(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Bro Satriana, ada sedikit tambahan dari penjelasan ane diatas....kalau fuel pump sdh diganti tapi masih masalah mungkin perlu/wajib juga dicurigai relay yang ada di fuse box..dimana relay itu berupa SSR ( Solid State Relay ) kalau ga salah warnanya kuning/ ungu deh ...cmiiw ( sorry kebetulan ane lagi jauh dari santi ) makernya Omron, ini relay contactnya untuk Fuel Pump....ane khawatir salah satu penyebabnya kemungkinan dari sini..soalnya ntu si-eagle masalahnya kalau udh jalan lama dan kejadiannya tiba2 dan sesaat...!! mungkin contact point relay ini udh rada lemah sehingga kadang2 terputus....coba Bro saranin ke montir untuk ganti ini relay...soalnya kalau penyebabnya dari sini khan biayanya ga mahalan.....!!!

Salam dan jabat erat buat si-eagle...!!
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

Bro Satriana, anda mengatakan bahwa fuel pump diganti di Yogya, di bengkel tidak resmi
Pertanyaan saya apakah fuelpump santa fe tersedia dengan mudah di Yogya ? karena saat saya ada masalah dengan dua headlamp santy 2001 saya sempat saya check ternyata spares yg ada di bengkel resmi hyumdai mulai dari bandung sampai bali hanya consumable item, yang lain harus menunggu dulu satu dua hari dari jakarta
juga harus diperhatikan apakah fuelpump yang diganti juga termasuk filternya ?
karena filter dan fuel pump jadi satu dan letaknya dibagian atas tangki bensin, yang saya lihat dari mobil saya yang saya beli tahun lalu (agustus 2009) mendapati meski secara teratur dirawat di bengkel resmi di jakarta namun fuel pump/filter selama 8 tahun belum pernah dibersihkan secara khusus...
meskipun menggunakan bensin super dan pertamax namun sayta amati filternya cukup kotor dan memerlukan kiat pembersihan khusus.
menurut tehnisi saya yang mantan tehnisi hyundai/kia memang bagian ini oleh bengkel resmi tidak akan dibersihkan namun ditukar....nanti bekas fuel pump dan filter setelah sekian waktu dijual kembali...dijualnya biasanya terpisah...karena harganya cukup mahal..
untuk itu supaya bro Satriana minta agar fuel pump dan filter diperiksa kembali, apakah tersumbat atau masalah lain
demikian pula tersendatnya mobil karena accu yang tidak kuat dikaitkan dengan AC yang mulai rusak dikaitkan lagi dengan alternator yang mulai lemah suplainya...
saya dapati dalam waktu empat bulan ada beberapa item yg jelas harus diperbaiki/bersihkan/ganti dari sebuah santy yang teratur dirawat di bengkel resmi yaitu
1. Fuel Pum/Filter di atas tangki bensin...sangat kotor
2. AC sudah dalam kondisi 50-60 persen..harus diganti ..saya ganti kondensor dan AC dimodifikasi pakai ND-12 yang lebih tangguh dan murah serta banyak sparesnya
3. Accu yang sudah 50-60 % karena dirongrong beban AC yang mulai rusak dan alternator yang sudah lemah
4. Alternator yang tidak sempurna karena IC nya lemah dan akhirnya pada bulan Desember tiba-tiba mati hidup..saya ganti alternator Toyota Camry yang cocok dan masih berusia baru
Kesimpulannya saya temukan lemahnya accu, tidak sehatnya AC serta lemahnya alternator menyebabkan mobil tersendat dan cukup boros...dan pasti lebih parah jika fuelpump/filter bermasalah karena tersumbat kotoran
kecuali saat mobil tersendat seawaktu pulang ke bali (karena accu lemah dan AC kurang fit serta mungkin alternator mulai weak juga) sampai saat ini mobil sehat-sehat saja dan khususnya setelah ganti alternator baru cukup irit yang berarti suplai listrik lebih sempurna
maaf saya kurang menguasai bahasa tehnis karena baru beli beberapa bulan
tapi pengamatan saya ini karena saya sudah bawa mobil ini hampir 5000 km dan mulai kenal tabiat dan kelemahannya..disamping itu nasehat berharga dari tehnisi saya dulu kerjaannya bongkar pasang santa fe dan mobil andalan hyundai lain..bahkan pernah ikut merakit santa fe mulai dari chasis dan body yang diimpor dari USA kemudian dirakit di pabrik Korea sampai jadi mobil siap pakai..
dia pernah magang di pabrik Hyundai Korea selama setahun sebagai tehnisi sebelum menjadi montir ahli hyundai/kia.. kalau perlu bisa saya berikan nomor telponnya untuk konsultasi

semoga bermanfaat..
satriana
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Jan 02, 2010 15:09

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by satriana »

bro benz, bro kuruma, dan bro sharky..

siang tadi saya kontak lagi dengan montir saya.
(ini ceritanya laporan update):

1. ternyata sejak hari ketiga (sejak 26 Des.) fuel pump ori yang sudah diganti dikembalikan lagi karena setelah dicek lagi fuel pump yang ori masih bagus (tadinya diganti dengan merk NUK -kalo ga salah- buat dicoba) dan sudah dibersihkan filter ori-nya juga.
2. kemarin sempat dicurigai ada sensor yang ga beres, baru tadi siang pak montir bilang kalo mungkin CKP (Crankshaft Position sensor)-nya ga beres. besok dia mau cek lagi masalah ini. dia bilang ada kemungkinan problemnya dari sini.
3. IC Regulator dan AC -katanya- masih bagus dan belum harus diganti saat ini.
4. hari ini saya kirim satu relay (saya lupa namanya, besok saya laporkan krn barang trlanjur dipaketkan dg TIKI sore tadi) yang dipesan langsung via driver saya di jakarta karena barang aslinya sudah gosong. relay ini saya beli (pesen, perlu 2 hari) via Beres kalimalang (krn di Jogja ga ada) harganya sekitar 160rb. besok pak montir masih akan cek relay-relay yang lain termasuk yang di fuse box.
5. saya juga minta pak montir cek kinerja wiper yang kalau saya hidupkan, fungsi yang cuma buat hapus sekali berhentinya pas di tengah kaca, tidak di tepi bawah.

apapun, saya lihat analisis bro-bro semua ternyata memang banyak cocoknya. montir saya pun dengan senang hati membaca dan mengikuti beberapa masukan bro sekalian yang saya cetak dlm bentuk hardcopy.
:frm_salut:

rasanya saya ingin agar si BlackEagle segera kembali ke Jakarta untuk saya konsultasikan lebih lanjut dengan teman-teman.

dan untuk bro Sharky terimakasih atas offering no telp montirnya. saya akan sangat berterimakasih saat Santi ini sudah di Jakarta, montir bro sharky menjadi 'pawang' Elang saya nantinya di sini.

terimakasih lagi untuk segala masukannya.
saya akan update lagi setelah mendengar perkembangan perbaikan dari Jogja.
salam.
-----------------------------------------------------------------------------------
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

bro satriana, saya ulangi analisa saya bahwa jelas fuel pump/filter kotor masalah utama
selanjutnya AC dan Kondensator harus diperiksa, ciri-ciri kondisi AC sdh weak adalah kalau dalam kondisi mesin idle dan AC dinyalakan terdengar suara mesin agak berat atau malah tidak berat sama sekali.... sebaiknya keduanya diganti karena tidak ada spares untuk AC santafe...(AC sangat boros tenaga listrik, sehingga bila alternator agak lemah akan membuat pengapian kurang shg mobil tersendat dan accu tekor, dipadu dengan fuel pump/filter kotor tersumbat wah efeknya sangat mematikan, menyakitkan dan mengecewakan seperti pengalaman bro satriana)
untuk Alternator memang kelihatan masih menghasilkan listrik, namun tolong dicheck seberapa kuat produksinya...mesin dan system santafe yang perlu listrik banyak tidak bisa mentolerir kekurangan pasokan listrik...biasanya IC yang akan lemah terlebih dahulu..namun bila diperiksa secara konvensional masih nampak menghasilkan listrik dengan baik... dari tehnisi saya didapat info bahwa dari kemampuan alternator santafe yang semula 95 Amp/ Watt (?) bila sudah berkurang hanya 65 Amp/Watt (?) atau kurang maka akan mengurangi kemampuan santafe, baik performance mesin atau system mobil
padahal bagi mobil lain supply listrik segitu 60-70 Amp/watt masih lebih dari cukup untuk menjalankan mobil dan mengisi accu dengan benar..
The raptor sudah saya ganti dengan alternator toyota camry 2400 cc yang mempunyai output power sama-sama 95 Amp/watt dengan alternator asli serta langsung bisa dipasang tanpa modifikasi..harga alternator asli santafe out of range kocek kita..
saya beli alternator caqmry ini kurang dari satu juta rupiah
yang jelas sekarang mobil sangat responsif dan lebih irit setelah ganti alternator
hal ini membuktikan bahwa santafe haus listrik dan pantang kotor fuel pump/filternya
saya yakin penyakit mobil anda sama persis dengan mobil saya...bedanya sehari setelah beli fuel pump/filter sudah dibersihkan tuntas...
semua pengalaman bro satriana saya alami persis pengalaman bro satriana, hanya tidak separah itu karena masalah utama suplai bahan bakar dari fuelpump yg okay, dan begitu mengalami mesin tersendat langsung AC dimatikan, kemudian Accu diganti Accu kering yang ampere lebih besar(sejutaan), AC yang sudah dingin tidak dingin jebol karena dipaksa nyala, saya ganti AC non ori dengan Denso yg lebih tangguh, juga kondensator (total 3 jutaan), terakhir alternator yang melemah sehingga mengakibatkan Accu tekor dan system mulai tersendat saya ganti alternator baru (sejutaan) ..rugi kalau cuma ganti IC alternator saja karena harganya cukup mahal...
maaf saya ulang -ulang pengalaman saya karena pasti bermanfaat untuk menghindari korban-korban baru dari kurangnya info soal santafe
santy mobil amerika yang tangguh, bila suplai listrik dan pasokan bbm lancar bisa diajak kemanapun tanpa masalah...

fyi: ternyata setelah saya bawa ke tukang accu, accu lama santafe saya masih sehat walafiat..dulu tekor karena alternator agak lemah, padahal kebutuhan listrik tinggi ditambah AC semi rusak yang boros listrik karena bolak-balik hidup mati...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

halo semuanya....maaf numpang absen lagi :big_peace:

masih belum sempat cerita banyak nih....maklum lagi ribet

btw, kemarin (11/01/10) santi saya sudah saya pasrahkan ke bengkel untuk cek berkala, sekaligus untuk analisa otak-atik saya, jadi belum dapat review

tanpa terasa, sejak overhaul pertengahan 2008 kemarin, per hari ini santi telah jalan hampir 30.000KM :e-doh:
selama 30.000KM ini, si santi sudah di-abuse habis-habisan...

selama 30.000KM tersebut, parts slow moving yang pernah saya ganti cuma thermistor AC, carbon brush dinamo starter, shockbreaker dan reparasi ball joint, itupun karena memang belum pernah diganti dari pertamanya.
Diluar itu, cuman ganti beberapa parts fast moving seperti bohlam, karet wiper, ganti oli dan tentunya isi bensin :mrgreen:

point-nya, diluar kelistrikan, saya sudah membuktikan bahwa santi sangat reliable :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

sekarang odometernya hampir menyentuh 160.000KM....

so...tinggal harap-harap cemas menunggu diagnosa dan review dari bengkel :ungg:

nanti saya sharing lagi disini
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah, belum ada yg absen lagi nih :big_peace:

ya udah, saya mau sharing santi saya yang dibengkel dulu aja

hari senin 11/01/10 ditaruh dibengkel langganan, saya cuman bilang ke pak mekanik, ini sudah 30.000KM sejak overhaul, selain masalah di airflow sensor, tolong di check up total. Habis itu saya tinggal, secara saya juga musti kerja :mrgreen:

hari ini dikabari, berikut ini adalah pekerjaan/diagnosa yang akan dilakukan:

1. Ganti Oli Mesin (pastilah....) dan filternya
2. Ganti Oli Transmisi, sudah 10.000KM sejak ganti terakhir
3. Ganti Filter Udara
4. Berusaha cari ganti Air Flow Sensor
5. Cek AFR Potensio
6. Cek Relay dan ECU
7. Cek Fuel Pump dan Filter
8. Cek Dinamo Starter
9. Cek Aki dan Alternator
10. Cek Rem dan ganti minyaknya
11. Cek power steering dan ganti minyaknya
12. Ganti air radiator
13. Cek Kaki-kaki (Tie Rod, Ball Joint, Bracket Rack Steer, bushing suspensi) --> mengingat pak mekanik tau mobilnya sering diajak tarikan AKAP lewat jalanan hancur
14. Cek Engine Mounting
15. Rotasi ban dan alignment (spooring)
16. Cek injektor (kalau perlu kalibrasi ulang)
17. Bersihkan ruang pembakaran mesin (carbon clean)
18. Cek koil dan kabel busi
19. Cek semua sabuk/belt, kemungkinan ada yg memang harus diganti

Begitulah, tadi pagi pak mekanik kasih kabar, kerjaan apa yg akan dilakukan...

tinggal harap-harap cemas :ungg:

jika semua hal diatas harus diganti..... :e-doh:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

imsus2c wrote: 4. Berusaha cari ganti Air Flow Sensor
oya....saya lupa belum sharing mengenai otak-atik air flow

setelah kemaren dicoba sampai 1500KM lebih, "sepertinya" airflow santi normal. Konsumsi BBM kombinasi sekitar 1:6-8, meskipun masih terhitung haus, tapi saya menganggapnya masih dalam kewajaran mengingat kaki kanan saya masih belum dapat ijazah :mrgreen:

namun.....setelah senin kemarin dibawa ke bengkel dan ditunjukkin ke mekanik....duh, diketawain :e-doh:

discan sejenak, dan hasilnya.....ini "reverse" atau kebalikan jika sensor airflow dipasang normal kembali seperti posisi asal

dulu yg pernah saya sharing, saat MAF ini error, diputaran bawah ada gejala 'lag' alias kosong. dibawah rpm 2000, loyo sekali, menginjak 2200 tiba-tiba seperti ada tenaga tiba-tiba karena memang torsi muncul mendadak...semakin rpm naik, tarikan semakin ganas

nah.....dengan posisi otak-atik ini malah hasilnya kebalikannya, torsi/tenaga muncul diputaran bawah, sekitar rpm 1200-3000an, tapi semakin naik semakin ngempos
saya coba di tol, dari 40kpj ke 80 kpj naiknya cepat, tapi begitu menyentuh 100kpj (gigi 5 rpm 2800), mau naik lagi rasanya kehabisan napas.
Pernah dicoba di tol bunder(lamongan) sampai surabaya, sempat menyentuh 160 kpj (gigi 5 rpm 4800an), tapi dari 120kpj ke 160 kpj (dari rpm 3000 ke 5000 gigi 5) rasanya berrraaaaaaat dan lamaaaaaaaa...... :shrug:

Dengan kecepatan rata-rata 80-120 kpj di tol, konsumsi BBM sekita 1:5-6

Jadi, jika gaya setirnya santai, modifikasi air flow ini bisa diterapkan, tapi jika biasa main rpm "atas", tentunya engga bisa dapat tenaganya

Mengingat harganya lumayan mahal (5,7 jutaan), saya sekarang minta bantuan pak mekanik untuk bantu cari alternatif :e-dance:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

salam semuanya
wah suhu imsus sdh buka dagnagan tuh pasti bs bantu kita yg gi maslah ama sab\nti
santiiku alhamdulillah masih baek aja dan belum ada keluhan cuman konsumsi BBM rasanya agak boros neh cuman blm dihitung

over alll masih enak kok kmarin nguber Pajeo sport dr bdg pas agak hujan, aku ikutin aja di blakang, kiri kanan bahu jalan trabas, yaa hanya 120 kpj, tpi gi males yaa biar aja dia kabur, tadinya mo uji nyali, biar mbl bagus klo sopir gak ada nyali yaa bisa aja di libas the raptor and the eagle haaa
santiku blm dikasih nama, kasih aja si cepooott haa....
:big_peace:
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

dear all
minggu lalu kopling "nyeplos" sehingga nggak bisa ganti persneling, masternya bocor..
juga pedang gas agak "nyantol"
ganti master kopling dan diberi oli kabel gas langsung pulih lagi as before
harga master kopling 275 ribu saja
memang sudah delapan tahun wajar master kopling perlu diganti
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Dear Pengguna santi, mo sharing sedikit nich.....

Kemaren, saat si-santi diajak jalan2 ke puncak, tiba2 ac tidak dingin alias panasss....mana cuaca lagi tidak bersahabat lagi ... mendundang yang diselimuti dengan hujan lebat .... bisa dibayangkan terjadi pengkabutan disemua kaca jendela deh....tapi saya masih bersyukur karena saat itu sedang balik arah untuk pulang....!!!

Gejala yang yakni switch selector Blower fan saya naik/turunkan tak ada hembusan dingin,…Selector Switch sirkulasi udara dipindah "kedalam dan keluar" juga ga ada perubahan,….kecurigaan semakin membesar ketika AC saya On dan Off kan…saat di On-kan kok idle speed ga bekerja serta magnetic Clutch compressor kok tidak bersuara…???


Pasti ada masalah nih pada compressor atau ada kebocoran freon....ketika sampai dibengkel ac langganan, benar tekanan suction/discharge compressor NOL, selanjutnya montir melakukan pressure test untuk untuk mendeteksi sumber kebocoran....dan setelah dilakukan test kebocoran ditemukan ada bocor besar di seal compressor...dengan argumen yang saya pahami akhirnya saya putuskan untuk mengganti Seal compressor tersebut....dan setelah dilakukan penggantian seal yang saya peroleh dari Hyundai serpong, alhamdulillah ac sisanti udah dingin lagi...tekanan suction/discharge compressor : 20-30/ 200 psi dan temp ventilasi cabin : 5 deg C.....duingin deh...!!!



Total Biaya Perbaikan AC Rp 415K ;

Biaya Service AC Rp 300.000,- ( Jasa Overhaul Compressor Rp. 100K + Vacum, Freon, Oli Comp dan cleaning Filter cabin Rp 200K ).

Biaya Spare Part Rp 115K ( Seal AC Comp P/N : 97707-33300 Rp 100K + Seal Body Comp Rp 15K )
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

salam for all
wah ikut sedih bro kuruma atas musibahnya, bagus juga tuh infonya
klo AC ku mah duuuiingiin banget jd masih bagus emang pernah dioservis total th lalu
yaaa mungkin suka suka boil agak tua gitu kali yaaaa

smoga baik2 aja semuanya
mana yg laen neh????
:big_weee:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

inoz wrote:salam for all
wah ikut sedih bro kuruma atas musibahnya, bagus juga tuh infonya
klo AC ku mah duuuiingiin banget jd masih bagus emang pernah dioservis total th lalu
yaaa mungkin suka suka boil agak tua gitu kali yaaaa

smoga baik2 aja semuanya
mana yg laen neh????
:big_weee:

Thanks bro Inoz, sama bro santi ane service terakhir 31 mei 2007....wajar deh udh hampir tiga tahun...service sendiri paling cuma bersih2 filter aja di kabin 6/blnan..... :e-whistle: :e-whistle:

Iya nich...mane teman2 yang lain...di SOCI udh nambah lagi anggota sama dgn ane black santi...lokasi jkt....!!

Hayoooo teman2 absen dulu dunk.....!! :big_peace: :big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

absen pak.... :big_peace:

btw, kemungkinan jumat besok (29/1/10) santi sudah bisa diambil

ternyata, lumayan banyak fast moving yg musti diganti :e-doh:

yg sudah jelas minta ganti; semua belt (kecuali timing Belt), CV boot, kampas rem, dsb
yg minta diremajakan; koil dan kabel busi, service Steering Rack End, dan yg masih pusing mencarinya, Sensor Air Flow :shrug:

tar saya postingkan lagi deh...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

imsus2c wrote:absen pak.... :big_peace:

btw, kemungkinan jumat besok (29/1/10) santi sudah bisa diambil

ternyata, lumayan banyak fast moving yg musti diganti :e-doh:

yg sudah jelas minta ganti; semua belt (kecuali timing Belt), CV boot, kampas rem, dsb
yg minta diremajakan; koil dan kabel busi, service Steering Rack End, dan yg masih pusing mencarinya, Sensor Air Flow :shrug:

tar saya postingkan lagi deh...
Banyak tuh jajannya sisanti bro Imsus....tapi ga apa2 demi kenyamanan dan keamanan dalam berkendaraan.....kemaren santi ane ultah...bayar pajak stnk di samsat ciledug Rp 1.8 jt...turun Rp 300 rb dibandingkan tahun sebelummnya....!!!

terjadi penurunan yang signifikan...hehehe
awi_charles
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Oct 13, 2009 9:27
Location: Sawangan - Depok

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by awi_charles »

:big_peace: Absen bro...
sementara Santi ku masi dalam kondisi sehat-sehat
hanya saja kemarin van beltnya lari dan ternyata untuk coil AC sudah dirubah 5Pk jadi 7Pk akhirnya vanbelt di cari 4Pk biar gak lari-lari kata montirnya...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah...blom ada yg absen.... :ungg:

btw, sore nanti (29/01/10) rencananya santi bisa diambil di bengkel...blom tau nih apa aja yg diganti, moga2 engga surprise :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Kuruma wrote:
imsus2c wrote:absen pak.... :big_peace:

btw, kemungkinan jumat besok (29/1/10) santi sudah bisa diambil

ternyata, lumayan banyak fast moving yg musti diganti :e-doh:

yg sudah jelas minta ganti; semua belt (kecuali timing Belt), CV boot, kampas rem, dsb
yg minta diremajakan; koil dan kabel busi, service Steering Rack End, dan yg masih pusing mencarinya, Sensor Air Flow :shrug:

tar saya postingkan lagi deh...
Banyak tuh jajannya sisanti bro Imsus....tapi ga apa2 demi kenyamanan dan keamanan dalam berkendaraan.....kemaren santi ane ultah...bayar pajak stnk di samsat ciledug Rp 1.8 jt...turun Rp 300 rb dibandingkan tahun sebelummnya....!!!

terjadi penurunan yang signifikan...hehehe
wah...saya juga barusan bayar PKB, tapi punya saya (nopol L) kok masih Rp. 2.455.000,- :shrug:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

imsus2c wrote: 4. Berusaha cari ganti Air Flow Sensor
di forum sebelah, saya kenalan sama member yg buka lapak disitu, spesialis spare parts mobil korea

iseng2 nanya airflow, eh ternyata ada....dan yg bikin kaget, dia berani pasang harga cuma Rp.2.5 Juta, jauh dibawah harga BeRes yg hampir Rp. 5.8juta, alias ga sampai setengah harga BeRes

saya penasaran, dan tanya, apa barangnya asli? dia jawab iya
saya tanya lagi, kenapa bisa murah? dia jawab karena datangin sendiri dari korea (katanya punya teman/channel yg juga jualan spare parts di Korea)

sedikit spekulasi, saya order ke dia, transfer full amount, dan 3 hari kemudian barang nyampe

setelah lihat barangya, sama persis, S/N-nya, kardusnyapun Genuine Hyundai, bahkan di sensor-nya tertulis BOSCH Made In Germany, pokoknya sama persis plek dgn punya saya yg rusak
kemaren langsung saya kirim ke bengkel, tinggal harap2 cemas apakah barangnya bagus...makanya besok dicek sekalian ambil santi

karena buru2, saya ga sempet foto barangnya, nanti saya uploadkan disini deh
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

imsus2c wrote:
imsus2c wrote: 4. Berusaha cari ganti Air Flow Sensor
di forum sebelah, saya kenalan sama member yg buka lapak disitu, spesialis spare parts mobil korea

iseng2 nanya airflow, eh ternyata ada....dan yg bikin kaget, dia berani pasang harga cuma Rp.2.5 Juta, jauh dibawah harga BeRes yg hampir Rp. 5.8juta, alias ga sampai setengah harga BeRes

saya penasaran, dan tanya, apa barangnya asli? dia jawab iya
saya tanya lagi, kenapa bisa murah? dia jawab karena datangin sendiri dari korea (katanya punya teman/channel yg juga jualan spare parts di Korea)

sedikit spekulasi, saya order ke dia, transfer full amount, dan 3 hari kemudian barang nyampe

setelah lihat barangya, sama persis, S/N-nya, kardusnyapun Genuine Hyundai, bahkan di sensor-nya tertulis BOSCH Made In Germany, pokoknya sama persis plek dgn punya saya yg rusak
kemaren langsung saya kirim ke bengkel, tinggal harap2 cemas apakah barangnya bagus...makanya besok dicek sekalian ambil santi

karena buru2, saya ga sempet foto barangnya, nanti saya uploadkan disini deh


Bro Imsus itu yang Mobis kali ya....? secara umum sih antara part Hyundai Mobis dan HMC ga ada bedanya, yang membedakan adalah harga karena masuk dengan cara yang berbeda, kalau part HMC masuk via atpm dan dikenakan biaya pajak yang tinggi karena termasuk barang mewah...tapi part Hyundai Mobis masuk via Importir umum, jadi pajaknya lebih murah dan tentunya harganya juga separuhnya....???

Mungkin Bro Mandala atau teman2 senior SM nich bisa kasih pencerahan mengenai spare part ini....!!! terutama mengenai kualitasnya part Mobis itu bagaimana...?? :frm_salut: :frm_salut:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah neh pada sudah bikin report
seneng euy dapat pencerahan ttg harga spare part yg hyubndai mobis, smoga aja aku bs dapet yg kayak gitu
aku mo pesen kamparem depan blakang....
trus belt3 nya kayaknya dah harus diganti..... tp bru dipake 40.000 km apa yaa sdh hrs ganti gitu yaaa..

oke gmn rebcana kopdar neh
segera aja di BSD de COST pertengahna feb.... yaa sekitar jam 12- 13 gitu... siapa mo gabung absen dolo

:big_peace:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

inoz wrote:wah neh pada sudah bikin report
seneng euy dapat pencerahan ttg harga spare part yg hyubndai mobis, smoga aja aku bs dapet yg kayak gitu
aku mo pesen kamparem depan blakang....
trus belt3 nya kayaknya dah harus diganti..... tp bru dipake 40.000 km apa yaa sdh hrs ganti gitu yaaa..

oke gmn rebcana kopdar neh
segera aja di BSD de COST pertengahna feb.... yaa sekitar jam 12- 13 gitu... siapa mo gabung absen dolo

:big_peace:
minggu ke 3 atau ke 4 bulan feb...jam 11/12 hingga selesai di D'cost BSD tangerang....rencana yg akan hadir :
1. Kang Inoz
2. Ane sendiri
3. dst...silahkan tulis buat persiapan
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by solar_kerosen »

Santi santi .... gue pikir apaan sekalinya Santa Fe :big_weee:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

pada kemana neh kok sepi
lonely

ayo kapan bisa kopdar lage, klotgl 20 feb ane gak bisa mungkin minggunya tgl 21 kali yaaa
ayo absen siapa yg mo hadir


:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

inoz wrote:pada kemana neh kok sepi
lonely

ayo kapan bisa kopdar lage, klotgl 20 feb ane gak bisa mungkin minggunya tgl 21 kali yaaa
ayo absen siapa yg mo hadir


:big_peace:
absen pak :big_peace:

sekalian report setelah habis servis besar akhir bulan lalu :weekk:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Kuruma wrote:
imsus2c wrote:
imsus2c wrote: 4. Berusaha cari ganti Air Flow Sensor
di forum sebelah, saya kenalan sama member yg buka lapak disitu, spesialis spare parts mobil korea

iseng2 nanya airflow, eh ternyata ada....dan yg bikin kaget, dia berani pasang harga cuma Rp.2.5 Juta, jauh dibawah harga BeRes yg hampir Rp. 5.8juta, alias ga sampai setengah harga BeRes

saya penasaran, dan tanya, apa barangnya asli? dia jawab iya
saya tanya lagi, kenapa bisa murah? dia jawab karena datangin sendiri dari korea (katanya punya teman/channel yg juga jualan spare parts di Korea)

sedikit spekulasi, saya order ke dia, transfer full amount, dan 3 hari kemudian barang nyampe

setelah lihat barangya, sama persis, S/N-nya, kardusnyapun Genuine Hyundai, bahkan di sensor-nya tertulis BOSCH Made In Germany, pokoknya sama persis plek dgn punya saya yg rusak
kemaren langsung saya kirim ke bengkel, tinggal harap2 cemas apakah barangnya bagus...makanya besok dicek sekalian ambil santi

karena buru2, saya ga sempet foto barangnya, nanti saya uploadkan disini deh


Bro Imsus itu yang Mobis kali ya....? secara umum sih antara part Hyundai Mobis dan HMC ga ada bedanya, yang membedakan adalah harga karena masuk dengan cara yang berbeda, kalau part HMC masuk via atpm dan dikenakan biaya pajak yang tinggi karena termasuk barang mewah...tapi part Hyundai Mobis masuk via Importir umum, jadi pajaknya lebih murah dan tentunya harganya juga separuhnya....???

Mungkin Bro Mandala atau teman2 senior SM nich bisa kasih pencerahan mengenai spare part ini....!!! terutama mengenai kualitasnya part Mobis itu bagaimana...?? :frm_salut: :frm_salut:
betul pak, setelah saya perhatikan kardus dan hologramnya, ada tulisan mobis. Part Nr.nya sih sama, kualitas secara kasat mata sih ga kelihatan bedanya, soal durabilitasnya, ya saya belum tahu...tinggal nanti dibuktikan
tetapi secara harga memang bedanya lumayan besar,
airflow saya dapatkan dengan harga 2.5 juta padahal part "resmi"nya sekitar 5,8 juta :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking