Falken ZIEX 914 dan Sincera 832i (di LN disebut ecorun series)
- GT (GT radial) Champiro Eco
Dan ban merk lain, diperuntukkan untuk low rolling resistance / fuel saving technology.
Yg lain silahkan nambahin![]()
hampir pilih Kinergy karena pernah pake optimo 235/70 lumayan empuk,
atau Falken/sincera gara2 reviewnya bagus2 juga..
tapi berpaling ke ADP2 coz lebih murah dari 3 opsi itu + ada garansi
ganti 4 pcs sih![]()
paling ga setaon agak tenang![]()
Waalah, ane pake ADP2 bwt papanjah, kota2 aja...Suryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 16:11 Duraplus ini buat durability,
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
kalo dari info ini, kurang pas kalo nyari comfort yah, cuman plus di durability...
secara 1tahun paling +/- 7000 km, hehehehe
dua bulan kemaren malah 500an km..
kalo empuk sih masih tolerable, ntar2 nyoba ATM dah,
tapi yang 185/70/14 ga ada, adanya 195...
![]()
cuma pas om ane liat, kok milih GY?
dibilang bahannya kurang bagus, terus gampang benjol, getas/karet mudah keras, mending dunlop..
ane bilang, incer LM705, tapi ga ada garansi, overbudget pulak, diem dah...wkwkwk
Btw ini ban ATM2 kondisi udah 90rb km dalam 9 bulan.. Wkwkwkwk... Di malay, udh thn 2019 ban ini direview..
Screenshot_20220209-174614.jpg

sy sisa 2-3mm dari TWI aja dah ngada2in budget buat ganti, bahaya resiko hydroplaning.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12549
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Batas Max Kecepatan Aman untuk menghindari hydroplaning
Sekitar 45 Mph / 72 kph
ini simulasi ban dgn kualitas generik
Sekitar 45 Mph / 72 kph

ini simulasi ban dgn kualitas generik
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Serba Serbi Ban Part 3
FYI ecopia size 195/60/16 sidewallnya uda 2plywicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 5:01Mahal mungkin karena wilayahnya terlalu jauh jangkauannya, mahal di transportnya. ADP2 kelasnya ban eco tapi eco yang bagusan. Ban eco yg 2ply sidewall kayanya cuma ADP2 & XM2+ dengan ukuran sejenis. Pendahulunya ADP itu jenis ban asimetris, pas update ADP2 jadi ban simetrik (mungkin karna denger kemauan konsumen yg butuh ban durabilitas bagus dibuat 2ply sidewall & simetris, ban bisa dibolak balik facenya). Kebalikannya dengan ATM.. Dulu ATM ban simetris pas update ATM2 jadi ban asimetris. ATM dulunya ini ban keras dan beberapa kasus anyaman dinding bannya putus. Surpsingly di ATM2 improvenya banyak & saya puas pakai di new ertiga (naik 1 step 195/65 r15) sudah jalan 40rb km. Mau performa bagus ambil ATM2, mau durabilitas ambil ADP2. Harga masih lebih mahal ATM2.babam20 wrote: Mon Feb 07, 2022 8:47ternyata dimarih ga dijual GY ATM2 soalnya harganya kemahalanSuryaputra wrote: Sun Feb 06, 2022 14:58
Sikat mbah.
________________
Btw sy coba rangkum ban kelas eco / fuel saving usage, dr berbagai merk,
dan saya pribadi akan (klo gak terpaksa atau kepepet) avoid...
- Bridgestone Ecopia series
- Michelin Energy XM series
- Dunlop Enasave EC300 series
- Hankook Kinergy Eco
- Falken ZIEX 914 dan Sincera 832i (di LN disebut ecorun series)
- GT (GT radial) Champiro Eco
Dan ban merk lain, diperuntukkan untuk low rolling resistance / fuel saving technology.
Yg lain silahkan nambahin![]()
jualnya cuma GY ADP2 (650,000 blm nitro & balancing), garansinya juga sama 1 tahun krn kesalahan konsumen kecuali makan sebelah
kalo mnt mereka sih ADP2 itu sekelas dengan BS T005A, itu katanya lho
Continental CC6 termasuk ban eco juga kah?
kalo beli ban di market place itu aman ga ya secara ane belom pernah beli ban online
thanks,
CC6 termasuk ban eco.
Di indo usahakan jangan beli ban yg jadi oem bawaan mobil, harganya kadang diketok mahal karena mindset pengguna mobil kalau ban botak/rusak gantinya dengan ban merk& jenis yg sama.. Pabrikan ban supply ban oem ke produsen mobil itu dengan profit yg kecil sekali (istilhnya jual rugi), ambil marginnya itu nanti ketika konsumen ganti ban karna mayoritas taunya ganti bannya dengan oem bawaan.
Dari jaman ADP gampang benjol itu sebenernya sudah ada program worry free dari GY om jadi sebenernya bisa diklaim garansi, ini program dah lama banget. Dulu saya pakai brio punya kk pas parkir nginjek kaki besi plang parkiran, eh itu besinya tajem pas di tol sobek kecil di dinding ban (untung lubangnya langsung ngeluarin angin gak meletus).. Besok pagi infoin ke kk kalo ban bocor, eh dia bawa bannya ke kantor trus pulang2 bawa ban yang baru suruh pasang di tukang ban, ban lama masih ada tuh dirumah tapi bagian kode produksi bannya dipotong buat bukti klaim.TUFF Stough wrote: Tue Feb 08, 2022 1:33banyak sopir truk yg bilang adp gampang benjol.Suryaputra wrote:
Duraplus ini buat durability,
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.
Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.
Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
tapi waktu aku pasang atm2 di otopac, ada sopir truk yg keheranan waktu aku isi kartu garansi.
atm2 kompon lebih empuk, waktu baru masang terasa ngegrip banget ama jalanan. malah terasa berat tarikannya. mungkin gak cocok buat gaya nyetir grasak-grusuk.
Di ATM2 saya selalu pakai tekanan ban depan 37 belakang 36 (kondisi suhu panas pemakaian) monitor lewat tpms. Mungkin sesuaikan sama tekanan ban. Rumus buat cari tekanan ban yg sesuai itu setiap suhu ban +1°C tekanan ban akan + 0.17psi, begitu juga kebalikannya. Jadi kalau pakai patokan tekanan ban di label pintu mobil, inget itu dalam suhu ruang sekitar 27°C. Misal mau target tekanan ban 30psi, ya jangan isi angin di pom dengan tekanan 30psi ketika ban sudah dipakai jalan karna suhunya sudah naik.. Resikonya nanti di suhu ruang/suhu dingin itu ban tekanannya bisa 28psi.
Sekarang lagi musim hujan, ban gak perlu diturunin tekanan anginnya biar ngegrip. Karna suhu dingin itulah yg menurunkan tekanan ban dengan sendirinya.. Jadi mau panas atau dingin kondisi aspalnya, tekanan ban sudah menyesuaikan dengan sendirinya asal tekanan yg digunakan sudah benar. Kalau mau lebih akurat ya gunakan TPMS di bannya.. Hehe...
Sy barusan ganti di all new ertiga, velg di upsize ke ring 16
Agak nyesel jg baru baca thread ini setelah ganti ban, padahal awalnya ditawarin GY (lupa serinya), tp krn mikir pengen naik kelas dr enasave & keterbatasan budget, malah ambil ecopia
Btw yg ane notice ya, knp ecopia bawaan mobil (di xp) feel drivingnya beda dgn yg ane pasang di ertiga. Di xp ecopia ini rasanya keras kek batu (nitro 32psi) dan berisik bgt waktu lewat java autobahn. Kebalik rasanya pas dipasang di all new ertiga (nitro 32psi), lebih hening & lewatin speed trap di tol nggak kerasa (beda dgn enasave yg kerasa bgt)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Baca2 di sini jadi tertarik sama GY ATM2.
Cuma beneran susah ys cari barangnya. Liat di website GY, kota besar kaya Bandung aja ga ada distributor yg di tengah kota.
Cuma beneran susah ys cari barangnya. Liat di website GY, kota besar kaya Bandung aja ga ada distributor yg di tengah kota.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Mon Sep 27, 2021 3:11
Re: Serba Serbi Ban Part 3
beli online aja mbah...forzanetti wrote: Thu Feb 10, 2022 0:00 Baca2 di sini jadi tertarik sama GY ATM2.
Cuma beneran susah ys cari barangnya. Liat di website GY, kota besar kaya Bandung aja ga ada distributor yg di tengah kota.
ane aja tertarik beli online demi dapet ban bagus

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Apr 05, 2007 10:13
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Bener mbah saya juga jadinya order online setelah menyimak cerita rekan2 disini. Karena di tempat saya (Denpasar) juga susah stocknya akhirnya beli online via toko ijo. Awalnya consider cari LM705 atau CC6 tapi setelah dihitung2 (termasuk ongkir juga) masih lebih value si ATM2 ini. Dan akhirnya puas karena impresi awal sangat positif dibanding ban yang digantikan (Primacy 3ST ), terasa lebih hening sedikit dan nyaman padahal awalnya ngga berharap banyak (mungkin karena Primacy nya dah deket TWI) belum tau untuk jangka panjangnya, semoga tetep hening dan nyaman. Juga belum tau performancenya saat hujan karena stelah dipasang belum hujan2 lagi. BTW GY ATM2 nya dipasang di Honda BRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Serba Serbi Ban Part 3
setuju dengan ini, saya pake XM2 di mobilio udah 3tahun lebih 35rb km, puas banget.rakyatwkwkland wrote: Mon Feb 07, 2022 9:20Ane pake xm2, emg kalo dari serinya sih termasuk seri ban eco2nya micin ya. Cmn kayanya kalo mau disejajarkan dgn ban eco2 murmer lain let say enasave dan ecopia, agak kurang tepat juga kalo kata ane. Pengalaman pakai di ertiga, dibanding enasave bawaan emg berasa agak naik kelas sih. Lebih senyap lumayan banyak, grip jg berasa lebih bagus. Tapi kalo dibanding dgn yg kelas premium summer touring seharga seperti turanza, LM705, dll, yah no komen soalnya ane belon pernah pake.babam20 wrote: Sun Feb 06, 2022 14:54 hhmmm....
dipikir energy xm2 termasuk ban oke ternyata termasuk eco, sayangnya primacy 4 ga ada buat ipah 205/65/15
keliatannya gy atm2 bisa jadi pilihan nih
Cuman pernah waktu ane nanya2 di sini, baca sharing dari salah satu SMers yg kebetulan katanya pernah make turanza t005a dan micin xm2+, menurut ybs katanya yaa... emg lebih patut disejajarkan dgn t005a ya. Menangnya xm2+ ini dari turanza katanya ybs lebih ke kesenyapan dan keempukan aja, turanza lebih keras sikit mungkin biar lebih battle proven di jalanan indo yg maha jahanam ini. Makanya akhirnya ane memantapkan diri ambil xm2+ karena waktu itu budget sampe turanza, tapi toko di daerah ane jual turanza size 185/65 R15 pada mahal2 euy, kisaran 950 - 1 jt. Malah ane ketemu ada toko yg jual xm2+ cmn 875, yaudah akhirnya ga pake lama sikat xm2+ ajah.
Tapi itu katanya lhoo ya, bukan kata ane. Ane cmn bisa bandingin xm2+ dgn enasave dan ecopia doang soalnya cmn pernah pake itu![]()
Lio gw ride quality meningkat sangat2 jauh.
Empuk, stabil, jauh lbh senyap.
micin emg ga salah sih.
so far durability jg aman, blm pernah kena paku sejauh ini.
tp memang wear nya ga sekuat Dunlop SP300.
---------
kena berapaan om GY ATM?Suryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 23:44sekondel wrote: Mon Feb 07, 2022 22:08Wah samaan, ane pake GY ATM juga di mobilio.. So far cukup puas kalo di bandingkan price vs performanya.. Joss benerSuryaputra wrote: Fri Feb 04, 2022 3:19 GY ATM2 klo diendorse sm fitra, bisa naek lg harganya.
Diendorse sm suhu SM yg beneran aja udh naik 100rb
Wkwkwkkwkw.
Sy jg pakai GY ATM2 di lio, puassss.
Gak nyesel beli.![]()
Ride quality naik jauh?
oh iya ya harga ban endorsean pada naik, abis ngecek LM705 kok naik 50 - 100rb vs tahun lalu.
taun lalu ambil LM705 215 60 17 di 865k skrg 920k. tergiur dengan harganya.
trus sempet ngecek alenza vs enasave 215 60 17, 1.1jt vs 750k.
buset yg rush dapet enasave agak suek ya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Tidak usah disesalkan om.. Mana itu ban eco lama abisnya yah.. Mungkin karna new ertiga emang karakter suspensinya pas sih.black2345 wrote: Wed Feb 09, 2022 22:42FYI ecopia size 195/60/16 sidewallnya uda 2plywicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 5:01Mahal mungkin karena wilayahnya terlalu jauh jangkauannya, mahal di transportnya. ADP2 kelasnya ban eco tapi eco yang bagusan. Ban eco yg 2ply sidewall kayanya cuma ADP2 & XM2+ dengan ukuran sejenis. Pendahulunya ADP itu jenis ban asimetris, pas update ADP2 jadi ban simetrik (mungkin karna denger kemauan konsumen yg butuh ban durabilitas bagus dibuat 2ply sidewall & simetris, ban bisa dibolak balik facenya). Kebalikannya dengan ATM.. Dulu ATM ban simetris pas update ATM2 jadi ban asimetris. ATM dulunya ini ban keras dan beberapa kasus anyaman dinding bannya putus. Surpsingly di ATM2 improvenya banyak & saya puas pakai di new ertiga (naik 1 step 195/65 r15) sudah jalan 40rb km. Mau performa bagus ambil ATM2, mau durabilitas ambil ADP2. Harga masih lebih mahal ATM2.babam20 wrote: Mon Feb 07, 2022 8:47
ternyata dimarih ga dijual GY ATM2 soalnya harganya kemahalan
jualnya cuma GY ADP2 (650,000 blm nitro & balancing), garansinya juga sama 1 tahun krn kesalahan konsumen kecuali makan sebelah
kalo mnt mereka sih ADP2 itu sekelas dengan BS T005A, itu katanya lho
Continental CC6 termasuk ban eco juga kah?
kalo beli ban di market place itu aman ga ya secara ane belom pernah beli ban online
thanks,
CC6 termasuk ban eco.
Di indo usahakan jangan beli ban yg jadi oem bawaan mobil, harganya kadang diketok mahal karena mindset pengguna mobil kalau ban botak/rusak gantinya dengan ban merk& jenis yg sama.. Pabrikan ban supply ban oem ke produsen mobil itu dengan profit yg kecil sekali (istilhnya jual rugi), ambil marginnya itu nanti ketika konsumen ganti ban karna mayoritas taunya ganti bannya dengan oem bawaan.
Dari jaman ADP gampang benjol itu sebenernya sudah ada program worry free dari GY om jadi sebenernya bisa diklaim garansi, ini program dah lama banget. Dulu saya pakai brio punya kk pas parkir nginjek kaki besi plang parkiran, eh itu besinya tajem pas di tol sobek kecil di dinding ban (untung lubangnya langsung ngeluarin angin gak meletus).. Besok pagi infoin ke kk kalo ban bocor, eh dia bawa bannya ke kantor trus pulang2 bawa ban yang baru suruh pasang di tukang ban, ban lama masih ada tuh dirumah tapi bagian kode produksi bannya dipotong buat bukti klaim.TUFF Stough wrote: Tue Feb 08, 2022 1:33
banyak sopir truk yg bilang adp gampang benjol.
tapi waktu aku pasang atm2 di otopac, ada sopir truk yg keheranan waktu aku isi kartu garansi.
atm2 kompon lebih empuk, waktu baru masang terasa ngegrip banget ama jalanan. malah terasa berat tarikannya. mungkin gak cocok buat gaya nyetir grasak-grusuk.
Di ATM2 saya selalu pakai tekanan ban depan 37 belakang 36 (kondisi suhu panas pemakaian) monitor lewat tpms. Mungkin sesuaikan sama tekanan ban. Rumus buat cari tekanan ban yg sesuai itu setiap suhu ban +1°C tekanan ban akan + 0.17psi, begitu juga kebalikannya. Jadi kalau pakai patokan tekanan ban di label pintu mobil, inget itu dalam suhu ruang sekitar 27°C. Misal mau target tekanan ban 30psi, ya jangan isi angin di pom dengan tekanan 30psi ketika ban sudah dipakai jalan karna suhunya sudah naik.. Resikonya nanti di suhu ruang/suhu dingin itu ban tekanannya bisa 28psi.
Sekarang lagi musim hujan, ban gak perlu diturunin tekanan anginnya biar ngegrip. Karna suhu dingin itulah yg menurunkan tekanan ban dengan sendirinya.. Jadi mau panas atau dingin kondisi aspalnya, tekanan ban sudah menyesuaikan dengan sendirinya asal tekanan yg digunakan sudah benar. Kalau mau lebih akurat ya gunakan TPMS di bannya.. Hehe...
Sy barusan ganti di all new ertiga, velg di upsize ke ring 16
Agak nyesel jg baru baca thread ini setelah ganti ban, padahal awalnya ditawarin GY (lupa serinya), tp krn mikir pengen naik kelas dr enasave & keterbatasan budget, malah ambil ecopia
Btw yg ane notice ya, knp ecopia bawaan mobil (di xp) feel drivingnya beda dgn yg ane pasang di ertiga. Di xp ecopia ini rasanya keras kek batu (nitro 32psi) dan berisik bgt waktu lewat java autobahn. Kebalik rasanya pas dipasang di all new ertiga (nitro 32psi), lebih hening & lewatin speed trap di tol nggak kerasa (beda dgn enasave yg kerasa bgt)
Yah memang harus geser ke pinggiran kali om.. Maklum GY marketingnya ga gencar kaya merk lain.forzanetti wrote: Thu Feb 10, 2022 0:00 Baca2 di sini jadi tertarik sama GY ATM2.
Cuma beneran susah ys cari barangnya. Liat di website GY, kota besar kaya Bandung aja ga ada distributor yg di tengah kota.
Online memang paling best deal untuk saat ini, yg penting dapet kartu garansinya. Enaknya biasanya harga sudah include pasang + balancing.babam20 wrote: Thu Feb 10, 2022 2:55beli online aja mbah...forzanetti wrote: Thu Feb 10, 2022 0:00 Baca2 di sini jadi tertarik sama GY ATM2.
Cuma beneran susah ys cari barangnya. Liat di website GY, kota besar kaya Bandung aja ga ada distributor yg di tengah kota.
ane aja tertarik beli online demi dapet ban bagus![]()
Saya dapet GY juga numpang ke kantor kk, mampir ke koperasi bayar bannya, terus ambil digudang.. Dapet bannya umur produksi 1 minggu sebelumnya.. Bannya aja blom ada tempelan stiker (harga memang miring tapi tetep keluar duit lagi buat pasang + balancing ya ujung2nya sama aja sih cuma dapet umur ban fresh).. Skrng ban dah 40rb km belom juga genap 1 thn umurnya tp masih bagus performanya. Wkwkwkwk...
Kebalikan sama abang saya yg satunya ditawarin GY kaga mau, kapok katanya gampang benjol/getas mending BS... Dan skrng pakenya BS potenza di splash
Memang ban itu preferensi masing2, suka di satu merk silahkan.. Yg suka coba2 tapi takut beli kucing dalam karung ya cari2 review terutama bagi yg punya budget pas2an.
Mantap om...ekokw wrote: Thu Feb 10, 2022 3:53 Bener mbah saya juga jadinya order online setelah menyimak cerita rekan2 disini. Karena di tempat saya (Denpasar) juga susah stocknya akhirnya beli online via toko ijo. Awalnya consider cari LM705 atau CC6 tapi setelah dihitung2 (termasuk ongkir juga) masih lebih value si ATM2 ini. Dan akhirnya puas karena impresi awal sangat positif dibanding ban yang digantikan (Primacy 3ST ), terasa lebih hening sedikit dan nyaman padahal awalnya ngga berharap banyak (mungkin karena Primacy nya dah deket TWI) belum tau untuk jangka panjangnya, semoga tetep hening dan nyaman. Juga belum tau performancenya saat hujan karena stelah dipasang belum hujan2 lagi. BTW GY ATM2 nya dipasang di Honda BRV