BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by GTR »

makanya saya penasaran, apa kali ini a/t konvensional sudah bisa bagus, sigap & responsif pd tanjakan & turunan, tanpa perlu geser2 tuas maupun tega WOT frequently.
Tp sptnya a/t konvensional tetap kurang maksimal utk menempuh tanjakan turunan, krn utk itu sbnrnya perlu diatur elektronis dgn sensor2 bagi a/t utk mengambil posisi ancang2 menjelang tanjakan & turunan.
Mau ga mau, a/t konvensional itu kalo di tanjakan turunan jadi diperlakukan semi manual yah, geser manual frequently posisi gear(top) a/t nya utk memperoleh ancang2 yg baik. kondisi ini beda jauh dgn jazz.
Poor GL, krn a/t di latio udah elektronis.
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Re:

Post by ongko »

liat2aja wrote:gw ada lihat foto2 Nissan Livina di majalah Autobild terbaru and I like it!

FYI gw bawa Jazz idsi. Mobil2 terdahulu gw SUV semua (Katana, Escudo) n selama bawa Jazz ini gw merasa kekurangan mobil Jazz ini adalah di ground clearancenya yang terlalu rendah (kemaren baru hantem lobang sampe gw mo nangis dengar suaranya). Variasi "mobil kecil" bergroundclearance tinggi ya paling SX4, tapi ntah kenapa gw rada sangsi beli mobil Suzuki lagi. So mungkin Nissan Livina (si baby) bisa jadi pilihan gw...
Kalo kaga salah sih, baik Grand Livina maupun Livina ground clearancenya lebih tinggi daripada sx4. GL & L = 18,5 cm, kalo SX4 = 17,5 cm (kalo kaga salah inget)...
fadjaralam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Dec 27, 2007 8:51

Re: Re:

Post by fadjaralam »

ongko wrote: Kalo kaga salah sih, baik Grand Livina maupun Livina ground clearancenya lebih tinggi daripada sx4. GL & L = 18,5 cm, kalo SX4 = 17,5 cm (kalo kaga salah inget)...
jadi kalo keliatannya GL itu pendek, itu silep mate? atau cara ngukurnya beda?
krn secara visual, jelas terlihat GL itu pendek. apa krn dek dan atepnya mmg "nyedan" yaa?
ayyooo, yang punya GL, mari kumpul ama yg punya SX4, kita ukur bareng...
atau bareng ketemu di showroom Suzuki pondok indah, kan sebelahan ama Nissan.
ntar kita ukur es-pe-ge nya... :e-naughty:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by GTR »

menurut spec sih, GC GL=185mm, GC SX4=175mm.
apa realnya tidak sebesar ini yah?
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by pinoh_boy »

Apa sih bedanya baby livina dengan GL, perasaan sama aja ya bentuknya dengan GL, cuma bangkunya dua baris aja....

Mohon pencerahan dari SMer?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by JESKONENG »

Menurut test otomotif, Livina dengan 2 baris bangku, lebih irit FC-nya 15% daripada GL... top speed bisa 185kpj.... Sedang Jazz VTEC th 05 gue sudah diobrakabrik (engine balance, port n polish, header, open air filter, muffler, lightened pulley, unichip Q) ya cuma 185 kpj top speednya.... kayaknya hebat juga si Livina ini yaa.... tapi jadi pingin test akselerasinya cepet mana jazz modif gue dengan Livina standard hehehe...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Re: Re:

Post by ongko »

fadjaralam wrote:
ongko wrote: Kalo kaga salah sih, baik Grand Livina maupun Livina ground clearancenya lebih tinggi daripada sx4. GL & L = 18,5 cm, kalo SX4 = 17,5 cm (kalo kaga salah inget)...
jadi kalo keliatannya GL itu pendek, itu silep mate? atau cara ngukurnya beda?
krn secara visual, jelas terlihat GL itu pendek. apa krn dek dan atepnya mmg "nyedan" yaa?
ayyooo, yang punya GL, mari kumpul ama yg punya SX4, kita ukur bareng...
atau bareng ketemu di showroom Suzuki pondok indah, kan sebelahan ama Nissan.
ntar kita ukur es-pe-ge nya... :e-naughty:
Setuju....... :e-dance:

Soale kadang2 di bawah sono tau2 ada yg ngejendol kali, jadi bisa aja mempengaruhi ground clearance. Jadi yg terbawah bukan yg kita liat dari samping boil, musti ngolong2 segala liat2 knalpot, suspensi dll.

Tapi kalo di brochure GL & L New Zealand edition, ground clearancenya 17,8 cm & 17,7 cm. Rada beda dengan yg di indo tuch.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by GTR »

yah bung jesk livina itu dohc-cvtc 2006 (cmiiw) vs jazz sohc-vtec 2001 ketinggalan 1 gen, maybe nanti compare dgn jazz08 lebih dekat.
tapi kalo yg matic sptnya masih unggul jazz vtec, paling tidak middle2 accelleration maupun akselerasi2 ringan/instant yg non-WOT.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by maxx »

pstt... inget dulu yg ditest majalah... GL 1.5L 0-100kph cuma 10.5detik .. itu masih standard loh.
Anyway.. tergantung skill drivernya juga.. bukan cuma mesin hebat aja yg menentukan pemenang.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by lonesnake »

GTR wrote:yah bung jesk livina itu dohc-cvtc 2006 (cmiiw) vs jazz sohc-vtec 2001 ketinggalan 1 gen, maybe nanti compare dgn jazz08 lebih dekat.
tapi kalo yg matic sptnya masih unggul jazz vtec, paling tidak middle2 accelleration maupun akselerasi2 ringan/instant yg non-WOT.
cvtc setau saya udah lama lho bro GTR, sejak mesin type QR generasi pertama mungkin sekitar tahun 2001 tidak ada perubahan kok cara kerjanya dengan yang sekarang CMIIW. Malah lebih canggihan yang i-VTEC milik honda. Tapi kayaknya Jazz yang baru nggak i-VTEC.
Maticnya Nissan konvensional, matic jazz udah CVT
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by GTR »

iya cvtc sudah lama, juga dgn vtec yg maybe lebih tua lagi. mksd saya tahun introduce GL dan introduce jazz.
Mesin jazz baru sudah i-vtec , bro leonsnake, kecuali ada mukjizat (yg jarang honda lakukan pd kelas compact cars nya) pasang mesin lama lagi di generasi lanjutan, tp terus terang masih mending begini (ada varian mesin lama) sih, kemungkinan lebih terjangkau.

Info dari TOV by wong KN:
1300cc itu pd dasarnya 12/16v mode / "valve deactivation vtec", mirip existing sohc-vtec honda model indo market, juga jazz vtec yg ada skrg.
1500cc barang baru nih, full-16v mode vtec, ini dgn dual cam-lobe (mild & high cam).
busi dual-electrode mix platinum-iridium.
CVT smoother, ratios jg udah beda, higher for accell dan lower at cruising.
banyak lagi sih advancement & refinement nya, ada tech yg worldwide-first disini.
nih link technology overview nya, interesting juga:
http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/index.html
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by kutkuy »

harga udah keluar blom yah?
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by B 0 YZ »

Katanya lebih mahal 6-7 % dari harga sekarang,bisa2 samain harga honda city nih,tar klo city kluar baru harganya ampe 200an juta dong,tapi klo pake mesin yang i-vtec mah gak masalah,tapi klo pake mesin lama harganya naek honda kelewatan tuwh kayaknya
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by maxx »

Soal harga mobil >> Harga naik dilema... kaga dinaikkan juga dilema

Kalo dinaikkan .. bisa kaga kompetitif lagi .. dan kalo terlalu mahal dan sudah over price .. pasti banyak yg beralih ke produk lain.

Kalo ga di naikkan >> keep same price ... harga 2nd mobil versi/model sebelumnya pasti turun drastis dan sedikit banyak tentunya ATPM juga ingin menjaga resale value produk mereka .. krn pastinya resale value mrpkan salah satu pertimbangan membeli mobil... kalo sering ngejeblokin produk sendiri ... sapa yg berani beli nantinya?

Itu deh kencenderungan keluar type/jenis mobil baru >> spt H.City sebagai pengganti Civic di medium sedan .. .keluar Vios u/ gantiin Corolla.. di pangsa yg sama... dimana Civic dan Corolla harganya dari dulu naik terusss... padahal sih dulu itu merupakan salah satu pilihan mobil murah meriah.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by DhanZ »

jadi price list resminya 130-140 ato 140-150?? worthed ga yah ?
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by kutkuy »

nah kalo baleno baru = sx4 sedan? jadi namanya apa? balsx4?
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
fadjaralam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Dec 27, 2007 8:51

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by fadjaralam »

DhanZ wrote:jadi price list resminya 130-140 ato 140-150?? worthed ga yah ?
jangankan kita, kayaknya nissan aja bingung mo dilepas brapa :D
tadinya mo ada varian SR (terendah), ini kali yg mo dijual 130-an.
mungkin setara dgn SV, tapi repot juga, bener2 minimalis.
liat punya temen, ga ada back wiper, takometer, hi stop lamp, joknya fabrik, ga ada headrest, dan kalo ga salah ga keyless entry (?) :cry: . ntar nambahnya repot, soale itu bukan sekedar item adds on, hrs mbongkar gede2an. naah, mungkin XR (setara XV) yg mo dijual 140, dua varian transmisi.

mungkin lagi, nissan kapok bikin varian kebanyakan (mass customized).
laah toyota aja yg terkenal sistem produksi globalnya cuman ngeluarin varian sa' uprit.
lantas soal harga, inget loh. thn dpn hampir semua atpm udah woro2 mo naikin harga.

yg pasti secara produk, interior GL memang perlu diacungin jempol :e-clap: , sekelas lebih tinggi.
mesin (katanya) irit, walaupun ada gejala underpower di rpm rendah, perlu adaptasi.
kestabilan en fun to drive ya pasti lah, kan mirip sedan. apalagi wheel basenya panjaang.
paling ekteriornya (IMHO) yg terlalu "humble". lekukannya konservatif banget, untung ada grill yg modis. atepnya juga rendah banget, bikin susah org kayak gw (175 cm) susah keluar dari bangku baris ke-3. kabinnya agak sempit, tapi masih ok lah. perseneling jg agak keras (gw test drive yg manual), perlu adaptasi lagi deh. utk kaki gw, nginjek pedal rem/gas/kopling ni mobil agak kagok.

kalo livina short (kata sales) ada perubahan di bumper en suspensi. interior mah mirip2 lah.
ada warna baru: biru, merah. ada juga adds on yg ga ada di GL.
kita liat aja, bisa ga tampilannya jadi "garang". kalo sasarannya org2 "muda" (bisa jg kan tuwek tapi berjiwa muda), agak "risih" beli mobil yg udah keburu ada cap "family". jadi, hrs jelas-jelas ada diferensiasinya dong.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by kutkuy »

perubahan suspensi? waduh semoga ga bikin jadi keras. GL kan udah enak tuh
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
fadjaralam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Dec 27, 2007 8:51

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by fadjaralam »

kutkuy wrote:perubahan suspensi? waduh semoga ga bikin jadi keras. GL kan udah enak tuh
kan model nyetir family-guys beda ama boys, yg biasanya lebih dinamis.
mangkanya suspensi kudu dikerasin. karakter hatchback mmg hrsnya lebih keras.
gw udah nyoba swift, jazz, sirion keras semua. paling yg mendingan tuh yaris.
ga tau livina, sekeras apa sih modifnya? tapi krn wheel base-nya panjang, getaran hrsnya lebih gampang diserap, jd hrsnya masih lbh empuk dibanding laen. tapi justru krn wheel base-nya panjang (2.60m) pasti manuver agak repot. yaris (2.46m). avanza (2.65m).
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by ongko »

lonesnake wrote:
GTR wrote:yah bung jesk livina itu dohc-cvtc 2006 (cmiiw) vs jazz sohc-vtec 2001 ketinggalan 1 gen, maybe nanti compare dgn jazz08 lebih dekat.
tapi kalo yg matic sptnya masih unggul jazz vtec, paling tidak middle2 accelleration maupun akselerasi2 ringan/instant yg non-WOT.
cvtc setau saya udah lama lho bro GTR, sejak mesin type QR generasi pertama mungkin sekitar tahun 2001 tidak ada perubahan kok cara kerjanya dengan yang sekarang CMIIW. Malah lebih canggihan yang i-VTEC milik honda. Tapi kayaknya Jazz yang baru nggak i-VTEC.
Maticnya Nissan konvensional, matic jazz udah CVT
BTW bro Lonesnake, bedanya CVTC dengan i-VTEC apa sich? bukannya mirip2 aja? cuman rada beda2 nyebutnya, seperti VVTi, VVTi-L, Vanos, MIVEC? kayaknya sih mirip2 dah.

Matic CVT memang bagus untuk efisiensi. Tapi kalo kaga salah, kalo sampe CVT rusak = mahal banget betulinnya ya? Yg pake CVT = AUDI, Mitsubishi, Honda. tapi untuk produk2 yg high performance tetap pake kopling biasa atau bahkan trendnya sekarang pakai dual clutch, biar lebih cepat prosesnya.

O ya, GL udah drive by wire = alias lebih presisi untuk soal bukaan gas, walaupun dengan konsekuensi ada sedikit "bolot" karena harus melalui ecu dulu.

Regards...
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by ongko »

maxx wrote:Soal harga mobil >> Harga naik dilema... kaga dinaikkan juga dilema

Kalo dinaikkan .. bisa kaga kompetitif lagi .. dan kalo terlalu mahal dan sudah over price .. pasti banyak yg beralih ke produk lain.

Kalo ga di naikkan >> keep same price ... harga 2nd mobil versi/model sebelumnya pasti turun drastis dan sedikit banyak tentunya ATPM juga ingin menjaga resale value produk mereka .. krn pastinya resale value mrpkan salah satu pertimbangan membeli mobil... kalo sering ngejeblokin produk sendiri ... sapa yg berani beli nantinya?

Itu deh kencenderungan keluar type/jenis mobil baru >> spt H.City sebagai pengganti Civic di medium sedan .. .keluar Vios u/ gantiin Corolla.. di pangsa yg sama... dimana Civic dan Corolla harganya dari dulu naik terusss... padahal sih dulu itu merupakan salah satu pilihan mobil murah meriah.
Jadi UUD nih, Ujung Ujungnya Duit...
Value for money untuk "melibas" merk2 lainnya. hihihi.

Kalo soal harga bisa juga karena inflasi, kurs, bahan baku, bbm, listrik, dll, so hampir pasti harga mobil pasti naik terus, kecuali ada terobosan teknologi yg signifikan or pemotongan pajak.
fadjaralam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Dec 27, 2007 8:51

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by fadjaralam »

ongko wrote:[Kalo soal harga bisa juga karena inflasi, kurs, bahan baku, bbm, listrik, dll, so hampir pasti harga mobil pasti naik terus, kecuali ada terobosan teknologi yg signifikan or pemotongan pajak.
terobosan kayak Tata india, januari ntar ngeluarin mobil 25 jutaan di india. pas testdrive, ga taunya bajaj :D
tapi terobosan, krn idenya mulia: me-mobil-kan pengendara motor :e-clap: bukan terobosan teknologi, tapi terobosan marketing. segmen atas penuh sesak, sosor segmen bawah.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by kutkuy »

pusing kalo UUD, ga bener jadinya
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by ongko »

fadjaralam wrote:
ongko wrote:[Kalo soal harga bisa juga karena inflasi, kurs, bahan baku, bbm, listrik, dll, so hampir pasti harga mobil pasti naik terus, kecuali ada terobosan teknologi yg signifikan or pemotongan pajak.
terobosan kayak Tata india, januari ntar ngeluarin mobil 25 jutaan di india. pas testdrive, ga taunya bajaj :D
tapi terobosan, krn idenya mulia: me-mobil-kan pengendara motor :e-clap: bukan terobosan teknologi, tapi terobosan marketing. segmen atas penuh sesak, sosor segmen bawah.

Makin macet donk... cihuyyyyyyy.
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: BABY LIVINA 2 baris (+-120-130 juta)

Post by DhanZ »

ongko wrote:
fadjaralam wrote:
ongko wrote:[Kalo soal harga bisa juga karena inflasi, kurs, bahan baku, bbm, listrik, dll, so hampir pasti harga mobil pasti naik terus, kecuali ada terobosan teknologi yg signifikan or pemotongan pajak.
terobosan kayak Tata india, januari ntar ngeluarin mobil 25 jutaan di india. pas testdrive, ga taunya bajaj :D
tapi terobosan, krn idenya mulia: me-mobil-kan pengendara motor :e-clap: bukan terobosan teknologi, tapi terobosan marketing. segmen atas penuh sesak, sosor segmen bawah.

Makin macet donk... cihuyyyyyyy.
macet...macet..... :angel: :angel:
jakarta macet.... :angel: :angel:
enaknya Indonesia
Seeing is believing[*][/size]