Belum pernah pegang mobil CVT om

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Belum pernah pegang mobil CVT om
Spek mesin apakah sudah ada modifikasi? Adakah penambahan ATF cooler pada unit kendaraannya?adiputra4 wrote: Fri Oct 25, 2024 3:54 Mau share aja
Kemarin VRZ 2gd ane matic nya kalo downshift suka tiba2 jeduk.. trs ane iseng buat check kondisi ATF nya lewat baut check level dibuka sampe oli nya ngucur..
Pas oli nya keluar warna ATF Gulf LV yg ane pake udh agak keruh trs encer bgt, ya masi ada warna merah nya si.. padahal ane baru pake ni ATF kurleb 10rb KM (6 bulan) kok udh keruh ya pdhl sblmnya flush total 11 liter pake Gulf
Emg sih dalam 10rb KM itu sering keluar kota dan pasti bejek poll kalo kosong ngetol, naik turun gunung juga sering.. tapi dulu waktu pake ATF WS dengan gaya nyetir yg sama di 20rb KM ATF nya masih merah bening
Kayanya ATF WS buat long interval emg badak ya, ane banyak temuin mobil2 toyota yg pake WS baru ganti ATF di 80-100rb KM dari baru![]()
Akhirnya ane flush lagi 8L nyobain pake Mobil Dex VI murmer seliter 80rb beli di speedservices
yg sebelah kiri itu ATF yg keluar pada saat check oil level dari overflow plug setelah masuk Mobil Dex VI, yg kanan Gulf LV setelah pemakaian kurleb 10rb Km
Flush nya pake metode manual cabut selang yg ke ATF cooler, ga pake ATF changer
Yg dirasa setelah ganti ATF jeduknya emg udh hilang kalo downshift, Mobil Dex VI rasanya mirip2 kaya Gulf LV sama2 smooth.. cm kalah enteng aja![]()
Gulf LV tuh enteng bgt enak buat dalam kota stop and go, di gas lgsg ngacir tu mobilnya.. dibanding PTT LV1 aja enakan Gulf LV menurut ane.. tapi sayang bgt baru 10rb udh keruh
Nanti selanjutnya mau liat ni Mobil Dex VI keruh ga dia ya di 10rb KM, jadi penasaran![]()
maklum om hanya iseng2 berhadiah, hadiahnya jd ganti oli lagi deh ngolong lagitj4hj4di wrote: Fri Oct 25, 2024 9:03![]()
soalnya sy demen kl review model kek si om..detail dan sdh experimen sendiri bukan bengkel
Jd bukan kata org atau baca-baca dll wkwkwk
nope om, mobil full stock. Remap pun enggasaturday wrote: Fri Oct 25, 2024 10:03
Spek mesin apakah sudah ada modifikasi? Adakah penambahan ATF cooler pada unit kendaraannya?
Saya juga sedang pakai Gulf ATF LV ini di 2GD upgrade turbo + nozzle. Tapi saya pakai ATF cooler Hayden 678 dan nyetir cenderung normal. Jadi penasaran gimana hasilnya ketika drain penggunaan 20 ribu km.
Ini kok kayak mobil Batumakam ya, filter CVT kecilnya lokasinya jg mirip.
Hoyasintoni wrote: Fri Nov 01, 2024 8:00Ini kok kayak mobil Batumakam ya, filter CVT kecilnya lokasinya jg mirip.
1. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe DwokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55 Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?
![]()
Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.Suryaputra wrote: Mon Nov 04, 2024 2:101. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe DwokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55 Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?
![]()
2. Ganti drain and refill 2x aja
3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
Overfill ituwokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.Suryaputra wrote: Mon Nov 04, 2024 2:101. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe DwokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55 Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?
![]()
2. Ganti drain and refill 2x aja
3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
DW1AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
oke mbah, DW1 ini kyknya produsen satu-satunya Honda aja ya, produsen lain kyk aisin, kyu-kyu, valvoline ga ada yang bikin?Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:40DW1AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
Karena spek honda yang keluarin. Kalo produsen lain keluarinnya atf multi yang memenuhi spek tersebutAbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:49oke mbah, DW1 ini kyknya produsen satu-satunya Honda aja ya, produsen lain kyk aisin, kyu-kyu, valvoline ga ada yang bikin?Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:40DW1AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
Bikin koq mbahAbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:49oke mbah, DW1 ini kyknya produsen satu-satunya Honda aja ya, produsen lain kyk aisin, kyu-kyu, valvoline ga ada yang bikin?Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:40DW1AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
Just my opinion,feri307 wrote: Tue Nov 05, 2024 3:52 Minta maaf jika pertanyaan ini dianggap konyol:
Apakah tidak mengganti oli transmisi setelah melewati masa inreyen/breaking in, dpt berdampak buruk dlm jangka panjang? Seberapa banyak anggota forum ini yg "agak laen" untuk mengganti nyaris seluruh fluida di bagian yang banyak friksinya seperti transmisi, setelah selesai masa inreyen?
setahu saya untuk nissan prosedur cek level oli matic setelah ritual masukin ke P R N D L itu posisinya taruh di P, dengan kondisi mesin hidup cek level oli. deepstick ada sisi saatmesin HOT (Setelah dipakai jalan) dan sisi COLD (saat mesin belum dipakai jalan)Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:39Overfill ituwokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40 Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
perlu fine tuning.
- coba nyalain mesin,
- jalanin mobil dulu atau running idle di tempat,
- pindah2in tuas transmisi dari P R N D dan balik lg.
*tapi dikasih jeda tiap posisi 3-4 detik
(klo ada OBD cek sampai suhu >60C)
- setelah itu matikan mesin ralat dibawah
- tunggu semenit
- cek dipsticknya,
klo kelebihan kurangi sampai batas garis Hot
kurang-kurang 1mm gpp
fine tuning dahulu, mungkin volume oli matic kelebihan. cara fine tuning ini dari manual book nissan grand livinawokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40 Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
Khusus oli Transmisi matic, baik cvt atau Konven, palng cek levelnya aja, kalo kurang tmabah dengan jenis yg samaferi307 wrote: Tue Nov 05, 2024 3:52 Minta maaf jika pertanyaan ini dianggap konyol:
Apakah tidak mengganti oli transmisi setelah melewati masa inreyen/breaking in, dpt berdampak buruk dlm jangka panjang? Seberapa banyak anggota forum ini yg "agak laen" untuk mengganti nyaris seluruh fluida di bagian yang banyak friksinya seperti transmisi, setelah selesai masa inreyen?
okeh thanks for koreksi mbahGreenhunter wrote: Tue Nov 05, 2024 6:23setahu saya untuk nissan prosedur cek level oli matic setelah ritual masukin ke P R N D L itu posisinya taruh di P, dengan kondisi mesin hidup cek level oli. deepstick ada sisi saatmesin HOT (Setelah dipakai jalan) dan sisi COLD (saat mesin belum dipakai jalan)Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:39Overfill ituwokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40 Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
perlu fine tuning.
- coba nyalain mesin,
- jalanin mobil dulu atau running idle di tempat,
- pindah2in tuas transmisi dari P R N D dan balik lg.
*tapi dikasih jeda tiap posisi 3-4 detik
(klo ada OBD cek sampai suhu >60C)
- setelah itu matikan mesin ralat dibawah
- tunggu semenit
- cek dipsticknya,
klo kelebihan kurangi sampai batas garis Hot
kurang-kurang 1mm gpp
numpang saranAbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
mereka in house build sih yaDOHC wrote: Tue Nov 05, 2024 10:12numpang saranAbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
dari pemakai girbok jadul MAXA 4 sepit ahond jadul
pengganti nya DW-1
laen merek ? kl bsa jangan
girbok honda geared metik itu girbok manual di metik an
beda sistem ama gigi matahari kaya d metik2 geared umum nya
atf Z1 atawa DW-1 itu walaupun beda visco (krn yg satu mineral, yg satu lg full syn), kandungan anti wear nya lebi tinggi dr atf laen nya, di luaran sana ud banyak kes rontok gara2 pake atf aftermarket, dan umumnya para ahond enthusiast pd saranin stick to DW-1
utk lebi jelas nya bsa ubeg2 BITOG, drpd kita orang cuap2 dsini, ga mau dikira sotoy trus salah..
driving plisurrSuryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 10:16mereka in house build sih yaDOHC wrote: Tue Nov 05, 2024 10:12numpang saranAbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
dari pemakai girbok jadul MAXA 4 sepit ahond jadul
pengganti nya DW-1
laen merek ? kl bsa jangan
girbok honda geared metik itu girbok manual di metik an
beda sistem ama gigi matahari kaya d metik2 geared umum nya
atf Z1 atawa DW-1 itu walaupun beda visco (krn yg satu mineral, yg satu lg full syn), kandungan anti wear nya lebi tinggi dr atf laen nya, di luaran sana ud banyak kes rontok gara2 pake atf aftermarket, dan umumnya para ahond enthusiast pd saranin stick to DW-1
utk lebi jelas nya bsa ubeg2 BITOG, drpd kita orang cuap2 dsini, ga mau dikira sotoy trus salah..
Klo macam toyota suzuki gtu kan build by aisin