komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

:roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:

gw bingung ngikutin obrolan para pakar... mesti pelan2 bacanya sambil nyontek2 ke wiki

ikut menikmati aja dah... seru... rame... thanks om cruizer makin rame aja nih threadnya
mdid wrote:Cuma hati hati kalo bekas pakai proyek atau daerah pedalaman, semua yang diatas bisa berbeda arah. usia mobil 3-5 taon udah banyak masalah, minta gonta ganti ini itu, bolak balik bengkel !
maksud saya om, kalo kita ambil mobil2 seperti umumnya, misalnya avanza, 3-5 tahun pakai kita mesti mikir ganti mobil baru. tapi kalo mobil sekelas pajero, land cruiser, patrol, dll, asal pemakaiannya ngga extreme, bisa dipake for lifetime seperti FJ55 kenalan saya itu :big_peace:
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

@mdid

klo utk ogut, lc vx80/100 msh terbilang ok utk jkt, mungkin krn udah terbiasa bw mobil besar.
Kalo vx80 msh enak tuh dibw ke daerah yg rame angkot atau daerah2 suram lah. Ke daerah2 elite kyk sudirman thamrin atau mall2 jg masih ada gagahnya. vx100 jg lumayan serem. Meliuk2 di macet kyk kota, sudirman gitu2 masih bisa. Apalg klo warna hitam, kc film hitam, plat nomor nongol widih..muantap!
Kalo vx200 keliatan bgt mewahnya.

sptnya tetep banyakan altis lah bro he3x...
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

@gmx

ah, ogut jg sebatas pengalaman doang coy, jarang baca2 majalah mobil gitu...lgian banyakan info online nya gitu kekekeke...kode2 mesin jg ga apal...
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

om cruizer, join kita2 offroad ke pondok cabe
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

mdid wrote:
Wah hebat penjelasan dan penguasaan teknisnya, kayak wikipedia berjalan saja :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: . Jadi penasaran ama Billy kerja ada relevansi dengan mobil atau semacamnya ???

Kalo Billy dari teknis, saya mo share VR 80 dan Vx 100 dari pemakaian harian dengan bahasa awam.
Kelebihan VR 80 dan VX 100 di offroad ; tidak ada yang diragukan dan dipertanyakan, semua OK.
Tapi kalo di pakai dalam kota atau harian ini ini + dan - nya

(+) suspensi empuk banget, saking empuk laju kencang lewati polisi tidur rem dikit dah cukup, ngak rem sama sekali jg dijamin pantat masih nempel manis di jok.
Kalo sudah jalan, rasanya tidak sedang bawa mobil besar ,mungkin kayak bawa innova. Aneh sih ?
Jok lega dan ruang kaki lega banget cuma baris 1 dan 2.
Tenaga dan torsi yang banget pas kalo lagi full loading, akselasi di jalan nanjak, akselari tengah ngak malu in terutama di 80 -120 ( rpm 2000-3000an) saat di tol ato nyalip 2-3 mobil didepan, jadi ngak perlu narik panjang dari jauh.
Filter oli bisa kongsi punya toyota dyna, murah daripada innova D4D. kampas rem tidak terlalu mahal.
Ada mini kulkas di bawah arm rest, tapi hanya buat ukuran kaleng cocacola.
Suara mesin halus BANGET, phanter,innova diesel, pajero diesel kalah (no offence buat pemilik phanter n innnova diesel) meski belum CRD
Untuk VX 100 LTD , bisa naik turun body pakai suspensi hidrolik, bukan udara. Lebih awet sih dan harga masih diatas 500 jt.

(-)kalo sudah kenceng ngeri berhentinya. body 2.5 ton tanpa ABS dan apalagi ayun ayun lagi untuk versi VX 80. sedangkan VX 100, sudah ABS tapi untuk taon <2003, sensor ABS rem depan suka ngaco kalo service di bengkel ngak di bersihin.
Saat kecepatan tinggi menikung, tanpa sadar tangan akan pegangan kuat. kalo yang pertama kali bawa LC dan sebelum bawa sedan honda akan keluar keringat dingin . Limbung banget terutama untuk type VX 80.
Meski panjang gitu jOK baris ketiga kala lega dibandingakan kijang kapsul, kayak innova sekarang yag dimundurin jok keduanya.
cooler di armrest ,harus di control kalo lupa keringnya bau nya tidak enak
Radius putar gede, parkir susah. Kalo di tanah abang, mangga dua tukang parkir ogah lihat LC pas sudah selesai baru nonggol tukang parkirnya.
Interior usang untuk ukuran mobil sekarang, pipa duct AC baris kedua jadi barang aneh
VR 80 matic males dan tidak pintar, cuma 4 speed tapi ngak cepat jebol. start awal mesti sabar tunggu turbo nyala baru beranai.
Buat jalan penurunan dan tikungan harus nginjak rem terus. Kalo ketemu sekelas honda jazz berjiwa besar untuk ngalah dan kasih jalan dulu, toh mereka segera menghilang jauh, nikmati saja sebentar pantat kecil.
Sparepart banyak dan mahal, aki 100 Amp 2 biji, listrik 24 volt, oli plus filter 11 Ltr, ban cepat makan sebelah, ukuran 275/70/16 OWT brigestone @ 1.7 jt.
waduh makasih bngt om atas pujiannya...
:beer:

hehehe sebenernnya sya belum kerja di mana-mana om... sya baru lulus sma tahun ini.. dan bru kul semester pertama itu pun jurusan IT... hehehe sya tahunnya kya beginian mungkin karna bnyk baca,atw muter2 forum terus klw ada mobil yang gw suka gw cari infonnya terus kebetulan d SM treat pajero rame terus ketemu deh sma om mdid dan om gmx... jd nambah lagi ilmunnya.. heheh thx yah..

oh yah nambahin hampir lupa.... soal keluarga VX 100.. di sini ada 2 jenis seri 100 dan 105, beda di kaki-kaki dan kemewahannya.

vx100 bnyk sekali beredar di jalan, suspensi independent, bener kta om mdid pke suspensi udara bisa naik turun, dan kemewahan kelas 1.

klw VX105 dia axlennya rigid depan blkng, fiturnnya juga pling standar, kalau berpapasan pasti langsung tahu deh, kya ada yang ganjil gtu.. kya pelek kaleng, nda ada overfender dan pernak pernik lainnya, d bdg sering lihat kya gini.. biasannya sih, yg beli instasi pemerintah, atau kedutaan asing.. VX105 ini yang jago kemampuan oprutnnya klw nda salah ada opsi locker depan blkng.. mantap... hehehe

hehehe baru tahu klw VX80 ada 2 akinnya? dan 24 volt? soalnnya d FJ40 temen, yang d swap 1HD-T VX dynamo staternnya dan altenatornnya tetep bawaan vx tpi di test 12 volt om? akinnya cukup 1?

VX80/100/200 sama hummer H2 gede mana yah? ini aja udah oversize bngt...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

cruizer wrote: pengalaman gout dgn vx / vx-r80:
- walaupun blm cmmnrail, diesel nya msh lebih halus dr panther/kuda/kijang capsul diesel...
- klo vx ga ada kulkas dan manual, klo vx-r ada kulkas dan a/t
- suspensi sama, menurut gout sih ga empuk2 amat, tapi mantep aja. gout jg udah coba ban standard dan yg 33, mantep2 ajah...
- radius belok besar, wajar, krn memang mobil besar, perlu adaptasi bg yg tdnya biasa bw mobil kecil
- interior dijamannya terlihat keren, tp klo yg terawat bersih, bagus kok, walupun model nya aja yg beda dgn modern.
- row ke 3 ga seluas row ke 3 nya merc benz g klass yg muat 4 org, memang beda sih penempatannya, tp tetep aja leg dan head room nya sangat spacey
- soal a/t dulu memang msh begitu, yah namanya teknologi 11 thn yg lalu.
- klo tikungan balap dgn sedan kecil pasti ga bs, bobot nya besar, sama aja kayak rottweiler ngejer mini pincher. pinter2 main gear aja.
- soal kenceng2an sih, tergantung masing2 org, gout pernah smp 160kmh, bangsa soluna/greco gitu gout tempel suruh minggir hehehe...apalg klo ditanjakkan, mobil2 bensin yg torque nya kecil jgn coba2 deh kekekek
- bawanya mirip innova?..ga lah bro..ini jauh lebih besar...
- parkir? klo udah biasa mah ga masalah. Ada pernah tk parkir komen ke gout..wah ini mah bukan mobil, tapi truk!...heheh3x...pikir2 bener jg..klo sampingin sama truk colt hampir sama tinggi nya.
- plat body nya kuat, pernah ada kyk iring2an di daerah, terus ada kuda nya. gout minggir dan berhenti, eh tau2 nya kuda2nya lg bete kali dan ngamuk, gout udah ngeri bgt takut tuh kuda nendang2 kena mobil, tiba2 badannya mental ke body kanan boil gout, asli goyang banget di dalem. Gout sih udah "yah penyok deh, gimana nih..ah..nyuruh ganti jg kaga mungkin", pas tuh iringan lewat, gout turun, ternyata bodynya gpp...untung bgt dah..
- kalo rem versi ini, memang perlu penyesuaian, blakangnya jg masih drum. Tp pengalaman gout sih msh terbilang cukup lah. sering bersihin aja.
- aki masih satu
- soal ban aus sebelah, harus spooring aja bro. pengalaman gout ga nemu aus sebelah.

klo vx100 sahara/aussie version:
- wah dieselnya halus
- tenaga okeh banget banget, power nya gedueee...
- a/t nya lebih halus
- suspensi mantap walaupun masih konvensional bukan hydrolic versi jepangnya. Empuk ga, keras jg ga. Mungkin maksud mr. mdid, suspensi nya tidak bouncy atau mantul, alias peredam nya okeh.
- rear a/c udah beda dgn 80series, ada kulkas, interior jg lumayan
- rem nya? waduh mantep euy serasa rem new crv/ xtrail, beda dgn 80 nya...
- aki nya ada 2

klo gout sih ogah deh lc yg bisa naik turun suspensi nya, "bola2" suspensi nya mahal, itu semacam penampung hydraulic oil nya. Biasanya klo dipake di indo krn jln byk berlubang, bisa cepet rusak. Asli, muahal banget satu bola nya..ada 4 suspensi jadi empat bola. Klo shock ganti, bola jg harus ganti...widih...gout ga deh, mending yg sahara ajaah...

80 dan 100 series pokoke mobil gahar dehh!!! hehehe...yg 200 malah agak futuristik, tp depannya keren sih..apa blm terbiasa kali liat nya ya...

uh..kok daku jd ngomongin vx 80 dan 100..maap yah..oot
sya blm pernah nyoba VX beneran pernah nyobannya di FJ40 rasa VX hehehe.....
di tol speedometer FJ40 sampai habis (160Kmh).. masih bnyk lgi nambahnnya... cuma nda tw brp kecepatannya meterannya abis... wkekek sampai selalu kebayang masukin ni mesin d XJ....

soal rem... sya pke nih master rem,booster dan kawannya dri VX80..... cuma jdi bahaya.. masa bru neken dikit ban udah hampir ngunci? mestinnya bwat 2.5ton di kasih bodi 1.5ton yah ngunci mulu...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

@billy
vx100 yg pk 2 aki

master rem nya stel lg aja, gout sih ogah main2 deh sama rem..

yg hydraulic suspension, klo mencapai kecepatan tertentu, biasanya kembali ke level semula. Jd bukan kayak bisa adjustable shock yg bs di stel ketinggian sesuai selera. Setau i sih getoo...

o iya, mobil segede lc klo ke bengkel cuci mobil, kadang2 suka menemukan ada bengkel yg "pak, maaf, mesinnya kita ga kuat ngangkat mobil nya pak, klo di bawah aja nyuci nya gimana pak?" kekeke..gout sih iya aja drpd ntar mobil kita jatoh. Pernah ada yg maksain naik, tp cuma kuat smp setengah kekeke..gout diem aja. Gara2 itu, tiap gout ke bengkel cuci yg blm pernah, gout tanya dulu kekeke...ada jg kok yg kuat.
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

@ billy

o iye, kyknya gout mesti se7 ama bokap lo. Drpd triton strada, mendingan navara, lebih gahar, mesinnya lebih power pula.

'97 vx-r80 dulu test bs dpt 1:10 fc nya, klo yg '95 vx80 m/t dulu yah kurang lebih deh
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

mdid wrote: karena itu pajero lebih pas mengisi segment yang banyak di pakai dalam kota tanpa kelemahan diatas untuk pemakaian sesekali luarkota dan offroad yang bukan kelas rainforest challenge atau camel trophy. @ billy, ada kosa kata baru RFC ,aku pernah ikut LIHAT doang waktu di Trengano, Malaysia 2002. Dikota besar yang padat seperti di taiwan, hongkong, Sarawak malyasia, new zealand, brasil populasi pajero dan prado lebih besar dibanding Vx series. Tapi unik di Jakarta fenomema LC VX 200 atau LX 570 yang mahal dan ukuran extra L banyak terlihat di jalan macet, mall yang susah parkir, atau segitiga sudirman yang pagi sore tidak ada space kosong di gedung atau jalanannya. mungkin lebih banyak dibandingkan new corolla altis atau daihatsu grandmax, ya.
hehehe.. di indo jelas karena brand minded dlm hal ini toyota....

kyannya marketing plannya toyota memang bagus dlm menancapkan image mobil. inget, biasannya yang pertama kli keluar itu selalu jadi patokan dan mindset konsumen. kya VX80 pertama keluar sebuah SUV berukuran besar, yang kencang dan irit suatu kombinasi yang tidak mungkin tercapai oleh saingan SUV premium yang beredar pd masa itu yaitu VX, XJ, dan pajero. Xj cukup bnyk di beli saat itu akibat brand jeep yang juga punnya penggemar fanatic tenaga besar dan saat itu harga bbm belum semahal skrng. sedangkan pajero aga telat keluarnnya baru setelah VX dan Xj ramai, baru beberapa tahun kemudian pajero gen2 masuk.

lalu yang paling sukses? tentu saja VX apa lagi setelah beberapa tahun kemudian terbukti ni mobil tangguh irit, dan muat orang bnyk ini juga sebauh point plus yang tak ada d SUV lain karena bagi keluarga di indo daya muat orang sering jadi point penting. setelah itu makin bnyk yang nyari, lalu hukum ekonomi berlaku, makin bnyk yang mau ni mobil, hargannya makin tinggi... setelah itu tercipta lah image toyota Land Cruiser VX ini sebagai kendaraan harian dan keluarga. melihat harga resale yang bgtu tinggi bgtu VX80 di stop orang sudah tidak ragu untuk membeli VX100 walau lewat IU. dgn harapan punnya ketangguhan,feel dan resale value yang di wariskan seri 80. bagitu juga dgn VX200 walau jujur sja mesin 1VD-FTVnya sya ragu tetap bisa mewarisi ke handalan 1HD-T....

syang prado tdk pernah benar benar serius di pasarkan lewat ATPM karena market sharennya pada tahun prado 90 (tahun 90an>) di kuasai VX80, jadi TAM tdk mau ambil resiko, selain itu prado yang 5 seater punnya peluang sukses tdk setinggi yang 7/8seater

tpi sya nggak ngerti market strategi yang sekarang dlm masarin forti inova dan hilux.... image ke 3nya kok saling tarik menarik sih.... padahal ketigannya produk yang berbeda....


cmiiw yah
thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

cruizer wrote:@ billy

o iye, kyknya gout mesti se7 ama bokap lo. Drpd triton strada, mendingan navara, lebih gahar, mesinnya lebih power pula.

'97 vx-r80 dulu test bs dpt 1:10 fc nya, klo yg '95 vx80 m/t dulu yah kurang lebih deh
hehehe klw ngelihat bagian depan + engine sih sya juga demen navara, bgtu juga bokap..

tpi bgtu lihat interior, terutama 2nd row.. duh mikir2 lagi deh... sempit dan tegak bngt duduknnya. triton sih, rajanya 2nd row untuk d-cab luas, dan landai mirip sedan, lihat aja posisi wall yang misahin dgn bak melengkung kebawah, ini memberi kelebihan ruang xtra untuk kursi 2nd row,

untuk navara... mending waiting pathfinder deh...

selain itu triton lebih aman diminumin solar biasa di banding navara... sayang powernnya hannya 136ps dan trans maticnnya 4 speed overdrive, wah jadul nih, apa lagi d padukan turbo biasa, tentu harus bnyk mainin RPM agar powernnya mau keluar, kyannya sulit klw dgn matic seperti ini (kta mwnnya matic)

akhirnnya..... untuk d-cab kita jagoin ranger aja.. yang 3ltr matic 5speed turbo VGT 156ps dan low pressure commonrail seperti triton, yang aman di minumin solar. 2nd rownnya memang tdk seluas triton, tpi jauh lebih enak dbanding navara.

yang saya garis bawahi, mungkin navara bisa nyemburin 174ps dalam kondisi mesin prima, untuk mencapai kondisi prima ini tentu bahan bakarnnya mesti yan memenuhi kriteriannya kan? nah kalau navara di isi bio/solar mungkin memang bisa, tpi powernnya enggak bakal bisa 174ps, walau tetep berasa kencang,sehingga ownernnya tidak sadar sampai tahap tertentu. belum efek samping penggunaan solar biasa yang bisa nyumbat nozel highpress CRDnya yang berujung mesin makin lemot. frontier lama sja yg nonCRD sering tuh kasus lemot gara2 nozelnnya kotor, blm klw misalnnya mesin overheating atau jebol lalu cylider headnya kena kalau tidak salah, nissan letak nomer mesinnya justru di bagian ini, jadi klw sampai rusak dan di ganti urusannya bisa sampai kepolisian.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by roadtrain99 »

ngomong lc nih? ikutan ah. IMHO nih, gw rasa prado blm bs dibilang LC sejati spt abangnya di keluarga LC. Mungkin tyt sengaja menargetkan market yg berbeda utk prado.
tanpa mikir resale value bla bla bla, LC vx80 & generasi berikut nya memang top! Dulu pas thn 95 wkt premier nya LC vx80 gw agak ngeremehin, krn udah nikmatin cherokee 4.0ltr, ternyata vx80 memberikan suatu yg lain. Landcruiser tidak main main.

@billy
btw, soal solar, hp dan torque yg dari pabrik kurang cocok diaplikasiin di mobil2 yg beredar di indo.
pastinya navara jg ga bisa max keluarin 174hp dan 402nm nya itu krn kondisi solar lokal, begitu pula triton dan everest dan seabrek mobil crdi lainnya...

nih pathfinder..tau deh, mungkinkah masuk ke bumi pertiwi...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by Risol1 »

billyd1773dz wrote:kyannya marketing plannya toyota memang bagus dlm menancapkan image mobil. inget, biasannya yang pertama kli keluar itu selalu jadi patokan dan mindset konsumen. kya VX80 pertama keluar sebuah SUV berukuran besar, yang kencang dan irit suatu kombinasi yang tidak mungkin tercapai oleh saingan SUV premium yang beredar pd masa itu yaitu VX, XJ, dan pajero. Xj cukup bnyk di beli saat itu akibat brand jeep yang juga punnya penggemar fanatic tenaga besar dan saat itu harga bbm belum semahal skrng. sedangkan pajero aga telat keluarnnya baru setelah VX dan Xj ramai, baru beberapa tahun kemudian pajero gen2 masuk.
Kayaknya sih dari ketiga diatas: VX, XJ, dan Pajero, yg duluan masuk sini kayaknya XJ deh bos (thn 94), baru setelah itu VX dan Pajero yg masuk hampir berbarengan (95) CMIIW.
Malah kayaknya duluan Pajero bbrp bulan.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

kalau dri awal
pajeronya yang 2.8 TDi 4M40T kyannya bisa booming kya VX juga deh...
sayang kaga masuk, jadi mesti lewat IU..

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

roadtrain99 wrote:ngomong lc nih? ikutan ah. IMHO nih, gw rasa prado blm bs dibilang LC sejati spt abangnya di keluarga LC. Mungkin tyt sengaja menargetkan market yg berbeda utk prado.
tanpa mikir resale value bla bla bla, LC vx80 & generasi berikut nya memang top! Dulu pas thn 95 wkt premier nya LC vx80 gw agak ngeremehin, krn udah nikmatin cherokee 4.0ltr, ternyata vx80 memberikan suatu yg lain. Landcruiser tidak main main.

@billy
btw, soal solar, hp dan torque yg dari pabrik kurang cocok diaplikasiin di mobil2 yg beredar di indo.
pastinya navara jg ga bisa max keluarin 174hp dan 402nm nya itu krn kondisi solar lokal, begitu pula triton dan everest dan seabrek mobil crdi lainnya...

nih pathfinder..tau deh, mungkinkah masuk ke bumi pertiwi...
keren gan.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:

masuk nda yah? gantiin terrano?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

billyd1773dz wrote:kalau dri awal
pajeronya yang 2.8 TDi 4M40T kyannya bisa booming kya VX juga deh...
sayang kaga masuk, jadi mesti lewat IU..

cmiiw

thx
:beer:
om billy,
sebenernya juga dulu gw pengen yang 2.8 TDi, tapi bukan ATPM ya, dan katanya parts-nya mahal. nyarinya juga susee..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

mestinnya nda susah skrng sih om sparepartnnya..

kan 4M40 d pakai triton yang paling murah (GLX non CRD)

tapi yah itu barangnnya susah bngt...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by roadtrain99 »

thn 95an dulu lc jg masuk sebagai cbu, ga lwt atpm. Sebenernya skrg tetep cbu, tp udah di atpm kan. Mungkin pajero jg gitu, dulu setau gw, pas bareng2 keluar di indo pajero lebih ngetrend tp mulai thn pertama aja mulai merosot pamor nya smp skrg.

pathfinder ga tau d masuk sini apa ngga, tp gw pas lg di luar, ngeliat nih mobil emang keliatan panjang. liat aja navara nya, ukur d, lebih panjang dr LC.

old strada yg non crdi dan d-cab/pickup byk tuh dibatam..di sono sih mobil merk/variant aneh2 banyak..cuma ga boleh nyebrang pulau...
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

gmx wrote::roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:
maksud saya om, kalo kita ambil mobil2 seperti umumnya, misalnya avanza, 3-5 tahun pakai kita mesti mikir ganti mobil baru. tapi kalo mobil sekelas pajero, land cruiser, patrol, dll, asal pemakaiannya ngga extreme, bisa dipake for lifetime seperti FJ55 kenalan saya itu :big_peace:
@gmx, sikap diatas adalah SMART OWNER, yang melihat mobil dalam 3 fungsi alat transportasi, investasi dan koleksi /hobi. Biar lebih mantap, kalo lagi service ke bengkel resmi minta untuk pinjam baca beberapa buku PAJERO nya yang terdiri panduan parts, perawatan dan perbaikan yang dibagi lagi body N chassis, Engine, Transmisi, suspensi. Di jamin, setelah baca akan makin cinta sayang sama pajeronya karena di sana dibahas semuanya terutama alasan /dasar pemilihan bahan dan perawatannya. Nah untuk buku part bagian fast moving di fotocopy, jadi kalau ada pergantian sudah tahu parts dan bisa cek harga atau pesan di senen. Salah satu toko yang banyak part Pajero adalah Sarinah Jaya tel 3847282. kalo lagi perlu baru pesan dan bisa kirim lansung ke bengkel,cuma partnya mesti betul . Bisa beda max 20% dan tidak ada ppn 10%. Lumayan ngak.
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by shochu »

kalo mesin diesel VX100 rewel ga ya, sama solar jelek?
misalnya kita beli bekas & tu mobil dari awal sampe sekarang cuma pernah minum solar pertamina biasa doang, kira2 banyak potential problem ga sih?
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by ibar78 »

om GMX buat pajero dengan kilometer 85 rb, apa aja yang diganti? atau servis besar....perkiraaan budgetnya deh..... :big_peace: soale dah 6 bulan cuman ganti oli aja.....ma bokap disuruh masuk ke MTB di saharjo, cuman ane lagi nabung dulu buat masuk ke situ...takut gede aja biayanya....thanks :big_peace:
:popcorn:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

om ibar,
jangan sampe melakukan kesalahan yg saya buat terhadap pajero saya, yang bisa berakibat fatal, ya sebenernya sih karena keabisan budget juga. awal dapet pajero ini saya cukup ceroboh tapi saya beruntung ngga terjadi apa2

waktu saya ambil pajero ini, km-nya 55ribuan, baru ganti oli oleh owner sebelumnya. teman2 saya nyaranin buat ke bengkel resmi, general check up, tapi saya tunda dulu, malah saya bawa keliling jateng. di km 60rb, saya service, kebetulan juga di MTB Sahardjo, karena owner sebelumnya juga service di MTB. Saya minta general service check up, ganti semua oli (transmisi, gardan, dll), dan grease up, dan jangan lupa minta check bila ada keluhan. waktu itu keluhan saya adalah kalo bensin diisi full tank, setelah jalan ada tetesan bensin di atas ban kiri belakang. hasil check up adalah timing belt harus diganti karena mulai retak2, kanvas rem mulai habis, untung aja ngga putus waktu saya bawa jalan2

jadi pertama kali service itu adalah service 60rb (service besar, ganti oil filter, air filter, busi, ganti semua oli, ganti semua belt, tensioner, kanvas rem depan belakang, dan kuras tanki include service fuel pump, total abis 6jt, ampuuun... :e-doh: :e-doh: gpp deh yg penting pajero kesayangan kembali ke top condition. jangan lupa check boot2 drive shaft ada yg robek apa ngga

price listnya pernah saya tulis di page2 sebelumnya, yg paling mahal kanvas rem depan sepasang, harganya 1jutaan sendiri

kalo mau irit, bisa general check up di bengkel resmi, tanyain rekomendasi mereka apa, terus belanja di sendiri di senen misalnya di toko yang dikasih oleh om mdid, terus ngerjain di bengkel swasta yang bisa dipercaya. sebenernya banyak juga mekanik bengkel resmi yang bisa diajak maen, mereka bisa ngerjain di rumah, tapi saya belum pernah maen belakang gini.

bulan lalu waktu saya mau rekondisi eterna, ada temen saya anggota IDMOC yang nawarin ada mekanik yang kerjanya bagus, alat lengkap, bisa diajak ke rumah, tapi eterna udah terlanjur masuk bengkel temen, ngga jadi pake jasa mekanik itu. kalo mau nanti saya tanyain contactnya. kalo mau no hp leader mekanik MTB sahardjo saya juga ada, orangnya juga asik
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

mdid wrote: @gmx, sikap diatas adalah SMART OWNER, yang melihat mobil dalam 3 fungsi alat transportasi, investasi dan koleksi /hobi. Biar lebih mantap, kalo lagi service ke bengkel resmi minta untuk pinjam baca beberapa buku PAJERO nya yang terdiri panduan parts, perawatan dan perbaikan yang dibagi lagi body N chassis, Engine, Transmisi, suspensi. Di jamin, setelah baca akan makin cinta sayang sama pajeronya karena di sana dibahas semuanya terutama alasan /dasar pemilihan bahan dan perawatannya. Nah untuk buku part bagian fast moving di fotocopy, jadi kalau ada pergantian sudah tahu parts dan bisa cek harga atau pesan di senen. Salah satu toko yang banyak part Pajero adalah Sarinah Jaya tel 3847282. kalo lagi perlu baru pesan dan bisa kirim lansung ke bengkel,cuma partnya mesti betul . Bisa beda max 20% dan tidak ada ppn 10%. Lumayan ngak.
om mdid,
buku part seperti yang di toko2 spare part itu ya, ada gambar dan part numbernya.. saya juga udah punya file montero_fsm_1996_enginechassisbody.pdf (1420 halaman, 239MB) dan montero_fsm_1996_electrical.pdf (406 halaman, 61MB), download dari mana saya lupa, lengkap banget, mungkin ini primbon pajero seri II, tapi kurang asik baca softcopy
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

ibar78 wrote:om GMX buat pajero dengan kilometer 85 rb, apa aja yang diganti? atau servis besar....perkiraaan budgetnya deh..... :big_peace: soale dah 6 bulan cuman ganti oli aja.....ma bokap disuruh masuk ke MTB di saharjo, cuman ane lagi nabung dulu buat masuk ke situ...takut gede aja biayanya....thanks :big_peace:
btw om ibar, welcome to d club, nambah lagi nih owner Pajero. ceritain dong sedikit mengenai pajeronya, tahun berapa, bensin/diesel. hayo kita ke pondok cabe, om billy kapan nih bisanya

satu tips untuk Pajero Seri II, waktu pulang dari solo pertama kali, suspensi kok rasanya ngga enak banget, keras banget. saya coba bawa ke bengkel kaki Ceper Baru yang Babe di Jl Haji Nawi, katanya emang pajero & kuda kalo jalan jauh dgn muatan penuh shockbreaker belakang suka ngunci, ngga main lagi. sembuhnya didongkrak aja sampai tube-nya keluar, kanan kiri belakang aja, langsung enak lagi. kirain bakal mesti ganti shock, ternyata dongkrak aja beres
cintamobil
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Oct 30, 2008 15:50

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cintamobil »

Sori, newbie juga mau ikutan comment.. :e-think:

Kalau mau nyari yang irit, mending jgn VX 80, karena teman gw punya tahun 1997 n solarnya boros banget.. jakarta-bdg, 500rb duit bbm... Kalo VX 80 setahu saya manual yah, karena yang matik kan VX-R? Harga VX kalo tidak salah udah lumayan terdepresiasi, mungkin sekitar 270 thn 95.. Mau punya teman saya? warna merah, tapi plat medan.. he3..

Nah pajero.. berhubung mobil ini sudah sangat canggih pake commonrail segala, butuh penanganan khusus buat bbm nya.. Kalo pajero tahun tinggi, saya belum pernah dengar rusak ato ngak, tapi innova diesel 05 bokap saya (V type) suara mesinnya udah kasar banget sekarang (seperti panther), pdhl dulunya halus banget (karena pakai commonrail).. Padahal jarang pakai loh.. Terus kata pihak bengkel, ini mobil kudu harus campur addictive, kalo ngak nanti mesinnya bisa bermasalah. Filter aj 40.000km sekali ganti (iklan 100.000)

saran ane, kalo buat dalam kota, mending pakai bensin aja.. mengingat solar kita yang belum baik.. He3.. kasian juga kan, teman moto-rider kita terbatuk2 kena asap hitam diesel yang bau banget itu.. Ha3.. Kalo itu, pilihan yang cukup tepat sepertinya HArrier.. Ha3.. Tapi btw harganya berapa ya sekennya..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

^^
alow om...

hehehe mungkin VX temen om, udah nda beres mesinnya kli om.. atau bannya di ganti diluar standar..

seharusnnya VX-R 1:9 yang VX biasa bisa 1:10.... tpi gtw juga klw yg om bilang irit tuh kudu 1:15.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:

tpi da sya menganut aliran no prob klw rada boros tpi performa gila gilaan....

:big_peace:

setahu sya inova D4D filter 40rb km juga kelamaan musti 20rb... jadi 5x lipat lebih cepat..

klw udah nggak beres sebelum jeprut injectornnya, jual aja om.. toh toyota sih gmn juga pasti ada yg beli...

setahu sya sih klw nda salah.. asap solar yang kebul hitam dgn asap bensin walau bening, klw di cium yan lebih bahaya tetep bensin om... tpi memang tidak berbau dan warna, sehingga orang nggap diesel lebih bahaya, lw bensin yg kerasa langsung ke bada kya pusing gtu/mual gtu.. CMIIW tpi dua duannya juga bahaya jgn di terus di hirup hirup hehehe

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz