Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

Habis ganti oli matic cvt buat brio setrika rs, dari sebelumnya HCF2 yg udah jalan 12rb km, ke shell spirax cvt x
Sekalian ganti olmes dari fastron eco green 0w20 yg uda jalan 5200km ke shell helix eco plus 0w20

Rasanya dari mesin sama aja, hanya lebih halus suaranya
Tapi untuk cvt nya, terasa lumayan signifikan perbedaannya
HCF2 sebelumnya klo buat spirited driving berasa banget melarnya, dan lock up lebih lambat
Ini pake shell cvt x rasanya lock up cepet banget, dan efek melarnya tidak seluas HCF, gas agak dalam naiknya speed jga cepet euy

Visco HCF kurang tau sih standarnya berapa, tapi mungkin kisaran 7cst
Klo shell cvt x di 6.2cst, lebih encer shell ternyata
Mungkin supaya bisa wide range hingga cvt2 baru yg ngejar efisiensi seperti CVT FE di toyota sama NS3 di nissan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

ariswp wrote: Tue Nov 19, 2024 6:43 Habis ganti oli matic cvt buat brio setrika rs, dari sebelumnya HCF2 yg udah jalan 12rb km, ke shell spirax cvt x
Sekalian ganti olmes dari fastron eco green 0w20 yg uda jalan 5200km ke shell helix eco plus 0w20

Rasanya dari mesin sama aja, hanya lebih halus suaranya
Tapi untuk cvt nya, terasa lumayan signifikan perbedaannya
HCF2 sebelumnya klo buat spirited driving berasa banget melarnya, dan lock up lebih lambat
Ini pake shell cvt x rasanya lock up cepet banget, dan efek melarnya tidak seluas HCF, gas agak dalam naiknya speed jga cepet euy

Visco HCF kurang tau sih standarnya berapa, tapi mungkin kisaran 7cst
Klo shell cvt x di 6.2cst, lebih encer shell ternyata
Mungkin supaya bisa wide range hingga cvt2 baru yg ngejar efisiensi seperti CVT FE di toyota sama NS3 di nissan
efek rubber band maksud melarnya itu Om?
Kalo di saya malah terbalik yah, AN Veloz kan bawaannya toyota cvtfe ( v100 below 6? ), begitu saya drain and refill 3 liter dengan q8 CVT Evo ( v100 cst 7 ) malah lebih kurnag terasa efek rubber bandnya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kunaskun »

feri307 wrote: Tue Nov 12, 2024 11:29 Saya udah coba cari di buku manual, gak ada panduannya, Om :big_biglaugh:
Mengandalkan BeRes di kota saya, agak2 gimana gitu rasanya. Kemaren aja oli baru ganti terbuang semua karena salah satu mekaniknya "lupa" memasang baut tutup filter oli. Terbuang sia2 dah itu oli Kuwait 5,6 liter. Syukur kejadiannya saat masih di area servis, dan mereka mau tanggung jawab mengganti oli-nya, walaupun oli-nya kurang sesuai dgn spek buku manualnya.
Waktu servis perdana, nyaris aja baut pembuangan oli dibalut sama seal tape untuk urusan per-ledeng-an. Syukur kita dibolehin masuk ke area servis, dan ketahuan sama saya waktu dia mau membalut baut itu dgn seal tape tadi.
bused, tu beres kebiasaan handle fleet kali. serba akal2an... :big_chicken:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Tue Nov 12, 2024 13:39 baru minang w205, ada yang uda perna ganti oli transmisi 9g tronic? kalo ganti oli matic harus skalian ganti oil pan nya ya? kira kira kena berapa ya smuanya? sama olinya pake mercedes benz oil d971 yang mb approval 236.17 kah? di kilimoeter berapa gantinya? kykny kalo ikutin manual 60-80k km ya
bisa pakai ini
https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf

ada distributor resmi nya di sini, colek sahabatq8
untuk bengkel rekanan terpercaya.

alternatif selain itu,
ADNOC ATF UNIVERSAL
comply jg ke MB 236.17
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by feri307 »

Suryaputra wrote: Tue Nov 12, 2024 11:51 belum pernah dikirimin mak lampir sundel bolong nenek sihir sama mbah kelep ini :mky_03:
Tolong dikirimkan, Om, biar segera insyaf :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kunaskun wrote: Tue Nov 19, 2024 8:05 bused, tu beres kebiasaan handle fleet kali. serba akal2an... :big_chicken:
Sepertinya kebawa kebiasaan di bengkel tempat dia sebelumnya, Om. Dan senior2nya skrg kurang pengawasan dan kurang penataran jg sepertinya.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 9:00
ctopher7 wrote: Tue Nov 12, 2024 13:39 baru minang w205, ada yang uda perna ganti oli transmisi 9g tronic? kalo ganti oli matic harus skalian ganti oil pan nya ya? kira kira kena berapa ya smuanya? sama olinya pake mercedes benz oil d971 yang mb approval 236.17 kah? di kilimoeter berapa gantinya? kykny kalo ikutin manual 60-80k km ya
bisa pakai ini
https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf

ada distributor resmi nya di sini, colek sahabatq8
untuk bengkel rekanan terpercaya.

alternatif selain itu,
ADNOC ATF UNIVERSAL
comply jg ke MB 236.17
Untuk saat ini mending pake Q8 Auto D VI , soalnya yang Auto MV cuma batch terakhir yang bisa 9g tronic, sebelumnya cuma sampe 7g tronic.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ctopher7 »

sahabatq8 wrote: Tue Nov 19, 2024 15:36
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 9:00
ctopher7 wrote: Tue Nov 12, 2024 13:39 baru minang w205, ada yang uda perna ganti oli transmisi 9g tronic? kalo ganti oli matic harus skalian ganti oil pan nya ya? kira kira kena berapa ya smuanya? sama olinya pake mercedes benz oil d971 yang mb approval 236.17 kah? di kilimoeter berapa gantinya? kykny kalo ikutin manual 60-80k km ya
bisa pakai ini
https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf

ada distributor resmi nya di sini, colek sahabatq8
untuk bengkel rekanan terpercaya.

alternatif selain itu,
ADNOC ATF UNIVERSAL
comply jg ke MB 236.17
Untuk saat ini mending pake Q8 Auto D VI , soalnya yang Auto MV cuma batch terakhir yang bisa 9g tronic, sebelumnya cuma sampe 7g tronic.
kalo liat pds terbaru q8 auto mv, kykny uda comply ke mb 236.17 yah. tapi sempet liat pds yang di upload sama panda auto di tokped masih belom ada. https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf ini pds dari website q8. smoga batch kedepannya uda comply semua deh, soalnya nyari
yang auto d vi kykny rada susah ya barang.

yes dan cek pds adnoc atf universal https://www.adnocdistribution.ae/-/medi ... active.pdf uda comply juga, tapi kykny skip dulu soalnya ga dijual di bengkel deket rumah wkwk

untuk rencana ganti atf fluid masih lama sih, mungkin masih 1-2 tahun lagi tapi ini uda siap siap aja
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Tue Nov 19, 2024 16:11
sahabatq8 wrote: Tue Nov 19, 2024 15:36
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 9:00

bisa pakai ini
https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf

ada distributor resmi nya di sini, colek sahabatq8
untuk bengkel rekanan terpercaya.

alternatif selain itu,
ADNOC ATF UNIVERSAL
comply jg ke MB 236.17
Untuk saat ini mending pake Q8 Auto D VI , soalnya yang Auto MV cuma batch terakhir yang bisa 9g tronic, sebelumnya cuma sampe 7g tronic.
kalo liat pds terbaru q8 auto mv, kykny uda comply ke mb 236.17 yah. tapi sempet liat pds yang di upload sama panda auto di tokped masih belom ada. https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf ini pds dari website q8. smoga batch kedepannya uda comply semua deh, soalnya nyari
yang auto d vi kykny rada susah ya barang.

yes dan cek pds adnoc atf universal https://www.adnocdistribution.ae/-/medi ... active.pdf uda comply juga, tapi kykny skip dulu soalnya ga dijual di bengkel deket rumah wkwk

untuk rencana ganti atf fluid masih lama sih, mungkin masih 1-2 tahun lagi tapi ini uda siap siap aja
. .
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

ctopher7 wrote: Tue Nov 19, 2024 16:11
sahabatq8 wrote: Tue Nov 19, 2024 15:36
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 9:00

bisa pakai ini
https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf

ada distributor resmi nya di sini, colek sahabatq8
untuk bengkel rekanan terpercaya.

alternatif selain itu,
ADNOC ATF UNIVERSAL
comply jg ke MB 236.17
Untuk saat ini mending pake Q8 Auto D VI , soalnya yang Auto MV cuma batch terakhir yang bisa 9g tronic, sebelumnya cuma sampe 7g tronic.
kalo liat pds terbaru q8 auto mv, kykny uda comply ke mb 236.17 yah. tapi sempet liat pds yang di upload sama panda auto di tokped masih belom ada. https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf ini pds dari website q8. smoga batch kedepannya uda comply semua deh, soalnya nyari
yang auto d vi kykny rada susah ya barang.

yes dan cek pds adnoc atf universal https://www.adnocdistribution.ae/-/medi ... active.pdf uda comply juga, tapi kykny skip dulu soalnya ga dijual di bengkel deket rumah wkwk

untuk rencana ganti atf fluid masih lama sih, mungkin masih 1-2 tahun lagi tapi ini uda siap siap aja
Sekarang Auto D VI stoknya udah banyak, tahun lalu belom ada sni.

Untuk Auto MV batch diatas April 2024 udah bisa 236.17
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Nov 19, 2024 22:31
ctopher7 wrote: Tue Nov 19, 2024 16:11
sahabatq8 wrote: Tue Nov 19, 2024 15:36

Untuk saat ini mending pake Q8 Auto D VI , soalnya yang Auto MV cuma batch terakhir yang bisa 9g tronic, sebelumnya cuma sampe 7g tronic.
kalo liat pds terbaru q8 auto mv, kykny uda comply ke mb 236.17 yah. tapi sempet liat pds yang di upload sama panda auto di tokped masih belom ada. https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf ini pds dari website q8. smoga batch kedepannya uda comply semua deh, soalnya nyari
yang auto d vi kykny rada susah ya barang.

yes dan cek pds adnoc atf universal https://www.adnocdistribution.ae/-/medi ... active.pdf uda comply juga, tapi kykny skip dulu soalnya ga dijual di bengkel deket rumah wkwk

untuk rencana ganti atf fluid masih lama sih, mungkin masih 1-2 tahun lagi tapi ini uda siap siap aja
Sekarang Auto D VI stoknya udah banyak, tahun lalu belom ada sni.

Untuk Auto MV batch diatas April 2024 udah bisa 236.17
Panjang amatt itu approval D VI
Ditambah SNI :upss: :upss: :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

Chr1stm1 wrote: Tue Nov 19, 2024 8:01
ariswp wrote: Tue Nov 19, 2024 6:43 Habis ganti oli matic cvt buat brio setrika rs, dari sebelumnya HCF2 yg udah jalan 12rb km, ke shell spirax cvt x
Sekalian ganti olmes dari fastron eco green 0w20 yg uda jalan 5200km ke shell helix eco plus 0w20

Rasanya dari mesin sama aja, hanya lebih halus suaranya
Tapi untuk cvt nya, terasa lumayan signifikan perbedaannya
HCF2 sebelumnya klo buat spirited driving berasa banget melarnya, dan lock up lebih lambat
Ini pake shell cvt x rasanya lock up cepet banget, dan efek melarnya tidak seluas HCF, gas agak dalam naiknya speed jga cepet euy

Visco HCF kurang tau sih standarnya berapa, tapi mungkin kisaran 7cst
Klo shell cvt x di 6.2cst, lebih encer shell ternyata
Mungkin supaya bisa wide range hingga cvt2 baru yg ngejar efisiensi seperti CVT FE di toyota sama NS3 di nissan
efek rubber band maksud melarnya itu Om?
Kalo di saya malah terbalik yah, AN Veloz kan bawaannya toyota cvtfe ( v100 below 6? ), begitu saya drain and refill 3 liter dengan q8 CVT Evo ( v100 cst 7 ) malah lebih kurnag terasa efek rubber bandnya
udah jalan berapa km pake Q8 om?
dan secara konsumsi bahan bakar ada perbedaan?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Wed Nov 20, 2024 0:08
Chr1stm1 wrote: Tue Nov 19, 2024 8:01
ariswp wrote: Tue Nov 19, 2024 6:43 Habis ganti oli matic cvt buat brio setrika rs, dari sebelumnya HCF2 yg udah jalan 12rb km, ke shell spirax cvt x
Sekalian ganti olmes dari fastron eco green 0w20 yg uda jalan 5200km ke shell helix eco plus 0w20

Rasanya dari mesin sama aja, hanya lebih halus suaranya
Tapi untuk cvt nya, terasa lumayan signifikan perbedaannya
HCF2 sebelumnya klo buat spirited driving berasa banget melarnya, dan lock up lebih lambat
Ini pake shell cvt x rasanya lock up cepet banget, dan efek melarnya tidak seluas HCF, gas agak dalam naiknya speed jga cepet euy

Visco HCF kurang tau sih standarnya berapa, tapi mungkin kisaran 7cst
Klo shell cvt x di 6.2cst, lebih encer shell ternyata
Mungkin supaya bisa wide range hingga cvt2 baru yg ngejar efisiensi seperti CVT FE di toyota sama NS3 di nissan
efek rubber band maksud melarnya itu Om?
Kalo di saya malah terbalik yah, AN Veloz kan bawaannya toyota cvtfe ( v100 below 6? ), begitu saya drain and refill 3 liter dengan q8 CVT Evo ( v100 cst 7 ) malah lebih kurnag terasa efek rubber bandnya
udah jalan berapa km pake Q8 om?
dan secara konsumsi bahan bakar ada perbedaan?
Klo irit bbm
tergantung nafsu dengkul dan tekanan ban

Klo siksa diri dan tekanan ban 35 psi ke atas, nah dijamin lbh irit

Apalagi klo gak pk ac, itu kompresor ac nyala, 4hp ketahan, jd loss
:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Wed Nov 20, 2024 0:53
MSU wrote: Wed Nov 20, 2024 0:08
Chr1stm1 wrote: Tue Nov 19, 2024 8:01

efek rubber band maksud melarnya itu Om?
Kalo di saya malah terbalik yah, AN Veloz kan bawaannya toyota cvtfe ( v100 below 6? ), begitu saya drain and refill 3 liter dengan q8 CVT Evo ( v100 cst 7 ) malah lebih kurnag terasa efek rubber bandnya
udah jalan berapa km pake Q8 om?
dan secara konsumsi bahan bakar ada perbedaan?
Klo irit bbm
tergantung nafsu dengkul dan tekanan ban

Klo siksa diri dan tekanan ban 35 psi ke atas, nah dijamin lbh irit

Apalagi klo gak pk ac, itu kompresor ac nyala, 4hp ketahan, jd loss
:big_biglaugh:
wkwk bener ommm....kalo saya paling acceptable 32psi rata...kira2 1:14 kombinasi (pertalite + redline csfc) di avz mesin 1.3
cuma penasaran aja pake oli cvt lebih kental ini apa efeknya ke kons bbm....kalo rubberband efectnya udh dijelasin sebelumnya ama om Chr1stm1
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

MSU wrote: Wed Nov 20, 2024 0:08
Chr1stm1 wrote: Tue Nov 19, 2024 8:01
ariswp wrote: Tue Nov 19, 2024 6:43 Habis ganti oli matic cvt buat brio setrika rs, dari sebelumnya HCF2 yg udah jalan 12rb km, ke shell spirax cvt x
Sekalian ganti olmes dari fastron eco green 0w20 yg uda jalan 5200km ke shell helix eco plus 0w20

Rasanya dari mesin sama aja, hanya lebih halus suaranya
Tapi untuk cvt nya, terasa lumayan signifikan perbedaannya
HCF2 sebelumnya klo buat spirited driving berasa banget melarnya, dan lock up lebih lambat
Ini pake shell cvt x rasanya lock up cepet banget, dan efek melarnya tidak seluas HCF, gas agak dalam naiknya speed jga cepet euy

Visco HCF kurang tau sih standarnya berapa, tapi mungkin kisaran 7cst
Klo shell cvt x di 6.2cst, lebih encer shell ternyata
Mungkin supaya bisa wide range hingga cvt2 baru yg ngejar efisiensi seperti CVT FE di toyota sama NS3 di nissan
efek rubber band maksud melarnya itu Om?
Kalo di saya malah terbalik yah, AN Veloz kan bawaannya toyota cvtfe ( v100 below 6? ), begitu saya drain and refill 3 liter dengan q8 CVT Evo ( v100 cst 7 ) malah lebih kurnag terasa efek rubber bandnya
udah jalan berapa km pake Q8 om?
dan secara konsumsi bahan bakar ada perbedaan?
kira2 udah jalan 5000km.
Untuk konsumsi bahan bakar sama aja Om.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Ibet »

ariswp wrote: Tue Nov 19, 2024 6:43 Habis ganti oli matic cvt buat brio setrika rs, dari sebelumnya HCF2 yg udah jalan 12rb km, ke shell spirax cvt x
Sekalian ganti olmes dari fastron eco green 0w20 yg uda jalan 5200km ke shell helix eco plus 0w20

Rasanya dari mesin sama aja, hanya lebih halus suaranya
Tapi untuk cvt nya, terasa lumayan signifikan perbedaannya
HCF2 sebelumnya klo buat spirited driving berasa banget melarnya, dan lock up lebih lambat
Ini pake shell cvt x rasanya lock up cepet banget, dan efek melarnya tidak seluas HCF, gas agak dalam naiknya speed jga cepet euy

Visco HCF kurang tau sih standarnya berapa, tapi mungkin kisaran 7cst
Klo shell cvt x di 6.2cst, lebih encer shell ternyata
Mungkin supaya bisa wide range hingga cvt2 baru yg ngejar efisiensi seperti CVT FE di toyota sama NS3 di nissan
trims om infonya, menarik juga ini shell spirax cvt x
dc nya juga mirip - mirip lha sama hcf 2, btw om, ini beli nya 3 botol .. 3 liter doang gitu?
kalo ga salah si hcf 2 kan 3.5 liter yak 1 galonnya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

MSU wrote: Wed Nov 20, 2024 1:22
Suryaputra wrote: Wed Nov 20, 2024 0:53
MSU wrote: Wed Nov 20, 2024 0:08

udah jalan berapa km pake Q8 om?
dan secara konsumsi bahan bakar ada perbedaan?
Klo irit bbm
tergantung nafsu dengkul dan tekanan ban

Klo siksa diri dan tekanan ban 35 psi ke atas, nah dijamin lbh irit

Apalagi klo gak pk ac, itu kompresor ac nyala, 4hp ketahan, jd loss
:big_biglaugh:
wkwk bener ommm....kalo saya paling acceptable 32psi rata...kira2 1:14 kombinasi (pertalite + redline csfc) di avz mesin 1.3
cuma penasaran aja pake oli cvt lebih kental ini apa efeknya ke kons bbm....kalo rubberband efectnya udh dijelasin sebelumnya ama om Chr1stm1
Ane pake Q8 CVT EVO di Alphard ANH30 dan Xtrail T32

Di alphard udah pake selama 60rb an km (udah ganti 3x)
Di Xtrail udah pake 110-120rb an km ( yang terakhir ini baru jalan 10000)
Di alphard sama aja fuel efficiency, di xtrail lebih bagus 0.2 km/L (gak gitu ngaruh) , jujur kalo kita macem low rpm dan gasnya sedikit itu gak terlalu pengaruh. Justru perbedaan paling besar itu saat oli udah panas dan di gas pol, selip minim, rubberbanding berkurang, overall responsivenessnya jadi lebih enak, dan buat saya yang penting juga , oli cvtnya lebih tahan lama.
roadmap
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by roadmap »

ariswp wrote: Tue Nov 19, 2024 6:43 Habis ganti oli matic cvt buat brio setrika rs, dari sebelumnya HCF2 yg udah jalan 12rb km, ke shell spirax cvt x
Sekalian ganti olmes dari fastron eco green 0w20 yg uda jalan 5200km ke shell helix eco plus 0w20

Rasanya dari mesin sama aja, hanya lebih halus suaranya
Tapi untuk cvt nya, terasa lumayan signifikan perbedaannya
HCF2 sebelumnya klo buat spirited driving berasa banget melarnya, dan lock up lebih lambat
Ini pake shell cvt x rasanya lock up cepet banget, dan efek melarnya tidak seluas HCF, gas agak dalam naiknya speed jga cepet euy

Visco HCF kurang tau sih standarnya berapa, tapi mungkin kisaran 7cst
Klo shell cvt x di 6.2cst, lebih encer shell ternyata
Mungkin supaya bisa wide range hingga cvt2 baru yg ngejar efisiensi seperti CVT FE di toyota sama NS3 di nissan
Menarik harga oli dan biaya ganti olinya. Ini beli dan ganti di SPBU Shell ya om?

Kira2 bisa dipakai di CRV Turbo gak ya, kedua oli tersebut. Hehehehe...
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

roadmap wrote: Wed Nov 20, 2024 5:52
ariswp wrote: Tue Nov 19, 2024 6:43 Habis ganti oli matic cvt buat brio setrika rs, dari sebelumnya HCF2 yg udah jalan 12rb km, ke shell spirax cvt x
Sekalian ganti olmes dari fastron eco green 0w20 yg uda jalan 5200km ke shell helix eco plus 0w20

Rasanya dari mesin sama aja, hanya lebih halus suaranya
Tapi untuk cvt nya, terasa lumayan signifikan perbedaannya
HCF2 sebelumnya klo buat spirited driving berasa banget melarnya, dan lock up lebih lambat
Ini pake shell cvt x rasanya lock up cepet banget, dan efek melarnya tidak seluas HCF, gas agak dalam naiknya speed jga cepet euy

Visco HCF kurang tau sih standarnya berapa, tapi mungkin kisaran 7cst
Klo shell cvt x di 6.2cst, lebih encer shell ternyata
Mungkin supaya bisa wide range hingga cvt2 baru yg ngejar efisiensi seperti CVT FE di toyota sama NS3 di nissan
Menarik harga oli dan biaya ganti olinya. Ini beli dan ganti di SPBU Shell ya om?

Kira2 bisa dipakai di CRV Turbo gak ya, kedua oli tersebut. Hehehehe...
Belinya di bengkel luaran spesialis honda om, tapi memang distributor resmi shell juga, hanya menjual oli2 honda dan shell saja

Harusnya bisa sih om klo spirax cvt x
Tapi oli mesin prefer lain aja, helix eco plus ini oli eco2an lcgc soalnya, minimal shell helix city aja atau merk lain yg lebih worth
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
yosemite
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Nov 14, 2024 21:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: All Newa Ertiga

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by yosemite »

HSS SIFT RESTORE.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

yosemite wrote: Sat Nov 23, 2024 11:10 HSS SIFT RESTORE.jpeg
Dicampur ke oli matic apa?
yosemite
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Nov 14, 2024 21:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: All Newa Ertiga

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by yosemite »

sahabatq8 wrote: Sun Nov 24, 2024 4:23
yosemite wrote: Sat Nov 23, 2024 11:10 HSS SIFT RESTORE.jpeg
Dicampur ke oli matic apa?
ecstar atf aw1

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Last edited by yosemite on Sun Nov 24, 2024 5:25, edited 2 times in total.
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Location: Bekasi
Daily Vehicle: GSR-600

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by neo300400 »

Suryaputra wrote: Fri Jul 26, 2024 17:20 Honda mah gampang

Tinggal drain and refill ajah.

1. Tunggu suhu atf nyentuh 60 C
2. Buka baut drain, dan tap atf cvt yg lama
3. Isi lendir yg baru sampai 4 liter
4. Nyalain mesin, pindah gear dari P R N D dengan jeda bbrp detik, terus balik lg ke P
5. Matikan mesin
6. Buka baut check level atf, biarin sampai tetes akhir gak luber
- Klo gakda cairan yg keluar, tambahkan lendir atf sampai ada lendir yg keluar dari lubang check level atf
7. Setelah gak luber, tutup baut check level atf dan enjoyy.

Klo ganti filter atf ntar aja di KM 80-100rb (yg penting rajin ganti atf tiap 2thn atau 20rb km sekali)

Prosedur tsb emang udh common di beres honda.
Cuma biasanya gak pakai nyalain mesin sblm check level atf hbs ganti lendir (prosedur #4)
Fine tuning nya di situ.
OPS Mau ganti oli juga, hampir menyentuh 100rb km belum ganti :
1. Kl dilakukan sendiri gimana caranya ?
2. Kl pake mesin flushing apakah di rekomendasikan?
3. Rekomendasi oil maticnya apa & jumlahnya berapa?
4. Filternya apa?

Terimakasih sebelumnya
still on gsr-600 seat :ngacir: :ngacir:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ctopher7 »

neo300400 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:01
Suryaputra wrote: Fri Jul 26, 2024 17:20 Honda mah gampang

Tinggal drain and refill ajah.

1. Tunggu suhu atf nyentuh 60 C
2. Buka baut drain, dan tap atf cvt yg lama
3. Isi lendir yg baru sampai 4 liter
4. Nyalain mesin, pindah gear dari P R N D dengan jeda bbrp detik, terus balik lg ke P
5. Matikan mesin
6. Buka baut check level atf, biarin sampai tetes akhir gak luber
- Klo gakda cairan yg keluar, tambahkan lendir atf sampai ada lendir yg keluar dari lubang check level atf
7. Setelah gak luber, tutup baut check level atf dan enjoyy.

Klo ganti filter atf ntar aja di KM 80-100rb (yg penting rajin ganti atf tiap 2thn atau 20rb km sekali)

Prosedur tsb emang udh common di beres honda.
Cuma biasanya gak pakai nyalain mesin sblm check level atf hbs ganti lendir (prosedur #4)
Fine tuning nya di situ.
OPS Mau ganti oli juga, hampir menyentuh 100rb km belum ganti :
1. Kl dilakukan sendiri gimana caranya ?
2. Kl pake mesin flushing apakah di rekomendasikan?
3. Rekomendasi oil maticnya apa & jumlahnya berapa?
4. Filternya apa?

Terimakasih sebelumnya
langsung ke autocartrix aja om di gading serpong, gausa pusing pusing tinggal tunggu dan kelar. skalian tanya tanya pemiliknya jg dia bakal jelasin panjang lebar kudu ngapain aja untuk ngerawat mobil diesel kesayangan (berdasarkan pengalaman sndiri)

contact lewat ig pemiliknya dulu aja, @satria_wr
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Mon Jan 20, 2025 10:03
neo300400 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:01
Suryaputra wrote: Fri Jul 26, 2024 17:20 Honda mah gampang

Tinggal drain and refill ajah.

1. Tunggu suhu atf nyentuh 60 C
2. Buka baut drain, dan tap atf cvt yg lama
3. Isi lendir yg baru sampai 4 liter
4. Nyalain mesin, pindah gear dari P R N D dengan jeda bbrp detik, terus balik lg ke P
5. Matikan mesin
6. Buka baut check level atf, biarin sampai tetes akhir gak luber
- Klo gakda cairan yg keluar, tambahkan lendir atf sampai ada lendir yg keluar dari lubang check level atf
7. Setelah gak luber, tutup baut check level atf dan enjoyy.

Klo ganti filter atf ntar aja di KM 80-100rb (yg penting rajin ganti atf tiap 2thn atau 20rb km sekali)

Prosedur tsb emang udh common di beres honda.
Cuma biasanya gak pakai nyalain mesin sblm check level atf hbs ganti lendir (prosedur #4)
Fine tuning nya di situ.
OPS Mau ganti oli juga, hampir menyentuh 100rb km belum ganti :
1. Kl dilakukan sendiri gimana caranya ?
2. Kl pake mesin flushing apakah di rekomendasikan?
3. Rekomendasi oil maticnya apa & jumlahnya berapa?
4. Filternya apa?

Terimakasih sebelumnya
langsung ke autocartrix aja om di gading serpong, gausa pusing pusing tinggal tunggu dan kelar. skalian tanya tanya pemiliknya jg dia bakal jelasin panjang lebar kudu ngapain aja untuk ngerawat mobil diesel kesayangan (berdasarkan pengalaman sndiri)

contact lewat ig pemiliknya dulu aja, @satria_wr
iya gak pusing ya
klo CVT emg lbh simpel sih

tapi sesimpel transmisinya, bukan buat medan tempur :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Location: Bekasi
Daily Vehicle: GSR-600

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by neo300400 »

ctopher7 wrote: Mon Jan 20, 2025 10:03
langsung ke autocartrix aja om di gading serpong, gausa pusing pusing tinggal tunggu dan kelar. skalian tanya tanya pemiliknya jg dia bakal jelasin panjang lebar kudu ngapain aja untuk ngerawat mobil diesel kesayangan (berdasarkan pengalaman sndiri)

contact lewat ig pemiliknya dulu aja, @satria_wr
Hahahah boleh juga nih makasih, tapi jauh kali gading serpong, cabang bekasi ada gak?
Secara saya bukan penyuka roda 4, jadi kl jalan jauh sendirian males bgt, copilot gak mau kl urusan bengkel hahahah
still on gsr-600 seat :ngacir: :ngacir: