Suryaputra wrote: Mon Nov 04, 2024 2:10
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55
Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?

1. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe D
2. Ganti drain and refill 2x aja
3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
IMHO yaa om
menurut saya kalo metode ganti ATF itu tergantung kondisi ATF sebelumnya ky gimana
kalo ATF lamanya udah keruh sih lebih baik cabut selang ATF yg ke radiator buat di flush lewat sana (kalo mobilnya ada selang yg ke radiator ya, umumnya A/T biasa) atau kalo disini disebut gerlong.. karena lebih efektif kita ngedorong oli yg lama dan masuk oli yg baru, kecampurnya sgt minim. lebih puas juga karena kita bisa liat sendiri warna ATF baru nya kalo udh bersih di selang out nya. tinggal ukur masuk berapa keluar berapa, terakhir check level (sesuai service manual mobil masing2) then fine tuning.. emg agak ribet sih tp metode ini buat saya paling efektif
kalo metode drain n fill itu buat saya kalo ATF lama nya masih bersih merah cerah oke aja pake metode ini.. lain kalo ATF lama nya udh keruh hitam pake metode drain n fill itu buat saya kurang efektif krn harus berapa kali metode tsb diulang sampe kita mendapatkan oli yg fresh minimal 80% di dalam transmisi..
saya pernah flush grand vitara matic yg oli nya udh hitam keruh pake metode gerlong, ATF keluar udh 10 L dan masuk udh 10 L dan diselang out nya ada perubahan warna walaupun ga begitu
merah.. kalo kondisi ATF ky gini pake metode drain n fill ga tau deh ini hrs berapa kali pengulangan
kiri ATF lama, kanan ATF yg udh masuk 10 L
kalo pake ATF changer sbnrnya bahkan lebih simple, cuma lebih boros aja ATF nya dan pastikan mereka ngecek level ATF di tahap akhir. saya kayanya ga pernah denger deh om girbox kesumbat krn ATF ga diganti