Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adiputra4 »

tj4hj4di wrote: Fri Oct 25, 2024 6:56
Kl yg review CVT gk ada ya om ? :big_blushing:
Belum pernah pegang mobil CVT om :mky_01:
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tj4hj4di »

adiputra4 wrote: Fri Oct 25, 2024 8:59
tj4hj4di wrote: Fri Oct 25, 2024 6:56
Kl yg review CVT gk ada ya om ? :big_blushing:
Belum pernah pegang mobil CVT om :mky_01:
:big_okay:
soalnya sy demen kl review model kek si om..detail dan sdh experimen sendiri bukan bengkel
Jd bukan kata org atau baca-baca dll wkwkwk
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by saturday »

adiputra4 wrote: Fri Oct 25, 2024 3:54 Mau share aja

Kemarin VRZ 2gd ane matic nya kalo downshift suka tiba2 jeduk.. trs ane iseng buat check kondisi ATF nya lewat baut check level dibuka sampe oli nya ngucur..

Pas oli nya keluar warna ATF Gulf LV yg ane pake udh agak keruh trs encer bgt, ya masi ada warna merah nya si.. padahal ane baru pake ni ATF kurleb 10rb KM (6 bulan) kok udh keruh ya pdhl sblmnya flush total 11 liter pake Gulf

Emg sih dalam 10rb KM itu sering keluar kota dan pasti bejek poll kalo kosong ngetol, naik turun gunung juga sering.. tapi dulu waktu pake ATF WS dengan gaya nyetir yg sama di 20rb KM ATF nya masih merah bening

Kayanya ATF WS buat long interval emg badak ya, ane banyak temuin mobil2 toyota yg pake WS baru ganti ATF di 80-100rb KM dari baru :mky_01:

Akhirnya ane flush lagi 8L nyobain pake Mobil Dex VI murmer seliter 80rb beli di speedservices

Image

yg sebelah kiri itu ATF yg keluar pada saat check oil level dari overflow plug setelah masuk Mobil Dex VI, yg kanan Gulf LV setelah pemakaian kurleb 10rb Km

Flush nya pake metode manual cabut selang yg ke ATF cooler, ga pake ATF changer

Yg dirasa setelah ganti ATF jeduknya emg udh hilang kalo downshift, Mobil Dex VI rasanya mirip2 kaya Gulf LV sama2 smooth.. cm kalah enteng aja :mky_01:

Gulf LV tuh enteng bgt enak buat dalam kota stop and go, di gas lgsg ngacir tu mobilnya.. dibanding PTT LV1 aja enakan Gulf LV menurut ane.. tapi sayang bgt baru 10rb udh keruh :big_cry:

Nanti selanjutnya mau liat ni Mobil Dex VI keruh ga dia ya di 10rb KM, jadi penasaran :mky_01:
Spek mesin apakah sudah ada modifikasi? Adakah penambahan ATF cooler pada unit kendaraannya?

Saya juga sedang pakai Gulf ATF LV ini di 2GD upgrade turbo + nozzle. Tapi saya pakai ATF cooler Hayden 678 dan nyetir cenderung normal. Jadi penasaran gimana hasilnya ketika drain penggunaan 20 ribu km.
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adiputra4 »

tj4hj4di wrote: Fri Oct 25, 2024 9:03
adiputra4 wrote: Fri Oct 25, 2024 8:59
tj4hj4di wrote: Fri Oct 25, 2024 6:56
Kl yg review CVT gk ada ya om ? :big_blushing:
Belum pernah pegang mobil CVT om :mky_01:
:big_okay:
soalnya sy demen kl review model kek si om..detail dan sdh experimen sendiri bukan bengkel
Jd bukan kata org atau baca-baca dll wkwkwk
maklum om hanya iseng2 berhadiah, hadiahnya jd ganti oli lagi deh ngolong lagi :mky_01: :big_dunno:
saturday wrote: Fri Oct 25, 2024 10:03
Spek mesin apakah sudah ada modifikasi? Adakah penambahan ATF cooler pada unit kendaraannya?

Saya juga sedang pakai Gulf ATF LV ini di 2GD upgrade turbo + nozzle. Tapi saya pakai ATF cooler Hayden 678 dan nyetir cenderung normal. Jadi penasaran gimana hasilnya ketika drain penggunaan 20 ribu km.
nope om, mobil full stock. Remap pun engga

nah boleh tuh nanti di 20rb KM share disini
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Suryaputra wrote: Fri Nov 01, 2024 6:03
Ini kok kayak mobil Batumakam ya, filter CVT kecilnya lokasinya jg mirip.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Fri Nov 01, 2024 8:00
Suryaputra wrote: Fri Nov 01, 2024 6:03
Ini kok kayak mobil Batumakam ya, filter CVT kecilnya lokasinya jg mirip.
Hoya
Ada 2 filter jg strainer dan heat exchanger
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wokwokC24
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 31, 2024 15:48

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by wokwokC24 »

Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?

🙏🙏
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55 Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?

🙏🙏
1. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe D

2. Ganti drain and refill 2x aja

3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wokwokC24
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 31, 2024 15:48

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by wokwokC24 »

Suryaputra wrote: Mon Nov 04, 2024 2:10
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55 Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?

🙏🙏
1. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe D

2. Ganti drain and refill 2x aja

3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AbdulHakim »

om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40
Suryaputra wrote: Mon Nov 04, 2024 2:10
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55 Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?

🙏🙏
1. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe D

2. Ganti drain and refill 2x aja

3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
Overfill itu
perlu fine tuning.

- coba nyalain mesin,
- jalanin mobil dulu atau running idle di tempat,
- pindah2in tuas transmisi dari P R N D dan balik lg.
*tapi dikasih jeda tiap posisi 3-4 detik

(klo ada OBD cek sampai suhu >60C)

- setelah itu matikan mesin
- tunggu semenit
- cek dipsticknya,
klo kelebihan kurangi sampai batas garis Hot

kurang-kurang 1mm gpp
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
DW1
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:40
AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
DW1
oke mbah, DW1 ini kyknya produsen satu-satunya Honda aja ya, produsen lain kyk aisin, kyu-kyu, valvoline ga ada yang bikin?
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by feri307 »

Minta maaf jika pertanyaan ini dianggap konyol:

Apakah tidak mengganti oli transmisi setelah melewati masa inreyen/breaking in, dpt berdampak buruk dlm jangka panjang? Seberapa banyak anggota forum ini yg "agak laen" untuk mengganti nyaris seluruh fluida di bagian yang banyak friksinya seperti transmisi, setelah selesai masa inreyen?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:49
Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:40
AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
DW1
oke mbah, DW1 ini kyknya produsen satu-satunya Honda aja ya, produsen lain kyk aisin, kyu-kyu, valvoline ga ada yang bikin?
Karena spek honda yang keluarin. Kalo produsen lain keluarinnya atf multi yang memenuhi spek tersebut
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:49
Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:40
AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
DW1
oke mbah, DW1 ini kyknya produsen satu-satunya Honda aja ya, produsen lain kyk aisin, kyu-kyu, valvoline ga ada yang bikin?
Bikin koq mbah
Ada tulisannya comply ke DW1

Biasanya low visco / visco setara Dex 6

Contoh yg comply ke ATF Honda DW1
- Q8 Auto MV
- Petronas Tutela Multi ATF 700
- PTT Automat LV1
Last edited by Suryaputra on Tue Nov 05, 2024 5:27, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

feri307 wrote: Tue Nov 05, 2024 3:52 Minta maaf jika pertanyaan ini dianggap konyol:

Apakah tidak mengganti oli transmisi setelah melewati masa inreyen/breaking in, dpt berdampak buruk dlm jangka panjang? Seberapa banyak anggota forum ini yg "agak laen" untuk mengganti nyaris seluruh fluida di bagian yang banyak friksinya seperti transmisi, setelah selesai masa inreyen?
Just my opinion,

1. Pilihan pribadi
2. Klo sy concern nya lbh ke fluid level check, biasanya dr produsen under filled
3. Tp klo ditanya lbh baik mana? Ya sekalian aja level check + drain and refill

Krn klo ditanya lbh baik ganti atau nggak?..
Ya pasti lbh baik ganti, terutama untuk long term
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:39
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40 Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
Overfill itu
perlu fine tuning.
- coba nyalain mesin,
- jalanin mobil dulu atau running idle di tempat,
- pindah2in tuas transmisi dari P R N D dan balik lg.
*tapi dikasih jeda tiap posisi 3-4 detik

(klo ada OBD cek sampai suhu >60C)
- setelah itu matikan mesin ralat dibawah
- tunggu semenit
- cek dipsticknya,
klo kelebihan kurangi sampai batas garis Hot

kurang-kurang 1mm gpp
setahu saya untuk nissan prosedur cek level oli matic setelah ritual masukin ke P R N D L itu posisinya taruh di P, dengan kondisi mesin hidup cek level oli. deepstick ada sisi saatmesin HOT (Setelah dipakai jalan) dan sisi COLD (saat mesin belum dipakai jalan)
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40 Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
fine tuning dahulu, mungkin volume oli matic kelebihan. cara fine tuning ini dari manual book nissan grand livina
Cek ATF livina.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

feri307 wrote: Tue Nov 05, 2024 3:52 Minta maaf jika pertanyaan ini dianggap konyol:

Apakah tidak mengganti oli transmisi setelah melewati masa inreyen/breaking in, dpt berdampak buruk dlm jangka panjang? Seberapa banyak anggota forum ini yg "agak laen" untuk mengganti nyaris seluruh fluida di bagian yang banyak friksinya seperti transmisi, setelah selesai masa inreyen?
Khusus oli Transmisi matic, baik cvt atau Konven, palng cek levelnya aja, kalo kurang tmabah dengan jenis yg sama
Baru nanti setelah bbrp km pemakaian ( 20rb km kira2 ) drain n refill aja biar hati tenang

Beda cerita kalo oli mesin, km 1000 biasanya saya ganti lengkap dengan oil filter.

Btw jgn lupa fluida rem itu juga penting, per 2 tahun ganti biar aman.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Tue Nov 05, 2024 6:23
Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:39
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40 Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
Overfill itu
perlu fine tuning.
- coba nyalain mesin,
- jalanin mobil dulu atau running idle di tempat,
- pindah2in tuas transmisi dari P R N D dan balik lg.
*tapi dikasih jeda tiap posisi 3-4 detik

(klo ada OBD cek sampai suhu >60C)
- setelah itu matikan mesin ralat dibawah
- tunggu semenit
- cek dipsticknya,
klo kelebihan kurangi sampai batas garis Hot

kurang-kurang 1mm gpp
setahu saya untuk nissan prosedur cek level oli matic setelah ritual masukin ke P R N D L itu posisinya taruh di P, dengan kondisi mesin hidup cek level oli. deepstick ada sisi saatmesin HOT (Setelah dipakai jalan) dan sisi COLD (saat mesin belum dipakai jalan)
okeh thanks for koreksi mbah :big_deal:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
numpang saran

dari pemakai girbok jadul MAXA 4 sepit ahond jadul

pengganti nya DW-1

laen merek ? kl bsa jangan

girbok honda geared metik itu girbok manual di metik an

beda sistem ama gigi matahari kaya d metik2 geared umum nya

atf Z1 atawa DW-1 itu walaupun beda visco (krn yg satu mineral, yg satu lg full syn), kandungan anti wear nya lebi tinggi dr atf laen nya, di luaran sana ud banyak kes rontok gara2 pake atf aftermarket, dan umumnya para ahond enthusiast pd saranin stick to DW-1

utk lebi jelas nya bsa ubeg2 BITOG, drpd kita orang cuap2 dsini, ga mau dikira sotoy trus salah..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Tue Nov 05, 2024 10:12
AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
numpang saran

dari pemakai girbok jadul MAXA 4 sepit ahond jadul

pengganti nya DW-1

laen merek ? kl bsa jangan

girbok honda geared metik itu girbok manual di metik an

beda sistem ama gigi matahari kaya d metik2 geared umum nya

atf Z1 atawa DW-1 itu walaupun beda visco (krn yg satu mineral, yg satu lg full syn), kandungan anti wear nya lebi tinggi dr atf laen nya, di luaran sana ud banyak kes rontok gara2 pake atf aftermarket, dan umumnya para ahond enthusiast pd saranin stick to DW-1

utk lebi jelas nya bsa ubeg2 BITOG, drpd kita orang cuap2 dsini, ga mau dikira sotoy trus salah..
mereka in house build sih ya

Klo macam toyota suzuki gtu kan build by aisin
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 10:16
DOHC wrote: Tue Nov 05, 2024 10:12
AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
numpang saran

dari pemakai girbok jadul MAXA 4 sepit ahond jadul

pengganti nya DW-1

laen merek ? kl bsa jangan

girbok honda geared metik itu girbok manual di metik an

beda sistem ama gigi matahari kaya d metik2 geared umum nya

atf Z1 atawa DW-1 itu walaupun beda visco (krn yg satu mineral, yg satu lg full syn), kandungan anti wear nya lebi tinggi dr atf laen nya, di luaran sana ud banyak kes rontok gara2 pake atf aftermarket, dan umumnya para ahond enthusiast pd saranin stick to DW-1

utk lebi jelas nya bsa ubeg2 BITOG, drpd kita orang cuap2 dsini, ga mau dikira sotoy trus salah..
mereka in house build sih ya

Klo macam toyota suzuki gtu kan build by aisin
driving plisurr :big_exellent: :big_exellent:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: