BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

Diki_Oke_Deh wrote:bunyi tek tek bisa jadi krn oli terlalu kental.utk blazer minimal 10w40.

Saya pernah mengalami hal aneh ,saat jalan ,mesin udah panas.tiba2 muncul suara tek2 hebat. Hal ini terjadi berulang ,beberapa kali dalam seminggu.
Ternyata penyebabnya Busi udah lama nggak digant(50.00 km)i. Elektrodanya udah hampir gundul.
Setelah diganti nggak pernah ada kejadian serupa.
utk mesin produksi dibawah tahun 2000 malah dianjurkan pakai oli yg lebih kental , itu sdh diaplikasikan di kebonya bro frandika atas anjuran dukun kebo pemilik bengkel yg di TB.simatupang .
efeknya sekarang bunyi tukang mie tek-tek sdh berkurang ........over mice ke bro frandika .
ST .
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Diki_Oke_Deh »

utk mesin th 2000 kebawah dianjurkan pakai 20w50??
Bukankah Kebo sudah memakai HLA?apa nggak terlalu kental??CMIIW
Pengalaman saya untuk blazer th 2000 , saat memakai 20w50, mesin berbunyi saat pagi hari...

Pemakaian oli encer 10w40 untuk mesin dibawah 2000, secara logika memang tidak dianjurkan karena keausan/clearancenya mungkin lebih besar. Tetapi saat saya memakai magnatec 10w40 untuk 3 mobil saudara yaitu:
1. Accord cielo 94 (km 125.000)
2. Baleno 1996 ( Km 100.000)
3. Twincam 1988 ( km 175000)
Semuanya membeli second , dan tidak tahu track record sebelumnya memakai oli apa???

Efeknya , suara mesin lebih halus , dan larinya lebih ringan. Tidak pernah ada keluhan seperti oli menguap/berkurang.ngebul..
Knalpot tetap kering walaupun sekarang sudah sekitar 4 tahun pemakaian.

Khusus untuk twincam 88 , saat sebelumnya memakai Prima Xp , suara mesin kasar.tak...tak.. saat pagi hari....Sekarang halus-lus -lus...Kondisi mesin standart aja....

Jadi sekarang semuanya pakai semi syn 10w40 api SM deh...nggak mau yg lain.....
arief budhi
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Jun 13, 2009 12:16

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by arief budhi »

kalo blazer ku DOHC LT 2000, pake olie 10- 40, masih direkomendasikan nggak...? ato harus pake yang lebih kental..?
wibows
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Jun 21, 2009 3:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by wibows »

Mau pencerahannya juga dwonk..

buat LT97, saya masih bingung nich bro-bro sekalian, menurut bengkel ada yang bilang pakai 10W50, di milist ini dibilang 10W40 dan juga 20W50.. yang mana sech yang recomended untuk LY 97.. :frm_salut:
Please ya pencerahannya..? n tks.

:big_peace:
Sapto ~ LT97
nugroho1983
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Feb 12, 2009 3:30

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by nugroho1983 »

Kalo saya baru sekali ganti oli dan direkomendasikan Pak Tengek BD untuk memakai Shell Helix HX-5 (yang kuning) yang kekentalannya 15W40 ya kalo gak salah..
Saya manut saja terhadap rekomendasi tersebut dan belum ganti yang lain untuk komparasi.
Cuman memang suara mesin tidak sehalus taruna rumah sebelah atau kijang lamaku dulu ..
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

nugroho1983 wrote:Kalo saya baru sekali ganti oli dan direkomendasikan Pak Tengek BD untuk memakai Shell Helix HX-5 (yang kuning) yang kekentalannya 15W40 ya kalo gak salah..
Saya manut saja terhadap rekomendasi tersebut dan belum ganti yang lain untuk komparasi.
Cuman memang suara mesin tidak sehalus taruna rumah sebelah atau kijang lamaku dulu ..
sama om, aku juga direkomendasikan oleh pak yani (muland) pake shell helix yang kuning, klo istilah di daerahku sih shell super, juga belum pernah ganti pake yg lain (rekomendasi dari yg expert tentunya ada pertimbangan profesional), klo dibandingkan dgn suara suzuki thunder-ku sih masih lebih halus thunder (heheheheh....gak nyambung ya?)
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Diki_Oke_Deh »

Saya pakai shell hijau. semi synth . 10w40,harga 4 liter kalo nggak salah 220 ribu..sejauh ini udah 8 tahun pakai puas. Pagi hari tdk ada suara gemeretak dari mekanisme valve blazer.

Kalau pakai yg kental takut merusak mekanisme Hla. seperti halnya kerusakan yg sering terjadi pada Galant hiu atau lele ,yg istilah pebengkel Botolannya rusak.Biasa kerusakannya krn memakai 20w50.
nugroho1983
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Feb 12, 2009 3:30

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by nugroho1983 »

Hehehe...kalo dulu pake kijang pas nyampe, bini selalu ngomong kalo "kok suara mobilnya ndak kedengaran mas".
Sekarang pake kebo begitu deket rumah sudah langsung dibukain pagernya ..kekekekek
Awalnya takut kalo keboku aneh..tapi pas dibawa ke BD dan kompare terhadap pasien yang ada disitu, ya memang kebo lebih berbunyi dibanding kijang ..legaa :mrgreen:
Kebetulan baca brosur HX-5 yang nyebutin "untuk suara mesin yang lebih halus"

@ Bro Diki
Kebonya tahun berapa om ?

@ all
Oli Shell yang kekentalannya 20W50 apa ya ? kebetulan ganti oli sekalian bengkel kamis ini..pengen tanya tanya ke BD untuk komparasi :frm_tumbright:
oliversykes
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jun 24, 2009 4:18

WTS - opel blazer montera th 2000

Post by oliversykes »

Bismillah...
ane mau bantu nyokap jual mobilnya ni.. maaf yaaa klo salah tempat.. maklum, ane baru di sini.. hehe
opel blazer montera thn 2000, warna two tone (hijau metalik sama silver), AC, RT, Velg racing.
HARGA 58,5JT
lokasi bintaro sektor 3A


Image
Image

info lebih jelas hubungi: ibu bambang 08158937536
lebih jelas lagi ya dateng langsung.. hehe

thanks... :D
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

nugroho1983 wrote:Hehehe...kalo dulu pake kijang pas nyampe, bini selalu ngomong kalo "kok suara mobilnya ndak kedengaran mas".
Sekarang pake kebo begitu deket rumah sudah langsung dibukain pagernya ..kekekekek
Awalnya takut kalo keboku aneh..tapi pas dibawa ke BD dan kompare terhadap pasien yang ada disitu, ya memang kebo lebih berbunyi dibanding kijang ..legaa :mrgreen:
Kebetulan baca brosur HX-5 yang nyebutin "untuk suara mesin yang lebih halus"

@ Bro Diki
Kebonya tahun berapa om ?

@ all
Oli Shell yang kekentalannya 20W50 apa ya ? kebetulan ganti oli sekalian bengkel kamis ini..pengen tanya tanya ke BD untuk komparasi :frm_tumbright:
elektric fan blazer memang terdengar lebih keras dibanding boil jepun , coba matikan AC nya pasti suara nya lbh senyap , atau mungkin bro nugroho waktu pake kijang nda nyalakan AC :mrgreen:


ini saya copas dari milist mengenai anjuran pakai oli kental utk kebo dengan (ada bagian yg diedit yg tdk berkaiatan dgn bunyi mesin) :


Untuk bunyi tek tek, berapa lama mesin mati? Kalau lebih dari dua jam hal itu disebabkan terlambatnya oli melumasi bagian atas mesin. Di situ terdapat adjuster valve yang berpotensi bunyi tek tek jika terlambat dilumasi. Situasi ini disebabkan ada gangguan di saluran oli atau pompa oli sudah mulai turun kinerjanya atau oli yang digunakan terlalu encer (misalnya 10W-40) sehingga tekanan terlalu rendah. Coba ganti dengan oli yang lebih kental, misalnya 20W-50. Atau gunakan oli mineral murni (non sintetis).

Salam,
Donnie

---
Bengkelnya Donnie
TB Simatupang no 23 seberang Gd Nestle
Jati Padang Jakarta Selatan
Telp. 021 781 5735 - 0818 828 710
S 06° 17.923' E 106° 49.942'
UHF Freq. 438.475 MHz
ST .
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Diki_Oke_Deh »

riadi33b wrote:
nugroho1983 wrote:Hehehe...kalo dulu pake kijang pas nyampe, bini selalu ngomong kalo "kok suara mobilnya ndak kedengaran mas".
Sekarang pake kebo begitu deket rumah sudah langsung dibukain pagernya ..kekekekek
Awalnya takut kalo keboku aneh..tapi pas dibawa ke BD dan kompare terhadap pasien yang ada disitu, ya memang kebo lebih berbunyi dibanding kijang ..legaa :mrgreen:
Kebetulan baca brosur HX-5 yang nyebutin "untuk suara mesin yang lebih halus"

@ Bro Diki
Kebonya tahun berapa om ?

@ all
Oli Shell yang kekentalannya 20W50 apa ya ? kebetulan ganti oli sekalian bengkel kamis ini..pengen tanya tanya ke BD untuk komparasi :frm_tumbright:
elektric fan blazer memang terdengar lebih keras dibanding boil jepun , coba matikan AC nya pasti suara nya lbh senyap , atau mungkin bro nugroho waktu pake kijang nda nyalakan AC :mrgreen:


ini saya copas dari milist mengenai anjuran pakai oli kental utk kebo dengan (ada bagian yg diedit yg tdk berkaiatan dgn bunyi mesin) :


Untuk bunyi tek tek, berapa lama mesin mati? Kalau lebih dari dua jam hal itu disebabkan terlambatnya oli melumasi bagian atas mesin. Di situ terdapat adjuster valve yang berpotensi bunyi tek tek jika terlambat dilumasi. Situasi ini disebabkan ada gangguan di saluran oli atau pompa oli sudah mulai turun kinerjanya atau oli yang digunakan terlalu encer (misalnya 10W-40) sehingga tekanan terlalu rendah. Coba ganti dengan oli yang lebih kental, misalnya 20W-50. Atau gunakan oli mineral murni (non sintetis).

Salam,
Donnie

---
Bengkelnya Donnie
TB Simatupang no 23 seberang Gd Nestle
Jati Padang Jakarta Selatan
Telp. 021 781 5735 - 0818 828 710
S 06° 17.923' E 106° 49.942'
UHF Freq. 438.475 MHz

Kok kebalik ya???? Justru pada kondisi dingin oli dengan sae viscosity lebih kental semisal 20w50 , lebih lambat melumasi mekanism valve adjuster.
Kalo nggak percaya , coba gunakan sae 90 untuk mesin blazer. Lalu denngerin bunyi mesin saat cold start pagi hari......
lebih halus apa kasar???Coba aja deh.
kalau ada alasan bahwa oil pump udah lemah, sehingga tekanan rendah, berarti mendorong oli dengan kekentalan lebih rendah seharusnya khan lebih ringan daripada endorong oli dengan kekentalan lebih tinggi.
Semuanya kok kebalik ya???

Oli kental sae 20w50 terbukti tidak cocok untuk mesin modern yg menggunakan HLA. Kalo butuh bukti coba tanyakan pemilik mobil seperti timor , atau galant hiu. Udah banyak korbannya lho... Bisa juga dicari di thred serayamotor.

Mohon pencerahannya...thx
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by gmx »

gw sekarang pake oli 15w-50 buat si merah, pernah juga pake shell helix plus (SHP) 10w-40 tapi ternyata rekomendasi di manual book pake 20w-50, jadi balik lagi ke 15w-50

kalo pake 10w-40 suara mesin agak kasar, tenaga lebih enak, BBM lebih irit. kalo pake 15w-50 suara lebih halus, tenaga sedikit berkurang, BBM sedikit nambah

buat si hitam pake castrol magnatec 10w-40 sesuai karakter mobilnya, kalo blue montera pake SHP

ada thread yang bagus mengenai oli, tulisan PPT (pak penyu turbo) membuat gw melek soal oli yang membuat gw memilih oli bukan hanya karena "kata orang bengkel" tapi juga menjadi sedikit mengerti kenapa orang bengkel menyarankan itu, sayangnya PPT menghilang dari SM tahun lalu. threadnya Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin -> http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&start=0

btw, ada kok shell 20w-50 tapi jarang dipasaran, harganya murah paling murah, warna botolnya merah, namanya shell helix doang ngga pake super, plus atau ultra
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by frandika »

wibows wrote:@Bro frandika..

Maksudnya di Plaza yang warnanya kuning alias CTC (Cikarang Trade Center).. ya.. kalau dareha situ saya udah sering lewat juga, cuma karena emang nggak tau kalau ada bengkel si kebo, jadinya lewat aja.. tks ya bro infonya..
@bro wibows
betul bro CTC.. wah monggo dicobain aja ke bingkil yg disitu kalo pas lagi lewat mampir2 aja ga serpis jg ndak pa2, om ridhuan sang empunya bingkil welkam banget loh :frm_tumbright:
riadi33b wrote:
Diki_Oke_Deh wrote:bunyi tek tek bisa jadi krn oli terlalu kental.utk blazer minimal 10w40.

Saya pernah mengalami hal aneh ,saat jalan ,mesin udah panas.tiba2 muncul suara tek2 hebat. Hal ini terjadi berulang ,beberapa kali dalam seminggu.
Ternyata penyebabnya Busi udah lama nggak digant(50.00 km)i. Elektrodanya udah hampir gundul.
Setelah diganti nggak pernah ada kejadian serupa.
utk mesin produksi dibawah tahun 2000 malah dianjurkan pakai oli yg lebih kental , itu sdh diaplikasikan di kebonya bro frandika atas anjuran dukun kebo pemilik bengkel yg di TB.simatupang .
efeknya sekarang bunyi tukang mie tek-tek sdh berkurang ........over mice ke bro frandika .
betul apa yang dikatakan bro riadi.. awal kejadian tek tek adalah abis turun mesin separo, nah saya pake castrol magnatec 10-40 walah bunyi tek tek nya dahsyat ga peduli baru start ato jalan ampe parkir juga tetep mie tek tek ga abis2.. nah setelah itu konsult ama duo suhu kebo andalan (tapi beliau ga nimbrung di sini) pemilik bingkil Muland cikarang and BD simatupang, hasilnya disarankan pake 15-50 dan emang dah berkurang mie tek tek nya.. terakhir ganti oli saya pake shell helix "doank" warna merah 20-50 suara mesin lebih halus :mrgreen:
-------#BIC-701#--------
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Diki_Oke_Deh »

oo ,gitu ya? selama saya paka 10w40,mi tek2 hanya terdengar sebentar saat pagi hari.. berhubung sampai saat ini fine2 aja,saya tetap 10w40.

Kebo saya th 2000 dohc LT.km120.000.
suara mesin halus ,hanya terdengar krrrrr seperti kucing mendengkur ringan,dan rasanya itu normal2 aja. seperti suara mesin honda juga gitu.. Suara tek2 mungkin hanya 10 detik saat cold start..

Rasanya saya tetap pakai 10w40 aja deh. soalnya dari baru saya memakai itu.
kalau suaranya kasar nggak karuan,berarti clearance part2 mesin udah longgar,mungkin 20w 50 bisa dicoba.
nugroho1983
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Feb 12, 2009 3:30

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by nugroho1983 »

riadi33b wrote: elektric fan blazer memang terdengar lebih keras dibanding boil jepun , coba matikan AC nya pasti suara nya lbh senyap , atau mungkin bro nugroho waktu pake kijang nda nyalakan AC :mrgreen:


ini saya copas dari milist mengenai anjuran pakai oli kental utk kebo dengan (ada bagian yg diedit yg tdk berkaiatan dgn bunyi mesin) :


Untuk bunyi tek tek, berapa lama mesin mati? Kalau lebih dari dua jam hal itu disebabkan terlambatnya oli melumasi bagian atas mesin. Di situ terdapat adjuster valve yang berpotensi bunyi tek tek jika terlambat dilumasi. Situasi ini disebabkan ada gangguan di saluran oli atau pompa oli sudah mulai turun kinerjanya atau oli yang digunakan terlalu encer (misalnya 10W-40) sehingga tekanan terlalu rendah. Coba ganti dengan oli yang lebih kental, misalnya 20W-50. Atau gunakan oli mineral murni (non sintetis).

Salam,
Donnie

---
Bengkelnya Donnie
TB Simatupang no 23 seberang Gd Nestle
Jati Padang Jakarta Selatan
Telp. 021 781 5735 - 0818 828 710
S 06° 17.923' E 106° 49.942'
UHF Freq. 438.475 MHz
Komparasi tadi sama sama ndak pake AC bro Riadi :-)
Bunyinya "sik-sik-sik" gitu .. kata bang Yuli karena masalah bearing bearing yang dilewati fan belt nya..dan katanya lagi kebo ane masih lebih mending dari pada yang lain. Jadi ya belum diapa apain :mrgreen:

Oh ya, semalam kebo ane di cek sama bos Yuli dan ternyata cuman masalah busi, koil dan kabel busi aja..alhamdulillah.
Hari ini dibawa kebengkel malah normal seperti sebelumnya, padahal belum diapa apain..bingung to .. :drinking:
Ya wes lah, sekalian cek semua biar wuenak makenya..mana sama bos-nya di vonis sock belakang sudah keras, jadi musti prepare budget lagi..

Oh ya, akhirnya ndak jadi ke BD, soalnya lagi penuh..jadinya ke tempat ex BD yang baru deh..(para mekanik ex BD lagi pada ngecor lantai..kekekekeke) :e-whistle:

Thanks and salam
nugroho1983
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Feb 12, 2009 3:30

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by nugroho1983 »

frandika wrote: betul apa yang dikatakan bro riadi.. awal kejadian tek tek adalah abis turun mesin separo, nah saya pake castrol magnatec 10-40 walah bunyi tek tek nya dahsyat ga peduli baru start ato jalan ampe parkir juga tetep mie tek tek ga abis2.. nah setelah itu konsult ama duo suhu kebo andalan (tapi beliau ga nimbrung di sini) pemilik bingkil Muland cikarang and BD simatupang, hasilnya disarankan pake 15-50 dan emang dah berkurang mie tek tek nya.. terakhir ganti oli saya pake shell helix "doank" warna merah 20-50 suara mesin lebih halus :mrgreen:
Udah pernah turun separuh to om ? weleh, boleh share penyebabnya ?
Saya tadi juga tanya ke mas mekanik, mau nyoba yang helix merah, tapi malah disaranin tetep. Ya wes tetep dulu :-)
User avatar
ipoenkt
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Fri May 16, 2008 13:29
Location: Bogor

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by ipoenkt »

nugroho1983 wrote:
riadi33b wrote: elektric fan blazer memang terdengar lebih keras dibanding boil jepun , coba matikan AC nya pasti suara nya lbh senyap , atau mungkin bro nugroho waktu pake kijang nda nyalakan AC :mrgreen:


ini saya copas dari milist mengenai anjuran pakai oli kental utk kebo dengan (ada bagian yg diedit yg tdk berkaiatan dgn bunyi mesin) :


Untuk bunyi tek tek, berapa lama mesin mati? Kalau lebih dari dua jam hal itu disebabkan terlambatnya oli melumasi bagian atas mesin. Di situ terdapat adjuster valve yang berpotensi bunyi tek tek jika terlambat dilumasi. Situasi ini disebabkan ada gangguan di saluran oli atau pompa oli sudah mulai turun kinerjanya atau oli yang digunakan terlalu encer (misalnya 10W-40) sehingga tekanan terlalu rendah. Coba ganti dengan oli yang lebih kental, misalnya 20W-50. Atau gunakan oli mineral murni (non sintetis).

Salam,
Donnie

---
Bengkelnya Donnie
TB Simatupang no 23 seberang Gd Nestle
Jati Padang Jakarta Selatan
Telp. 021 781 5735 - 0818 828 710
S 06° 17.923' E 106° 49.942'
UHF Freq. 438.475 MHz
Komparasi tadi sama sama ndak pake AC bro Riadi :-)
Bunyinya "sik-sik-sik" gitu .. kata bang Yuli karena masalah bearing bearing yang dilewati fan belt nya..dan katanya lagi kebo ane masih lebih mending dari pada yang lain. Jadi ya belum diapa apain :mrgreen:

Oh ya, semalam kebo ane di cek sama bos Yuli dan ternyata cuman masalah busi, koil dan kabel busi aja..alhamdulillah.
Hari ini dibawa kebengkel malah normal seperti sebelumnya, padahal belum diapa apain..bingung to .. :drinking:
Ya wes lah, sekalian cek semua biar wuenak makenya..mana sama bos-nya di vonis sock belakang sudah keras, jadi musti prepare budget lagi..

Oh ya, akhirnya ndak jadi ke BD, soalnya lagi penuh..jadinya ke tempat ex BD yang baru deh..(para mekanik ex BD lagi pada ngecor lantai..kekekekeke) :e-whistle:

Thanks and salam
Selamat bro,lolos dr lubang jarum hehehe, ex BD dimana tuh?
User avatar
rian_asw
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Apr 25, 2009 1:36

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by rian_asw »

wibows wrote:Kebo LT saya warna biru, mungkin kalau ada yang tinggal diseputaran bekasi pernah liat kali kebo saya.. untuk bro2 yang di chapter Cikarang, biasanya pada suka "imunisasi" kebo-kebonya pada dimana, karena d Bekasi cuma ada 1 rumah sakit khusus kebo yakni "Dieng MOtor" (Pak Khoiri Saya promosiin nich)..ditunggu infonya..

Sapto ~ Bekasi
:roll:
Salam kenal Pak Sapto.. wah nambah nih kebo Bekasi... hmm bisa2 nih Bekasi bikin rayon sendiri hehehe...
Bengkel kebo di Bekasi banyak pak, mau yg di kota apa kabupaten, klo di kabupaten di MuLand Motor milik Pak Kabid Teknik BIC sekaligus jadi mabesnya BIC rayon Cikarang. Klo kota Bekasi selain Pak Khoiri ada Pak Mansur, Yoyo Motor di Bintara, yg panggilan ada di Tambun, Pak Maman namanya, selain itu ad yg baru buka sekitar 1 atw 2 bln lalu di Pekayon Jaya.

Ayo Pak Sapto kapan nih yg kebo2 Bekasi bisa kumpul2... hehehe (kompor mode: OON) :big_peace:
Rian ASW
BIC-626 | Pulsarian 627 | S2W-271
User avatar
rian_asw
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Apr 25, 2009 1:36

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by rian_asw »

Diki_Oke_Deh wrote:Saya pakai shell hijau. semi synth . 10w40,harga 4 liter kalo nggak salah 220 ribu..sejauh ini udah 8 tahun pakai puas. Pagi hari tdk ada suara gemeretak dari mekanisme valve blazer.

Kalau pakai yg kental takut merusak mekanisme Hla. seperti halnya kerusakan yg sering terjadi pada Galant hiu atau lele ,yg istilah pebengkel Botolannya rusak.Biasa kerusakannya krn memakai 20w50.
Hmm... :e-think:
Klo menurut buku manual maupun plat yg menempel di ruang mesin kebo, kebo msh direkomendasikan untuk menggunakan 20W-50 gimana tuh Pak Diki..??
Rian ASW
BIC-626 | Pulsarian 627 | S2W-271
User avatar
rian_asw
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Apr 25, 2009 1:36

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by rian_asw »

nugroho1983 wrote:Hehehe...kalo dulu pake kijang pas nyampe, bini selalu ngomong kalo "kok suara mobilnya ndak kedengaran mas".
Sekarang pake kebo begitu deket rumah sudah langsung dibukain pagernya ..kekekekek
Awalnya takut kalo keboku aneh..tapi pas dibawa ke BD dan kompare terhadap pasien yang ada disitu, ya memang kebo lebih berbunyi dibanding kijang ..legaa :mrgreen:
Kebetulan baca brosur HX-5 yang nyebutin "untuk suara mesin yang lebih halus"
Pak Nugroho, pengalaman saya selama ini untuk mnghaluskan suara kebo ada 2, dulu sewaktu pakai Montera LS 2001 turun mesin total ganti metal, begitu naik langsung halus lus lus nyaris tak terdengar. Sekarang pakai LT 2002 dialusin setelah nambah APS meski ga sehalus klo turun mesin tp msh lebih halus dibanding sebelumnya. Lagipula klo Blazer lebih kasar jika dibandingkan dg Kijang dg tahun yg sama kayaknya wajar kali ya kan cc-nya lebih besar.. CMIIW :ungg:
Rian ASW
BIC-626 | Pulsarian 627 | S2W-271
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Diki_Oke_Deh »

rian_asw wrote:
Diki_Oke_Deh wrote:Saya pakai shell hijau. semi synth . 10w40,harga 4 liter kalo nggak salah 220 ribu..sejauh ini udah 8 tahun pakai puas. Pagi hari tdk ada suara gemeretak dari mekanisme valve blazer.

Kalau pakai yg kental takut merusak mekanisme Hla. seperti halnya kerusakan yg sering terjadi pada Galant hiu atau lele ,yg istilah pebengkel Botolannya rusak.Biasa kerusakannya krn memakai 20w50.
Hmm... :e-think:
Klo menurut buku manual maupun plat yg menempel di ruang mesin kebo, kebo msh direkomendasikan untuk menggunakan 20W-50 gimana tuh Pak Diki..??

Hehehe nggak papa deh. berhubung puas makeknya dan sampai saat ini nggak ada masalah dengan 10w40.. namanya juga pilihan. Yang penting klasifikasinya udah SM..
Btw untuk break-in mobil baru direkomendasikan oli mineral murni dgn klasifikasi SG.. Klasifikasi tertinggi SM tidak direkomendasikan untuk Break-in ya???
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Diki_Oke_Deh »

rian_asw wrote:
nugroho1983 wrote:Hehehe...kalo dulu pake kijang pas nyampe, bini selalu ngomong kalo "kok suara mobilnya ndak kedengaran mas".
Sekarang pake kebo begitu deket rumah sudah langsung dibukain pagernya ..kekekekek
Awalnya takut kalo keboku aneh..tapi pas dibawa ke BD dan kompare terhadap pasien yang ada disitu, ya memang kebo lebih berbunyi dibanding kijang ..legaa :mrgreen:
Kebetulan baca brosur HX-5 yang nyebutin "untuk suara mesin yang lebih halus"
Pak Nugroho, pengalaman saya selama ini untuk mnghaluskan suara kebo ada 2, dulu sewaktu pakai Montera LS 2001 turun mesin total ganti metal, begitu naik langsung halus lus lus nyaris tak terdengar. Sekarang pakai LT 2002 dialusin setelah nambah APS meski ga sehalus klo turun mesin tp msh lebih halus dibanding sebelumnya. Lagipula klo Blazer lebih kasar jika dibandingkan dg Kijang dg tahun yg sama kayaknya wajar kali ya kan cc-nya lebih besar.. CMIIW :ungg:

Waduh, tahun 2001 udah ganti metal????(corolla saudara saya tahun 88(usia mobil 21 tahun) sampai sekarang mesin masih standart dan halus, tidak pernah bongkar mesin). Olinya juga pakai 10w40 semi synt mulai 10 tahun yang lalu.

Blazer LT saya Alhamdulillah tahun 2000 , masih halus2 saja mesinnya(km 125 ribu).Dibandingkan dengan kijang sebenarnya sama2 halus kok mesinnya.
Suara gemuruh Blazer itu hanya berasal dari suara FAn dan knalpot. Selebihnya tidak.
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by frandika »

nugroho1983 wrote:
frandika wrote: betul apa yang dikatakan bro riadi.. awal kejadian tek tek adalah abis turun mesin separo, nah saya pake castrol magnatec 10-40 walah bunyi tek tek nya dahsyat ga peduli baru start ato jalan ampe parkir juga tetep mie tek tek ga abis2.. nah setelah itu konsult ama duo suhu kebo andalan (tapi beliau ga nimbrung di sini) pemilik bingkil Muland cikarang and BD simatupang, hasilnya disarankan pake 15-50 dan emang dah berkurang mie tek tek nya.. terakhir ganti oli saya pake shell helix "doank" warna merah 20-50 suara mesin lebih halus :mrgreen:
Udah pernah turun separuh to om ? weleh, boleh share penyebabnya ?
Saya tadi juga tanya ke mas mekanik, mau nyoba yang helix merah, tapi malah disaranin tetep. Ya wes tetep dulu :-)
iya betul udah pernah turun separo bro.. penyebabnya adalah penyakit bawaan saat baru dibeli :mrgreen: .. oli suka berkurang masuk ruang bakar, knalpot ngebul.. pernah kejadian saya bawa PP jkt-merak, ehh pulang2 nya suara mesin dah kayak mesin diesel panth*r, sempet dibawa top speed malahan 155 km/jam.. malem itu nyampe jkt lgsung meluncur ke BD yg pagi nya kasih info ke saya oli mesin tinggal 1 liter wuahahahhaahaaaa :frm_bang_head:
-------#BIC-701#--------
wibows
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Jun 21, 2009 3:56

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by wibows »

@ Pak Rian..

Bol jug idenya.. mungkin Pa'Rian yang udah lebih lama jadi tahu kira2 berapa banyak komunitas kebo yang ada di kota bekasi.. boleh juga kalam buat kumpul2 di GOR Bekasi atau di Bekasi Cyber Park.. Saya ikutan dech kalau ada yang promosiin untuk para kebo raidersnay bekasi

~Sapto - LT97~
nugroho1983
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Feb 12, 2009 3:30

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by nugroho1983 »

@ bro ipunkt
Alhamdulillah bro..jadinya dpt dialokasikan untuk ganti semua bearing bearing, engine mounting, motor washer (2), ganti oli, cross joint sama mbenerin bunyi bunyi mengganggu..sama tentunya ganti kabel busi dan busi.
Just share aja, kabel busiku (yg kemarin bermasalah) memang baru , namun ndak ori (berbahan kabel..warna merah), akibatnya tahanan berubah ubah saat mesin panas .. weleh .. jadi kedepan tak saranin ambil yang ori (berbahan serbuk..warna item).

Tempat ex BD ada di fatmawati, cilandak 5..tempatnya rada susah..
Tapi jadi seneng, soalnya masih sepi, jadi kebo ane di kruyuk banyak orang :mrgreen:

@ Bro Frandika
Weleh..saya sempet takut juga, 2 minggu lalu oli sempet hampir kondisi min di dip stick.
Namun setelh di cek ndak ada jejak oli sama sekali .. sampe sekarang belum di follow up.. :shrug:

@ Pak Rian
Wah, demi ngilangin bunyi tadi kudu turun mesin ya pak ..? Salut salut :mrgreen: