mdid wrote:
Wah hebat penjelasan dan penguasaan teknisnya, kayak wikipedia berjalan saja

. Jadi penasaran ama Billy kerja ada relevansi dengan mobil atau semacamnya ???
Kalo Billy dari teknis, saya mo share VR 80 dan Vx 100 dari pemakaian harian dengan bahasa awam.
Kelebihan VR 80 dan VX 100 di offroad ; tidak ada yang diragukan dan dipertanyakan, semua OK.
Tapi kalo di pakai dalam kota atau harian ini ini + dan - nya
(+) suspensi empuk banget, saking empuk laju kencang lewati polisi tidur rem dikit dah cukup, ngak rem sama sekali jg dijamin pantat masih nempel manis di jok.
Kalo sudah jalan, rasanya tidak sedang bawa mobil besar ,mungkin kayak bawa innova. Aneh sih ?
Jok lega dan ruang kaki lega banget cuma baris 1 dan 2.
Tenaga dan torsi yang banget pas kalo lagi full loading, akselasi di jalan nanjak, akselari tengah ngak malu in terutama di 80 -120 ( rpm 2000-3000an) saat di tol ato nyalip 2-3 mobil didepan, jadi ngak perlu narik panjang dari jauh.
Filter oli bisa kongsi punya toyota dyna, murah daripada innova D4D. kampas rem tidak terlalu mahal.
Ada mini kulkas di bawah arm rest, tapi hanya buat ukuran kaleng cocacola.
Suara mesin halus BANGET, phanter,innova diesel, pajero diesel kalah (no offence buat pemilik phanter n innnova diesel) meski belum CRD
Untuk VX 100 LTD , bisa naik turun body pakai suspensi hidrolik, bukan udara. Lebih awet sih dan harga masih diatas 500 jt.
(-)kalo sudah kenceng ngeri berhentinya. body 2.5 ton tanpa ABS dan apalagi ayun ayun lagi untuk versi VX 80. sedangkan VX 100, sudah ABS tapi untuk taon <2003, sensor ABS rem depan suka ngaco kalo service di bengkel ngak di bersihin.
Saat kecepatan tinggi menikung, tanpa sadar tangan akan pegangan kuat. kalo yang pertama kali bawa LC dan sebelum bawa sedan honda akan keluar keringat dingin . Limbung banget terutama untuk type VX 80.
Meski panjang gitu jOK baris ketiga kala lega dibandingakan kijang kapsul, kayak innova sekarang yag dimundurin jok keduanya.
cooler di armrest ,harus di control kalo lupa keringnya bau nya tidak enak
Radius putar gede, parkir susah. Kalo di tanah abang, mangga dua tukang parkir ogah lihat LC pas sudah selesai baru nonggol tukang parkirnya.
Interior usang untuk ukuran mobil sekarang, pipa duct AC baris kedua jadi barang aneh
VR 80 matic males dan tidak pintar, cuma 4 speed tapi ngak cepat jebol. start awal mesti sabar tunggu turbo nyala baru beranai.
Buat jalan penurunan dan tikungan harus nginjak rem terus. Kalo ketemu sekelas honda jazz berjiwa besar untuk ngalah dan kasih jalan dulu, toh mereka segera menghilang jauh, nikmati saja sebentar pantat kecil.
Sparepart banyak dan mahal, aki 100 Amp 2 biji, listrik 24 volt, oli plus filter 11 Ltr, ban cepat makan sebelah, ukuran 275/70/16 OWT brigestone @ 1.7 jt.